ON LINE

Followers

LOJI GANDRUNG AKU KENAL KAMU

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 31 Agustus 2009 2 komentar


Iringan gending-gending Jawa bertalu-talu menyambut datangnya tamu istimewa yang datang dari Ibu Kota Jakarta. Sementara anak-anak sekolah mulai dari Taman Kanak-kanak hingga SMA berdiri berjejer di sepanjang Jalan Slamet Riyadi tepatnya di depan Stasiun Kereta Api Purwosari. Mereka mengelu-elukan akan datangnya Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno yang akan berkunjung ke Solo. Murid taman kanak-kanak Melati di mana sehat dengan reiki menjadi murid bersama teman-teman lain dibawah komando Ibu Guru mulai melambai-lambaikan bendera merah putih kecil tatkala iringan mobil Presiden Soekarno melintas.

Dari balik kaca mobil kepresidenan, Presiden kita membalas sambutan anak-anak sekolah tadi sembari tersenyum sementara iringan gending-gending gamelan terus memainkan gending Jawa yang berirama tenang. Ini adalah acara rutin sehat bersama reiki dan teman-teman di taman kanan-kanak Melati dalam acara menyambut kedatangan Presiden Soekarno sekitar tahun 1960 dan 1961. Memang peristiwa ini sudah hampir 50 tahun lalu terjadi namun ingatan tadi masih terekam dengan jelas kejadiannya. Selama 2 tahun duduk di kelas A dan B taman kanak-kanak, hampir semua murid taman kanak-kanak yang ada di Solo waktu itu diwajibkan hadir berdiri menyambut datangnya tamu agung.

Sehat bersama reiki masih ingat bagaimana meriahnya acara penyambutan itu. Di kedua sisi ruas Jalan Slamet Riyadi penuh sesak warga Solo yang membaur dengan murid-murid sekolah berdiri di pinggir jalan mulai dari Stasiun Kereta Api Purwosari hingga Stadion Sriwedari. Ada apa gerangan Presiden pertama kita datang ke Solo? Bapak presiden datang ke Solo dalam rangka kunjungan kerja dan beliau menginap di Loji Gandrung. Sejak kedatangan di Lapangan Udara Panasan yang sekarang bernama Bandara Adisumarmo, iring-iringan rombongan bapak presiden melintas masuk Solo dari arah Kartusuro, melintas Jalan Slamet Riyadi dari Kerten selanjutnya menuju Loji Gandrung tempat di mana beliau akan menghabiskan waktu menginap selama kunjungan kerja di Solo..

Ya...Loji Gandrung sebuah nama yang begitu melekat bagi warga Solo untuk sekedar mengingat akan bangunan bersejarah di mana Loji Gandrung menjadi tempat bersejarah tatkala Jenderal Gatot Subroto mengadakan rapat untuk menyerang Belanda yang membonceng NICA pada tahun 1948-1949. Peristiwa bersejarah tadi diabadikan dalam bentuk patung Jenderal Gatot Subroto yang berada di halaman depan Loji Gandrung. Bahkan sebelumnya, Loji Gandrung pernah digunakan sebagai markas Militer Brigade V Slamet Riyadi.

Selanjutnya berbicara mengenai Loji Gandrung sendiri dimana bangunan ini berdiri di pinggir Jalan Slamet Riyadi, dahulu milik seorang pengusaha perkebunan asal Belanda bernama Johanes Agustinus Dezentje ( 1797 - 1839 ) yang beristrikan kerabat Raja yaitu Raden Ayu Tjokrokoesoemo. Saat ini Loji Gandrung telah difungsikan sebagai kediaman Walikota Solo sejak periode Orde Baru. Sudah 12 Walikota pernah tinggal di Loji Gandrung. Selain menjadi tempat tinggal Walikota, Loji Gandrung juga berfungsi sebagai tempat penerimaan tamu-tamu penting.Ketika banjir besar melanda Kota Solo di penghujung tahun 2007 lalu Loji Gandrung juga menjadi Posko Banjir.

Dalam bangunan Loji Gandrung terdapat satu ruangan khusus bernama ruang Soekarno. Dinamai demikian karena presiden pertama Indonesia menginap di Loji Gandrung selama berkunjung ke Solo. Menurut Budayawan Solo, Sudarmono SU sebagaimana dikutip oleh Joglosemar, mengutarakan bahwa nama Loji Gandrung sering mengalami perubahan dari masa ke masa. Nama Loji Gandrung sendiri merupakan nama pemberian Presiden Soekarno.

Sedangkan menurut Kepala Bidang Pelaksanaan Promosi dan Kerjasama Dinas Pariwisata Solo, Mufti Rahardjo sebagaimana dilansir Joglosemar, nama Loji Gandrung diambil dari kata " Loji " yang berarti sebutan untuk rumah besar dan " Gandrung " sebutan orang Jawa untuk sebuah pesta dansa atau acara ramah tamah. Loji Gandrung sendiri juga merupakan tempat dimana Sunan Pakubuwono X berperilaku mewakili dua budaya yang berbeda. Ketika berada di dalam Keraton, Sunan Pakubuwono X mewakili interpretasi budaya timur yang kental akan nuansa kerajaan Jawa, sedangkan bila ada di Loji Gandrung, beliau melakukan apa yang dilakukan orang-orang Barat kebanyakan seperti berpesta dansa.

Yang unik dari Loji Gandrung sendiri adalah keberadaan bejgebouw, sejenis paviliun yang berada di sisi kanan dan kiri Loji Gandrung. Setiap sisi mempunyai fungsi berbeda. Bejgebouw sebelah barat berfungsi sebagai tempat mengurus masalah pemerintahan sedangkan yang sebelah timur berfungsi untuk ruang keluarga. Loji Gandrung sendiri mempunyai pengaruh wibawa yang begitu melekat bagi warga Solo baik yang masih tetap tinggal di Solo atau yang merantau keluar Solo.

Nah...bila Presiden Soekarno sebagai kepala negara pernah menginap di Loji Gandrung, boleh jadi di Lebaran tahun ini warga Solo bisa datang bersilaturahmi dengan Walikota beserta jajarannya.Tradisi menjamu warga Solo oleh Walikota yang biasa mengadakan open house di hari lebaran nanti, dipastikan Loji Gandrung membuka pintu bagi warga Solo untuk berlebaran dengan Bapak Walikota. Barangkali di antara sahabat sehat bersama reiki yang kebetulan nanti mudik ke Solo bisa memanfaatkan momen ini dan berkunjung ke Loji Gandrung. Ya...nama Loji Gandrung akan selalu melekat di hati warga Solo. Siapa tahu Anda semua bisa melangkahkan kaki menuju Loji Gandrung.

Sumber Foto : Google Images









Read More..

KAMPUNG BATIK KAUMAN SOLO

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 30 Agustus 2009 2 komentar


Mumpung masih ada di kota kelahiran Solo minggu ketiga Juli 09 lalu, sehat dengan reiki juga hadir di Kampung Kauman yang terletak bersebelahan dengan Masjid Agung Solo dekat Pasar Klewer. Nah setelah ada Kampung Batik Laweyan di Solo juga ada Kampung Batik Kauman yang tak kalah menarik dalam hal produksi kain batik. Monggo pun lajengaken postingan bab Kota Solo?

Kampung Batik Kauman yang menyandang Kampung Wisata Batik berada di kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Letak kelurahan ini mendiami areal tanah seluas 20.10 hektare. Menurut data yang diperoleh dari Kelurahan Kauman, hingga bulan Juni 2009 terdapat 735 kepala keluarga dengan total warga 7.461 jiwa.

Ingatan sehat bersama reiki kembali mundur ke tahun 1966 di mana banjir besar sedang melanda Solo yang juga merendam 2/3 bagian kota termasuk di dalamnya Kampung Kauman yang ikut terendam air banjir akibat meluapnya Bengawan Solo. Saat itu penduduk kota Solo yang kebanjiran sebagian mengungsi ke Balai Kampung Laweyan. Kampung Kauman sendiri terendam air banjir hingga 5 hari.

Lahirnya Kampung Kauman ada setelah Pemerintahan Keraton Kartusuro berpindah ke Desa Solo yang kemudian berubah nama menjadi Kasunanan. Kauman menurut namanya jelas merupakan tempat para kaum ulama tinggal di mana lapisan masyarakat di dalamnya terdiri atas penghulu tafsir anom, ketip, modin serta suronoto. Karena adanya kaum yang menjadi penduduk mayoritas wilayah ini maka daerah ini disebut Kauman.

Kauman akhirnya menjadi kampung batik setelah banyak show room yang menjajakan batik di wilayah ini. Karena tidak semua show room menjual batik produksi sendiri maka ada inisiatip sebagian warga membuat batik. Batik yang diproduksi masyarakat Kauman pada awalnya merupakan batik-batik pesanan para abdi Dalem Kasunanan.

Awalnya motif batik yang dihasilkan merupakan motif khas keraton. Seiring dengan berkembangnya pasar, motif yang dihasilkan juga bervariatif, bahkan berani menggunakan warna sebagai variasi. Dalam perkembangannya seni batik yang ada di Kauman dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu batik tulis, cap dan kombinasi batik cap dan batik tulis.

Produksi batik Kauman menggunakan bahan sutra alam dan sutra tenun, katun jenis primisima dan prima serta rayon. Menurut Gunawan Setiawan, Ketua Paguyuban Kampung Batik Kauman bersama rekan-rekannya di Paguyuban ini berinisiatif mengubah nama wilayah Kauman menjadi Kampung Batik Wisata Batik Kauman.

Pertimbangan perubahan status nama kampung ini dikarenakan wilayah Kauman tidak saja kampung yang menampilkan batik saja. Tengok saja wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke Pasar Klewer juga menyempatkan diri berbelanja batik di kampung ini. Selain berbelanja mereka juga menikmati jejak bangunan bersejarah seperti musium batik dan rumah kuno khas Jawa bergaya Eropa. Sebuah perpaduan unik antara wisata budaya dan sejarah.

Wisata religi disamping mengunjungi Mesjid Agung Solo, Pasar Klewer dan Keraton Kasunanan Solo tidak lengkap bila tidak melangkahkan kaki di Kauman. Bila nanti Pemda Solo jadi menjalankan kereta api wisata dengan Lokomotif Uap melintas Jalan Slamet Riyadi mulai dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Sangkrah, tak ada salahnya Anda...sahabat sehat bersama reiki juga mencoba kereta uap ini dan minta diturunkan di Perempatan Gladag. Dari perempatan Gladag ini Anda tinggal melangkahkan kaki melewati Gapuro Gladag dan sampailah di Kauman.

Di era tahun 1960 kereta api uap masih melintas di tengah kota Solo. Sejak Musium kereta api Ambarawa dibuka lokomotif uap mulai dipensiunkan. Menurut rencana wisata dengan kereta uap dari stasiun Purwosari menuju Sangkrah akan dihidupkan kembali. Saat ini perbaikan bantalan rel kereta api sedang dikerjakan dan diharapkan kereta uap kembali lewat di tengah kota. Di tahun itu saya sering naik kereta uap ini, kini giliran Anda semua nantinya juga bisa menikmati kereta uap yang sama.

Gambar atas tengah salah satu sudut Kampung Batik Kauman Solo.

Read More..

PASAR GEDE SOLO

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 29 Agustus 2009 1 komentar

Sangat malu jika kita mengaku orang Solo tetapi tidak tahu apa itu arti Pasar Gede. Barangkali sahabat sehat dengan reiki yang belum pernah ke Solo tidak tahu apa arti judul postingan kali ini. Baiklah agar sahabat semua tidak penasaran akan sehat berkat reiki jelaskan arti Pasar Gede itu.

Orang Solo mengenal Pasar Gede sebagai Pasar Hardjanagara sebagai pasar tradisional terbesar di Solo setelah Pasar Klewer. Secara harfiah Pasar Gede dapat diartikan sebagai Pasar Besar. Dalam buku Sri Susuhunan Paku Buwono X, Perjuangan, Jasa dan Pengabdiannya untuk Nusa dan Bangsa, beliau sendirilah yang memberi nama Pasar Gede Hardjanagara. Pemberian nama itu karena bangunan pasar menggunakan atap yang besar.

Mulanya Pasar Gede hanyalah sebuah pasar kecil yang berdiri di atas lahan seluas 10.421 meter persegi. Tahun 1927 atas perintah Sunan Paku Buwono X Pasar Gede direnovasi oleh Ir. Thomas Karsten dan selesai tahun 1930. Bentuk fisik bangunan pasar berlantai dua dengan pintu gerbang menghadap ke barat menyerupai singgasana.

