ON LINE

Followers

PENTINGNYA ZAT CAIR BAGI TUBUH MANUSIA

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 30 September 2009 2 komentar


Waktu di sekolah dasar dulu sehat habis puasa pernah belajar ilmu bumi. Dalam pelajaran tersebut di samping belajar mengenal kota juga belajar mengenai tata air yang ada kaitannya dengan laut dan pulau-pulau. Disebutkan dalam pelajaran ilmu bumi tadi bahwa hal yang tak terbantahkan jika air memiliki peran yang sangat vital bagi kehidupan manusia.

Manusia sendiri di dalam tubuhnya memiliki zat air yang menempati porsi terbesar diperkirakan sekitar 50-60 persen tubuh orang dewasa terdiri atas air. Maka tak heran jika hampir semua reaksi di dalam tubuh manusia memerlukan cairan. Cairan berupa air yang diminum setiap hari disarankan kurang lebih 8 liter. Oleh para pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam tubuh, cairan tersebut memiliki beberapa fungsi yang sangat penting.

Selain sebagai alat transportasi zat-zat makanan dalam tubuh, cairan tersebut juga berfungsi untuk menjaga dan mengontrol suhu tubuh, serta menjadi tempat berlangsungnya reaksi-reaksi kimia. Boleh dikatakan bahwa cairan tubuh tadi bukan hanya air biasa, tetapi memiliki karakter khusus yaitu mengandung elektrolit dan bersifat basa (alkaline) dengan kandungan antara lain Natrium ( Na+), Kalium (K+), Kalsium (Ca2+), Klor (Cl-) yang dibutuhkan agar organ-organ tubuhnya dapat berfungsi dengan baik.

Dengan melihat fungsi tersebut dapat dibayangkan betapa keseimbangan cairan tubuh sangat signifikan dalam menunjang setiap aktivitas seseorang setiap harinya. Agar aktifitas tidak terganggu maka kecukupan air minum dalam tubuh harus tetap terjaga dengan baik. Mengingat kekurangan cairan dalam tubuh atau disebut dehidrasi akan membawa dampak yang serius bagi kesehatan tubuh.

Tentu sahabat sehat bersama reiki pernah mendengar istilah dehidrasi bukan? Dehidrasi memang ada kaitan erat dengan kecukupan air dalam tubuh manusia. Ini bukan istilah baru di telinga. Istilah tadi mengacu kepada kurangnya cairan dalam tubuh karena jumlah cairan yang keluar lebih banyak dari pada cairan yang masuk. Yang menjadi penanda bahwa tubuh mengalami dehidrasi adalah gejala ringan seperti haus, mulut kering, bibir kering. Sedangkan gejala menengah seperti kulit tidak kenyal sampai gejala serius seperti kulit pucat, mata cekung dan ujung jari menjadi dingin. Gejala umum yang berlaku bahwa pengurangan frekuensi dan volume urin serta perubahan warna air seni menjadi lebih pekat.

Saat kita semua beraktifitas dalam keseharian, manusia selalu akan kehilangan cairan tubuh sekitar 2.500 ml per hari yang keluar dalam bentuk air seni ( lebih kurang 1500 ml), feses, keringat, dan pernapasan ( lebih kurang 900 ml) dan buang air besar ( lebih kurang 100 ml). Tentu saja kehilangan sebesar itu harus segera digantikan dengan jumlah relatif sama agar keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terjaga. Lantas dalam bulan puasa yang baru berlalu itu bagaimana cara menyiasati agar kekurangan cairan tubuh tidak terjadi?

Menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim untuk berpuasa di bulan Ramadhan sebagai bentuk penyucian diri dan mengembalikan manusia kepada fitrahnya yang suci. Saat berpuasa kemaren sehat ala reiki dan tentunya Anda semua tengah menahan diri kurang lebih 14 jam dari makan dan minum. Saat berpuasa tubuh tidak mendapat energi dan zat-zat gizi dari makanan. Yang didapat adalah energi vital kehidupan berupa energi reiki yang menandakan kendati pun kita tidak makan dan minum selama puasa masih bisa bernapas dengan lega dan hidup. Karena kekurangan energi dari produk makanan dan minuman saja, maka tubuh akan berusaha memenuhi kebutuhan energi dengan cara membongkar lemak dan protein tubuh.

Pembongkaran lemak tubuh sangat baik terutama bagi sahabat sehat bersama reiki yang berbadan gemuk dan ingin sekali menurunkan berat badan. Pembongkaran protein tubuh sebaiknya dihindari dan agar kita semua tidak mudah kehilangan cairan tubuh, maka diperlukan minuman yang tepat untuk tubuh. Apa itu? Minumlah isotonik. Sebagai pengganti kehilangan air, minuman ini dapat dibuat dengan kadar air sampai 98 persen. Di samping itu air juga berfungsi sebagai pelepas dahaga dan pelarut nutrien lainnya.

Disebut isotonik karena minuman ini dirancang sehingga memiliki tekanan osmotik yang sama dengan tekanan darah manusia. Minuman isotonik sangat mudah diserap oleh tubuh. Salah satu minuman selain isotonik adalah air hexagonal yang sangat mudah kita dapat di toko atau warung. Air hexagonal sendiri adalah produk pabrik minuman, tapi tak ada salahnya kita semua sebagai praktisi reiki bisa memodifikasi air biasa menjadi air hexagonal dengan metode Inti Reiki atau Reiki tradisi lain yang ada di Indonesia.

Mau tahu bagaimana air biasa bisa dimodifikasi menjadi air hezagonal? Silakan simak uraian yang satu ini dengan cermat.



Read More..

ENERGI SUMBER KESEHATAN TUBUH

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 29 September 2009 1 komentar


Setiap mahluk hidup termasuk manusia selalu dialiri energi vital yang dikenal dengan sebutan Chi untuk istilah China, Prana sebutan Indonesia dan Ki untuk Jepang. Dalam tubuh manusia seperti tubuh sehat sehabis puasa sendiri terdapat organ-organ tubuh, sel-sel dan DNA. Untuk sehat seluruh organ tubuh harus cukup dialiri energi sehingga kebutuhan energi harus didistribusikan secara merata ke seluruh sel jaringan tubuh, sistem kelenjar, sel syaraf, sel DNA termasuk juga rangka tubuh.


Agar kecukupan energi Ki ( khusus praktisi reiki) maka tata cara mengaktipkan seluruh chakra utama dalam tubuh energi mutlak dilakukan setiap hari. Mengaktipkan chakra utama bisa menggunakan simbol reiki utamanya simbol CKR dan SHK. Cara lain adalah melalui meditasi keseimbangan unsur Yin dan Yang, keseimbangan jalur Ida, Pingala dan Sushumna dengan mengalirkan energi chakra ke-14.


Bila kecukupan energi Ki kurang akan terjadi gangguan kesehatan pada tubuh. Untuk itu kita harus selalu menjaga aliran energi tetap lancar dengan cara yang kasat mata, misalnya rajin berolahraga, melatih gerakan yoga atau seni pernapasan. Dengan olahraga maka chakra-chakra dan nadi baik ida, pingala dan sushumna diaktipkan. Dengan aktipnya jalur energi ini maka sumbatan energi kotor yang menumpuk di dorong keluar tubuh lewat chakra terdekat dan sebaliknya energi bersih dipompa masuk juga lewat chakra terdekat.


Bicara energi memang sesuatu yang tidak nyata atau tidak kasat mata. Energi tidak dapat dilihat dengan mata telanjang kecuali bagi mereka yang waskita mempunyai mata ketiga ( chakra ajna ) sudah terbuka/aktip. Bagi praktisi reiki dengan sering menyalurkan energi reiki maka dia dapat merasakan hadirnya energi ini dengan sensasi hawa panas menyengat, hangat dan dingin sekali di sekeliling tubuh.


Coba perhatikan tatkala kita bernapas. Kita menghirup udara bersih ( O2) dan mengeluarkan CO2. Demikian pula adanya energi vital kehidupan manusia masuk ke dalam tubuh manusia lewat pintu gerbang energi yang disebut chakra. Chakra ini selalu berputar searah dan kebalikan arah jarum jam. Selain chakra tubuh manusia juga memiliki jalur energi yang disebut nadi. Nadi besar adalah Sushumna dan nadi kembar ialah Ida dan Pingala.


Setiap manusia hidup mempunyai Kundalini. Kundalini adalah suatu kekuatan spiritual yang amat dahsyat terletak di antara otot kemaluan dan otot dubur. Letak Kundalini ada di perinium. Sebagai seorang praktisi reiki kebangkitan kundalini dari tidur panjangnya adalah harapan setiap orang baik yang belajar olah spiritual atau tidak. Namun seberapa jauh kebangkitan Kundalini tergantung kepada seberapa sering yang bersangkutan melakukan penyaluran energi reiki, meditasi kundalini reiki serta latihan dalam membangkitkan Kundalini.


Saat Kundalini bangkit maka energinya akan merayap sepanjang jalur sushumna lewat chakra dasar, sex, solar plexus, jantung, visudi, ajna lalu keluar lewat chakra mahkota. Bila Kundalini telah aktip kebangkitan ini akan dirasakan seperti panasnya suhu badan tetapi bukan panas demam. Rasa panas ini sebagai akibat pembakaran energi negative dalam tubuh energi oleh tenaga Kundalini. Bila rasa panas telah tiada maka suhu badan akan normal dengan sendirinya.


Pembersihan sumbatan energi negative oleh Kundalini memang besar manfaatnya. Tubuh energi akan selalu bersih sehingga kesehatan tubuh jasmani akan terpelihara dengan baik, chakra utama semakin bersih dan aktip dengan sendirinya. Untuk mengimbangi sensasi hawa panas yang berlebihan dalam tubuh energi maka kita melakukan grounding sehingga panas badan akan dikurangi dan dibuang masuk bumi.


Tentunya sahabat dengan reiki bertanya, "Bisakah orang lain yang tidak belajar Prana, Ki dan Chi bisa dibantu agar tubuh energinya juga bersih seperti layaknya praktisi reiki?" Saya jawab bisa namun tindakan ini adalah pasif dalam arti orang yang minta bantuan ini akan selalu tergantung kepada praktisi reiki. Agar menjadi aktip mandiri maka yang bersangkutan ditawarkan cara praktis yaitu mau menjadi praktisi reiki dan mempraktekkan reiki secara berkesinambungan dalam hidupnya. Dengan praktek reiki maka kesempatan hidup lebih sehat dari orang lain akan terbuka lebar. Masalahnya apakah mereka mau?


Read More..

SIMBOL RAKU DALAM REIKI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 28 September 2009 1 komentar


Postingan yang sudah-sudah seputar reiki telah dijabarkan fungsi simbol reiki dalam pembuatan progam reiki ataupun penyaluran energi reiki. Kali ini sehat setelah puasa ingin nyaur utang seputar simbol reiki yang pernah saya janjikan untuk ditulis kembali yaitu seputar simbol reiki Raku. Simbol ini biasa digunakan pada akhir suatu penyembuhan masal baik jarak jauh atau tatap muka. Biasanya simbol ini cukup digambarkan di depan dada lalu tarik garis lurus ke bawah seperti menggambarkan simbol listrik PLN.


Gerakan tangan menggerakkan simbol Raku ini harus cepat bagaikan sambaran petir sedang menyambar bumi. Fungsi simbol ini untuk memisahkan dan memutuskan hubungan eterik antara praktisi reiki yang menyalurkan energi reiki dan pasien yang menerima energi reiki. Simbol ini juga berfungsi untuk memutuskan aura dan energi antara penyembuh dan pasien agar penyembuh terhindar dari tertularnya energi negative penyakit.


