ON LINE

Followers

MUSIK KLASIK MENGIRINGI MEDITASI REIKI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 31 Mei 2011 0 komentar

Minggu malam pukul 21.oo wib Radio Sonora Jakarta kembali mengudarakan acara musik klasik. Kali ini sehat dengan reiki ingin mengajak Anda pembaca blog ini untuk turut serta belajar meditasi dengan iringan musik klasik. Kenapa musik klasik? Karena musik klasik yang iramanya tenang, teduh seakan-akan menarik diri kita berkunjung kembali ke masa lampau. Barangkali menengok ke kehidupan masa lalu diri kita.



Memang seseorang yang telah mendalami reiki dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari akan merasakan kemajuan saat melakukan meditasi. Namun bagi Anda yang non praktisi reiki pun jangan berkecil hati melakukan meditasi. Semua mempunyai peluang sama untuk dapat hidup bermeditasi. Bagi praktisi reiki saluran energi sudah menjadi bersih dan getaran energinya pun telah menjadi tinggi, sehingga dapat memperluas kesadaran dengan cepat dan mudah.



Sebenarnya baik praktisi reiki atau pun bukan praktisi reiki, ketika melatih meditasi sesering mungkin tujuannya melatih agar gelombang pikiran mencapai tingkat alpha ( frekuensinya antara 8 - 12 Hz ). Dengan kondisi seperti ini diri kita begitu santai, tidak ada beban pikiran yang menggelayut batin kita. Kondisi ini akan tercapai manakala di lingkungan kita dalam suasana tenang. Tida ada suara yang mengganggu ketenangan kita bermeditasi.



Kalau sudah dalam kondisi santai, kita dapat melangkah ke keadaan lebih hening lagi di mana gelombang pikiran mencapai frekuensi antara 4 - 8 Hz. Frekuensi ini dapat diukur dengan alat pengukur neurofeedback yang mengkondisikan gelombang pikiran berada dalam tingkat theta. Memang dalam Rei Ki dikenal teknik meditasi yang bertujuan untuk menyeimbangkan energi dan unsur negative ( Ying ) dan unsur positip ( Yang ) di seluruh tubuh. Meditasi ini dapat dilakukan sambil duduk di kursi tanpa sandaran dengan kedua kaki ke bawah menapak lantai atau dengan posisi duduk bersila.


Untuk memperluas kesadaran, Anda dapat melatih meditasi sambil duduk di kursi.


Apabila duduk di lantai sebaiknya diberi alas cukup tebal agar hawa dingin dari lantai tidak menusuk pantat. Sebab hawa dingin ini membawa energi negative tidak baik untuk kesehatan dan bisa menyebabkan rematik atau masuk angin. Sebaiknya carilah posisi nyaman untuk melakukan latihan meditasi. Apakah duduk di kursi atau bersila di lantai.



Sambil mendengarkan musik klasik posisi duduk bersila dengan kedua telapak tangan diletakkan di atas kedua paha dekat lutut. Telapak tangan kiri menengadah ke atas di atas lutut kiri dan telapak tangan kanan menengadah ke atas di atas lutut kanan. Dalam waktu singkat apabila kita sudah santai, hening, tenang akan merasakan perluasan kesadaran dan masuk ke dalam meditasi.



Melalui latihan meditasi secara kontinyu setiap harinya akan memberikan manfaat bagi tubuh, kesehatan dan spiritualitas. Kegiatan ini sebenarnya dapat dilakukan setelah kita melakukan doa selepas ibadah menurut iman dan kepercayaan kita. Lakukan dengan sikap pasrah dan jangan menjadi beban. Tunjukkan bahwa kita bisa bermeditasi.



Wahai sahabatku sudahkah Anda siap melatih meditasi agar bisa hidup dengan tenang? Setelah ketenangan tercapai kesehatan pun akan menyertai diri Anda. Sehat dengan reiki mendoakan Anda semoga selalu mendapat berkat/rahmat Tuhan setiap hari, Amin.

Read More..

Pernahkah Anda merasa pusing, berkeringat dingin, kemudian dunia terasa berputar disertai rasa mual, bahkan muntah? Jika hal itu terjadi, kemungkinan besar Anda mengalami vertigo. Atau anda pernah merasakan kepala Anda berputar, atau ruangan tempat Anda berada seperti sedang berputar-putar, lalu Anda mual, dan mungkin sampai muntah, bisa jadi Anda sedang terserang gejala vertigo.



Penyakit vertigo bisa menyerang siapa saja. Tak terkecuali kepada sahabat sehat dengan kundalini reiki, seorang penyiar berita televisi yang merasakan bagaimana nyerinya plus pusing kepala hebat saat vertigo ini menyerang dirinya saat sedang tugas live membacakan berita televisi Minggu siang kemaren. Mas Ivan Chandra....penyiar berita tadi, begitulah biasa kita saling menyapa di studio tatkala sedang mempersiapkan naskah berita untuk dibacakan kepada pemirsa televisi di rumah, tidak merasakan gejala apa-apa saat berjalan menuju Studio 6 tempat siaran berita akan dipancarkan.



Begitu pula saat istirahat di ruang tunggu penyiar sambil dimake-up sebelum masuk studio berita, beliau tidak merasakan gejala aneh pada dirinya. Bercanda sesama penyiar berita dan sesekali mengoreksi dan memberi tanda garis miring pada naskah berita pun dilakukan dengan santai. Pokoknya Minggu siang kemaren dia sehat-sehat saja saat berdinas membacakan berita siang.



Ketika siaran berita siang dimulai tepat pukul 11 siang, satu persatu naskah berita dibacakan bergantian dengan rekan penyiar wanita yang duduk di sampingnya. Visual berita dalam kaset satu per satu sehat dengan kundalini reiki play-back kan dari vtr 3-vtr-2 dan mini divi pada vtr-4. Suasana tampak santai, bahkan kedua penyiar ini saling menyimak aba-aba Mas Pengarah Acara dari ruang kontrol kendali siaran studio 6.



Siaran berita pun berjalan mulus hingga menit ke-30. Selepas menit ke-30 dan seterusnya mulai terjadi sesuatu yang menggelisahkan Mas Penyiar ini. Tampaknya mulai menit ini lah penyakit vertigo Mas Penyiar mulai datang tiba-tiba tanpa diundang. Hal ini ditandai dengan gelisahnya Mas Penyiar saat membacakan berita yang tidak seperti biasanya...tenang...kalem dan senyum agar penampilan camera face terlihat oleh pemirsa di rumah. Entah kenapa di menit-menit ini wajah terlihat pucat ketika tertangkap kamera studio dalam posisi Close Up.



Kegelisahan semakin menjadi-jadi menjelang menit ke-40. Apa boleh buat ketika materi berita saya playback kan dari mini divi vtr 4 Mas Penyiar menyerah. Sambil berdiri dia melepaskan clip-0n mikrophone mini yang melekat di jasnya dan melepas pula ear phone yang melekat di lobang kupingnya seraya memohon untuk mundur dari membacakan berita karena rasa pusing hebat yang sedang menyerangnya.


Floor Director dan Juru Kamera mengarahkan penyiar membaca naskah berita. Teleprompter alat baca pengantar naskah berita diletakkan di bawah lensa kamera yang sedang ON (lampu nyala merah) yang berarti sedang dilihat penonton di rumah.


Dalam keadaan lunglai dan barangkali pandangan Mas Penyiar ini terhadap lampu-lampu studio, kamera, dinding studio yang berputar hebat seolah-oleh hendak menimpanya, maka Mas Penyiar pun undur diri dan segera berlari out frame dari jangkauan ke-3 kamera yang sedang tidak menyorotnya. Dibantu oleh asisten Pengarah Acara di floor studio dia dipapah menuju tempat duduk di belakang kamera. Mas Penyiar tidak berani rebahan mengingat pengalaman selama ini bila vertigo tengah menyerang maka pandangan matanya akan berputar kencang mengitari kepalanya. Pokoknya pusing hebat yang dia rasakan saat itu.



Melihat kondisi darurat yang tidak lazim terjadi di hari libur Minggu, akhirnya sisa materi berita yang belum di playback-kan dibacakan oleh Mbak Penyiar sendirian. Tentunya pemirsa televisi yang tengah menyaksikan di rumah bertanya-tanya ada apa kok penyiar berita tinggal satu? Pemirsa tentu tidak pernah tahu bahwa penyakit vertigo yang sedang menyerang Mas Penyiar sebenarnya sudah lama diidapnya.



Keluhan pusing kepala hebat memang sudah sering dilontarkan kepada rekan-rekan di bagian pemberitaan dan mereka pun telah memakluminya. Kalau kejadian ini sedang recording tentu dapat diulang alias retake. Tetapi kalau sedang live alias siaran langsung tentu tidak dapat di-cut alias dipotong begitu saja siarannya. Sangat berbahaya pula apabila penderita vertigo sedang berkendara di jalan lalu penyakit ini datang tiba-tiba.



Mas Rizal ....sang Pengarah Berita yang memimpin jalannya siaran langsung berita siang kemaren memang cepat tanggap dan segera mengambil keputusan agar Mas Penyiar keluar frame kamera daripada nanti jatuh lunglai duduk di bangku penyiar dan wajahnya tersorot kamera. Tentu saja kita semua yang ada di ruang kontrol gambar di studio 6 tetap melanjutkan tugas hingga materi berita seluruhnya selesai dibacakan dan disiarkan ke rumah.



Kejadian di hari Minggu kemaren tampaknya menyadarkan kepada kita semua bahwa penyakit apa pun jenisnya bila sedang kumat akan membawa kepanikan bagi penderitanya. Lalu langkah apa yang perlu kita waspadai bila menghadapi hal demikian? Kiranya kiat sehat saja perlu kita terapkan dalam pola hidup ini, apakah lewat medis kedokteran, terapi holistik atau gabungan kedua-duanya. Ada banyak pilihan untuk menuju sehat dalam hidup ini.



Menurut situs hati beriman Salatiga, mengulas secara singkat apa itu vertigo dalam blognya. Secara medis gejala vertigo merupakan sakit kepala di mana pasien merasa berputar-putar atau ruangan seperti berputar-putar. Gejala vertigo ini berbeda dari gejala sakit kepala biasa dan migren.



Vertigo adalah perasaan bergerak atau berputar sementara orang tersebut sebenarnya sedang diam. Perasaan berputar yang terjadi ada 2 macam, yaitu orang tersebut yang merasakan dirinya berputar atau lingkungan di sekitarnya yang berputar mengelilinginya. Kadang, keluhan tersebut juga disertai oleh rasa mual sampai ingin muntah.



Vertigo adalah bentuk gangguan orientasi dimana perasaan dirinya berputar, rasa oleng, tidak stabil atau ruangan sekitarnya bergerak terhadap dirinya karena gangguan pada sistem keseimbangan. Keluhan vertigo menduduki peringkat ketiga dalam praktik dokter umum. Bahkan, pada orang berusia sekitar 75 tahun, keluhan vertigo bisa mencapai 50 persen.



Sistem keseimbangan itu terdiri dari beberapa organ tubuh manusia yaitu telinga, mata, dan batang otak dimana ketiganya saling berhubungan supaya keseimbangan tubuh terjaga. Faktor penyebab vertigo antara lain Sistemik, Neurologik, Ophtamologik, Otolaringologi, Psikogenik yang dapat disingkat SNOP.

Read More..

Setelah 1 minggu ini hidup sehat dengan reiki bekerja dikejar dead line siaran, mengakibatkan rutinitas self healing reiki sedikit terganggu. Maklum berangkat kerja terkadang menjelang subuh dan pulang kerja sore hari mengakibatkan stamina tubuh mlorot. "Ah sampeyan kan praktisi reiki biasa menyalurkan reiki kepada siapapun dan diri sendiri tentunya mempunyai kiat untuk mengatasi keletihan tadi," itu kata Pak Syarif, Seniour Personal Mastery di komunitas Wasktita Reiki yang sudah menyelesaikan Kelas Esoterik 1.



