ON LINE

Followers

MEMBERSIHKAN SISTEM ENDOKREN DAN KELENJAR TUBUH DENGAN GROUNDING. .

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 30 Juni 2011 0 komentar


Ketika berkunjung ke perpustakaan kantor beberapa hari lalu sehat dengan reiki menemukan artikel kesehatan perihal sistem endokren dan chakra tubuh. Dalam artikel yang ditulis oleh Simpon dalam buku The Book of Chakra Healing dan Fishbern's Illustrated Medical and Health Encyclopedia menyebutkan bahwa tubuh manusia memiliki sistem endokren dalam tubuhnya.



Disebutkan tubuh manusia memiliki sistem endokren yang merupakan salah satu mekanisme pengendalian dari tubuh jasmani manusia. Sistem tersebut terdiri atas sejumlah kelenjar yang bertanggung jawab terhadap produksi dari sekian zat-zat kimia alami yang disebut hormon. Hormon di sini termasuk hormon andrenalin, insulin, estrogen dan progesteron yang dikeluarkan kelenjar ke dalam aliran darah dari organ-organ tertentu.



Tujuan pengeluaran kelenjar ke dalam aliran darah ini adalah untuk merangsang atau mencegah proses jasmaniah tertentu. Sistem endokren bersama sistem saraf bekerja secara otonom, membantu parameter yang diperlukan untuk memberikan kesehatan optimal dalam tubuh manusia. Di dalam sistem ini terdapat tujuh kelenjar atau glands.



Kelenjar-kelenjar endokrin secara kolektif adalah kelenjar-kelenjar yang mengatur proses dalam tubuh dengan mengeluarkan hormon-hormon secara langsung ke dalam aliran darah. Hormon ini membantu tubuh bereaksi terhadap kelaparan, penyakit dan infeksi serta menyiapkan tubuh melakukan gerakan jasmaniah untuk menghadapi stress atau reproduksi.



Hormon juga terlibat dalam metabolisme, pertumbuhan, penuaan dan memelihara kestabilan dalam yang dikenal sebagai homeostatis (Simpson, 1999:12). Adapun ketujuh kelenjar di dalam sistem tubuh manusia adalah:
1. Pituitary terletak di dasar otak.
2. Thyroid terletak di leher.
3. Parathyroid berjumlah empat terletak di belakang thyroid.
4. Adrenalin terletak di atas ginjal.
5. Islets of Langerhans terletak di dalam pankreas.
6. Thymus terletak di bawah tulang dada.
7. Gonads untuk laki-laki disebut testicel dan ovaries untuk wanita.



Pembersihan dengan cahaya saat praktisi reiki melakukan grounding bertujuan agar tubuh tetap sehat. Grounding sebaiknya perlu dilakukan setiap hari di samping melakukan self healing reiki. Pembersihan dengan cahaya disamping untuk kesehatan organ-organ tubuh itu sendiri, penting juga untuk membersihkan dan mengaktifkan putaran chakra-chakra utama dalam tubuh. Setiap sesi pembersihan dari bagian organ tubuh maka energi negative penyakit didorong keluar dan dibuang melalui chakra terkait.



Misalkan kita ingin membersihkan organ otak maka Cahaya Ilahi masuk lewat chakra mahkota lalu turun memenuhi seluruh isi organ kepala, mengikis energi penyakit dan membuang lewat chakra ajna/mata ketiga yang terletak di tengah kedua alis mata. Pusatkan perhatian bila kita mempunyai gangguan kesehatan migren atau vertigo agar lebih lama Cahaya Ilahi ini membersihkan di bagian organ dalam kepala. Rasakan lembutnya Cahaya Ilahi membersihkan kelenjar pituitary dan pineal sehingga menjadi bersih bercahaya.



Demikian pula terhadap organ tubuh lainnya. Cukup pusatkan perhatian agak lama terhadap organ tubuh yang sedang dibersihkan. Misalkan organ ginjal, paru-paru, jantung, usus, limpa dan organ penting lain yang kita punya. Ketika Cahaya Ilahi sedang membersihkan organ yang bermasalah atau tidak bermasalah isikan affirmasi permohonan kepada Tuhan agar organ ciptaan-Nya ini tetap dipelihara dengan baik dan tetap sehat berfungsi sebagaimana mestinya. Seluruh energi negative yang ada dalam organ tubuh ini akan dikeluarkan lewat chakra tubuh terdekat dari organ yang sedang dibersihkan.



Sebaliknya pula untuk bagian-bagian tubuh lainnya prosedur grounding tetap mengacu kepada prinsip atas ke bawah. Dalam arti pembersihan dimulai dari bagian kepala turun kebawah berturut-turut hingga ke kedua kaki kanan dan kiri. Bila grounding diterapkan dengan baik diimbangi dengan self healing maka kesehatan tubuh akan prima dengan Izin Tuhan Yang Maha Kuasa. Siapa pun boleh mempraktekkan grounding baik yang tidak kenal dengan Reiki atau pun yang mengenal Reiki.



Jadi metode grounding lebih dititikberatkan terhadap pembersihan organ dalam tubuh manusia secara spiritual dengan sikap tubuh santai, pasrah dan masuk ke gelombang otak delta stage di tengah keheningan sesaat dalam kehidupan sehari-hari. Pastikan grounding dilakukan setiap hari dengan niat mempunyai tubuh jasmani selalu sehat termasuk organ-organ dalam milik kita. Imbangi pula dengan hidup sehat, makanan sehat dan pikiran sehat serta istirahat cukup.



Sumber : Praktek Grounding dalam Reiki.

Read More..

SIFAT REIKI DALAM PENYEMBUHAN PENYAKIT.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Seorang sahabat yang bukan praktisi reiki pernah bertanya kepada sehat dengan reiki bagaimana Reiki itu bekerja dan bagaimana cara mengaksesnya? Dengan jujur saya katakan bahwa Reiki sangat mudah diakses begitu ada niat dalam kalbu praktisi reiki. Lantas setelah niat dicetuskan bagaimana rasanya reiki itu masuk ke dalam tubuh kita?



Itulah sekilas pertanyaan dari sekian kali pertanyaan dalam forum diskusi Lokakarya Reiki bagi orang awam yang ingin menjadi praktisi reiki atau pun pertanyaan saat tatap muka dalam kegiatan sosial di lingkungan tempat tinggal. Pertanyaan itu biasanya terlontar mengingat begitu gampangnya reiki dipelajari dan dipraktekkan. Sekali mendapat attunement maka saat itu juga reiki dengan mudah kita akses untuk keperluan penyembuhan atas penyakit yang mendekam dalam tubuh.



Memang reiki bekerja dikendalikan oleh kalbu praktisi reiki. Reiki akan bekerja mengikuti instruksi praktisi yang meniatkannya mengalir (on) selanjutnya reiki mengalir begitu saja mengikuti pikiran praktisi reiki. Dengan kata lain energi dalam hal ini reiki bekerja mengikuti kemauan praktisi reiki. Instruksi atau perintah sebelum mengakses reiki disebut afirmasi.



Afirmasi tak lain adalah keinginan, perintah, instruksi dari kalbu praktisi reiki. Perintah ini muncul dari cipta (pikiran), rasa (emosi) dan karsa (kehendak/keinginan) sang praktisi reiki. Perintah kerja agar reiki mengalir dan saat itu juga terakses tertuang dalam kalimat-kalimat positif dalam afirmasi. Afirmasi bisa kita ucapkan dalam hati saja atau kita baca pelan-pelan agar makna dari kalimat afirmasi tadi direkam oleh alam bawah sadar kita yang selanjutnya detik itu juga diwujudkan dalam penyaluran energi reiki.


Sensasi energi Reiki memancar keluar lewat chakra kedua telapak tangan.


Niat untuk mengakses reiki pun bisa diucapkan dalam hati atau dibaca pelan-pelan sebagaimana mengucapkan afirmasi tadi. Biasanya praktisi reiki menyampaikan perintah kerja kepada Reiki bukan dengan niat saja, melainkan dibarengi dengan kalimat afirmasi yang telah dirancang untuk maksud apa reiki itu bekerja. Bila niat telah dicetuskan di awal sebaiknya selama mengakses reiki tidak mengulang-ulang niat. Niat cukup sekali saja diucapkan selanjutnya...pasrahkan segala sesuatu kepada-Nya. Biarlah Tuhan berkarya dalam penyembuhan dan kepada-Nya lah kesembuhan dimohonkan melalui Reiki.



Reiki bekerja menurut perintah kalbu praktisi reiki. Tentu Anda yang kritis akan bertanya lagi,"Mengapa dapat terjadi?" Anda tentu pernah tahu bahwa kalbu atau mind memang besar sekali pengaruhnya terhadap benda. Anda tahu David Coperfield seorang pesulap yang mampu menggerakkan benda hanya dengan niat saja? Nah demikian halnya praktisi reiki ketika menggerakkan energi reiki agar bekerja.



Banyak praktisi Telekinetik yang memiliki kemampuan menggerakkan benda-benda baik dengan memegang benda ataupun tanpa memegang sama sekali. Penelitian yang dilakukan oleh Prof.Robert Jahn dari Princeton Univercity dibantu dua kelompok peneliti dari Jerman yang meneliti pengaruh kalbu manusia (human mind) terhadap peralatan elektronik yang dilakukan tahun 1996 memperlihatkan bahwa kalbu (mind) dapat berdampak secara signifikan terhadap data keluaran (output data) komputer sepanjang faktor-faktor lain dapat dikendalikan.



Dari penelitian tadi adalah biasa bagi praktisi reiki meniatkan reiki atau energi non reiki bekerja untuk keperlua apa nantinya. Misal reiki diniatkan untuk selalu bekerja menormalkan tekanan darah dan kadar gula darah pasien, maka kondisi tekanan darah dan kadar gula darah dalam kondisi normal saja milik pasien yang akan terkondisikan demikian. Apabila ingin membuktikan apakah tekanan dan kadar gula darah tetap dalam kondisi normal, praktisi reiki atau pasien cukup datang memeriksakan kondisinya di laboratoriom. Mengapa bisa begitu?



Sebab...reiki adalah energi yang memiliki sifat keilahian. Reiki adalah energi positif yang telah disediakan oleh Allah SWT untuk memberikan kehidupan kepada manusia, hewan dan tumbuhan di bumi ini. Reiki adalah energi asal dan dari energi asal tadi Tuhan menciptakan segala sesuatu di alam semesta ini. Karena reiki berasal dari Tuhan dan diperuntukkan bagi kehidupan mahkluk ciptaan-Nya maka tidak mungkin reiki energi negative. Pun oksigen sebagai zat yang selalu kita hirup untuk bernapas juga ciptaan Ilahi disamping unsur air, tanah, api dan kayu akan tersedia setiap saat dalam jumlah yang tidak terbatas.



Sebagai tambahan reiki selalu tersedia dalam jumlah tidak terbatas di bumi ini. Akan selalu ada setiap saat dalam jumlah tak terbatas. Kapan diperlukan diakses saat itu juga akan hadir dan tersedia tanpa mengenal blank area di tempat mana kita mengaksesnya. Reiki sendiri juga memiliki kecerdasan tinggi, artinya reiki tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai hasil maksimal tanpa harus diberi petunjuk praktisi reiki.



Reiki akan bekerja memenuhi instruksi atau afirmasi praktisi reiki yang meniatkannya. Termasuk di sini juga energi-energi non reiki, misal energi khusus penyembuh masuk angin, penyakit stroke, reumatik dan penyakit lainnya, semua dapat kita akses dan disalurkan untuk keperluan penyembuhan itu. Untuk bisa mempelajari dan menyelaraskan energi reiki dan non reiki tadi secara mandiri dan dapat menularkan keilmuan tadi Anda dapat belajar teknik Prana Shakti.



