ON LINE

Followers

GANGGUAN PADA IBU HAMIL.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 22 Mei 2012

Membawa dua jiwa dalam satu tubuh memang membuat tubuh si ibu tidak leluasa bergerak. Hal ini biasa dialami oleh para ibu hamil dalam kegiatan harian baik di rumah atau di tempat kerja. Selain gangguan ketidaknyamanan karena gerak tubuh terhambat, gangguan kesehatan kerap pula menerpa ibu hamil.

Berbagai gangguan kesehatan memang biasa menimpa ibu hamil. Mulai dari gangguan kesehatan ringan hingga yang cukup berat. Buku Pintar Keluarga Sehat yang ditulis Erryga Yogaswara dan Puji Lestari memaparkan bentuk gangguan kesehatan bagi ibu hamil beserta kiat penanganannya.

Alergi sebagai bentuk gangguan kesehatan karena kadar hormon progesteron dan menurunnya sistem kekebalan para ibu hamil dapat mempermudah mereka terserang alergi. Misalnya alergi gatal-gatal pada kulit atau bersin-bersin. Pada umumnya gatal-gatal sering muncul pada trimester kedua dan ketiga.

Sebagai langkah pencegahan , ada baiknya para bumil menjauhi zat pemicu alergi ( alergan ) dan mengonsumsi makanan rendah lemak, tinggi protein dan karbohidrat. Selain alergi, ibu hamil juga sering mengidap penyakit mag dengan gejala rasa mual membuatnya sulit makan.  Gangguan mag ini disebabkan hipersaliva atau produksi air liur berlebihan, akibat pengaruh hormon estrogen.
Mengalami kenaikan berat bedan yang terlalu drastis pada saat kehamilan dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan bayi . Ibu hamil dianjurkan untuk melakukan diet yang berisi tips pola makan sehat khusus untuk ibu hamil.
Ketika masalah itu terjadi, produksi asam lambung akan meningkat. Sebagai langkah pencegahan, ibu hamil sebaiknya tidak membiarkan perut kosong yang mengakibatkan sesak napas sebagai bentuk gangguan ibu hamil. Sesak napas terjadi seiring dengan membesarnya kandungan, diafragma atau sekat rongga dada akan tertekan ke atas sehingga paru-paru menjadi semakin sempit.

Hal inilah yang menyebabkan oksigen yang masuk menjadi lebih sedikit. Selain itu, hormon progesteron yang semakin meningkat pun menjadi penyebab otot pernapasan mengendur sehingga otot dipacu lebih keras. Untuk mengatasi hal itu, ibu hamil dapat melakukan pola hidup sehat, istirahat cukup, makan-makanan bergizi dan teratur melakukan olahraga yang ringan.

Pertumbuhan janin dikhawatirkan bisa terganggu gara-gara varises atau pelebaran pembuluh darah. Hal ini disebabkan varises bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Sebagai kasus terjadi pada usia trisemester pertama kehamilan, namun bisa juga muncul pada bulan-bulan berikutnya.
Memilih makanan berserat,  rendah kandungan lemak dan gula bagi ibu hamil dengan cara mengonsumsi buah dan sayuran sebagai makanan selingan.
Untuk mencegah hal tersebut, ibu hamil sebaiknya tidak berdiri atau duduk terlalu lama. Selain itu ketika duduk sebaiknya ibu hamil sering-sering meregangkan kaki, alih-alih menyilangan kaki.  Sebagai tambahan kiat ibu hamil agar tetap sehat selama mengandung, menyiapkan bantal di bawah kaki ketika tidur.

Menghindarkan kenaikan berat badan yang terlalu drastis, mengangkat beban berat dan jangan mengejan terlalu kuat ketika buang air besar. Saat makan perbanyak sayur dan buah, gunakan sepatu bertumit rendah, kenakan baju yang nyaman dan longgar. Sebagai tambahan perbanyak konsumsi vitamin dan mineral  yang akan membantu pembuluh darah tetap elastis dan sehat.

Sumber : Fitur Klasika.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.