Saya jawab, "Betul Pak. Sekalipun kita sudah belajar dan mempraktekkan Reiki setiap hari bukan berarti menjadi manusia sakti yang bisa bebas dari penyakit dan rasa capai," elak saya ketika menjawab pertanyaan ini lewat telepon. " Coba saja lakukan kristal meditasi setelah tiba di kantor dan di rumah malam hari. Itu adalah satu-satunya cara cepat yang bisa kita raih untuk mengembalikan stamina yang kendur sehabis beraktifitas di luar rumah," saran Pak Syarif lebih bersemangat lagi menasehati saya.



Apa yang disarankan Pak Syarif ada benarnya juga. Beliau kawan suka dan duka di Waskita Reiki. Sekalipun beliau sudah manula tetapi masih aktip praktek reiki selain aktifitas rutin yang dia lakukan yaitu olah raga.Setiap hari pun beliau selalu mentransfer Reiki jarak jauh kepada pasien yang membutuhkan pertolongan termasuk juga ibu-ibu yang mengalami gangguan kandungan, misalnya kandungan dalam posisi sungsang bayinya.



Pak Syarif ini juga sering mereiki jarak jauh kepada diabetesi yang kadar gula dalam darahnya tinggi, cukup melalui sms yang diterima dari kliennya. Lalu di malam hari klien itu diminta melakukan meditasi menerima Reiki. "Alhamdullilah berkat karunia Tuhan melalui belajar Reiki, pasien yang saya Reiki jarak jauh, posisi kandungan bayi sungsang dapat dikembalikan ke posisi semula sehingga sang ibu dapat melahirkan alami tanpa operasi chesar." kilah Pak Syarif merendah. "Juga penderita diabetesi setelah saya reiki secara teratur setiap hari dan diet ketat atas anjuran dokter, kadar gula dalam darahnya melorot turun ke batas normal ketika diperiksakan di laboratorium".



Kembali ke pokok permasalahan rasa letih dan lelah, menjalankan cyristal meditasi bisa dipraktekkan oleh siapapun tanpa terkecuali kepada Non Praktisi Reiki sekalipun. Kalau Praktisi Reiki sudah biasa mempraktekkannya kini giliran Anda semua mempunyai peluang sama untuk mempraktekkannya. Mau? OK. Berikut ini panduan singkat cristal meditasi. Cukup singkat waktunya dan besar manfaatnya.


Dari chakra jantung memancar cahaya bening lalu menyebar membungkus tubuh. Chakra telapak tangan pun mengeluarkan energi saat meditasi berlangsung.


Crystal Meditasi menjadi populer karena sangat simple cara melakukannya. Dalam praktek hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit saja bagi yang sudah biasa bermeditasi. Namun untuk Anda yang Non Praktisi Reiki, saya sarankan mempraktekkan meditasi ini 10 menit. Rasakan dan manfaatkan waktu luang ini sehabis beraktifitas untuk mengembalikan stamina yang kendor agar segera terisi kembali dengan stamina baru tanpa kita menenggak suplemen ini itu yang justru membahayakan kesehatan kita kalau tidak tahu kegunaannya.


Selain duduk bersila, sikap meditasi yang umum adalah duduk di kursi dengan rileks, mata terpejam.


Awali crystal meditasi ini dengan rileks (boleh duduk bersila atau duduk di kursi), punggung lurus, kedua telapak tangan posisi berdoa lalu pejamkan mata. Awali dengan doa dulu sesuai dengan Iman dan Kepercayaan Anda. Tarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan-lahan dan lakukan berulang-ulang minimal 10 kali siklus tarik dan buang nafas.



Sewaktu menghembuskan nafas niatkan agar seluruh beban pikiran ikut dilepaskan/dibuang. Lalu visualkan (niatkan) agar dari Chakra Jantung Anda (terletak di tengah puting susu) memancar cahaya bening yang mulai menjalar...menjalar...menjalar ke seluruh tubuh dan energi tercurah masuk ke tubuh melewati Chakra Mahkota Anda (ubun-ubun) menyelimuti tubuh yang mulai transparan/bening laksana cahaya dan dalam waktu singkat seluruh tubuh menjadi transparant seperti cyristal.



Terasa ada hawa hangat yang memenuhi seluruh tubuh dan dalam sekejab tenaga kita mulai pulih kembali. Saya sarankan jangan terburu-buru menyelesaikan meditasi Anda. Biarkan keadaan ini berlangsung lebih kurang 3 sampai 5 menit. Tetap rileks di tempat Anda mediatsi ini lalu ucapkan Doa Syukur sebagai penutup aktifias cyrstal meditasi.



Semakin sering Anda melatih bermeditasi semakin gampang Anda memvisualkan keinginan Anda dalam hidup ini menjadi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya memvisualkan tubuh sehat, hidup tenang, mau memaafkan diri sendiri dan juga memaafkan kesalahan orang lain, merasa cukup dengan apa yang telah dikaruniakan Tuhan kepada kita semua dan masih banyak lagi manfaat meditasi. Mudah bukan kawan praktek meditasai...sampai jumpa di tip berikutnya ya?

Read More..

REIKI MEMBANTU TERAPI KEDOKTERAN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 29 Mei 2011 0 komentar

Siang ini ketika membaca artikel Hidup Sehat dengan Reiki yang ditulis Prof. Dr. Sutan Remy Sjahdeini, S.H ada satu artikel kesehatan medis kedokteran yang dibantu dengan Metode Reiki. Dari artikel "Reiki for Breast Cancer Patients" yang ditebitkan oleh Ontario Reiki Programme Center ( 2004) dikemukakan sebuah tim penelitian dari John Hopkins menemukan bahwa lazim pada penderita kanker payudara mengalami kekacauan perasaan ( mood disorders), depresi (depression), gejala kekacauan bipolar (bipolar disorder symptoms) dan pada kasus-kasus yang eksterm juga mengalami psychoses). Penelitian itu menemukan bahwa satu dari tiga orang penderita kanker payudara mengalami peningkatan psychological distress sebagai akibat post-operative treatment. Dengan terapi Reiki dapat mengatasi dampak samping tersebut.



Beberapa efek samping (side effects) akibat pengobatan HIV/AIDS oleh dokter dapat diatasi dengan memberikan REIKI. Efek samping yang tercatat di Ontario Reiki Programme Center dapat berupa rasa sakit (pain), seperti abdominal, arthralgia (joint pain), headache, neuropathy (pain/tingling in arms/legs/hands/feet)atau berupa myalgia (nuscle pain), depresi (depression), kelelahan (fatigue), sulit tidur (insomnia) dan general Malaise.



Efek samping dari chemoteraphy bagi penderita penyakit kanker adalah kerontokan rambut, rasa lelah yang sangat (fatigue), nausea, muntah (nausea and vomiting), rasa kesakitan (pain) dan infeksi karena pengurangan sel-sel darah putih yang dikenal sebagai neutropenia. Neutropenia berdampak terhadap satu dari tiga orang pasien penderita kanker yang menerima chemotheraphy treatment.



Pasien dapat mengalami demam dan infeksi terutama di mulut, tenggorokan, sinus, paru-paru dan kulit. Sehubungan dengan kasus ini, Reiki dapat menjadi sarana yang baik untuk mengatasi dampak yang tidak diinginkan itu. Karena Reiki dapat meningkatkan Immunoglobulin A (IgA) yang melindungi permukaan selaput lendir, yaitu lapisan jaringan yang membatasi rongga saluran pencernaan dan saluran pernafasan (mucosal surfaces) tubuh dari infeksi dan merupakan mekanisme utama untuk menyediakan kekebalan tubuh (local immunity) terhadap infeksi di dalam usus/saluran pencernaan dan sistem pernafasan (respiratory tract).



Lalu apakah Reiki juga dapat mengatasi atau paling tidak menormalkan kadar gula dalam darah? Jawabannya ya. Dengan metode Inti Reiki atau Non Kundalini Reiki, seorang praktisi Reiki yang pernah menderita diabetes dapat menyalurkan energi Inti reiki kepada diri sendiri atau orang lain dengan afirmasi sebagai berikut:
1. Turunkan dan normalkan gula darah saya (atau nama pasien yang direiki).
2. Hidupkan kembali sel pankreas saya (nama pasien) ini agar dapat memproduksi kembali insulin.
3. Kembalikan dan tingkatkan fungsi vital saya (nama pasien) 3 kali lipat secara merata dan seimbang.
4. Tingkatkan energi chakra seks saya (nama pasien) untuk memperkuat energi organ reproduksi 3 kali lipat agar kembali normal dan berfungsi dengan baik.



Salah satu mitra hidup sehat dengan reiki di Waskita Reiki sering menerima sms/telepon dari klien yang mengeluhkan kadar gulanya tinggi dan tidak mau normal. Semua ini karena efek samping dari pemakaian obat penurun kadar gula darah yang sering dikonsumsinya. Dia memohon padanya untuk mereiki jarak jauh. Permintaan klien ini disanggupi asal dengan teratur mau menerima energi Reiki sebagaimana disarankan.



Beberapa klien (pasien) yang telah menerima reiki jarak jauh menyatakan bahwa kadar gula darahnya mendekati normal dan beberapa klien yang organ badannya sudah membusuk (kaki, tangan) lambat laun mengering dan segera disarankan untuk ke dokter buat terapi lanjutan medis. Mitra hidup sehat dengan reiki selalu berpesan kepada pasiennya asal dengan niat, pasrah selalu baik sangka pada-Nya semua penyakit pasti ada obatnya. Nah tinggal apakah mereka mau menjalankan hidup sehat atau tidak?



Sesungguhnya yang menyembuhkan adalah Tuhan YME. Praktisi Reiki adalah saluran buat perantaraan Reiki mengalir. Biarlah Tuhan yang berkarya dalam penyembuhan. Dokter, Penghusada Reiki, Praktisi Tenaga Dalam dan Penyembuh Alternatif lain adalah manusia biasa yang dalam menjalankan aktivitasnya terlebih dahulu berdoa, bermohon, bermunajat agar Tuhan berkenan menyembuhkan. Selanjutnya saran dokter agar kita mau hidup sehat dengan teratur ialah mau beraktifitas fisik. Apa itu?... para blogger menjawab, "Ngeblog Dok! Bukan!..Olahraga...olahraga...olahraga." jawab dokter singkat.



Sumber : Hidup Sehat dengan Reiki Prof. Sutan Sjahdeini, S.H. (Reiki Master) dan Kumpulan Afirmasi Inti Reiki Dr. Riko Rahardian.

Read More..

KOLESTEROL PERLU DIKENDALIKAN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Mendengar sebutan kolesterol barangkali sebagian Anda sudah antipati. Segera bayangan suram tentang orang tidak sehat karena penyakit ini mengisi pikiran Anda. Lebih parah lagi berbagai penyakit mematikan akibat tingginya kadar kolesterol dalam pembuluh darah ( hiperkolesterolemia ) akan terus menghantui benak anda jika dihubungkan dengan penyakit jantung koroner dan stroke yang menyertainya. Akan tetapi tidak usah cemas berlebihan apakah sudah sedemikian berbahayanya kolesterol tinggi dalam tubuh?