Bila sahabat dengan reiki nanti berlebaran ke Solo sangat mudah mencapai lokasi pasar ini. Pasar Gede sendiri sangat strategis letaknya. Berada di seberang timur Gedung Balai Kota Surakarta di dekatnya mengalir Kali Pepe yang membelah kota Solo, membuat Pasar Gede terlihat dari Gedung Balai Kota. Lokasi ini terletak diperkampungan warga keturunan Tionghoa atau Pecinan yang bernama Balong.

Lokasi Pasar Gede berada di Kelurahan Sudiroprajan berada di Jalan Sudirman dan Jalan Pasar Gede, bila dilihat dari tata geografisnya, Pasar Gede masuk dalam kawasan segitiga emas kota Solo. Bila di Jakarta ada segitiga emas Kuningan, letak Pasar Gede Solo pun berada di segitiga emas yang meliputi Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran dan Pasar Gede sendiri.

Pasar Gede termasuk cagar budaya kota Solo berdasarkan SK Walikota No. 646 tahun 1997 tentang perlindungan cagar budaya di kota Solo. Dengan potensi lahan seluas 8.560 meter persegi yang terdiri dari 127 ruko, 133 kios, 633 los pasar dan sekitar 250 lapak pedagang, potensi pasar tersebut sangat cukup dikenal oleh orang luar Solo. Bahkan turis domestik dan asing pun dalam kesempatan berkunjung ke Solo biasa mampir berbelanja ke pasar ini.

Selain dekatnya Pasar Gede dengan Pecinan di Kelurahan Sudiroprajan juga mempengaruhi jenis dagangan yang dijual. Tengok saja jenis dagangan buah-buahan, juga sembako bahkan jajanan khas Solo seperti Krasikan, Kue Wajik, Intip, Kue Mangkok dan rempah-rempah bahan racikan jamu tradisionil pun dijajakan di Pasar Gede. Beberapa makanan khas bisa dibeli di sini diantaranya Lenjongan, Dawet Bu Dermi hingga Kare Bu Harini. Jelas harga jajanan pasar ini sangat murah untuk ukuran kota Solo.

Saat sehat bersama reiki berkendara sepeda motor menuju Matesih Karanganyar melihat banyak pedagang menjajakan buah semangka, jeruk, durian di mana buah ini didatangkan dari daerah Matesih Karanganyar. Biasanya pedagang ini menggelar dagangannya di depan pintu masuk pasar dan sebagian juga berdagang di dalam los pasar. Di antara penuh sesaknya parkir becak, sepeda motor, sepeda ontel dan mobil yang memenuhi areal luar pasar, membuat lalu lintas sedikit padat di jam sibuk kerja.

Pasar Gede dilihat dari bundaran depan Balai Kota Solo.
Pasar Gede dilihat dari bundaran depan Balai Kota Solo.

Keunikan lain di dalam pasar ini adalah hukum sliding price atau harga lunak dalam tawar menawar antara pembeli dan penjual. Perilaku tawar menawar masih terjaga dengan baik di sini. Umumnya pedagang menggunakan bahasa Jawa kromo inggil ketika menyapa pembeli. Karena itu keakraban antara penjual dan pembeli yang menjadi pelanggan tetap sangat terjaga dengan baik.

Di jaman pasar modern dengan hadirnya supermarket dan hypermarket yang menjamur di Solo, Anda...sahabat sehat ala reiki pun masih akan menemukan suasana guyub manakala melakukan transaksi pembelian di pasar tradisionil ini. Mbok-mbok pedagang akan menyapa Anda semua dengan santun, "Bade ngersakaken punopo Mbak-Mas, monggo pun cobi semongko, manis sanget kok raosipun?" begitu sapaannya.

Nah sebentar lagi lebaran akan tiba. Tidak ada salahnya Anda warga Solo yang tinggal di Jakarta dan kota lain hendak pulang kampung ada baiknya bernostalgia di Pasar Gede ini. Siapa tahu kenangan masa kecil dalam benak Anda akan terputar kembali manakala masuk ke dalam Pasar Gede. Hirup aroma kenangan masa kecil Anda dan rasakan sensasinya. Boleh jadi suasana itu akan masih tetap ada kendatipun usia kita telah merangkak naik dan kita merantau keluar Solo sudah berpuluh tahun.

Read More..

SEKILAS TENTANG G'TUMO ESOTERIK

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 28 Agustus 2009 4 komentar

Postingan kemaren sehat bersama reiki menyinggung tentang Gtumo Esoterik sebagai bagian dari reiki tradisi Gtumo. Apa sebenarnya Gtumo Esoterik itu bila disandingkan dengan Gtumo sendiri? Perlu diketahui bahwa dalam tradisi reiki menyebutkan bahwa Reiki aliran Gtumo adalah ilmu penyembuhan dengan menggunakan energi yang mengacu pada tradisi Tibet, sedangkan Gtumo Esoterik sendiri adalah ilmu yang menjurus pada pengolahan energi.

Kenapa energi harus diolah? Energi perlu diolah agar mampu disalurkan kepada sasaran dengan baik di mana praktisi yang mempelajarinya harus sudah mampu menyalurkan energi reiki melalui latihan yang teratur, berkesinambungan dan sudah mempraktekkan hidup bermeditasi. Karena Gtumo Esoterik lebih memfokuskan diri kepada pengolahan energi baik secara halus atau keras maka teknik Gtumo Esoterik ini hanya diberikan kepada orang-orang yang sudah biasa bermeditasi atau melatih chi.

Untuk dapat mengikuti kelas Gtumo Esoterik praktisi harus sudah memiliki dasar penguasaan energi seperti halnya energi Reiki. Dengan telah menguasai energi Reiki lebih dulu diharapkan tidak akan terjadi gangguan pada tubuh fisik sewaktu menerima alian energi yang kuat sebagai latihan hasil berlatih teknik Gtumo Esoterik. Attunement Reiki sendiri dari tradisi Gtumo sebenarnya hanya mengambil bagian penyembuhan saja dengan tidak mengambil bagian pengolahan energi.

Menghadapi penyakit yang membandel dalam tubuh kadang-kadang praktisi reiki menghadapi kendala ketika menyalurkan reiki ke tubuh sendiri atau orang lain. Reiki yang mengalir apa adanya melalui tangan praktisi kadang-kadang menghadapi benturan. Oleh karena adanya hambatan ini bagi praktisi reiki yang telah mempraktekkan Gtumo Esoterik dapat mengatasi kendala ini dengan menyalurkan energi reiki dengan keras atau lembut.

Dalam tradisi energi di Tibet ilmu Gtumo Esoterik tidak dituliskan dalam pengajarannya, melainkan diajarkan langsung, dinyanyikan ataupun digambarkan melalui lukisan. Memanfaatkan ilmu Gtumo Esoterik melalui latihan-latihan yang teratur, ternyata menghasilkan kualitas hidup yang menakjubkan, sehingga orang mampu hidup sehat sampai akhir hayatnya. Bahkan dengan izin Tuhan orang ini dikaruniai usia ada yang mencapai umur di atas seratus tahun.

Mencermati daerah geografis Tibet yang bergunung tinggi sehingga negara ini dijuluki atap dunia dengan kadar oksigen yang tipis, praktisi Gtumo Esoterik jaman dulu bisa berjalan-jalan tanpa mengenakan pakaian atas, walaupun daerah yang dilalui adalah gunung bersalju. Bahkan untuk mempraktekkan kemampuan ini setiap murid harus berlatih mencairkan sebongkah es yang didudukinya dalam udara dingin yang menggigit.

Itu adalah ceritera dahulu tentang kemampuan Gtumo Esoterik yang muncul dari diri praktisinya. Nah kalau sekarang kemampuan itu bukan untuk dipamerkan apalagi kita yang ada di Indonesia tidak mempunyai daerah bersalju layaknya di Tibet. Kemampuan yang ada dalam diri Gtumo Esoterik dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita mampu menjaga kondisi diri sendiri untuk tetap sehat, segar dalam segala kondisi, bahkan dalam udara yang paling dingin sekalipun semisal kita bekerja di ruangan ber-ac dingin di perkantoran.

Melalui latihan yang konsisten praktisi mampu meningkatkan daya tahan tubuh secara menakjubkan termasuk dalam cuaca dingin atau panas. Energi ini mampu menjaga kestabilan phisik sampai usia berapa pun, dapat disalurkan menjadi keras atau lembut baik kepada diri sendiri atau orang lain serta meningkatkan kepercayaan diri dalam menghadapi permasalahan hidup secara arif.

Zaman sekarang banyak orang cenderung berbuat jahat dengan ilmu hipnotis memperdayai korbannya agar menuruti apa yang menjadi perintahnya.Tapi dengan belajar dan mempraktekkan energi Gtumo Esoterik, maka pengaruh hipnotis atau ilmu gendam tidak akan mampu menembus energi Gtumo Esoterik yang ada dalam diri praktisinya. Bahkan dengan tatapan mata balik praktisi Gtumo Esoterik, maka energi pikiran jahat penghipnotis akan berbalik ke si penghipnotis sendiri.

Salah satu kemampuan yang muncul dari Gtumo Esoterik dalam ilustrasi di atas tidak untuk kita pamerkan dan banggakan kepada orang lain...tidak sahabat sehat dengan reiki. Kemampuan ini akan muncul dengan sendirinya manakala ada pengaruh negative yang merusak menyerang kita baik tatkala kita sedang sendiri atau di tempat keramaian umum dimana ilmu hipnotis sering merajalela memperdayai korbannya.

Salah satu contoh adalah sahabat sehat berkat reiki sendiri yang berprofesi Dokter pernah akan diperdayai dengan ilmu hipnotis di tempat keramaian Jakarta di siang hari. Niat jahat si penghipnotis kepada Ibu Dokter yang hendak bertransaksi di mesin ATM urung tatkala tepukan sang penghipnotis mental dengan sendirinya dan ia lalu pergi menjauh ketakutan. Untung si Ibu Dokter yang juga praktisi Gtumo Reiki Esoterik ini tidak melaporkan kejadian ini kepada pihak berwajib.

Dengan kata lain Gtumo Esoterik akan menangkal pengaruh ini dengan seketika dan mengirimkan balik kepada si penyerang. Sebenarnya dengan sering kita mempraktekkan reiki untuk penyembuhan saja aura tubuh kita akan selalu terselubungi dengan energi positive berupa bola energi. Gtumo Esoterik hanya sebagai pelengkap saja dari serangkaian teknik reiki yang ada dan ditawarkan dalam kelas lokakarya tersendiri.

Berbeda dengan teknik penyembuhan Reiki Gtumo yang lebih banyak mengacu kepada sikap tubuh yang rileks, santai dan pasrah, latihan Gtumo Esoterik ini setiap peserta harus lebih pro aktip dalam melatih diri. Salah satu latihan menyalurkan energi Gtumo Esoterik adalah mengalirkan energi mulai dari chakra dasar hingga chakra mahkota berselang seling antara chakra depan dan chakra belakang. Bila kita peka dalam latihan ini akan terasa ada hawa panas dan dingin silih berganti naik dan turun sepanjang jalur shusumna dan sekitar badan kita. Itulah energi Gtumo Esoterik yang sedang bekerja dan setiap saat dapat kita akses dan salurkan untuk keperluan penyembuhan atau keperluan lain sesuai kebutuhan.

Nasehat yang akan selalu sehat dengan reiki dan juga sahabat praktisi reiki lainnya sering dengar dari Master Reiki dan Senior Praktisi Reiki lainnya adalah pergunakan ilmu reiki untuk menolong sesama dalam penyembuhan penyakit dengan ikhlas setulus hati. Tidak menggunakan energi ini untuk menyakiti apalagi dengan kemampuan Gtumo Esoterik menggunakan energi ini untuk hipnotis apalagi menyakiti. Yang tak kalah penting dari itu semua kita harus pasrah, berdoa dan mohon pertolongan hanya kepada Tuhan dalam setiap kali mempraktekkan Reiki baik Reiki sendiri atau Gtumo Reiki pada awal dan akhir penyembuhan.