Setiap kali sesi penyaluran energi masal ke pasien dalam lokakarya reiki simbol raku cukup digerakkan satu kali saja di depan peserta lokakarya reiki setiap mengakhiri transfer reiki. Namun untuk penyaluran energi reiki ke diri sendiri simbol raku ini tidak digunakan sehabis menyalurkan reiki. Memang simbol raku cukup efektif untuk mengeluarkan karma negative, mengaktipkan hara-line yaitu jalur energi tantien dan membantu serta memperbaiki hubungan pasien dengan bumi dan alam semesta secara positip pribadi. Untuk itu setiap mengaktipkan simbol raku harus digambar minimal 3 kali gerakan tanpa dihubungkan dengan reiki.


Aplikasi simbol raku reiki misalnya, "Saya buang seluruh energi negatif pasien ke dalam bumi, saya putuskan hubungan eterik saya dengan pasien ini sehingga energi negatife pasien tidak mencemari serta memperbaiki hubungan dengan alam semesta terbina baik. Semua terjadi dengan izin-Nya." Affirmasi isi redaksi tidak harus begitu tetapi Anda dapat merancang sendiri kalimat affirmasi yang intinya tidak terjadi pencemaran energi negative penyakit ke praktisi reiki. Jadi inti dari penggunaan simbol raku reiki adalah memutuskan hubungan eterik dan membuang energi negative masuk bumi tanpa merugikan mahkluk lain.


Raku sendiri merupakan simbol untuk tingkatan reiki level III. Kebanyakan Master Reiki menggunakan simbol ini untuk attunement dan tidak pernah digunakan untuk penyembuhan. Pada akhir attunement simbol raku digunakan untuk grounding serta memutuskan hubungan eterik sehingga tidak mencemari master reiki.


Tadi disinggung tentang karma negative dalam diri manusia sejak ia dilahirkan. Karma negative menurut Irmansyah Effendi dalam buku Kundalini menyebutkan bahwa tubuh manusia selalu dipenuhi bibit karma negative. Setiap interaksi manusia dengan manusia lain akan menciptakan karma positif atau negatife. Interaksi tidak harus terjadi saat kedua belah pihak berhadapan secara langsung. Pikiran-pikiran terhadap seseorang dari jarak jauh saja sudah cukup menciptakan karma.


Sebagai mahkluk sosial hubungan manusia satu dengan lainnya dalam kehidupan sehari-hari tentunya menciptakan bibit karma yang selanjutnya bibit karma ini berubah menjadi tali karma. Kalau hubungan yang terjadi bersipat positip maka tali karma yang tercipta adalah positip. Selanjutnya tali karma membentuk akar karma yang berakar dalam tubuh. Oleh karena pembakaran karma negative memerlukan tugas berat maka pembersihan tubuh dari karma negative harus menggunakan Kundalini yang sudah dalam tahap pemurnian.

Read More..

SINGGAH SEJENAK DI SOLO

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 19 September 2009 1 komentar


Lebaran bagi warga Solo adalah acara silaturahmi dengan saling berkunjung ke kerabat atau tetangga setelah selesai menjalankan solat Ied. Tradisi mudik bagi warga perantauan yang datang ke Solo pun tidak lupa pula untuk mengisi hari libur lebaran dengan berkunjung ke objek wisata seputar kota Solo. Warga Solo sendiri pun di hari libur pertama lebih banyak mengisi waktunya untuk silaturahmi.Objek wisata Solo yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Taman Balai Kambang, Taman Jurug di tepian Bengawan Solo juga Taman Sriwedari.

Tradisi berkunjung ke Taman Sriwedari bagi sehat dengan reiki dan teman-teman sekampung adalah cara untuk mengisi liburan ketika lebaran tiba. Saat itu seputar tahun 1960-1970 Taman Sriwedari begitu elok. Setiap malam selalu menampilkan pertunjukkan wayang orang. Bahkan di Minggu siangpun pentas wayang orang juga manggung. Keramaian Taman Sriwedari menjadi lengkap manakala Kebon Binatang Sriwedari pun juga dibuka untuk umum. Pengunjung yang datang dari Klaten, Boyolali bahkan Wonogiri dan Baturetno bisa menggunakan angkutan kereta api uap yang melayani trayek Purwosari - Baturetno lalu turun pas di halte Taman Sriwedari.

Itu kenangan dulu ketika sehat bersama reiki masih tinggal di Solo. Lebaran tahun ini pun tampaknya Solo menjadi kota tujuan wisata yang kebetulan lewat Solo dalam perjalanan menuju Sragen, Purwodadi dan Surabaya. Di samping Pasar Klewer yang setiap Lebaran tiba, suasana Pasar Klewer dan sekitarnya bisa dipastikan macet total oleh pengunjung yang berbelanja. Tempat parkir di Alun-alun Lor pun penuh kendaraan dengan plat B dan kota lain di Jawa. Ini menandakan bahwa warga luar Solo yang mudik pun menyempatkan diri datang ke Pasar Klewer.

Yang mengejutkan selain julukan kota Solo sebagai kota budaya adalah kota tempat matinya gembong teroris Noordin M.Top yang selama 9 tahun ini menebarkan teror bom kepada orang yang tidak berdosa. Di Solo inilah kelompok teroris menemui ajalnya setelah Pasukan Densus 88 menyerbu rumah yang dikontrak Susilo. Rumah yang terletak di Dukuh Kepuhsari, Mojosongo, Solo digerebek Satuan Anti Teror Densus 88 hari Rabu 16 hingga 17 September 2009 kemaren. Kini rumah tempat tinggal teroris itu menjadi tujuan wisata dadakan bagi warga Solo dan sekitarnya yang hanya sekedar ingin melihat rumah yang porak poranda.

Menurut keterangan reporter Ria FM Solo di hari akhir puasa dan lebaran pertama banyak pengunjung yang datang melihat lokasi ini. Karena banyaknya pendatang maka dibuatlah tempat parkir kendaraan bermotor yang mengenakan tarip parkir sepeda motor 2 ribu dan roda empat 5 ribu rupiah. Antusias warga pendatang ini tampaknya membawa berkah rejeki tersendiri bagi warga setempat dengan menjual aneka makanan dan minuman. Sekalipun rumah tempat tinggal gembong teroris sudah hancur berantakan dan kini dipagar seng antusias warga untuk berfoto dengan latar belakang rumah teroris tetap banyak. Mereka ingin membuat foto profil yang nantinya ingin dipasang di situs jejaring face book dan twitter. Ah....ada-ada saja.

Jadi bagi Anda yang hendak berkendara ke Sragen melewati ring road Solo Utara tak ada salahnya mampir sejenak menyaksikan rumah sarang teroris ini, siapa tahu Anda bisa berphoto menggunakan latar belakang rumah yang telah hancur hanya sekedar untuk kenang-kenangan.




Read More..

MUDIK KE KAMPUNG HALAMAN SIAPA TAKUT?

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 18 September 2009 2 komentar



Tradisi Mudik Tak Sekadar Silaturahmi.

Fenomena mudik di akhir ramadhan sudah menunjukkan kesibukan. Lihat saja di stasiun kereta api, terminal bis antar kota, pelabuhan laut dan bandara udara. Di sana akan anda temukan kesibukan orang bepergian dengan menenteng barang bawaan yang sarat dengan buah tangan. Inilah mudik di akhir ramadhan yang sudah membudaya sejak sehat dengan reiki kecil dulu. Perjalanan mudik adalah perjalanan sosial masyarakat kota ke desa atau kota asal yang telah lama ia tinggalkan. Di desa asal inilah manusia lahir, tumbuh dewasa hingga pergi keluar daerah untuk merantau mencari penghidupan baru dengan meninggalkan kampung halaman.

Tradisi mudik tidak saja dilakukan orang kota.Orang desa pun melakukan mudik sekalipun hanya sejarak tak kurang dari 100 km. Semua lapisan masyarakat melakukan mudik. Tidak pandang status sosial pelaku mudik ini. Kebiasaan mudik tidak saja dilakukan masyarakat Jawa saja. Tapi sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia apakah dia dari kalangan sosial kelas atas, bawah atau pun menengah. Telah disepakati bahwa ritual mudik adalah untuk berkumpul dengan orang yang dicintainya secara hubungan batiniah baik antara anak dengan orang tua, kerabat dan handai taulan lain di kampung halaman.

Demi mudik orang tidak peduli lagi dengan masalah transportasi. Tidak ada kendaraan umum yang memberikan kenyamanan mudik naik sepeda motor pun dijalani sekalipun dengan resiko tinggi. Berboncengan mereka menempuh perjalanan panjang nan melelahkan demi ingin segera bertemu dengan kerabat di kampung yang sudah lama ia tinggalkan. Untuk sebagian orang mudik dianggap sebagai kegiatan yang tidak rasional. Bagaimana tidak rasional?

Untuk mendapatkan tiket mudik dengan angkutan umum mereka rela antri berdesak-desakan membeli tiket sejak pagi hari. Tiket pun dijual diatas normal apakah lewat loket resmi atau perantara calo. Setelah dapat tiket perjalanan panjang melelahkan akan ditempuh. Kereta api,pesawat terbang dan kapal laut sebagai angkutan massal memang anti macet. Kalau pun tiba di tempat tujuan sedikit molor dari jam kedatangan adalah biasa di saat padatnya lalu lintas mudik lebaran.

Namun tidak demikian halnya dengan angkutan umum jalan raya. Tengok saja di sepanjang jalur mudik pasti ada kemacetan di sana-sini. Di perjalanan mereka terjebak kemacetan panjang. Tidak sedikit terjadi kecelakaan lalu lintas yang mengambil korban jiwa. Kerawanan lalu lintas selalu mengintai. Tetapi toh semua ini dijalani dengan keceriaan dengan harapan memenuhi tradisi mudik yang setahun sekali terjadi. Bagi mereka yang mampu mencarter pesawat, kereta api eksekutip atau pun kapal pesiar mewah sekali pun taripnya selangit demi segera sampai ke kota tujuan akan dijalaninya demi mudik.

Nah di hari yang fitri ini tidak salahnya sehat dengan reiki mengucapkan menjalankan ritual mudik, tetap taati lalu lintas dan selamat berkendara sampai tujuan dengan selamat. Tetap rendah hati di hadapan orang sekampung halaman kendati pun telah sukses di perantauan dan jangan lupa untuk mendahului meminta maaf kepada orang yang dituakan dan tetap gunakan bahasa daerah bila ada di kampung halaman sendiri.

Banyak kalangan keluarga tak ada alasan untuk berkata tidak bila dihadapkan pada mudik atau tidak mudik. Sesulit apa pun ekonomi keluarga yang merantau bisa dipastikan jutaan warga masyarakat urban dari berbagai kota besar akan menjalani ritual mudik. Sekali lagi mudik pulang kampung halaman.Nah...untuk lebaran tahun ini sudahkah Anda bersiap mudik lebaran untuk sungkem kepada kedua orang tua yang masih ada? Jikalau kedua orang tua atau kerabat dekat sudah dipanggil Yang Maha Kuasa sambungkanlah silaturahmi mudik dengan iringan doa semoga dilapangkan kuburnya, diampuni dosa-dosanya dan ditempatkan di tempat yang layak sesuai dengan imannya.

Dengan tradisi mudik pada hakekatnya kita pun diingatkan bahwa cepat atau lambat kita sebagai pribadi tentu akan menjalankan mudik yang sesungguhnya yaitu menuju ke haribaan Allah Yang Maha Rahim.






















Read More..

