ON LINE

Followers

BENCANA BANJIR TOLIMA KOLOMBIA.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 30 April 2010 0 komentar

Ratusan rumah penduduk di kota Tolima Kolombia Barat daya tergenang banjir akibat hujan terus menerus memasuki musim penghujan di negeri Amerika Latin tersebut. Di beberapa kawasan permukiman penduduk termasuk wilayah Belen ketinggian air mencapai 3 meter namun sejauh ini tidak dilaporkan adanya korban jiwa atau luka-luka.



Bencana banjir akibat hujan terus menerus mengakibatkan 600 warga kota Tolima Kolombia terpaksa dievakuasi. Sementara di kota Espinal, 1600 km sebelah barat daya Ibukota Bogota, juga tergenang banjir setelah hujan mengguyur sejak hari Senin pagi 26/04. Wilayah terparah kawasan Belen, menyusul meluapnya Sungai Pioja, 1oo rumah penduduk setempat tergenang banjir dengan ketinggian hingga mencapai 3 meter.



Alejandro Perez salah seorang warga setempat mengungkapkan kekhawatiran terhadap kondisi rumah penduduk yang kebanyakan dalam kondisi bobrok konstruksi bangunannya. Regu penyelamat dan pejabat lokal mulai mengkoordinir pengiriman bantuan makanan, medis dan kebutuhan lainnya. Memasuki musim penghujan bencana banjir melanda wilayah Kolombia Barat Daya kali ini terjadi untuk ketiga kalinya dalam dua pekan terakhir.




Di beberapa kawasan permukiman ketinggian air mencapai 3 meter, menyusul hujan terus menerus saat Kolombia memasuki musim penghujan.

Banjir meninggalkan kubangan lumpur yang menyapu kawasan permukiman penduduk Kota Espinal, 1600 km barat daya Ibukota Bogota.

Bantuan makanan, medis dan kebutuhan air bersih mulai dibagikan kepada penduduk yang rumahnya terendam banjir.

Meluapnya Sungai Pioja membuat bus antar kota terperosok ke dalam kubangan banjir.

Alejandro Perez terpaksa meninggalkan rumahnya karena terendam banjir.

Luas genangan banjir menggenangi kawasan permukiman di Tolima Kolombia.

Regu penyelamat mengevakuasi korban banjir keluar dari rumah mereka yang terendam banjir. (AP Photo/Christian Escobar Mora)


Sumber : Garit/ Colombia : Floods.

Read More..

ALAMAT YAYASAN PEDULI PARKINSON INDONESIA.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 29 April 2010 1 komentar

Untuk yang keempat kalinya undangan dari Yayasan Peduli Parkinson Indonesia dilayangkan ke alamat sehat dengan kundalini reiki, memberitahukan tentang acara kegiatan yang akan diadakan Minggu 02 Mei 2010 perihal bincang kesehatan dengan topik Parkinson. Sebagaimana kegiatan tahunan yang rutin diadakan setiap tahun, acara hari Minggu lusa adalah jalan santai bersama penyandang Parkinson beserta keluarga pendamping dengan rute sekitar Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta.



Acara yang akan dimulai pukul 8 pagi setelah kegiatan jalan santai bagi penyandang Parkinson, lalu bincang-bincang santai dilanjutkan dengan menyaksikan permainan angklung yang akan dimainkan Duetch International School. Acara selanjutnya adalah Ramah Tamah bersama Keluarga Parkinson. Mengingat acara ini tidak dipungut biaya...bagi keluarga yang mempunyai saudara penderita Parkinson dan pernah menanyakan ke blog milik sahabat sehat dengan kundalini reiki di mana alamat Yayasan Parkinson ini berada, ada baiknya saya cantumkan alamat lengkap berikut website dan alamat e-mail nya.



Yayasan Peduli Parkinson Indonesia ( YPPI ) beralamat di Perumahan Permata Puri F3/7 Cisalak Cimanggis Depok Jawa Barat. Ada pun nomor telepon yang bisa dihubungi di 081317487303 a/n Dr. Banon atau di 021-68608334 ( Flexi ). Sedangkan alamat website bisa klik di sini. Alamat e-mail : info@parkinson-indonesia.com ......Semoga sahabat yang pernah berkunjung ke blog ini dan menanyakan alamat yayasan ini dapat mengetahui dengan jelas alamat yang dimaksud. Mudah-mudahan info pendek menjelang akhir pekan ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.




Ingat Parkinson tentu Anda semua akan ingat Muhammad Ali petinju legendaris kelas berat dunia. Di usianya yang mulai senja dia menderita Parkinson.


Bicara Parkinson tentu berhubungan dengan nama Legenda Petinju Kelas Berat Dunia Muhammad Ali. Menurut www.koran-jakarta.com pernah menulis seputar Legenda petinju Muhammad Ali yang melakukan tur ke Inggris dalam rangkaian aksi amal pengumpulan dana bagi penderita parkinson. Kegiatan tersebut dilakukan pria 67 tahun itu untuk menyokong program pusat kesehatan yang ia dirikan, Muhammad Ali Parkinson Center (MAPC), di kampung halamannya, Louisville, Kentucky. Ali yang juga mengidap penyakit parkinson mendirikan pusat kesehatan itu untuk para penderita penyakit seperti dirinya. Parkinson merupakan penyakit degeneratif saraf yang pertama kali ditemukan pada tahun 1817 oleh Dr James Parkinson.



Pusat kesehatan itu menyediakan perawatan, penelitian, dan pendidikan bagi pasien dan keluarga yang terkena parkinson, atau bagi mereka yang tidak mampu membayar biaya pengobatan. Dalam gelaran turnya pada 27 Agustus 2009 itu, peraih gelar juara tinju dunia kelas berat itu hadir dalam acara khusus di London, Dublin, Manchester, dan Stoke-on-Trent. “Saya pikir Muhammad Ali orang yang murah hati. Ia tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, tapi juga orang lain.



Dan melihat masih begitu banyak yang harus diperbuat, selain memerangi penyakit parkinson yang ia derita, ia berbuat untuk orang lain,” ujar manajernya, Greg Robert, dikutip dari Look to the Stars, Jumat (28/8). Petinju yang pernah datang ke Indonesia untuk pertama kali pada 1973 itu dan jumpa pers di kantor sehat dengan kundalini reiki di Senayan Jakara Pusat saat siaran televisi di Indonesia masih hitam putih, dinyatakan menderita parkinson dengan gejala seperti tangan gemetar, bicara lamban, serta ada indikasi bahwa ada kerusakan pada selaput di otak. Hal itu terungkap saat ia kalah dari Larry Holmes pada tahun 1980.

Read More..

Kepada semua sahabat sehat dengan kundalini reiki yang merasa telah mendaftar untuk attunement level 1-2-3-4-5 dan 6, semua nama yang masuk sudah dicatat dan progam untuk sinkron energi dengan sehat dengan kundalini reiki. Ada pun nama pendaftar susulan menjelang hari H pelaksanaan attunement ditunggu hingga jam 20.45 wib. Attunement akan dipancarkan langsung dari Desa Tajur Tangerang Banten Timur. Ada pun jadwal perincian attunement dalam minggu ini menjadi :



1. Jumat 30 April 2010 untuk level level 5 dan 6.

2. Minggu 02 Mei 2010 untuk level 3 dan 4.

3. Senin 03 Mei 2010 untuk level 1 dan 2.

4. Kamis 06 Mei 2010 untuk level 7.

Adapun waktu attunement jam 21.00-21.30 untuk level 2-4 dan 6. Sedangkan waktu attunement jam 21.30-22.00 wib untuk level 1-3 dan 5. Mohon menyesuaikan dengan jadwal dan jam attunement agar didapat penyelarasan energi maksimal. Dengan adanya penjelasan ini Anda semua tidak usah khawatir bahwa permohonan itu diacuhkan, sebab sudah masuk progam sinkron energi attunement. Karena itu persiapkan diri Anda sebaik-baiknya saat menerima energi penyelarasan untuk satu tujuan belajar dan praktek reiki untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama hidup ini dan bukan mencari sensasi energi untuk tujuan lain di luar reiki.



