ON LINE

Followers

MENGAKSES ENERGI REIKI LEWAT MEDITASI GASSHO.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 02 November 2011


Salah satu jenis meditasi yang diajarkan oleh Mikao Usui kepada murid-muridnya adalah meditasi gassho. Gassho sendiri sebenarnya merupakan salah satu pilar dari dua pilar lainnya yaitu Reiji-Ho dan Chiryo. Sehat dengan reiki sendiri sesekali juga sering mempraktekkan Gassho yang manfaatnya untuk meningkatkan energi dalam tubuh melalui Chakra Mahkota. Lantas apa arti dari Reiji - Ho dan Chiryo?



Pengertian Reiji adalah indication of the Reiki power sedangkan Ho berarti metode. Sedangkan Chiryo mempunyai pengertian treatment. Mikao Usui sang penemu Reiki Modern mengajarkan meditasi Gassho saat mengadakan lokakarya dan pertemuan-pertemuan reiki bersama murid-muridnya. Biasanya meditasi gassho ini berlangsung selama 20-30 menit setelah bangun tidur dan menjelang tidur malam hari.



Meditasi Gassho secara harafiah berarti "dua tangan bertemu di depan dada". Pelaksanaan meditasi bisa seorang diri atau secara berkelompok. Dengan meditasi berkelompok dalam kelas reiki menjadikan energi yang dialirkan masing-masing praktisi reiki akan terakumulasi secara meningkat jumlah energinya. Menurut Petter Frank Ajava dalam Reiki The Legacy of Dr.Usui mengatakan bahwa meditasi secara berkelompok dapat merupakan pengalaman yang sangat indah karena energi meningkat jauh di atas masing-masing orang yang menjadi praktisi reiki. (Petter,1998 :15).



Praktek Meditasi Gassho yang sehat dengan reiki dan teman-teman praktisi reiki lakukan antara lain bersikap merangkapkan kedua telapak tangan di muka dada dengan kedua telapak tangan bertemu rapat-rapat. Lalu alirkan energi reiki atau energi non reiki yang bisa kita akses masuk lewat chakra mahkota dan dialirkan ke ujung jari-jari telapak tangan yang saling bertemu di depan dada. Posisi gassho dengan duduk bersila di atas tikar.


Sikap meditasi gassho sebagaimana diajarkan Mikao Usui.


Selain itu posisi meditasi gasho juga bisa dilakukan sambil duduk di lantai dengan posisi kedua telapak tangan di samping badan. Arahkan kedua telapak tangan itu menghadap ke lantai ( tanah ). Tetap santai mata terpejam mulai bayangkan dan niatkan energi masuk ke dalam tubuh lewat chakra mahkota dan keluar lewat ujung-ujung jari kedua tangan. Sesaat akan terasa getaran energi masuk ke seluruh badan dan energi mengalir di telapak tangan dengan sensasi telapak tangan terasa panas dan ada aliran energi seperti arus listrik.



Masih tetap santai mulai affirmasikan, " Bahwa energi yang tercurah masuk ke dalam badan seluruhnya membersihkan badan dari energi negative penyakit. Energi penyakit keluar lewat chakra dasar masuk bumi tanpa merugikan mahkluk lainnya ". Affirmasi bisa diucapkan pelan-pelan lewat mulut atau dalam hati agar terekam alam bawah sadar kita dan hayati makna affirmasi ini dengan sedalam-dalamnya.



Tetap hening dalam gassho ini. Agar pikiran tidak melayang-layang ke tempat lain bagi Muslim bisa mengucapkan lafadz-lafadz zikir secara beruntun dan tetap santai membayangkan energi tercurah masuk lewat chakra mahkota. Bagi saudara kita yang Nasrani bisa mengucapkan doa sesuai Iman dan Kepercayaan dengan menyebut "Puji Tuhan" dan yang beragama Buddha mengucapkan "Oom" yang artinya Tuhan.



Nah itulah sekilas latihan tambahan dari sehat dengan reiki tentang Meditasi Gassho sebagaimana telah diajarkan Mikao Usui kepada murid-muridnya dalam pertemuan reiki di perguruannya. Tapi bagi yang belum menjadi praktisi reiki dan belum kenal apa itu reiki apa bisa mencoba meditasi gassho ini? Sehat dengan reiki anjurkan sebaiknya mempraktekkan meditasi dalam keheningan saja lebih dulu sebagai meditasi yang paling sederhana dan dapat diikuti oleh setiap orang.



Mau tahu posisi meditasi dalam keheningan? Ya seperti gambar Mbak Cantik di atas yang sedang menatap kehangatan sinar mentari pagi sembari mengolah pernapasan segi tiga sama sisi dengan menarik napas melalui hidung 8 hitungan, tahan napas di dada dalam 8 hitungan lalu buang napas lewat mulut dalam 8 hitungan sembari mulut mendesis. Bila olah napas ini sudah dihayati dengan benar sebagai langkah relaksasi baru masuk meditasi yang sebenarnya.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.