REIKI CARA CEPAT UNTUK SEHAT

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 17 September 2009 0 komentar

Dua hari lalu sehat berkat puasa datang ke salah satu toko buku di bilangan Jakarta Barat. Ketika menuju ke gerai kesehatan alami atau tepatnya di dekat pintu masuk toko, mata tertuju pada buku berjudul Mujizat Tasawuf Reiki. Inilah buku reiki ditulis oleh seorang sarjana santri lulusan pesanten Klaten Jawa Tengah yang mendalami reiki dari sudut pandang Islam. Buku reiki pengarang lain pun saat itu tandas alias kosong dalam persediaan sehingga penikmat reiki harus cukup puas menunggu terbitnya cetakan baru buku reiki. Kenapa buku reiki begitu laris manis? Sebenarnya di internet pun sudah banyak diulas reiki ditinjau dari kesehatan di samping aspek spiritual.

Memang benar bahwa dari sekian banyak jenis olah mental spiritual, reiki boleh disebut sebagai cara instan dalam belajar penyembuhan alami. Betapa tidak jika hanya belajar selama satu hari, seseorang segera bisa menyerap dan menggunakan energi ilahi. Untuk apa berlatih reiki? Ya reiki dilatih dan dipraktekkan oleh orang yang mau belajar reiki untuk tujuan penyembuhan diri sendiri dan orang lain atas kasus penyakit. Jadi tak berlebihan jika reiki dianggap cara cepat untuk sehat yang tujuan utama adalah meraih kesehatan, badan jadi lebih sehat, spiritualitas juga meningkat.

Tentu anda bertanya reiki itu apa ya? Sering sehat bersama reiki mendapat pertanyaan ini dalam komentar blog saya. Saya jawab dengan jujur sesuai materi pelajaran reiki yang pernah saya peroleh sewaktu lokakarya reiki 6 tahun lalu, bahwa reiki sebetulnya sudah ada sejak peradaban kuno. Tradisi reiki biasa dipraktekkan oleh para biksu Tibet, India dan China. Di Indonesia sendiri reiki baru masuk dan disebarluaskan sejak tahun 1996.

Mereka bertanya apa itu reiki? Reiki secara harafiah berarti energi ilahi ( divine energy ). Nama Re ini merujuk dari bahasa Jepang yang berarti sesuatu yang spiritual dan Ki berarti energi. Disebut demikian karena inti dari latihan adalah menyerap energi alam semesta untuk dialirkan ke dalam tubuh melalui chakra mahkota dan disalurkan lewat chakra telapak tangan kanan dan kiri. Energi sendiri dari sudut ilmiah Fisika adalah ukuran dari kesanggupan benda untuk melakukan suatu daya/usaha. Satuan energi adalah Joule.

Energi merupakan sesuatu yang tidak dapat dilihat atau tidak nyata atau tidak kasat mata. Artinya energi ini memang tidak dapat dilihat dengan mata kecuali bagi mereka yang terlatih atau mata bathinnya sudah terbuka khususnya chakra mata ketiganya.Melalui alat ukur elektronik energi ini dapat diukur besarnya. Bagi praktisi reiki bisa merasakan hadirnya energi dengan sensasi panas, hangat, dingin dan paduan panas dingin silih berganti.

Nah untuk bisa merasakan sensasi ini seorang pemula harus menjalani proses attunement reiki agar hanya dengan niat saja reiki akan on atau off. Disebut attunement karena tubuh energi calon praktisi reiki harus diselaraskan lebih dulu dengan getaran energi alam semesta yang selalu hadir tanpa diundang di sekitar kita. Tanpa prosedur attunement maka seseorang tidak dapat mengakses energi alam semesta ini. Tahap attunement berbeda dengan proses "pengisian" yang lazim dilakukan oleh perguruan tenaga dalam.

Saat attunement seorang pemula "tidak diisi energinya", melainkan diselaraskan pola getaran frekuensi tubuh energinya dengan pola getaran energi alam semesta ( reiki ). Bila sudah selaras, beresonansi getaran frekuensinya maka cukup dengan niat saja maka energi reiki akan masuk ke dalam tubuh lewat chakra mahkota. Master Reiki yang berwenang mengattunement calon praktisi reiki melakukan pembukaan sekaligus mengaktipkan chakra mahkota, chakra telapak tangan kanan dan kiri juga chakra jantung. Sebagai tambahan diaktipkan pula chakra mata ketiga calon praktisi reiki.

Selanjutnya jalur energi calon praktisi reiki pun yang mencakup jalur sushumna, jalur ida dan pingala juga diaktipkan dan diseimbangkan agar keseimbangan Yin ( unsur dingin ) dan Yang ( unsur panas ) tetap terjaga manakala reiki sedang mengalir ke dalam tubuh energi praktisi reiki. Proses penyelarasan reiki berjalan lancar manakala calon praktisi reiki rilek,pasrah total kepada Tuhan YME dan tetap santai selama proses penyelarasan. Sebagai tambahan dari proses penyelarasan ini calon praktisi reiki harus berusaha tersenyum lepas yang meluncur dari hati nuraninya dan bukan senyum yang dipaksakan. Karena senyum yang lepas berasal dari hati nuraninya adalah bekal setiap saat yang bersangkutan melakukan praktek reiki.

Dalam reiki unsur paling utama adalah niat yang dicetuskan dalam hati dan kepasrahan total kepada pemilik sekaligus pencipta reiki yaitu Sang Khalik. Bagaimana pun teknik reiki yang tiap aliran berbeda, kepasrahan tidak akan pernah ditinggalkan. Reiki sejauh ini hanya dikenal sebagai teknik penyembuhan penyakit yang pernah dilakukan manusia kuno di jamannya. Tetapi sejatinya reiki hadir sebagai sebuah jalan spiritual untuk mendekatkan diri hamba kepada-Nya.

Bahwa reiki bisa mengatasi kesehatan fisik dan mental memang benar adanya sebagai bonus kesehatan jasmani dari orang yang mendambakan kesehatan dalam hidupnya. Lebih dari itu reiki adalah jalan menuju pencapaian spiritual. Begitu pentingnya spiritualitas maka dalam belajar reiki banyak ditemukan konsep ajaran agama seperti hati nurani, kesadaran jiwa dan tujuan hidup. Meski sangat spiritual para master reiki menjamin teknik reiki ini seratus persen lintas agama. Unsur spiritualisme yang dilatih adalah spiritualisme universal.

Bila unsur spiritualisme semacam tasawuf dalam Islam maka buku Mujizat Tasawuf Reiki karya Syamsul Bakri dalam prolog postingan di atas layak Anda baca dan praktekkan. Kesehatan jasmani dan rukhani Anda meningkat pesat dan Anda tanpa ragu-ragu lagi mempraktekkan reiki sebagai sebuah teknik mengakses energi alam semesta semata tanpa mencederai iman dan kepercayaan anda. Salam sehat bersama reiki di hari Raya Lebaran 1430 Hijrah Mohon Maaf Lahir dan Bhatin.





Read More..

ATASI KEMACETAN LALU LINTAS DENGAN REIKI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 15 September 2009 1 komentar


Lebaran sebentar lagi tiba, mudik lebaran merupakan ajang silaturahmi kepada sanak saudara di kampung halaman. Dengan menghubungkan tali silaturahmi tatap muka kenangan kebersamaan di kampung halaman akan bersemi kembali. Demikianlah prolog dari iklan mudik lebaran yang sehat dengan reiki dengar akhir-akhir ini lewat media cetak atau radio. Namun keceriaan pulang kampung dalam mudik lebaran tentunya tidaklah selalu mulus dalam perjalanan, khususnya perjalanan darat menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum.

Bicara kemacetan lalu lintas dalam suasana mudik lebaran tahun lalu masih terekam dalam benak. Jalur jalan baik tol atau ruas arteri selalu macet dipenuhi kendaraan roda empat atau roda dua. Di Jakarta sendiri atau katakanlah kota-kota besar lainnya, kemacetan lalu lintas merupakan fenomena sehari-hari. Macet bisa menjadi-jadi manakala lalu lintas tidak ada yang mengatur dan akibatnya banyak pengedara yang mengalami stress...stress...stress. Nah agar terhindar dari stress pada saat mudik lebaran nanti, sehat bersama reiki cuplikkan sedikit dari aplikasi reiki untuk mengurai kemacetan lalu lintas di mana setiap praktisi reiki yang sudah paham penggunaan simbol reiki dapat menggunakan dengan baik.

Reiki digali dan diketemukan kembali oleh Mikao Usui dengan tujuan untuk penyembuhan penyakit. Dalam perkembangannya reiki ternyata bisa juga untuk hal-hal diluar penyembuhan penyakit, misalnya untuk materialisasi reiki yang pernah sehat bersama reiki tulis di postingan terdahulu dan kini aplikasi reiki untuk mengatasi kemacetan lalu lintas sebagaimana pernah saya praktekkan di dalam kota Jakarta dan Alhamdullilah berhasil.

Prof Dr. Sutan Remi Syahdeini SH dalam buku Hidup Sehat dengan Reiki menulis bahwa reiki dapat digunakan untuk keperluan ini yang mana tata cara penggunaannya disusun sebagai berikut:
1. Berdoalah dulu kepada Tuhan sebelum memulai perjalanan.
2. Membuat bola energi Reiki atau energi non Reiki dengan telapak tangan saling berhadapan di depan dada. Setelah bola energi padat terbentuk isikan affirmasi ke dalam bola energi ini kalimat sebagai berikut : "Ya Allah... Reiki atau energi non Reiki milik-Mu yang saya mohon mengalirlah. Padatkanlah bola energi ini untuk bekerja kuat mengatasi masalah padatnya lalu lintas ini. Bantulah saya untuk keluar dari kemacetan lalu lintas ini segera sehingga saya tiba di tujuan secepat mungkin dengan selamat."

Affirmasi ini tidaklah baku susunan kalimatnya. Anda dapat merancang sendiri kalimat yang intinya memohon pertolongan Allah agar kepadatan lalu lintas segera terurai dan perjalanan kembali lancar selamat sampai di tempat tujuan. Bagi praktisi reiki level 1 yang belum menggunakan simbol reiki cukup membuat bola energi padat saja. Bagi praktisi reiki level 2 ke atas membuat bola energi reiki padat dengan simbol Cho Ku Rei yang berfungsi untuk melipatgandakan daya kerja Reiki.

Setelah bola energi simbol Cho Ku Rei terbentuk padat, affirmasi selesai diucapkan lalu bola energi ini kita dorong atau kita lepas ke kosmis. Mengucapkan affirmasi bisa kita ulang 2 atau 3 kali dengan nada tegas, perlahan-lahan agar tertangkap alam bawah sadar kita dengan baik. Insya Allah dengan pertolongan dan izin-Nya Anda atau siapa pun praktisi reiki yang pernah mempraktekkan metode ini akan terbantu keluar dari kemacetan lalu lintas.

Tapi kita harus juga ingat bahwa bukan berarti Reiki akan menguak kemacetan lalu lintas dan membuat jalan bersih dari kendaraan lain, karena kendaraan di muka Anda akan minggir memberikan jalan kepada Anda. Tidak semudah dan secepat itu dalam prakteknya apabila suasana lalu lintas padat merayap. Maksud penggunaan reiki untuk keperluan ini adalah kendaraan yang kita kendarai akan menemukan jalan sendiri di antara kemacetan lalu lintas dan akan selalu maju bergerak mengikuti mobil di depannya yang seolah-olah bergerak tanpa henti. Memang demikianlah adanya dan kenyataannya. Mobil dan kendaraan lainnya tidak akan berlama-lama di satu tempat saja dan selalu bergerak...bergerak...bergerak.