Khusus pemohon yang baru masuk mendaftar untuk level 1 dan 2 seandainya mengajukan permohonan di postingan kundalini reiki gratis tidak masuk alias ditolak saya mohon alihkan saja permohonan Anda tadi ke kolom komentar postingan berita luar negeri di blog ini yang masih kosong dari komentar. Sedangkan permohonan attunement level 3 dan 4 pada kolom komentar postingan tersebut. Demikian pula permohonan attunement level 5 dan 6 juga pada kolom komentar postingan tersebut.



Mengingat para peserta attunement yang sudah mengikuti hingga level 6 tentunya sudah sedikit merasakan manfaat penyembuhan reiki dan mampu mengolah energi yang masuk dan keluar tubuh diharapkan kualitas penyaluran energi semakin baik di kemudian hari. Karena itu untuk melengkapi latihan tadi sehat dengan kundalini reiki kembali akan melanjutkan attunement kundalini reiki level 7 pada hari Kamis malam 06 Mei 2010 jam 21.00 - 21.30 wib. Ada pun tata cara sama seperti attunement boostering 1-2-3 lalu dengan titik pemusatan pada setiap chakra utama. Untuk level 7 ini Anda semua harus memusatkan perhatian pada chakra ajna depan dan belakang masing-masing 15 menit. Lakukan dulu pemusatan pada chakra ajna depan dan sisa waktunya pada chakra ajna belakang sambil menekuk ujung lidah Anda semua ke langit-langit mulut dan mengangkat titik perineum tempat kundalini berada. Posisi ini mengharuskan tubuh Anda tetap

Sikap tubuh attunement KR level 4-5-6 dan 7. Pemusatan perhatian ke chakra ajna depan dan belakang sambil mengangkat titik perineum saat attunenement KR level 7.

rileks....rileks....rileks dan jangan menjadikan beban pada pikiran Anda semua. Energi attunement akan ditingkatkan ke level 70 - 80 kali lipat.



Rasakan masuknya energi Reiki lewat chakra mahkota Anda lalu biarkan aliran energi ini mengalir alami ke seluruh bagian tubuh dan energi akan terkumpul di chakra telapak tangan yang disatukan di depan dada ( chakra jantung Anda ). Seandainya dalam perjalanan attunement ini Anda merasa pegal menekuk ujung lidah ke langit-langit mulut....boleh sedikit rileks dan lepaskan sebentar...ulangi lagi menekuk ujung lidah sampai selesai attunement. Demikian pula bila dalam mengangkat titik perineum merasa pegal lepaskan sebentar....dan lanjutkan lagi mengangkat titik perineum hingga waktu attunement selesai. Kolom komentar postingan ini khusus mendaftar attunement kundalini reiki level 7. Yang merasa belum attunement hingga level 6 jangan mengajukan permohonan di kolom komentar postingan ini. Mohon cermati dengan baik setiap aturan yang ada. Terima Kasih...

Read More..

PENERBANG LINTAS BENUA MENDARAT DI SINI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 28 April 2010 0 komentar


Kuburan masyarakat desa Adat Trunyan. Kawasan ini terdapat Pohon Tarumenyan yang diyakini menyerap aroma bau busuk mayat sehingga mayat tidak bau ketika didekati.


Bali memang makin terang benderang namanya disebut warga belahan dunia lain di luar Indonesia. Tentu saja aroma mistiknya selalu mengundang siapa saja untuk datang ke sini. Masih teringat dalam ingatan sehat dengan kundalini reiki tatkala mendapat tugas membuat film dokumenter budaya Masyarakat Trunyan tahun 1988 lalu. Di daerah ini kita bisa melihat dan merasakan suasana mistis ketika kaki melangkah masuk ke areal pekuburan Desa Trunyan di mana mayat manusia dikuburkan di atas tanah dan tidak ditutupi dan dibiarkan saja membusuk. Anehnya tidak ada aroma bau busuk mayat menyebar di areal makam ini. Yang ada bau daun kering Pohon Tarumenyan yang jatuh berserakan di areal makam ini. Konon menurut cerita masyarakat adat Trunyan, bau mayat membusuk sudah diserap oleh Pohon Tarumenyan sehingga bau busuk tidak menyebar kemana-mana.



Itulah salah satu sisi magis dari keberadaan Pohon Taru Menyan yang legendaris itu. Namun Bali masih banyak menyimpan cerita unik berkaitan dengan satu kawasan yang sangat erat sekali hubungannya dengan kehidupan binatang. Tengok saja kawasan Lagoon seluas 30 hektar di kawasan Nusa Dua. Lagoon saat itu menjadi tempat tinggal persinggahan burung yang terbang lintas benua. Setidaknya ada 77 spesies burung yang mendarat dan tinggal sebentar setelah itu terbang kembali meninggalkan kawasan ini. Menurut Made Mandra, Direktur Utama Bali Tourism Development Corporation ( BTDC ) Lagoon ini sekarang ini juga menjadi tempat tinggal beberapa jenis ikan. " Keberadaan ikan akhirnya mengundang berbagai komunitas burung untuk bermukim dan membuat ekosistem baru di wilayah ini, " katanya.




TRUNYAN, INDONESIA - MARCH 21: Skulls are positioned at a village cemetery in Kuban, on March 21, 2007 near Trunyan, Bali resort island, Indonesia. Unlike the Balinese people, the people of Trunyan do not cremate or bury their dead but lay them out in bamboo cages to decompose. The stench is masked by the perfumed scents from a huge Banyan tree growing nearby. Trunyan ancient village is inhabited by people who call themselves "Bali Aga" or original Balinese who have maintained many of the old Balinese customs. (Photo by Dimas Ardian/Getty Images)

Kawasan Danau Batur dilihat dari arah Penelokan Kintamani. Nun jauh di bawah seberang danau bermukim Masyarakat Trunyan. Di kejauhan berdiri kokoh Gunung Batur, menyambut wisatawan berkunjung ke Kawasan Desa Trunyan.


Kawasan pariwisata berbasis pada alam tampaknya akan diwujudkan di Lagoon ini. Lahan hijau terbuka yang tersisa di Kawasan Nusa Dua dibiarkan terbuka yang dapat diakses masyarakat umum. Dengan dibangunnya fasilitas pengamatan burung untuk pengunjung berupa menara pandang, dengan sendirinya akan membuat pengunjung betah berlama-lama mengamati tingkah polah burung hinggap di dahan pohon. Keunikan satwa lain seperti biawak kecil yang disebut alu pun ada di sini. Banyaknya burung lokal di tambah burung migran tinggal di Lagoon ini mulai dilirik wisatawan domestik dan mancanegara sebagai wisata pengamatan burung atau bird watching.