Sebenarnya masih banyak sifat reiki yang bisa kita pahami dan praktekkan tetapi yang lebih penting dari itu ialah reiki bisa untuk menjaga diri dan tubuh tetap sehat, sehat ala dokter dan sehat ala praktisi reiki. Saya berharap di akhir pekan ini Anda dan keluarga di mana pun berada, baik yang tidak pernah on line di internet ataupun yang selalu terhubung energinya bersama sehat dengan kundalini reiki selalu sehat dan bahagia.

Read More..

ANTIRETROVIRAL DINI KURANGI TRANSMISI HIV.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 28 Juni 2011 0 komentar

Individu yang segera mendapatkan obat antiretroviral setelah didiagnosis terinfeksi HIV dapat mengurangi risiko menularkan virus tersebut ke pasangannya hingga 96 persen. Temuan ini diperoleh berdasarkan studi yang dilakukan Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat terhadap 1763 pasangan yang salah satunya terinfeksi HIV.



Studi dimulai tahun 2005 di 13 lokasi di Afrika, Asia dan Amerika. Pasien dibagi menjadi dua kelompok, yakni yang segera mendapatkan terapi antitetroviral dan grup lain yang mendapatkan terapi setelah jumlah sel darah putih menurun. Kedua kelompok ini diberikan konseling tentang praktek seks yang aman, kondom gratis dan pengobatan penyakit menular seksual.



Di kelompok yang segera mendapatkan antiretroviral hanya ada satu kasus penularan antarpasangan, sedangkan di kelompok lain terhadap 27 kasus. Direktur Eksekutif Program Bersama Badan Perserikatan Bangsa-bangsa untuk masalah HIV/AIDS ( UNAIDS ) Michel Sidibe kepada BBC mengatakan, hasil penelitian tersebut sangat penting dan dapat memajukan upaya pencegahan dalam penanganan HIV/AIDS.



Penularan HIV melalui hubungan seksual di dunia mencakup 80 persen atau jauh lebih tinggi dibandingkan dengan cara transmisi lain. Dengan antiretroviral sedini mungkin, pasangan orang yang terinfeksi dengan HIV/AIDS juga semakin terlindungi.


Sumber : BBC/INE/MZW.

Read More..

PESOHOR BERKICAU DI TWITTER.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Siapa yang tidak kenal dengan media sosial di internet seperti twitter, yahoo group dan tentu saja facebook. Media sosial seperti Facebook dan Twitter merupakan salah satu cara ampuh bagi para pesohor untuk menyapa penggemar. Namun tahukah pesohor itu bila terlalu sering menyapa penggemar lewat Twitter menyebabkan karier mereka lebih cepat tamat.



Hal ini terungkap dalam sebuah survei di Inggris yang dilansir akhir pekan lalu. Pesohor yang tetap menjaga jarak dan menjaga aura mistisnya justru akan lebih bertahan lama. Industri musik mulai membatasi akses mereka terhadap beberapa jenis artis tertentu untuk membuat mereka tetap jaya di panggung kultur pop.



Banyak pesohor yang royal memberikan informasi tentang kegiatan harian mereka dari jam ke jam melalui Twitter, bahkan tak sekadar mempromosikan album atau karya mereka. Kicauan dari penyanyi Katy Perry misalnya, " Apa maknanya bagi anda jika melihat angka 33? Hari ini saya melihatnya sudah tujuh kali," katanya. Apakah kicauan itu penting maknanya?

Read More..

CARA SEHAT MERAIH TUBUH LANGSING.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Seribu jalan menuju Roma, seribu cara ditempuh manusia yang memiliki tubuh gemuk untuk menuju langsing. Namun hanya ada satu jalan yang tepat untuk sampai ke tujuan nya yaitu tubuh langsing, padat dan tentu saja sehat bugar. Karena keinginan untuk langsing secara instan sering kali menggoda selera orang untuk mengonsumsi berbagai jamu, pil, obat-obatan dan ramuan tradisional yang katanya mampu menurunkan berat badan secara drastis.



Dengan iming-iming program pelangsingan tubuh yang dilakukan secara instan dengan berat badan turun hingga 10 kg sebulan, biasanya akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan ginjal dan jantung. Bahkan tindakan pelangsingan tubuh secara instan ini bisa merenggut nyawa. Idealnya untuk langsing bisa dilakukan dengan diet yang benar dan olahraga secara teratur, berat badan akan turun dengan sendirinya 2 - 4 kg sebulan.



Sekali lagi bicara olahraga adalah cara aman untuk membakar kalori tubuh. Simak saja bagaimana sekarang ini banyak kanak-kanak, kaum muda dan manula yang tidak malas untuk bergerak, ramai-ramai melakukan olahraga setiap hari bahkan di hari libur kegiatan olahraga tetap berjalan. Jenis olahraga yang bisa membakar kalori misal berjalan kaki, joging, aerobik dan bersepeda bisa dilakukan sebagai kegiatan yang menyenangkan dan bukan kegiatan yang dipaksakan atau sekedar ikut-ikutan orang lain yang memang sudah hobi berolahraga dalam mengisi waktu senggangnya.


Bagi pemilik tubuh gemuk usahakan menurunkan berat badan dengan olah raga joging atau jalan kaki sehat.


Olahraga yang tepat sesuai dengan anjuran pakar kesehatan olahraga minimal 30 menit setiap kalinya dilakukan secara kontinyu 3 hari dalam seminggu. Selain olahraga yang bisa membakar kalori, pola makan juga perlu mendapat perhatian. Jika selama ini orang lebih banyak mengonsumsi makanan berlemak atau gorengan nan renyah nyam-nyam sebagai makanan selingan, mulai dari sekarang cobalah menggantinya dengan sayuran dan buah-buah segar yang banyak mengandung air.



Olahraga dan pola makan sehat selain berguna untuk kesehatan maka proses pelangsingan pun akan lebih cepat tercapai. Kuncinya terletak pada kemauan Anda untuk sehat, karena gemuk dan obesitas bukan lagi simbol kemakmuran lagi di jaman yang serba instans yang dikaitkan dengan banyaknya penyakit serius yang menimpa pemilik tubuh gemuk. Rubrik kesehatan di media massa pun sering mengulas dampak serius penyakit diabetes, darah tinggi, jantung yang mengintai mereka yang over weight atau obesitas.



Karena itu jalan satu-satunya yang tepat dari seribu jalan menuju Roma bagi orang yang ingin memiliki tubuh langsing bebas mengonsumsi obat pelangsing tubuh, adalah mengatur pola makan secara tepat dan jangan lupa berolahraga secara teratur. Karena itulah jalan yang tepat menurut sehat dengan kundalini reiki untuk mewujudkan tubuh sehat, bugar, langsing dan sehat. Ingat, kecantikan jangan sampai mengorbankan kesehatan.



Sumber : Inspiratorial Potensi Daerah.

Read More..

RILEKSASI CARA ALAMI MELEPAS STRES.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 27 Juni 2011 0 komentar

Melepas stress ibaratnya sama dengan membuang kentut yang membuat perut kembung karena energi negative masuk angin bercokol dalam rongga perut berhasil dikeluarkan. Setelah stress lepas dari tubuh badan pun sedikit rileks. Ada banyak cara melepas stress di antaranya mendatangi pusat layanan spa bagi orang yang punya duit tebal. Bagi yang kantongnya cekak alias tidak mampu mendatangi pusat kebugaran ada cara mudah dan murah yaitu melakukan pelepasan stress mandiri cukup di rumah dengan teknik pernapasan.



Soal berhasil tidaknya melepas stress mandiri di rumah hanya pelakunya saja yang bisa merasakan. Soal hasil bisa berbeda antara orang satu dengan lainnya namun tujuannya sama yaitu badan menjadi rileks. Dengan rileks kita seakan mendapatkan kembali energi yang hilang dan mencapai tingkat kesegaran tubuh dan pikiran yang lebih baik.



Sehat dengan reiki dan kundalini termasuk juga Anda pembaca blog ini tentu sepakat bahwa dalam kondisi tubuh yang lelah, sangat membutuhkan rileks sejenak dari kesibukan kerja yang mendera. Dengan merasa rileks tubuh akan merespon relaksasi yang dilakukan dengan memperlambat detak jantung. Rileks dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat laju pernapasan, mengurangi kebutuhan akan oksigen, meningkatkan aliran darah ke otot besar dan menurunkan ketegangan otot.



" Rileksasi juga dapat mengatasi gangguan fisik seperti sakit kepala dan nyeri pinggang, meredakan respon emosional seperti marah dan frustasi, meningkatkan energi tubuh, " tulis I Gede Agung Yudono di Mind, Body and Soul 3. Selanjutnya Yudono menyebut manfaat rileks lainnya seperti meningkatkan konsentrasi, memperbesar kemampuan menangani masalah, serta lebih efisien dalam beraktivitas sehari-hari. Salah satu manfaat teknik relaksasi yang sudah dikenal orang selama ini adalah meditasi.


Praktek meditasi sebaiknya dilakukan sejak anak-anak mulai duduk di bangku sekolah dasar. Meditasi mampu meningkatkan kecerdasan emosional.


Meditasi sebagai teknik rileksasi menunjukkan pengaruh positif terhadap penurunan stress. Pada tahun 1970 buku-buku teknik rileksasi mulai masuk Indonesia sebagai deretan buku best seller yang membahas masalah rileksasi untuk mencapai kebugaran setelah kerja keras sepanjang hari dengan mengeluarkan seluruh kemampuan fisik termasuk pikiran dalam bekerja. Salah satu buku itu bertajuk The Relaxation Responce karya Prof. Herbert Benson, MD dan Miriam Z. Klipper dari Harvard Medical School yang diterbitkan pada 1975. Buku itu dianggap sebagai buku yang mempopulerkan meditasi di Amerika Serikat.



Hasil penelitian lanjutan yang dipublikasikan menunjukkan hubungan yang semakin kuat antara stress dan kesehatan serta memperlihatkan semakin banyaknya manfaat relaksasi dibandingkan dengan yang diketahui sebelumnya. " Kesadaran orang tentang manfaat relaksasi bagi kesehatan pun tumbuh dan hingga kemudian mereka mempraktekkan teknik rileksasi tersebut, " tulis I Gede Yudono lebih lanjut. Karena itu rileksasi boleh disebut sebagai cara efektif untuk mengelola stress.



Dengan melakukan rileksasi kita dapat mencegah stress berganti wajah menjadi distress yang merugikan kesehatan. Banyak penelitian yang hasilnya menunjukkan hubungan antara tingkat stress dengan kesehatan fisik dan emosional. Bahkan diperkirakan lebih dari 90% penyakit berhubungan erat dengan stress. Sejak tahun 1960 penelitian di Amerika Serikat telah memperlihatkan hubungan kuat antara tingkat stress seseorang dengan kesehatan fisik dan emosionalnya.



Stress dianggap sebagai silent killer meski bukan satu-satunya penyebab serangan jantung atau stroke. Ia hanya faktor pencetus terjadinya penyakit itu jikalau pelakunya tidak mampu mengelolanya dengan baik. Karena itulah perlunya sesorang melakukan rileksasi sesibuk apa pun dalam hidupnya. Rileksasi ibarat makanan yang siap saji harus kita santap untuk menambah gizi menyangkut aspek mental dan emosional, agar ketegangan pikiran bisa direduksi sementara waktu.


Hal yang membuat sesorang ingin rileks jika tubuh sudah lelah yaitu ingin dipijat. Pijat sebagai salah satu rileksasi bisa mengendorkan otot-otot yang tegang.


Begitu besar manfaat rileksasi, tak ada salahnya bagi orang yang belum pernah praktek rileksasi perlu mempelajari tekniknya. Tidak susah mempelajari rileksasi karena rileksasi merupakan keterampilan seseorang untuk mengelola emosinya yang memang sudah ada dan dimiliki setiap orang. Akan lebih baik kita mampu mengubah emosi negative yang merusak tubuh menjadi emosi positif yang mengasihi bagi setiap insan manusia, binatang dan tumbuhan.



