ON LINE

Followers

WARGA RUMANIA PULANG KAMPUNG.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 28 Februari 2011 0 komentar

Kementerian Pertahanan Rumania mengirimkan dua pesawat hercules militer ke Libya untuk menjemput warga mereka yang terjebak di negara tersebut, Sabtu 26/02 . Warga yang berhasil dievakuasi mengungkapkan kengerian mereka saat menyaksikan kekacauan yang menimbulkan korban jiwa manusia setelah rezim Kaddafi menggunakan kekerasan militer menumpas pengunjuk rasa yang dilakukan rakyat Libya.



Sekitar 100 warga Rumania akhirnya berhasil dievakuasi dari Libya dengan menggunakan dua pesawat hercules. Pesawat pertama membawa 46 warga Rumania dan 10 warga Bulgaria dari Tripoli. Sementara pesawat kedua membawa 50 warga Rumania dan 2 warga Yunani menuju Bucharest, ibukota Rumania.


Warga yang telah berhasil dievakuasi mengungkapkan kengerian mereka terhadap kekejaman rezim Kaddafi terhadap rakya Libya yang memberontak. Tidak sedikit rakyat Libya tewas diberondong tentara yang loyal kepada Kaddafi. Mereka yakin Libya saat ini tengah berada di ambang perang saudara, antara Benghazi yang menuntut Kaddafi mundur dengan Tripoli yang menginginkan Kaddafi tetap berkuasa.


Aksi unjuk rasa besar-besaran di Libya memicu terjadinya eksodus warga asing yang mengakibatkan bandara Tripoli penuh sesak. Sejumlah negara pun telah mengirimkan pesawat dan kapal demi mengevakuasi warganya keluar dari Libya. Rombongan WNI telah tiba di Tunisia Sabtu malam.


Akibatnya situasi krisis dan kekacauan ini sangat dirasakan warga Rumania yang bersiap hendak pulang kampung. Saat berangkat dari kawasan tempat tinggal mereka di Abu Khamas Tripoli, setiap 50 meter tentara dengan senapan otomatis melakukan pemeriksaan ketat dalam perjalanan. Salah seorang warga Rumania bahkan mengalami kekerasan fisik secara langsung.



Di tempat ini ia dipukul tentara karena tak bersedia menyerahkan kartu telepon selularnya saat pemeriksaan. Setelah melalui perjuangan tanpa kenal lelah lepas dari daerah konflik Libya, akhirnya mereka dapat bernapas lega menginjakkan kaki di tanah airnya Rumania.



Sumber : Latin/Romania - Libya Evakuatees.

Read More..

PENGUNJUK RASA LIBYA MENDIAMI GEDUNG PENGADILAN BENGHAZI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 27 Februari 2011 0 komentar

Para demonstran yang menentang pemimpin Libya, Muammar Gaddafi tetap melanjutkan aksinya hingga jatuhnya rezim Gaddafi Sabtu 26/02. Para pengunjuk rasa tetap mendiami wilayah di sekitar Gedung Pengadilan Benghazi, Libya sampai sang pemimpin itu mundur. Salah seorang demonstran, Abdallah Alaamamy menyatakan, pihaknya dan jutaaan orang lainnya akan terus berkemah di wilayah ini.



Jika pemimpin Libya itu masih berkantor, para pengunjuk rasa tidak segan-segan untuk memaksanya keluar. Alaamamy mengungkapkan, ribuan orang tinggal di Tripoli juga akan segera bergabung dengan mereka, bersatu memaksa rezim Gaddafi untuk segera mundur dari tampuk kekuasaan.


Unjuk rasa Libya ( Foto: mailonsunday.co.uk ) Gerakan pro-demokrasi di Libya mengikuti jejak aksi di Tunisia dan Mesir yang berhasil menggulingkan rezim Ben Ali dan rezim Hosni Mubarak.


Benghazi yang menjadi kota kedua di Libya telah jatuh kepada pihak oposisi berbarengan dengan Libya Timur, yang memberontak lebih dahulu awal minggu lalu. Sementara sebelumnya di depan para pendukungnya di pusat kota Tripoli Green Square, Gaddafi menegaskan dirinya akan menghancurkan pihak-pihak yang menentangnya hingga ke akar-akarnya.



Sumber : AP/Libya - Camp Morning.

Read More..

KONDISI LIBYA SAAT INI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 26 Februari 2011 1 komentar

Aksi protes di berbagai wilayah Libya semakin meningkat Jumat, 25/02 . Di kota Benghazi ribuan pengunjuk rasa terus menuntut mundur pemimpin Libya Muammar Khadafi dan Komite Rakyat kini mengorganisir pihak kepolisian untuk menjalankan tata tertib dan pasokan makanan sehari-hari. Sementara di Ibu Kota Tripoli, pemimpin Libya Muammar Khadafi melalui siaran televisi, menuding kelompok yang melakukan aksi pemberontakan terhadap pemerintah Libya ditunggangi Al Qaeda pimpinan Osama Bin Laden.


Ribuan pengunjuk rasa di kota Benghazi, Libya Timur menyanyi, menari-nari sepanjang malam dan terus menggelar aksi protes. Mereka tidak lagi mematuhi seruan pemimpin Libya Muammar Khadafi untuk berhenti demonstrasi. Sebelumnya Khadafi berbicara di televisi menuding pengunjuk rasa terkena halunisasi obat bius.


Seorang tentara di depan gedung yang hangus terbakar di Libia.


Kelompok oposisi yang secara penuh menguasai kota Benghazi telah menahan kelompok pro Khadafi dan mengerahkan warga untuk melakukan pertahanan pagar betis di seluruh kota. Ulama kota Benghazi, Kamal Hussan kini secara terbuka juga mengungkapkan dukungannya terhadap aksi protes.



Seorang pengunjuk rasa, Ali Benamah menyebutkan pasukan militer Libya telah membunuh warga yang berunjuk rasa. Setelah sepekan aksi unjuk rasa dan kerusuhan meluas, kota Benghazi lepas dari kontrol kendali Tripoli dan suatu komite rakyat kini menjalankan pemerintahan sehari-hari demi tata tertib keamanan dan menjamin pasokan makanan.