Pada bulan Oktober hingga November misalnya, dari Lagoon ini kita bisa menikmati dan mengamati burung-burung yang singgah dalam penerbangan mereka dari Siberia menuju belahan bumi Selatan. Karena itulah penerbangan burung ini disebut penerbangan lintas benua. Burung-burung Siberia seperti burung trinil dan cerek cukup banyak. " Kalau sekitar bulan Juni umumnya burung-burung dari Australia seperti jenis kirik-kirik dan cekakak suci terbang dan hinggap tinggal di sini beberapa saat lamanya, " ujar Deni Purwandana, seorang penggiat Komunitas Kokokan Denpasar seraya mengungkapkan Lagoon yang ada di Nusa Dua ini memang menjadi habitat bagus bagi burung-burung lokal dan tempat transit beberapa jenis burung migran.




Kawasan Lagoon sebagai surganya burung memanjakan mata bagi pencinta burung untuk mengabadikan ke dalam pita seluloid atau digital kamera.

Burung jangkung dengan warna dominan hitam, coklat dan putih sedang berjemur di pinggir kolam.

Sekelompok Cakakan Sungai yang berada dipohon kering membuat formasi berjajar di seluruh batang pohon tersebut terlihat biru mengkilap menggantikan dedaunan yang hilang.


Kenapa burung memiliki peran penting bagi perkembangan ekosistem? Menurut Inspiratorial Kompas yang sehat dengan kundalini reiki kutip, satwa ini turut membantu penyebaran tumbuhan di suatu daerah. Dalam rantai makanan, posisi burung berada di bagian atas. Burung dianggap juga sensitip terhadap pencemaran lingkungan dan penurunan kualitas makanannya. Oleh para peneliti burung sering dijadikan indikator untuk menilai tingkat kerusakan lingkungan atau hutan. Penelitian burung sendiri di kawasan Nusa Dua sudah dilakukan beberapa tahun silam, antara bulan Januari 1999 sampai tiga tahun berikutnya jakni bulan Januari 20o2.



Menurut Jurnal Elektronik Universitas Udayana Bali, mencatat pada penelitian tersebut berhasil diamati berbagai jenis burung yang hidup di kawasan itu dimana keberadaannya sangat mendukung pengembangan atraksi ekowisata pengamatan burung. Kesimpulan tersebut diambil para peneliti Unud dengan sandaran fakta bahwa 83 jenis burung ditemukan di kawasan ini. Dalam persentasi angka tersebut mencapai 27 persen dari total spesies burung yang ada di Pulau Bali. Burung-burung itu banyak tinggal di daerah Lagoon. Burung yang ada di Nusa Dua sebagian besar merupakan burung non-migran yang jumlahnya mencapai 87 persen. Sementara burung migran sebanyak 13 persen dan burung endemik Indonesia sebanyak 6 persen.



Di luar Nusa Dua kawasan yang strategis untuk menjadi lahan konservasi burung dan dapat dikembangkan menjadi tempat wisata adalah sekitar Bedugul Bali bagian tengah. Objek yang mendukung lokasi ini adalah Kebun Raya Ekakatya, Danau Beratan, Danau Buyan dan Tambingan. Selain itu daerah Karangasem di Bali Timur yang banyak disinggahi burung-burung migran pemangsa seperti elang. Atau Taman Nasional Bali Barat yang menjadi lahan konservasi jalak Bali ( culik Bali ) yang nyaris punah itu. Bila semakin banyak daerah di Bali dikembangkan sebagai habitat burung , liburan kita ke Bali makin variatip saja. Selain Anda dapat mengunjungi Penelokan di Kintamani sambil menikmati hamparan Danau Batur di mana di seberang danau tinggal Masyarakat Adat Bali Trunyan sebagaimana prolog postingan ini, Anda pun dapat melihat penangkaran burung Jalak Bali di Ubud.



Sumber : Inspiratorial Kompas ( diedit ) / Foto : Andry Khusnul/Dimas Ardian.

Read More..

RENUNGAN SELASA SIANG.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 27 April 2010 0 komentar

Siang tadi sehat dengan kundalini reiki membesuk teman kantor yang sedang dirawat di rumah sakit. Penyakit yang menyerang sahabat ini adalah penyumbatan pembuluh darah ke otak sehingga suplai oksigen ke otak terhambat dan akibatnya sahabat ini terkulai lemas dengan mulut pelo saat bicara. Saya....kasihan sekali melihat teman ini. Penyebab utama serangan penyakit ini karena kurang aware menjaga kesehatan, kurang aktivitas olahraga dan sebelumnya perokok berat.



Beliau juga pekerja keras di kantor. Kalau sudah duduk di depan komputer untuk mulai mengedit progam acara televisi apa pun dia kerjakan demi tanggung jawab atas pekerjaannya. Terkadang kerja lembur sampai tengah malam dan melakukan pekerjaan sambil merokok. Jadinya ruangan editing bau asap rokok dan ketika pagi hari giliran kami hendak bekerja bau asap rokok masih menyelimuti ruang editing. Apa boleh buat...jadinya kami yang semua kerabat kerja wanita hanya menjadi perokok pasif. Sudah sering diingatkan demi kenyamanan bersama merokoklah di luar ruang. Itu pun dipatuhi tetapi kalau rekan-rekan pria bekerja malam hari.....ya.....kebiasaan merokok di dalam ruang kerja kembali dilakukan. Pengawas ruangan pun tidak bisa mencegah perbuatan ini.



Kebiasaan merokok ditambah mengkonsumsi makanan cepat saji banyak lemak menjadikan kadar kolesterol naik pesat sekali di atas angka 200. Di tambah pola pikir yang tidak rileks...aktivitas fisik kurang dan gemar dugem bekerja di malam hari mengejar dead line akhirnya fisik tidak kuat dan ambruk juga. Setelah berbincang dengan kerabat yang menunggui, beliau memohon bantuan doa agar fisik sahabat yang tengah dirawat ini segera pulih kembali. Sesampai di kantor sehat dengan kundalini reiki melakukan self treatment location reiki selama lima menit. Selesai self treatment ini lalu kontak dengan teman-teman lain eks praktisi reiki di Waskita Reiki dan Usui Tibetan dan disepakati setiap malam akan memprogam energi penyembuhan kepada sahabat yang tengah sakit ini agar fisik kembali normal, lidah tidak kelu untuk bicara dan kadar kolesterol menjadi normal.




Ketika pembuluh-pembuluh darah ini tertutup diotak, stroke-stroke kecil (lacunar) mungkin terjadi.


Dari prolog postingan ini dapat disimpulkan bahwa penyakit yang datang kepada kita semua adalah ujian dari Tuhan Yang Maha Kuasa untuk menguji kesabaran kepada sang pasien dan keluarga yang mendampingi si sakit. Kita harus yakin bahwa hikmah di balik musibah tentu akan ada pada pasien sendiri mau pun keluarganya. Di samping itu juga kepada kita semua yang masih diberikan nikmat sehat oleh Tuhan dapat semakin bersyukur bahwa sehat itu adalah segala-galanya dan akan menjadi tidak berdaya bila sudah jatuh sakit. Karena itu perlunya edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan bagi setiap orang.



Bagi kalangan medis kedokteran sudah sering menganjurkan mengatur pola hidup sehat dengan memeriksakan fisik secara menyeluruh minimal setahun sekali. Bahkan praktisi kedokteran sudah ada yang menoleh ke teknik penyembuhan alternatip dengan belajar teknik meditasi kesehatan sebagaimana dilakukan oleh Meditasi Bali Usada yang membimbing seseorang mampu mengolah pikiran positip dan menghilangkan pikiran negative pada diri sendiri dan melatihnya secara berkesinambungan demi mendapatkan derajad kesehatan seutuhnya baik baik mind, body and soul. Tidak itu saja...teknik penyembuhan lain yaitu Reiki dan Kundalini pun banyak dipelajari oleh kalangan medis kedokteran. Dengan belajar meditasi, teknik penyembuhan prana, reiki, akupresur, akupuntur dan pijat refleksi bukan untuk menggantikan teknik pengobatan medis kedokteran. Bukan itu maksudnya...teknik penyembuhan reiki sebagai terapi koplementer yang berjalan pararel dengan teknik penyembuhan medis kedokteran. Keduanya saling bersinergi dan saling melengkapi.