Sesungguhnya kolesterol sangat penting bagi tubuh. Menurut dr. Fransisca D. Ambarwati dalam gaya hidup sehat akhir pekan Kompas mengatakan, kolesterol bemanfaat untuk proses pembentukan hormon dan pembentukan vitamin D untuk penyerapan kalsium. Manfaat lain dari kolesterol untuk melapisi dinding sel agar nutrisi mudah masuk ke dalam sel. Kolesterol juga bermanfaat untuk pertumbuhan jaringan otak dan syaraf.



Ilmu pengetahuan kesehatan masyarakat mengenal ada kolesterol baik dan jahat. Kolesterol baik singkatan dari High Density Lipoprotein/HDL dan kolesterol jahat singkatan dari Low Density Lipoprotein/LDL. Tugas dari HDL membawa kolesterol yang sudah tidak digunakan lagi dari seluruh tubuh untuk dibuang melalui saluran pencernaan. Sedangkan LDL merupakan protein khusus yang bertugas mengangkut kolesterol dari hati ke seluruh tubuh.



" Seseorang dinyatakan memiliki kandungan kolesterol yang aman jika LDL kurang dari 150 mg/desiliter dan HDL sekitar 45 - 60 mg/desiliter, atau kadar kolesterol total tidak melebihi 200 mg/desiliter, " ungkap Dr. Ambar. Akan tetapi jika kadar kolesterol dalam pembuluh darah berlebih, hal ini bisa memicu penyempitan pembuluh darah ( alterosklerosis ). Ujung-ujungnya adalah penyakit jantung koroner dan penyakit lainnya.



Secara endogen tubuh tumbuh secara alami, sebesar 70 - 80 persen kolesterol diproduksi di hati. Selebihnya 20 - 3- persen, kolesterol didapat dari kandungan asupan makanan. Sebagai informasi hiperkolesterolemia dapat terjadi karena gaya hidup dan faktor genetik. Misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak jenuh seperti jeroan dan berkolesterol tinggi seperti seafood.



Faktor lain karena kebiasaan merokok , minuman beralkohol dan berkafein, kurang olahraga, stress dan faktor usia. Sementara faktor genetik atau keturunan susah dihindari karena berasal dari riwayat keluarga. Pertanyaan yang sering diajukan dalam forum diskusi kesehatan, " Apa kiat untuk menjaga agar kolesterol dalam tubuh tidak melebihi ambang normal?"



Jawaban sederhana namun bijaksana adalah dengan memperbaiki gaya hidup sehat dan pola makan. Salah satu caranya adalah dengan membatasi asupan kolesterol dari makanan ( hewani ) yang berkadar tinggi lemak dan menggantinya dengan makanan tinggi serat utamanya sayur dan buah segar.



Kalau Anda sudah sadar bahwa gejala tubuh sudah menunjukkan tidak sehat, rubah gaya hidup kurang sehat menjadi sehat. Ada banyak cara mewujudkan hidup sehat. Di antaranya banyak beraktivitas dengan melakukan olahraga secara teratur dan terukur minimal 3-4 kali dalam seminggu untuk waktu 3/4 jam. Lalu mulai berhenti dari kebiasaan yang satu ini mumpung belum terlambat kena penyakit serius seperti penyempitan pembuluh darah .



Sumber : Gaya Hidup Sehat Akhir Pekan.

Read More..

HARI HIPERTENSI SEDUNIA.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Bagi Anda yang saat ini divonis hasil medikal check up masuk golongan penderita hipertensi tidak usah bersedih. Ada khabar baik bagi Anda yang mengidap hipertensi bahwa setiap tanggal 17 Mei 2011 diperingati sebagai Hari Hipertensi Sedunia atau World Hypertension Day. Kebetulan peringatan hari ini untuk wilayah Indonesia jatuh pada Selasa 17 Mei 2011 bertepatan dengan Hari Raya Suci Waisak.



Mungkin di antara kita tidak menyadari bahwa hari peringatan ini berlalu begitu saja dalam ingatan. Maklum bisa dipahami karena pada umumnya masyarakat memang masih belum peduli terhadap tekanan darahnya sendiri. Saat ini diperkirakan terdapat 76 persen kasus hipertensi di masyarakat yang belum terdiagnosis karena penderitanya tidak menyadari bahwa dirinya mengidap hipertensi.



Hipertensi atau dikenal sebagai dengan penyakit darah tinggi adalah peningkatan abnormal tekanan darah, baik tekanan darah sistolik maupun tekanan diastolik. Dalam keadaan normal tekanan darah sistolik di mana jantung sedang memompakan darah kurang dari 120 mmHg dan tekanan darah diastolik saat jantung istirahat kurang dari 80 mmHg.



Riset Kesehatan Dasar ( Riskesdas ) tahun 2007 sebagaimana dipublikasikan oleh Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa prevalensi hipertensi di Indonesia berdasarkan pengukuran tekanan darah sangat tinggi, yaitu 31,7 persen dari total penduduk dewasa atau satu di antara 3 penduduk memiliki hipertensi. Berdasarkan data Riskesdas maka hipertensi ( 12,3 % ) adalah penyebab kematian penyakit tidak menular kedua terbanyak setelah stroke ( 26,9% ).



Hipertensi memang dapat dikatakan sebagai pembunuh diam-diam atau the silent killer. Pada umumnya hipertensi terjadi tanpa gejala ( asimptomatis ). Sebagian besar orang tidak merasakan apa pun, walau tekanan darahnya sudah jauh di atas normal. Hal ini dapat berlangsung bertahun-tahun, sampai penderita yang merasa dirinya tidak menderita hipertensi jatuh ke dalam kondisi darurat dan bahkan terkena penyakit jantung, stroke atau rusak ginjalnya.



Saat ini terdapat kecenderungan yang mengkhawatirkan. Beberapa puluh tahun lalu hipertensi dan berbagai komplikasinya beratnya dikenal sebagai penyakit yang hanya menyerang orang-orang tua ( usia 50 tahun ke atas ). Akan tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini banyak dijumpai kasus kematian mendadak, gagal jantung, gagal ginjal, kelumpuhan atau stroke yang menyerang orang-orang muda di bawah usia 50 tahun.



Memang banyak faktor resiko bagi meningkatnya kasus hipertensi. Naum demikian para ahli umumnya bersepakat bahwa faktor risiko yang utama adalah perilaku atau gaya hidup yang tidak sehat ( life style ). Oleh karena itu Anda harus rajin mengukur tekanan darah. Ukurlah sekarang juga. Bila normal tetap pertahankan. Bila tinggi kendalikan tekanan darahnya.



Ubahlah gaya hidup Anda yang tidak sehat ke arah hidup sehat. Memang tidak mudah mengubahnya. Tapi ingat komplikasi yang akan timbul jika anda mengalami tekanan darah tinggi dan tidak dikendalikan dari sekarang. Mumpung di hari libur Waisak di mana umat Budha sedang merayakannya dengan salah satu kegiatan adalah meditasi, tidak ada salahnya saya ajak Anda belajar meditasi kesehatan.



Meditasi dapat meredakan stress yang kalau tidak dikendalikan dapat meningkatkan tensi darah menjadi penyakit tekanan darah tinggi. Sekali lagi hipertensi atau lebih kerennya tekanan darah tinggi dapat menimbulkan komplikasi penyakit jantung, gagal ginjal dan stroke. Karena itu sedia payung sebelum hujan untuk mengisi hari-hari dalam hidup ini dengan gaya hidup sehat ala medis kedokteran dan sehat dengan kundalini reiki. Anda Mau.....?



Sumber : Data Riset Kesehatan Dasar 2007.

Read More..

BISIK-BISIK PENGANTIN BARU.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 26 Mei 2011 0 komentar

Ketika pernikahan Pangeran William dan Kate Midleton ditayangkan lewat siaran langsung televisi sehingga penonton di seluruh dunia bisa menyaksikan tayangan ini, Jumat 29/4/2011, terlihat dua sejoli ini kadang berkomat-kamit laksana orang sedang mengucapkan doa. Ternyata mereka sedang mengatakan sesuatu untuk mencairkan suasana di saat ketegangan tengah melanda perasaan, dimana acara sakral penuh hikmad ini menyambut calon pengantin baru dari Kerajaan Inggris.



Sebenarnya apa yang mereka katakan saat itu? Dan apa kata orang terdekat mereka kepada Kate dan William hari itu? Sumber di Harian Inggris, Daily Mirror yang menguping pembicaraan itu, edisi 30 April menurunkan pembicaraan yang sempat direkam saat itu. Misalnya Pippa Midleton, saudari kandung Kate, berujar kepada Kate saat mereka memasuki Westminster Abbey, " Kamu memesona," katanya.



Michael Middleton pun berujar kepada puterinya Kate, saat keduanya berjalan menuju depan gereja, " Kamu tidak apa-apa kan?" tanya bapak kepada anak ini yang lalu dijawab Kate, " Iya." Dan di dalam gereja William sudah menantikan kedatangan Kate yang didampingi Michael berjalan perlahan menuju altar. Begitu tiba Pangeran Harry adik William berujar kepada William, " Siap-siap, dia sudah tiba," katanya setengah melucu sambil bergurau.



Saat keduanya berhadapan, William menyapa Kate yang sudah ada di hadapannya, " Kamu tampil menggoda. Kamu tampil begitu anggun," katanya. Michael Middleton yang berdiri di dekat Kate pun disapa William, " Pak sebenarnya kita hanya menyelenggarakan perayaan kecil-kecilan saja, " ujarnya. Lalu saat upacara pernikahan berlangsung, Ratu Elizabeth II juga berujar kepada suaminya, Pangeran Philip, " Ini hari yang amat menyenangkan, " katanya.


Pangeran William dan Kate Middleton resmi menjadi sepasang suami-istri. Prosesi pernikahan mereka di gereja Westminster Abbey, London, Jumat (29/4/2011) berjalan khidmat dan lancar.


Kemudian William berkata kepada Kate, " Rasanya ingin segera keluar." Sekali lagi William berkata kepada Kate, " Saya mulai rileks, " setengah berbisik. Begitu pasangan pengantin ini selesai acara pemberkatan nikah di gereja, keduanya lalu keluar menuju kereta kencana yang sudah siap menunggu di depan gereja. Sejoli ini lalu berangkat menuju Istana Buckhingham dengan naik kereta kencana.


Beberapa saat setelah resmi menjadi sepasang suami-istri, kedua mempelai keluar dari gereja. Mereka berjalan menuju kereta kencana yang ditarik kuda.


Di kiri dan kanan jalan yang dilalui iring-iringan kereta, sekitar 500.000 orang sudah menantikan prosesi ini sambil melambai-lambaikan tangan. Dalam perjalanan, William berkata kepada Kate, " Kamu kurang nunduk sedikit. Kepalanya agak nunduk dikit, tak apa kan?" Kate lalu menjawab, " Oke." Kate lalu berbisik kepada William, " Terima kasih, sekarang kamu lega dan senang bukan?" William pun membalas, " Yes...yes...yes? Ini perayaan yang terasa agung. Sungguh menyenangkan, melegakan. Aku begitu bangga kepadamu. Kamu istriku sekarang."


Duduk di kereta kuda, William dan Kate terus menebar senyum. Mereka melambaikan tangan ke arah kerumunan orang di sepanjang jalan menuju Buckingham Palace. Kate juga terlihat masih menggenggam buket bunga.


Sambil mengumbar senyum bahagia sejoli ini terus melambaikan tangan kepada khalayak yang berdiri dan histeris di kiri kanan jalan yang dilalui iringan kereta kencana ini. William berujar, " Dahsyat! Oh My Godness, begitu ramai mereka bergembira. Orang-orang ini bertepuk tangan," katanya. Setelah kereta kencana dan kereta pengiring di belakang memasuki Istana Buckingham, massa terus merangsek memasuki halaman Istana Buckingham. Dengan sabar massa berdiri di pekarangan. Mereka menantikan sejoli muncul di balkon Istana.