Sumber tulisan : Diktat Gtumo Esoterik I ( diedit seperlunya )





Read More..
|
| edit post

KECERDASAN INTELEKTUAL DAN EMOSIONAL

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 27 Agustus 2009 2 komentar

Semua makhluk hidup mempunyai otak. Bila otak manusia dipergunakan dengan baik maka ia akan menghasilkan pemikiran yang cemerlang sehingga melahirkan karya, cipta dan karsa dalam hidup ini. Menurut buku laris Head Strong yang sehat dengan reiki baca, Toni Buzan sang pengarang buku ini bilang bahwa otak manusia itu ibarat raksasa yang sedang tidur. Para neurolog memang membuktikan segala sesuatu berawal dari organ ini.

Setelah kecerdasan intelektual para psikolog meyakini ada kecerdasan lain yang tak kalah penting juga yakni kecerdasan emosional dan spiritual. Semua dimungkinkan karena kecerdasan ini lahir dari pikiran. Dalam kehidupan sehari-hari orang sering menyamakan istilah antara kecerdasan intelektual dengan intelligence quotient ( IQ ) padahal keduanya berbeda. IQ sebenarnya angka relatif untuk menunjukkan tingkat kecerdasan intelektual hasil dari penggunaan otak manusia.

Sebagai contoh anak usia enam tahun tapi dia sudah bisa mengerjakan matematika tingkat sma kelas 3. Berarti IQ anak ini adalah ( 18/6 ) x 100 = 300. Dengan kata lain tingkat kecerdasan intelektualnya di atas rata-rata. Kebalikannya jika usia kalendernya dua belas tahun tapi usia mentalnya baru 6 tahun berarti IQ nya ( 6/12 ) x 100 = 50. Artinya tingkat kecerdasan intelektual anak ini dibawah rata-rata.

Awal mula orang memang selalu cenderung mengenal kata kecerdasan hanya untuk menunjukkan kecerdasan intelektual semata. Namun kemudian muncul kecerdasan emosional sebagai jenis kecerdasan lain yang dimiliki manusia. Memang kecerdasan jenis ini belum bisa diukur secara eksakta seperti halnya kecerdasan intelektual tadi. Dalam diri manusia perpaduan kedua kecerdasan tadi adalah dua hal yang integral dalam diri manusia. Keduanya saling bersinergi.

Menurut panduan buku pelatihan Esoterik dari G.Tummo Reiki yang ditulis oleh Tjiptadinata Effendi mengatakan bahwa dalam perkembangan jaman, sejarah telah membuktikan bahwa orang-orang yang memiliki kemampuan kecerdasan luar biasa, bahkan disebut genius, namun tidak diimbangi dengan kedewasaan emosional, ternyata bukan saja berguna bagi manusia lain, malahan akan menghancurkan kehidupan orang lain.

Orang beranggapan kalau dua aspek kecerdasan tadi mampu ada dalam diri manusia, maka ia akan menjadi orang yang bermanfaat bagi sesamanya. Namun ternyata pendapat demikian juga akhirnya dikoreksi oleh perjalanan jaman. Seseorang baru dapat dikatakan masuk ke dalam tahap pencerahan, apabila dalam hidupnya mampu menerapkan dua aspek itu yakni aspek intelektual dan kedewasaan emosional secara seimbang dan pada akhirnya melahirkan kematangan spiritual.

Untuk mencapat tingkatan seimbang tadi maka diterapkan hidup bermeditasi. Meditasi keseimbangan adalah salah satu cara yang dipakai dalam latihan sebagai pelengkap kelas Esoterik. Sekalipun meditasi bukan merupakan suatu jaminan bahwa apa yang kita inginkan pasti akan tercapai, namun setidaknya jalan menuju ketingkat hidup luhur telah ada di depan kita.

Menurut penelitian di Australia bila setiap orang mau meluangkan waktu hanya 5 saja setiap hari untuk meditasi, maka ia akan tetap sehat, tidak cepat pikun, dapat hidup mandiri tanpa harus menggantungkan diri kepada orang lain. Meditasi keseimbangan bagi kelas Esoterik G.Tummo bertujuan untuk memberikan hasil ganda dalam hidup ini yaitu hidup sehat jiwa dan raga dalam menuju pencerahan.


Read More..

EDITING VIDEO NON LINEAR

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 24 Agustus 2009 0 komentar


Kalau dalam postingan kemaren sehat dengan reiki menulis tentang sekelumit tata kerja editing yang dimulai dari editing film lalu video dan terakhir editing dengan menggunakan komputer, maka kali ini akan saya singgung sedikit saja tentang editing dengan komputer sebagai alat menyunting gambar dan suara. Istilah editing komputer tempat sehat bersama reiki bekerja sehari-hari dikenal dengan istilah non-linear editing.

Kenapa disebut non-linear editing? Disebut demikian karena setiap kali kita menyunting gambar lalu merangkaikannya menjadi satu kesatuan utuh ada kalanya susunan gambar itu memerlukan perubahan ditengah alur cerita. Nah ketika keputusan merubah susunan shot tadi dilakukan maka shot demi shot gambar yang telah dirangkai dapat kita lepas kembali sambungannya hanya dengan menggeser shot tadi ke kanan atau ke kiri.

Misalkan dalam sebuah susunan gambar yang terdiri atas 10 klip gambar dimana kita memutuskan rangkaian gambar nomer 5 dan 6 ingin kita rubah dengan memberi transisi antara kedua shot tadi. Pertama kita klik gambar nomer 6 lalu geser ke kanan. Selanjutnya gambar nomer 5 kita geser ke kiri. Menggeser gambar menggunakan tool tanda panah disentuhkan ke gambar.

Hasil penggeseran kedua gambar tadi akan didapatkan area kosong sebab rangkaian klip sudah kita pisahkan. Lalu kita ambil stok shot gambar lain sebagai gambar sisipan untuk ditempatkan di antara klip nomer 5 dan 6. Dengan cara drag-lalu drop klip baru maka dengan mudah klip gambar ini kita sisipkan diantara gambar 5 dan 6.

Demikian pula sebaliknya jika ingin menyisipkan effek transisi gambar berbentuk kertas menggulung, maka shot gambar 5 di tempatkan di trak video 1 sedangkan gambar 6 ditempatkan di trak video 2. Antara trak video 1 dan 2 ada trak transisi yang dapat kita isi dengan effek transisi gambar. Effek transisi gambar bisa fade in-out, bluur, flash bahkan wipe in-out.

Tampilan non-linear editing menyediakan pilihan single track editing maupun A/B track editing. Model track ini mengacu kepada sistem kerja editing film double sistem ataupun single sistem. Nah baik pilihan single atau A/B trak editing ada trak khusus tersendiri yang disebut trak transisi. Nah trak transisi ini ditempatkan di antara trak video 1 dan 2 dengan durasi yang dapat kita atur sesuai kebutuhan.

Keunggulan dari non-linear editing adalah banyaknya koleksi transisi dan efek gambar yang tinggal kita pakai dan tersedia dalam folder khusus transisi. Jenis efek video tinggal kita pilih lalu drag dan drop ke tempat transisi gambar. Mudah kan? Ibarat kita merangkai mutu manikam bila ada butiran yang telah tersusun rapi tapi ada perubahan maka mutu manikam ini bisa digeser lalu disisipkan atau dibuang tanpa kita merangkai lagi dari nol ( awal editing).

Hanya dengan 1 perangkat komputer saja maka segala kebutuhan editing telah tersedia di dalamnya. Ada mixer audio, blak level, video gain dan sebagai kelengkapan menyunting perlu disediakan 1 atau 2 buah video player sekaligus recorder untuk mengcapture gambar dari kaset ke hard disk komputer. Demikian pula sebaliknya hasil akhir editing, gambar bisa kita export kembali ke kaset yang ditempatkan di player atau kamera camcoder.

Tentu Anda pun bertanya apa pula editing liner itu? Editing linear juga memotong-motong gambar atau suara lalu menyusun kembali dalam satu rangkaian menggunakan meja editing video. Perlengkapan mengedit memerlukan 1 atau 2 buah player dan 1 buah recorder. Dua buah player ini diperlukan manakala dalam editing diperlukan effek transisi gambar dan pengendalian transisi ini dilakukan di keyboard editing video. Cukup dengan memberi mark in disetiap gambar maka gambar akan menyambung dengan otomatis secara elektronis.

Sayang seribu sayang bila dalam editing gambar sudah rapi ternyata ada perubahan maka susunan gambar tadi tidak bisa kita pisahkan layaknya kita memisahkan rangkaian mutu manikam. Kita harus meronce kembali mutu manikam dari awal. Begitu pula susunan video, kita tidak bisa memenggal ditengah ditempat yang memerlukan perubahan. Makanya kita harus mengedit lagi dari awal.



Sekali lagi digital video editing non linear sebenarnya alat kerja biasa sebagai penyempurnaan dari sistem editing yang awal mula film, video lalu non linear. Istilah mark in-out dari setiap shot gambar harus kita ingat karena mark in-out ini adalah tanda sambungan gambar. Supaya hasil suntingan gambar terlihat maksimum memang ada sekolah khusus menyunting gambar film-video yang mensyaratkan pesertanya menguasai manajeman produksi televisi, paham akan komposisi gambar, dramaturgi dan screen direction ukuran gambar.

Sebagai bekal bagi juru kamera agar gambar yang diambil bisa diedit ada tip menarik yang harus diperhatikan yaitu, "Saya merekam gambar untuk gampang diedit" bagaimana caranya? Secara umum produk gambar televisi atau film dikatakan baik secara teknis apabila memiliki ciri khas gambar mengalir dengan ritmis, fokus kepada gagasan apa yang hendak ditampilkan, membuat orang untuk terus menikmati gambar dari awal hingga akhir, sudut gambar yang sempurna dari segi teknis photography mencakup tata cahaya, ketajaman gambar dan komposisi gambar itu sendiri. Nah sebagai pelengkap dari itu semua adalah teknik editing film atau video sebagai bagian akhir dalam rangkaian produksi film atau video.

Gambar dari tampilan work space time line editing non linear dari www.catun.net

Read More..

MEMAHAMI VIDEO EDITING

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 23 Agustus 2009 2 komentar





Saat ini banyak anak muda yang mahir menyunting video dengan adanya peralatan editing video menggunakan komputer sebagai sarana kerja. Menurut pengamatan sehat dengan reiki di kantor tatkala mendampingi praktek kerja anak SMA yang sedang praktek menyunting video, ketrampilan mereka boleh dikatakan maju berkat adanya peralatan editing video komputer yang diistilahkan non linear editing.

Bagi anak muda ini mereka menyenangi film atau video bukan sekedar ditonton saja, tetapi bagaimana ia juga bisa membuat sekaligus menyunting dan menjadikan tontonan menarik yang bisa dilihat oleh teman-teman bahkan guru sekolahnya. Di sini kita mengenal istilah amatiran bagi editor video pemula yang jam terbang mengedit film atau video masih rendah, namun yang telah bergerak ke arah profesional pun terus bertambah jumlahnya.

Perkembangan jumlah penyunting video yang semakin banyak dikarenakan semakin maraknya penjualan handycam di pusat perbelanjaan elektronik di kota besar. Juga banyaknya iklan handycam yang menghiasi media cetak atau elektronik setiap hari dengan menawarkan kelebihan produknya,membuat orang tertarik membeli dan mempraktekkannya.

Mereka bangga bahwa setiap momen indah dalam hidup ini sepatutnya dibuat dokumentasi. Saat ini banyak anak muda yang mahir menyunting video dengan adanya peralatan editing video menggunakan komputer sebagai sarana kerja. Memang menurut pengamatan sehat dengan reiki di kantor tatkala mendampingi praktek kerja anak SMA yang praktek menyunting video, ketrampilan mereka boleh dikatakan maju berkat adanya peralatan editing video komputer yang diistilahkan non linear editing.

Coba Anda tengok ke sekeliling di sekitar kita saat ini. Bukan peralatan handycam saja ada di tangan mereka. Telepon genggam pun sudah dilengkapi dengan vitur merekam gambar bergerak atau still photo. Di tempat wisata yang menawarkan keelokan alam indah sering dijumpai orang tengah merekam gambar dengan handycam atau hp. Menengok ke kanan ada orang lagi berpose di depan air terjun Lider Banyuwangi, menengok ke kiri ada anak kecil dan kedua orang tuanya bermain di dekat Batu Kalamba di pedalaman Lembah Bada Tentena Sulawesi Tengah.