Situs totalkesehatanananda.com menyatakan bahwa gejala penyebab stroke adalah Tekanan Darah Tinggi. Kemungkinan menderita suatu stroke dapat dengan jelas dikurangi dengan mengontrol faktor-faktor risiko. Faktor risiko yang paling penting untuk stroke adalah tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah seseorang adalah terlalu tinggi secara gigih, secara kasar lebih besar dari 130/85, risiko dari suatu stroke meningkat dalam proporsi ke derajat dimana tekanan darah terangkat. Mengontrol tekanan darah dalam batasan normal mengurangi kesempatan-kesempatan dari suatu stroke.

Merokok: Faktor risiko penting lain adalah rokok atau penggunaan tembakau lain. Rokok-rokok menyebabkan arteri-arteri karotid mengembagkan atherosclerosis yang berat, yang dapat menjurus pada penutupan mereka dan menghalangi aliran darah ke otak. Atherosclerosis pada umumnya, termasuk keterlibatan dari arteri-arteri yang mensuplai darah ke jantung, dipercepat oleh merokok. Jadi, ketika seorang individu merokok, pertanyaan utama menjadi - yang mana akan terjadi pertama; suatu stroke, serangan jantung, atau kanker paru?

Diabetes: Faktor risiko lain untuk mengembangkan suatu stroke adalah diabetes mellitus. Diabetes menyebabkan pembuluh-pembuluh kecil untuk menutup secara prematur. Ketika pembuluh-pembuluh darah ini tertutup diotak, stroke-stroke kecil (lacunar) mungkin terjadi. Kontrol gula darah yang baik adalah penting dalam mengurangi risiko stroke pada pasien-pasien diabetic. Suatu tingkat kolesterol darah yang naik adalah juga suatu faktor risiko untuk suatu stroke disebabkan oleh akhirnya halangan dari pembuluh-pembuluh darah (atherosclerosis). Suatu diet yang sehat dan obat-obat dapat membantu membuat normal suatu tingkat kolesterol darah yang naik.

Read More..

SEMANGKUK SUP PUNYA SEJARAH.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 26 April 2010 1 komentar

Postingan kemaren sehat bersama waskita reiki menyinggung Sayur Sop Bu Wartini dengan menu utama pesanan saya yaitu sop jamur tiram yang sungguh aduhai rasanya selepas olahraga jalan kaki pagi. Racikan sayur sop yang biasa dibuat di rumah umumnya memakai kubis, kacang panjang, wortel, irisan kentang, daging ayam atau sapi, daun selada plus taburan bawang goreng coklat. Tapi menu sayur sop jamur tiram Bu Wartini tadi dibuat dengan cara merebus di atas panggang api dari arang hitam.



Bagi Anda.....sahabat sehat bersama waskita reiki tentu sudah akrab dengan istilah merebus ketika sedang bekerja di dapur. Perlu diketahui bahwa merebus adalah teknik memasak yang lebih menguntungkan dibandingkan menggoreng, membakar atau memanggang. Hal ini disebabkan energi panas bukan dari kundalini tetapi dari panas bara api arang kayu bakar atau api biru gas dapat lebih meresap ke bahan makanan sehingga dapat melepaskan racun atau zat yang menjadi parasit pada makanan agar makanan aman dikonsumsi.



Dengan teknik merebus ini manusia purba menyadari bahwa beragam hewan dan tanaman lebih banyak bisa dikonsumsi sampai habis. Lihat saja tulang hewan misalnya belum tentu bisa dimakan jika hanya dibakar. Nah...merebus makanan ternyata juga dapat menciptakan sensasi rasa baru. Butiran sereal misalnya, jika direbus akan mengeluarkan butiran kanji sehingga menciptakan efek mengentalkan seperti saat Anda membuat jenang grendul. Memanaskan beberapa jenis makanan sekaligus juga akan menyebabkan masing-masing bahan kehilangan kandungannya dan pada saat yang sama sari makanan akan bercampur sehingga menciptakan rasa baru yang unik dikecap lidah.




Jamur Tiram Ini tumbuh dengan begitu suburnya. Di olah menjadi Sop Jamur Tiram ala Bu Wartini diyakini sangat ampuh untuk mencegah Kolesterol. Jamur Tiram ini sangat mudah diolah bisa dijadikan sayur pelengkap menu utama, bahkan bisa diolah menjadi minuman.


Berdasarkan data sebuah buku kuno, orang primitif telah mengkonsumsi sup dan sejenis bubur. Pada jaman Neolitikum sup telah dikonsumsi di daerah Mediterania. Setelah Kekaisaran Romawi runtuh, sup bertahan di Kekaisaran Bizantium yang berpusat di Konstantinopel. Berkat runtuhnya Kekaisaran Ottoman di Turki pada tahun 1454, tradisi menyantap sup di Asia Tengah ditularkan kepada masyarakat Eropa. Tak seperti di Eropa Barat, orang Turki tidak membatasi mengonsumsi sup pada momen khusus atau saat menyantap hidangan tertentu saja.



Air rebusan kemudian berkembang menjadi air kaldu. Berhubung orang di zaman itu mulai terbiasa merebus daging yang disajikan di mangkuk besar dan disantap beramai-ramai dengan menghirup langsung dari mangkuk. Sementaa kelas menengah di Eropa cukup hanya menghirup air kaldu, kalangan bangsawan Eropa telah menambahkan daging atau sayuran ke dalam air kaldu. Sebelum sendok ditemukan, isi daging dan sayuran diambil langsung dengan tangan dari mangkuk dan lama kelamaan menggunakan pisau untuk mengambilnya.




Di Nikita Palace Hotel, salah satu Hotel Berbintang satu terbaik di Bukittinggi, Jamur Tiram ini diolah menjadi beberapa Makanan dan Minuman. Dengan olahan dari para koki yang sangat berpengalaman, seperti Es Buah Jamur, Roullet Jamur, Jamur Soup, Fried Jamur With Chicken dan Ice Cream Jamur . Jika anda sayang dengan kesehatan tubuh anda, lupakan mengkonsumsi makanan cepat saji, mari beralih lah ke makanan sehat, unik dan penuh cita rasa ini. Sibukkan diri anda bersama keluarga di dapur kecil anda. Merupakan suatu pengalaman tersendiri dengan mengkonsumsi tumbuhan unik ini karena beribu gizi yang bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga stamina. Tapi sebelum menyantap makanan ini alirkan lebih dulu energi Reiki ke dalam makanan.


Baru pada abad ke-14 sendok ditemukan sebagai media untuk mengambil kuah dan ampas sup sehingga sup tidak tumpah mengotori baju, mengingat saat itu model baju Eropa berupa atasan dengan kerah renda besar dan mengembang kaku. Bentuk awal sendok yang tidak nyaman dipakai sehingga tetap mengotori baju pun kemudian berubah dengan gagang yang lebih panjang dan ceruk sendok diperbesar yang mampu mengurangi kemungkinan kuah sup tumpah ke baju.



Sumber tulisan : Ragam Kompas Klasika.

