ON LINE

Followers

ZAMAN ATOM DIMULAI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 22 Februari 2012

Menjelang Perang Dunia II para ilmuwan meyakini bahwa energi dari 1 gram uranium jika dibakar dalam kondisi tertentu, kekuatannya sama dengan 10 juta kali energi yang dikeluarkan dari jumlah yang sama batubara dan udara. Awal tahun 1940 ketika perang telah berkobar di Eropa, para ahli fisika di kedua pihak juga mulai mempertimbangkan untuk menggunakan uranium sebagai alat untuk menciptakan bom atom.



Di Amerika Serikat perlombaan untuk menciptakan reaksi berantai dan membangun bom atom pertama dikerjakan oleh sekelompok ilmuwan dan insinyur dalam sebuah proyek bernama Proyek Manhattan. Pada Maret 1943, titik fokus proyek merupakan laboratoriom sangat rahasia yang berada di sebuah bangunan bekas sekolah di dekat Santa Fe yang dinamai Los Alamos.



Dua bom dirancang di Los Alamas yaitu sebuah bom uranium dengan julukan Little Boy dan sebuah bom plutonium dengan julukan Fat Man. Menurut Situs GeoWeek, Fat Man merupakan sebuah perangkat yang rumit sehingga membutuhkan uji coba. Tempat uji coba yang disebut Trinity merupakan sebuah wilayah gurun yang terpencil di dekat Alamogordo, New Mexico.


Ledakan Bom Trinity adalah ujicoba bom atom pertama yang dilakukan US, tertanggal 16 Juli 1945, yang dilakukan di 35 miles ke arah tenggara dari Socorro, New Mexico, yang sekarang bernama White Sands Missile Range. Saudaranya, The Fat Man yang menggunakan konsep dan desain serupa, adalah bom yang dijatuhkan di Nagasaki. Kekuatan bom ini “hanya” 20 kiloton, dan merupakan bom pertama yang memulai Zaman Atom atau Atomic Age.


Tepat pukul 05:29:45 tanggal 16 Juli 1945, dunia secara resmi memasuki Zaman Atom ketika Fat Man menyala di angkasa menjelang fajar. Hanya dalam hitungan detik, ledakan Trinity menciptakan awan berbentuk cendawan yang kemudian menjadi ikon teror global. Ledakan tersebut melumerkan dasar gurun, menjadi kaca kehijauan yang terlihat dari tempat sejauh Albuquerque dan El Paso.


Bom atom yang ditembakkan ke Kerajaan Jepang oleh US atas izin Presiden Harry S. Truman ini merupakan serangan bom atom pertama. Bom pertama Little Boy dijatuhkan 6 Agustus 1945, hari Senin di Hiroshima. Sedangkan bom kedua “The Fat Man” dijatuhkan di Nagasaki tanggal 9 Agustus 1945. Dua serangan bom atom inilah yang mengakhiri perlawanan Jepang pada Perang Dunia kedua.


Kurang dari sebulan kemudian, bom-bom dari Los Alamos digunakan militer AS untuk menghentikan perang dengan Jepang. Pada 6 Agustus 1945, Little Boy dijatuhkan di Hiroshima. Tiga hari kemudian duplikat Fat Man dijatuhkan di Nagasaki. Dua ledakan bom atom inilah yang membuat Jepang bertekuk lutut dan menyerah pada pasukan sekutu.



Sumber : GeoWeeks.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.