Bila sehat dengan reiki atau Anda sendiri tidak memegang kemudi dan duduk sebagai penumpang di samping Mas Supir, cukup dengan mengalirkan reiki atau energi non reiki dari kedua telapak tangan kita dengan beaming position yang diarahkan ke jalan di depan kendaraan yang tengah kita kendarai yang sedang mengalami perlambatan karena kemacetan lalu lintas. Siapa tahu Anda...sahabat bersama reiki nanti akan berkendara keluar kota bisa mempraktekkan cara ini...yang penting Anda percaya kepada kebesaran Allah dan kepada-Nya lah kita mohon pertolongan...Insya Allah doa kita dikabulkan. Selamat berkendara mudik lebaran dan tentunya patuhilah rambu lalu lintas dan bila letih, lesu, mengantuk segera pinggirkan kendaraan ke tepi jalan dan segera istirahat tidur.

Puji Syukur kepada Allah... metode ini ternyata cukup ampuh dalam mengurai kemacetan lalu lintas dan rata-rata praktisi reiki yang sudah paham penggunaan simbol reiki ataupun yang masih pemula bisa mempraktekkan tatkala berkendara baik di kemacetan lalu lintas Jakarta atau kota lain dan ternyata berhasil. Selamat berkendara dan tiba di tujuan dengan selamat.

Gambar kanan atas adalah simbol Cho Ku Rei berfungsi melipatgandakan energi reiki dan tujuan materialisasi di luar penyembuhan kasus penyakit.







Read More..

SATU DARI LIMA FALSAFAH HIDUP PRAKTISI REIKI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 14 September 2009 1 komentar

Lima prinsip hidup Praktisi Reiki salah satunya adalah berbunyi : Untuk hari ini saja saya akan bersikap berterima kasih. Demikian seharusnya sikap seorang praktisi reiki menghadapi hidup ini menyangkut hal kebendaan duniawi. Dengan kata lain kita harus memusatkan pada apa yang telah dimiliki dan segera bersyukur kepada Allah SWT atas berkah, karunia yang telah diberikan kepada kita dalam hidup ini.

Memusatkan dengan apa yang telah diberikan Allah kepada kita selain kebendaan duniawi adalah berkah sehat dalam hidup ini. Tak dapat dipungkiri bahwa nikmat sehat adalah nikmat yang perlu kita camkan dalam hidup ini. Sehat bisa kita capai bila kita rajin olah raga, menjaga asupan makanan serta berpikiran positip. Kita harus menyadari bahwa apa yang telah kita miliki selain kecukupan finansial untuk mencukupi kebutuhan hidup ini juga sehat jasmani.

Alam raya telah menyediakan energi yang tak terbatas jumlahnya yang berwujud berkah-berkah dan kemakmuran dalam hidup ini. Langkah pertama dari prinsip praktisi reiki adalah menyadari apa yang telah kita miliki dan segera berterima kasih. Apa yang telah kita miliki adalah berkah sehat dan sebagai praktisi reiki tentunya kita sudah tahu cara untuk meraih sehat. Jangan memusatkan pada kepemilikan kebendaan saja. Yang perlu diingat selain sehat jasmani dan rohani adalah hubungan sosial yang lebih akrab dengan sesama, saling tolong menolong dalam kebaikan.

Akan lebih baik bila setiap hari melihat kelimpahan dari alam terhadap kita misalnya masih diijinkan oleh-Nya menghirup udara dengan gratis, merasakan semilirnya angin menerpa kulit kita, hangatnya sinar mentari, dinginnya udara pegunungan dan lebih dari itu mendapatkan energi alam semesta yang bisa kita akses untuk menjaga kesehatan dan kebugaran melalui praktek reiki kepada sesama dan diri sendiri.

Jika kita melakukan hal kebajikan dalam hidup ini dengan sendirinya berkat kasih sayang Allah SWT akan terus mengalir kepada kita. Sebagai orang yang pandai bersyukur diharapkan akan lebih banyak lagi berkah Tuhan menyapa kita. Namun bila kita tidak pandai bersyukur siksa Allah sangat pedih. Dengan pandai bersyukur berarti menempatkan energi pikiran kita yang positip untuk meraih cita-cita yang belum tercapai.

Nah untuk hari ini saja saya akan berterima kasih, boleh jadi hari esok pun kita harus melakukan sikap sama dalam berterima kasih atas karunia Tuhan Yang Maha Kuasa. Pengaruhilah hidup ini dengan energi pikiran positip kita yang berisi kebaikan dan cinta kasih karena kita, termasuk sehat berkat Tuhan lewat Reiki sendiri dan Anda semua adalah refleksi dari sinar cinta kasih Ilahi.




Read More..

BUAH KURMA SI HITAM COKLAT MANIS

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 13 September 2009 2 komentar



Ramadhan sudah berjalan mendekati finis. Saat ini sudah masuk periode 10 hari terakhir yang merupakan periode pembebasan dari ancaman api neraka bagi orang bertakwa lagi berpuasa di bulan suci ini. Demikian penggalan ceramah kuliah tujuh menit yang sehat dengan berpuasa dengar dari seorang ustad ketika sedang memberi ceramah di mushola dekat tempat tinggal. Sang ustad juga menyarankan agar setiap orang yang berpuasa ketika waktu buka tiba segera berbuka dengan seteguk air manis hangat dan beberapa butir buah kurma sebagaimana anjuran Rasul kita tentang adab berbuka puasa.

Postingan kemaren sehat dengan reiki menulis tentang tradisi minum teh di lingkungan keluarga Indonesia. Sebagai pelepas dahaga saat berpuasa buah kurma boleh juga disantap. Selama berpuasa hampir 13 jam tenaga banyak terkuras sehingga badan menjadi lemas mudah mengantuk dan terkadang pandangan mata sedikit berkunang-kunang. Oleh karena itulah menurut para ahli gizi, nilai gizi utama kurma terletak pada kandungan karbohidrat sederhana yang tinggi membuat lebih mudah dicerna sehingga segera memberi energi baru bagi orang berpuasa.

Memang ramadhan identik dengan buah kurma. Kurma panganan khas ramadhan mulai hadir di pasar Indonesia menjelang bulan puasa tiba. Ia hadir di pasar tradisionil atau pasar swalayan. Beragam jenis kurma didatangkan dari Arab Saudi, Mesir, Irak, Tunisia, Turki, Aljazair, Uni Emirat Arab dan California Amerika Serikat. Pohon yang semula tumbuh di Semenanjung Arab lalu dikembangbiakan ke Afrika, Eropa Selatan, Asia Barat Daya dan Amerika. Pohon kurma ( Phoenix Dactilifera ) tumbuh menyerupai palem dengan tinggi antara 10 hingga 20 meter daunnya bersirip berumah dua dengan buah bergelantungan mirip buah buni atau melinjo..

Saudi Arabia memang terkenal dengan produsen buah kurma terbesar selain minyak bumi. Kawasan Madinah terdapat kawasan subur dengan oase-oase yang penuh dengan tanaman sayuran dan buah-buahan. Kesuburan tanah Madinah semakin bertambah seiring datangnya tamu Allah dalam musim haji atau umroh. Di tanah ini kurma tumbuh subur. Memang menurut riwayat tanah Madinah mempunyai mujizat atau berkah mengingat Rasullulah pernah bermohon kepada Allah SWT, " Ya Allah berilah Madinah ini dua kali berkah yang kau berikan kepada Mekah." Padahal Mekah sendiri mempunyai keberkahan tersendiri setelah Nabi Ibrahim bermohon kepada Allah SWT agar Mekah tidak kekurangan dari segala keperluan hidup termasuk di sini adanya buah-buahan sepanjang tahun. Ini terbukti ketika musim haji tiba segala buah-buahan yang ada di bumi ini hadir di pasar Mekah.

Kembali ke buah kurma Madinah memiliki nilai istimewa karena mutu dan gizinya sangat prima. Kurma Madinah sendiri pun bisa digunakan sebagai obat sebagaimana disabdakan Rasullulah, " Maka semua rumah penduduk Madinah di dalamnya tersedia kurma." Karena itu buah kurma Madinah menjadi komoditas bagi jemaah haji untuk bisa membawa buah kurma sebagai oleh-oleh ke tanah air selepas ibadah haji. Salah satu sabda Rasullulah yang diriwayatkan Muslim, "Barangsiapa makan buah kurma ajwa tujuh butir di pagi hari dia akan selamat dari racun dan guna-guna hari itu."

Konon kurma ajwa adalah kurma kesukaan Nabi dan sering ditawarkan dan direkomendasikan penjualnya sebagai kurma yang lezat dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sekaligus sebagai buah tangan ketika pulang ke tanah air selesai ibadah haji. Di Madinah sendiri juga ada pasar kurma terletak 600 meter selatan Masjid Nabawi. Pasar ini selalu ramai di saat musim haji tiba. Di dalamnya menjual 24 macam kurma salah satunya kurma Ajwa.

Kehebatan buah kurma sebagai santapan pembuka puasa menurut Hasil Penelitian Puasa dan Kesehatan 1994 oleh Dr.dr.H.Wahyoetomo mengatakan bahwa 1 butir kurma sudah cukup mengganti energi yang berkurang saat puasa. Buah kurma mengandung hidrat arang 6.1 gram, serat, potasium 54.3 gram dan cukup zat besi. Potasium mengatasi kelelahan otot serta menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko terkena stroke, seratnya baik untuk mengatasi sembelit, tekstur buah kurma sangat halus, aman untuk lambung sensitif atau radang usus.Karena itu kombinasi dari zat besi dan hidrat arang sangat baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.

Mengingat kasiat buah kurma bagi kesehatan orang berpuasa sangat bagus alangkah bijaknya kalau kita bisa berbuka puasa dengan menyantap kurma. Kalau kurma tak ada sebagai makanan pembuka puasa cukuplah 1 gelas kolak manis dan 1 gelas teh manis. Mari kita sambut bulan yang penuh ampunan ini dengan permohonan kepada Illahi semoga tahun depan kita masih dipertemukan dengan Ramadhan dan bisa berjumpa kembali dengan si hitam kecoklatan manis Phoenix Dactilifera alias buah kurma.

Bahan tulisan: editing dari berbagai sumber.




Read More..

MARI NIKMATI KESEGARAN TEH HANGAT MANIS

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 12 September 2009 0 komentar





Tiada berlebihan apabila kegembiraan orang yang berpuasa tatkala nanti ber buka puasa telah tiba. Begitu bedug tanda berbuka puasa terdengar dan azan maghrib dikumandangkan di mesjid berakhir pula perjalanan puasa hari itu saja. Segera orang yang berpuasa dianjurkan berbuka. Dengan apa berbuka puasa hari ini? Sudah menjadi kebiasaan orang yang berbuka puasa lebih dulu minum air hangat manis dalam seduhan teh atau makan 3 butir korma sebagai makanan dan minuman pembatal puasa.

Tradisi buka puasa di kantor atau rumah sehat dengan puasa pun sama setiap tahunnya. Di kantor saat melayani siaran pun pada saat berbuka puasa segera minum air teh manis hangat dan segelas kolak. Di rumah pun sebagaimana rumah tangga masyarakat Indonesia lainnya dalam kesempatan berbuka puasa tentu menyeruput teh hangat manis menjadi wajib hukumnya. Oleh karena itu tidak berlebihan kalau minuman ini diganjar predikat sebagai salah satu minuman yang populer mudah membuatnya tersedia dalam kemasan dan siap saji. Di setiap kesempatan pagi dinihari dan sore bahkan malam hari di setiap rumah, restoran mewah hingga warung makan sederhana ala warteg, warsolo,warjogja,warsemarang dan warsunda, minuman teh ( camellia sinensis ) selalu ada dalam daftar menu minuman.