Read More..

Pelaksanaan attunement kundalini reiki level 3 sudah masuk angkatan 8 dan attunement kundalini reiki level 4 masuk angkatan 6. Karena itu bagi sahabat sehat dengan kundalini reiki yang ingin melanjutkan ke level 3 atau 4 dipersilahkan mendaftar pada kolom komentar postingan ini dan bukan postingan lain.



Sikap tubuh saat menerima boostering 1 kundalini reiki level 4. Memusatkan perhatian pada chakra mahkota dan dasar.



Ada pun tata caranya sudah ditulis postingan lalu dan bagi yang belum paham silakan baca ulang postingan tadi di halaman sebelumnya. Dengan Anda praktek self healing dan healing ke orang lain tatap muka atau jarak jauh di harapkan energi kasar milik Anda semua sudah dibersihkan sedikit demi sedikit sehingga kemungkinan sensasi attunement level ini sedikit berkurang powernya. Bukan berarti dengan kurangnya sensasi kemampuan reiki dan kundalini menurun tetapi Anda harus bersyukur bahwa pembersihan dengan kundalini sudah berjalan termasuk dengan energi reiki itu sendiri. Effeknya.....tubuh phisik semakin sehat dan bugar. Karena itu attunement level 3 dan 4 jatuh pada tanggal

Sikap tubuh saat menerima penyelarasan energi reiki kundalini level 3.

02 Mei 2010 jam 21.00-21.30 wib untuk level 4 dan jam 21.30-22.00 wib untuk level 3. Pendaftaran di tunggu sampai jam 20.45 wib Minggu malam 02 Mei 2010. Semua pendaftar dengan sendirinya masuk secara otomatis dalam progam attunement sekaligus saya catat sebagai peserta yang energinya on line terhubung sehat dengan kundalini reiki.

Read More..

Pelaksanaan attunement kundalini reiki level 5 sudah masuk angkatan 5 dan attunement kundalini reiki level 6 masuk angkatan 4. Karena itu bagi sahabat sehat dengan kundalini reiki yang ingin melanjutkan ke level 5 atau 6 dipersilahkan mendaftar pada kolom komentar postingan ini dan bukan postingan lain. Penyelarasan level ini disebut boostering 1.



Ada pun tata caranya sudah ditulis postingan lalu dan bagi yang belum paham silakan baca ulang postingan tadi di halaman sebelumnya. Dengan Anda praktek self healing dan healing ke orang lain tatap muka atau jarak jauh di harapkan energi kasar milik Anda semua sudah dibersihkan sedikit demi sedikit sehingga kemungkinan sensasi attunement level ini sedikit berkurang powernya. Bukan berarti dengan kurangnya sensasi kemampuan reiki dan kundalini menurun tetapi Anda harus bersyukur bahwa pembersihan dengan kundalini sudah berjalan termasuk dengan energi reiki itu sendiri. Effeknya.....tubuh phisik semakin sehat dan bugar. Karena itu attunement level 5 dan 6 jatuh pada tanggal 30 April 2010 jam 21.00-21.30 wib untuk level 6 dan jam 21.30-22.00 wib untuk level 5. Pendaftaran di tunggu sampai jam 20.45 wib Jumat malam 30 April 2010.




Meditasi dengan memusatkan perhatian ke bagian chakra tenggorokan dan seks untuk level 5. Sedangkan level 6 memusatkan perhatian pada chakra jantung dan solar pleksus di mana energi yang terkumpul menyatu di kedua chakra telapak tangan.


Semua pendaftar dengan sendirinya masuk secara otomatis dalam progam attunement sekaligus saya catat sebagai peserta yang energinya on line terhubung sehat dengan kundalini reiki.


Read More..

SOP JAMUR TIRAM BU WARTINI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 25 April 2010 1 komentar

Dari jauh warung itu tidak begitu terlihat menonjol dibandingkan dengan warung sebelahnya yang berjualan Bakwan Malang. Namun yang membedakan dengan warung disebelahnya dan juga warung lain yang bertebaran sepanjang Jalan Raya Pondok Kacang Ciledug Tangerang adalah tulisan Bahari di papan penunjuk usaha warung ini. Boleh jadi tulisan Bahari sebagai pengingat yang memang bersinggungan dengan nama kota asal pemilik warung ini, yaitu Kota Tegal Bahari.



Warung Tegal Bahari....begitulah nama Warung Tegal milik Bu Wartini, pemilik warung Tegal yang sudah delapan tahun membuka usaha di wilayah Desa Tajur Ciledug Tangerang. Ketika pagi yang cerah minggu lalu saat sehat kundalini reiki menyambangi usaha Bu Wartini sehabis olahraga jalan kaki pagi, warung ini masih sepi dari kunjungan pembeli. Di dapur yang cukup sederhana seorang kerabat tengah menyiapkan masakan oseng-oseng tempe dan sayur labu sebagai menu harian warung ini. Sedangkan Bu Wartini sendiri tengah mengiris sayatan benda putih mirip daging ayam lalu memasukkannya ke dalam wadah plastik.



"Ini Jamur Tiram untuk dibuat sayur dan oseng-oseng, " katanya sambil mempersilahkan sehat dengan kundalini reiki duduk di bangku panjang. Sepintas memang mirip suwiran daging ayam dan teksturnya begitu lembut mudah dicabik-cabik namun ketika dipegang terasa sedikit kenyal. "Saya berbelanja jamur tiram karena permintaan pelanggan yang hobi menyantap jamur cukup banyak di warungku ini," katanya dalam logat Tegal yang kental. Biasanya saya ke pasar Lembang Baru Ciledug jam lima pagi untuk berbelanja. Di pasar itu pedagang pemasok mendatangkan jamur tiram dari Cianjur Jawa Barat di mana banyak petani di daerah itu menanam jarum tiram sebagai usaha sampingan selain bertani.




Jarum Tiram warna putih tekstur kelopaknya kenyal, mudak dicabik-cabik layaknya daging ayam kampung.


Pembicaraan berlanjut terus tentang cara memasak jamur tiram ini. Namun tiba-tiba lamunan sehat dengan kundalini reiki berputar kembali ke tahun lalu ketika berkunjung ke Cianjur. Di daerah ini tepatnya di Desa Benjot Kecamatan Cugenang Cianjur Jawa Barat tempat pembudidayaan jamur tiram berada , sudah cukup dikenal di kalangan petani jamur. Pemilik usaha ...Ibu Hajjah Tuti Triono mengakui jamur tiram yang dihasilkannya belum mampu mencukupi permintaan pasar, meski dalam satu hari usahanya bisa menghasilkan sekitar 150 kilogram jamur tiram. Padahal jamur hasil produksinya hanya dipasok untuk memenuhi permintaan pasar Jakarta dan sekitarnya saja.



Keunggulan ekonomis jamur tiram sangat bervariasi. Selain harga relatif mahal, tingkat keuntungan usaha relatif tinggi karena masa panennya singkat dan segera laku di pasaran. Biasanya jamur tiram yang dihasilkannya dipasok untuk memenuhi permintaan pelanggan yang umumnya adalah pengusaha restoran dan supermarket tanpa kecuali warung Tegal milik Bu Wartini itu tadi. Jadi selain pasar modern supermarket, di pasar tradisional pun jarum tiram mudah ditemui. Tak jarang di sekitar lokasi pembudidayaan jamur tiram pun ada pasar tradisionil desa juga menjual jamur tiram.