Sumber : Reuters/Libya - Benghazi Night.

Read More..

TIM PENYELAMAT KORBAN GEMPA BEKERJA.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 25 Februari 2011 0 komentar

Jumlah korban tewas akibat gempa 6,3 skala Richter di Christchurch, Selandia Baru terus bertambah mencapai lebih dari 100 orang. Sementara hingga Jumat, 23/02 lebih dari 200 warga dinyatakan hilang. Tambahan bantuan internasional dari Inggris, China dan Amerika Serikat tiba hari ini sehingga pencarian korban akan terus diperpanjang.



Pemerintah Selandia Baru dan tim penyelamat internasional memiliki sedikit harapan untuk dapat menemukan korban selamat sejak gempa yang terjadi tiga hari lalu yang melanda Christhchurch. Hingga hari ini korban tewas mencapai 103 orang. Tim bantuan dari negara-negara yang rawan gempa seperti Jepang, Taiwan dan Amerika Serikat menggunakan anjing pelacak dan menurunkan mikropon ke dalam tumpukan puing-puing untuk menggali dan mencari tanda-tanda kehidupan setelah gempa 6,3 skala Richter melanda wilayah itu.



Petugas bantuan menggali korban yang luka parah dari reruntuhan. Banyak diantara mereka mengalami luka berat dan masih terdengar teriakan meminta bantuan dari bawah reruntuhan.

Diantara korban terdapat para penumpang bis yang hancur akibat tertimpa reruntuhan gedung yang berterbangan.

Gempa bumi ini juga menyebabkan kerusakan pada Katedral Christchurch yang terkenal. Satu menaranya runtuh.

Lebih dari 100 orang diduga tewas terkubur di reruntuhan gedung Canterbury TV (CTV) di Christchurch, Selandia Baru.


Ratusan tim penyelamat bekerja keras selama tiga malam dalam pencarian orang-orang terjebak di reruntuhan bangunan gedung bertingkat yang telah ambruk rata dengan tanah. Penyelamat bekerja di bawah ancaman karena diperkirakan sebuah menara hotel 26 lantai menyusul runtuh dan akan merobohkan bangunan lainnya di dekatnya.



Lebih dari setengah jumlah korban tewas berasal dari bekas gedung Canterbury Televisi yang hancur. Sebuah sekolah bahasa Inggris untuk mahasiswa asing juga telah menjadi makam. Di dalam gedung lebih dari 50 mayat ditarik keluar dari puing-puing dan banyak lagi diperkirakan masih terperangkap di dalamnya. Pertanyaannya....apakah masih ada tanda-tanda kehidupan bagi yang terperangkap di dalam gedung yang runtuh ini?



Sumber : AFP/Reuters/New Zealand - Morning News. Photo by : BBC Gallery.

Read More..

GEMPA BUMI MELANDA CHRISTCHURCH SELANDIA BARU.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 23 Februari 2011 0 komentar

Indonesia negara kepulauan yang terletak di ring api sudah sering mengalami gempa bumi yang tidak sedikit memakan korban jiwa dan harta. Contoh nyata gempa bumi dan tsunami di Aceh tahun 2004 lalu sampai kini masih menjadi ingatan rakyat Indonesia sebagai peristiwa alam yang luar biasa karena dibarengi dengan tsunami setelah gempa menggoyang daratan Aceh. Trauma tentu saja masih menggores pada diri keluarga korban yang mendapatkan keluarga yang dicintainya telah meninggal dunia karena peristiwa alam ini.



Demikian halnya yang terjadi Selasa 22/02 kemaren dimana gempa bumi berkekuatan 6,3 skala Richter mengguncang kota terbesar kedua di Selandia Baru, Christchurch. Dalam gempa yang terjadi kemaren itu telah mengakibatkan sejumlah ruas jalan retak dan gedung-gedung bertingkat ambruk rata dengan tanah, termasuk salah satu gereja katedral terkemuka di Selandia Baru. Kota berpenduduk 350 ribu jiwa itu kini porak poranda di mana puing-puing bangunan gedung bertingkat berserakan memenui areal kota.



Perdana Menteri Selandia Baru John Key mengatakan sedikitnya 75 orang tewas dalam bencana terburuk di Selandia Baru sepanjang 80 tahun terakhir ini. " Ini adalah hari paling menyedihkan di Selandia Baru dan korban terus bertambah," kata John kepada media asing seraya bergegas menuju lokasi bencana seusai menggelar rapat kabinet darurat beberapa jam paska gempa. Laporan korban terus berdatangan karena gempa terjadi di saat jam tersibuk di Christchurh, saat warga tengah makan siang sekitar pukul 12.51 waktu setempat.


Gempa bumi kuat melanda kota Christchurch yang terletak di Pulau Selatan, Selandia Baru.

Perdana Menteri John Key mengatakan jumlah korban tewas yang diketahui mencapai 75 orang. "Kita kemungkinan besar mengalami hari terburuk di New Zealand", ujarnya.

Banyak warga yang masih terjebak di bawah reruntuhan gedung. Pemerintah Selandia Baru menyatakan keadaan darurat.


Nathaneal Boehm, warga Christchurch yang sedang berdiri di dekat jalur trem ketika gempa terjadi, menuturkan, " Kondisi sangat mencekam. Orang-orang tertimpa reruntuhan bangunan. Tubuh mereka tertutup puing-puing yang beratnya berton-ton. Sebagian dari mereka meninggal seketika," katanya. Melihat kondisi bangunan yang roboh menandakan gempa ini cukup dahsyat.



Karena itu walikota Christhchurch Bob Parker menetapkan status darurat dan memerintahkan warga mengungsi ke tempat penampungan sementara di balai kota. Ia menyatakan lebih dari 100 orang masih terperangkap di bawah reruntuhan bangunan, termasuk 12 mahasiswa Jepang yang tengah studi banding di Selandia Baru. Pusat Survey Geologi Amerika Serikat menyebut pusat gempa berada 5 kilometer dari Christhchurch dengan kedalaman 4 kilometer. Gempa terjadi dua kali dalam kurun waktu 2 jam.