Detik demi detik terus berlalu akhirnya sejoli muncul di balkon istana. Di bawah balkon massa sudah menyemut dan tidak sabaran ingin segera melihat sejoli ini. Kate pun terkejut dan berkata, " Oh...wow!" William pun kaget berkata, " Ya ampun? Kamu senang? " katanya kepada Kate yang lalu dijawab," Oh, ya trims, " katanya.


Dari atas balkon, Kate dan William terlihat mesra. Mereka melambaikan tangan dan melemparkan senyum terus-menerus. Pada momen ini pertama kalinya Pangeran William dan Kate Middleton berciuman di balkon Istana Buckhingam. Dua kali mereka berciuman singkat, yang disambut histeria ribuan rakyat Inggris.


William terus takjub dengan banyaknya warga yang menyemut di pekarangan istana sambil berkata, " Yeah...yeah! Ada banyak orang di bawah sana. Kate pun tersenyum ketika William berkata, " Siap lihat saya sekarang, mari ciuman, oke?" Keduanya pun lalu berciuman dan Kate berkata, " Sudah? " Ternyata massa di pekarangan berteriak, " More....more....more." William meyakinkan sekali lagi kepada Kate untuk retake adegan ciuman ini sambil berkata, " Saya kira mereka ingin kita melakukannya lagi. Ayo kita ulangi lagi, OK?. Dan keduanya pun berciuman lagi ditingkahi tepuk tangan bergemuruh massa yang histeris di pekarangan Istana Buckingham.



Sumber : AP/Daily Mirror/Mon.

Read More..

GAGASAN UNTUK KELESTARIAN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Selama lebih dari 40 tahun secara rutin setiap tanggal 22 April masyarakat dunia memperingati Hari Bumi. Peringatan ini bukan berisi pesta pora atau canda tawa, sebaliknya momen tersebut bisa menjadi titik untuk merealisasikan inisiatif bagi kelestarian bumi di masa mendatang. Ini lah sebuah gagasan untuk tujuan mencintai bumi agar terjaga kelestariannya.



Adanya hal ini berawal dari gagasan Senator Gaylord Nelson di Seattle, Amerika Serikat, Hari Bumi yang kemudian menular ke seantero dunia berhasil mendorong orang untuk mulai mengambil langkah bagi lingkungan. Dengan caranya masing-masing, tiap orang diharapkan dapat berkontribusi untuk menekan segala kerusakan yang diakibatkan oleh ulah manusia terhadap lingkungan.



Masing-masing individu dalam lingkungan masyarakat boleh mengambil inisiatif sendiri-sendiri untuk mendukung gerakan cinta lingkungan, termasuk di lingkungan rumah atau dalam kegiatan sehari-hari di luar rumah, misalnya di areal perkantoran, taman kota maupun di lingkungan areal industri. Untuk itu mari kita tengok keluarga Budi yang begitu padat jadwal hariannya di luar rumah. Ia adalah tipe pekerja kantoran yang tiap hari harus bekerja ke luar rumah.



Budi menyadari bahwa tinggal di kota metropolitan menuntut hidup serba cepat dan seringkali dikejar waktu, membuat keluarga Budi selalu menginginkan semua serba cepat dan instan. Hal inilah yang membuat Marisa, sang istri untuk memenuhi kebutuhan hariannya terpaksa lebih banyak berbelanja makanan di luar rumah. Sementara karena kesibukan keduanya, mereka selalu memberikan anak-anaknya uang untuk jajan di sekolah.



Karena sering berbelanja membuat keluarga ini selalu membawa barang belanjaan dalam kantong plastik. Sementara wadah makanan cepat saji dari styrofoam kerap memenuhi tempat sampah di rumahnya. Untuk itulah dia cukup dibuat pusing dengan terus bertambahnya wadah makanan cepat saji itu dan belum tahu bagaimana cara memusnahkannya. Akhirnya Budi mendapatkan informasi bahwa satu orang rata-rata membuang dua kantong plastik dalam sehari.



Dapat dibayangkan bila dalam sebulah, Budi bisa menghasilkan sampah berupa kantong plastik sebanyak 60 buah. Jika dihitung dalam setahun, jumlah itu menjadi 720 buah. Sementara data kependudukan menunjukkan, penduduk Jakarta berjumlah sekitar sembilan juta jiwa. Maka dengan perhitungan kasar terdapat 6,5 miliar sampah plastik. Itu yang ada di Jakarta saja.


Styrofoam wadah makanan di jaman modern ini.


Yang lebih membuat ngeri adalah semua sampah plastik tersebut merupakan bahan beracun yang dapat merusak lingkungan karena tidak mudah hancur. Sebagai gambaran selain plastik tadi, styrofoam membutuhkan waktu lebih dari 500 tahun untuk terurai. Lalu bayangkan ada berapa banyak sampah styrofoam bekas wadah yang terbuang ke lingkungan?



Sambil membayangkan kerusakan yang bakal timbul terhadap lingkungan, diperlukan langkah nyata yang dapat dilakukan oleh masing-masing individu. Misalnya selalu membawa bekal dari rumah, yang selain mengurangi sampah plastik sekali pakai, makanan yang dimasak sendiri tentu akan terjamin kebersihannya. Jika ingin sekali-kali jajan di luar rumah, akan lebih baik untuk membawa wadah sendiri untuk mengurangi sampah plastik atau styrofoam.


Sekalipun sudah masuk jaman modern, keberadaan besek wadah makanan masih dicari orang.


Cara sederhana tadi bayangkan keluarga dengan dua anak dapat mengurangi sekitar 2.160 helai sampah plastik. Ini baru satu keluarga. Jika ada 1.000 keluarga yang melakukan hal sama, ini berarti akan terjadi pengurangan 2.160.000 buah sampah plastik dalam setahun. Dari ilustrasi tersebut dapat disimpulkan sebagaimana diungkapkan dalam fitur klasika Kompas seputar inspiratorial hari bumi, salah satu cara yang efektif untuk mengurangi sampah ataupun limbah plastik dan kemasan sekali pakai adalah menerapkan prinsip reduce and reuse.



Reduce yaitu mengurangi pemakaian wadah sekali pakai dengan membawa wadah dari rumah untuk bekal makanan atau minuman. Atau saat membeli bahan makanan maupun makanan matang lebih baik membawa tas kain untuk menyimpannya. Sementara reuse adalah menggunakan wadah yang bisa digunakan berulang kali. Kalau tidak malu dan terkesan ndeso wadah dari besek sebagai produk tradisional buatan orang desa bisa digunakan untuk membungkus makanan. Selain aman dan bebas dari pencemaran bahan kimia, wadah makan yang terbuat dari besek ternyata masih eksis di jaman industraliasi ini.



Sumber : Inspiratorial Kompas.

Read More..

ENERGI FOSIL LEBIH MEMATIKAN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 25 Mei 2011 1 komentar

Energi nuklir memang memiliki bahaya besar jika pengelolaannya tidak dilakukan dengan baik. Namun tingkat bahaya energi nuklir jauh lebih kecil ketimbang penggunaan energi lain, seperti batu bara, gas alam dan minyak bumi. Dana Christensen dalam majalah Scientific American pada 2007 menyebutkan batu bara mengeluarkan bahan radioaktif 100 kali lebih banyak dibandingkan dengan yang dihasilkan nuklir untuk menghasilkan energi dalam jumlah sama.
p>Data Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) menyebutkan, perbandingan tingkat kematian akibat penggunaan energi nuklir dan batu bara adalah 1 berbanding 4,025. Penggunaan gas alam 100 kali lebih mematikan dibandingkan dengan energi nuklir dan pembakaran minyak bumi 900 kali lebih mematikan daripada nuklir. Christopher Wanjek dalam LiveScienc, Selasa ( 26/4 ) mengungkapkan, pembakaran batu bara menyebabkan kematian lebih dari 1 juta orang setiap tahun.



Jumlah ini termasuk ribuan petambang yang meninggal akibat tambang runtuh dan ribuan petambang lain meninggal karena penyakit paru-paru. Hanya kasus runtuhnya tambang Chili tahun lalu merupakan keajaiban, dimana 33 petambang bertahan hidup selama dua bulan lebih di dalam tanah yang akhirnya berhasil dikeluarkan dengan selamat. Selain pembakaran batubara, ratusan ribu orang awam juga meninggal karena penyakit jantung dan paru-paru akibat menghirup gas pembakaran batu bara serta berbagai dampak negative lain.



Sumber : Livescience/Mzw.

Read More..

MENIKAH ALA WILLIAM DAN KATE.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Orang China juga tidak mau kalah dalam meniru sesuatu. Sejak santernya hubungan antara William dan Kate Midleton yang secara resmi menikah tanggal 29 April 2011, jauh sebelum hari H pernikahan kedua sejoli itu, pemuda China yang satu ini pun dibuat sibuk dalam hal tiru meniru untuk mewujudkan pesta hari bahagianya. Memang orang China tidak saja pandai meniru barang produksi yang laku dijual ke pasaran, tetapi juga lihai meniru sesuatu termasuk ide untuk melangsungkan pesta pernikahan ala Willam dan Kate dengan segala atribut pernikahannya agar diketahui warga lain.



Sahdan di daratan China ada seorang pemuda bernama Wang Xueqi berusia 23 tahun calon pengantin pria, terpaksa merogoh koceknya hingga 50.ooo yuan atau setara dengan Rp. 66 juta untuk menyelenggarakan pesta pada 18 April 2011. Pokoknya ia ingin tampil beda dan mendahului pesta akbar pasangan pengantin William dan Kate dari Inggris. Untuk itulah ia ingin saat pesta pernikahan nanti harus naik kereta kencana yang ditarik oleh dua ekor kuda serta dijaga pengawal berseragam lengkap.



Tidak itu saja untuk mewujudkan impiannya menikah ala bangsawan Inggris yang bakal menyedot perhatian warga dunia, pernikahannya itu harus dimeriahkan dengan parade yang melibatkan 50 orang, puluhan mobil dan dua kuda. Pokoknya dibuat mirip-miriplah ala parade pernikahan bangsawan Inggris itu. Saat pernikahan prosesi dimulai dengan empat perempuan berbaju putih yang membawa bunga serta bendera Inggris.


Begini kira-kira penampilan William dan Kate di hari pernikahan, hasil rekaan para seniman.


Pengantin kemudian naik kereta kencana yang ditarik dua kuda lalu diikuti barisan para penjaga. Para penjaga tersebut tidak mengenakan pakaian khas China, tetapi topi tinggi, jas berbuntut panjang dan jas merah. Persis seperti penjaga di Istana Buckingham, London. " Ada perasaan senang dan eksotis ketika melangsungkan pernikahan seperti ini, " ujar Wang tanpa mau menyebutkan nama calon pengantin wanitanya, Rabu ( 27/04/2011 ).



Sumber : AP.

Read More..

MEMBUAT ORGAN JANTUNG TETAP SEHAT.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Berbicara penyakit jantung yang boleh disebut sebagai penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah pada organ jantung, ternyata effek serangan jantung pada pagi hari cenderung lebih buruk dampaknya ketimbang pada siang hari dan malam hari. Serangan jantung yang terjadi antara pukul 06.00 hingga tengah hari mengakibatkan kerusakan jaringan lebih besar.



Hal itu terungkap dalam hasil studi yang dimuat di jurnal Hearth baru-baru ini. Dr. Borja Ibanez dan koleganya menganalisis data dari 811 pasien di rumah sakit yang menderita serangan jantung yang disebut ST elevation myocardial infarction. Para peneliti membagi pasien ke dalam empat kelompok berdasarkan segmen waktu terjadinya serangan jantung.