Begitu keterampilan rileksasi kita miliki, kemampuan kita mencapai kondisi rileks akan semakin meningkat. Salah satu cara mudah dan murah untuk mencapai rileks adalah melakukan olah napas sebagai mana prolog postingan ini. Cukup dengan mengatur napas Anda dapat mengistirahatkan tubuh menjadi rileks. Ingin tahu caranya?



Baiklah....sehat dengan kundalini reiki pandu Anda untuk melakukannya yaitu silahkan ( 1 ) Berbaring dengan nyaman di tempat tidur. Secara perlahan mulai rileks kan tubuh mulai ubun-ubun turun ke bawah memenuhi seluruh bagian tubuh hingga kedua kaki. Rileks kan pula seluruh otot dan organ-organ tubuh seakan-akan tubuh tidak punya tulang dan beban pikiran yang ada sementara waktu dibuang jauh-jauh.



( 2 ) Mulai menarik napas secara perlahan lewat hidung. Tahan sebentar di paru-paru agar udara memenuhi paru-paru selama 8 - 10 detik. Kemudian secara perlahan lepaskanlah udara dari dalam paru keluar lewat mulut mendesis. Tahan dan tunggu sekitar 5 detik lalu ulangi lagi siklus tarik dan buang napas ini beberapa kali ulangan semampu Anda.



( 3 ) Jika Anda merasa pusing itu pertanda saat menarik dan membuang napas tadi kondisi tubuh masih belum seluruhnya rileks. Karena itu istirahatlah sebentar dan ulangi lagi semampunya sehingga mata menjadi berat sampai kita tertidur. Jika sudah tidur lelap semoga bermimpi indah dan esok hari bangun tidur dalam kondisi tubuh sehat dan bugar.



Sumber : Nikmatnya Sensasi Pijat Rileksasi oleh I Gede Agung Yudono di Mind, Body and Soul 3/umm.edu ( diedit ).

Read More..

JUNK SLEEP PADA ABG.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Anak-anak dan remaja jaman sekarang cenderung kurang tidur gara-gara kecanduan internet, game online atau barang-barang elektronik di sekitar mereka. Survey yang dilakukan The Sleep Council sebuah lembaga kesehatan tidur di Inggris, terhadap 1000 responden berusia 12 - 16 tahun pada Agustus 2007 mendapati 30% ABG cuma tidur 4 - 7 jam sehari. Idealnya anak seusia mereka harus tidur selama 8 jam sehari.



Para ABG kurang tidur ini karena sibuk bermain barang-barang elektronik milik mereka. Banyak remaja yang disurvei mengaku punya ponsel, stereo set, video games, televisi dan laptop yang terhubung dengan internet tersimpan di kamar mereka. Bahkan satu dari lima remaja pria selalu tidur dalam keadaan televisi dan komputer masih menyala.



Sebanyak 40 % remaja kebanyakan putri berusia 15 - 16 tahun mengaku selalu merasa lelah gara-gara kurang tidur. Tidur asal-asalan karena lelah ini diistilahkan dalam tulisan Mind, Body and Soul 3 sebagai junk sleep dikhawatirkan dapat mengganggu fungsi fisik dan mental mereka. Tidur berkualitas sama nilainya dengan makan berkualitas.



Kurang tidur karena kecanduan alat elektronik di jaman digital ini dapat menjadi penyebab berbagai penyakit, mulai gangguan kelenjar tiroid sampai depressi. Bahkan berdasarkan penelitian terbaru, ternyata berhubungan dengan masalah kegemukan. Hal ini boleh jadi di malam hari sambil beraktivitas dengan perangkat elektronik ini, remaja selalu ngemil untuk mengisi waktu malamnya ini.



Orang yang kurang tidur berisiko pendek umur. Tak ubahnya mobil taksi atau bus umum pada tingkat umur yang sama, tak lebih segar dari kendaraan pribadi. Tubuh yang digenjot seperti mobil taksi, umumnya sudah remuk sebelum ajal. Dampak kurang tidur dalam jangka pendek adalah menurunkan prestasi kerja atau studi. Selain badan kurang bugar, selera makan menurun, libido meningkat, orang gampang tersinggung dan lekas marah.



Sumber : BBC.

Read More..

NENEK MERAMPOK.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Tidak membawa senjata dan bermodalkan kenekatan dengan menyebarkan penyakit, membuat seorang nenek berani merampok bank di Colorado USA. Saat tiba di sebuah toko Safeway dia memberikan secarik kertas kepada teller yang berisi ancaman dengan AIDS jika tidak memberikan uang yang dimintanya. Juru bicara kepolisian Longmont, Jeff Satur mengatakan, perempuan itu berusia antara 55 - 75 tahun.



Saat masuk toko dia mengenakan topi dan kaus warna abu-abu. Wajahnya pucat seakan-akan tidak begitu sehat. Dengan tenang nenek itu memasuki Bank Wells Fargo yang ada di dalam toko Safeway pada Kamis malam minggu lalu. Dia lalu mengulurkan kertas berisi ancaman kepada teller. "Dia mengindikasikan merupakan orang dengan AIDS dan akan menulari teller itu bila tidak mau bekejasama," ujar Satur.



Sambil menyodorkan kertas dia terus batuk-batuk di dekat teller dan menutupi hidungnya dengan bandana warna biru. Akibatnya teller menjadi risi dan khawatir akan keselamatan dirinya karena paparan penyebaran AIDS yang mungkin dibawa si nenek. Akhirnya teller menyerahkan setumpuk uang kepada si nenek.



Bank tidak menjelaskan berapa banyak uang yang dibawa kabur. Hingga akhir drama ancaman itu, tidak ada senjata yang diperlihatkan si nenek. Untunglah dalam percobaan perampokan itu tidak ada orang yang celaka. Polisi kini tengah memburu nenek perampok tersebut.



Sumber : AP/JOE

Read More..

MENGAKTIFKAN OTAK KANAN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 26 Juni 2011 0 komentar

Sekali lagi bicara masalah depressi di tempat kerja akibat rutinitas pekerjaan juga tekanan kehidupan yang saling berkesinambungan mengakibatkan keluhan bagi si penderita, tak ada salahnya menyimak penelitian mengenai otak manusia. Penelitian mengenai otak manusia ( brain lateralization ) menjelaskan bahwa keluhan itu disebabkan penggunaan otak kiri secara berlebihan. Sementara otak kanan kurang dioptimalkan dalam kegiatan harian.



Sejumlah penelitian mengungkapkan stimulasi otak kanan sejak usia dini membuat seseorang memiliki kecerdasan intelektual, nalar kuat dan daya tangkap cepat. Selain itu seseorang juga menjadi riang, inovatif dan tidak mudah stress. Kajian ini juga mengungkapkan fakta bahwa dua belahan otak manusia berfungsi identik.



Otak kiri memiliki kemampuan berpikir analitis yang mengandung nalar dan logika. Sementara otak kanan berpikir sintesis membentuk konsep, emosi, intuisi dan imaginasi kreatif. Mendengarkan musik adalah salah satu cara merangsang otak kanan. Selain itu, dianjurkan pula untuk memecahkan persoalan dengan metode pemetaan pikiran ( mind map ). Metode ciptaan Tony Buzan tahun 1970 itu masih relevan dengan kondisi sekarang ini.



Metode itu memadukan kemampuan otak kiri yang mengandalkan logika dan otak kanan yang mendorong inovasi. Perlu diketahui bahwa 80 persen otak terdiri atas air. Karena itu jangan biarkan tubuh kekurangan air. Dehidrasi ringan yang sering menghinggapi seorang karyawan karena kelelahan kerja dapat meningkatkan hormon stres yang dapat merusak otak. Akibatnya seseorang mudah mengalami depressi.



Otak manusia sebagai perangkat berpikir masih menyimpan misteri. Sigmun Freud pakar psikoanalisis berteori bahwa otak manusia adalah segala-gelanya. Sedangkan dalam buku Use Your Head karangan Toni Buzan menyebutkan otak manusia ibarat raksasa tidur. Masih menyimpan teka-teki dan banyak hal belum bisa dipecahkan secara keilmuan.



Selama ini orang sudah sering mendengar otak manusia terbagi menjadi dua bagian penting, yakni otak kanan dan otak kiri. " Otak kiri untuk hal-hal yang rasional, masuk akal, nyata, berpikir linier. Sedangkan otak kanan berkaitan dengan imajinasi, musik, kesenian, merasa bahagia dan konstruksional, " tutur dr. Samino, Sp.S ( K ), spesialis saraf dari RS Islam Cempaka Putih.



Dalam praktek selama ini kebanyakan otak kiri yang diberdayakan daripada penggunaan otak kanan untuk kegiatan berpikir. Tapi sejak muncul istilah kecerdasan emosi, otak kanan pun mulai banyak dibahas dalam forum ilmiah. Trik dan metode mengoptimalkan otak kanan mulai bermunculan dalam forum lokakarya dan pertemuan seputar pendayagunaan otak kanan yang muaranya mengarah kepada kecerdasan spiritual seseorang.



Memanfaatkan peranan kedua otak kanan dan kiri memang harus dimanfaatkan secara seimbang. Pasalnya setiap memori yang dibangun otak kiri akan menjadi memori jangka panjang yang disimpan ke dalam otak kanan. Jadi antara otak kiri dan kanan mempunyai semacam jembatan penghubung yang erat. Jika dianalogikan otak mirip komputer. Di Tiongkok komputer diberi istilah sebagai junnye yang berarti otak listrik atau otak yang bekerja pakai listrik.



Sumber : Komodifikasi Kompas dan Mind, Body and Soul 3.

Read More..

TEKNIK PERNAPASAN RINGAN ATASI STRESS.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Anda merasa depresi akibat padatnya rutinitas kerja lalu menjadi stress akibat tekanan kehidupan? Silahkan boleh jeda sejenak dari rutinitas kerja ini dengan rileksasi 10 menit ala John B. Arden yang ditulis di Buana Ilmu Populer dengan cara mempraktekkan teknik pernapasan perut atau diafragma. Intinya di saat stress sedang melanda dengan otot-otot meregang, ambil sikap tenang masuk rileksasi.



Teknik ini cukup sederhana dengan memperlambat ritme bernapas. Caranya tarik napas dalam-dalam alami lewat hidung. Gunakan rongga perut bukan dada untuk menyimpan napas. Lalu embuskan pelan-pelan tidak ada batasan berapa kali tarikan napas dalam satu menit. Yang jelas harus lebih lambat daripada keadaan biasa. Umumnya dalam semenit sekitar 9 - 16 kali tarik napas. Lakukan pernapasan ini sambil melakukan gerakan tubuh.



Pertama mengembangkan dada dengan sikap berdiri dengan kedua lengan berada di samping tubuh. Angkat kedua lengan dan pundak naik ke atas sambil bernapas dalam-dalam. Tahan posisi ini tanpa menurunkan kedua lengan, tarik dan keluarkan napas pelan-pelan sebanyak yang Anda bisa lakukan. Ulangi latihan ini sekurang-kurangnya tiga kali pengulangan.



Kedua mengangkat bahu sampai sejajar dengan telinga. Tarik bahu ke belakang bayangkan kedua bahu saling menyentuh. Lalu turunkan kedua bahu pelan-pelan. Ulangi gerakan ini beberapa kali semampunya. Sesuaikan gerakan dengan pernapasan yang dalam dan hayati keluar masuknya napas.

Ketiga memutar leher dengan menurunkan dagu ke arah dada lalu putarlah kepala anda searah jarum jam, satu lingkaran sampai kepala berada di posisi awal kembali. Lalu putarlah kepala dengan arah berlawanan dengan putaran jarum jam.