Sumber : AFP/AP/Reuters/Gambar : Galeri Foto BBC.

Read More..

BERJALAN KAKI SEHAT.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 19 Februari 2011 0 komentar

Manfaat olahraga berjalan kaki sudah banyak diulas oleh para ahli kedokteran olahraga ditinjau dari medis kesehatan. Tak pelak lagi kegiatan murah meriah ini selalu meninggalkan jejak kenangan tersendiri bagi pelakunya. Bagi orang yang hobi olahraga pagi hari tentu tidak akan melewatkan untuk menggerakkan badan, mencari cucuran keringat milik sendiri dengan aktivitas gratis hanya bermodalkan kemauan untuk hidup sehat, yaitu olahraga jalan kaki sambil menghirup udara jernih di pagi hari.



Itulah yang saya lakukan dengan menyusuri jalan Slamet Riyadi Solo di hari Minggu tanggal 23, 29/01/11 dan tanggal 6/02. Olahraga jalan kaki ini sekaligus bernostalgia bersama teman sekampung yang masih setia tinggal di Solo untuk sama-sama berjalan kaki, sembari tentu saja....mencicipi nasi liwet khas Solo dan Soto Kwali dekat pengkolan rel kereta api Purwotomo setelah menempuh jarak 8 kilometer pulang pergi.



Rute sejauh kurang lebih empat kilometer mulai dari perempatan Purwosari hingga perempatan Gladak di Solo Timur cukup ditempuh dalam waktu 1 jam. Balik kembali dari Gladag hingga Purwosari kurang lebih 1 jam..itupun jalan cepat dan sedikit ngoyo mengingat pukul 9 pagi jalan Slamet Riyadi akan dibuka kembali untuk lalu lintas umum yang berarti car free day di Minggu pagi untuk Solo segera berakhir. Sampai di Gladak sudah banyak peserta jalan kaki melakukan senam sehat bersama yang dipandu oleh instruktur senam.


CAR FREE DAY - Warga menggunakan Jl Slamet Riyadi, Solo untuk melakukan senam ditengah jalan saat pelaksanaan Car Free Day, setiap Minggu pagi. Car Free Day juga dimanfaatkan sebagain warga Solo untuk berolahraga lainnya, seperti bersepeda, jalan kaki, bulutangkis serta berbagai permainan tradisional seperti gobak sodor, engklek dan umbul gambar wayang. Foto : Agus Rudianto.


Sambil menikmati riuhnya senam bersama di aspal badan jalan Slamet Riyadi, saya sempatkan untuk sedikit merenung tentang manfaat jalan kaki sehat yang sekarang ini saya geluti dan ternyata memberikan manfaat luar biasa bagi kebugaran dan kesehatan badan. Sejak menjadi Praktisi Reiki G'Tummo sejak tahun 2003 kebutuhan olahraga harus terus dilakukan sekalipun praktisi reiki sudah tahu cara mempertahankan kebugaran dan kesehatan tubuh, sekaligus tentu saja mempraktekkan reiki untuk penyembuhan penyakit milik orang lain. Kebetulan Minggu pagi 6 Pebruari 2011 Perwakilan Waskita Reiki PPA Solo juga sedang mengadakan bakti sosial penyembuhan Reiki sekaligus Lokakarya Reiki G'Tummo yang mengambil tempat di Hotel Tipes.



Lantas manfaat jalan kaki ditinjau dari kesehatan Mind, Body and Soul versi Penyembuhan Tradisi Tiongkok kuno itu apa manfaatnya? Sebagaimana dikemukakan oleh Redaksi Buletin Inti Reiki yang mengulas manfaat jalan kaki sehat, ternyata manfaat jalan kaki akan menyehatkan energi pada elemen ketiga api, yaitu melancarkan pencernaan, serta melancarkan aliran darah pada pembuluh darah arteri dan vena. Berjalan kaki juga menyehatkan sirkulasi energi tubuh pada elemen kedua yaitu Air. Elemen ini menguatkan otot dan menyehatkan ginjal.



Selain itu berjalan kaki juga menyehatkan energi pada elemen pertama Bumi, yaitu menguatkan tulang. Sebelum mulai berjalan kaki, sebaiknya minum air putih yang cukup. Berikut ini Indeks Manfaat dari berjalan kaki yang bersumber dari website 5 elemen dimana pengukuran indeks elemen dilakukan oleh penulisnya yaitu Bapak Aleysius G. Adapun Indeks Manfaat dari berjalan kaki adalah :



(1 ) Berjalan kaki 5 menit maka indeks manfaat untuk elemen Api = +5, elemen Air = +5 dan elemen Bumi =+5.

(2) Berjalan kaki 10 menit maka indeks manfaat =+10.

(3) Berjalan kaki 15 menit maka indeks manfaat =+15.

(4) Berjalan kaki 20 menit maka indeks manfaat =+20.



Setelah berjalan kaki terus menerus selama 20 menit sebaiknya istirahat dahulu selama 5 sampai 10 menit untuk memulihkan tenaga. Jika olahraga ini rutin dilakukan seminggu minimal 3 kali untuk waktu 1/2 jam hingga 1 jam dengan jarak 5 km saja, kelenturan otot, kesehatan jantung dan sirkulasi darah Insya Allah akan lancar. Syukur....jika Anda semua...sahabat sehat bersama Waskita Reiki mau meluangkan waktu sejenak untuk olahraga ini dijamin tubuh akan selalu bugar. Manfaatkan tubuh energi Anda yang sudah match dengan energi reiki menyerap hijaunya dedaunan di sepanjang rute Anda berjalan kaki, untuk kesehatan mata dan kulit. Kuncinya cuma satu....berikan affirmasi reiki untuk menyerap energi hijau daun. Salam.....