Dengan bantuan alat tadi momen indah atau sedih dalam hidup ini akan terekam dalam sekejap dan saat itu juga bisa dilihat hasilnya. Boleh jadi Anda atau sehat bersama reiki dulu ketika masih pertama kali memegang kamera film atau still photograhpy saat awal belajar memotret atau merekam gambar dengan kamera film tidak tahu secara persis apa yang dimaksud dengan video atau gambar bergerak tadi.

Melalui latihan di media televisi barulah istilah itu sedikit dimengerti yang oleh kalangan umum diistilahkan gambar bergerak dalam gedung bioskop. Apa itu gambar bergerak? Sebenarnya gambar bergerak merupakan ilusi. Nah apa itu ilusi? Ilusi ada karena film sebagai media merekam gambar yang terdiri dari frame-frame gambar diputar dengan cepat melalui proyektor. Masing-masing bingkai ( frame ) gambar merupakan rekaman tahap dari suatu pergerakan ( sekuen ) yang kalau dilihat dengan mata telanjang merupakan ribuan gambar yang sama di dalam pita seluloid.

Boleh jadi mata manusia tidak akan dapat menangkap persamaan gambar tadi bila diputar dengan kecepatan di atas 20 frame per detik. Maka otak manusia akan menangkapnya sebagai sebuah ilusi gerak saja. Dalam media televisi di mana film sebagai media penyimpanan gambar bergerak mengenal istilah speed 25 frame per detik di mana suara mendahuli 3 frame lebih dulu dari start awal gambar. Kecepatan ini merupakan standard bagi film televisi ukuran 16 mm dimana pita suara berupa magnetic stripe terletak di sisi frame gambar. Suara film akan keluar manakala magnetic head menyentuh traks suara magnetic stripe di sisi film.

Di samping jalur suara film 16 mm di samping strip magnetic ada juga jalur optik berupa grafik suara seperti halnya goresan di kertas pencatat getaran gempa. Jalur optik ini menggunakan lampu sebagai headnya untuk mengeluarkan suara dari gambar yang muncul di proyektor film atau editing film steen back.Letak jalur optik suara ini ada di sepanjang sisi film mulai dari start leader hingga kredit titel di penghujung film.

Terkait dengan masalah editing video ada istilah yang lazim dikenal di dunia film dan video. Istilah ini dikenal sebagai standard SECAM, PAL dan NTSC. Masing-masing standard menerapkan putar film ( film rate ) tersendiri dan dipakai oleh negara kawasan tertentu. Sebagai contoh sistem yang dipakai penyiaran televisi Indonesia mengacu pada standard PAL.

Dalam prakteknya semakin besar frame rate, semakin halus gerakan gambar yang ditampilkan. Namun jika dikaitkan dengan data digital yang diproses, maka semakin besar pula file ukuran yang dihasilkan. Tentunya Anda bertanya apa beda antara film dan video, video analog dan video digital?

Film direkam dalam pita seluloid menyimpan data gambar saja sedangkan suara direkam dalam pita tersendiri. Barulan nanti pada saat editing film shot by shot gambar disinkronkan oleh Editor Film sehingga suara dan gambar lipsynch. Editing sistem ini mengacu kepada double sistem editing di mana gambar dan suara terpisah. Barulah tahap akhir dari editing ini gambar suara asli, musik, effek suara dan narasi disatukan menjadi satu pita utuh sebagai final mixing.

Kalau Anda melihat tampilan dari Time Line dari editing video komputer track video dan audio persis sama mengacu dari sistem editing film double sistem. Hanya saja mengedit film lebih leluasa darimana saja kita memulai mengedit. Tidak ada keharusan urut mengedit. Bagian adegan yang sulit bisa kita edit kemudian, adegan yang mudah bisa diedit awal. Barulah nanti masing-masing file dari sequence digabung berdasarkan urut naskah.

Dalam editing non linear video komputer pada umumnya editor bekerja menyunting gambar berdasarkan urut naskah. Hanya dalam tahap capture gambar dari pita ke hard disk urutan sequence gambar bisa dimasukkan urut dan masing-masing file gambar diberi nama tersendiri. Barulah dalam tahap menempatkan gambar dan suara di time line komputer diurutkan berdasarkan naskah.

Bila materi gambar berasal dari film 16 atau 35 mm memerlukan proses pencucian di laboratorium film lebih dulu sebelum diedit, tidak demikian halnya dengan materi video menggunakan pita magnetik. Di sini informasi gambar dan suara direkam dalam bentuk signal magnetik dan tidak memerlukan proses gambar lebih dulu sebagaimana film.

Proses editing elektronik biasanya menggunakan 1 player dan 1 recorder saja. Untuk kelengkapan transisi gambar berupa efek video maka dalam editing video diperlukan 2 player dan 1 recorder. Di keyboard editing video maka setiap transisi gambar shot per shot harus diberikan tanda mark in atau tanda mark out. Akhir gambar hasil editing di recorder diberi tanda mark in, lalu di awal gambar berikutnya dari player 1 atau 2 juga diberi tanda mark in. Dengan memencet tombol auto edit maka pita akan merewind selama 5 detik sebelum akhirnya menyambung secara otomatis dengan gambar hasil editing. Secara otomatis gambar akan menyambung dengan sendirinya dan terekam data audio dan videonya.

Jika tadi ada istilah video analog maka ada juga istilah video digital dimana gambar dan suara direkam dalam pita magnetik. Hasil rekaman berupa sinyal digital berupa rangkaian kombinasi angka 0 dan 1. Gerakan angka ini disebut time code yang menunjukkan jam-menit-detik dan frame dari gambar video. Untuk memahami pengertian analog dan digital kita ambil saja contoh lampu.

Data analog ibaratnya lampu yang memiliki kemampuan dim ( pengatur tingkat terang-redup pancaran cahaya). Sedangkan data digital diumpamakan sebagai lampu yang hanya memiliki tombol hidup atau mati saja. Tidak ada pengaturan redup terangnya lampu sehingga banyak yang menganggap rekaman analog lebih kaya nada dan nuansa dibandingkan dengan rekaman digital.Tetapi bila dicermati dengan seksama bahwa pemutaran rekaman analog menggunakan pita rekam yang langsung menggesek head pemutar pita. Lama kelamaan media rekam berupa head video akan mengalami keausan. Konsekuensinya noise semakin banyak juga kekuatan sinyal audio semakin lemah dan jelek suaranya.

Saat jaman komputer telah tiba dan memasuki proses editing video, penggunaaan editing video lebih mudah dan editor video dimanjakan oleh banyaknya effek gambar dan suara yang telah tersimpan dalam sebuah folder khusus efek gambar. Komputer sebagai sarana edit utama digital video juga memerlukan proses captured dari gambar di kaset ke dalam hard disk komputer. Saat proses captured ini tentu data digital akan sedikit mengalami penurunan kualitas karena sinyalnya relatip lebih stabil. Hanya saja proses capture video ini tidak bisa di percepat layaknya pita video digital atau analog bahkan pita film seluloid. Kita harus sabar memeloti gambar yang dicapture dari awal hingga akhir sampai selesai.

Tentu saja dalam uraian yang sehat bersama reiki tulis dalam postingan tentang editing video kali ini ada saja kelebihan antara format film, video analog dan video digital. Kelebihan video digital tidak ada penurunan kualitas gambar dan suara saat proses editing dan reproduksi sejauh tidak dilakukan kompresi. Sementara kekurangan adalah rusak sebagian dalam video digital berarti rusak keseluruhan.

Rusaknya kombinasi sinyal digital bilangan 0 dan 1 di satu bagian data video digital menyebabkan data tadi tidak dapat dibuka. Kelebihan lain dari data video digital adalah luwes sekaligus praktis dalam proses penyuntingan video yang lebih dikenal dengan istilah non-linear editing. Bagi film sendiri kelebihan adalah dalam hal kualitas gambar bila prosesing film menggunakan materi negative film dan master negative tersimpan rapi di laboratorium film. Proses editing menggunakan rush copi kesatu atau kedua tergantung kebutuhan editing. Hasil akhir dari film negative baru dicocokkan dengan master gambar negative yang selanjutnya induk editing ini digandakan menjadi beberapa copi sesuai kebutuhan pasar.

Maka bila Anda memperhatikan materi iklan di layar televisi atau bioskop, pembuatan iklan tadi menggunakan materi film seluloid dan proses akhir editing menggunaan komputer. Jadi proses bekerja mengedit film yang serba mekanis digantikan dengan elektris dan muaranya dipermudah dengan peralatan komputer. Itulah kemajuan jaman komputer yang dulu sulit dikerjakan sekarang dibuat mudah dan ini berlaku disegala lini kegiatan, termasuk di sini mentransfer energi reiki (alam semesta) menggunakan komputer internet sebagai media penyaluran energi sekaligus menyimpan energi di setiap postingan. Ah...ada-ada saja...ya begitulah nyatanya.

Gambar paling atas : bentuk tampilan time line editing komputer.
Gambar tengah :mesin editing steen back.
Gambar bawah :orang tengah mengedit film.

Sumber gambar : google images.

Read More..

BULAN PUASA DI CHINA DAN PAKISTAN

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 22 Agustus 2009 2 komentar



Sabtu 22 Agustus 09 bertepatan dengan 1 Ramadhan 1430 Hijrah adalah awal dilaksanakannya ibadah puasa bagi kaum Muslimin dan Muslimat seluruh dunia. Tanpa terkecuali ratusan umat muslim China di Ibukota Republik Rakyat China-RCC mulai terlihat melakukan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan tahun ini. Demikianlah prolog berita dari Asia yang sehat dengan reiki terima melalui siaran berita warta dunia Sabtu siang.

Layaknya umat Muslim di negara lain, selama bulan puasa ini, umat Muslim China juga menahan diri dari berbagai godaan hawa nafsu seperti makan, minum, merokok dan hubungan sex sejak subuh hingga petang hari. Aktivitas puasa di siang hari bagi kaum remaja muslim China biasa memadukan tradisi keagamaan dan aktivitas keseharian masyarakat China umumnya. Dalam keseharian bekerja mereka tetap berpuasa sesuai dengan perintah agama yang dianutnya. Sedangkan kaum tua Muslim China mengaku mereka lebih leluasa menjalankan puasa dan mengisi kegiatan keseharian di Mesjid.

Umat Muslim China yang sebagian besar berasal dari kawasan Tibet mengharapkan penderitaan yang dialami kaum duafa di seluruh pelosok dunia dapat teratasi. Banyak kaum duafa di seluruh pelosok dunia merasakan kelaparan dan memerlukan bantuan. Muslim China Maoni mengatakan di bulan suci Ramadhan ini pihaknya akan mencoba mengatasi masalah kelaparan yang tengah diderita kaum duafa di dunia.

Umat Muslim China yang berjumlah sekitar 18 juta orang tersebar di berbagai provinsi yakni Xinjiang, Gansu dan Ningxia. Ulama Muslim China Wei Chunjie dari mesjid Niu Jie Beijing mengharapkan agar umat Muslim hidup berdampingan dengan umat lainnya dengan damai dan harmonis.

Akan halnya di Pakistan suasana kota pelabuhan Karachi hingga kamp darurat di wilayah Pakistan Barat daya cengkeraman resesi akibat krisis keuangan global masih tinggi menjelang bulan suci Ramadhan. Warga Muslim di berbagai negara menanti kedatangan bulan suci Ramadhan, namun di Pakistan krisis inflasi membayangi bulan puasa kali ini.

Beberapa hari menjelang Ramadhan, harga pangan telah merambat naik. Harga gula minggu ini menyentuh rekor tertinggi. Hampir seluruh kebutuhan pokok sehari-hari harganya mencapai dua kali lipat di seluruh wilayah Pakistan. Warga menuding kalangan pedagang yang memainkan harga dengan memanfaatkan bulan Ramadhan untuk mendongkrak keuntungan berlipat-lipat, namun para pedagang membantahnya. Sementara warga lainnya terutama kaum ibu mengeluhkan kenaikan harga kebutuhan sehari-hari. Sekitar 2,3 juta warga Pakistan Barat Daya kini terpaksa berlindung di dalam rumah menyusul penyerangan besar-besaran terhadap kelompok Taliban sejak April lalu.

Kalau keluhan akan kenaikan harga kebutuhan pokok sehari-hari dirasakan oleh penduduk Pakistan, sama halnya keluhan serupa terjadi juga di beberapa daerah Indonesia. Di sini kenaikan harga sembako di bulan Ramadhan juga ikut naik. Itulah sekilas yang sehat bersama reiki rasakan ketika sedang berbelanja di warung dua hari lalu. Lalu bagaimana dengan tempat tinggal Anda pembaca? Adakah harga kebutuhan pokok sehari-hari juga ikut naik? Seperti gula, minyak, beras, terigu, telor dan sayur mayur?