Peneliti mendapati grup yang mengalami serangan antara pukul 06.00 hingga tengah hari mengalami dampak serangan lebih berat. Namun terlepas dari waktu serangan, penanganan sedini mungkin pada korban serangan jantung sangat penting. Semakin terlambat pasien ditangani, kerusakan jaringan semakin besar.



Karena pentingnya organ jantung bagi manusia kewajiban kita lah sebagai pemiliknya harus merawatnya dengan baik. Caranya lakukanlah hidup sehat dengan baik. Mulai dari mengkonsumsi makanan tinggi serat rendah lemak dengan mengutamakan sayur dan buah. Selebihnya gaya hidup sehat dengan melakukan aktivitas olahraga secara teratur dan terukur.



Olahraga memang banyak manfaatnya. Dengan berolahraga minimal tiga kali seminggu bukan saja membuat badan tambah sehat, tapi juga membuka chakra-chakra tubuh energi. Selain chakra tubuh energi terbuka, lemak dalam darah juga ikut dibakar dan dikeluarkan dalam bentuk keringat, sehingga pembuluh darah menjadi terbuka dan elastis. Saat chakra terbuka membuat tubuh mudah menyerap energi. Dengan terbukanya chakra maka dengan sendirinya chakra juga menjadi aktif.



Untuk membuat chakra dalam kondisi terbuka dan terus aktif, lembaran-lembaran chakra diseimbangkan, inti chakra dibersihkan maka seseorang yang sudah paham dengan praktek reiki akan selalu menjaga kondisi chakra tetap bersih. Caranya dengan rajin bermeditasi dalam hidup ini, mampu mengontrol emosi positip setiap saat dan membuang emosi negative. Bagi Anda yang non praktisi reiki bisa mencoba meditasi kesehatan untuk menjaga organ vital tubuh termasuk organ jantung agar tetap sehat sepanjang hidup ini.



Sumber : BBC/Ine/Praktek Meditasi dan Reiki Pribadi.

Read More..

MAKANAN SEHAT MENGIKUTI ALIRAN CHI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 18 Mei 2011 0 komentar

Menurut William makan berat di siang hari saat jam istirahat kerja menjadikan pelakunya bukannya segar malah ngantuk berat seperti pada kasus Rina di postingan kemaren. Hal itu disebabkan karena kerja berat organ jantung di saat makan siang. Akibatnya energi alamiah yang dibutuhkan jantung untuk bekerja berkurang karena dioper ke lambung untuk memback up proses pencernaan. Akibatnya di saat melanjutkan pekerjaan mata akan merasa mengantuk karena energi chi terpaksa diambil lagi ke jantung. Singkat kata organ jantung energinya berkurang.



Lalu makan mengikuti perjalanan chi apa maksudnya. Menurut William, pola meridian pada tubuh manusia ( zi wu liu zhu ) sejak dulu digunakan oleh para ahli pengobatan China sebagai titik-titik akupuntur. Dengan mengikuti pola titik meridian pada tubuh ini, gejala sakit pada organ tertentu di tubuh kita dapat lekas diketahui.



Pada titik meridian sebaenarnya terdapat berbagai aliran chi. Ada chi yang berputar, chi yang berjalan di dalam pembuluh darah ( nutri chi ) dan ada yang diluar pembuluh darah ( pelindung chi ). Fungsi tiga chi ini sama, yaitu sebagai daya tahan tubuh dari serangan kuman. Perjalanan chi di dalam pembuluh darah dan pelindung chi yang berada di luar pembuluh darah arahnya saling berlawanan.



Berdasarkan perjalanan chi pada titik meridian ini, ilmu kedokteran China membagi organ tubuh manusia menjadi 12 bagian. Keduabelas organ ini dibagi lagi dalam dua kelompok besar yaitu organ chang yang berfungsi menyimpan dan organ fu yang fungsinya mengolah dan membuang. Organ chang terdiri atas limpa, ginjal, paru-paru, jantung, hati dan pericardium ( selaput atau pelindung jantung ).



Untuk organ fu terdiri dari lambung, kandung kemih, usus besar, usus kecil, kandung empedu, tiga pemanas ( san ciau ) atau diafragma. Perjalanan chi mengalir menuju keduabelas organ ini melalui pembuluh darah. Setelah diketahui pola perjalanan chi ini, William menawarkan pola hidup sehat yang selaras dan seimbang. Misalnya sesibuk apapun sebaiknya sebelum jam 23.00 malam sudah pergi tidur. Jika dipaksakan masih bekerja akan merusak fungsi hati.



Pagi harinya, pukul 09.00 - 11.00 adalah saat sedang giat bekerja, karena nutrisi sedang disebarkan oleh limpa ke seluruh tubuh. Manfaatkan waktu ini untuk bekerja maksimal. Setelah bekerja tentu perlu waktu istirahat. Pukul 11.00 - 13.00 adalah waktunya organ jantung bekerja giat, dimanfaatkan untuk tidur atau istirahat sejenak, minimal 20 menit. Hasilnya setelah bangun tidur tubuh akan terasa segar kembali.


Batas maksimal konsumsi gula dalam sehari adalah 5% dari kecukupan energi atau setara 3-4 sendok makan. Kebutuhan energi diperoleh dari karbohidrat seperti beras, jagung, gandum dan umbi-umbian.


Energi dari makanan kita butuhkan untuk bekerja. Pada pagi hari porsi makannya berat karena dipakai untuk bekerja. Siang hari makan ringan saja tak terlalu kenyang, sedangkan malam hari boleh tidak makan kalau kuat. Tentu Anda memandang aneh pola makan versi William ini bukan? Sekali lagi William memberikan penjelasan, sarapan pagi sangat penting untuk bekal energi sepanjang hari.



Saat yang tepat untuk sarapan adalah pukul 07.00 - 09.00 ketika lambung sedang bekerja optimal. Lalu waktu makan siang sebaiknya pukul 13.00 - 15.oo karena waktu ini chi sedang ada di usus kecil. Sedangkan makan malam sebaiknya pukul 19.00 - 21.00 karena di luar waktu tersebut, lambung sedang tidak bekerja optimal.



Singkat kata dalam ilmu pengobatan China juga dikenal makanan sehat dan selaras, yaitu jika lima rasa ( manis, asin, asam, pahit dan pedas ) telah seimbang takarannya. Idealnya makanan sehari-hari adalah tawar jika kelima rasa itu dicampur menjadi satu. Saat makan otak butuh waktu 20 menit untuk tahu bahwa perut kita sudah kenyang atau belum. Karena itu kita disarankan untuk makan perlahan dan penuh kesadaran. Jangan terlampau cepat karena cara ini membuat perut sudah merasa penuh, tapi otak baru memberi tahu belakangan.



Sumber : Mind, Body and Soul Intisari Volume 3 Tahun 2007 oleh Bimo Wijoseno ( diedit ).

Read More..
|
| edit post

SI LUCU PANGERAN HARRY.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Saat pernikahan agung trah bangsawan Inggris yang baru berlalu, Pangeran William dan Kate Middleton menjadi pusat perhatian lebih dari 3 milyar penonton televisi. Yang mencuri perhatian dan simpati dan mengundang senyum publik selama acara pernikahan itu adalah sang adik, Pangeran Harry yang saat ini berusia 27 tahun. Dengan sikapnya yang santai dan nyeleneh, Harry mampu membumikan prosesi pernikahan yang sangat formal menjadi sedikit santai dan tidak kaku.



Ketika abangnya William akan keluar dari mobil yang berhenti tepat di depan pintu Gereja Westminter Abbey, Harry pula yang mengucapkan kata-kata yang membuat William tak mampu menyembunyikan tawanya. Juga lihatlah ketika Kate sedang berjalan di altar didampingi ayahnya, Harry yang saat itu mendampingi William, sempat menengok ke belakang sejenak dan memandang Kate. Lalu ia berbisik kepada William sambil tersenyum jahil. Entah apa yang dia bisikkan kepada William, tetapi sepertinya sikapnya itu sudah mampu menurunkan tensi ketegangan di wajah William yang kemudian mampu mengucapkan janjinya dengan sangat lancar.



Memang sejak kanak-kanak, mendiang ibunya Harry, Puteri Diana Spencer, pernah mengatakan, kelak jika kedua puteranya itu dewasa, ia yakin Harry yang akan banyak merebut hati para perempuan Inggris. Hal ini dikarenakan Harry senang melucu dan sangat energik dibandingkan dengan kakaknya yang lebih tenang dan cenderung serius dalam segala hal.


Pangeran Harry dan Pangeran William bersama teman kuliahnya.


Jadi ketika Ratu Elizabeth II mengatakan bahwa dirinya tidak akan hadir dalam resepsi pada Jumat ( 29/4) malam yang diselenggarakan Pangeran Charles, sekitar tamu undangan berjumlah 300 orang sudah mengantisipasi malam itu bakal sangat meriah penuh gelak canda tawa dan tidak terkesan formal. Malam itu Harry akan berpidato untuk William,


Foto Pangeran Harry bersanding dengan Middleton di dinding mug.

tentunya isi pidato itu tidak bakal disensor, karena sang nenek tidak hadir. " Meriah banget dan pidato Harry sangat lucu, " kata seorang tamu yang baru saja keluar dari Istana Buckingham, Sabtu ( 30/4 ) dini hari.



Kelucuan lagi yang ditampilkan Harry ke publik seluruh dunia adalah gambar foto dirinya bersanding dengan Kate Midleton di mug yang rencananya untuk suvenir para tamu undangan resepsi pernikahan abangnya itu. Entah siapa yang punya ide gila ini sehingga foto Harry terpampang bersanding dengan Kate. " Kan yang menikah William dengan Kate, tapi kenapa fotoku yang dipasang bersanding dengan Kate di dinding mug itu? " kata Harry sambil tertawa sedikit melucu melihat mug ini.



Sumber : The Telegraph/Myr.

Read More..

MAKAN MENGIKUTI PERJALANAN CHI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

" Waktunya makan siang sudah tiba. Ayo segera kita pergi ke warung Yu Semi yang jualan pecel itu, agar kebagian tempat duduk," ujar sahabat kantorku, Mbak Rina siang tadi. Maklum lah warung pecel Yu Semi di kantorku sudah cukup dikenal oleh kalangan penikmat kuliner di kawasan Senayan. Pada jam makan siang, banyak pekerja dari kantor lain sering singgah ke warung ini. Jadi kalau tidak cepat datang ke warung, dijamin tidak kebagian tempat duduk dan harus rela berdiri sambil makan, itu pun kalau tidak malu dilihat teman.



Kebetulan kami sekantor hobi menyantap nasi pecel yang kalau bisa sehat dengan kundalini reiki jabarkan sebagai makan siang mengikuti perjalanan chi. Sedangkan sahabat ku tadi sekedar makan siang untuk mengatasi rasa lapar saja setelah bekerja setengah hari. Mengingat makan siang pada umumnya dilakukan sekitar pukul 12.00 s/d 15.00, maka chi yang bekerja saat sedang makan siang akan berada di usus kecil.



"Makan siang mengikuti perjalanan chi? Apa itu maksudnya? " sergah Mbak Rina yang sering mengeluhkan justru sehabis makan siang untuk kembali bekerja, badan tidak menjadi segar tetapi malah mengantuk berat. Padahal pekerjaan masih menumpuk dan harus segera diselesaikan sore hari ini juga sebelum bubaran kantor. Itulah gambaran tentang makan siang pekerja kantoran yang salah, karena mengikuti jadwal makan siang pada saat jam istirahat kerja pukul 12.oo hingga pukul 13.00.



