ON LINE

Followers

PENJUAL BUBUR KACANG HIJAU DAN KETAN HITAM.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 13 Agustus 2011

Dentingan mangkoknya terdengar manakala sendok yang dipegangnya diketukkan ke bibir mangkok setiap menjelang sholat Lohor tiba. Ia hampir tidak pernah berteriak menjajakan dagangannya. Sebagai isyarat kepada pelanggannya yang sudah setia menyantap dagangannya, Mas Mul ini cukup memberi tahu kepada pelanggannya lewat ketukan sendok ke bibir mangkuk. Teng....teng....teng...tengggggg itulah tanda sebanyak 4 kali bahwa gerobak Mas Mul sebentar lagi akan lewat menyusuri jalan pedesaan lalu masuk komplek pemukiman tempat tinggal saya.



Namun sejak awal puasa tiba, sehat dengan kundalini reiki sudah tidak lagi mendengar dentingan bunyi mangkuk tadi. Lalu dimana gerangan Mas Mul berada? Barangkali saat ini dia sedang tidak berjualan lantaran semua konsumennya sedang menjalankan ibadah puasa, ataukah Mas Mul sedang pulang kampung untuk menjalankan puasa bersama anak dan isterinya? Boleh jadi dalam bulan penuh rahmat dan ampunan Tuhan YME, Mas Mul sedang ngaso dan tidak berjualan. Tentu saja semua pelanggannya mengharapkan selepas puasa nanti bisa berjualan lagi menu andalannya yaitu bubur kacang hijau dan ketan item.



Memang setiap hari libur kerja khususnya Sabtu dan Minggu, Mas Mul sering saya lihat melintas di depan rumah sembari mendorong gerobak dagangannya. Dia biasa melintas selepas sholat Lohor di tengah teriknya panas matahari siang hari bolong. Di atas gerobak dagangannya dia pasang payung besar sebagai peneduh gerobaknya dari terpaan sinar matahari. Bubur kacang hijau dan ketan hitam itulah dagangan istimewa yang dia jajakan berkeliling desa setiap hari. Saya pun sudah menjadi pelanggan setia Mas Mul sejak dulu, karena menu bubur ketan hitamnya itu yang ngangeni.



Profesi Mas Mul memang sebagai penjual bubur kacang hijau dan ketan hitam yang sudah dia jalani bertahun-tahun. Melihat dagangannya yang cukup sederhana berupa bubur kacang hijau dan ketan hitam, sebenarnya bahan dasar dagangannya itu mengandung manfaat yang baik bagi tubuh. Sekalipun ukurannya kecil dibandingkan dengan jenis tumbuhan kacang, kacang hijau dan ketan hitam jika sudah dimasak akan berubah menjadi bubur. Mas Mul paham bahwa bubur inilah makanan yang saat ini digemari banyak orang, mulai dari rakyat biasa hingga pejabat tinggi pasti pernah menyantap bubur kacang hijau dan ketan hitam.



Karena melihat manfaat bubur kacang kacang hijau dan ketan hitam itu lah, Mas Mul bertekad untuk terus berdagang bubur ini sekalipun margin keuntungan dengan berjualan kedua jenis bubur ini tidak banyak. Mas Mul sudah cukup bahagia manakala dagangannya laku keras, konsumen yang makan buburnya mendapatkan manfaat dari kandungan gizi kedua jenis kacang itu. Melihat bentuknya yang kecil seperti cabe rawit, itulah gambaran yang tepat untuk fisik biji kacang hijau dan ketan hitam, namun akan melebur jadi satu jika sudah dimasak.


Semangkok bubur kacang hijau dan ketan hitam sebagai makanan pembatal puasa.


Lantas apa yang istimewa dari kacang hijau jika sudah berubah menjadi bubur? Banyak orang menggambarkan bahwa kacang hijau bukan hanya memiliki rasa yang nikmat, tetapi jauh dari itu kacang hijau juga mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan manusia. Kacang hijau ( Phaseolus radiatus ) atau dikenal juga dengan sebutan green gam, mung bean atau green soy, merupakan makanan yang mudah ditemui di mana-mana.Mulai dari jajaran pinggir jalan sampai restoran berkelas di hotel berbintang tentu pernah menyertakan bubur kacang hijau dan ketan hitam sebagai menu andalannya, apalagi di bulan puasa ini, bubur kacang hijau dan ketan hitam dijadikan menu makanan pembatal puasa.



Menurut Gaya Hidup Sehat Akhir Pekan yang mengulas cara lain menikmati Kacang Hijau dan Tape Ketan Hitam, menyatakan bahwa kandungan yang paling menonjol dalam kacang hijau adalah vitamin B1 dan B2. Vitamin B1 (tiamin) pada awalnya dikenal sebagai anti beri-beri serta bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan seorang anak manusia. Di samping itu, vitamin B1 juga berfungsi untuk memaksimalkan pengubahan karbohidrat menjadi energi.



Dengan mengubah karbohidrat menjadi energi, maka kacang hijau boleh disebut sebagai sumber pembangkit stamina. Demikian pula dengan vitamin B2 ( riboflavin ) yang juga berperan penting dalam pertumbuhan, sangat membantu penyerapan protein di dalam tubuh. Karena itulah kacang hijau disebut-sebut sebagai salah satu sumber protein nabati terbaik. Kandungan kalsium dan fosfor di dalam kacang hijau sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang.



Kacang hijau juga menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan karena bersifat alkalis ( basa ), membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut membuat kacang hijau banyak peminatnya. Sebagai salah satu famili leguminoceae, kacang hijau mengandung protein tinggi. Dalam menu masyarakat sehari-hari sebagaimana Mas Mul gambarkan dengan kedua jenis dagangannya itu, kacang-kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik.



Di samping itu lemak yang terkandung dalam kacang hijau pun cukup rendah, sehingga bagi mereka yang ingin melakukan diet, makanan ini bisa menjadi pilihan yang tepat dengan berbagai cara dan bentuk penyajian. Sama halnya dengan kacang hijau, ketan hitam pun masuk dalam kategori makanan tinggi serat sehingga dapat membantu proses pencernaan. Dengan mudahnya ketan hitam melakukan proses penyerapan, maka tubuh akan aman tidak sempat menyerap zat berbahaya bagi kesehatan.



Ketan hitam pun juga dipandang dapat mencegah diare, mengandung antioksidan dalam menangkal radikal bebas dan penyakit degeneratif serta mencegah anemia. Sama halnya dengan kacang hijau, maka ketan hitam dapat disajikan dalam berbagai cara. Salah satu cara adalah menjadikan ketan hitam sebagai bubur yang mendampingi bubur kacang hijau sebagai bahan dagangan Mas Mul ini. Untuk jenis ketan hitam dijadikan tape ketan, Mas Mul belum pernah mencobanya.



Sehat dengan kundalini reiki pun yakin bagi Anda yang jago masak tentu di hari raya Lebaran nanti akan mempersiapkan hidangan tape ketan putih atau tape ketan hitam sebagai menu andalan untuk tamu istimewa di hari raya. Mudah-mudahan uraian tentang kacang hijau dan ketan hitam ini bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat bubur kacang hijau sore ini sebagai menu pembatal puasa dan tape ketan hitam sebagai makanan camilan di hari Lebaran nanti. Salam......

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.