Sumber berita : Asia/Garit.









Read More..

ONE MAN NEWS TEAM

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 20 Agustus 2009 2 komentar



Mulai tahun 1980 pusat pemberitaan televisi tempat sehat dengan reiki bekerja mulai melakukan peliputan berita one man news team. Selain penghematan biaya liputan, juga mencoba kecanggihan peralatan liputan kamera film juga kamera elektronik. Hanya saja liputan dengan materi film masih menggunakan jasa pemrosesan film milik kantor sendiri. Sedangkan materi liputan berita dengan kaset video gambar dan suara langsung dapat diedit sekaligus diberi narasi.

Semakin banyaknya liputan mendadak, banyak jenis liputan yang harus direkam, terbatasnya juru kamera film atau elektronik, membuat juru kamera dan reporter yang bertugas harus mampu berperan ganda. Reporter harus mampu mengoperasikan kamera dan lampu sedangkan juru kamera sendiri harus mampu mengoperasikan alat perekam suara yang menempel jadi satu di kamera film atau elektronik dan juga harus mampu membuat naskah berita.

Di tahun itu setiap kali sehat bersama reiki melakukan liputan ke daerah membawa kerabat kerja yang cukup banyak jumlahnya di bawah komando Pengarah Acara. Maklum jenis liputan non news bersifat hiburan dan dokumenter sehingga melibatkan kerabat kerja produksi dari berbagai bidang profesi. Materi liputan untuk bahan editing menggunakan pita audio 1/4 inchi dan film reversal atau negative 16 mm. Panjang film 100 feet hingga 400 feet.

Dalam perkembangan teknologi komunikasi khususnya di bidang komputer maka penyelesaian produksi acara televisi sendiri pun menggunakan komputer sebagai sarana kerja. Misalnya dahulu ketika menyunting video menggunakan 2 player dan 1 recorder sekarang ini menggunakan non linear editing komputer. Hanya saja jenis editing acara televisi ini bukan untuk news melainkan untuk dokumenter dan aktualitas.

Demikian pula sebelum diperkenalkan editing elektronik sebelum era komputerisasi ini penyuntingan gambar dan suara menggunakan sistem mekanik secara manual terhadap materi film dan suara yang diedit. Di editing film room banyak gulungan pita suara dan film menunggu untuk diedit. Cara kerja masih mekanik. Baru setelah menggunakan editing elektronik proses penyuntingan video menggunakan 2 player dan 1 recorder baik digital atau non digital.

Kembali kepada one man news team di bidang liputan berita menjadi tuntutan umum setiap pusat pemberitaan stasiun televisi saat ini. Cara kerja ini bukan berarti menghilangkan fungsi juru kamera dan reporter sesuai dengan bidang masing-masing. Tuntutan one man news team baru berlaku bila dalam kondisi mendesak karena banyaknya liputan, kerabat kerja liputan harus segera berangkat ke lapangan.

Dengan adanya kamera ENG yang semakin canggih, komputer editing software terbaru, peralatan transmisi portable, membuat liputan semakin cepat bahkan saat itu juga disiarkan ke penonton di rumah. Nah dalam liputan kali ini yang perlu diperhatikan dari unsur televisi yang mencakup audio dan video adalah suara atau bunyi dari atmosfir di lokasi liputan.

Bayangkan bila Anda melihat berita tentang rally sepeda Tour De France di mana kayuhan sepeda balap ini atmosfernya juga harus terekam berikut sorak-sorak penonton di sepanjang rute balapan. Suara atmosfeer adegan ini harus direkam dengan baik sehingga penonton bisa membaca emosi atas gambar yang ditayangkan. Peranan atmosfeer balap sepeda ini mutlak diperlukan untuk mengiringi gambar berikut narasi bila diperlukan. Nah dalam editing gambar balap sepeda inilah penempatan channel 2 atmosfeer balapan sepeda ditempatkan sementara ch 1 berisi narasi dan komentar pembalap yang diwawancarai.

Memang bekerja di mass media televisi sebutan one man news team bukan berlaku di bidang pemberitaan saja. Di bagian teknik tempat sehat bersama reiki bekerja pun setiap kerabat kerja yang bertugas juga harus menguasai peralatan lain yang bukan menjadi tanggung jawabnya. Misal petugas video engineer harus mampu menjadi pemadu gambar, begitu pula sebaliknya petugas pemadu gambar juga mampu mengoperasikan peralatan video engineer pada saat sang petugas tidak ada.

Floor Director yang bertugas mendampingi Pengarah Acara di lantai studio pun harus mampu mengoperasikan kamera studio saat mengambil gambar objek siaran untuk direkam olah VTR man/women. Sehat bersama reiki sendiri juga bekerja merekam gambar dan kesudahannya harus juga mengedit video dan akhirnya turut juga memplayback materi siaran yang diedit teman kerja lain.

Hanya saja untuk urusan merekam gambar ada keengganan dari kerabat kerja lain untuk mau membantu merekam gambar. Sebenarnya secara kasat mata pekerjaan merekam gambar dan suara bagi setiap orang amat mudah. Tinggal memencet tombol play and record secara bersamaan maka terekamlah gambar dan suara tadi kedalam pita kaset video. Tapi apa semudah itu? Tidak juga...merekam harus jeli dan memperhatikan level audio dan input video dari video mixer ke video tape recorder. Juga harus mengeset pergerakan pita rekaman dalam hitungan time code mencakup jam-menit-detik dan frame gambar.

Penggunaan time code ini mutlak dilakukan dan harus dicatat dalam rundown acara atau shooting script. Tujuannya untuk memudahkan saat editing video nantinya. Editor akan menyeleksi gambar berdasarkan catatan time code dari rangkaian shot gambar yang telah direkam. Time code juga digunakan pada saat meng-capture gambar dari pita kaset ke hard disk komputer termasuk juga sebagai pedoman pada saat penyiaran acara televisi.

Begitu pentingnya time code rekaman video maka diupayakan agar setiap kali merekam gambar sebaiknya time code tidak meloncat-loncat. Time code akan berjalan mulus bila merekam gambar menggunakan auto edit dan setiap kali selesai merekam segera check hasil akhir gambar lalu beri tanda cue in di alat video recorder. Bila audio dan video sudah terekam dengan baik maka gambar tadi siap disunting/diedit oleh Editor.

Siapkah bila Anda suatu saat bekerja di mass media televisi bekerja sebagai Editor atau Juru Kamera bahkan menjadi Reporter Berita? Bila ya....mulai sekarang belajar mengambil gambar video dan menyunting video. Editor Video Televisi sekarang ini sangat dibutuhkan dalam produksi acara televisi dan honor mengedit cukup besar bila mengedit video klip musik dan iklan komersil.





Read More..

IKAN HIAS INDONESIA MASIH BANYAK PENGGEMARNYA

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 18 Agustus 2009 9 komentar



Melihat ikan hias sungguh menyenangkan. Itulah sekilas kunjungan sehat dengan reiki bersama tim liputan ibukota ke Cibinong yang saat ini sedang menggelar Indonesia Goldfis dan Betta Splendens Contes 2009 yang memamerkan ratusan species ikan hias alami Indonesia.Keanekaragaman ikan hias Indonesia tidak diragukan lagi.

Untuk mempromosikan ikan hias hasil budidaya peternak lokal kepada masyarakat pecinta ikan hias serta pengembangan kualitas ikan hias itu sendiri, maka pameran dan kontes ikan hias yang tengah digelar di Raiser Ikan Hias Cibinong memperoleh tanggapan positip masyarakat penggemar ikan hias. Ratusan peserta kali ini memamerkan ratusan spesies ikan mas koki dan cupang yang saat ini terbilang cukup langka.

Boleh jadi saat ini sektor penjualan ikan hias Indonesia khususnya komoditi ekspornya memang masih stagnan dibandingkan dengan Singapura. Padahal ikan hias yang diekspor ke Singapura sebagian besar berasal dari Indonesia. Kondisi ini membuat pihak pembudidaya ikan hias bekerja keras agar kecukupan ikan hias selalu ada. Termasuk di sini gencarnya berpromosi sebagaimana terlihat dalam pameran kali ini..

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki spesies ikan hias air tawar maupun ikan hias air laut. Sebanyak lebih dari 4500 spesies ikan hias memiliki habitatnya sendiri di perairan Indonesia. Alam Indonesia dinilai sangat cocok untuk pengembangan berbagai spesies ikan yang berasal dari negara lain terutama ikan hias air tawar seperti koi, mas koki, guppy, discus dan masih banyak lagi jenisnya.

Namun dalam kenyataannya nilai perdagangan ikan hias Indonesia belum menggembirakan. Nilai ekspor ikan hias Indonesia dalam kurun waktu 2004 hingga 2008 masih cenderung stagnan yakni sebesar 9.5 juta dollar Amerika. Pangsa pasar Indonesia dalam perdagangan ikan hias global saat ini sebesar 7.5 persen sementara Singapura telah mencapai 22.8 persen walaupun 90 persen kebutuhan ikan hias Singapura dipasok dari Indonesia.

Kurangnya fasilitas pembudidayaan ikan hias, minimnya SDM dan kurangnya strategi pemasaran yang optimal maka strategi pemasaran ikan hias Indonesia mengalami kendala. Menurut Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan, Martani Husaeni, untuk meningkatkan sektor perdagangan ikan hias Indonesia di kancah Internasional, pihaknya telah melakukan sejumlah langkah di antaranya dengan meningkatkan fungsi raiser sebagai tempat pembudidayaan ikan hias dengan pengembangan SDM dan kelengkapan fasilitasnya serta menggandeng pihak swasta dan kalangan eksportir.

Dengan adanya raiser ikan hias di Cibinong diharapkan mampu menjadi wadah koleksi ikan hias dan pengembangan budi daya ikan hias untuk kebutuhan pasar dunia yang saat ini beralih ke ikan hias hasil budi daya. Pihak swasta salah satunya Perusahaan Sea World Indonesia pun mengaku siap bekerjasama dalam mempromosikan ikan hias yang dibudidayakan di raiser milik pemerintah.

Komoditas ikan hias alami Indonesia sendiri masih banyak yang belum dieksplorasi, sementara penggemar ikan hias semakin bertambah. Apakah Anda juga penggemar ikan hias? Kalau...ya...silakan cermati bagaimana ikan hias ini bisa menjadi komoditi ekspor yang tentu saja mendatangkan devisa negara bagi Indonesia. Mari dalam kesempatan ini sehat bersama reiki mengajak Anda memelihara ikan hias di rumah masing-masing...mau?

Gambar : Google Images

Read More..

UPACARA KEMERDEKAAN BAWAH LAUT DAN SAWAH

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 17 Agustus 2009 0 komentar





Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan tahun ini tampaknya unik. Betapa tidak unik mengingat peringatan upacara di adakan di areal waduk yang mengering di desa Deket Agung Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Itulah keunikan pertama yang sehat dengan reiki pantau melalui jaringan satelit melalui berita malam yang disiarkan oleh televisi nasional.

Upacara yang diikuti oleh petani dari desa Deket Agung sungguh merakyat. Bagaimana tidak merakyat kalau semua peserta upacara kali ini adalah petani dari desa setempat. Tempat upacara berada di waduk yang mengering di desa setempat. Areal waduk dalam musim hujan selalu penuh berisi air untuk irigasi kali ini mengering karena kemarau panjang yang melanda Jawa Timur.

Kegiatan upacara pagi hari diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh tiga orang petani. Peserta upacara kali ini tidak memakai seragam upacara. Pakaian yang dikenakan dalam upacara ini apa adanya, yaitu seragam kerja mereka di sawah. Ada yang memakai kaos oblong celana gombyor bertopi caping membawa sabit dan cangkul, ada juga yang memakai pakaian setengah resmi celana panjang warna gelap dengan kemeja batik lengan panjang.

Begitu lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan, bendera Sang Saka Merah Putih dikibarkan. Ratusan petani berbaris rapi sambil menyanyikan lagu kebangsaan negeri ini. Dengan memberi hormat kepada bendera Merah Putih mereka begitu khidmat melaksanakan upacara ini. Tangan diangkat di atas kepala sebagai bentuk penghormatan kepada Sang Merah Putih yang pelan tapi pasti meluncur ke puncak tiang bendera yang siang itu begitu cerah udaranya..