Stress bisa terjadi di mana saja apakah di rumah atau kantor. Sebetulnya stress wajar terjadi pada siapa saja. Menurut Sylvina seorang konsultan SDM yang menangani masalah stress dalam Mind, Body and Soul 3 , menyatakan dalam batas tertentu tekanan kerja diperlukan untuk memacu seorang karyawan agar lebih berprestasi. Tanpa stress mungkin saja seorang karyawan akan merasa nyaman terus sehingga tidak ada kemauan untuk meningkatkan diri.



Namun stress akan menjadi masalah jika kadarnya sampai mengganggu kinerja karyawan. Agar kejadian ini tidak sampai mengganggu pekerjaan karyawan kita perlu mengelola stress layaknya mengelola tugas pekerjaan harian. Karena itu pengelolaan stress logikanya setiap orang mempunyai cara atau kiat sendiri baik di tingkat direktur, manager maupun karyawan biasa apa pun fungsi dan jabatannya dalam menghadapi momok stress yang satu ini.



Supaya bisa mengelolanya tambah Sylvina lebih lanjut, hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami hakikat stress. Dalam ungkapannya, stress adalah reaksi kita karena tidak sanggup mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Dalam definisi tingkat ini ada dua unsur pokok yang bisa dijadikan dasar mengelola stress.



Pertama stress karena reaksi kita sendiri dalam memandang persoalan yang tidak ketemu jawabannya. Kedua stress timbul jika kita merasa tidak bisa mengatasi stressor. Semakin lama persoalan stress didiamkan dan tidak segera diatasi maka akan berpengaruh buruk pada kesehatan. Seseorang akan mudah lelah, tidak semangat bahkan gangguan tidur pun bisa mengganggu di malam hari di saat orang lain tidur pulas, kita yang dihinggapi stress masih klisikan di tempat tidur dengan pikiran melayang-layang entah kemana.



Kalau sudah begitu yang bisa kita lakukan segera cuci muka agar wajah menjadi dingin. Praktekkan meditasi atau olah napas yang Anda kuasai dengan berdoa memohon bimbingan Tuhan YME agar diberikan kejernihan pikiran sehingga bisa terbebas dari rasa gelisah di malam hari. Saat mengatur napas iringi dengan doa. Yang tak kalah penting latihan fisik sebagai tips universal bagi setiap orang yang ingin hidup sehat bugar dengan cara rajin olahraga apa pun jenisnya.



Aktivitas fisik dengan olahraga bisa membuat sirkulasi darah menjadi lancar, pembuluh darah lentur. Effeknya diharapkan aliran darah ke otak tempat stress bercokol karena padatnya pikiran menampung permasalahan hidup ini menjadi lancar sehingga pikiran kembali menjadi jernih. Untuk itulah tips latihan pernapasan untuk atasi stress ini boleh juga dicoba jika memang Anda suka dengan olahraga yang memadukan unsur keindahan dan irama pernapasan.



Sumber : Mind, Body and Soul 3 ( diedit ) dan Praktek Teknik Pernapasan Pribadi PPS Merpati Puth.

Read More..

PERANAN DOA DALAM PENYEMBUHAN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 25 Juni 2011 0 komentar

Sudah sering kita mendengar akan pentingnya doa bagi seseorang. Dalam hubungan kekerabatan antara orang tua dengan anak dan sebaliknya, hubungan sosial pertemanan seseorang dengan orang lain dalam pergaulan sering menggunakan doa untuk kebaikan orang yang didoakan. Masih ingat sebulan lalu tatkala anak-anak kita yang sedang menempuh ujian akhir sekolahnya, ramai-ramai melakukan doa bersama menjelang pelaksanaan hari ujian agar ujian sekolah yang akan diikuti berjalan dengan sukses, mampu mengerjakan soal ujian dan outputnya berhasil lulus ujian sekolah. Demikian pula permohonan doa dari seorang anak kepada orang tuanya, teman bahkan saudara jika yang bersangkutan sedang diuji dengan sakit, mohon didoakan agar segera sembuh dari sakitnya.



Tentu saja permohonan doa merupakan energi positip yang melibatkan sang pendoa dengan Rab-Nya agar Dia berkenan mengabulkan apa yang dipintanya. Manusia yang lemah dan tidak berdaya akan menjadi sengsara jika dalam dirinya merasakan ketidak nyamanan dalam hidup ini. Misalnya kasus dia sedang menderita sakit, dapat musibah yang mengenaskan tentu berharap ketidaknyamanan ini segera berlalu dan kembali hidup normal dan nyaman. Karena itu sebagai umat beragama kewajiban berdoa setiap saat sangat dianjurkan setiap kali melakukan ritual ibadah sesuai dengan Iman dan Kepercayaan yang dianutnya.



Setiap orang tentu percaya akan adanya kekuatan doa. Kekuatan doa sering dibicarakan dalam forum umat beragama bahkan banyak penelitian di negara-negara barat para peneliti telah membuktikan kekuatan doa yang mampu menyembuhkan penyakit dan penderitaan jiwa. Sudah sering terjadi keajaiban penyembuhan dapat terjadi dari jarak jauh. Artinya doa dikirimkan oleh seseorang kepada orang lain baik diketahui atau tidak oleh orang orang yang didoakan sehingga terjadi hubungan energi doa antar keduanya. Selain itu seringkali doa sangat berpengaruh baik bagi seseorang yang acapkali berdoa dalam hal kesehatan maupun spiritual.



Dr. Heber Benson peneliti dari Harvard Medical School adalah orang yang mempopulerkan Mind Body Conection. Ia dapat membuktikan adanya hubungan yang jelas antara doa dengan kesehatan. Dalam penelitiannya ia menyimpulkan bahwa banyak berdoa dapat meningkatkan kesehatan tubuh mulai dari tekanan darah tinggi hingga meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh reumatik dan kangker.



Penelitian lainnya dari seorang ahli di Duke Univercity juga membuktikan hal yang sama. Hal yang menakjubkan adalah evektivitas yang sama dari doa yang dikirimkan jarak jauh tanpa sepengetahuan di penderita. Seorang ahli jantung Randolph Byrd, meneliti 393 pasien jantung yang dirawatnya di ICU di San Francisco General Hospital. Secara acak dipilih beberapa pasien lalu didoakan oleh kelompok pendoa.



Hasilnya mereka yang didoakan membutuhkan obat-obatan yang lebih sedikit dan cepat sembuh secara keseluruhan akan keluhan penyakitnya daripada kelompok pasien yang tidak ikut didoakan tetapi hanya diberikan obat saja. Bukan itu saja kekuatan doa untuk tujuan kebaikan mahkluk hidup selain manusia, yaitu tanaman. Percobaan terhadap tanaman yang didoakan dengan yang tidak. Tanaman yang didoakan lebih cepat tumbuh subur dan lebih tahan hama penyakit daripada tanaman yang tidak diberi doa akan tumbuh lambat sekali. Bakteri yang dibiakkan dalam tabung pembiakan akan bereaksi cepat ketika sang peneliti memberikan doa saat melakukan eksperimen di laboratoriom.



Satu hal yang perlu kita ketahui bersama sebagai praktisi reiki bahwa penyembuhan dengan energi reiki harus didahului dengan doa oleh praktisi reiki yang memberikan healing maupun pasien yang diberi terapi reiki. Perlu dipahami bahwa tindakan ini merupakan etika seorang praktisi reiki yang menyadari bahwa berhasilnya kesembuhan semata karena Tuhan YME dan bukan karena praktisi reiki yang menyalurkan energi reiki.



Lebih dari itu penyembuhan model reiki perlu disertai dengan rasa empati dan rasa kasih sayang kepada pasien. Doa perlu diucapkan dengan sungguh-sungguh dan penuh pengharapan bahwa doa akan dijawab-Nya. Sebaliknya doa yang diucapkan tanpa kesungguhan hati dan dibarengi perasaan empati dan kasih sayang tidak akan menghasilkan apa-apa.



Setelah doa dipanjatkan lalu diiringi dengan niat untuk menyalurkan energi reiki, mengarahkan energi sesuai dengan affirmasi dan setelah itu pasrah total. Selesai healing tidak lupa kita ucapkan sekali lagi doa syukur bahwa penyaluran energi penyembuhan reiki telah berlangsung dengan baik dan semoga Tuhan berkenan memberikan kesembuhan.



Kebiasaan berdoa tentu saja akan membuat seseorang terhubung dirinya dengan Tuhan YME. Tentu saja dari sudut pandang hasil penelitian pada kesembuhan dari penyakit karena pasien didoakan akan membuat seseorang awet muda dan panjang umur sehat walafiat. Tentu dengan ikut mendoakan orang lain panjang umur, sehat bugar dan awet muda boleh jadi si pendoa pun akan mengalami hal sama yaitu sehat, awet muda dan Insya Allah panjang umur.Tentu semua sahabat sehat dengan kundalini reiki ingin sehat bugar, awet muda dan panjang usia bukan?



Sumber tulisan : Buletin Inti Reiki April 2011 ( diedit ).

Read More..

KAFE SYBER KAFE ANGKRINGAN HIK SOLO.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 24 Juni 2011 0 komentar


Cafe dalam pengertian sehat dengan reiki adalah kedai kopi tradisional, di mana saya dapat bersantai sambil minum kopi, teh atau wedang jahe sambil membaca koran atau majalah di pagi hari sebelum berangkat kerja atau sore hari selepas bekerja. Demikian pula di kampung saya di Laweyan Solo sejak dulu sudah ada cafe tradisional yang menempati emperan rumah orang dan berjualan sejak jam 5 sore hingga jam 3 pagi.



Hingga mau tidak mau cafe tradisional ini menjadi tempat sosial bagi sekelompok orang untuk bersantai sambil menonton siaran televisi atau mendengarkan siaran radio yang menyiarkan klenengan ( gending-gending Jawa ) , keroncong, gending campur sari bahkan sekarang ini lagu-lagu pop termasuk musik ndangdut. Cafe tradisional ini oleh wong Solo atau Jogja dikenal dengan istilah warung angkringan hik.



Yang dijual di sini makanan nasi kucing ( nasi seukuran kepalan tangan isi ikan teri dan sejumput sambal cabe terasi ), sate tempe gembus, sate telur puyuh, tempe goreng, tahu, tempe bacam, welut goreng bahkan mie rebus. Pokoknya istilah wong Solo makanan serba gayengan, murah meriah serba merakyat. Minumannya air serbat, wedang jahe, kopi dan jeruk manis panas atau dingin. Angkringan ini tersebar merata di setiap pemukiman, gang-gang bahkan berjualan bersebelahan dengan mall yang saat ini menjamur di kota Solo.


Warung hik alias warung kucing atawa angkringan jelas salah satu pilihan populer. Apalagi bagi yang mukim di kawasan Jogja atau Solo.


Sesuai dengan perkembangan jaman, cafe modern atau tradisional yang semula menjadi tempat bersosialisasi, kini berkembang menjadi tempat hiburan karena sekarang ini banyak cafe yang menawarkan hiburan kepada publik pengunjung cafe tersebut. Tengok saja di Jakarta ada Hard Rock Cafe, Jazz and Rock Cafe dan sebagainya, sedangkan di Solo ada Cafe Slonjor murah meriah nanging wareg tenan yang berjualan di kaki lima sambil menonton orang berlalu lalang dengan segala kesibukannya.



Bukan itu saja yang sehat dengan reiki tangkap dari perkembangan cafe saat ini. Sesuai dengan perkembangan jaman, cafe juga menyesuaikan diri dengan menyediakan sarana internet dalam cafe, di mana kita bisa bersantai sambil menjelajah dunia internet, hingga muncul istilah Cybercafe yang dalam arti harafiahnya sebuah kafe cyber ( dunia komputer/cybernetik atau sebuah proses yang menggunakan komputer).



Cybercafe yang pertama muncul di Eropa, dimana masyarakat masih senang berkumpul di cafe setiap ada kesempatan tepatnya di Paris dan menjadi populer di kalangan pengguna internet hingga akhirnya merambah dunia dan menjadi trend baru yang menjangkau semua orang, baik pengguna pemula hingga pengguna tingkat mahir di dunia internet. Cybercafe cukup membantu untuk menghilangkan kesan bahwa dunia internet itu ekslusif, hanya bagi pemilik komputer dan akses ke internet provider.



