ON LINE

Followers

JEPANG MASIH BERDUKA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 16 Maret 2011

Gempa bumi yang diikuti tsunami yang melanda Jepang Jumat 11/03 lalu masih belum selesai penanganannya oleh regu penyelamat yang melibatkan tentara bela diri Jepang, kini Jepang dilanda oleh paparan radiasi nuklir di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi, utara Tokyo. Tekanan tiga bencana besar sekaligus mulai dari gempa bumi diikuti tsunami lalu bocornya reaktor nuklir Fukushima, membuat warga Jepang harus hati-hati ketika keluar rumah.



Perdana Menteri Jepang Nauto Kan meminta warga Jepang yang tinggal dalam radius 20 kilometer dari kompleks PLTN Fukushima Daiichi tidak keluar rumah. " Warga disarankan tinggal di dalam rumah dalam ruangan kedap suara. Zona bahaya yang semula 20 kilometer diperluas menjadi 30 kilometer," katanya. Sebanyak 70.000 orang dalam radius 20 kilometer dari PLTN telah dievakuasi. Sedangkan 140.000 orang masih berada di zona peringatan baru.



Mengutip keterangan para pejabat Jepang mengatakan , telah terjadi peningkatan radiasi Selasa. Ledakan diikuti kebakaran menyebabkan uap radioaktif terlepas ke udara. Di unit 2 telah terjadi 3 kali ledakan sejak unit 1 meledak Sabtu lalu dan ledakan unit 2 Senin kemaren.



"Akibat tingginya konsentrasi hidrogen dalam reaktor akibat kegagalan sistem pendingin, "kata operator PLTN Tokyo Electric Power Co ( Tepco ) dimana ledakan itu tak mengganggu pelindung teras reaktor. Badan Tenaga Atom Internasional mengutip keterangan para pejabat Jepang mengatakan, " Telah terjadi peningkatan radiasi pada Selasa."


Jepang juga harus mengatasi darurat nuklir setelah dua kali ledakan di reaktor di Fukushima Daiichi. Puluhan ribu warga dievakuasi dan tentara dikerahkan untuk melakukan dekontaminasi pencemaran radioaktif.

Seorang yang diduga terkena radiasi nuklir langsung dibawa untuk mendapat perawatan di Nihonmatsu, Kabupaten Fukushima.

Tentara dikerahkan untuk membawa seorang pria yang diduga terkena radiasi ke pusat penanganan radiasi di Nihonmatsu.

Tak perduli usia, semua warga di sekitar reaktor Fukushima harus menjalani pemeriksaan radiasi.

Seorang perawat di sebuah rumah sakit di dekat reaktor nomor satu Fukushima melewati pemeriksaan radiasi sebelum bekerja.

Bayi di Koriyama, Kabupaten Fukushima, dibawa ayahnya untuk diperiksa dari kemungkinan terkena radiasi.

Kekhawatiran akan radiasi nuklir meningkat setelah terjadi terjadi ledakan di reaktor nuklir nomor satu di Fukushima.


Akibat kebakaran menyusul ledakan reaktor nuklir membuat warga Jepang panik. Ledakan susulan dan kebakaran di kolam penampungan bahan bakar bekas menegaskan bahwa bahaya radiasi nuklir semakin nyata. Sekalipun Perdana Menteri Kan dan pejabat lain meminta warga tenang, kepanikan terus melanda sebagian besar warga yang tinggal di sekitar PLTN Fukushima.



Dunia internasional pun bereaksi atas musibah ledakan reaktor nuklir PLTN Fukushima ini. Skenario terburuk akan dihadapi Jepang jika inti reaktor melelah, maka sejumlah besar zat radioaktif akan menguap ke udara dan menyebar kemana-mana. Akibat gempa lalu tsunami dan sekarang ini paparan radio aktif, warga Jepang sangat membutuhkan bantuan pangan dan air bersih.


Pasien terpaksa dirawat di lantai untuk sementara di Otsuchi sambil menanti transfer ke rumah sakit lain.

Warga Aomori antri di depan sebuah toko untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Tim SAR menemukan korban tewas di sebuah rumah sakit di Minamisanriku. Banyak korban adalah orang tua dan pasien di rawat inap.


Kelaparan dan krisis air bersih menerpa jutaan orang di pantai timur Pulau Honshu yang berhadapan dengan Samudra Pasifik sepanjang ribuan kilometer. Kantor Berita AP mewartakan warga Jepang cukup tenang menghadapi bencana gempa dan tsunami. Sekalipun mereka sedang berduka karena kehilangan orang-orang terkasih, mereka sabar menanti distribusi bantuan logistik.



Hingga hari keempat paska bencana Selasa, tidak terjadi aksi penjarahan dan tindakan tercela lainnya. Karena itulah pemerintah Jepang akan lebih fokus pada evakuasi menyelamatkan warga lalu mendistribusikan logistik. Saat ini semua rumah sakit di daerah bencana sebanyak 145 dari 170 rumah sakit sudah beroperasi penuh melayani warga Jepang yang kena musibah. Jumlah tentara yang semula 51.000 personel ditingkatkan menjadi 100.000 personel dalam upaya mencari korban yang belum ditemukan.



Kini bencana baru adalah radiasi nuklir akibat tiga ledakan dan kebakaran pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi. Empat reaktor telah bermasalah dari enam reaktor yang ada. Dalam pembangunan reaktor nuklir ini Jepang belajar dari kasus Chernobyl dalam membuat sistem keamanan PLTN-nya lebih baik lagi.



Sumber : BBC/AP/Reuters. Photo by Reuters/BBC Gallery.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.