Gagasan mengadakan upacara di areal waduk yang telah mengering ini sebagai bukti kecintaan para petani kepada pendiri republik ini. Petani dengan caranya sendiri ingin membuktikan bahwa mereka masih cinta tanah air. Kendatipun selama ini petani kesulitan memperoleh air di musim kemarau mereka tetap berharap kemerdekaan kali ini para petani bisa menikmati pupuk di saat musim tanam tiba. Air dan pupuk adalah dambaan petani di desa ini agar bisa menunjang kegiatan dalam bertani dan bisa diperoleh dengan mudah.

Suhandoyo mewakili petani yang hadir dalam upacara ini mengharapkan gagasan mengadakan upacara di areal waduk kering ini sebagai masukan kepada Pemda Lamongan bahwa selama ini para petani kesulitan mendapatkan air di saat musim kemarau."Waduk yang biasanya penuh dengan air melimpah dan digunakan petani untuk mengairi sawahnya, kini berubah menjadi ladang rumput liar yang telah mengering gersang", katanya.

Usai mengadakan upacara para petani bubar dan melanjutkan dengan kegiatan utama yaitu bertani di ladang dan sawah masing-masing. Sore hari kembali para petani mengadakan upacara penurunan bendera Sang Saka Merah Putih.Suhaili petani lainnya mengatakan upacara kali ini sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang dengan gigih untuk memperoleh kemerdekaan dari tangan penjajah.

Peringatan detik-detik proklamasi juga digelar tak kalah unik. Kali ini peringatan hari kemerdekaan digelar di Sail Bunaken Sulawesi Utara. Uniknya upacara ini berlangsung di bawah laut, diikuti ribuan penyelam dan telah memecahkan rekor dunia. David Sohouwat, rekan kerja sekantor sehat dengan reiki yang berprofesi sebagai kameraman bawah laut melaporkan bahwa segala persiapan telah dilakukan menyangkut persiapan fisik dan peralatan selam.

Dengan teratur ribuan penyelam mendekati titik lokasi upacara. Mereka tetap berada dalam formasi regu masing-masing. Teriknya matahari di lokasi penyelaman tidak menyurutkan wisatawan untuk menyaksikan momentum bersejarah peringatan upacara kemerdekaan bawah laut. Saat bendera hijau berkibar, satu persatu penyelam mulai masuk ke dalam air laut.

Di areal ini mereka melakukan upacara memperingati kemerdekaan ke-64 Republik Indonesia yang dipimpin Wakasal Laksamana Madya Moeklas Sidiq. Di dalam jernihnya perairan Malalayang Menado ini, Merah Putih dikibarkan. Meski upacara diadakan di dasar air laut, semangat nasionalisme tetap dijunjung tinggi oleh peserta upacara. Upacara kali ini juga diikuti oleh peserta dari luar negeri yaitu Australia, Filipina dan India.

Begitu upacara selesai para penyelam belum bergegas naik ke atas. Tampaknya mereka masih ingin merasakan kebersamaan di antara para penyelam dan mengabadikan momentum langka ini. Setelah 45 menit berada dalam air laut, para penyelam ini kembali ke permukaan laut. Dengan diadakannya upacara bendera di dasar laut, kegiatan ini telah memecahkan rekor dunia sebagai peserta upacara terbanyak.

Guiness Book Of The World Rekor mencatat jumlah peserta sebanyak 2486 penyelam. Rekor baru ini lebih banyak 3 kali lipat dibanding rekor sebelumnya yang terjadi di Maladewa. Upacara bendera di dasar laut bukan sekedar hura-hura. Momentum Sail Bunaken ini harus dipandang dengan pendekatan pariwisata, budaya, ekonomi dan nasionalisme. Peringatan detik-detik proklamasi di dasar laut ini juga disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi swasta Metro TV.

Sumber gambar : google images









Read More..

BESEK WADAH TRADISIONAL DARI BAMBU

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 16 Agustus 2009 2 komentar




Masih dalam rangka menyambut kemerdekaan ke-64, sehat berkat reiki masih menjelajah di Kabupaten Purworejo tepatnya di Kecamatan Loano, Gebang, Kemiri dan Pituruh. Kota kecamatan ini sudah terkenal sejak dulu sebagai penghasil besek, yaitu wadah tradisional dari anyaman bambu untuk keperluan rumah tangga utamanya wadah untuk pelengkap upacara mengirim doa bagi arwah leluhur.

Orang pun tahu bahwa besek berupa anyaman bambu kini terancam punah karena tergeser oleh wadah dari plastik yang terlihat lebih praktis, awet dan harganya pun murah. Namun dalam pergeseran jaman yang modern ini keberadaan besek tetap ada dan tidak akan punah sekalipun alat rumah tangga berupa plastik sebagai wadah sudah masuk pedesaan.

Bulan Syaban bagi Masyarakat Jawa biasa digunakan untuk mengirim doa bagi arwah leluhur dengan perlengkapan kenduri yang dilengkapi nasi beserta lauk pauk dalam wadah anyaman bambu yang disebut besek. Kendatipun sebagai alat pelengkap upacara kirim doa keberadaan besek sudah digantikan oleh wadah plastik yang praktis, para perajin di desa Kabupaten Purworejo tetap membuat besek. Mereka yakin bahwa besek akan tetap dibutuhkan dan tetap dibuat sekalipun jumlahnya semakin kurang.


Dengan masuknya kebutuhan industri rumah tangga semisal wadah plastik tadi, para perajin besek di kabupaten ini mensikapi dengan tetap membuat besek bila ada pesanan saja. Dengan membuat besek berarti kelangsungan usaha tetap berjalan.Umumnya pesanan besek kecil tetap ada sedang besek ukuran besar biasa dipesan pada saat musim buah salak tiba. Pada saat panen raya buah salak para petani salak akan memesan besek besar dalam jumlah banyak untuk keperluan wadah buah salak yang hendak dikirim ke pembeli.

Umumnya besek ukuran besar sebagai wadah buah salak dikirim ke pembeli di Bali, Sleman dan Purworejo sendiri. Sekalipun harga bambu kini sudah naik antara enam hingga tujuh ribu rupiah per batang dapat menghasilkan sepuluh tangkep besek dengan harga sekitar dua ribu hingga tiga ribu rupiah per tangkep.

Kerja sambilan bagi penduduk desa di saat menunggu panen tiba dengan membuat besek rata-rata memberikan keuntungan 54 ribu rupiah dari sebatang bambu dengan waktu pembuatan besek selama dua hari. Besek sekalipun sudah masuk jaman komputer ini keberadaannya akan tetap ada. Para perajin besek telah mewariskan kepandaian membuat besek kepada warga lainnya di desa ini. Jadi bila Anda dan keluarga sedang membeli oleh-oleh khas Jogja dan melihat besek sebagai wadah oleh-oleh tadi, boleh jadi besek ini produksi dari desa-desa di Kabupaten Purworejo.

Dirgahayu negaraku yang ke-64, jayalah bangsaku...merdeka.

Read More..

PASAR KAMBING ETAWA PANDANREJO

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 2 komentar


Sahabat blog ku yang tercinta...menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan yang ke-64 dalam kesempatan ini sehat dengan reiki ajak Anda semua tetirah ke daerah Perbukitan Menoreh di daerah Purworejo Jawa Tengah. Di daerah ini saudara akan menjumpai satu-satunya pasar hewan kambing peranakan Etawa dan P-E yang ada di Pasar Pandanrejo. Kesibukan pedagang di pasar hewan ini tak kalah pentingnya dengan kesibukan warga masyarakat lainnya yang sedang menyambut hari kemerdekaan republik ini yang akan jatuh hari Senen esok.

Kesibukan pasar hewan di Perbukitan Menoreh menjadi transaksi jual beli kambing sudah ada sejak tahun 1980. Di tempat ini antara lima ratus hingga seribu kambing peranakan etawa dari penjuru Kabupaten Purworejo, Kulon Progo bahkan dari Kabupaten Sleman dan Wonosobo memadati pasar hewan khusus kambing P-E. Transaksi penjualan kambing setiap hari Sabtu di pasar Pandanrejo Kecamatan Kaligesing Purworejo bisa mencapai puluhan juta rupiah dari kambing seharga 350 ribu rupiah hingga 25 juta rupiah.

Desa Pandanrejo di mana pasar ini berada sejak tahun 1980 telah ikut memetik hasil dari bea masuk pasar sebesar seribu rupiah per ekor kambing ternyata cukup memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat setempat. Tidak itu saja bahkan Pamong Desa bisa memasukkan kas desa dari transaksi jual beli kambing per hari kerja pasaran. Di sini puluhan pedagang dari luar kota yang datang berorombongan dan menyewa kendaraan sendiri bebas melakukan transaksi jual beli kambing.

Peminat kambing jenis Etawa atau P-E datang dari daerah Wonosari Gunung Kidul, Boyolali bahkan daerah Jawa Timur. Transaksi tidak terbatas dalam areal pasar saja, tetapi di luar pasar pun terjadi transaksi khususnya di rumah penduduk setempat. Untuk transaksi kambing perternakan Etawa Kategori B menurut peternak setempat yaitu Bapak Sarman, mengatakan bahwa berbisnis kambing P-E lebih menguntungkan katagori B atau A.

Untuk transaksi jenis kambing P-E katagori A harus dilengkapi ijin tertulis Bupati Purworejo yang pengurusan ijinnya dapat diurus belakangan. Nah...apakah anda tertarik berkunjung ke pasar ini dan ingin menjadi peternak kambing tak ada salahnya datang ke pasar ini. Siapa tahu hoki kambing menyertai Anda.Sehat berkat reiki menulis dari Kaligesing Purworejo.

Gambar : dokumentasi www.gunungkelir.com

Read More..

FREE HOTSPOT REIKI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 14 Agustus 2009 2 komentar

Judul diatas sehat dengan reiki dapat begitu mencoba free hot spot internet di LTC Glodog Sabtu pagi ini. Terlintas dalam ingatan saya bahwa fasilitas di Pusat Perbelanjaan Modern di kawasan niaga Glodog Jakarta Barat saat ini telah disediakan internet gratis bagi pengunjung mall. Di kawasan ini pengunjung dapat memanfaatkan waktu untuk mencari segala informasi melalui jaringan internet gratis yang dibuka dari jam 9 pagi hingga jam 19 malam hari.

Masing-masing pengelola mall di kota besar hampir tidak pernah ketinggalan memanjakan pengunjung dengan berbagai fasilitas gratis di jaman modern dengan menyajikan internet gratis. Letak internet gratis di lantai 2 mall ini berada satu lantai di area restaurant dan warung yang ada di pertokoan ini dengan harapan pengunjung yang datang di samping berselancar di internet juga bisa berselancar di warung dengan membeli makanan dan minuman. Tentu saja berselancar di internet gratis tetapi untuk memanjakan perut harus membayar.

Pengunjung mall tinggal datang melihat dan mencoba internet tanpa harus membawa laptop. Tetapi yang membawa laptop pun bisa berselancar di areal ini, bahkan perangkat handphone yang menggunakan fasilitas Wifi pun bisa mendapatkan akses internet di areal ini. Sekalipun fasilitas internet gratis ada di areal hotspot banyak pengunjung yang rela mengantri sambil membaca koran dan majalah di kounter majalah gratis. Benar-benar dimanjakan pengunjung dengan fasilitas teknologi modern di jaman teknologi informasi ini.

Peraturan yang ketat ditulis di areal hotspot di antaranya pengunjung yang menggunakan internet dilarang keras membuka situs porno. Bila ketahuan oleh Satpam pertokoan ini pengguna internet akan ditegur. Memang risih melihat pengguna internet sedang mengakses situs porno di belakangnya banyak orang mondar-mandir dan ikut melihat. Oleh karena itu sungguh bijaksana larangan ini diberlakukan bagi pengguna internet agar tidak membuka situs porno.

Lalu dengan judul di atas dalam postingan ini apa maknanya? Kalau di jaman modern yang serba komputerized manusia dapat berinteraksi dengan orang lain di tempat berlainan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi internet, handphone bahkan media massa komunikasi dengar pandang seperti televisi, maka free hotspot reiki peninggalan jaman nenek moyang kita dulu pun kini sudah bisa memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran reiki. Bahkan reiki pun bisa kita akses dan salurkan dengan media internet, di samping media udara (O2) sendiri, termasuk juga mendapatkan free attunement lewat internet.