Dengan tersebarnya cybercafe di mana-mana , makin banyaklah orang yang akan menjelajah dunia internet dan internet sendiri makin memasyarakat. Memang tepat kalau kita ingin bersantai sambil minum kopi, teh dan minuman khas angkringan tadi atau cafe elit di mall sambil menunggu teman selingkuhan, sahabat karib bahkan keluarga, kita bisa menjelajah dunia internet, syukur di tempat cafe ini berada ada hotspot gratis sebagai bonus pengunjung cafe.

Keuntungan adanya cybercafe ialah kita dapat mengambil e-mail di manapun Anda berada, selama ada cybercafe, misalnya Anda berada di Jepang, Amerika, Eropa Anda tidak perlu mengakses langsung ke provider di Jakarta, namun tinggal mencari cybercafe terdekat, anda masukkan pop ( server tempat e-mail anda berada, biasanya di provider lokal ).



Kecuali Anda memiliki alamat e-mail berbentuk homepage seperti Hotmail, Starmail dan Rocketmail, Anda tinggal memasuki alamat situs mereka dan mengambil e-mail sesuai petunjuk yang ada di situs mereka. Keuntungan lain bagi para pelajar dengan adanya cybercafe, mereka dapat tempat untuk mencari bahan kuliah, artikel, informasi dalam lingkungan santai di cafe, juga mereka dapat menyelesaikan paper di sana.


Bukan orang dewasa saja hobi nge-hik. Anak kecil pun senang dengan sego kucing di warung hik. Selain itu ada minuman teh nasgitel, plus aneka gorengan.


Daripada mereka menghabiskan uang di cafe biasa tanpa fasilitas hotspot, mengapa mereka tidak menghabiskan waktu di internet cafe? Toh uang yang mereka belanjakan hampir sama, cuma keuntungan yang didapatkan pasti lebih banyak jika mereka berkumpul di Cybercafe. Berbicara masalah hotspot yang dikaitkan dengan warung angkringan hik Solo, beruntunglah Anda yang jajan di warung hik yang berlokasi di depan Balai Kampung Laweyan Solo tepatnya di areal parkir Pasar Kabangan, dapat menikmati internet gratis sepanjang hari un limited quota yang dipancarkan dari pendopo Balai Kelurahan Laweyan.



Sambil berselancar di internet menikmati makanan ringan hik Solo, berikut ini tip-tip ala sehat berkat reiki mengenai cybercafe :
1. Jika Anda bepergian keluar negeri, usahakan selalu mencari lokasi cybercafe di lokasi negara yang akan Anda tuju, caranya dengan mencari di search engines seperti Yahoo dan Google. Biasanya dengan menggunakan key word cybercafe lalu telusuri situs mereka yang akan menerangkan segala fasilitas yang dapat digunakan, lokasi cafe bahkan Anda dapat melihat menu makanan yang mereka sediakan.
2. Selalu minta petunjuk untuk mengubah pop guna mengambil e-mail Anda, walaupun Anda sudah terbiasa untuk mengubah setting komputer, karena tiap komputer itu unik dan untuk menghindari kesalahan setting, minta bantuan pramusaji mereka untuk mengubahnya.
3. Siapkanlah alamat situs yang Anda butuhkan guna menghemat waktu penjelajahan dan menghemat pengeluaran uang dalam berselancar di dunia internet. Alamat situs sebaiknya Anda catat secara manual di selembar kertas atau menyimpannya di hand phone bahkan bila Anda sudah jadi Praktisi Reiki dengan mudah alamat diingat kembali hanya dengan menyebutkan afirmasi yang ingin dimunculkan semudah anda menelusuri dengan Google.



Pertanyaan saya, " Sudahkah Anda berkunjung ke Solo dan menikmati angkringan hik di malam hari sambil berselancar di internet kawan? " Saat ini banyak tersedia areal hotspot gratis yang bersanding dengan kafe atau pun warung hik. Semua bertujuan untuk memanjakan pengunjung yang semula terlihat ndeso sekarang modern dengan adanya fasilitas ini. Tapi ingat jangan sering bergadang di warung angkringan hik setiap malam. Nanti mudah kena penyakit masuk angin.

Foto-foto by Made Adhi.

Read More..

USAHAKAN TETAP SEHAT DI MUSIM HUJAN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Karena sering lek-lekan alias begadang di emperan toko sambil menikmati hik angkingan di malam hari, seorang sahabat di Solo mengirim e-mail kepada sehat dengan reiki, memberitahukan bahwa subuh tadi pagi terserang masuk angin dan minta direiki jarak jauh segera. Sahabat ini mengatakan bahwa kebiasaan tidur malam inilah yang menjadi pemicu sakit masuk angin dan memang hobi nongkrong di angkringan ini sudah dilakoni sejak muda dulu. Itu lah gaya wong Solo serba santai mengutarakan keluhannya sekalipun dia sedang sakit.



Tak apalah saya hanya berpesan mumpung belum sakit benar lebih baik dicegah daripada sakit beneran yang nantinya akan menguras kantong jika sudah masuk rumah sakit. Saya tidak sedang menakuti-nakuti sahabat saya ini kawan, sekedar mengingatkan bahwa saat ini sedang musim hujan. Udara di siang hari yang semula cerah bisa seketika berubah drastis menjadi mendung kelabu dan akhirnya menumpahkan air hujan kemana-mana.



Musim hujan identik dengan banyaknya penyakit yang mengancam kesehatan di lingkungan sekitar. Penyakit yang biasanya menyerang di musim hujan seperti penyakit batuk pilek, asma akut, bahkan gangguan pernafasan bisa dialami siapa saja baik anak-anak atau orang dewasa. "Dua hari lalu aku pergi berobat ke dokter dan tenggorokanku masih serak serasa terbakar dan batuknya ini lho tak mau hilang," keluh nya masih menceritakan gejala penyakitnya lewat e-mail layaknya dia sedang menulis sebuah novel. Novel yang bercerita penyesalan kenapa saat usia merambat naik, kondisi kesehatan naik turun seperti tegangan listrik yang tidak stabil.



Sambil menceritakan penyakitnya lewat email balasan, saya menyarankan untuk sementara waktu istirahat dulu dari kegiatan begadang alias menikmati angkringan hik setiap malam. Saya buka referensi buku kesehatan tentang penyakit ringan seperti masuk angin itu. Dalam buku itu ditulis bahwa banyak orang mudah jatuh sakit pada musim hujan seperti sekarang ini. Akibat perubahan cuaca yang drastis, kelembaban yang relatif tinggi, angin kencang bertiup, fluktuasi suhu yang drastis antara siang dan malam, memaksa tubuh terus beradaptasi secara keras dengan lingkungan tempat tinggal.



Lebih fatal lagi di musim hujan pun berisiko menjangkitkan penyakit pada anak-anak. Pertahanan tubuh anak cenderung lebih lemah dibanding orang dewasa, jadi peluang mereka untuk terjangkit penyakit seperti flu dan batuk lebih besar. Bagaimana tubuh menghadapi berbagai gangguan ketika musim hujan tiba? Bagaimana pula tubuh manusia menghadapi serangan penyakit dari luar ada hubungannya dengan sistem imun tubuh?



Jelas bahwa fungsi utama dari sistem imun tubuh adalah pertahanan, yaitu menangkal bahan yang berbahaya agar tubuh tidak sakit. Jadi, apabila sistem imun tubuh sedang terganggu dan tidak bekerja dengan baik, maka seseorang dengan mudah akan terserang penyakit. Lihatlah saat ini di Jakarta sudah banyak penderita DBD yang tengah dirawat di sejumlah rumah sakit. Tentunya pengobatan ini memerlukan waktu lama untuk menormalkan kembali metabolisme tubuh agar kembali bekerja dengan baik sehingga pasien cepat sembuh.



Sistem imun tubuh sendiri terdiri dari berbagai komponen. Semua komponen tersebut akan bekerja secara serentak ketika tubuh mendapat serangan dari luar maupun dari dalam tubuh. Sistem imun akan menghalau penyakit yang mengganggu tubuh. Selanjutnya sistem imun tubuh berkembang sesuai dengan perkembangan tubuh. Di mulai ketika bayi, manusia mendapatkan sistem imunnya ketika mulai mengkonsumsi ASI.



Pada waktu bayi umumnya sistem imun tubuh belum banyak berkembang, beberapa komponen belum dapat berfungsi secara optimal. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi, sistem imun tubuh pun berkembang sehingga dapat berfungsi dengan baik. Tetapi ketika memasuki usia tua, sistem imun tubuh mengalami penurunan fungsi. Oleh karena itu, anak-anak dan orang tua lanjut usia lebih mudah terserang penyakit.



Pada dasarnya orang dengan kondisi sistem imun yang prima tidak akan mudah terserang penyakit dan infeksi. Akan tetapi dalam kondisi tertentu, sistem imun akan terganggu dan tidak bekerja dengan baik sehingga infeksi virus, jamur dan bakteri lebih mudah menyerang tubuh. Banyak faktor yang dapat mengakibatkan sistem imun tubuh terganggu, di antaranya adalah stress, kurang gizi, kurang istirahat dan terlalu lelah.



Karenanya untuk mengatasi perlu penanganan pola hidup sehat dan dianjurkan untuk mengkonsumsi penguat sistem imun tubuh. "Wah kalau saya sendiri sudah tidak lagi mengkonsumsi suplemen penguat sistem tubuh," celetuk salah seorang sahabat sehat berkat reiki di kantor beberapa hari lalu yang saat ini sedang getol-getolnya belajar Yoga dan Meditasi. "Cukup dengan gerakan Yoga yang lentur dan menerapkan pola hidup sehat tidak gampang stress, saya jalani saja hidup ini apa adanya," tambahnya.



Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kalimat tersebut sangat sesuai dengan kondisi tubuh menghadapi musim hujan sekarang ini. Untuk mencegah penyakit yang bertebaran sebaiknya persiapkan payung sebelum hujan dengan cara sehat berkat reiki, di antaranya pertama, menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi seimbang. Kedua, membiasakan diri untuk hidup bersih. Ketiga, tidak mengkonsumsi makanan dan minuman di sembarang tempat. Keempat, melakukan olahraga secara teratur. Kelima, istirahat tidur cukup agar tubuh kembali segar ketika beraktivitas esok harinya. Keenam, kalau mau belajar mempraktekkan Reiki dalam kehidupan sehari hari masih terbuka kesempatan untuk mempelajarinya.



Banyak kesaksian telah diungkapkan praktisi Reiki baik lewat forum, milis dan temu darat bagaimana dia memperoleh kebugaran dan kesehatan ala Reiki.
Nah sahabat sehat dengan reiki, anda akan memilih cara apa agar selalu sehat setiap harinya? Banyak pilihan disodorkan kepada Anda semua dan pilih yang tepat atau bisa semuanya dipilih asal konsekuen melaksanakan apa yang telah menjadi pilihannya. Selamat menjalani hidup sehat ya?

Read More..

ANAK REWEL DALAM PERJALANAN GUNAKAN REIKI SAJA AGAR NYAMAN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 23 Juni 2011 0 komentar

Artikel ini sehat dengan reiki tulis setelah membuka buletin Waskita Reiki yang terbit beberapa tahun lalu. Tulisan aplikasi reiki selain usaha di luar penyembuhan penyakit pagi tadi saya buka kembali di rumah. Isinya seputar praktek reiki dan pengalaman para praktisi reiki dalam menggunakan reiki untuk beberapa hal keperluan. Salah satu keperluan reiki di samping untuk energi penyembuhan, reiki dapat juga digunakan untuk membuat kenyamanan pada anak kecil yang rewel saat digendong orang tuanya dalam perjalanan menggunakan angkutan kereta api. Boleh dikatakan rewelnya anak karena ketidaknyamanan dalam perjalanan karena hawa panas dalam kendaraan, terjebak macet, berisik bahkan terkena penyakit mabuk alias muntah-muntah.