Di luar bulan puasa pun minuman teh selalu hadir setiap harinya. Yang menjadi keistimewaan dari minum teh adalah cara penyajiannya. Teh bisa disajikan panas atau dingin dengan atau tanpa gula hingga dipadukan dengan berbagai macam hal seperti susu, jeruk lemon dan lain sebagainya. Karena begitu simpelnya menghidangkan minuman teh inilah yang kemudian membuat minuman ini semakin digemari oleh semua golongan usia dan ekomomi.

Tentunya sahabat sehat berkat reiki pernah mendengar bagaimana tradisi minum teh sudah akrab bagi masyarakat Jepang dan Cina. Memang ada banyak cerita yang bertutur tentang asal muasal minimun teh ini. Salah satunya saat ribuan tahun silam seorang Kaisar China yang terkenal kepintarannya dalam ilmu pengetahuan dan pengobatan China sedang melakukan perjalanan. Ia yakin bahwa cara paling aman minum air adalah memasaknya lebih dulu. Ketika sedang asyik memasak air ia menemukan daun yang jatuh ke dalam air yang sedang dimasak.

Tidak dijelaskan asal muasal daun yang jatuh ke dalam air panas tadi. Satu hal daun yang jatuh ke dalam air panas ini menimbulkan aroma lain yang sungguh berbeda dari biasanya. Selidik punya selidik barangkali daun yang jatuh tadi menjadi cikal bakal daun teh yang dikenal sampai sekarang yang akhirnya dibudidayakan di areal luas perkebunan teh. Dari cerita inilah kenikmatan minum teh mulai menyebar.

Pertama di sekitar China, Asia, India dan Timur Tengah sebelum akhirnya merambah benua Eropa. Sampai sekarang teh merupakan minuman yang banyak diminum di seluruh penduduk dunia. Bahkan beberapa budaya, teh juga memiliki simbol-simbol kemewahan, menghargai orang lain dalam perjamuan, saat bertamu, intelektual dan social high class. Di negeri asalnya terdapat empat jenis teh yang biasa dikonsumsi yaitu teh hitam, hijau, oolong dan teh putih. Perbedaan jenis teh ini terletak pada metode pemrosesan dauh teh setelah dipetik dari perkebunan teh.

Bila sahabat sehat bersama reiki pernah berkendara lewat Puncak Pass tentu melihat di kanan kiri jalan yang dilalui terhampar hijaunya daun teh. Teh ini lalu dipetik dan dibawa ke pabrik untuk diolah. Dalam kesempatan liputan dokumentasi Kawah Ijen sekian tahun lalu sehat bersama reiki pernah berkunjung ke pabrik teh Sempol di Bondowoso Jawa Timur dan menyaksikan sendiri jalannya proses produksi teh mulai dipetik hingga diolah di pabrik.Lalu berlanjut kunjungan ke areal perkebunan teh Goal Para di Sukabumi Jawa Barat.

Pabrik teh Goal Para Sukabumi memproduksi teh untuk pasar dalam negeri dan sebagian diekspor ke pasar dunia. Rasa teh produksi kedua perkebunan ini sama manisnya bila dicampur dengan 1 sendok gula pasir dan dihidangkan hangat-hangat ditemani jagung rebus dalam dinginnya udara perkebunan yang berkabut di malam hari. Teh hitam yang biasa kita konsumsi pada awalnya melewati proses fermentasi yang berlangsung penuh sehingga daun teh berubah menjadi hitam dan memberi rasa khas. Sedangkan teh hijau dengan kandungan tanic acid berfungsi sebagai antiinflammatory untuk membantu mengatasi sakit panas.

Selanjutnya teh oolong yang melalui setengah bagian dari proses fermentasi, Teh ini bisa mengalami berbagai variasi proses oksidasi tergantung dari tipe oolongnya. Sementara jenis teh putih hanya menggunakan daun teh yang masih sangat muda dipenuhi bulu putih pendek atau bulu halus. Tentu saja kenikmatan minum teh hangat sebagai minum pembatal puasa pada prolog naskah ini adalah mendapatkan kesegaran setelah 1 hari berpuasa.

Rasa dan aroma teh memang telah berhasil membius lidah banyak orang. Lebih dari itu minuman ini juga dinilai oleh banyak orang mampu memberi manfaat seperti mengusir rasa kantuk dan lelah. Ngantuk karena jadwal tidur yang berubah saat berpuasa dan lelah setelah seharian beraktivitas di bulan puasa. Saat ini teh tersedia dalam bentuk kemasan dan rasanya pun semakin beragam. Mulai yang langsung dicampur bersama air panas, diseduh sebelum dinikmati, dicelup hingga teh kemasan yang langsung diminum.

Bagi Anda penikmat teh yang super sibuk dengan pekerjaan atau dalam perjalanan sementara dahaga sudah tidak tertahankan....eit tunggu waktu berbuka puasa dulu ya?...dan ingin segera mencicipi teh dingin , maka teh dalam kemasan dapat langsung diminum dan begitu simpel cara penyajiannya. Teh ini sudah tersedia dalam kemasan kotak.

Sebentar lagi bedug berbuka puasa tiba. Tak ada salahnya sehat ala reiki mengajak Anda terlebih dulu untuk mempersiapkan diri dengan membuat minum teh panas hangat ( terserah merknya ) dicampur 1 sendok makan gula pasir sebagai minuman pembatal puasa. Mari kita sama-sama minum teh panas hangat terlebih dulu ya? Saya doakan semoga puasa Anda hari ini mendapat ganjaran dari Allah SWT.

Read More..

ISTIRAHAT, BEKERJA ATAU TIDUR ?

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 11 September 2009 3 komentar


Manusia sebagai makhluk sosial dalam hidup keseharian tentu dituntut berinteraksi dengan manusia lainnya baik itu dalam organisasi pekerjaan,kegiatan sosial ataupun jenis pekerjaan lain yang membutuhkan mobilitas tinggi dalam kegiatan ini. Tentu saja manusia yang bergerak ini maka fisik dan pikirannya akan terus sibuk bekerja pula seiring dengan tuntutan pekerjaan yang ditekuninya. Nah apakah Anda termasuk dalam katagori manusia dengan predikat pekerja ulet sehingga untuk istirahat pun dilupakan?

Dalam organisasi perkantoran tempat sehat dengan reiki bekerja telah diatur jam istirahat kerja dimana didalamnya tercakup jam istirahat misalnya untuk makan siang dan kegiatan ibadah. Selanjutnya istirahat ini pun telah menjadi aturan bagi setiap pekerja dimana ia dapat memanfaatkan waktu istirahat kerja untuk tujuan mengistirahatkan fisik dan pikiran dari beban kerja yang menumpuk. Dengan istirahat kerja maka ia dapat mengendorkan pikiran dari kegiatan berpikir dan kegiatan fisik.

Bagi pekerja ia dapat menemukan dua bentuk istirahat yang bisa ia lakukan. Pertama, istirahat dalam keadaan sadar yakni menghentikan pekerjaan yang tengah dilakukan dan menggantinya dengan rehat sejenak untuk makan siang dan kebutuhan ibadah. Dengan menghentikan pekerjaan yang tengah dilakukan baik pekerjaan pikiran atau pekerjaan fisik, maka ia akan mampu mengumpulkan semua tenaganya kembali dan siap bekerja dengan semangat baru.

Kedua, istirahat dengan tidur di malam hari yakni menghentikan sistem syaraf dan otot dari aktivitasnya, memutuskan daya indrawi dari dunia luar dan selanjutnya menghentikan aktivitas fisik sehingga ia mendapatkan porsi istirahat yang dibutuhkan. Istirahat pertama dan kedua tadi menurut Muhammad Izzuddin Taufik dalam buku Psikologi Islam terbitan Gema Insani 2006 halaman 664 menitikberatkan kepada tidur sebagai motif naluriah yang dibutuhkan setiap mahkluk hidup seperti manusia, binatang dan tumbuhan.

Bagi manusia sendiri terkadang kemampuan berpikir pun terkadang mengalami kekacauan atau gangguan dan gerakan fisik pun menjadi tidak terkendali bila ia tidak mendapat istirahat cukup di malam hari minimal 5 jam dalam tidurnya. Dalam Islam dibahas adab yang terkait dengan masalah tidur agar selaras dengan fitrah manusia. Misalnya anjuran untuk tidur di awal malam, bangun pun di awal pagi, bersuci sebelum tidur, berbaring menghadap kiblat ( arah kanan ) dan tak lupa berdoa atau berzikir sebagai pengantar tidur.

Bila adab tidur dilakukan tepat waktu boleh jadi akan mengantar pelakunya mendapatkan kesehatan fisik dan mental sebagaimana Firman Allh SWT yang berbunyi, "Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat." ( Quran Surat An Naba:9)
Nah dalam bulan puasa tidur orang berpuasa adalah ibadah sudahkah Anda mengatur waktu tidur dengan sebaik-baiknya sehingga bangun pagi tepat saat makan saur badan tetap sehat dan bugar?

Read More..

KEBAIKAN MELAPANGKAN DADA

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 10 September 2009 2 komentar

Dalam bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ampunan dari Tuhan kepada manusia, kita dianjurkan memohon ampun sebanyak-banyaknya atas dosa dan salah kita. Kita berusaha meninggalkan apa yang menjadi larangan-Nya, mematuhi apa yang menjadi perintah-Nya dan berbuat kebajikan kepada sesama dalam hidup ini. Nah apa sebenarnya manfaat berbuat kebajikan selain pahala?

Pernyataan ini sangat relevan disaat kita, sehat berkat puasa dan sahabat lainnya tengah menjalankan ibadah puasa sebagai perintah wajib yang tidak boleh diwakilkan kepada siapa pun dan harus dijalankan diri sendiri dengan penuh ketakwaan sebagai ujud penghambaan diri kepada Sang Khalik. Dalam kata-kata hikmah sering kita temukan ungkapan " Kebajikan itu sebajikan namanya, keramahan seramah wujudnya."

Orang yang pertama kali dapat merasakan manfaat dari kebaikan itu adalah orang yang melakukannya sendiri tanpa campur tangan orang lain. Diri sendirilah yang bertindak melakukan amal kebaikan. Kita akan merasakan buahnya seketika itu juga dalam jiwa, akhlak dan nurani sehingga kita pun selalu lapang dada, tenang, tenteram dan damai.

Semua orang hidup mempunyai problem yang bilamana tidak mampu kita pecahkan akan diliputi kegundahan dan kesedihan. Untuk mengurai masalah kesedihan ini sepatutnyalah kita berbuat baik kepada sesama manusia lebih dulu sekalipun sedang ada masalah. Niscaya dengan berbuat baik kesedihan akan berkurang dan akan mendapatkan ketentraman dan kedamaian.

Ajaran agama mengajak umatnya untuk gemar bersedekah. Sedekahilah orang papa yang tidak punya keluarga, tolonglah orang yang terzhalimi, ringankanlah beban orang tengah menderita dengan penghiburan dan bantuan moril serta materiil, berikan makan orang yang tengah kelaparan, jenguklah orang yang tengah sakit ringan atau keras, niscaya anda akan bahagia ketika dapat berbagi dengan sesama ini. Perbuatan baik itu tadi laksana wewangian yang tidak saja mendatangkan manfaat bagi pemakainya, tetapi juga orang-orang yang berada di sekitarnya.