Kalau free hotspot internet sarana yang mutlak ada adalah seperangkat komputer yang terhubung dengan internet,laptop dan fasilitas listrik sebagai powernya, maka jaringan internet harus selalu ada di areal ini. Di luar areal hotspot koneksi internet blank dan tidak bisa kita akses menggunakan perangkat handphone dengan fasilitas Wifi. Fasilitas listrik atau baterai mutlak diperlukan untuk menjalankan perangkat komputer atau laptop.

Lantas reiki bagaimana? Memang reiki dimungkinkan diakses sesuka kita dengan jumlah yang tidak akan pernah habis dalam peradaban manusia ini. Selalu akan hadir kapan pun dan dimanapun. Tidak dibatasi oleh jarak dan waktu, bahkan tanpa menggunakan alat bantu seperti seperangkat komputer atau laptop untuk mengaksesnya. Setiap orang yang sudah menjalankan attunement dengan sendirinya dia sudah mempunyai PIN yang setiap saat bisa mengakses reiki dengan cukup mudah hanya dengan NIAT semata.

Free Reiki Hotspot akan selalu ada di permukaan bumi, di udara (dalam pesawat terbang) dan di laut ( di atas kapal) dalam jumlah tidak terbatas. Jadi reiki ada dimana-mana dan tidak mengenal blank area. Manakala kita ingin mengakses reiki cukup dengan niat saja. Niat boleh diibaratkan sebagai sarana kita login termasuk menggunakan pass word setiap kali kita ingin berhubungan dengan Reiki dimana pun kita berada. Begitu niat dicetuskan dan dicatat oleh otak selebihnya kita pasrah dalam mengakses reiki. Semakin kita dalam keadaan pasrah, rilek dan tanpa usaha apa pun maka reiki akan mengalir dengan deras sekali keluar dari kedua telapak tangan kita.

Nah reiki inilah yang digunakan manusia dulu dan sekarang untuk keperluan penyembuhan penyakit. Bagi Anda yang ingin mengenal attunement reiki baik berbayar atau gratis melalui internet cukup ketikkan kata kunci seperti:
1. Free attunement reiki.
2. Reiki berbayar dan
3. Web blog atau situs mengenai reiki itu sendiri, lalu telusuri dengan google.Untuk memandu Anda mendapatkan Free Attunement Reiki silakan kunjungi alamat ini segera.

Bagi pembaca blog ini yang tertarik dengan perkara spiritual dan ingin hidup sehat sepanjang masa dan mau membantu orang lain yang sedang didera kesusahan karena sakit, Anda dapat belajar Reiki Tumo di sini. Reiki Tumo adalah aliran Reiki yang paling tua dari tradisi reiki mana pun. Reiki ini selain memberikan Anda kemampuan menyalurkan reiki untuk penyembuhan kasus penyakit, juga akan membangkitkan Kundalini Anda yang masih tidur lelap. Tanpa Anda mau membangkitkan Kundalini milik sendiri maka Kundalini Anda akan tetap tidur abadi selama hayat dikandung badan.



Read More..

ASAL MUASAL LIMA GERAKAN AWET MUDA TIBET

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 13 Agustus 2009 0 komentar

Setelah absen 1 minggu karena kesibukan kerja maka sehat dengan reiki kembali melanjutkan postingan kali ini masih seputar Lima Gerakan Awet Muda Tibet yang edisi dalam bahasa Indonesia ditulis oleh Irmansyah Effendi, Master Reiki Tummo di alamat ini. Disebut demikian karena gerakan ini amat memacu regenerasi sel sehingga yang mempraktekkannya akan memiliki penampilan jauh lebih muda daripada orang-orang sepantar usianya yang tidak melatih gerakan ini.

Sehat dengan reiki menyadari bahwa kesehatan adalah segalanya dalam hidup ini maka olahraga bagi manusia adalah perlu. Tubuh manusia membutuhkan olah raga agar tetap sehat. Sayang seribu sayang banyak manusia tidak menghargai kesehatan kalau belum jatuh sakit, sehingga banyak di antara kita tidak berolahraga secara rutin. Karena perlunya olah raga untuk menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh maka penulis buku ini merasa perlu membeberkan rahasia sehat ala Tibet dalam buku tipis ini.

Buku ini mengulas gerakan yang sederhana dan membutuhkan waktu singkat dalam latihan sehingga setiap orang mau berlatih olah raga ini. Yang menarik dari gerakan olah raga ini bila dilatih dengan rutin akan memberikan hasil nyata, misalnya menumbuhkan kembali rambut bagi yang sudah botak, meningkatkan lagi kemampuan seksual pria yang telah berumur, mengaktipkan kembali ibu-ibu yang telah mengalami monopause dan yang lebih dari itu meremajakan kambali penampilan seseorang agar tetap awet muda di usia manula.

Kita pun sadar bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati apabila terkena sakit. Sangat penting disadari bahwa untuk menjaga tubuh tetap sehat perlu diet yang baik, istirahat cukup serta olah raga teratur. Nah olah raga teratur ini bagi seseorang dengan alasan tidak ada waktu, capai dan lain alasan menjadikan seseorang malas yang akhirnya keinginan olah raga hanya menjadi angan-angan belaka tanpa yang bersangkutan melakukan sama sekali. Maka dari itu dalam kesempatan yang masih ada ini sehat bersama reiki ajak Anda agar mau hidup sehat dengan rajin olah raga setiap hari.

Buku Lima Ritual Awet Muda yang ditulis oleh Peter Kelder di tahun 1939 yang menceritakan pertemuannya dengan pensiunan kolonel Inggris berumur 70 tahun yang pernah berdinas di India. Dalam tugasnya di negeri ini sang pensiunan kolonel berusaha menemukan kembali daerah yang menjadi sumber dari legenda awet muda yaitu di sebuah biara terpencil di wilayah Tibet.

Di biara Tibet ini sang kolonel ikut berpartisipasi dengan melakukan Lima Ritual Gerakan Awet Muda bersama murid murid biara lainnya. Kendatipun sang pensiunan kolonel ini sudah memakai tongkat sebagai penyangga tubuhnya ia tetap rajin menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga Lima Gerakan Awet Muda Tibet ini. Akhir dari latihan olah raga ini sang kolonel akhirnya dapat berjalan tanpa bantuan tongkat.

Dalam kesempatan luang ia melihat wajahnya sendiri melalui kaca yang termasuk langka ada di biara terpencil dan sunyi ini dan ia sangat terkejut karena melihat wajahnya jauh lebih muda dari usia sebenarnya yang sudah menginjak 70 tahun. Bahkan dia juga menyadari ada perubahan drastis dalam dirinya menyangkut wajah juga kemampuan dirinya dalam hal seksual.Boleh dikata berkat olah raga ala Tibet ini dirinya jauh lebih bugar, sehat bahkan tongkat sebagai penopang tubuhnya sudah ia lepas. Ia mampu berjalan tanpa bantuan tongkat.

Begitu kembali ke Inggris sang pensiunan kolonel ini membagi pengetahuan tentang olah raga yang dia telah dapat di Tibet dan membagikan pengalamannya ini dengan Peter Kelder yang selanjutnya mereka mengajarkan Lima Ritual ke banyak orang lain. Mulanya ia mengajar kepada orang tua saja untuk melihat hasilnya. Namun melihat hasilnya sungguh bermanfaat bagi seorang manula maka ia bertekad melatih juga kepada semua orang dari berbagai usia dengan tujuan mereka lebih segar, sehat dan bugar.

Dalam pembelajaran latihan ini semua orang yang mempunyai keluhan penyakit berlainan memperoleh manfaat yang sangat luar biasa. Beberapa penyakit yang diderita peserta latihan pun menghilang khususnya penyakit yang ada hubungannya dengan otot dan tulang. Seorang peserta latihan yang mengalami kebotakan ternyata juga mengalami kesembuhan dengan tumbuhnya rambut di kepalanya. Rambut yang semula gampang rontok akhirnya tumbuh dengan lebat dan peserta latihan pun mendapatkan manfaat kesehatan dan kebugaran tubuh di usia manula.

Latihan gerakan ini sungguh sederhana sehingga dengan cepat menyebar ke mana-mana di luar Inggris. Nah karena telah terbukti membawa manfaat bagi kebugaran dan kesehatan akhirnya lahirlah buku dalam bahasa Indonesia yang ditulis oleh Reiki Master Irmansyah Effendi yang juga mempelajari Reiki tradisi Tummo. Bagi praktisi reiki dari tradisi manapun mudah melatihnya apalagi bagi orang yang bukan praktisi reiki.Semoga dengan hadirnya buku ini seseorang dapat hidup lebih sehat sampai akhir hayat.

Read More..

REIKI DAN GERAKAN AWET MUDA TIBET

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 09 Agustus 2009 2 komentar




Sejak menulis di blog berisikan tentang reiki selama setahun ini, barangkali ada diantara pembaca blog yang belum mengenal reiki dengan kaitan Lima Gerakan Awet Muda Tibet, maka dalam kesempatan ini sehat bersama reiki kembali ingin mengulang sedikit hal tentang reiki. Orang pun tahu bahwa Reiki hanyalah teknik penyembuhan diri sendiri dan orang lain dengan memanfaatkan energi alam semesta yang ada di sekitar kita dengan jalan menempelkan atau mengarahkan kedua telapak tangan ke badan.

Dengan menempelkan atau mengarahkan kedua telapak tangan menandakan bahwa ada energi yang tidak kelihatan masuk ke tubuh energi pemiliknya. Dengan kata lain energi keluar lewat chakra telapak tangan dan diakses dari alam masuk lewat chakra mahkota. Oleh sebab energi reiki tidak kasat mata bukan berarti reiki sebuah teknik yang ghaib atau pun aneh. Cara kerja reiki sebenarnya sudah jamak dilakukan oleh orang tua kita dulu atau kita sendiri yang secara reflek menggosokkan kedua telapak tangan lalu menempelkan kedua telapak tangan tadi ke bagian yang sakit di tubuh kita.Tentu Anda masih ingat bukan?

Nah dengan menggosokkan kedua telapak tangan tadi selain menghangatkan kedua telapak tangan pada hakekatnya merangsang chakra telapak tangan agar lebih aktip lebih dulu baru lah menempelkan kedua telapak tangan tadi ke tubuh yang sakit. Walaupun tidak memberikan hasil yang luar biasa, cara alami ini cukup membantu. Baru setelah mempelajari reiki secara mendalam ada aturan tata cara untuk dapat menyalurkan energi reiki ini dengan lebih dulu mendapatkan attunement/penyelarasan tubuh energi calon praktisi reiki agar dengan niat saja energi reiki mengalir masuk ke tubuh praktisi reiki.

Tidak ada teknik gerakan khusus dalam menyalurkan reiki ke diri sendiri atau orang lain. Kita diajarkan santai, pasrah lebih dulu sebelum penyaluran energi reiki. Kita pun sadar bahwa kesembuhan sejatinya ada di tangan Tuhan Pemilik Alam Semesta ini. Sebagai penyalur energi hakekatnya kita sebagai saluran saja dari energi alam semesta. Oleh karena itu ada tata cara yang juga dilakukan oleh semua praktisi reiki bahwa sebaiknya sebelum dan sesudah mengakses reiki berdoa dulu menurut iman dan kepercayaan yang dianut praktisi reiki. Kesembuhan sendiri adalah rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa yang kita pinta dalam doa sebelum dan sesudah mengakses reiki.

Apa yang terjadi setiap kali energi kita akses? Reiki akan membersihkan tubuh Anda dan tubuh energi sehat dengan reiki sendiri dari kumpulan energi negative penyakit dalam tubuh. Di samping membersihkan tubuh, reiki juga memperkuat energi dan aura pemiliknya dari gangguan penyakit sehingga hidup akan jauh lebih sehat dan bugar. Tetapi....ada tetapinya bukan berarti sebagai praktisi reiki seseorang akan menjadi manusia sakti alias super dan tidak sakit. Sebagai praktisi reiki pun kita tetap dituntut menjalankan pola hidup sehat secara medis kedokteran. Bagaimana caranya?