Jamur Tiram Putih atau dikenal dalam bahasa latin Plerotus Ostreatus merupakan salah satu jenis jamur yang dapat dikonsumsi manusia. Selain memiliki citarasa yang khas seperti daging ayam, jamur tiram juga memiliki kandungan gizi tinggi. Jamur tiram mengandung protein antara 19 hingga 35 persen dari berat kering jamur, juga mengandung karbohidrat sebanyak 46 koma 6 hingga 81 koma 8 persen. Artinya jamur tiram juga mengandung vitamin B-1, vitamin B2 serta unsur garam mineral lainnya.




Jamur tiram putih dalam bahasa latin disebut Pleurotus Ostreatus salah satu jenis jamur tersedia di restoran termasuk di sini Warung Tegal.


Budidaya jamur tiram memiliki prospek ekonomi yang sangat baik. Jamur ini merupakan salah satu produk komersial dan dapat dikembangkan dengan teknik yang sangat sederhana. Pasar jamur tiram sangat jelas. Permintaan pasar yang cenderung tinggi bahkan kerap tak terpenuhi membuat para pembubidaya jamur tiram mudah sekali memasarkannya. Selain itu kondisi konsumsi masyarakat akan jamur tiram kini sangat tinggi sehingga produksi jamur tiram sangat dibutuhkan dalam skala besar. Saat ini harga jamur tiram di pasar tradisionil setiap kilogramnya 12 ribu rupiah. Jika dijual ke pasar modern supermarket bisa mencapai 22 ribu rupiah per kilogramnya.



Jarum tiram jelas memiliki keunggulan tersendiri saat dibudidayakan. Pertumbuhan jamur tiram sangat cepat jika sudah dipanen, maka jamur tiram harus dipanen setiap hari bahkan bisa dipanen pagi dan petang hari. Jika hari itu tidak panen, maka jamur yang sudah dibudidayakan akan mati dalam waktu tiga hari sejak jamur tumbuh. Satu bibit jamur tiram akan terus dipanen hingga empat bulan sampai media tanam mengering dan tidak lagi tumbuh jamurnya. Karena begitu pesat panennya, maka modal usaha budidaya jamur tiram bila disertai pemasaran yang semakin baik dan luwes akan cepat kembali modal hanya dalam jangka waktu dua bulan pertama memulai usaha budidaya jamur tiram.



Bukan itu saja...usaha budidaya jamur tiram harus dalam skala besar maka akan membuka kesempatan lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitarnya. Di tempat usaha budidaya ini, telah bergabung sedikitnya 25 petani plasma yang sudah resmi bisa mandiri dengan menitipkan hasilnya untuk nantinya dipasarkan bersama induk plasma. Bahkan di tempat ini juga telah dibuka pelatihan bagi siapa saja....termasuk sahabat sehat dengan kundalini reiki yang berminat berwirasusaha budidaya jamur tiram. Anda tertarik dengan jamur tiram kenapa tidak dicoba saja?



"Monggo pun dahar sop jamur tiram puniko ?" lamunan sehat dengan kundalini reiki tiba-tiba kembali ke kesadaran phisik ketika tercium bau bumbu bawang putih goreng mengapung di atas kuah sop jamur tiram hasil olahan Bu Wartini ini dan menyadarkan bahwa diri ini sedang ada di Warung Tegal Bahari dan bukannya di Desa Benjot Kecamatan Cugenang Cianjur. Sambil sarapan pagi akhirnya sup jarum tiram ludes juga ke dalam perut dan sesekali terdengar dialog logat Tegal Bu War dengan pembantunya, " Enyong wis wareg."

Read More..

MUSIBAH ANGIN PUTING BELIUNG.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Sedikitnya 31 orang dilaporkan meninggal dunia akibat diterjang angin puting beliung yang menghantam wilayah Dinapur Utara di Negara Bagian Bengal Barat India, Rabu 14 April 2010. Sementara itu lebih dari 100 orang juga mengalami luka-luka. Badai yang disertai angin puting beliung juga merusakkan lebih dari 50 ribu rumah.



Salah seorang korban yang merupakan warga setempat mengatakan kerugian yang mereka derita sangat besar, tidak hanya harta tapi juga nyawa. Selain rumah-rumah yang hancur, sejumlah jalan juga dalam keadaan rusak berat. Puluhan pohon tumbang dan seluruh jaringan komunikasi seperti tiang listrik dan telepon patah dan kabel putus terjurai ke mana-mana akibat kencangnya angin puting beliung yang menerjang wilayah tersebut.




Awan gelap gulita mengiringi datangnya angin puting beliung.


Saat ini upaya penyelamatan masih dilakukan terutama di wilayah yang paling parah mengalami kerusakan. Badai dan angin puting beliung selalu terjadi dan menimpa kawasan Assam dan Bengali Barat selama musim semi berlangsung.



Sumber : Reuters/India - Cyclone.

Read More..

KECELAKAAN TAMBANG DI CHINA.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Regu penyelamat terus berupaya mencari pekerja tambang yang masih terperangkap di dalam tambang batubara di Provinsi Shanxi, Cina 8 April 2010 lalu. Dua belas jenazah berhasil diangkat dari dalam tambang setelah sebelumnya regu penyelamat berhasil menyelamatkan 115 pekerja tambang. Sejak 28 Maret lalu, 153 pekerja tambang yang terletak di Provinsi Shanxi, China terjebak dalam banjir setelah tidak sengaja melakukan penggalian terhadap lorong yang penuh dengan air. Sekitar 300 orang bekerja keras menggunakan 14 pompa untuk mengeluarkan air dari dalam tambang yang dibanjiri dengan air.



Kantor Berita China, Xinhua melaporkan terdapat 26 pekerja tambang batubara Wangjialing yang dilanda banjir di Provinsi Shaxi belum ditemukan. Juru bicara regu penyelamat mengatakan pencarian terhambat oleh banjir yang masih berlanjut dan terjadinya kebocoran di langit-langit tambang, memaksa regu penyelamat menghentikan pencarian. Lebih dari 300 orang diterjunkan dalam upaya penyelamatan dengan membawa pompa tambahan untuk mempercepat operasi yang telah memasuki hari ke dua belas.




Korban selamat dari kecelakaan tambang di China (Foto: AP) In this photo provided by China's Xinhua News Agency, a rescued miner is taken to a hospital in Xiangning County, north China's Shanxi Province, Monday, April 5, 2010. Nine miners were pulled to safety early Monday after spending more than a week trapped in a flooded coal mine in northern China, a rescue that had seemed beyond hope for days before crews heard someone tapping from deep underground. (AP Photo/Xinhua, Lu Xiaoyu)


Hari Minggu lalu regu penyelamat berhasil mengangkat hidup-hidup 115 korban dari dalam tambang yang menurut pemerintah dan media setempat merupakan sebuah keajaiban. Banyaknya pekerja tambang yang berhasil diselamatkan dalam peristiwa ini merupakan berita baik bagi industri tambang China, seperti sering dilaporkan media bahwa pertambangan di China sering membawa korban terperangkap mematikan pekerjanya di dalam lorong pertambangan. Ribuan pekerja tewas tiap tahunnya akibat tambang yang dilanda banjir, ledakan, runtuh dan kecelakaan kerja lainnya.



Permintaan energi yang tinggi dan upah bekerja di tambang yang lebih besar menyebabkan banyak pekerja dari pedesaan yang bekerja di industri pertambangan. Pemerintah China mengatakan telah melakukan banyak penutupan industri tambang swasta yang membahayakan dan upaya ini telah mengurangi kecelakaan tambang. Menurut Kantor Statistik Resmi China, jumlah yang tewas turun dari 3.215 orang pada tahun 2008 menjadi 2.631 pada tahun 2009.