Barangkali si Mbak Rina ini tidak pernah sarapan pagi sehingga saat makan siang tiba, semua makanan dia santap asalkan mengenyangkan. Makan siang sebagai balas dendam yang akhirnya perut menjadi kenyang, mblenger dan berkesudahan menjadi ngantuk saat akan mulai aktivitas setelah istirahat siang. Makan siang seperti ini justru memperberat kerja jantung karena organ vital ini sedang giat-giatnya bekerja. Akibatnya badan jadi lemes rasa kantuk pun menyerang.



" True taste is in the hearth, not on the tounge, " Gandhi says. Itulah sepenggal kalimat bijak dari Mahatma Gandhi, menganjurkan kita cara makan yang baik yaitu berdasarkan hati, dan bukan lidah semata. Hasilnya adalah keseimbangan fungsi organ tubuh dan kesehatan kita tentunya. Bagaimana sebenarnya pola makan yang selaras dengan kebutuhan tubuh dan jiwa kita... sahabat?


Sarapan pagi sebelum bekerja atau pergi ke sekolah sangat penting karena makanan sumber tenaga untuk aktivitas sepanjang hari.


Orang tahu bahwa makan untuk menyambung hidup. Itu sudah jadi pengakuan setiap orang. Tetapi jika salah makan baik kelebihan atau kurang makan, justru bisa berakibat buruk, yakni mengundang penyakit. Salah makan itulah sebutannya. Itu istilah di masyarakat tentang makan, walau sebenarnya yang salah bukan makanannya, tapi pola makannya.



Kesalahan pola makan tidak lain merupakan muara dari pola hidup yang tidak sehat. Kerja keras berlebihan, tidak kenal waktu sekaligus tidak memperhatikan asupan makanan. Lebih ironis bagi kaum yang mapan berkelimpahan uang, sebentar-bentar mengonsumsi vitamin atau suplemen tertentu yang saat ini banyak beredar di pasaran. Hasilnya bukannya sehat tapi sakit.



Pola makan hidup sekarang termasuk pola makan, perlu penyesuaian agar tercipta keselarasan. Begitu anjuran simpatik dr. William Adi Tedja, TCM, MA dari Klinik Utomo Chinece Medical Center, Jakarta Barat. Sinse lulusan Shanghai China ini memberi gambaran berdasarkan teori pengobatan tradisional China, orang dulu selalu sarapan setelah melakukan aktivitas. Entah itu berkebun atau olahraga pagi hari.



Sebagaimana dia paparkan di Mind Body and Soul Intisari 3 yang ditulis oleh Bimo Wijoseno, mengatakan bahwa kebiasaan orang zaman sekarang langsung sarapan setelah bangun tidur dan mandi. Akibatnya proses metabolisme tubuh menjadi kacau. Efek yang dirasakan secara langsung setelah makan pagi bukan makanan menjadi energi, tapi justru dibuang alias murus-murus. Di pagi hari sekitar pukul 5.00 - 7.00 organ tubuh yang aktif bekerja maksimal adalah usus besar yang bertugas melakukan pembuangan sisa metabolisme tubuh yang terjadi malam harinya. ( bersambung )



Sumber : Mind Body and Soul Intisari Nomer 3 Tahun 2007 ( diedit ).

Read More..

EXTRA SENSORY PERCEPTION.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 17 Mei 2011 0 komentar

Pernahkah Anda dalam suatu kesempatan tiba-tiba menerima informasi yang Anda sendiri tidak tahu dari mana datangnya. Informasi tadi semacam bisikan, petunjuk dan lebih dari itu sesuatu yang mendorong diri Anda untuk waspada. Serba mendadak dan tiba-tiba menjadi kenyataan tanpa kita sadari. Setelah informasi tasi menjadi kenyataan barulah kita sadar bahwa itulah gambarannya.



Sesungguhnya setiap orang bagaimana pun tingkatannya mempunyai kesempatan untuk dapat mengakses informasi tadi sebelum peristiwa yang sesungguhnya bakal terjadi. Orang bisa mengatakan hal ini sebagai intuisi, feeling, indera keenam dan lebih jauh menyebutnya sebagai wangsit. Intinya bentuk informasi misterius tadi seakan-akan menyuruh kita untuk segera melakukan sesuatu.



Berbicara wangsit janganlah Anda terburu-buru mencap hal ini sebagai sesuatu yang tidak masuk akal. Memang diakui pada masyarakat tradisional tidak banyak penjelasan rasional tentang peristiwa-peristiwa yang terhubung dengan intuisi yang mengarah ke hal tidak masuk akal. Sesuatu yang tidak masuk akal lantas dicap sebagai hal ghaib, tahayul. Padahal di negeri Barat sana, banyak ahli yang berusaha menjelaskan fenonema ini dalam konteks ilmiah. Hasilnya sudah banyak dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian.



Serba mendadak tanpa direncanakan tahu-tahu terjadi. Intuisi yang dikaitkan dengan kemampuan seseorang mendapatkan informasi atau persepsi di luar panca inderanya. Orang lalu menyebutnya sebagai ESP karena di luar kebiasaan dan diperoleh langsung dari pikiran universal . Lebih kerennya orang lantas menyebutnya sebagai kemampuan indera keenam manusia.



ESP singkatan dari extra sensory perception sekalipun berasal dari budaya timur, justru sangat berkembang di barat untuk dipelajari dalam kajian ilmu pengetahuan di Amerika, Inggris atau Skotlandia. Kajian ilmiah tentang ESP sudah dilakukan sejak tahun 2006 diawali di Duke University, North Carolina, USA. Fenomena ESP sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang lebih banyak dikaitkan dengan kemampuan telepati ( menghubungkan pikiran ), clairvoyance ( informasi yang diterima melewati batas ruang dan waktu ), prekognisi ( tahu sebelum terjadi ) dan psikokinesis ( pikiran sebagai sumber kekuatan ).



Kembali ke masalah pesan yang dikaitkan dengan intuisi sesungguhnya dikaitkan dengan informasi paranormal. Pemahamannya sebagaimana diulas dalam Mind, Body and Soul Intisari tahun 2007, bahwa informasi yang terkait dengan jiwa dan pikiran, tetapi belum bisa dijelaskan oleh pikiran manusia yang terbatas sebagai kemampuan kesadaran phisik semata, tidak bisa diterangkan oleh nalar manusia. Salah satu contoh misalnya fenomena menangkap pesan seseorang dari jauh sampai saat ini belum bisa diuraikan secara ilmiah.



Para ahli parapsikologi dalam kajiannya mengatakan bahwa setiap manusia sebenarnya banyak menerima informasi paranormal dalam dirinya. Tetapi karena tidak ngeh maka kita tidak menyadari saja selama ini. Mirip fenomena gunung es di mana informasi seperti ini sering kita dapatkan tetapi rasio otak selalu berpikir, ah tidak masuk akal, nonsen tidak mungkin dan sebagainya. Karena masih dalam dugaan para ahli seseorang baru bisa menerima informasi ini dengan baik dan sadar penuh, jika tubuh dan pikirannya dalam kondisi rileks seperti saat berlatih meditasi atau dalam kondisi tidur nyenyak di malam hari.



Sebagai contoh yang sudah sering diulas oleh para ahli ilmu jiwa, saat kita bermimpi, tidur nyenyak sekali, rileksasi, meditasi dan hipnosis, maka pengukuran gelombang otak ( EEG ) Theta seseorang menunjukkan pada kisaran 4-7 cps ( sycle per second ) atau Delta antara 0,5 - 3 cps. Lalu para ahli membuktikan potensi ESP yang ada pada setiap manusia melalui penelitian " Gansfeld ", seperti ditulis dalam situs Wikipedia.



Orang boleh saja mempunyai potensi ESP untuk dikembangkan lebih lanjut, tetapi hambatan terbesar bagaimana memaksimalkan potensi yang sudah ada ini. Banyak orang sudah tahu manfaatnya, tapi hanya sedikit yang tertarik mengembangkannya sebagai bakat terpendam yang perlu diasah agar kemampuan ini terus muncul. Salah satu cara melatih untuk meningkatkan kemampuan ESP yang paling gampang adalah belajar membawa tubuh dan pikiran ke dalam situasi tenang dan rileks lewat praktek yoga atau meditasi.



Otak sebagai wadah penampung informasi perlu juga dilatih. Cara melatihnya dengan jalan memaksimalkan fungsi otak kiri dan otak kanan. "Selanjutnya setelah fungsi otak kanan dan kiri sudah maksimal lalu disinkronkan dengan saling berkomunikasi. Tahap selanjutnya latihan kepekaan terhadap informasi paranormal ini akan membuka pula kepekaan panca indera kita terhadap hal-hal lain, saran Amarullah Hadi seorang praktisi ESP dalam Mind Body and Soul Intisari sebagaimana ditulis T. Tjahyo Widyasworo.



Amarullah Hadi yang kebetulan memiliki bakat kepekaan dari garis keluarga ayahnya, semakin mengasah potensi ESP nya. Lewat latihan mandiri bermodalkan ketekunan, semua informasi yang diterimanya jarang meleset jika tidak bisa dikatakan selalu benar. Dengan rendah hati beliau mengatakan hal ini sebagai karunia Tuhan yang disyukurinya dan akan memanfaatkan kemampuan ini untuk menolong orang lain.



Nah...sahabat sehat dengan kundalini reiki, jika Anda merasa sudah tenang ketika sedang meditasi untuk mengasah kemampuan ESP, kira-kira pesan apa yang akan Anda terima hari ini, boleh dong disharingkan?



Sumber : Mind Body and Soul Intisari 2007 ( diedit ).

Read More..

SENAM MEDITASI FALUN GONG ( 2 ).

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Tahun 1992 sebagai tahun diperkenalkannya Falun Gong oleh Master LI Hongzhi ternyata telah banyak yang merasakan manfaat senam meditasi ini. Terutama pada effek peningkatan kesehatan jiwa dan raga, yang membuat Falun Gong akhirnya mendapatkan sambutan dari berbagai bangsa di dunia. Diperkirakan sampai tahun 2007 lebih dari 50 negara sudah mempraktekkan senam meditasi ini dengan jutaan orang pengikut.



Buku Zhuan Falun karangan Li Hongzi yang menjadi rujukan utama aktivitas serta buku pelengkap lainnya, sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Manfaat Falun Gong sudah diteliti secara medis dengan hasil baik bagi kesehatan tubuh praktisinya. Pada awalnya seni meditasi ini diperkenalkan sebagai qi gong ( baca chikung ) atau secara umum sering dipahami sebagai senam pernapasan dan meditasi, mengingat Falun Gong tidak bisa dilepaskan dari tradisi masa lalu China.



Seni pernapasan dan meditasi menjadi sistem perawatan kesehatan yang memadukan tubuh dan pikiran. Selain itu juga kemampuannya mengobati penyakit dan menunjukkan diri sebagai kemampuan supernormal, membuat qi gong kembali populer di China pada tahun 1980 -an. Qi Gong sendiri adalah warisan Tiongkok kuno menjadi bagian penting yang menitikberatkan pada ilmu pengobatan China selama berabad-abad.



Dr. Jingduan psikiater dari RS Universitas Thomas Jefferson AS, mengakui pengobatan Tiongkok dapat memberikan diagnosis dan penyembuhan yang lebih baik terhadap penyakit jika dilakukan pada tahap dini. " Pengobatan ini didasarkan pada suatu sistem yang tidak dapat dilihat, jaringan energi yang menghubungkan semua bagian tubuh yang disebut meridian, " ujarnya. Berdasar pengetahuan tentang sistem energi, setiap penyakit menampakkan gejala dan tanda-tandanya sendiri dan dirawat lewat titik-titik di permukaan tubuh.