Menurut riwayat dikisahkan ada seorang pelacur yang memberikan seteguk air kepada seekor anjing yang tengah kehausan dapat membuahkan surga yang luas. Ini menunjukkan bahwa Allah Maha Pemaaf. Bagi orang yang ketika hidupnya penuh dengan dosa dan maksiat akan diampuni dosanya manakala dia bertobat dan tidak akan mengulangi lagi perbuatannya itu. Apalagi dia gemar menolong kepada mahkluk lain selain manusia dengan tujuan mendapat ridho Allah semata.

Yang bisa mendatangkan ampunan Allah lainnya lagi adalah gemar bersedekah. Sedekah bisa mendatangkan ampunan Allah, menghapus dosa dan menutup kesalahan juga keburukan. Sedekah bisa mendatangkan ridha Allah sekaligus mendatangkan kasih sayang dan bantuan Allah dalam bentuk penyembuhan penyakit.

Beberapa penelitian menyatakan sifat sosial banyak pengaruhnya terhadap kesehatan seseorang. Tengok saja kegiatan relawan yang mendampingi korban bencana alam misalnya. Para relawan ini merasakan gairah eforia yang diikuti rasa tenang dan bahagia setelah melakukan bakti sosial. Perasaan tadi bisa disebut " Helper's High " yang melibatkan sensasi kuat yang mengindikasikan adanya penurunan tingkat stress dan menghilangkan rasa sakit alamiah dalam tubuh yang disebut zat endorphin.

Dalam artikel di www.mindpower.news.com tentang Karma of The Brain dalam buku Why Good Things Happen to Good People, DR Stephen Post memaparkan beberapa penelitian ilmiah tentang kebiasaan memberi dan pengaruhnya terhadap kesehatan dan umur panjang. Menurut analisa Post terbukti bahwa kita memiliki kebutuhan untuk memberi. Kebutuhan ini merupakan vitamin bagi jiwa. Masih menurut Post kebiasaan memberi dapat melindungi kesehatan secara menyeluruh dua kali lipat lebih baik daripada aspirin yang melindungi tubuh dari serangan jantung.



Read More..
|
| edit post

BANJIR AFRIKA BARAT DAN SUNGAI IMJIN MELUAP

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 09 September 2009 1 komentar


Berita dalam negeri seputar gempa Tasikmalaya yang menelan korban jiwa sungguh membuat pilu hati kita. Apalagi korban yang tertimbun longsoran tebing yang runtuh di Cianjur cukup banyak jumlahnya. Semua ikut prihatin termasuk saya saat mengup- date berita dunia yang sehat berkat puasa terima Senen malam lalu seputar banjir di Afrika Barat dan Dam Jebol di Korea Selatan.

Disebutkan bahwa pejabat urusan kemanusiaan PBB menyatakan bencana banjir yang tengah melanda Afrika Barat menewaskan 70 orang dan ratusan lainnya terancam wabah penyakit. Banjir yang merupakan fenomena tahunan, tahun ini menerjang negara miskin Burkina Faso dan sedikitnya 5 negara lainnya di wilayah Afrika Barat.

Penjabat urusan kemanusiaan PBB untuk wilayah Afrika, Herve Ludovic De Lys mengungkapkan bencana tersebut telah merenggut nyawa 70 orang. Banjir juga menghancurkan stok pangan dan bisa menimbulkan krisis pangan dalam beberapa pekan ke depan. Ratusan ribu warga Afrika Barat juga terancam wabah penyakit akibat banjir.

Saat ini sekitar 430 ribu orang menderita dampak banjir dimana ratusan ribu warga Bukina Faso, Senegal, Ghana, Mali, Mauritania, dan Pantai Gading yang rumahnya hancur akibat banjir juga mulai kekurangan air bersih. Mereka mengungsi di gedung-gedung sekolah dengan kondisi menyedihkan. Sekolah yang berdaya tampung 200 siswa kini dipadati oleh sekitar 3 ribu orang.

Banjir yang menghancurkan jembatan dan jalan juga menyulitkan penyaluran bantuan darurat bagi korban. Tahun 2007 lalu banjir yang melanda Afrika Barat menewaskan 300 orang dan 800 ribu lainnya kehilangan tempat tinggal.
Sementara itu enam warga Korea Selatan hilang akibat meluapnya sungai Imjin. Meluapnya sungai tersebut diperkirakan disebabkan karena Korea Utara membuka bendungan sungai yang mengalir ke Korea Selatan. Seorang saksi mata yang berkemah di pinggiran sungai Imjin mengatakan permukaan air sungai semula rendah namun secara mendadak naik hingga beberapa meter.

Arus air yang deras menghanyutkan beberapa orang yang sedang memancing di sungai tersebut. Mereka tidak sempat menyelamatkan diri karena meluapnya air sungai terjadi secara tidak terduga. Insiden ini mengakibatkan enam warga hilang dan beberapa mobil hanyut. Regu penolong dengan menggunakan helikopter dan perahu boat berusaha mencari korban yang selamat dan jenazah korban yang tewas.

Petugas akhirnya berhasil menyelamatkan sepuluh korban. Gubernur Propinsi Gyeonggi Kim Moon Soo mengatakan, meluapnya sungai Imjin disebabkan karena Korea Utara membuka bendungan Sungai Hwang yang mengalir ke Sungai Imjin. Korea Utara seharusnya memberikan peringatan dini sebelum membuka bendungan tersebut.

Sumber berita : Asia dan World/Reuters

Gambar : Google Images

Read More..

LONGSOR CIANJUR DAN PENGUNGSI ANAK-ANAK

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 07 September 2009 1 komentar


Di tebing perbukitan sekitar wilayah Cianjur saat ini masih rawan tehadap longsoran susulan jika terjadi hujan maupun gempa. Longsor batu di Cianjur merupakan bagian dari longsoran purba yang pernah terjadi empat juga tahun lalu. Empat juta tahun lalu?

Itulah prolog yang sehat dengan reiki terima terakhir dari update sekitar berita gempa bumi yang terjadi seminggu lalu yang salah satunya menerjang daerah Cianjur. Lokasi runtuhan batuan di Cianjur Jawa Barat merupakan salah satu bagian dari longsoran purba. Setidaknya hal ini dicirikan dengan adanya bentuk morfologi berupa tebing perbukitan yang tegak dan lengkung seperti tapal kuda memanjang sepanjang sekitar 20 kilometer.

Menurut pakar geologi Universitas Gajahmada Dwikora Karnawati, lembah deposit runtuhan longsor purba di kaki tebing inilah yang sekarang ini berkembang menjadi tempat permukiman yang terus berkembang hingga meluas ke arah tebing. Dari hasil pengukuran lapangan tercatat luncuran batuan dapat mencapai 550 meter dari kaki tebing. Karena cukup berbahaya disarankan agar zona sepanjang lereng bebas dari hunian.

Endapan hasil runtuhan batuan yang terjadi akibat gempa 2 September lalu masih relatif rapuh. Endapan batuan tersebut masih mungkin bergerak atau runtuh lagi terutama jika terjadi guncangan gempa, hujan atau penggalian yang tidak terkontrol. Berdasarkan hasil penelitian tim geologi, sepanjang tebing batuan yang menghampar melewati sejumlah desa diantarnya Desa Cijambu, Cisitu, Pasir Bayur, Sukaresik, Cikangkareng dan Babakan merupakan tebing batuan yang rapuh dan rentan runtuh.

Hal ini disebabkan batuan yang cukup rapat pada tebing yang tegak dimana runtuhan batuan pernah terjadi beberapa kali, terbukti dengan dijumpainya endapan talus atau endapan runtuhan batu yang terkumpul di kaki tebing. Kalau daerah Cianjur masih mendata jumlah korban yang belum diketemukan di areal longsoran ini, bagaimana dengan Tasikmalaya yang juga kena gempa?

Yang paling menderita akibat bencana gempa bumi di Tasikmalaya Jawa Barat adalah anak-anak. Mereka terpaksa tinggal di pengungsian untuk sementara waktu dan belum berani pulang ke tempat tinggal masing-masing. Karena itu untuk menghilangkan ketakutan akibat gempa perlu perhatian khusus untuk mengurangi kesedihan dan trauma mereka.

Anak-anak ini semula tinggal di Desa Suka Setia, Kecamatan Cisarong Tasikmalaya. Mereka masih menempati sejumlah tempat pengungsian bersama sekitar 12 ribu lebih pengungsi lainnya di Kecamatan Cisarong. Bangunan sekolah mereka sebagian rusak karena itu mereka diliburkan sekolah. Beruntung di lokasi pengungsian kini ada relawan pendampingan korban gempa yang memberikan perhatian khusus bagi anak-anak korban gempa. Setiap hari anak-anak ini diajak bermain dengan gembira.

Tidak saja posko khusus bagi anak-anak. Posko kesehatan pun didirikan untuk melayani para pengungsi yang sebagian besar mulai terserang penyakit Ispa. Selain itu berbagai bantuan pun terus mengalir ke lokasi ini diantaranya dari Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Hajjah Mufida Jusuf Kalla. Bantuan yang diberikan kepada pengungsi berupa uang senilai 650 juta rupiah, 3100 sarung dan kebutuhan obat-obatan serta keperluan mandi.

Sumber gambar : www.facebook.com


Read More..

PUASA UNTUK PENDERITA DIABETES

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 06 September 2009 2 komentar

Paparan seputar diabetus melitus di Radio El-Shinta saat makan saur kemaren pagi, sehat dengan reiki memperoleh data bahwa Indonesia menjadi negara nomer empat terbanyak untuk katagori jumlah penderita diabetes melitus, yaitu sebesar 8,4 juta jiwa. Data dari World Health Organization tahun 2004 sebagaimana dikeluarkan oleh Persatuan Diabetes Indonesia ( Persadia ) memperkirakan tahun 2030 jumlah tadi akan meningkat menjadi 21,3 jiwa. Sungguh berita yang membuat kita prihatin perihal penderita diabetes yang semakin meningkat jumlahnya.

Diabetes melitus sendiri berasal dari kata "diabere" yang artinya tabung untuk mengalirkan cairan dari satu tempat ke tempat lain. Dahulu dianggap tubuh manusia dihancurkan dari dalam dan hasil penghancuran ini dikeluarkan melalui air seni. Sedangkan "melitus" artinya madu. Maka diabetes melitus atau kerap disapa DM bisa juga disebut penyakit kencing manis atau penyakit gula. Penyakit ini oleh kalangan medis disebut sebagai gejala atau kelainan yang ditandai dengan adanya kenaikan kadar glukosa darah yang menahun (kronis).

Resiko dari diabetes menurut Persadi dibagi menjadi dua jenis, yaitu resiko yang tidak dapat diubah, dapat diperbaiki dan yang terkait dengan risiko diabetes itu sendiri. Untuk faktor pertama mencakup ras, etnik, riwayat keluarga dengan diabetes, usia diatas 45 tahun. Lain dari pada itu orang yang mempunyai riwayat melahirkan bayi dengan berat badan lahir lebih dari empat kilogram, rentan terhadap diabetes.

Kebalikannya risiko ini juga bisa dialami oleh orang yang memiliki riwayat diabetes melitus gestasional dan riwayat berat badan rendah saat lahir kurang dari 2.5 kilogram. Ini adalah gejala diabetes belitus yang terjadi saat hamil. Sementara risiko yang dapat diperbaiki meliputi orang yang mengalami obesitas dengan indeks massa tubuh lebih dari 23 kg/m kwadrat, kurangnya aktivitas fisik dan hipertensi dengan tekanan darah lebih dari 140/90 mm Hg. Diet tinggi gula rendah serat turut pula menyumbang risiko terkena diabetes melitus.