Sumber : Reuters/China-Mine Rescue.

Read More..

TURKI MENANGKAP 22 BAJAK LAUT SOMALIA.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 24 April 2010 1 komentar

Kapal-kapal perang Turki berhasil menangkap 12 kapal bajak laut dalam dua operasi terpisah di perairan Samudera Hindia 22/04. Operasi penangkapan dilakukan ketika delapan kapal bajak laut tengah menyerang sebuah kapal berbendera Liberia. Kepala Staff gabungan Turki mengungkapkan kapal-kapal perang Turki berhasil menangkap 12 bajak laut di Samudera Hindia, setelah menggelar dua operasi terpisah secara intensif.



Operasi tersebut merupakan bagian dari missi yang dilancarkan NATO guna menumpas aksi pembajakan di wilayah perairan yang menghubungkan Benua Asia dan Eropa, menyusul semakin meningkatnya aksi gank-gank bajak laut Somalia. Operasi penangkapan di wilayah perairan Samudera Hindia dilakukan ketika delapan bajak laut tengah menyerang sebuah kapal berbendera Liberia. Sementara delapan bajak laut lainnya ditangkap ketika tengah mengitari sebuah kapal berbendera Malta.



Kapal perang Turki dikirim ke Teluk Aden dibawah missi internasional sejak akhir tahun lalu.

Delapan bajak laut ditangkap ketika mendekati kapal berbendera Malta.

Operasi penangkapan kawanan bajak laut Somalia didukung helikopter militer Turki.

Operasi bagian missi NATO berhasil menangkap kawanan bajak laut Somalia.


Operasi penangkapan terhadap bajak laut Somalia tersebut juga didukung helikopter militer Turki. Kapal-kapal perang Turki dikirim ke Teluk Aden dibawah missi internasional sejak akhir tahun lalu. Gank-gank bajak laut Somalia sejauh ini beroperasi di jalur-jalur strategis yang menghubungkan Asia dan Eropa dan seringkali meminta tebusan uang senilai jutaan dollar Amerika Serikat. NATO melaporkan intensitas aksi bajak laut Somalia terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Berikut ini photo dokumentasi saat bajak laut Somalia menyandera warga Perancis 4 April lalu.




Para bajak laut tersebut ditangkap saat sebuah operasi militer guna membebaskan sandera berlangsung pada kapal Tanit, sebuah kapal layar Perancis yang diambil alih para sandera di Teluk Aden pada 4 April. Nakhoda kapal Perancis tersebut serta dua bajak laut tewas terbunuh dalam operasi yang dipimpin oleh para tentara komando Perancis.


Sumber : Reuters/At Sea - Turkey Army Raid.

Read More..

KONSER MUSIK HARI BUMI KE-40.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 23 April 2010 0 komentar

Kalangan pecinta lingkungan menghadiri peringatan Hari Bumi 22 April kemaren di Time Square New York Amerika Serikat yang dimeriahkan dengan konser musik. Walikota New York Michael Bloombergh dan Sekjen PBB Ban Ki Moon menyampaikan pesat-pesan kepada penduduk dunia untuk mewariskan bumi yang bersih kepada anak cucu.



Ratusan warga Amerika Serikat dan Wisatawan Manca Negara memadati kawasan Time Square New York untuk memperingati hari bumi yang diperingati untuk ke-40 kalinya. Suasana peringatan hari bumi yang dimeriahkan konser musik ini terlihat sangat meriah dan sama sekali berbeda dengan peringatan hari bumi pertama pada tahun 1970 lalu.



Ketika itu lebih dari 20 juta orang menggelar aksi unjuk rasa dan dikenang sebagai salah satu aksi protes terbesar dalam sejarah Amerika Serikat. Berbeda dengan 40 tahun lalu, kalangan aktivis lingkungan kini tidak lagi menggelar aksi protes melainkan merayakannya dengan meminta kesadaran warga dunia untuk memperhatikan masalah lingkungan. Dalam pidato sambutannya, walikota New York Michael Bloomberg dan Sekjen PBB Ban Ki Moon berpesan, masih banyak tugas yang harus dilakukan untuk menyelamatkan bumi bagi kehidupan manusia.




Peringatan Hari bumi pertama tahun 1970 dengan aksi unjuk rasa terbesar di Amerika Serikat. Crowds gather next to a statue of George Washington in Union Square for the first Earth Day celebrations, New York , 22 April 1970. Photo by Hulton Archive/Getty Images.

Konser musik mengiringi peringatan hari bumi ke-40 di New York. Kalangan aktivis lingkungan tidak lagi menggelar aksi protes.


Para aktivis lingkungan menyatakan prihatin terhadap kualitas udara dan air bersih untuk jangka panjang. Mereka berharap manusia yang tinggal di bumi saat ini dapat mewariskan lingkungan yang bersih kepada anak cucu. Lebih dari satu milyar penduduk bumi diharapkan dapat meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan.



Sumber : Garit/USA - Earth Day Celeb.

Read More..

MENDERAS KELAPA MEMBUAT GULA MERAH.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Memasak di dapur biasanya para ibu rumah tangga menggunakan gula coklat muda sebagai sarana penyedap masakan. Siapa pun tentu mengenal gula berwarna coklat muda ini. Tampilannya sedikit keras tercetak berbentuk mangkok tertelungkup dan mudah mencair bila terkenan hawa panas. Ya...gula coklat manis ini sehat dengan kundalini reiki menyebutnya sebagai gula Jawa, tentu ada dalam dapur Anda semua. Namun adakah di antara ....sahabat sehat dengan kundalini reiki yang pernah melihat proses pembuatan gula jawa ini. Bila belum...sahabat Heru dari Televisi Jawa Timur mengajak Anda berkunjung ke sebuah desa penghasil gula jawa ini, tepatnya di Desa Nglaran Kecamatan Tulakan Pacitan Jawa Timur.



Masyarakat Desa Tulakan di samping bertani juga mempunyai profesi sebagai penderas. Penderas yaitu mengambil air nira kelapa di puncak pohon kelapa dan memasukkan tetesan air nira ke dalam bumbung bambu. Karena keunikannya dalam membuat gula kelapa terutama bentuk dan cara membuatnya, gula jawa produksi desa ini sudah dikenal hampir di seantero Kabupaten Pacitan, Madiun, Tulungagung dan Ponorogo di samping Wonogiri, Sukoharjo dan Solo.



Selain sebagai daerah penghasil kelapa terbesar di Jawa Timur, Pacitan juga banyak memasok gula jawa ( gula merah ) ke berbagai daerah. Wajar saja daerah ini banyak terdapat usaha sampingan warga setempat selepas memburuh tani yaitu membuat gula jawa. Usaha ini sudah berlangsung turun temurun dan ternyata mampu menopang kehidupan ekonomi rumah tangga warganya, di saat hasil pokok seperti bertani, berkebun, buruh bangunan sedang surut. Karena itu pekerjaan ini sudah menjadi pekerjaan pokok warganya mengingat setiap warga desa rata-rata mempunyai kebun kelapa luas di samping rumahnya.




Memanjat pohon kelapa untuk mengambil air nira sebagai bahan baku gula merah.


Seperti halnya warga desa Nglaran yang hampir separo warganya berprofesi sebagai pembuat gula jawa atau gula merah, sangat cekatan membuat proses gula kelapa sejak mengumpulkan air nira kelapa hingga mengolahnya di dapur. Memang cara membuat gula jawa ini kelihatan mudah dan sederhana, tetapi perlu keahlian khusus. Mula-mula pukul empat sore pohon kelapa dipanjat. Penderes harus membawa bumbung bambu lalu memanjat dan meletakkan bumbung ini di bawah tangkai manggar yang dipotong ujungnya.



