ON LINE

Followers

SUNGAI AMAZON MULAI KERING.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 03 November 2010

Sebagian negara di Wilayah Asia yang saat ini tengah dilanda bencana angin ribut dan banjir besar akibat curah hujan cukup tinggi, ternyata tidak berlaku bagi negara Brazil. Negara Brazil justru tengah dilanda musim kering dimana pola cuaca ekstrim terjadi di hutan tadah hujan terbesar di kawasan Amazon Brazil, sehingga mengakibatkan sungai Amazon mulai mengering dan tandus.



Kalangan ilmuwan memprediksi musim kering aikan semakin berkepanjangan akibat fenomena El Nino, musim badai topan di Samudra Atlantik dan kerusakan hutan yang berpengaruh kuat terhadap perubahan iklim. Dampak dari keringnya Sungai Amazone mengakibatkan ribuan perahu motor tak dapat beraktivitas. Debit air anak sungai Amazone, sungai Rio Negro dan Solimoes juga terus menyurut drastis.

Graze Androliza wanita cantik berkulit hitam tengah membawa air bersih yang ia ambil dari sisa anak sungai yang mengering di Sungai Amazon, di Parana, Amazonas.

Pablo Soarez menarik kuda dan perahunya menyeberangi lumpur yang mulai mengeras dari anak sungai Amazon yaitu sungai Rio Negro. Musim kering merupakan kondisi yang terburuk dalam beberapa tahun terakhir, di Parana, Amazonas.

Photo dokumentasi : Seorang penduduk di sekitar sungai Amazon sedang mendayung kano, ikan mati ditemukan di tepi Sungai Parana de Manaquiri, sebuah anak sungai Amazon, dekat kota Manaquiri November 22, 2009

Dasar sungai Amazon kering sehingga perahu sudah tidak bisa digunakan kembali karena tinggi air di sungai itu sudah menurun karena kekeringan.


Sementara itu bantaran sungai mengalami longsor sehingga mengancam kawasan permukiman warga yang tinggal di pinggir sungai. Di kota kecil Careiro Da Varzea yang memiliki populasi penduduk 23 ribu jiwa, bencana tanah longsor terjadi di wilayah permukiman. Kendati tidak dilaporkan adanya korban jiwa, organisasi pecinta lingkungan Green Peace menyatakan 27 kawasan Brazil berstatus keadaan darurat.



Saat ini warga sekitar Sungai Amazon mulai bergantung pada bantuan darurat. Pemerintah Brazil mengumumkan bantuan darurat 13,5 milyar dolar Amerika untuk negara bagian Amazon dan sejauh ini telah mendistribusikan 600 ton bantuan. Studi internasional pada musim kering terburuk di tahun 2005 lalu mendapati adanya kerusakan hutan Amazon yang mengakibatkan pelepasan gas carbon lebih dari emisi gas rumah kaca negara Eropa dan Jepang.


Penduduk mendayung kano mereka diantara ikan-ikan yang mati di Sungai Parana de Manaquiri, sebuah anak sungai Amazon, dekat kota Manaquiri.

Aligator yang mati tergeletak karena terjebak lumpur panas akibat keringnya dasar Sungai Rio Negro yang terus menyusut.

Arieztha Vandemno, bocah kecil tengah asik menombak ikan di Sungai Solimes yang merupakan anak Sungai Amazon yang sudah kering kerontang.

Sumber : Reuters/Manaus Brazil. Photo by REUTERS/Bruno Kelly/Amazonaspress .

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.