Kesaksian praktisi reiki bernama Hendro menggunakan reiki untuk menenangkan anak rewel di dalam kereta merupakan modifikasi reiki untuk kenyamanan dalam perjalanan. Salah satu kenyamanan dalam perjalanan adalah kendaraan berjalan lancar tidak mengalami kemacetan lalu lintas, penumpang tidak menggerutu dan isimewanya penumpang balita yang terkadang rewel dibuat tidur nyenyak dalam perjalanan setelah balita itu ditransfer reiki jarak dekat. Pengalaman Hendro yang menumpang kereta api malam dari Madiun ke Jakarta adalah salah satu bukti bahwa reiki bila digunakan untuk hal positip tentu akan mendatangkan berkah/rahmat kebaikan bagi orang lain yang sedang bermasalah. Misalnya masalah kesehatan terganggu ini lumrah, tetapi anak rewel sepanjang perjalanan tentu sangat mengganggu kenyamanan penumpang lain yang terusik dengan tangisan sang anak tadi.



Dalam kesaksian tadi Hendro cukup simpel menyalurkan reiki kepada anak yang sedang digendong ibunya di gerbong depannya. Artinya Hendro tidak duduk dalam satu gerbong tetapi berlainan gerbong. Tangisan anak semakin menjadi-jadi manakala kereta memperlambat lajunya dan saat akan memasuki stasiun. Instink Hendro mengatakan bahwa ketidaknyamanan bisa dikarenakan hawa panas di gerbong ini. Ditambah teriakan pedagang asongan yang menjajakan dagangannya ke dalam gerbong setiap kali kereta berhenti di stasiun. Rewelnya anak semakin menjadi-jadi tatkala kereta berjalan kencang dan bunyi guncangan kereta semakin menambah tangisan anak semakin menyayat hati perasaan Hendro.


ASI bisa bikin anak nyaman dalam dekapan Ibu. Tetapi bila dalam perjalanan menggunakan angkutan pribadi atau umum, apakah rasa nyaman juga akan dialami sang anak? Terkadang anak rewel karena rasa tidak nyaman dalam dirinya.


Apa boleh buat...."Dengan Izin Tuhan saya salurkan reiki jarak jauh ini kepada anak tadi untuk membuatnya nyaman, guncangan kereta menjadikan empuk suaranya, rasa panas ditukar rasa dingin nyaman berkelanjutan selama perjalanan. Dengan Izin Tuhan terjadilah....", demikian papar Hendro dalam pengakuan yang dia utarakan di buletin Waskita Reiki. Doa Hendro dijawab Tuhan....anak kecil yang rewel tadi lambat laun berhenti menangis dan kemudian tertidur pulas selama perjalanan hingga tiba di Jakarta di pagi hari.



Pengalaman inilah yang kemaren malam sehat dengan reiki temui kembali dalam perjalanan menggunakan kereta malam dari Solo ke Jakarta. Jarak Solo ke Jogja hanya ditempuh sekitar 1 jam saja. Ketika kereta berhenti di Jogja penumpang baru berebutan masuk ke dalam gerbong. Gerbong penumpang tempat duduk sehat dengan reiki ada di urutan nomer 2 dari belakang. Penumpang baru seorang ibu muda dengan anak balita yang digendong naik ke gerbong dan menempati gerbong nomer 3 dari belakang. Jadi ibu dan anak ini duduk di gerbong depan tak jauh dari gerbong sehat dengan reiki duduk.



Kereta melanjutkan perjalanan menembus pekatnya udara malam. Selepas Jogja kereta tidak pernah berhenti. Bunyi guncangan kereta akhirnya membuat sang anak terbangun dari dekapan sang ibu. Mendadak anak ini menangis sejadi-jadinya. Ada hal yang tidak nyaman kembali terulang pada sang anak ini. Rasa panas, gerah, bunyi berisik tampaknya mengusik ketenangan sang anak ini dari tidurnya.



Akhirnya tangis anak meledak sepanjang perjalanan antara Jogja ke Kebumen. Berbagai cara telah dilakukan sang ibu untuk menenangkan sang buah hati agar tidak rewel. Mulai dari mengusap-usap kepala sang anak, menimang-nimang, membawa ke dekat sambungan gerbong (bordes) agar dapat hawa sejuk tidak juga membuat sang anak berhenti menangis. Akhirnya senjata andalan sang ibu pun di keluarkan dari dalam bajunya. Puting buah dada pun disorongkan ke mulut sang anak agar segera mengisap air susu ibu (ASI) tapi itu pun hanya sebentar membuat anak berhenti menangis.



Kereta tetap berjalan dan semakin cepat saja jalannya. Sang anak pun kembali menangis. Kembali ASI pun diberikan tetapi anak menjadi semakin rewel. Apakah ini disebabkan puting susu ibu tercemar bau rokok milik sang bapak....sehingga anak pun ogah mengisap puting susunya?....Walauallam. Tidak etis rasanya sehat dengan reiki menanyakan hal ini. Akhirnya....pengalaman sahabat Hendro inilah saya tiru malam itu.



Setelah berdoa sejenak sebelum mengakses reiki, affirmasi pun saya buat, "Ya...Tuhan berikan rasa nyaman pada sang Anak ini agar berhenti menangis...tukarkan bunyi berisik kereta ini menjadi bunyi meneduhkan laksana lagu Nina Bobo...oh Nina Bobo. Tukarkan hawa panas dalam gerbong menjadi hawa dingin sejuk khusus anak ini dan hilangkan energi negative rasa tidak nyaman dari diri sang anak menjadi energi positip yang membuat anak tidur nyaman sepanjang perjalanan. Dengan Izinmu....Ya...Tuhan...perkenankan doa ini dan terjadilah."



Kereta semakin berjalan kencang menembus udara malam yang dingin. Perlahan energi reiki mengalir semakin deras menyaingi bunyi goncangan gerbong kereta meluncur di atas bantalan rel. Puji Syukur saya haturkan kepada Sang Khalik....anak pun akhirnya tertidur lelap dan tetap dalam dekapan sang ibu muda ini. Energi reiki terus mengalir saya salurkan kepada anak ini. Selepas Kebumen sebelum kereta masuk terowongan Ijo Gombong, akhirnya energi reiki saya lepas. Sebagai gantinya saya alirkan energi perlindungan diri agar tetap bekerja nyaman sepanjang perjalanan dan membungkus anak tetap nyaman dalam dekapan sang ibu.



Sahabat sehat dengan reiki tercinta....sudahkah Anda mencoba bereksperimen menggunakan energi reiki seperti yang saya lakukan dalam perjalanan ini? Jujur saja...selama praktek reiki....baru malam itu saya menggunakan reiki untuk keperluan meninabobokan anak agar tenang tidak menangis dan tertidur nyenyak hingga tiba di tempat tujuan. Penggunaan ini saya lakukan setelah ingatan saya terusik dengan pengalaman saudara Hendro ketika menenangkan anak yang menangis dalam perjalanan dengan kereta api di malam hari. Jadi reiki memang dimungkinkan apabila kita benar-benar menyalurkan dengan tulus, ikhlas dan pasrah. Biarkan Tuhan berkarya dalam penyaluran reiki ini dan kita sebagai saluran saja dari energi reiki.

Read More..

KELENJAR PINEAL MENUNJANG HORMON MELATONIN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 22 Juni 2011 0 komentar

Irmansyah Effendi Msc dalam buku Kundalini menulis, salah satu kekuatan psikis yang cukup mudah untuk dimiliki seseorang apakah dia seorang praktisi reiki atau non praktisi reiki adalah pewaskitaan. Untuk mencapai tataran itu seseorang harus mengetahui pewaskitaan dengan mengetahui organ-organ eterik yang berfungsi untuk pewaskitaan dan cara mengaktifkannya. Pewaskitaan dapat aktif dalam beberapa hari saja bagi orang yang berbakat.



Indera yang berfungsi untuk pewaskitaan dapat dibagi dalam 2 kelompok yaitu kamera dan penerima. Kamera atau pintu masuk penglihatan adalah chakra mata ketiga sampai chakra mata ketujuh. Di samping dua mata fisik yang bisa dilihat, manusia mempunyai lima mata lagi yang berada pada tingkat eterik dan tidak bisa dilihat. Gambaran yang masuk lalu diterima oleh kelenjar pineal untuk disampaikan ke otak. Otak inilah yang akan menyimpan memori ( merekamnya ) dan suatu saat akan dimunculkan kembali ( playback ) bila diperlukan.



Untuk mengaktipkan sebuah mata eterik, chakra bersangkutan harus terbuka. Jaringan pelindung yang terletak dibelakang chakra juga harus dibuka. Ibarat shutter pada kamera jaringan pelindung sangat halus mudah robek dan rusak. Apabila jaringan pelindung robek, maka mata eterik akan aktif secara terus menerus yang berakibat yang bersangkutan akan sering melihat hal-hal yang tidak diinginkan. Seharusnya mata eterik dapat diaktifkan atau diistirahatkan sesuai keinginan.



Sebagai contoh mata ketiga (chakra ajna) mempunyai fungsi untuk melihat energi kasar misalnya badan halus, mata kelima yang terletak di dahi untuk melihat energi yang lebih halus lagi seperti tubuh astral, chakra, aura dan sebagainya. Semua kemampuan ini dimungkinkan karena adanya kelenjar pineal yang berfungsi untuk pewaskitaan. Tanpa aktifnya kelenjar pineal pewaskitaan tidak dapat dimiliki. Jadi pada saat seseorang berlatih Kundalini maka kelenjar pineal akan diaktifkan dan dibersihkan sehingga kelenjar ini berfungsi dengan baik.



Organ penting lainnya di dalam otak adalah kelenjar pituitary yang mempunyai kemampuan untuk memanjang dan memendek berfungsi sebagai alat zoom seperti halnya lensa pada kamera. Kemampuan pewaskitaan sebenarnya luas misalnya melihat badan halus, aura, organ tubuh, tulang, penyakit dalam tubuh dan seseorang berada di tempat jauh. Namun harus diingat bahwa dalam belajar Kundalini untuk keperluan ini akan membelokkan arah dari tenaga kundalini ke chakra mata ketiga saja. "Akibatnya tenaga kundalini tidak mengalir menuju ke chakra mahkota lagi," tulis Irmansyah Effendi yang menutup sub bab 6 Kundalini Kekuatan-Psikis dan Pewaskitaan.



Itu tadi mengenai kelenjar pineal yang berfungsi sebagai kekuatan pewaskitaan. Ada lagi fungsi kelenjar pineal dalam ilmu kedokteran yang mengeluarkan Melatonin di pusat otak, merupakan antioksidan paling ampuh yang pernah ditemukan dan dapat menangkal oksidasi dalam tubuh. Sebagaimana ditulis dalam gaya hidup awet muda, melatonin adalah substansi yang keluar dari kelenjar pineal di pusat otak. Berbagai studi menunjukkan melatonin adalah master hormone yang merangsang keluarnya berbagai hormon lain.



Berbagai hormon tersebut pada gilirannya mengatur banyak proses metabolisme dalam tubuh mulai dari mencerna makanan sampai dengan masalah menstruasi. Dengan kata lain melatonin merupakan kunci penting untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. Melatonin menjaga agar sistem tubuh yang beragam tetap selaras berfungsi sebagai kesatuan yang harmonis. Melatonin membantu memperbaiki sel-sel dan sistem-sistem yang telah rusak karena paparan zat-zat berbahaya dan tekanan hidup sehari-hari.