Sumber : Buletin Inti Reiki Nopember 2010 ( diedit ).

Read More..
|
| edit post

KUNYIT OBAT STROKE.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Manfaat dari kekayaan alam Indonesia diteliti di Amerika Serikat menyebutkan salah satunya, obat yang ramuannya mengandung kunyit berkemungkinan memulihkan kondisi tubuh yang rusak karena stroke. Peneliti dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, AS...kini sampai pada persiapan untuk melakukan pengujian obat tersebut kepada manusia. Setelah percobaan pada kelinci memberikan hasil memuaskan, obat tersebut ternyata bekerja pada sel-sel otak dan bisa mengurangi masalah pada gerak dan otot.


Kunyit yang mengandungi 3% lemak, 30% karbohidrat, 8% protein, vitamin C dan garam-garam mineral seperti besi dan kalsium. Zat inilah yang menjadikan kunyit begitu bermanfaat bagi tubuh manusia.

Menurut pihak Asosiasi Stroke, hasil tersebut merupakan hasil signifikan pertama kali dicapai yang mengindikasikan bahwa komposisi obat tersebut bisa membantu pasien stroke. Kunyit antara lain telah digunakan sebagai obat tradisional selain oleh Indonesia juga suku Ayurvedic yang tinggal di India. Studi laboratoriom menunjukkan, zat curcumin memiliki berbagai manfaat. Namun, curcumin tidak bisa lolos dari penghalang darah ke otak ( blood brain barrier ) yang melindungi otak dari molukel-molukel beracun.

Tim peneliti dari AS tersebut melaporkan penemuan itu pada sebuah konferensi tentang stroke. Mereka memodifikasi curcumin menjadi versi CNB - 001 yang bisa menembus penghalang tadi. Dari percobaan pada kelinci tersebut ditemukan, obat tersebut efektif hingga tiga jam setelah stroke terjadi pada manusia. Hal ini sama dengan batas waktu efektif dalam pengobatan stroke yang sekarang ini berlaku.

Sumber : BBC/ISW Kompas.

Read More..

KOMUNIKASI KEPADA DIRI SENDIRI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 17 Februari 2011 0 komentar

Perjalanan hidup kita selama ini tentu tidak akan lepas dari perasaan negatif dan positif dalam segala hal. Akan tetapi jauh menjadi lebih baik apabila segala prasangka jelek dari pikiran negatif kita buang jauh-jauh dan mengalihkannya menjadi pikiran positif agar hidup tidak menjadi beban tanpa berkesudahan. John Demartini sebagaimana ditulis oleh Psikolog Amelia Hirawan di Mind, Body and Soul Intisari, mengatakan bahwa rasa cinta serta rasa syukur akan melarutkan semua perasaan negatif dalam hidup.



Jika rasa cinta dan perasaan syukur telah ada dalam diri ini, maka alangkah indahnya bila setiap jengkal langkah kita akan menuju langkah positif dalam hidup ini. Karena itu lah dalam praktek transfer energi reiki di kelas saat bakti sosial reiki untuk penyembuhan, moderator seminar akan membimbing peserta meditasi agar menghilangkan perasaan dendam, dengki, hasut, iri hati, culas, mau menang sendiri dan segudang perasaan negatif dalam diri untuk dibuang jauh-jauh seiring membuang napas.



Sedangkan di saat menarik napas panjang, membayangkan energi positif warna putih bersih masuk tubuh lewat chakra mahkota dan membersihkan bagian per bagian tubuh mulai dari kepala hingga kedua telapak kaki, lalu energi kotor dari pikiran dan perasaan negatif tadi dibuang keluar masuk bumi tanpa mengganggu kehidupan mahkluk lain. Demikian berulang-ulang seiring tarik dan buang napas panjang, memvisualkan diri ini sebagai sebuah kolam ikan yang airnya kotor lalu dibuang keluar dan menggantinya dengan air bersih lewat pancuran air yang terus menerus mengucur masuk kolam.



Jika perasaan membuang pikiran dan perasaan negatif ini dihayati dengan santai, tenang, tidak konsentrasi dan pasrah seutuhnya, maka banyak peserta meditasi transfer energi akan larut dalam kesedihan bahkan tidak sedikit yang meneteskan air mata. Out put dari kondisi ini, maka perasaan yang mengganjal dalam diri ini akan hilang dan digantikan dengan perasaan lega dalam dada. Terkadang ada peserta yang berteriak histeris tanpa sadar saat akhir transfer energi reiki akan diakhiri dalam ruang kelas.



Kenapa dalam transfer energi tadi terjadi hal demikian? Sebab di saat melakukan meditasi menerima transfer energi reiki, peranan pikiran masing-masing peserta digiring untuk masuk ke area sugestif. Dapat digambarkan secara umum....masih menurut Amelia Hirawan, menyatakan secara umum pikiran manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu sadar ( conscious ) dan tidak sadar ( unconscious ). Di antara pikiran sadar dan pikiran tidak sadar, terdapat bagian otak yang disebut area kritis.



Area kritis inilah yang merupakan area sugestif masing-masing peserta untuk diberi sugesti positif agar mau menghilangkan rasa dendam berkepanjangan, iri hati, culas, mau menang sendiri, was-was, trauma negatif dan sebagainya dengan kalimat affirmasi positif yang diucapkan pelan-pelan sehingga masuk ke dalam alam bawah sadarnya. Saat area sugestif diberi affirmasi positif, maka gelombang otak manusia pada umumnya berada pada kisaran 8 - 12 Hz masuk gelombang otak alfa.



Pada kondisi gelombang otak alfa maka kondisi energi gelombang otak lebih besar. Sebab itu lah semua informasi yang ditanamkan ke dalam alam bawah sadarnya akan lebih efektif seperti halnya saat menanamkan informasi lewat hipnosis. Selain itu emosi yang intens juga merupakan cara ampuh untuk menanamkan informasi pada area kritis ini. Contohnya, orang yang sedang frustasi, jika ia terus menerus larut dalam kesedihan, ikut larut memikirkan kesedihan orang lain misalnya...saat menonton sinetron yang mengumbar kesedihan, bukan tidak mungkin ia akan terjebak dalam lingkaran emosi frustasi tanpa ending.



