ON LINE

Followers

YANG UNIK DARI KUPU-KUPU HARIMAU.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 11 November 2011

Amerika Serikat sebagai negara adidaya di muka bumi ternyata juga mempunyai jenis kupu-kupu yang sayapnya menyerupai kulit harimau. Selain sayapnya menyerupai kulit harimau, ujungnya juga menyerupai ekor burung layang-layang ( tiger swallow tails ). Jenis kupu-kupu ini paling mudah ditandai di antara jenis kupu-kupu yang ada di Amerika Utara.



Jenis kupu-kupu ini ciri-cirinya besar, warna cerah dan sayapnya memiliki ekor. Kupu-kupu indah yang kecepatan terbangnya lambat ini bisa ditemukan dari pantai barat ke pantai timur. Demikian Situs GeoWeek mewartakan bahwa kupu-kupu harimau memiliki tiga subspesies, yakni barat ( Papillo rutulus ), timur ( P glaucus ) dan Kanada ( P Canadensis ) serta 5 subspesies yang lebih kecil.



Salah satu spesies kelompok kecil adalah Appalachian tiger swallowtails ( P appalachensis ) merupakan spesies hibrida, hasil perkawinan campuran antara kupu-kupu harimau dari timur dan Kanada. Hibrida Appalachian memilii karakteristik yang sama dengan orangtuanya, baik secara eksternal maupun genetik.


Kupu-kupu harimau dengan sayap indah ini terbang dengan kecepatan lambat. Penyebaran mulai dari pantai barat hingga pantai timur AS.


Misalnya saja mereka lebih memilih cuaca yang lebih sejuk, seperti spesies Kanada. Sementara kupu-kupu betina dapat meniru ( mimikri ) seperti Pipevine swallowtails yang berwarna hitam ( Battus philenor ) yang merupakan kupu-kupu beracun. Racun menjadi senjata pelindung dari serangan para predator.



Para peneliti kupu-kupu menemukan gen Appalachian tiger swallowtails yang membuat mereka lebih memilih udara sejuk diturunkan dari kupu-kupu harimau jantan Kanada. Sedangkan kemampuan mimikri diwarisi dari kupu-kupu harimau betina timur. Meski demikian perbedaan ketinggian dan penyebaran geografis ikut membantu kupu-kupu Appalachian ini terisolasi dari spesies orangtuanya sehingga mereka tetap mampu mengembangkan ciri-ciri yang khas dan berbeda.



Sumber : GeoWeeks.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.