Ujung manggar yang dipotong lalu dimasukkan ke lobang bumbung yang digantungkan dengan seutas tali kawat pada tangkai daun kepala di puncak pohon. Selama bumbung ini menggantung di malam hari, maka tetes demi tetes air nira akan mengalir memenuhi bumbung ini. Pagi harinya bumbung ini diambil di bawa turun dan selanjutnya di masukkan wajan tempat mengolah air kelapa atau nira. Kumpulan air nira kelapa masing-masing bumbung lalu disaring agar didapatkan air nira bersih. Barulah air nira bersih ini direbus dalam wajan di atas tungku api sampai cairan nira mendidih.




Dengan sangat hati-hati penderes kelapa lalu memasang bumbung untuk menampung air nira di pucuk pohon kelapa.


Setelah cairan nira mendidih dan berubah menjadi adonan coklat lalu dimasukkan ke dalam cetakan bathok terbuat dari tempurung kelapa dibelah dua. Adonan dalam mangkuk tempurung kelapa dibiarkan selama semalam hingga membeku dan mengeras. Barulah adonan ini dilepaskan dari cetakan dan siap dijual ke pasar desa. Tentu saja pohon kelapa yang dideres ini pasti tidak dapat lagi berbuah mengingat calon buah ( bluluk ) telah diambil air niranya.




Adonan rebusan air nira yang sudah kental lalu dituang ke cetakan batok kelapa. Cetakan ini lalu dijemur di halaman selama satu hari satu malam.


Setiap kilo gula jawa laku dijual tujuh ribu hingga tujuh ribu lima ratus rupiah. Rata-rata seorang pembuat gula jawa mampu memanjat pohon kelapa hingga sepuluh pohon per hari. Memang berat pekerjaan memanjat pohon kelapa tinggi dengan risiko jatuh tapi mau apalagi bila ini satu-satunya pekerjaan yang dapat menghidupi keluarga warga desa Nglaran Pacitan ini. Nah....bila sahabat kita semua sedang mencicipi masakan boleh jadi bumbu penyedap tadi menggunakan gula jawa. Kalau gula Sunda, Sumatera atau Kalimantan adakah nama lain yang tepat untuk menamainya?




Anda penggemar rujak atau asinan tentu kenal dengan gula jawa merah batok tebu ini bukan? Rasanya manis sebagai bumbu penyedap membuat rujak

Read More..

MEMBUANG EGO DIRI AGAR HIDUP HARMONI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 22 April 2010 1 komentar

Sebuah fakta mengejutkan menyatakan bahwa sebagian orang di sekitar kita ada yang hidup dalam ketergantungan berbagai jenis obat-obatan terlarang karena menderita tekanan mental, cemas, depressi, frustasi dan sebagainya. Sebahagian lagi menghabiskan waktunya dengan pergi ke dokter atau pun berkonsultasi dengan psikolog atau pun psikiater. Apakah artinya ini? Itulah sekilas prolog yang ditulis Mbak Tri AW praktisi Inti Reiki dalam buletin Inti Reiki Juni 2009 lalu.



Disebutkan banyak orang yang belum mampu menyeimbangkan dan menyelaraskan pikiran, tubuh dan jiwa ( mind, body and soul ). Pengaruh pikiran terhadap tubuh lebih kuat daripada pengaruh tubuh terhadap pikiran. Kemarahan, cinta yang membabi buta, kebencian, duka mendalam, hilangnya percaya diri, harapan semu, rasa malu, takut berlebihan serta kecemburuan semuanya adalah jenis emosi negative dalam diri yang berbeda-beda jenisnya. Hal kecil saja terlintas dalam pikiran bisa mengubah emosi menjadi temperamental di mana emosi dapat menyebabkan degenerasi sistem syaraf dan kelenjar endokren dan pada akhirnya akan merusak sistem kekebalan tubuh.



Berpikir adalah percakapan Sang Jiwa dengan Dirinya. Di saat dalam keheningan, kedamaian dan ketentraman akan mengarahkan kepada pola berpikir positip. Lalu bagaimana cara mengendalikan pikiran tersebut agar mengarah ke positip? Pikiran positip dapat dikendalikan dengan terus menerus mengarahkan diri kita kepada keselarasan mind, body and soul. Dalam ketentraman, ketenangan dan kedamaian kita belajar melepaskan diri pada ikatan duniawi di mana semakin banyak kita terikat dengan kehidupan duniawi semakin banyak pula sedih dan gembira datang silih berganti seperti lirik lagu Koes Plus Bahagia.



Dengan belajar melepaskan ikatan duniawi berlebihan bukan berarti kita melepaskan diri dari tanggung jawab sebagai kepala keluarga, anggota keluarga yang tentu harus mencari nafkah untuk kelangsungan hidup keluarga. Termasuk di sini bukan juga melepaskan diri dari ikatan sosial lingkungan tempat tinggal, tetapi semata-mata kita mengistirahatkan diri sendiri lepas dari masalah keseharian yang cenderung menekan mental dan jika tidak dapat kita atasi akan membuat hidup penuh ketegangan alias stress.



Kebahagian sempurna dapat dicapai jika kita dapat menumbuhkan kesadaran dengan membebaskan diri untuk sementara waktu dari urusan duniawi dan merenung diri sudah sejauh mana kita mampu memaafkan atas kemarahan orang lain serta dendam dalam diri yang ada untuk dibuang dan dilepaskan jauh-jauh dari dalam diri. Dengan mengontrol indera penglihatan, perasaan dan belajar melihat ke dalam diri dan bukan ke luar diri, maka kita dapat mengontrol perasaan agar tidak liar dipenuhi perasaan negative yang muaranya akan membuat energi negative menyelubungi tubuh phisik.



Dengan bersyukur atas apa yang telah didapat sebagai karunia dari Yang Maha Kuasa akan membantu tercapainya kebahagiaan dalam diri. Kebahagiaan sejati sejatinya ada dalam diri sanubari jika kita tahu bagaimana meresponnya. Sebagai contoh dengan mempraktekkan meditasi secara teratur seseorang dapat melatih untuk melepaskan emosi negative, ego, mau menang sendiri, serakah dan sifat negative lainnya dalam diri. Karena itu sangat pantas bila kita memulai belajar hidup bermeditasi dengan memancarkan pikiran positip dalam diri dan dari chakra jantung kita pancarkan energi kasih kepada alam kecil di sekitar kita mulai lingkungan keluarga, tetangga, masyarakat sekitar, bangsa dan negara sebagai masyarakat luas serta alam semesta ciptaan Tuhan.



"Semoga semua mahkluk hidup berbahagia, " demikian salam meditasi dari Guru Meditasi Kesehatan Mertha Ada setiap kali kita melatih hidup bermeditasi untuk meraih kesehatan guna mengendalikan pikiran positip yang harus dipelihara dalam hidup ini. Bila hidup bermeditasi sudah menjadi gaya hidup anggota masyarakat, maka permasalahan dalam masyarakat seperti ketegangan, stress, depressi, penyakit fisik, tekanan mental, permusuhan, dendam, amarah, kecewa, balas dendam tidak berkesudahan mengarah kepada peperangan, dapat diredam, berkurang sehingga hubungan harmonis antar manusia pun dapat terus terpelihara. Semoga semua ini menjadi kenyataan.

Read More..

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto Saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.