Tentunya sahabat sehat dengan reiki semuanya akan menuju proses penuaan bukan? Kita sadar bahwa pada saat proses penuaan berlangsung, sistem-sistem tubuh yang telah tertata rapi akurat mulai mengalami kemunduran. Terjadilah kehilangan ingatan yang mungkin terkait dengan gangguan pada tidur. Selain itu sistem endokren menjadi kurang peka membuat produksi hormon yang salah atau melepaskan hormon pada saat tidak tepat. Sistem kekebalan tubuh ikut terganggu sehingga membuat kita lebih rentan terhadap infeksi.



Indikasi penuaan terjadi pada fungsi melatonin yang mengkoordinasi irama-irama tubuh. Kekuatan pendorong di balik proses penuaan adalah lepasnya radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Di dalam tubuh melatonin bertindak sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Lebih kerennya lagi melatonin disebut sebagai hormon awet muda. Radikal bebas adalah atom atau molukel yang tidak lengkap. Pada sel-sel hidup radikal bebas merupakan senyawa pemberontak yang mengacaukan struktur kimiawi sel. Radikal bebas mungkin tidak menghancurkan sel sepenuhnya tapi dapat mengakibatkan kerusakan permanen.



Saya kira setiap orang mendambakan tetap awet muda kendati pun usia terus merangkak. Awet muda sekaligus sehat bugar itulah harapan kita semua setelah mampu mengolah energi dalam praktek reiki kundalini. Agar awet muda tetap berjalan sesuai dengan tambahnya usia hidup maka mempertahankan produksi melatonin senantiasa optimal sangat penting. Jika Anda hobi dengan yang satu ini diharapkan keinginan awet muda terlaksana asalkan mengikuti pola hidup sehat secara medis dan non medis.



Menu makanan dapat membantu produksi melatonin misalnya makanan yang banyak mengandung asam amino tryptophan (susu) berfungsi sebagai blok-blok pembangun dasar bagi tubuh untuk terus memproduksi melatonin. Ketika melatonin dihasilkan datanglah rasa kantuk. Karena itu tidak salah kalau ada anjuran minumlah susu segar di malam hari agar cepat tidur pulas.



Makanan yang tinggi antioksidan dari vitamin E, C dan A dapat membantu mempertinggi khasiat melatonin sebagai senyawa anti penuaan. Orang Barat mempunyai pepatah sarapan pagi tanpa sari jeruk bagaikan hari tanpa sinar matahari. Sari jeruk adalah sumber vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dapat menangkal radikal bebas. Diet yang mengandung substansi pelawan radikal bebas merupakan bantuan tambahan bagi melatonin. Pangan sebagai sumber vitamin E seperti sayuran berdaun hijau tua, ubi jalar, mangga dan kacang-kacangan merupakan antioksidan yang kuat. Demikian halnya dengan pangan sumber vitamin A atau betakaroten seperti pepaya dan wortel.



Sebenarnya masih banyak lagi sumber vitamin dalam makanan yang menunjang melatonin. Tapi rasa kantuk menyerang akibat produksi melatonin milik sehat dengan reiki yang sedang aktip di malam minggu ini, maka saya akhiri saja artikel tulisan ini . Salam sehat saja di akhir pekan untuk Anda semua dan terus berkarya dalam setiap kesempatan.



Sumber : Kundalini karya Irmansyah Effendi MSc dan Gaya Hidup Awet Muda (diedit)

Read More..

Teknik penyaluran energi kundalini reiki setelah seseorang menjadi praktisi reiki adalah praktek reiki. Bagaimana praktek reiki itu dilakukan? Banyak sahabat sehat dengan reiki yang berkunjung ke blog ini menanyakan praktek reiki seputar penyaluran energi reiki. Dalam benak Anda tentunya yang masih awam dengan istilah reiki tentu bingung dengan penyaluran energi. Kalau penyaluran air dalam kejadian sehari-hari adalah memakai sarana pipa selang yang ujung satunya dimasukkan ke keran air yang mengucur dan ujung satunya lagi menyemprotkan air ke objek yang disiram.



Tapi ini adalah energi yang tidak kasat mata. Lantas bagaimana cara menyalurkan energi reiki ini? Setelah Anda resmi menjadi praktisi reiki dari tradisi kundalini reiki maka latihan pertama dari tradisi ini adalah healing. Teknik penyaluran energi reiki dan kundalini sangat mudah dan gampang dipraktekkan hanya dengan niat semata dan bertujuan untuk penyembuhan diri sendiri atas keluhan penyakit. Anda cukup menempelkan kedua belah telapan tangan di kepala, leher, pundak, dada, perut atas, perut bawah dan bagian tubuh belakang serta kedua belah paha berikut lutut dan kaki kanan dan kiri. Masing-masing titik penempelan tangan ke tubuh minimal 3 menit lalu tangan pindah ke titik berikutnya.



Terhadap orang lain pun sama. Anda cukup menempelkan kedua belah telapak tangan ke pundak pasien, alirkan sekitar 5 hingga 8 menit. Ukuran waktu ini relatif. Seandainya memerlukan healing yang serius terhadap kasus penyakit maka waktu penyaluran energi diperpanjang waktunya. Baik pasien atau Anda sahabat sehat dengan reiki...harus dalam kondisi santai, rileks, pasrah dan sekali lagi "jangan konsentrasi". Kenapa kita tidak boleh konsentrasi? Sebab dalam penyaluran reiki tubuh kita hanyalah sarana tempat lewatnya energi reiki yang bersumber dari alam semesta.



Selepas niat dicetuskan dalam hati atau Anda ucapkan lewat mulut maka segera kita ambil sikap pasrah kepada penyelenggara Ilahi atas segala kuasanya dalam penyembuhan. Biarlah Tuhan yang menyembuhkan penyakit kita ataupun penyakit pasien yang kita terapi. Semakin kita meditatip dalam bersikap dan tidak ada usaha (ngoyo) maka semakin deraslah energi reiki kundalini Anda bekerja mencari sumber penyakit yang dikeluhkan pasien. Karena itu sebaiknya praktisi reiki juga harus melengkapi latihan reiki dengan belajar meditasi. Hanya dengan meditasi saja Anda bisa mengontrol ego, kemauan dan keinginan yang selalu muncul dari diri kita.



Kemampuan lain dari tradisi kundalini reiki adalah distance healing yaitu pengiriman energi kundalini reiki jarak jauh tanpa simbol reiki kepada orang lain yang berbeda tempat tinggal. Teknik penyembuhan jarak jauh dilakukan dengan visualisasi (niat) ingin menyalurkan energi kundalini reiki kepada, misalnya Nuraeni di Manado jalan Cucak Rowo nomer 17 Sulawesi Utara. Setelah pasien diberi tahu tata cara penerimaan energi ini maka praktisi (anda) cukup mengarahkan kedua telapak tangan Anda ke depan sambil membayangkan Nuraeni ada di depan Anda. Pada saat bersamaan andaikan Nuraeni yang ada di Manado peka maka dia akan merasakan adanya energi yang masuk ke dalam tubuhnya. Tubuh Nuraeni akan bergoyang menerima energi reiki ini dan ada kalanya rasa mengantuk akan menyerang dia selama proses penyaluran energi berlangsung.



Di samping penyaluran energi jarak jauh Anda pun dapat menyalurkan energi kundalini reiki untuk keperluan Cleansing Room/House. Kenapa rumah perlu dibersihkan? Kita pun tahu bahwa sebuah tempat yang dihuni manusia, ruang atau pekarangan akan kotor manakala penghuninya tidak mau menyapu dan membersihkan kotoran yang tampak di mata. Demikian pula halnya dengan energi negatife yang mengganggu tempat tinggal kita perlu kita netralisir dan bersihkan setiap saat minimal 1 minggu sekali. Energi negatife bisa berupa penyakit, gangguan mahkluk halus yang ada di rumah kita atau energi negatife yang dikirimkan kepada kita untuk mencelakai pemilik rumah. Energi Kundalini Reiki sangat effektif untuk keperluan ini apalagi jika praktisi reiki sudah bangkit dan aktip kundalininya.



Cara membersihkan cukup meniatkan energi bekerja untuk membersihkan unsur negatife baik nyata dan tidak nyata dari dalam ruangan dan pekarang dan mulai saat ini diproteksi dengan energi Kundalini Reiki. Lalu arahkan kedua tangan Anda kedalam ruang kamar pribadi atau milik kerabat Anda yang ada di tempat lain secara jarak jauh hanya dengan membayangkan saja selama 10 menit.



Teknik penyaluran energi kundalini level satu adalah Healing The Carmic Band. Sebuah teknik yang digunakan untuk memperbaiki relasi antar seseorang dengan lainnya yang kurang harmonis misalnya sering bertengkar tiada hentinya. Langkahnya dengan meniatkan relasi yang akan diselaraskan (misal antar A dan B yang bermusuhan) lalu arahkan kedua telapak tangan Anda ke lembar kertas yang telah ditulis nama A dan B. Teknik penyaluran energi model ini bisa juga disebut dengan teknik writing release yaitu menuliskan situasi yang akan dibentuk ke telapak tangan secara virtual cukup membayangkan saja. Penyaluran energi kundalini ini cukup dilakukan 10 menit saja dan bisa lebih tergantung keperluan.



Masih ada satu teknik lagi dari level 1 yaitu Situation Qualities Healing yang berarti memperbaiki suatu kondisi. Teknik ini sama dengan Karmic Healing. Mungkin untuk mempraktekkan teknik tadi memerlukan waktu panjang untuk bisa menguasainya. Tapi sehat dengan kundalini reiki hanya bisa berpesan utamakan saja dulu praktek self healing dan other healing atas kasus penyakit secara teratur agar Anda segera terbebas dari penyakit dan kembali memperoleh kesembuhan menuju hidup sehat penuh kualitas.



Harapan sehat dengan kundalini reiki kepada sahabat semua yang belajar teknik ini agar tetap sabar dan jangan pantang menyerah untuk mempraktekkan reiki dalam kehidupan sehari-hari, syukur Anda dapat berbuat baik menolong sesama dalam hal penyembuhan penyakit. Siapa saja bisa menjadi pasien. Apakah Anda sendiri yang saat ini sering sakit-sakitan atau orang lain yang Anda kasihi sedang memerlukan perhatian atas kasus penyakitnya. Dari sinilah Kundalini Reiki dapat berperan dalam penyembuhan penyakit atas izin Tuhan Yang Maha Kuasa.

Read More..

MOTIF KAIN BATIK TULIS DAN CAP.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 20 Juni 2011 0 komentar



Dikerjakan dengan menggunakan canting yaitu alat yang terbuat dari tembaga yang dibentuk bisa menampung malam (lilin batik) dengan memiliki ujung berupa saluran/pipa kecil untuk keluarnya malam dalam membentuk gambar awal pada permukaan kain.

Masih menyinggung seputar batik pesisir tepatnya batik Pekalongan, ada baiknya sehat dengan kundalini reiki perkenalkan salah satu karya anak bangsa yang merupakan pusaka warisan leluhur yaitu Batik Cap, Motif Truntum, Batik Jlamprang dan Batik tiga Negeri. Tak beda dengan batik gaya Solo, Jogja, Lasem, Cirebon, batik Pekalongan sendiri ada juga yang dibuat dengan Cap. Memang sebelumnya batik di Indonesia mengalami perkembangan sesuai dengan jamannya yang dimulai dengan Batik Tulis yang dikerjakan oleh pembatik wanita dengan menggunakan Canting.



Canting diisi malam cair warna coklat tua lalu digoreskan ke kain putih mengikuti pola yang telah digambar oleh Tukang Gambar yang diistilahkan Tukang Nyoret. Goresan canting ini digerakkan oleh tangan pembatik wanita. Begitu halusnya goresan canting berisi malam atau lilin ini, mengingatkan keluarga sehat dengan kundalini reiki sendiri yang juga bekerja sebagai buruh batik. Bahkan di kala senggang saat itu, Ibu, Bude, Pakde bahkan Kakek dan Nenek selalu membatik dan mencap kain batik di malam hari tatkala anak-anaknya sudah tidur semua.



