ON LINE

Followers

PANGGILAN BO'SUN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 23 September 2011

Lengkingan tiupan peluit yang datang dari geladak kapal pernah menjadi hal yang sangat lazim didengar di kapal-kapal angkatan laut di seluruh dunia. Peluit yang dibunyikan adalah benda kecil yang memiliki pegangan seperti pipa, yang didesain untuk mengeluarkan bunyi yang melengking.



Meniup peluit merupakan salah satu kewajiban bo'sun atau kelasi kapal dan dulu menjadi satu-satunya cara mengirim instruksi kepada kru kapal. Bo'sun adalah petugas bintara yang bertanggungjawab dalam masalah tali temali, membuang sauh, perkabelan dan penanganan kru yang ada di dek kapal.


These Brass Ships or Bosun's whistle are a traditional reproduction of the whistles used on board ships especially Naval ships.


Para kru kapal sudah dilatih untuk segera merespons bunyi melengking yang datang dari bo'sun, yang berarti panggilan, khususnya saat badai datang atau dalam peperangan. Adapun untuk perintah rutin ada nada peluit tersendiri. Panggilan bo'sun masih menurut Situs GeoWeek, pada awalnya digunakan oleh kapal-kapal Romawai dan Yunani.



Kapal-kapal itu melaju lewat gerakan dayung-dayung besar yang menggunakan tenaga para budak. Irama dayung ditentukan oleh tiupan peluit. Peluit pertama kali digunakan oleh kapal Inggris pada abad ke-13. Adapun penetapan lengkingan peluit, sebagai panggilan terjadi pada akhir tahun 1600-an ketika seorang laksamana dari Angkatan Laut Inggris mengenakan peluit emas sebagai lencana.



Sumber : GeoWeek.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.