Agar keluar dari masalah ini, seseorang harus berusaha lepas dari kondisi ini dan mengalihkannya kedalam kondisi yang lebih baik, berpikiran positif dan menyadari bahwa inilah ujian dalam hidup dan semua orang, suka atau tidak suka pasti pernah mengalami termasuk psikolog atau penulis blog ini. Karena itulah jika kita menyadari bahwa perasaan negatif yang terus menerus muncul akan mengakibatkan perilaku dan kondisi negatif pula. Sebaliknya dengan perasaan positif maka perilaku positif pula yang akan didapat. Karena itulah sebenarnya energi mengikuti pikiran. Dengan kata lain pikiran seseorang sejalan dengan perasaan yang sedang dia rasakan.



Setiap kejadian dalam hidup ini, bila disertai dengan intensitas emosi yang tinggi, baik emosi positif maupun negatif, akan sangat membekas pada pikiran bawah sadar. Dengan intensitas emosi tinggi, mari kita raih ketenangan dan kebahagiaan dengan berfokus pada satu emosi positif saja. Dalam praktek jika kita sedang berselisih beda pendapat dengan orang lain, sifat memaafkan ( forgiveness ) sangat diyakini menghasilkan energi positif tinggi.



Level energi yang lebih tinggi adalah understanding alias pengertian dalam segala hal yang terjadi dalam hidup ini. Emosi yang menghadirkan rasa hormat ( reverence ) akan menghasilkan energi positif yang lebih tinggi. Ketiga emosi mulai dari forgiveness, understanding lalu reverence menjadi rasa sukur dan pasrah menerima apa adanya dalam hidup ini sehingga membuat seorang mempunyai level energi yang sangat tinggi.



Boleh jadi level energi tinggi merupakan modal untuk membuat kita lebih peka terhadap aspek lain dalam kehidupan. Jika sudah demikian halnya, mudah-mudahan kita jauh lebih mudah mencapai keseimbangan hidup dan kesehatan yang menyeluruh atau orang lain sering menyebutnya holistik. Seseorang bisa lebih merasa sehat jika mengetahui rahasianya dan tidak semua manusia tahu caranya. Karena sesuatu yang pas atau cocok belum tentu cocok untuk orang lain.



Setiap manusia unik dan bersifat pribadi. Termasuk cara berkomunikasi dengan diri sendiri ( self talk ). Kembali ke masalah sehat, salah satu rahasianya adalah melakukan self healing apakah dengan reiki atau non reiki, lalu dibarengi dengan self talk ( affirmasi ) setiap kali melatih meditasi atau reiki agar alam bawah sadar kita merespon kalimat positif bahwa hidup akan lebih nikmat jika badan kasar ini juga sehat. Di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Jiwa sehat adalah manifestasi pikiran positip dan selalu membuang pikiran negatif dalam angan-angan atau tindakan nyata yang dapat merugikan orang lain.



Sumber tulisan : Mind, Body and Soul Intisari dan Praktek Reiki Pribadi.

Read More..

CARA KERJA PIKIRAN MENERIMA INFORMASI ( 2 ).

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 16 Februari 2011 0 komentar

Melihat komposisi kontribusi yang tidak seimbang antara pikiran bawah sadar dan pikiran sadar dengan perbandingan 88% : 12%, maka dapat dikatakan bahwa manusia nyaris menjadi makhluk bawah sadar. Mungkin banyak hal yang sebenarnya tidak kita inginkan dalam pikiran, tetapi sudah terlanjur masuk ke dalam pikiran bawah sadar dikarenakan banyaknya induksi dalam hidup ini.



Contoh konkret dari peranan pikiran bawah sadar yang begitu dominan dalam praktek seandainya seseorang sedang sakit. Pada saat tubuh fisik merasa kurang sehat, sebaiknya jangan membicarakan apalagi merasakannya. Kelihatannya sungguh kejam perangai ini bila untuk sakit saja kita dilarang membicarakan apalagi mengeluhkannya baik dalam hati sendiri ataupun di sharing kepada orang lain.



Kembali kepada daya kerja otak manusia yang bersifat pengulangan atau play-back atas sesuatu, semakin sering kita memikirkan pikiran-pikiran negatife, maka itulah perwujudannya. Sebaliknya jika kita berusaha berpikiran positif maka output nya pun positip. Misalnya jika sedang sakit alias tidak enak badan, sebaiknya membiasakan diri dalam pikiran kita untuk mengulangi sesering mungkin kalimat, " Saya sehat, saya merasa sehat, saya bebas kecemasan dan ketakutan rasa sakit."



Kebalikannya contoh sederhana penggunaan kata-kata dan pikiran negatif seperti jangan. Secara tidak sadar kita sering mengatakan kepada anak kita, " Jangan lari-lari nanti jatuh, jangan memanjat pohon nanti jatuh, jangan nonton televisi terlalu dekat nanti matamu sakit." Padahal jika kita ingin melarang sesuatu kepada anak alangkah baiknya membiasakan diri mengucapkan kaliamat, Nak...larinya pelan-pelan saja ya? Hati-hati memanjat pohon ya? Sebaiknya menonton televisi agak jauh saja ya?



Sudah barang tentu setiap orang berhak mempunyai keinginan untuk selalu bergerak maju, rajin, sukses, kaya, semangat, bahagia apalagi sehat. Tetapi di sisi lain sering kali yang terjadi justru keinginan tadi itu ditarik ke arah kebalikannya untuk mundur oleh pikiran bawah sadar kita. Pikiran bawah sadar dapat menjadi kekuatan yang mendukung keinginan, atau sebaliknya dapat menjadi musuh nyata yang paling kuat diri kita.



