ON LINE

Followers

BUDIDAYA IKAN BALITA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 28 Agustus 2010

Usaha budidaya ikan biasanya akan menunggu hasil panen sampai ikan berukuran besar agar dapat dipasarkan. Tapi berbeda dengan usaha budidaya ikan yang dilakukan sebagian warga desa Cibeber Jawa Barat ini. Bagi warga Cibeber, ikan seukuran ibu jari saja sudah dapat dijual ke pasar-pasar dan restoran di sekitar Cianjur. Tentu saja ikan kecil ini diolah dan disajikan dalam bentuk kemasan. Berikut ini laporan Rekan Nursidik dari Televisi Jawa Barat dalam segmen asli Indonesia.



Usaha budidaya ikan balita di jalan Didi Prawira Kusuma, desa Cibeber Cianjur Jawa Barat oleh pemilik usaha sengaja membudidayakan anak-anak ikan mas dan nila untuk bisa langsung dijual ke pasar tradisional maupun ke restoran bahkan ke minimarket dalam bentuk kemasan siap saji. Usaha ini tidak harus menunggu panen ikan yang memakan waktu berbulan-bulan sejak bibit ditaburkan ke kolam penampungan.



Pemilik usaha Iyan Solihin mengaku bisa panen dua kali sehari. Ikan yang dipanen lalu dibersihkan isi perutnya hingga bersih. Setelah dibersihkan ikan langsung dibungkus dalam plastik dan pembeli bisa memasaknya segera. Para pelanggan ikan balita juga dapat langsung menggorengnya dengan tambahan bumbu penyedap.


Makanan khas Sunda selalu menyertakan ikan balita dalam menunya. Cocok untuk berbuka puasa.

Harga per kilo tiga puluh lima ribu rupiah untuk ikan kecil basah. Sedangkan untuk ikan balita goreng dijual dua puluh ribu rupiah per kemasan plastik. Untuk pemasaran pemilik usaha tidak mengalami kesulitan karena sudah mempunyai pelanggan tetap seperti restoran, rumah makan tradisional khas Sunda, perusahaan katering dan pasar tradisional seputar Cianjur.



Yang menggembirakan penjualan ikan balita ini tidak saja di Cianjur saja. Pemasaran ikan balita sudah sampai wilayah Jabodetabek dan Bandung. Pemilik usaha ini mengaku dalam sebulan mampu meraup omset penjualan sampai dua ratus juta sampai tiga ratus juta rupiah. Suatu usaha skala kecil dari masyarakat desa yang mampu memperdayakan masyarakat sekitar desa agar bisa bekerja dengan penghasilan tetap. Yang menjadi perhatian saat ini adalah ketersediaan bibit ikan balita setiap saat untuk mengisi kolam penampungan.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.