ON LINE

Followers

GETARAN SAYAP LALAT JANTAN BANGKITKAN BETINA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 19 November 2011

Bunyi getaran sayap lalat buah jantan menyusun lantunan alunan musik yang mengaktifkan sistem kekebalan dan penciuman lalat betina. Penelitian Elian Immonen dari Universitas St. Andrews, Inggris, seperti dimuat di Livescience, 4 Oktober 2011, menduga sistem imun betina aktif untuk mengantisipasi terjadinya infeksi seusai kawin.



Alunan musik itu diciptakan pejantan melalui getaran sayapnya sebagai bagian penting ritual perkawinannya. Guna menguji efek lantunan pejantan itu, peneliti memutar lagu yang dibuat pejantan pada lalat betina tanpa kehadiran sosok pejantan di sekelilingnya.


Untuk telinga manusia, getaran suara sayap lalat itu terdengar seperti dengungan. Bagi lalat betina, suara itu terdengar sebagai lagu cinta yang romantis yang membangkitkan gairah untuk bercinta.
Lalat jantan dengan spesies tertentu mendendangkan--atau lebih tepat disebut "mendengungkan"--lagu cinta yang membuat luluh para betina.
Ilmuwan di Institute of Molecular Pathology di Vienna berhasil merekam nyanyian lalat jantan spesies Drosophila Melanogaster. Lalat itu " bernyanyi " dengan memperpanjang dan menggetarkan sayapnya.


Peneliti kemudian memperhatikan bagian mana dari gen yang aktif untuk membuat protein pada kepala lalat betina. Ini dibandingkan dengan kontrol, gen pada kepala lalat yang tidak mendengarkan lagu itu. Pengamatan para peneliti menunjukkan gen terkait penciuman betina menjadi aktif meskipun hanya mendengarkan lantunan musik yang diperdengarkan melalui rekaman.



Pengaktivan gen penciuman dikaitkan peneliti pada kebutuhan proses perkawinannya seperti menemukan pejantan. Setelah perkawinan usai, selanjutnya lalat betina akan mencari tempat yang cocok untuk meletakkan telur.



Sumber : Livescience/ICH.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.