Para ahli kedokteran juga membahas perihal gejala umum dari diabetes yang sering disebut sebagai "the silent killer" dan berdampak kronis, tanpa disadari oleh orang yang bersangkutan. Di antara gejala itu tadi adalah sering berkemih di malam hari, merasa haus berlebihan, mudah lapar dan penurunan berat badan yang tidak jelas sebabnya. Keluhan lain berupa badan lemas, kesemutan, gatal, penglihatan kabur dan infeksi luka yang tak kunjung sembuh sebaiknya menjadi perhatian setiap orang.

Saran para ahli kedokteran bila kita memiliki keluhan ini sebaiknya segera memeriksakan kadar gula darah. Upaya preventif dapat dilakukan dengan cermat termasuk memperhatikan pola makan yaitu mengurangi makanan yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi. Cara lain adalah untuk mendukung gaya hidup sehat ala reiki adalah rajin berolah raga rutin jalan kaki pagi saja. Olahraga ini cukup 1 jam dilakukan dengan jarak tempuh 4-5 km.

Cara lain adakah? Ada...dalam bulan puasa yang penuh berkah dan ampunan ini tidak ada salahnya penderita diabetesi bisa tetap menjalankan ibadah wajib ini dan mengkonsumsi suplemen khusus diabetes. Semoga dengan berpuasa kadar gula darah penderita diabetesi di kemudian hari bisa tetap dikendalikan dengan baik ke arah normal. Kalau itu yang terjadi...bersyukurlah kita bahwa anjuran puasa bagi orang beriman bukan untuk menyengsarakan umat pemeluk agama itu saja, namun jauh dari itu adalah meraih derajad kesehatan sebagaimana disabdakan dari hadist Rassul yang berbunyi, "Berpuasalah kamu agar kamu sehat".

Perintah puasa disamping meningkatkan ketaqwaan dari hamba kepada Sang Khalik pada dasarnya ada hikmah dibalik puasa. Allah maha tahu terhadap kelebihan dan kekurangan makhluk yang diciptakan-Nya, sehingga setiap perintah dan larangan Allah harus kita anggap sebagai bentuk kepedulian dan kasih sayang Allah kepada hamba-Nya. Dengan berpuasa semoga kita menjadi manusia sehat jasmani dan rohani dan Insya Allah di tahun depan kita dipertemukan kembali dalam bulan Ramadhan.


Read More..
|
| edit post

TERAPI DOA

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 05 September 2009 1 komentar


Kita yang hidup di Indonesia pasti sudah tahu adanya terapi doa sebagai upaya memperoleh kesembuhan dari penyakit. Banyak bukti kesembuhan yang didapat melalui terapi ini. Lantas bagaimana doa bisa memiliki kekuatan menyembuhkan? Tidak ada salahnya bahwa dalam bulan puasa yang penuh berkah dan ampunan ini sehat karena puasa mengajak Anda untuk selalu berdoa untuk mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani agar kegiatan keseharian dalam hidup ini mendapat ridho dari Ilahi. Kita pun tahu bahwa doa dalam bulan puasa sangat mustajab sehingga setiap doa dari hamba kepada Tuhan akan dikabulkan.

Bagaimana doa bisa memiliki kekuatan menyembuhkan? Memang jawaban pertanyaan ini masih menyimpan misteri. Namun dari berbagai penelitian seperti ditulis Kyle Roderick dalam Third Age Med, para ahli dapat memperoleh gambaran tentang doa. Salah satu terapi dari doa itu sendiri adalah menyerahkan segalanya kepada Sang Maha Pencipta.

Bila melihat manfaat meditasi bagi kesehatan dari mulai meredakan tekanan darah hingga menyembuhkan gangguan jantung, orang yang berdoa untuk kesembuhan penyakitnya sendiri akan memperoleh efek sama. Saat berdoa sehabis melakukan ibadah orang ini dalam keadaan meditatip, tenang dan hanyut dalam lantunan doa sehingga respon alam bawah sadarnya akan bekerja.

Para ahli yakin sistem kekebalan tubuh meningkat saat seseorang berada dalam keadaan tenang dan damai akibat efek dari meditasi dan doa. Doa yang memberikan suasana damai akan membuat tubuh seseorang mengeluarkan kortisol, epinephrine dan norepinephrine yaitu hormon-hormon yang mengalir keluar dari kelenjar adrenal untuk meredakan stress. Zat kimia dalam tubuh ini akan meningkatkan kekebalan dan menghambat berkembangnya penyakit seperti gangguan jantung, stroke, radang usus dan gangguan perut lainnya.

Meningkatnya sistem kekebalan tubuh ternyata bisa ditransfer ke orang lain. Sebagaimana halnya metode pengiriman energi reiki jarak jauh kepada orang lain yang memerlukan kesembuhan, seorang praktisi reiki dan pasien itu sendiri harus memulai kegiatan ini dengan doa...sekali lagi doa menurut iman dan kepercayaan, barulah teknik penyaluran energi reiki bekerja. Biarlah Sang Khalik berkarya dalam penyembuhan dan menjadikan diri kita sebagai saluran dari energi alam semesta untuk penyembuhan penyakit.

Dapat diasumsikan bahwa penyembuhan jarak jauh melalui doa dan kegiatan transfer energi reiki hanya dimungkinkan bila kedua belah pihak mempersiapkan diri lebih dulu sebelum transfer energi berlangsung. Beberapa ahli lain termasuk Larry Dossey yang menulis buku Healing Words berpendapat bahwa fisika quantum memegang peranan dalam penyembuhan jarak jauh utamanya melalui doa. "Bukankah mendoakan orang lain untuk kebaikan hidup di dunia dan akhirat adalah baik dan akan mendapatkan ganjaran dari Tuhan Yang Maha Kuasa?," itu anjuran Pak Ustad saat kita sama-sama mendengarkan kuliah tujuh menit dalam sesi sholat tarawih di bulan puasa ini.

Pahala yang menyehatkan dalam bulan ramadhan ini pun Insya Allah bisa kita raih melalui terapi doa. Menurut para ahli... doa tidak saja bermanfaat bagi orang yang didoakan saja. Sang pendoa sendiri pun dalam keadaan damai dan tenang akan memperoleh manfaat serupa dari doa. Prof. DR. H. Dadang Hawari menyatakan sangatlah besar pahalanya bagi mereka yang mendoakan orang sakit. "Jangankan mendoakan, dengan datang ketempat dia dirawat saja, sepertinya yang sakit sudah merasa sembuh hilang penyakitnya," katanya.

Pendapat ini juga dibenarkan oleh Putu Dana, instruktur Meditasi Kesehatan Bali Usada. Setiap praktik meditasi harus diawali dengan doa kepada makhluk di bumi agar berbahagia. Tujuan doa ini adalah menyuburkan cinta kasih pada diri peserta meditasi. "Dengan memancarkan pikiran positip yang dilandasi niat baik, pikiran dan perasaan kita akan menjadi lembut dan tenang," ujarnya.

Pikiran dan perasaan tenang akan membawa badan dan jiwa menjadi sehat. Energi positip yang dikeluarkan akan berpengaruh besar bagi kesehatan badan dan jiwa bagi orang yang menerimanya bahkan orang yang mendoakan itu sendiri. Masih menurut Larry Dossey yang mengkaji lebih dari 100 penelitian dan uji coba tentang doa yang tergolong spektakuler, di antaranya tentang rumput yang tumbuh subur setelah didoakan, rumpun gandum yang lebih tahan menghadapi racun sianida, biji-bijian yang cepat bersemi hingga luka yang lebih cepat sembuh karena peranan doa.

Nah karena bulan puasa tinggal beberapa hari lagi, alangkah baiknya kita tidak menyia-nyiakan doa dalam setiap aktivitas di bulan puasa ini. Yakinlah bahwa doa dalam bulan suci ini akan dijawab dan boleh jadi dikabulkan oleh Sang Khalik. Mendoakan bagi kesehatan keluarga, tetangga, rekan sekerja merupakan pahala yang menyehatkan yang ingin kita raih di mana pahala itu juga menyebar kepada orang yang ingin kita doakan.

Sumber tulisan : Gaya Hidup Awet Muda ( disunting )

Read More..

PUASA AGAR SEHAT

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 04 September 2009 3 komentar

Bulan puasa sudah berjalan kurang lebih 15 hari. Tentunya sahabat dengan reiki yang menunaikan ibadah puasa telah mendapatkan manfaat dari ibadah puasa. Salah satu hikmah dan manfaat dari ibadah puasa yang bisa kita petik adalah kesehatan jasmani dan rohani. Tentunya saya...sehat ala reiki dan tentunya Anda sahabat saya semua tentu ingin sehat bukan?

Kalau ya mari kita simak hadist dari Rasul kita yang berbunyi, "Berpuasalah kamu agar kamu sehat," demikian bunyi hadist tadi yang menerangkan keutamaan puasa yaitu untuk menjaga kesehatan, baik kesehatan jasmani dan kesehatan rohani. Menahan dan mengendalikan diri dari makan, minum dan hubungan intim di siang hari dengan pasangan kita, sejak terbit fajar hingga terbenam matahari selama kurang lebih 30 hari, tentu akan menyehatkan tubuh manusia secara fisik.

Melalui perintah puasa yang dilaksanakan dengan baik dan berkualitas tentu akan mampu meningkatkan kualitas fisik dan kesegaran jasmani manusia. Ini terbukti bila sebelum puasa lambung kita perih karena sakit maag yang belum akut, dengan puasa 30 hari Insya Allah lambung yang tadi perih akan berkurang dan kita bisa mengatur kembali jam makan dengan tertib. Contoh lain lagi yaitu bagi anak dalam masa pertumbuhan setelah berpuasa maka badan anak akan tumbuh cepat besar.

Nah apa rahasia berpuasa itu sehat dan bagaimana kiat meraih agar fisik tetap prima? Inilah permasalahan yang sering ditanyakan orang yang belum mengerti makna dan hakikat puasa. Pada dasarnya ditinjau dari segi medis kedokteran, para ahli kesehatan sepakat, bahwa alat pencernaan ( perut ) merupakan sumber dari bermacam penyakit. Ini sejalan dengan ajaran Rasulullah yang dinyatakan Al-Ghazali, " Perut itu pangkal segala penyakit dan memeliharanya adalah pangkal dari pengobatan."

Menjalankan puasa selama 30 hari diharapkan akan lahir manusia fitrah dimana pikiran dan jiwanya selalu dibimbing oleh iman dan perilakunya dituntun oleh nilai-nilai taqwa. Manusia akan bisa menemukan jati dirinya sebagai hamba Allah yang shalih. Agar iman dan taqwa terus terpelihara, umat Islam juga disunahkan puasa diluar bulan ramadhan misal puasa setiap hari Senin dan Kamis,puasa hari arafah atau puasa Nabi Daud, sehari puasa sehari tidak.

Puasa dalam bulan ramadhan bukanlah ibadah baru bagi umat Nabi Muhammad, melainkan sudah dikerjakan oleh umat pengikut Nabi dan Rasul terdahulu maupun agama lain sehingga seharusnya secara psikologis puasa bukan sesuatu yang asing dan berat untuk dilaksanakan, apalagi sampai tidak berpuasa sunguh keterlaluan. Ini sejalan dengan perintah puasa sebagaimana firman Allah dalam Quran Surat Al-Baqarah : 183 yang berbunyi, " Hai orang-orang beriman diwajibkan atasmu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang terdahulu, agar kamu menjadi taqwa."

