ON LINE

Followers

KEKURANGAN CAIRAN SAAT DEMAM TINGGI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 12 Mei 2012

Sudah sering dianjurkan olah pakar medis untuk mengonsumsi air mineral delapan gelas sehari. Anjuran ini pula menjadikan tak sedikit orang sebagai hafalan dan harus diingat terus setiap kali sedang beraktifitas. Namun anjuran ini sekedar menjadi wacana jika benar-benar tidak dilaksanakan alias dikesampingkan.

Air sebagai benda cair adalah komponen penting dalam tubuh manusia. Sekitar 46 - 60 persen dari berat badan orang dewasa tersusun dari air. Sementara itu bayi memiliki proporsi air tertinggi, yakni sekitar 70 - 80 persen dari berat badan. Jumlah ini akan mengalami pengurangan melalui sistem metabolisme tubuh seperti berkeringat, bernapas dan buang air kecil.

Komposisi air yang berkurang dari tubuh manusia tidak selalu sama. Faktor-faktor yang memengaruhi adalah suhu dan kelembaban lingkungan, jenis aktivitas, usia, jenis kelamin, luas permukaan tubuh dan kondisi kesehatan fisik atau tubuh. Dalam kondisi normal, tubuh dapat kehilangan cairan sebesar 2,5 - 3 liter per hari.

Tentu saja kekurangan air dalam jumlah tertentu akan memengaruhi sistem metabolisme tubuh dan dehidrasi. Pada manusia dehidrasi normal ditandai dengan rasa haus berlebihan, kondisi tubuh lemas dan gangguan mood. Sementara dehidrasi tinggi ditandai dengan kesadaran hilang  hingga kematian.
Cairan elektrolit untuk menggantikan kekurangan cairan tubuh pada kasus DBD. Cairan ini mengandung gula, air dan mineral.
Pada kasus DBD sering dijumpai kekurangan cairan pada pasien pengidap DBD. Solusinya adalah memberikan minuman kesehatan, karena banyaknya cairan yang keluar karena terjadinya kebocoran pembuluh darah. Semakin besar tingkat kebocoran, maka semakin banyak trombosit yang diperlukan untuk menutupinya.

Penanganan DBD segera berkonsultasi kepada dokter agar segera mendapatkan penanganan memadai. Biasanya salah satu penanganan segera adalah dengan memberikan minuman mineral atau elektrolit. Tindakan ini dilakukan untuk mengganti cairan yang hilang dari dalam tubuh karena demam tinggi. Jika terlambat menangani kekurangan cairan maka penderita  justru akan semakin fatal kondisinya.

Ada beberapa fungsi cairan mineral yang mengandung air, mineral dan gula. Pertama cairan elektrolit dapat menggantikan kekurangn cairan tubuh yang bocor akibat kerusakan dinding pembuluh darah. Kedua cairan itu memiliki rasa sehingga lebih nikmat diminum. Ketiga dapat membuat kerongkongan kering sehingga ada hasrat pasien ingin terus minum.

Terkait masalah kekurangan cairan pada penderita DBD maka edukasi akan perlunya cairan pengganti dalam tubuh, mutlak diperlukan keluarga yang menunggu pasien DBD. Cairan apa yang pantas dikonsumsikan ke pasien tentunya atas persetujuan dokter yang merawat pasien. Dengan semakin cepatnya pertolongan pertama terhadap pasien penderita DBD, semakin baik pula kondisi pasien bila segera diberikan cairan pengganti tubuh yang hilang karena bocornya dinding pembuluh darah.

Sumber : Hari Kesehatan Sedunia.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.