Sebagaimana ditulis oleh Fajar Pratikto di Mind, Body and Soul Intisari edisi 2007 menyebutkan, ilmu kedokteran barat juga menaruh minat besar terhadap tradisi pengobatan Tiongkok ini, khususnya Qi Gong yang dianggap mewakili sistem kesehatan jasmani - rohani. Ilmuwan barat ingin melihat efektivitas terapi ini terutama dalam memelihara kesehatan secara massal serta efeknya bagi kesehatan individual. Penelitian di Amerika Utara pada tahun 1999 mendapati peserta yang telah berlatih Falun Gong, banyak penyakit serius seperti kanker, sakit jantung, diabetes, hati dan semacam penyakit alergi bisa disembuhkan secara signifikan.


Praktisi Falun Gong di Amerika Serikat sedang mempelajari latihan Falun Gong di sebuah taman. Foto dokumen www.kebijakanjernih.net


Sebuah konferensi tahunan tentang psikologi di San Diego Agustus 2007, Dr. Jason Liu dan Dr. Gwendalle Cooper mempublikasikan hasil penelitiannya mengenai Falun Gong, yang membantu praktisinya tetap sehat di tingkat sel, kejiwaan dan energi. Dengan berlatih senam ini secara terus menerus akan mengurangi ketegangan mental, meningkatkan kesehatan fisik, menyembuhkan penyakit dan meningkatkan moral dan spiritual.



Studi baru menunjukkan adanya dampak positif meditasi terhadap otak dan kekebalan tubuh. Tim riset dari Madison sebuah universitas di Wisconsin, Amerika Serikat, telah menemukan bahwa sebuah program pendek dalam meditasi sadar, menghasilkan perubahan positif jangka panjang pada otak maupun fungsi sistem kekebalan tubuh. Meditasi yang telah lama dipromosikan sebagai teknik mengurangi kelelahan dan stress, juga menghasilkan efek biologis penting yang dapat meningkatkan kegembiraan seseorang.



Tim riset ini akhirnya merekomendasikan bahwa meditasi sadar sebagai sebuah penangkal stress dan rasa sakit terhadap berbagai penyakit kronis. Melihat besar manfaat dari meditasi apakah lewat senam meditasi ala Falun Gong atau seni pernapasan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh seseorang dari serangan penyakit, tidak ada salahnya kita ikut mencoba berlatih.



Sumber : Mind, Body and Soul Intisari 2007 ditulis oleh Fajar Pratikto.

Read More..
|
| edit post

Minggu pagi (1/2/09) menjelang berangkat ke JHCC Senayan untuk liputan Imlek, sehat dengan reiki berkesempatan mampir ke warnet milik tetangga di Komplek Perumahan wilayah Tangerang Banten Timur. Kunjungan ini selain silaturahmi juga ingin mencoba fasilitas warnet yang ditawarkan nya. " Mumpung masih pagi, ayo coba surfing internet ini, koneksinya lelet atau cepat", katanya. Begitu pinta tetanggaku ini sambil mengepulkan asap rokoknya. " Setelah pensiun dari Telkom aku menjalankan bisnis warnet ini", ujarnya setengah promosi sambil mempersilakan sehat dengan reiki mencoba internet.



Pagi itu memang banyak sekali pelanggan yang berkunjung ke warnetnya. Ada 10 anak sedang main game on line, sementara 4 cewek ABG sedang berselancar di Face Book dan Web Site, 2 pria asyik chating. Sambil berselancar di dunia maya sebenarnya ada manfaat apa yang bisa dipetik dari warnet ini. Apa saja manfaat itu? Apakah pengunjung warnet akan mendapat informasi secara cepat? Inilah jawabannya.



Perkembangan iCafe (warnet) di Indonesia semakin hari semakin pesat. Mengapa demikian? Sebab melalui warnet, masyarakat dapat memperoleh berbagai macam informasi secara cepat dan terjangkau. Namun pesatnya perkembangan warnet tidak diimbangi dengan pengetahuan teknologi internet dan komputer yang mumpuni. Untuk mengurangi kesenjangan teknologi tersebut, Microsoft melalui salah satu progamnya yang dinamakan "Unlimited Potential" berupaya memberikan akses dalam lingkup pendidikan dan keterampilan berkomputer lewat pengembangan e-learning.



Melalui progam ini semua orang akan mendapatkan manfaat dari teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mudah diakses, terjangkau dan relevan bagi kebutuhan penggunanya. Oleh sebab itu, Mocrosoft fokus pada upaya pemberian solusi dalam tiga bidang penting yang saling berkait yaitu, transformasi pendidikan, mengembangkan inovasi lokal, dan membuka lapangan kerja serta peluang usaha lain.



Agar keuntungan progam ini dapat dinikmati masyarakat secara luas dan merata, maka warnet dipilih menjadi salah satu medianya. Oleh karena itu, Microsoft dan Multiplus ( yang dikenal dengan jaringan warnet-nya) berkolaborasi memberikan akses untuk beberapa teknologi piranti lunak kepada masyarakat luas. Melalui kerja sama ini, setiap orang dapat mengakses piranti lunak terbaik diantaranya Microsoft Office Suites, Microsoft Students Encarta, Microsoft Forefront, Visual Studio dan Expression Web Studio di dalam warnet.



Microsoft dan Multiplus mengembangkan progam "Bangun Mimpimu" (www.bangunmimpimu.com) dengan menawarkan pelatihan atau e-Learning untuk menggunakan piranti lunak tadi melalui 16 modul yang komprehensif. Sertifikasi resmi dari Microsoft akan diberikan kepada setiap peserta yang berhasil melewati modul tersebut. Sertifikasi ini diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan diri serta meningkatkan karir dalam pekerjaan dan usaha.



Nah bagi Anda yang berkeinginan mengembangkan kemampuan dalam dunia teknologi komputer dapat mengikuti progam ini di seluruh warnet Multiplus. Progam iCafe atau warnet ini memang akan memegang peranan penting bagi bangsa Indonesia. Diharapkan melalui progam ini, Microsoft dan Multiplus akan membantu pemerintah dalam mencetak tenaga kerja yang lebih berkualitas terutama dalam hal penggunaan teknologi komputer.



Ide segar untuk perkembangan jaringan digital internet di masa datang, agar di dalam warnet juga disediakan studio video editing dan recording sekaligus playback hasil editing. Mengingat saat ini untuk merekam gambar dan suara suatu program liputan sudah tidak diperlukan lagi kaset video. Data rekaman sudah terekam dalam hard disk dan tidak perlu lagu capture video yaitu memasukkan data gambar dari player ke harddisk komputer. Selesai liputan lalu diedit dalam format digital di komputer.



Selesai editing audio dan video lalu ditransfer ke server internet di studio lewat jaringan internet, di mana petugas di studio inilah yang akan menyiarkannya dalam format digital, digital SX, mini dv, dividi pro atau betacam SP. Ibaratnya warnet adalah studio berjalan dan bisa ditemui di manapun di perkotaan atau pedesaan. Siapa tahu obsesi ini menjadi kenyataan.



Sumber: Advertorial Microsoft Unlimited Potential. (edited)

Read More..

8 TAHUN 5 BULAN HIDUP SEHAT DENGAN REIKI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 16 Mei 2011 0 komentar

Mei 2011 sudah 8 tahun 5 bulan sejak Januari 2003 saya mempraktekkan gaya hidup sehat ala reiki. Mulanya saya ragu apa benar Reiki bisa seketika menyembuhkan penyakit? Tapi keraguan saya sirna begitu menjadi Praktisi Reiki dan selalu mempraktekkan Reiki dalam kehidupan sehari-hari. Puji syukur kepada Tuhan YME bahwa atas perkenannya saya bisa memanage tubuh saya agar tetap bugar, sehat bahkan mempraktekkan Reiki untuk kebaikan sesama yang menderita gangguan kesehatan.



Memang dalam penyembuhan gaya Reiki pasien bisa seketika mendapatkan kesembuhan tapi ada kalanya melalui proses panjang untuk meraih kesembuhan atas penyakitnya. Kalau berobat ke dokter saja memerlukan kesabaran untuk sembuh dari penyakit, tentunya gaya penyembuhan ala Reiki juga dituntut kesabaran dari pasien yang diterapi, sebab harus kita ingat semua bahwa kesembuhan mutlak milik Tuhan dan kepada-Nya saja kita memohon.



Sebagai Praktisi Reiki ataupun pasien yang menderita penyakit, sebelum sesi penyaluran Reiki selalu dituntut kepasrahan total dalam sikap hidup kita sehari-hari bahkan harus selalu sama-sama bermohon kepada Tuhan YME agar berkenan memberikan kesembuhan kepada pasien yang tengah diterapi. Dengan cara itu kita sebagai manusia hidup yang sarat dengan permasalahan hidup bisa menghadapi setiap masalah dengan sikap pasrah total, sabar dan selalu baik sangka kepada Tuhan.



Tentunya sobat ngeblogku pada bertanya," Wah saudara sehat dengan reiki tak pernah sakit dan selalu sehat setiap saat, ya? " Bukan begitu sobatku. Peluang sakit tetap ada jika kita malas melakukan self healing. Setelah menjadi Praktisi Reiki memang dianjurkan dengan kesadaran sendiri untuk rajin melakukan penyaluran energi Reiki untuk diri sendiri minimal 55 menit setiap sesi keseluruh bagian tubuh kita.



Selain praktek reiki juga dituntut untuk mengamalkan hidup sehat ala medis kedokteran. Salah satunya yang masih terngiang di telinga saat pertama kali praktek reiki adalah manusia hidup harus mau melakukan mobilitas. Maksudnya jangan enggan, malas untuk aktip bergerak. Dengan mobilitas diri, tubuh akan sehat. Itulah pengamalan hidup sehat atas anjuran rekan saya yang menjadi dokter dan kebetulan sudah menjadi Reiki Master.



"Jangan malas berolahraga dan lakukanlah pola hidup sehat dengan menjauhi makanan berlemak, penuh santan, asap rokok bahkan merokok." saran Dr. Maryono ahli penyakit jantung dari Rumah Sakit Pertamina dalam talk show gaya hidup sehat di Radio Sonora Jakarta beberapa tahun lalu. Bahkan dengan selalu berolahraga maka diharapkan aktivitas sehat ini akan membakar lemak tubuh yang berlebihan dan dibuang dalam bentuk keringat sehingga tubuh tidak menjadi gemuk.



Tidak cukup disitu saja. Sebagai Praktisi Reiki dengan sering melakukan healing kepada orang lain baik jarak dekat (tatap muka) atau jarak jauh akan semakin bersih jalur energi dalam tubuh, sehingga kesehatan akan didapat dengan mudahnya. Kuncinya jangan malas melakukan self healing, patuhi nasehat dokter dan tetap positive thinking. "Praktisi Reiki bukan orang sakti, bila malas melakukan praktek Reiki bisa juga kena penyakit lagi," timpal sahabat karibku, Mas Slamet Hudiyoko yang sudah menyandang gelar Praktisi Prana Shakti Darana di komunitas Reiki Jakarta.


Meditasi dalam keheningan, menyerap getaran energi alam semesta untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.


Itulah gaya hidup sehat dengan Reiki yang saya praktekkan sampai sekarang ini. Pagi hari sebelum ngantor aku biasakan diri sehabis sholat Subuh masih di ruang ibadah melakukan olah jiwa meditasi 20 hingga 30 menit untuk perenungan diri kepada Tuhan atas anugerahnya kepada saya dan keluarga khususnya kesehatan tubuh. Dalam meditasi ini saya sebut nama " Tuhan" dalam setiap hembusan nafas yang kita hirup dan buang. Ketika sudah masuk alam bawah sadar (gelombang otak delta) segera ucapkan afirmasi,..." saya sehat, organ tubuhku semua sehat...keluargaku...teman-temanku...tetanggaku...semua sehat...sehat, Amin."



