ON LINE

Followers

KEKUATAN DIBALIK SENYUM.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 06 Februari 2012

Sore hari yang mendung ini jika tidak perlu keluar rumah lebih baik tinggal di rumah saja. Sekalipun ada acara keluar rumah malam ini dan kondisi cuaca tidak bersahabat, tetaplah tersenyum untuk situasi macam ini. Jangan dibawa marah-marah jika hanya gangguan hujan saja, acara Anda terganggu. Memang curah hujan cukup tinggi yang kerap disertai angin kencang, karena itu sediakan payung sebelum bepergian keluar rumah.



Selain hujan deras kerap membuat acara luar ruang sedikit terganggu, terkadang membuat seseorang uring-uringan jika mengalami hal ini. Misalnya saat hendak berangkat kerja, mendadak hujan turun dengan deras. Daripada marah-marah karena perjalanan ke tempat kerja terganggu, lebih baik nikmati saja kondisi hujan di tengah padatnya lalu lintas dengan santai.



Jika suasana hati sedang tidak gembira berarti Anda sedang memikirkan hal serius yang barangkali belum menemukan jalan penyelesaian masalah. Karena itulah lebih baik membiarkan diri ini selalu tersenyum bahwa masalah sekecil apapun pasti ada jalan keluarnya. Jadi mari mulai hari ini di tanggal tua, kondisikan diri ini untuk belajar tersenyum kepada siapapun.



Senyum kepada pasangan hidup, anak, saudara, teman kerja, tetangga, musuh yang belum mau membuka hatinya untuk menyambung silaturahmi dengan kita dan masih banyak lagi alamat senyum yang pantas kita tujukan. Karena senyum adalah sarana membuka hati kita untuk pasrah dan ikhlas menerima apa adanya dari Yang Maha Kuasa, maka senyum akan membuat susana hati menjadi gembira.


Pak Pardjo masih bisa tersenyum ketika ingin mendaki Gunung Ijen 1989 untuk menambang belerang. Pekerjaan menambang belerang adalah pekerjaan penuh resiko. Dia melakoni hidup yang berat ini dengan penuh rasa syukur.


Jika hati sedang tertutup akan kemarahan yang tidak tahu apa penyebabnya, berarti emosi negative seperti marah sedang mendominasi hati kita. Dengan sendirinya akan ada rasa sesak dalam dada yang menyebabkan dada berdebar-debar. Melalui senyum pula dominasi otak akan berkurang banyak sehingga kita akan merasakan santai atau rileks dalam memecahkan masalah.



Para ahli ilmu jiwa mengatakan senyum adalah sebagai salah satu cara untuk mengurangi dominasi otak dan stress. Selain itu senyum juga sebagai pintu gerbang menuju kesehatan tubuh. Senyum dapat menjadi obat mujarab bagi penyelesaian masalah kesehatan yang salah satunya diakibatkan karena stress.


Stress karena beban kerja menumpuk mengakibatkan wanita sering murung mudah lelah dan depresi saat tiba di rumah.


Saat ini hampir 90 persen penyebab penyakit adalah bermula dari stress. Orang stress adalah orang-orang yang tidak dapat tersenyum dengan lepas dalam dirinya. Dia lebih senang murung lantas cemberut kepada siapapun daripada melepas senyum. Tanpa sadar sejatinya orang ini banyak menyimpan emosi negative yang sejatinya kurang baik bagi kesehatannya sendiri.



Emosi-emosi negative ini akan menghasilkan energi negative. Dengan sendirinya energi negative akan menekan ke semua arah sehingga dapat merusak organ-organ vital tubuh, misal otak, lambung, jantung dan hati atau lever. Banyaknya tekanan energi negative dalam organ tubuh dengan sendirinya energi ini tidak dapat keluar dari tubuh.



Kondisi ini akan menimbulkan kotoran berupa penumpukan energi negative yang menyebabkan kondisi tubuh menurun. Akibatnya kekebalan tubuh pun ikut menurun. Sebaliknya orang yang banyak tersenyum secara lepas dan membiarkan dirinya belajar santai dari tekanan persoalan hidup sehari-hari, akan dapat membersihkan timbunan-timbunan energi negative dalam pikirannya.



Orang ini akan lebih sehat tubuhnya sehingga pikirannya menjadi jernih dalam memecahkan setiap persoalan tanpa dipenuhi emosi negative. Pikiran dan tubuh menjadi sehat dan energik. Dampaknya energi positip akan memancar keluar dari tubuhnya. Getaran energi positip menjadi lebih halus.



Karena senyum adalah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan energi positip yang halus, maka tiada salahnya melatih untuk mendapatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Caranya duduklah dengan santai sambil memejamkan mata. Karena sekarang ini sedang masuk tanggal tua dan belum tentu gajian esok hari, maka pikirkanlah kondisi yang membebani pikiran Anda ini untuk beberapa saat dengan serius.


Jika letupan emosi sudah memuncak mengakibatkan gampang marah. Akibatnya tekanan darah meningkat mengakibatkan kepala terasa sakit.


Ingat pikirkan dengan serius hal ini lalu tanamkan ke dalam pikiran bahwa tanggal tua identik dengan dompet mulai kosong. Jika tidak bisa menyikapi perasaan ini dengan legowo, tentu akan uring-uringan dan sering marah. Pikirkanlah hal ini selama 3 menit saja. Jika Anda peka, maka akan ada sesuatu tekanan di dalam kepala yang membuat kepala tidak nyaman.



Jika kepala mulai berat dan pusing, mulailah senyum secara lepas dan santai dalam beberapa menit. Pikirkanlah bahwa persoalan hidup akan ada jalan keluarnya. Tetap santai saat melepaskan senyum dan terus tersenyum mentertawakan diri sendiri bahwa, alangkah goblok diri ini jika hanya sesuatu hal saja membuat gampang marah.



Dalam kondisi santai dan terus tersenyum, lambat laun tekanan dalam kepala akan hilang dengan sendirinya. Lakukan latihan ini dengan santai, rileks dan lepas. Jika Anda belum merasakan nyaman dalam pikiran dan hati menjadi lega, sebaiknya ulangi langkah latihan ini berulang-ulang sehingga jika sudah terbiasa, kondisi runyam pikiran akan dapat diatasi segera dengan cara melepas senyum.



Mengingat senyum dapat meningkatkan dan menghaluskan energi positip dalam diri agar getaran energinya semakin halus mengalir dalam sistem tubuh energi, maka ada baiknya sejenak kita melakukan senam senyum. Latihan tambahan berupa senam senyum ini dapat dilakukan setiap pagi hari sebelum berangkat kerja. Di tempat kerja pun dapat dilakukan latihan ini sebelum menghadapi pekerjaan sehari-hari. Terapkan semboyan tiada detik tanpa senyum.



Sumber tulisan : Buletin Inti Reiki Maret 2008 ( diedit ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.