ON LINE

Followers

HUTAN BATU MADAGASKAR.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 29 April 2012

Madagaskar merupakan sebuah pulau yang terletak berseberangan dengan pantai timur benua Afrika bagian selatan di Samudra Hindia. Sebagai pulau terbesar nomor empat di dunia, Madagaskar sedikit lebih besar dibandingkan Prancis tetapi sedikit lebih kecil dibandingkan Texas. Madagaskar dikenal sebagai pulau penghasil kopi, kakao, vanili, tebu, cengkeh dan kacang tanah adalah tanaman utama yang tumbuh di Madagaskar.

Beras, tapioka, pisang, dan kacang-kacangan adalah tanaman pangan penting pulau ini. Selain produk tanaman pangan di bidang perkebunan, Madagaskar mempunyai  keunikan kawasan geografis  yang tidak dijumpai di muka bumi ini yaitu hutan batu runcing.  Daerah ini sering dikunjungi  wisatawan mancanegara dan mereka menyebutnya sebagai keajaiban dunia.

Salah satu tempat yang menjadi keunikan   tujuan wisatawan di Madagaskar   adalah Tsingy de Bemaraha. Tempat ini merupakan kawasan geografis unik dengan bentang alam menarik berupa hamparan hutan batu berbentuk runcing. Selain terkenal dengan pemandangannya yang tak mungkin dijumpai di tempat lain, Tsingy juga dikenal akan hutan bakaunya.

Belantara Madagaskar ini dihuni populasi hewan lemur, sejenis monyet putih yang melompat dari batu ke batuan lainnya. Tentu saja keunikan hutan batu dengan kehidupan monyet putihnya selain satwa liar, fauna dan flora yang ada di kawasan Tsingy, menambah ragam keajaiban alam Madagaskar.  Kehidupan liar alamnya  tampak begitu menarik  dan unik menjadikan Tsingy sebagai salah satu warisan dunia UNESCO.

Selama ini orang selalu mengindentifikasikan hutan dengan tumbuhan liarnya. Terkadang tumbuh-tumbuhan yang hidup di dalamnya begitu rapat, sinar matahari sulit menembus lebatnya dedaunan sehingga kondisi hutan menjadi basah dan lembab. Namun hutan di Madagaskar selain tumbuhan lebat yang ada di areal hutan, terdapat juga hutan batu yang tumbuh sambung menyambung begitu unik kontur bebatuannya untuk dilihat dari udara.
Grand Tsingy adalah nama dari hutan batu terbesar yang ada di sebelah barat Madagaskar. Hutan tersebut diisi dengan labirin batu dengan tinggi sekitar 300 kaki dimana batu tersebut mengandung zat kapur yang terkikis oleh hujan tropis.
Salah satu sosok yang turut kagum dengan keberadaan Tsingy adalah Stephen Alvarez. Dirinya adalah sosok yang menemukan sekaligus mengabadikan keindahan Tsingy, ketika pergi dalam sebuah ekspedisi untuk National Geographic.
“Aku belum pernah melihat pemandangan seperti itu. ‘Kesan pertama saya terima kasih Tuhan, itu lebih luar biasa daripada yang saya bayangkan dan saya langsung tahu saya akan bisa mendapatkan beberapa foto fantastis”, Ujar Stephen.
Tidak hanya lemur di hutan batu yang eksotis ini juga terdapat tanaman-tanaman yang langka yang tak terdapat di belahan bumi lain. Misalnya tanaman Pachypodium yang tampak hidup di puncak-pucak batu kapur.
Hutan batu ini Madagaskar sebagai keajaiban alam disebut  Grand Tsingy  dengan tonjolan-tonjolan runcing batu keatas bagaikan menara. Menara batu tajam ini menciptakan labirin batu dengan ketinggian bisa mencapai 100 meter. Hutan batu yang tercipta dari batuan kapur yang terkikis hutan tropis itu merupakan rumah bagi sejumlah spesies hewan, termasuk 11 jenis lemur.

Dalam bahasa Malagasy Tsingy berarti tempat seseorang tidak bisa jalan bertelanjang kaki.  Fotografer Stephen Alvarez yang memotret hutan batu mengatakan, " Ini seperti gua tanpa atap, " ujarnya  sebagaimana dilansir Daily Mail, Senin ( 9/4 ).  Labirin-labirin batu itu begitu indah jika dilihat dari udara dan jika dilihat dari jauh bagaikan tonggak hutan batu yang tumbuh rapat.

Stephen Alvarez ( 47 )  ambil bagian dalam ekspedisi National Geographic di Grand Tsingy yang berada di Taman Nasional De Bemahara Madagaskar. Barangkali jiwa petualangan  Anda tertarik untuk menaklukkan hutan batu ini? Jika  ya bekalilah diri Anda dengan perencanaan dan perlengkapan yang menunjang karena medan jejaknya sangat terjal.

Sumber : Sevennaturalwonders/uniqpost.com.

Jangan lupa setelah baca artikel ini kunjungi yang satu ini ya ? Terima kasih sebelumnya jika mau bergabung. Salam......

1 Responses to HUTAN BATU MADAGASKAR.

  1. ane gx habis pikir dengan orang yg melakukan panjat tebing tanpa tali pengaman,,bener2 nekat tuch orang....

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.