ON LINE

Followers

MANFAAT PETAI UNTUK KESEHATAN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 12 Februari 2012

Kandungan serat ( dietary fiber ) yang tinggi membuat petai sangat baik untuk saluran pencernaan. Petai digunakan sebagai makanan untuk merawat penernaan karena teksturnya yang lembut dan halus. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.



Petai memiliki efek antasid pada tubuh. Apabila dada Anda terasa panas akibat kebanyakan makan, cobalah makan petai untuk mengurangi sakitnya. Karena kandungan energinya yang tinggi, petai dianjurkan dimakan di antara dua waktu makan untuk mempertahankan kadar gula darah dan menghindari muntah.



Buah ini juga sangat baik untuk menjaga suhu tubuh. Banyak budaya lain yang melihat petai sebagai buah dingin yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya, ibu hamil akan makan petai untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.



Petai juga merupakan obak mabuk yang baik. Salah satu cara paling tepat untuk menyembuhkan penyakit mabuk adalah milk-shake petai, yang dimaniskan dengan madu. Petai akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu bakal meningkatkan kadar gula yang telah turun.


Anda semua pasti mengenal bahwa Petai (Pete) sebagai buah yang membuat bau mulut dan bau sangat tidak sedap. Tapi mungkin banyak diantara anda tidak mengetahui bahwa pete mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat.


Sementara susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh. Setelah membaca semua fakta di atas, Anda harus percaya bahwa petai adalah obat alami untuk berbagai macam penyakit. Di samping itu petai juga mempunyai manfaat lain yang luar biasa.



Jika Anda kaum wanita mengalami PMS ( pre menstrual syndrome) yaitu sindroma menjelang datangnya menstruasi, seseorang tidak perlu minum tablet apa pun. Anda cukup atasi masalah ini dengan mengunyah petai. Hilangkan perasaan enggan mengunyah petai demi kelancaran menstruasi Anda.

Vitamin B6 yang dikandung petai dapat mengatur kadar gula darah, sehingga akan membangkitkan mood. Dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi ( 1,2 mg/100 g), petai juga dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia. Buah tropis ini memang unik sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah.


Membicarakan pete masih belum lengkap kalau tidak menyinggung pasangannya. Sambal. Banyak macam sambal yang bisa melengkapi kehadiran si pete ini. Dari sambal bajak khas Jawa sampai sambal terasi khas Sunda. Gambar: www.kammisumut.or.id


Begitu besar manfaatnya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan risiko tekanan darah dan stroke. Menurut riset dalam The New England Journal of Medicine, makan petai sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan risiko kematian karena stroke sampai 90 persen.



Buah petai juga dapat meningkatkan kemampuan otak. Sebuah studi yang dilakukan terhadap 200 siswa di Twickenham ( Middlesex ) menyatakan, para siswa itu mengalami peningkatan kemampuan belajar setelah memakan petai pada saat sarapan, istirahat dan makan siang. Riset membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu proses belajar dengan cara meningkatkan kewaspadaan siswa.



Mulai sekarang saatnya Anda mengubah kata-kata yang sudah terkenal mengenai apel menjadi " A petai a day keeps the doctor away" . Terjemahan bebasnya makan petai setiap hari akan menjauhkan Anda dari dokter. Jadi mulai sekarang jangan takut dan sungkan makan petai.



Sumber : Gizi Gaya Hidup Sehat edisi 401/Maret 2007 oleh Prof. Dr. Made Astrawan - Ahli Teknologi Pangan dan Gizi.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.