Kalau dalam postingan terdahulu sehat dengan reiki selalu menggunakan kata kunci ini setiap kali postingan, maka sehat dengan berpuasa boleh juga saya gunakan sebagai kata kunci dalam kesempatan lain. Dengan menahan hawa nafsu seperti nafsu amarah contohnya kita akan berlatih menjadi manusia sabar dalam segala hal. Sabar dalam penderitaan, sabar untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh ajaran agamanya, sabar menjalankan perintah Tuhannya dan jenis sabar-sabar lainnya.

Selama berpuasa di siang hari kita akan merasakan kedekatan dengan Sang Khalik melalui ibadah sholat yang selanjutnya melalui doa yang kita panjatkan mudah-mudahan Tuhan mengabulkan apa yang kita pinta dalam doa. Dengan berpuasa akan terasa getaran Energi Ilahi ( reiki ) semakin deras mengalir ke dalam badan kendatipun baru diniatkan dalam hati saja dan belum kita arahkan kedua tangan kita melalui self healing atau healing ke orang lain. Begitu derasnya Energi Ilahi masuk lewat chakra mahkota lalu mengalir melalui nadi dalam tubuh energi selanjutnya membuang energi negative berupa penyakit keluar tubuh lewat chakra telapak kaki kanan dan kiri masuk bumi tanpa merugikan mahkluk lain.

Dengan berpuasa diantaranya menahan diri untuk tidak makan dan minum di siang hari akan mengistirahatkan pencernaan perut dari tugas rutinnya yang selama 11 bulan tidak istirahat. Mengendalikan perut melalui puasa adalah cara sehat dan murah untuk terhindar dari berbagai penyakit. Amin...

Sumber tulisan : Mimbar Jumat Dewan Mubaligh Indonesia ( diedit seperlunya )

Read More..

SENTRA PRODUKSI BATIK LAWEYAN SOLO

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 03 September 2009 4 komentar



Bila Anda berada di Solo jangan lupa berkunjung ke sentra batik di Kampung Batik Laweyan. Begitu pesan beberapa kawan kepada sahabatnya yang belum pernah datang ke Solo. Memang betul anjuran itu yang sebenarnya sudah sering sehat dengan reiki dengar dari sahabat baik itu di forum blog, milis ataupun di pertemuan rutin dalam keseharian kerja, di mana sahabat yang pernah datang ke Laweyan ini menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Kampung Batik Laweyan. Apa yang akan diceritakan kalau bukan soal batik.

Sebenarnya Kampung Batik Laweyan sudah terkenal sejak awal kemerdekaan republik ini. Bahkan jauh sebelum itu kampung Laweyan sudah mengukir sejarah dengan munculnya Serikat Dagang Islam ( SDI ) yang dibentuk oleh KH Samanhudi, salah satu saudagar batik terkemuka. Lewat SDI inilah nafas Islam menjadi bagian yang penting dalam perdagangan di Indonesia. Di wilayah ini pula berdiri bangunan Mesjid Laweyan yang konon dibangun pada tahun 1546 Masehi.

Secara geografis Kampung Batik Laweyan berada di Solo Barat dan Selatan Kota Solo. Kawasan ini sejak dulu terkenal sebagai sentra industri batik. Keberadaan sudah ada sejak zaman Kerajaan Pajang tahun 1546 Masehi. Karena terkenal dengan produksi batiknya maka kampung ini segera menjadi ikon batik pedalaman khususnya di Pulau Jawa di samping batik pesisir produksi Pekalongan, Lasem, Cirebon dan Indramayu. Kampung ini secara cepat menjadi ikon melegenda dan memantapkan diri sebagai pusat kejayaan perkembangan seni batik di kota Solo.

Letak Kampung batik Laweyan sebelah timur berbatasan dengan Kampung Jagalan Bumi Laweyan. Sebelah selatan dibatasi Kali Jenes dan paling barat Kampung Kwanggan. Sebelah utara terdapat ruas jalan Dr. Rajiman yang membentang dari Pasar Jongke hingga Pasar Kabangan. Di ruas utama kampung Batik Laweyan ada jalan Sidoluhur yang diapit bangunan legendaris bertembok tinggi milik para saudagar batik yang pernah mendapat julukan Mbok Mase dan nDoro Nganten Kakung..

Para saudagar batik tadi membuat batik dengan menggunakan cap atau canting sebagai peralatan kerja. Dalam proses pembuatannya menggunakan lilin yang ditorehkan di kain putih. Lilin atau malam digoreskan menggunakan cap tembaga atau canting. Karena dibuat dengan cap maka dinamakan batik cap sedangkan yang menggunakan canting disebut batik carik atau batik tulis. Malam atau lilin ini melekat dikain putih lalu dalam proses pengerjaannya disertakan warna untuk memperindah corak motif batik.

Selama masa pembuatan hingga selesai dipasarkan melibatkan tenaga kerja dari penduduk sekitar Laweyan. Tenaga kerja ini disebut buruh batik. Upaya promosi selanjutnya melalui stiker yang ditempelkan di kain batik yang sudah jadi. Selanjutnya batik dipasarkan di toko batik atau dijual dalam partai besar di Pasar Klewer. Upaya promosi juga dilakukan untuk mengangkat citra batik diantaranya melalui brosur dan sekarang ini menggunakan media internet sehingga penduduk negara lain akan tahu keberadaan batik sebagai hasil karya adiluhung bangsa Indonesia khususnya budaya Jawa.

Hal ini ternyata tidak sia-sia ketika Unesco mengakui batik sebagai warisan budaya Indonesia. Melalui Unesco keberadaan batik telah mendapatkan tempat secara internasional. Adanya pengakuan ini berarti batik telah mendapatkan pasar luar negeri terbukti dengan banyaknya turis asing atau domestik yang berkunjung ke Kampung Batik Laweyan untuk berbelanja sekaligus melihat jalannya proses produksi batik.

Dari kalangan pengusaha pengakuan ini seharusnya direspon pemerintah dengan segera menerbitkan undang-undang yang melindungi para pengusaha batik. "Misalnya perlu ditunjukkan definisi batik yang sebenarnya. Jika prosesnya tidak menggunakan lilin bukan termasuk batik," tutur Widiarso, Pengurus Forum Kampoeng Batik Laweyan sebagaimana dikutip Joglosemar beberapa waktu lalu.
Jika hal itu dilakukan akan bermunculan industri-industri kreatif baru khususnya dalam pembuatan batik.

Di Kampung Klaseman tempat sehat bersama reiki menghabiskan waktu kecil hingga sekolah lanjutan atas penduduknya pun kebanyakan bekerja sebagai buruh batik. Ada yang bekerja sebagai tukang cap batik, tukang tolet, nglorot, buruh cuci batik dan pembatik kain tulis yang umumnya dikerjakan oleh ibu-ibu. Mereka bekerja di pabrik batik dan ada juga yang membawa bahan batik untuk di kerjakan di rumah masing-masing. Umumnya pekerja ini bekerja dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Terkadang malam hari ada juga yang bekerja lembur.

Tahun 1968 saat produksi batik meningkat ada seorang saudagar batik yang cukup dermawan mengijinkan penduduk sekitar untuk menonton televisi hitam putih setiap malam minggu di pendopo rumahnya dengan syarat ada yang mau membantu melipat kain batik yang belum jadi. Begitu pekerjaan melipat kain batik selesai barulah pesawat hitam putih ukuran 20 inchi dihidupkan. Penduduk ramai-ramai menonton film akhir pekan yang kalau itu TVRI menyiarkan Daktari, Flipper, Bonanza dan siaran iklan niaga. Di kampung itu baru ada 1 pesawat televisi hitam putih milik saudagar batik dan menjadi satu-satunya hiburan akhir pekan bagi penduduk sekitar pabrik batik.

Nah bila ingin mengenal lebih lanjut proses pembuatan kain batik, Anda tidak perlu membantu melipat kain batik sebagaimana ilustrasi di atas. Anda bisa langsung datang sambil mencoba membatik menggunakan canting. Pada lebaran tahun ini kunjungan wisatawan baik turis asing atau domestik diharapkan meningkat ke Kampung Batik Laweyan. Di kampung batik Laweyan semuanya telah tersedia baik batik tulis atau pun batik cap. Silakan belanja dan pilih batik sesuai selera Anda semua.

Sumber gambar : www.kampoenglaweyan.com

Read More..

PERIHAL PENERIMAAN KARYAWAN TVRI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 01 September 2009 2 komentar


Kantor tempat sehat dengan reiki bekerja untuk tahun anggaran 2009 ini mengumumkan perihal penerimaan pegawai di bidang :
1. Teknisi IT pendidikan terakhir S1 Teknik Informatika Kode IT.
2. Teknisi Produksi dan Penyiaran pendidikan terakhir D3/S1 Teknik Elektro/Elektronika/IT Kode TPP.
3. Teknisi Transmisi pendidikan terakhir D3/S1 Teknik Elektro/Elektronika Kode TX.

Adapun persyaratan umum :
1. Warga Negara Indonesia.
2. Usia maksimal : a. 26 tahun per 30 September 2009 untuk lulusan D3 atau sederajat.
b. 30 tahun per 30 September 2009 untuk lulusan S1 atau sederajat.
3. IPI minimal 2.75.
4. Diutamanan memiliki pengalaman kerja minimal 1 (satu) tahun di bidangnya.
5. Untuk profesi Teknisi IT diutamakan yang memiliki porto foli0/hasil proyek.
6. Diutamakan yang pernah mengikuti pelatihan profesi penyiaran televisi.

Adapun persyaratan administrasi :
1. Surat lamaran.
2. Daftar Riwayat Hidup.
3. Fotocopy ijazah dan transkrip terakhir yang dilegalisir.
4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk / Surat Keterangan Domisili yang masih berlaku.
5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
6. Surat Keterangan berbadan sehat dari dokter pemerintah.
7. Surat Keterangan tidak buta warna dari dokter pemerintah.
8. Surat Keterangan bebas narkoba dari dokter pemerintah.
9. Surat Keterangan pengalaman kerja.
10. Pasphoto berwarna terbaru 3 lembar ukuran 4x6.
11. Fotocopy surat tanda kelulusan/sertifikat kursus/pelatihan.

Surat Lamaran ditujukan kepada Tim Penerimaan Tenaga Bidang Teknik Televisi Republik Indonesia Tahun Anggaran 2009 dengan alamat Bagian SDM Kantor Pusat TVRI Gedung Penunjang Operasional ( GPO ) lantai VIII, Jalan Gerbang Pemuda Senayan Jakarta Pusat.

Berkas lamaran yang dimasukkan dalam amplop coklat diberi kode di sudut kanan atas dan diantar langsung ke Tim Penerimaan sampai dengan tanggal 7 September 2009 pada hari/jam kerja.

Berkas lamaran yang diserahkan kepada Tim Penerimaan tidak dapat diambil/diminta kembali.

Pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat akan dihubungi oleh Tim Penerimaan Tenaga Bidang Teknik Televisi Repuplik Indonesia Tahun Anggaran 2009 pada tanggal 10 sampai 11 September 2009.

Jakarta, 25 Agustus 2009

Tim Penerimaan Tenaga Bidang Teknik Televisi Republik Indonesia
Tahun Anggaran 2009

Ketua : Muhammad Rusli Sumara.

Semoga pengunjung blog sehat bersama reiki yang tertarik bekerja di mass media televisi dapat mengajukan lamaran kerja dan tentunya formasi ini segera dapat mengisi kekurangan tenaga di bidang teknik dan produksi siaran televisi. Anda tertarik silakan ajukan lamaran kerja segera.

Read More..

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.