Dalam praktek bisakah kita memperdayakan pikiran yang sudah terlanjur ada di dalam pikiran bawah sadar tanpa kita sadari untuk kembali menjadi pikiran sadar? Bisakah kita memasukkan hal-hal positif ke dalam pikiran bawah sadar sehingga pikiran bawah sadar akan bergerak selaras dengan keinginan positif kita? Jawabannya bisa apabila Anda sudah mahir mengolah energi positif khususnya dalam praktek inti reiki. Kunci dalam praktek inti reiki dalam kehidupan sehari-hari adalah relaksasi, afirmasi kalimat positif sebagai sugesti dan selanjutnya memvisualkan keinginan ditambah memanfaatkan energi-energi yang sesuai dengan tujuan sasaran Anda.



Sumber tulisan : Buletin Inti Reiki Nopember 2010 oleh Harlianto ( diedit ).

Read More..

CARA KERJA PIKIRAN MENERIMA INFORMASI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Kita adalah apa yang kita pikir dan rasakan. Jika positip maka yang akan muncul adalah pikiran dan perasaan positip, yang akan mengakibatkan perilaku dan kondisi positif pula. Salah satu kunci keberhasilan kita adalah mampu berkomunikasi kepada diri sendiri ( self talk ). Bagaimana caranya melakukan dengan tepat?



Demikianlah Amelia Hirawan seorang psikolog dan praktisi neuro linguistic programing ( NLP ) yang tinggal di Semarang menulis prolog dengan judul Ambil Yang Positif, Buang Pikiran Negatif dalam serial Mind, Body and Soul Intisari yang terbit beberapa tahun lalu, masih relevan dengan kondisi sekarang ini di mana tingkat pikiran yang semrawut akan mempengaruhi susana hati seseorang.



Tentu saja pikiran seseorang sangat erat dengan segala informasi yang masuk ke dalam otaknya. Untuk memahami masuknya informasi kedalam pikiran mungkin sebaiknya kita mencoba untuk mencari tahu, apakah mekanisme yang terjadi di balik setiap tindakan manusia? Berbagai kejadian dalam hidup sehari-hari yang sebetulnya sangat mirip dengan pertunjukan hipnotis, yaitu bagaimana seseorang dapat melakukan tindakan yang tidak masuk akal dapat dijelaskan dengan baik apabila seseorang sudah mengenal istilah psikologi.


Otak kita sebagai modal dan karunia yang luar biasa dari Tuhan YME, mampu menyimpan sekitar 800 informasi per detik selama rata-rata 75 tahun hidup manusia tanpa pernah merasa lelah. Oleh karena itu, jika sebuah komputer dirancang untuk menyamai potensi kekuatan otak manusia, dibutuhkan komputer seukuran sebuah gedung bertingkat setinggi 400 meter atau pernah juga disamakan dengan komputer seukuran lapangan bola dan membutuhkan lebih dari 1.000.000.000 watt daya listrik untuk menjalankannya.


Manusia sebagaimana ditulis oleh Rekan Harlianto Inti Reiki, sebenarnya bertindak dengan dilandasi pikiran. Salah satu model psikologi menjelaskan bahwa pikiran manusia terdiri dari bagian utama, yaitu ( 1 ) Pikiran Sadar disebut Conscious Mind dan ( 2 ) Pikiran Bawah Sadar disebut Sub - Conscious Mind. Lalu apa pikiran sadar dan pikiran bawah sadar?



Pikiran sadar merupakan bagian dari pikiran manusia yang bertugas untuk melakukan analisa dan pertimbangan-pertimbangan rasional dan sering disetarakan dengan bagian kiri dari otak manusia ( Left Brain ). Sedangkan pikiran bawah sadar berisikan data base yang mencerminkan diri kita di mana database ini merupakan akumulasi dari berbagai pemahaman, penalaran, pengalaman, bahkan penularan pikiran karena induksi pihak lain, sejak manusia lahir sampai hidup hari ini.



Pikiran bawah sadar seringkali disetarakan dengan bagian kanan otak manusia ( Right Brain ). Oleh karena itu pikiran bawah sadar masuk wilayah yang didominasi oleh rasa dan emosi. Yang paling menarik pikiran bawah sadar cenderung bersifat netral terhadap data dan atau informasi yang masuk ke dalam otaknya.



Netral artinya tidak mengenal baik dan buruk, salah atau benar. Suatu data yang berhasil masuk ke dalam pikiran bawah sadar akan diterima apa adanya dan tidak akan dipilah-pilah mana yang benar mana yang salah. Data ini bersifat permanen sifatnya dan dianggap suatu kebenaran, walaupun mungkin sebenarnya data tersebut relatif salah berdasarkan kaidah umum.



Contoh klasik yang biasa ada di sekitar kehidupan kita sehari-hari misalnya, saat kita kecil sering orangtua mengatakan ( entah bergurau, serius atau setengah serius ) perkataan, " Awas jangan main jauh-jauh dari rumah, nanti kamu diculik hantu sawah". Atau, " Awas jangan memanjat pohon tinggi-tinggi, nanti jatuh, " maka pikiran bawah sadar yang polos milik sang anak akan menangkap energi suara dari perkataan itu apa adanya dan tidak membantahnya apakah perkataan itu benar atau salah.



Sang anak akan selalu menurut bahwa perkataan orang tua pasti benar adanya, maka sejak saat itu di dalam pikiran bawah sadar anak terdapat data yang telah terekam, bahwa hantu itu ada, naik pohon tinggi pasti akan jatuh dan sebagainya. Hal lain yang tak kalah menarik dari pikiran ini, bahwa ternyata porsi pikiran bawah sadar manusia ternyata sangat dominan dalam menentukan tindakan seseorang.



Sebuah buku yang berjudul Peace of Mind dari Sandy Mc Gregor menyatakan bahwa kontribusi Pikiran Sadar hanyalah 12%, sedangkan kontribusi pikiran bawah sadar adalah 88%. Jelas sekali perbedaannya bahwa pikiran rasional tidaklah cukup untuk mewujudkan suatu tindakan. Karena rasional adalah tugas dari pikiran sadar yang hanya berperan sebanyak 12% untuk melakukan tindakan. ( bersambung )



Sumber : Buletin Inti Reiki Nopember 2010 oleh Harlianto. ( diedit )

Read More..