Dalam perkembangannya setelah ada canting lalu pembatik juga menggunakan cap. Cap di sini disebut canting cap merupakan alat berbentuk stempel yang digambar pola batik misal pola burung Hong, suluran daun dan ranting, bunga , bintang dan bola. Umumnya pola canting cap dibentuk dari bahan dasar tembaga tetapi ada juga yang dikombinasikan dengan besi.


Batik Cap dikerjakan dengan menggunakan cap (alat yang terbuat dari tembaga yang dibentuk sesuai dengan gambar atau motif yang dikehendaki). Untuk pembuatan satu gagang cap batik dengan dimensi panjang dan lebar : 20 cm X 20 cm dibutuhkan waktu rata-rata 2 minggu.

Melalui cap ini pembatik bisa menghemat tenaga dan tidak perlu menggambar pola atau desain di atas kain putih. Pola pada cap terbuat tembaga ini di desain oleh tukang pembuat cap. Mereka biasa menggambar pola batik di selembar kertas minyak putih lalu menuangkan kreasinya ini dalam sebuah cap batik.



Batik cap lalu mengalami perkembangan dengan diperkenalkan Cap Kayu terbuat dari kayu, ringan dijinjing lebih ekonomis serta mudah pembuatannya. Pola pada kayu ini diukir dan dibentuk seperti stempel pada cap tembaga. Hanya saja cap kayu ini tidak menghantarkan panas maka lilin (malam) yang menempel pada kayu lebih tipis dan hasil capnya sendiri di kain putih terlihat ada gradasi warna pada pola antara pinggir motif dan tengahnya. Sebaliknya cap tembaga lilinnya meresap ke serat kain sehingga polanya tercetak sangat tebal.


MOTIF TRUNTUM.

Mengunjungi sentra Batik Pekalongan ada baiknya kita perkenalkan juga motip Truntum yang merupakan simbol cinta yang bersemi kembali. Alkisah motif trumtum ini diciptakan oleh Seorang Ratu Keraton Yogyakarta. Sang Ratu yang dicintai dan dimanja oleh Raja suatu saat dilupakan oleh Raja yang telah mempunyai kekasih baru.



Untuk menghilangkan kesedihan sambil mengisi waktu senggangnya, Ratu pun mulai membatik. Tanpa disadari karena galaunya pikiran Sang Ratu membuat motif berbentuk bintang-bintang di langit tinggi yang kelam. Sekelam perasaan Sang ratu saat itu yang hidup dalam kesendirian karena Sang Raja telah berpaling dari padanya.



Ketekunan Ratu dalam membatik akhirnya menarik perhatian Raja yang kemudian kembali mendekati Ratu untuk melihat proses membuat batik ini. Sejak saat itu Raja mulai memantau perkembangan pembatikan Sang Ratu, akhirnya sedikit demi sedikit kasih sayang Raja pun bersemi kembali di hati Sang Ratu. Motif batik Sang Ratu ketika menggoreskan cantingnya disebut motif Tum-tum kembali yang merupakan perwujudan lambang cinta Sang Raja yang bersemi kembali kepada Sang Ratu.



Kalau Anda sedang galau karena ada Pil/wil dalam kehidupan rumah tangga Anda sebaiknya meniru resep Sang Ratu ini yaitu membatik menorehkan pola Tum-Tum pada kain putih dengan harapan pasangan hidup akan kembali lagi ke pelukan Anda. Siapa tahu? Anda yang berminat belajar membatik bisa mengambil kursus membatik di Kampung Batik Laweyan Solo.


BATIK MOTIP JAMPLRANG.


Motif Jlamprang di Jogja disebut Nitik. Motif ini begitu populer di Pekalongan yang diproduksi di daerah Krapyak Pekalongan. Batik ini merupakan perkembangan kain Potala dari India berbentuk geometris. Terkadang motif ini berbentuk bintang atau arah mata angin dan menggunakan ranting yang ujungnya berbentuk segi empat. Batik Jlamprang ini diabadikan menjadi salah satu nama jalan di Pekalongan.



Motif Batik Tiga Negeri merupakan gabungan batik khas Lasem, Pekalongan dan Solo. Pada saat pendudukan penjajah kolonial Belanda di lanjutkan Jepang setiap wilayah industri batik memiliki otonomi sendiri dan disebut Negeri. Perpaduan motif batik khas daerah masing-masing ini masih terlihat wajar bahkan biasa, tetapi yang membuat batik ini memiliki nilai seni tinggi adalah proses pembuatannya.



Menurut para pembatik yang sudah berpengalaman menyimpulkan bahwa air tanah di setiap daerah sentra industri batik memiliki pengaruh besar terhadap pewarnaan batik. Ini wajar mengingat kandungan mineral air tanah berbeda menurut letak geografisnya. Daerah Pesisir seperti Lasem, Pekalongan dan Cirebon berbeda dengan daerah pedalaman Jogja dan Solo. Karena perbedaan air tanah ini maka dibuatlah batik sesuai dengan lokasi pabriknya. Di Lasem batik dibuat dengan warna khasnya seperti merah darah, setelah itu kain batik dibawa ke Pekalongan dan dibatik dengan warna biru, terakhir kain batik diwarnai coklat sogan warna khas batik gaya Solo.


MOTIF KAIN BATIK TIGA NEGERI.


Mengingat sarana transportasi zaman dulu tidak sebaik sekarang, maka Kain Batik Tiga Negeri dapat dikatakan sebagai salah satu masterpiece batik. Nama Batik tiga Negeri ini diabadikan sebagai nama sebuah jalan di Sentra Kampung Batik Laweyan Solo. Jalan ini membentang dari utara ke selatan dan berakhir di Jembatan Kali Jenes Masjid Laweyan Solo. Mengingat batik merupakan aset penting sebagai karya asli Bangsa Indonesia sudah sepantasnya kita ikut melestarikan dan merawatnya dengan baik. Karena pentingnya batik sebagai identitas bangsa produk dalam negeri Indonesia,"Apakah Anda merasa bangga jika memakai batik sebagai busana kerja, santai dan pergi pesta undangan perkawinan di mana batik yang dikenakan merupakan karya adiluhung Bangsa Indonesia dan bukan bangsa lain? "

Read More..

PEKALONGAN KOTA BATIK DI PANTURA JAWA TENGAH.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 19 Juni 2011 0 komentar

Pekalongan dikenal sebagai kota batik karena produksi batiknya yang indah dan dinamis. Selain itu Pekalongan tepatnya kabupaten Pekalongan lebih dikenal sebagai kota santri, karena kebudayaan kota Pekalongan yang sangat kental nuansa Islaminya. Sentra industri Batik Pekalongan berada di daerah Buaran, tepatnya di Desa Simbang Kulon.



Meskipun dunia sedang dilanda krisis ekonomi global para perajin batik Pekalongan terus berkarya dan tidak terpengaruh imbas krisis keuangan yang tengah melanda Eropa khususnya Yunani dan Inggris. Mereka terus berkarya mengingat tingginya jumlah penggemar Batik Pekalongan yang senyatanya tetap digemari oleh konsumen batik dari Jawa Tengah, Luar Jawa dan Mancanegara. Sungguh menarik menyaksikan corak Batik Pekalongan ini. Sekalipun udara cukup panas di siang hari minggu ke empat Mei lalu, para pekerja tetap bersemangat menyelesaikan proses produksi batik.



Batik Pekalongan yang mempunyai corak unik berupa perpaduan antara batik klasik dengan corak kontemporer, perwarnaan yang cerah namun harmonis tetap mempunyai penggemar sendiri. Ternyata Batik Pekalongan termasuk batik pesisir nya sangat kaya akan warna. Sebagai batik pesisir ragam hiasnya biasanya bersifat naturalis.


Pekerja tengah membatik yang umumnya menggunakan tenaga kerja wanita yang mampu duduk lama saat membatik. Foto Wihdan Hidayat/Antara.


Jika dibandingkan dengan batik pesisir lainnya misalnya batik Lasem, batik Pekalongan sangat dipengaruhi oleh pendatang keturunan China dan Belanda. Di sini motip batik Pekalongan sangat bebas, menarik meskipun motifnya terkadang sama dengan batik Solo atau Jogja. Motif ini juga sering dimodifikasi dengan variasi warna yang atraktif. Dalam sehelai batik Pekalongan dijumpai 8 warna yang berani dengan kombinasi yang dinamis. Motif batik Pekalongan yang paling populer ialah motif batik Jamprang.



Pemasaran batik Pekalongan mencapai Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Makasar hingga Minahasa. Biasanya pedagang batik daerah seberang ini memesan ke perajin batik Pekalongan agar dibuatkan motif batik sesuai dengan selera dan adat daerah masing-masing. Keistimewaan batik Pekalongan adalah pembatiknya selalu mengikuti perkembangan jaman.



Saat penjajah Jepang masuk Pulau Jawa tempo dulu, lahir batik Jawa yang disebut Batik Hokokai. Batik Hokokai adalah batik dengan motif dan warna mirip Kimono Jepang. Batik Jawa Hokokai disebut juga batik pagi dan sore. Di tahun enam puluhan juga diciptakan batik Tritura. Motif yang terkenal saat ini adalah motif Tzunami. Memang orang Pekalongan sangat kaya akan ide dan kreasi seni batik.



Menurut brosur Ungkapan Spesial Batik, Its Mystery and Meaning yang ada di sentra perajin Batik Pekalongan disebutkan bahwa setiap turis domestik atau asing yang berkunjung ke sentra Batik Pekalongan selalu dibawa ke Museum Batik Pekalongan yang berada di Gedung Bekas Balai Kota Pekalongan. Di gedung ini setiap pengunjung dapat melihat berbagai jenis batik dari waktu ke waktu.



Kita dapat melihat perkembangan batik dari jaman Belanda, Jepang saat Perang Dunia II dengan motif batik Hokokai, batik Sumatera dengan pengaruh budaya Islam dengan motif kaligrafi tulisan Arab. Koleksi museum batik ini ternyata cukup lengkap. Di sini pengunjung dapat melihat koleksi batik antik berusia 100 tahun lebih. Ada juga Kebaya Encim yang dipakai wanita Tionghoa di Indonesia saat itu.



Gedung Museum Batik Pekalongan ini memanfaatkan gedung bekas Balaikota Pekalongan. Lokasinya sangat mudah dijangkau oleh angkutan kota terletak di daerah Bundaran Jatayu dekat Jalan Diponegoro Pekalongan. Di daerah ini merupakan simbol kerukunan umat beragama Pekalongan yang terbina sangat baik.



Di samping Museum Batik Pekalongan berdiri Masjid dengan latar belakang Gereja Khatolik Pekalongan. Di sekitar museum juga berdiri Gereja Protestan dan tempat ibadah penganut Tri Dharma. Begitu juga dengan motif batik Pekalongan sendiri banyak dipengaruhi gabungan atau pembauran unsur Lokal, Arab, China dan Belanda.



Sungguh warisan budaya lewat seni batik yang tak ternilai harganya. Karenanya marilah kita lestarikan dan berdayakan Batik Pekalongan agar juga sejajar dengan Batik Jogja, Solo, Cirebon dan Lasem. Mulai awal tahun 2011 ini di kantor sehat dengan reiki pun, setiap hari Selasa dan Jumat setiap karyawan wajib memakai batik buatan anak negeri sendiri termasuk di sini batik Pekalongan.



Sambil bermalam di kota batik Pekalongan di mana cuaca cukup cerah di malam hari, hal menarik lainnya adalah wisata kulinernya. Kota ini banyak memanjakan wisatawan untuk mau mencicipi makanan khas Pekalongan. Karena saat ini Pekalongan sudah masuk musim kemarau, yang paling enak malam itu adalah menyantap Sate Ayam sekaligus mencicipi masakan khas Pekalongan Nasi Megono dan ditemani secangkir wedang ronde.

Read More..

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.