Lakukan self talk ke dalam alam bawah sadar ini berulang-ulang sambil memperhatikan keluar masuknya nafas melalui hidung. Dengan mata terpejam biarkan tubuh, pikiran, spirit kita bekerja bersama-sama untuk menyatu dengan getaran energi alam semesta yang masuk ke tubuh melalui Chakra Mahkota kita. Terus rasakan getaran ini yang semakin lama semakin halus hingga tak berasa sama sekali. Selesai meditasi ini ucapkan syukur sekali lagi kepada Tuhan atas berkatnya untuk hari ini serta hari kemaren.



Selesai olah jiwa sambil mendengarkan Spirit of Life (ceramah agama) saya melakukan self healing dengan Reiki. Tepat ketika matahari mulai muncul ayunkan langkah untuk olah raga jalan kaki sejauh 4-5 km selama 1 jam saja. Dengan melewati jalan setapak yang ditumbuhi pohon rindang sambil berjalan kaki kita hirup energi pohon-pohon yang tegak di kanan kiri jalan. Menghirup energi pohon yang daunnya hijau rindang merupakan cara menyerap unsur alam semesta untuk kesehatan. Bukankah hijau daun baik juga untuk kesehatan mata?



Setelah itu lakukan kegiatan kantor atau ngeblog (kalau ada ide posting). Sore hari menjelang Maghrib melakukan program penyaluran Reiki jarak jauh kepada kerabat, kenalan yang memerlukan pertolongan termasuk kepada semua pasien di rumah sakit yang tidak saya kenal. Energi Reiki saya progam agar bekerja dalam jangka waktu tertentu atau saya program ketika semua pasien yang ada dalam daftar penerimaan energi Reiki, mulai menerima energi reiki saat mulai berbaring tidur.



Malam hari tepat pukul 22 s/d 22.30 wib bersama komunitas Reiki tempat saya bergabung menjadi praktisi Reiki mulai kembali menyalurkan Reiki untuk kebaikan sesama. Cukup 30 menit saja kegiatan ini. Melalui pertemanan komunitas Reiki inilah kesempatan untuk mempraktekkan Reiki lebih intensif lagi dengan satu tujuan membantu sesama tanpa diminta atau diminta agar menjadi terus sehat dengan reiki atau segera sembuh atas sakitnya.



Saya berharap sekaligus berdoa kepada Tuhan YME agar teman-teman yang sudah sudi berkunjung di blog ini, selalu dalam keadaan sehat, bisa memacu diri sendiri untuk dapat hidup sehat, syukur mau hidup sehat dengan reiki. Anda tertarik belajar Reiki?. Jika saya sudah mendapatkan kebugaran sehat dengan reiki kini Anda semuanya tentu lebih bisa lagi....lebih bisa lagi. Ayo apa lagi yang dicari dalam hidup ini selain berkah sehat dari Yang Maha Kuasa.



Gambar kiri atas tengah....sikap meditasi yang mudah dipraktekkan siapa pun baik oleh praktisi reiki atau non praktisi reiki.

Read More..

SENAM MEDITASI FALUN GONG ( 1 ).

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Tahun 1999 merupakan tahun kelam bagi kelompok pecinta senam dan meditasi, setelah pemerintah China tiba-tiba melarang kegiatan Falun Gong. Seketika itu juga Falun Gong ( dibaca Falun Kung ) sempat surut di tanah kelahirannya namun penyebarannya ke luar Tiongkok sungguh pesat. Sekalipun terusir dari tanah kelahirannya sendiri, Falun Gong malah tumbuh subur di pelbagai belahan dunia. Ibarat jamur yang tumbuh subur di musim hujan, Falun Gong boleh diberangus di kampung halaman sendiri, akan tetapi di lahan tetangga tetap tumbuh subur. Itulah prolog tentang Falun Gong yang merupakan cara menempa diri untuk memperoleh kemajuan kesehatan fisik dan mental.



Begitu terusir dari kampung halaman sendiri, ternyata Falun Gong diam-diam sudah masuk Indonesia. Aktivitas yang dikerjakan kelompok ini antara lain senam dan meditasi. Selain Jakarta, Yogjakarta, Surabaya, Bali, Medan kini Falun Gong sudah masuk Batam. Ribuan orang telah merasakan manfaat dari latihan ini di antaranya menjadi manusia sejati, sabar dan baik.



Sekali lagi latihan Falun Gong menyangkut latihan mengolah jiwa dan raga. Latihan raga berupa gerakan-gerakan lembut mirip gerakan senam dan meditasi. " Tujuannya mengolah fungsi tubuh ( raga ), membangkitkan energi dalam tubuh, menyerap energi alam semesta dan energi yang terbentuk dalam tubuh, " ujar Then YS, salah seorang praktisi senior Falun Gong yang tinggal di Jakarta sebagaimana dia tuturkan kepada Fajar Pratikto dalam Mind, Body and Soul Intisari beberapa tahun lalu. Sedangkan kultivasi jiwa mempunyai tujuan meningkatkan kualitas moral lewat penyelarasan diri dengan karakteristik alam semesta, yaitu Zhen - Shan - Ren yang diterjemahkan menjadi Sejati - Baik - Sabar.



Sejati lalu dijabarkan menjadi benar, lurus, dan jujur. Baik mencakup kebajikan, suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri sedangkan sabar diartikan penuh toleransi, pengendalian emosi, tahan uji serta mampu melepaskan keterikatan hati. Dengan berlatih Falun Gong diharapkan semua praktisinya meningkatkan standar moral dalam kehidupan sehari-harinya, bertanggungjawab terhadap pekerjaan dan kewajibannya.



Karena perkembangannya begitu pesat sejumlah kalangan menilainya sebagai agama baru, bahkan dituduh sebagai aliran sesat. Jelas Then menolak tegas anggapan ini. " Ini bukan agama, karena dalam prakteknya tidak ada ritual, aktivitas yang ada kaitannya dengan agama. Para praktisi Falun Gong dengan keinginan sendiri berlatih dan belajar bersama. Jika sudah bosan boleh pergi dan datang kembali, " ujarnya.


Warga New Delhi India sedang belajar Falun Gong. Mereka juga mendapatkan brosur pengenalan tentang manfaat Falun Gong.


Selain praktek menyehatkan tubuh sendiri, Falun Gong tidak berpolitik. Praktisi Falun Gong hanya belajar perlunya mematut diri sesuai kriteria tingkat tinggi serta melepaskan keterikatan hati. Karena itu kegiatan Falun Gong jauh dari keinginan untuk berpengaruh, berkuasa dan sebagainya. Pusat pembinaan dan latihan Falun Gong tidak menarik iuran atau sumbangan. Sedangkan para pengajarnya dengan sukarela memberikan pelatihan sampai peserta mendapatkan manfaat kesehatan dan kebugaran tubuh. ( bersambung ).



Sumber : Mind, Body and Soul Intisari Volume 3/2007.

Read More..

MENGEMBANGKAN POTENSI ANDA MELALUI WARNET

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Minggu pagi (1/2/09) menjelang berangkat ke JHCC Senayan untuk liputan Imlek, sehat dengan reiki berkesempatan mampir ke warnet milik tetangga di Komplek Perumahan wilayah Tangerang Banten Timur. Kunjungan ini selain silaturahmi juga ingin mencoba fasilitas warnet yang ditawarkan nya. " Mumpung masih pagi, ayo coba surfing internet ini, koneksinya lelet atau cepat", katanya. Begitu pinta tetanggaku ini sambil mengepulkan asap rokoknya. " Setelah pensiun dari Telkom aku menjalankan bisnis warnet ini", ujarnya setengah promosi sambil mempersilakan sehat dengan reiki mencoba internet.



Pagi itu memang banyak sekali pelanggan yang berkunjung ke warnetnya. Ada 10 anak sedang main game on line, sementara 4 cewek ABG sedang berselancar di Face Book dan Web Site, 2 pria asyik chating. Sambil berselancar di dunia maya sebenarnya ada manfaat apa yang bisa dipetik dari warnet ini. Apa saja manfaat itu? Apakah pengunjung warnet akan mendapat informasi secara cepat? Inilah jawabannya.



Perkembangan iCafe (warnet) di Indonesia semakin hari semakin pesat. Mengapa demikian? Sebab melalui warnet, masyarakat dapat memperoleh berbagai macam informasi secara cepat dan terjangkau. Namun pesatnya perkembangan warnet tidak diimbangi dengan pengetahuan teknologi internet dan komputer yang mumpuni. Untuk mengurangi kesenjangan teknologi tersebut, Microsoft melalui salah satu progamnya yang dinamakan "Unlimited Potential" berupaya memberikan akses dalam lingkup pendidikan dan keterampilan berkomputer lewat pengembangan e-learning.



Melalui progam ini semua orang akan mendapatkan manfaat dari teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mudah diakses, terjangkau dan relevan bagi kebutuhan penggunanya. Oleh sebab itu, Mocrosoft fokus pada upaya pemberian solusi dalam tiga bidang penting yang saling berkait yaitu, transformasi pendidikan, mengembangkan inovasi lokal, dan membuka lapangan kerja serta peluang usaha lain.



Agar keuntungan progam ini dapat dinikmati masyarakat secara luas dan merata, maka warnet dipilih menjadi salah satu medianya. Oleh karena itu, Microsoft dan Multiplus ( yang dikenal dengan jaringan warnet-nya) berkolaborasi memberikan akses untuk beberapa teknologi piranti lunak kepada masyarakat luas. Melalui kerja sama ini, setiap orang dapat mengakses piranti lunak terbaik diantaranya Microsoft Office Suites, Microsoft Students Encarta, Microsoft Forefront, Visual Studio dan Expression Web Studio di dalam warnet.



Microsoft dan Multiplus mengembangkan progam "Bangun Mimpimu" (www.bangunmimpimu.com) dengan menawarkan pelatihan atau e-Learning untuk menggunakan piranti lunak tadi melalui 16 modul yang komprehensif. Sertifikasi resmi dari Microsoft akan diberikan kepada setiap peserta yang berhasil melewati modul tersebut. Sertifikasi ini diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan diri serta meningkatkan karir dalam pekerjaan dan usaha.



Nah bagi Anda yang berkeinginan mengembangkan kemampuan dalam dunia teknologi komputer dapat mengikuti progam ini di seluruh warnet Multiplus. Progam iCafe atau warnet ini memang akan memegang peranan penting bagi bangsa Indonesia. Diharapkan melalui progam ini, Microsoft dan Multiplus akan membantu pemerintah dalam mencetak tenaga kerja yang lebih berkualitas terutama dalam hal penggunaan teknologi komputer.



Ide segar untuk perkembangan jaringan digital internet di masa datang, agar di dalam warnet juga disediakan studio video editing dan recording sekaligus playback hasil editing. Mengingat saat ini untuk merekam gambar dan suara suatu program liputan sudah tidak diperlukan lagi kaset video. Data rekaman sudah terekam dalam hard disk dan tidak perlu lagu capture video yaitu memasukkan data gambar dari player ke harddisk komputer. Selesai liputan lalu diedit dalam format digital di komputer.



Selesai editing audio dan video lalu ditransfer ke server internet di studio lewat jaringan internet, di mana petugas di studio inilah yang akan menyiarkannya dalam format digital, digital SX, mini dv, dividi pro atau betacam SP. Ibaratnya warnet adalah studio berjalan dan bisa ditemui di manapun di perkotaan atau pedesaan. Siapa tahu obsesi ini menjadi kenyataan.

Sumber: Advertorial Microsoft Unlimited Potential. (edited)

Read More..

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.