KOMODO BERASAL DARI MANA?

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 11 Februari 2011 0 komentar

Siapa saja yang pernah datang ke kebun binatang pasti pernah mengenal nama komodo. Menurut sejarah kepurbakalaan, komodo telah hidup di hutan-hutan di Indonesia sekitar 700.000 tahun lalu. Berperawakan besar, bertenaga kuat dan agresif, para komodo ini merupakan rajanya dunia perkadalan.



Awalnya komodo diduga berasal dari Australia sebelum bermigrasi ke Indonesia. Namun dengan ditemukannya jejak-jejak komodo kuno di Afrika, beberapa waktu lalu ternyata meruntuhkan dugaan tersebut. Binatang vertebrata Afrika yang berusia sekitar 30 juta tahun itu terkait dengan komodo yang masih hidup saat ini dan juga 50 jenis kadal lain dari genus Varanus.



Ketika jenis kadal kuno tersebut hidup di Afrika, benua itu masih dikelilingi lautan dan betul-betul terputus dari daratan yang menghubungkannya dengan benua lain, apakah itu Asia, Eropa ataupun Indonesia. Jejak kadal Afrika ditemukan di sebuah wilayah yang dulunya merupakan danau. Temuan ini menunjukkan bahwa komodo merupakan perenang tangguh, seperti juga turunannya yang ada saat ini.


Komodo (Varanus komodoensis) selaku " penguasa di Pulau Komodo " merupakan kadal terbesar yang panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya sekitar 70 - 90 kg. Satwa ini hanya terdapat di Nusa Tenggara di Pulau Komodo, Padar dan Rinca serta beberapa pulau kecil di selat antara Sumbawa dan pesisir barat serta utara Flores. Komodo senang tinggal di dalam liang-liang tanah, kadang di bawah batu atau susunan akar pohon. Reptil ini dapat bergerak dengan cepat / lari dengan perut tanpa menyentuh tanah tapi juga dapat berenang di air.


Melihat penampilannya di Pulau Komodo saat ini, ternyata kadal kuno-kadal kuno itu panjangnya sekitar 1,5 meter. Mereka diduga hanya berenang untuk jarak pendek. Namun kemungkinan binatang ini bisa menyeberangi lautan tetaplah terbuka. Yang pasti upaya untuk mengungkap misteri migrasi komodo yang sampai ke Indonesia masih terus berlanjut meninggalkan jejak misteri yang belum terpecahkan sampai saat ini.



Sumber : GeoWeek Kompas.

Read More..

BUNGLON TARZAN HUTAN MADAGASKAR.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Madagaskar penghasil cengkeh dunia bukanlah pulau tempat tinggal tokoh Tarzan ciptaan Edgar Rice Burroug. Buku Tarzan demikian pula filmnya dengan latar belakang hutan Afrika itu hanyalah rekaan sang pengarang. Namun di samping ada Tarzan, pulau ini ada pula bunglon Tarzan yang bisa ditemukan di wilayah tertentu di hutan yang terletak di Madagaskar.



Bunglon Tarzan merupakan spesies baru dari bunglon yang baru-baru ini ditemukan di hutan liar yang oleh penduduk setempat disebut Hutan Tarzan. Hutan itu terletak di dekat Ambodimeloka, sebuah desa yang sampai sekarang dikenal sebagai Desa Tarzan. Para peneliti menamakan binatang reptil itu Columma Tarzan.



Pemakaian kata tarzan semata-mata untuk membangkitkan kesadaran konservasi masyarakat sehingga berbagai spesies yang ada di hutan itu tak terancam punah kehidupannya. Bunglon tarzan berbeda dengan jenis bunglon lainnya karena hidungnya yang rata dan berbentuk seperti sekop.


Madagaskar merupakan rumah bagi 40 persen spesies bunglon yang dikenal dunia, termasuk jenis yang terbesar dan terkecil. Sembilan dari spesies baru Calumma, genus di mana bunglon Tarzan diklasifikasikan, telah dideskripsikan dalam 15 tahun ini terancam punah kehidupannya.


Tidak diketahui bagaimana binatang sepanjang 13 cm itu bisa hidup di hutan Madagaskar. Namun tim peneliti menemukan ada sekitar 60 bunglon tarzan di wilayah itu. Binatang unik ini akan dimasukkan ke daftar internasional binatang yang terancam punah.



Sumber : GeoWeeks Kompas.

Read More..

BAHAGIA DAN SEHAT.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 08 Februari 2011 0 komentar

Anda ingin bahagia dan panjang usia? Jawabnya sederhana dan mudah. Nikmati hidup! Dan kalau perlu sesekali jangan melakukan apa pun. " Dolce far niente. The sweetness of doing nothing. Jangan meniru orang Amerika yang serba ambisius dan dikejar-kejar target."



Wejangan itu muncul dalam film Eat Pray Love yang dibintangi Julia Roberts ketika ia sedang berlibur ke Italia. Roberts memerankan Elizabeth Gilbert, penulis buku yang kisah pencariannya diangkat dalam film tadi. Film ini sempat amat ditunggu-tunggu penonton Indonesia itu karena, selain mengambil setting di Italia dan India, juga mengambil setting Bali.



Judul tulisan di atas ini diambil dari laporan utama majalah triwulanan Harvard Public Health Review edisi Winter 2011 sebagaimana ditulis Irwan Julianto dari Kompas dalam kolom laporan Iptek, Rabu 2/02/2011. Selanjutnya laporan itu menyatakan benarkah suasana hati yang sedang senang ( good moods ) adalah obat yang mujarab?



Dapatkah penampilan yang ceria membuat Anda jarang terserang penyakit jantung? Apakah harapan dan rasa ingin tahu melindungi kita dari hipertensi, diabetes dan infeksi saluran napas? Betulkah orang-orang yang lebih bahagia akan hidup lebih panjang umurnya dan jika demikian, mengapa? Itulah contoh pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peneliti yang mengeksplorasi bidang baru kesehatan masyarakat yang terkadang masih kontroversial semisal mendokumentasi dan memahami kaitan antara emosi positif dan kesehatan yang baik.



Sejauh ini sudah teramat banyak kepustakaan dan penelitian tentang bagaimana tentang bagaimana emosi negatif membahayakan tubuh kita. Amarah kronis dan kecemasan dapat mengganggu fungsi jantung dengan mengubah stabilitas elektrik jantung, mempercepat atherosklerosis ( penyumbatan pembuluh nadi ) dan meningkatkan peradangan ( inflamasi ) sistemik.



Menurut psikiater sosial dr. Nalini Muhdi SPKJ dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, memang banyak kepustakaan dan publikasi ilmiah tentang kaitan antara emosi negatif dan kesehatan. Salah satunya adalah buku teks psikiatri Psychosomatic Medicine yang ditulis Michale Blumenfield ( 2006 ) yang juga membahas kondisi mental-emosional yang meningkatkan penyakit serangan jantung.



Depressi misalnya dapat meningkatkan kadar C-reactive protein ( CRP ) dalam aliran darah yang berkaitan dengan inflamasi atau penggumpalan atau koagulasi darah. Amarah selain meningkatkan tekanan darah juga diidentifikasi sebagai salah satu pemicu yang paling lazim dan paling menentukan bagi munculnya myocardial ischemia ( berkurangnya suplai darah ke otot jantung ) dalam aktivitas harian.



Stress dan rasa waswas yang kronis dapat mempengaruhi sistem biologi dalam tubuh kita sedemikian rupa sehingga menjadi pemicu penyakit jantung, stroke dan diabetes. Penyebabnya karena orang yang mengalami stres serius terbukti mengalami peningkatan kadar kolesterol dan gula darah. Ini menurut dr. Nalini terbukti dari studi terhadap para pasien yang menghadapi operasi besar yang biasanya tegang dan cemas.



Untunglah Laura Kubzansky, guru besar Harvard School of Public Health ( HSPH ) menyatakan, "Emosi-emosi negatif hanyalah separuh dari persamaan. Tampaknya ada manfaat kesehatan mental yang positif yang membuat Anda tidak mengalami depresi. Apa itu? masih sebuah misteri. Namun jika kita memahami rangkaian proses yang terlibat, kita akan memiliki wawasan tentang bagaimana kesehatan bekerja."



VITALITAS EMOSIONAL



Kubzansky adalah satu peneliti utama yang mengikuti kesehatan lebih dari 6000 pria dan perempuan berusia 25 - 74 tahun selama 20 tahun. Ia menemukan, misalnya, vitalitas emosional - rasa antusias, berpengharapan, kegairahan dalam hidup ( elan vetalea ) dan kemampuan menghadapi tekanan kehidupan - terbukti turunkan risiko penyakit jantung koroner. Effek protektifnya amat nyata dan dapat diukur, kendati sudah memperhitungkan variabel perilaku, seperti tak merokok dan melakukan latihan fisik teratur.



Di antara lusinan makalah yang sudah dipublikasikan HSPH sejak tahun 2007, Kubzansky juga memaparkan bahwa anak-anak yang dapat tetap fokus untuk melakukan tugas dan memiliki penampilan yang lebih positif pada usia 7 tahun dilaporkan memiliki kesehatan umum yang lebih baik dan mengalami sedikit penyakit 30 tahun kemudian. Optimisme terbukti juga memangkas risiko penyakit jantung koroner sampai separuh.



Riset epidemiologi yang dilakukan Kubzansky dan timnya merupakan perpaduan antara psikologi eksperimental dan kesehatan masyarakat. Riset HSPH ini merupakan terobosan karena membantah anggapan dan pendapat lama yang menyatakan bahwa emosi positif menandai absennya suasana hati negatif dan kebiasaan yang merusak tubuh. Kubzansky tak sependapat dengan pandangan ini. "Kami percaya bahwa ada yang melampaui fenomena ini dan kami para ilmuwan baru saja mulai mengumpulkan sedikit demi sedikit bukti adanya mekanisme biologis, perilaku dan kognitif yang mungkin berkelindan."



Riset sebelum ini terbukti mendukung temuan Kubzansky. Tahun 1979, Lisa Berkman, Direktur Pusat Studi Kependudukan dan Pembangunan Harvard waktu itu menerbitkan hasil riset terhadap sekitar 7000 orang dewasa di Alameda, California. Partisipan yang dilaporkan kurang memiliki ikatan sosial pada awal survei ternyata lebih dari dua kali peluangnya meninggal setelah diikuti selama sembilan tahun.



Akhirnya dr. Nalini memberikan beberapa tips praktis untuk menjaga keseimbangan antara kesehatan jiwa dan kesehatan fisik, misalnya lebih aktif terlibat dalam kegiatan sosia, tak jadi pencemas dan menghilangkan perasaan-perasaan negatif, harapan yang tak realistis perlu diturunkan, berorientasi pada saat ini, menjadi diri sendiri, lebih teratur dalam hidup, menyukai humor dan tersenyum/tertawa, serta melakukan kegiatan relaksasi, seperti meditasi hingga pijat, yoga dan spa.



"Humor dan tertawa terbukti dapat meningkatkan antibodi Immunoglobulin A ( IgA ) yang membantu melawan infeksi, meningkatkan jumlah sel-sel T yang berguna untuk melawan penyakit dan dapat menurunkan tekanan darah," kata dr. Nalini. Karena itu rajinlah tertawa, mumpung tertawa itu belum dilarang. Yang diingat asal bukan tertawa sendirian yang tak jelas penyebabnya. Dan jangan lupa: Dolce far niente.



Sumber : Laporan Iptek Kompas Rabu 02/02/2011 oleh Irwan Julianto.

Read More..
|
| edit post

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.