Sehat berkat reiki tetap mengacu kepada diet sehat atas makanan yang kita konsumsi yang menganjurkan lebih banyak makanan tinggi serat rendah lemak. Kita sadar bahwa semakin usia senja seseorang yang terlalu sering makan mengandung lemak berlebihan cenderung mempunyai masalah penyempitan pembuluh darah di organ tubuh. Pola hidup tidak sehat lainnya adalah malas melakukan aktivitas fisik yaitu olah raga teratur setiap harinya. Gampang stress dan istirahat tidak cukup juga bisa memicu kesehatan menjadi turun dan akhirnya jatuh sakit.

Agar tubuh tetap sehat sejak usia muda hingga tua ada baiknya menjalankan diet ketat atas makanan yang dikonsumsi, makan teratur di setiap jam makan tiba, istirahat cukup serta olah raga teratur dan mengatur pola hidup agar tidak gampang stress. Ini bisa dilakukan semua orang termasuk yang tidak menjadi praktisi reiki. Barulah setelah menjadi praktisi reiki latihan khusus reiki sebagai pelengkap menuju manusia sehat secara fisik dan spiritual adalah semakin sering menyalurkan energi reiki ke diri sendiri dan juga orang lain baik berhadapan muka atau jarak jauh.

Sehat bersama reiki sendiri selama menjadi praktisi reiki dalam kehidupan sehari-hari lebih sering self healing setelah beraktivitas fisik jalan kaki pagi. Dengan self healing sebenarnya energi reiki yang masuk tubuh tidak langsung masuk tubuh fisik melainkan masuk ke lapisan tubuh yang lebih tinggi atau lebih halus. Dibantu olah raga...misalnya jalan kaki tadi yang hakekatnya mengaktipkan seluruh chakra utama selama berjalan kaki yang dengan sendirinya juga melancarkan sirkulasi energi di dalam tubuh, barulah energi masuk ke seluruh lapisan tubuh secara merata termasuk lapisan tubuh fisik ketika latihan self healing dijalankan.

Gerakan olah raga fisik yang mengacu kepada Lima Gerakan Awet Muda Tibet adalah olah raga yang memberikan hasil terbaik bagi praktisi reiki. Gerakan ini juga ikut membersihkan nadi,chakra dan pengembangan chakra dalam tubuh. Gabungan dari reiki dan olah raga Lima Gerakan Awet Muda Tibet memberikan hasil bagus bagi yang mempraktekkannya untuk kesehatan bahkan untuk tujuan yang bersifat spiritual. Bagi yang bukan praktisi reiki pun tidak usah berkecil hati, Anda dapat melatih sendiri setelah membaca buku ini dan mempraktekkan secara teratur. Dalam latihan ini Anda juga akan dibimbing bagaimana belajar bernapas secara benar.

Mungkin Anda akan berkata bahwa ajakan belajar bernapas adalah sesuatu yang aneh bukan? Anda dan saya sadar bahwa dalam hidup ini adalah bernapas setiap saat detik demi detik tanpa pernah berhenti. Bukankah bernapas adalah proses otomatis dalam tubuh ini? Dengan bernapas berarti kita hidup dan dengan berhenti bernapas berarti kita mati. Untuk tetap hidup tentu saja kita bernapas, maka apa gunanya belajar bernapas dengan benar?

Nah bernapas yang benar ini adalah latihan untuk meningkatkan kapasitas udara yang masuk dan keluar saat kita bernapas. Bernapas dengan benar adalah melatih chakra kita untuk aktip menarik dan mengeluarkan energi dengan sebaik-baiknya sekaligus juga melatih menarik oksigen dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida keluar dari tubuh. Dalam latihan meditasi sebagai langkah awal masuk relaksasi, terlebih dulu kita menarik dan membuang napas secara teratur layaknya bernapas yang benar dalam persiapan Lima Gerakan Awet Muda Tibet.

Ada pola pernapasan segitiga sama sisi ada juga pola pernapasan 5-3-5-3 bahkan Anda dengan bebas bisa mengatur irama menarik dan membuang napas tanpa terikat dengan pakem pernapasan segitiga sama sisi atau pernapasan 5-3-5-3 tadi. Anda bebas berkreasi dengan pola pernapasan yang Anda sendiri mampu menarik-menahan-membuang napas dengan jumlah hitungan tertentu menurut kemampun sendiri. Pertanyaan sehat dengan reiki untuk Anda semua...kira-kira pola pernapasan model apa yang cocok bagi Anda untuk melatih irama pernapasan yang benar sebelum mempraktekkan latihan ini?

Sumber gambar : Google Images

Read More..

SEDIKIT TENTANG LIMA GERAKAN AWET MUDA TIBET

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 07 Agustus 2009 3 komentar




Membaca karya Irmansyah Effendi Lima Gerakan Awet Muda Tibet Menghambat Penuaan seakan-akan kita dibawa ke masa lampau di Tibet Himalaya di mana ilmu ini berasal dan digunakan pada jamannya oleh Lama, sebutan Pendeta Tibet. Lima gerakan ini dirancang khusus oleh para Pendeta Tibet jaman dulu. Kendatipun gerakan-gerakan Lima Gerakan Awet Muda tidak seluruhnya menggerakkan tubuh, gerakan-gerakan ini ternyata memberikan pengaruh kepada pergerakan chakra, nadi dan kelenjar tubuh. Itulah paparan singkat tentang olah raga ala Tibet yang sudah sehat dengan reiki praktekkan semenjak menjadi praktisi reiki sekalipun bukan dari aliran Reiki Tummo.

Olahraga ini setiap kali dilatih sangat membantu pergerakan chakra dalam tubuh energi termasuk di sini nadi utama sushumna juga nadi ida dan pinggala.Hasil yang diberikan dalam latihan ini adalah sama dengan hasil yang diberikan lewat olah raga yang dilakukan secara menyeluruh dalam jangka waktu lama.Dengan kata lain olah raga Lima Gerakan Awet Muda Tibet sudah cukup menggantikan olah raga lain dengan tujuan utama menjaga tubuh tetap sehat dan akan lebih sehat lagi bila dibarengi dengan persiapan olah napas setiap kali melakukan latihan.

Olah raga ini juga melancarkan aliran energi di tulang punggung sehingga penyaluran energi ke organ-organ penting tubuh yang berhubungan dengan tulang punggung menjadi lebih baik. Bagi Anda pengunjung blog sehat bersama reiki yang belum mengenal energi dalam kaitan reiki akan sedikit penulis paparkan bahwa setiap makhluk hidup termasuk manusia dialiri energi vital (chi) di dalam dan luar tubuhnya. Organ tubuh kita membutuhkan energi agar berfungsi dengan baik. Termasuk di sini setiap sel-sel membutuhkan energi agar dapat hidup.

Apabila dalam tubuh ada gangguan pada distribusi energi di mana sel-sel dan organ-organ tubuh tidak menerima energi bersih sebagaimana mestinya tentu akan mengganggu kerja dari organ-organ tubuh kita. Tentu Anda dan sehat berkat reiki sepaham bahwa energi adalah sesuatu yang tidak kasat mata, tidak dapat dilihat namun dapat kita rasakan kehadirannya apabila kita sudah terbiasa melatihnya. Apabila Anda praktisi reiki akan dengan mudah merasakan getaran energi dalam tubuh energi yang pengaruhnya kepada tubuh jasmani kita, akan ada sensasi getaran energi berupa rasa hangat, panas, dingin bahkan sejuk melingkupi tubuh fisik ini.

Energi mempunyai pintu masuk dan keluar yang disebut chakra. Di tubuh manusia jumlah chakra ratusan buah. Di samping chakra energi juga masuk melalui saluran khusus yang disebut dengan nadi. Energi bersih dipompa masuk lewat chakra dan seterusnya disalurkan lewat nadi ke berbagai organ dan sel tubuh yang membutuhkannya. Kebalikannya energi kotor juga disalurkan lewat nadi ke chakra terdekat dari organ tubuh lalu dibuang keluar tubuh. Memompa masuk dan keluar energi lewat chakra tubuh dilakukan secara otomatis melalui pernafasan.

Lantas apakah ada hubungan antara sirkulasi energi dan olah raga? Kita tahu bahwa olah raga menyebabkan bergeraknya otot tubuh di bagian tubuh yang sedang digerakkan. Gerakan ini memberikan tekanan dan dorongan lalu merangsang chakra maupun nadi di sekitar bagian tubuh yang tengah digerakkan sehingga chakra akan lebih aktip. Semakin sering digerakkan maka energi kotor yang menempel di chakra dan nadi akan dikeluarkan dari tubuh dan digantikan dengan energi bersih. Oleh karena olah raga rutin, terukur sangat membantu kelancaran sirkulasi energi termasuk di sini sirkulasi darah di jaringan tubuh maka akan membuat chakra dan nadi semakin bersih. Dengan bersihnya chakra dan nadi tubuh maka seseorang akan menjadi lebih sehat.

Bila chakra dan nadi bersih sirkulasi energi akan lancar dan pada akhirnya membuat seseorang jauh lebih sehat. Dalam tubuh yang sehat maka kemampuan menyembuhkan diri sendiri orang tadi semakin bagus. Bahwa manusia normal telah diberi kemampuan alami untuk menyembuhkan diri sendiri. Lancarnya distribusi energi bersih dan lancarnya pembuangan energi kotor ke luar tubuh sebagai sistem penyembuhan alami manusia, menyebabkan orang yang bersangkutan jarang sakit. Energi yang mengalir lancar membentuk lapisan pelindung tubuh yang disebut aura. Semakin tebal aura seseorang akan semakin imun dia dari serangan penyakit.

Irmansyah Effendi Master Reiki Tummo lulus di bidang Computer Science dan Matematika di California State University USA yang menulis buku ini menyebut bahwa napas adalah hidup.Pendapat bahwa napas adalah hidup adalah para yogi di India. Dalam banyak naskah kuno menyebut bahwa pranayama sendiri terdiri atas dua bagian, yaitu prana yang artinya napas dan yama yang artinya kontrol. Jadi pranayama berarti pengontrolan napas. Aliran napas masuk dan keluar dari paru-paru diatur sedemikian rupa demi hasil yang terbaik.

Saat menarik napas sampai mentok lalu napas ditahan beberapa detik. Melepas napas pun juga berirama dan pada akhir pelepasan napas pun, napas ditahan beberapa detik. Dalam buku ini penulis tidak membahas teknik pengontrolan napas secara mendalam akan tetapi sehubungan dengan teknik Gerakan Awet Muda Tibet yang mempelajari cara bernapas benar setiap kali memulai latihan, maka akan diajarkan teknik bernapas sederhana dan gampang diikuti oleh siapapun yang berlatih agar mendapat manfaat dari latihan Gerakan Awet Muda Tibet ini.

Baiklah sehat bersama reiki akan menjabarkan paparan penulis buku ini tentang bernapas yang benar yang gampang dipraktekkan oleh siapa pun.Caranya Anda harus duduk atau berdiri dengan santai saat latihan napas ini.
1. Kondisikan tulang punggung Anda cukup tegak dengan tidak memaksakan diri.
2. Letakkan salah satu telapak tangan Anda di Solar Plexus (ulu hati), sementara telapak tangan lainnya di atas tangan ini. Yang menempel di chakra solar plexus tangan kanan atau kiri sama saja tidak menjadi masalah.
3. Mulai tarik napas dengan irama dalam dan santai. Saat menarik napas rasakan diafragma Anda bergerak terlihat bagian tubuh di mana kedua tangan Anda terletak mengangkat sedikit .
4. Tahan napas Anda selama 2 detik lalu hembuskan napas dengan santai. Saat menghembuskan napas rasakan diafragma kembali bergerak mengendur dan kedua telapak tangan Anda sedikit menurun dan kembali ke posisi semula.
5. Tahanlah napas Anda selama 2 detik.

Nah agar Anda bisa mempraktekkan latihan kebugaran ini ada baiknya membaca buku ini dengan baik paragraf demi paragraf. Buku ini memang tidak berbentuk e-book tetapi dalam bentuk naskah cetak dan menjadi best seller setiap kali terbit cetak ulang. Di kota Anda pun mudah mendapatkan buku ini. Dengan membaca dan melihat peragaan gambar yang menjadi ilustrasi buku ini pembaca akan mudah mengikuti latihan setahap demi setahap.

Di bab 8 disinggung pula wawasan bagaimana menghemat energi seks untuk menambah gairah, vitalitas dan awet muda. Tidak masalah apakah Anda belum menjadi praktisi reiki lebih dulu, Anda pun bisa melatihnya. Namun bagi praktisi reiki latihan Teknik Lima Gerakan Awet Muda Tibet, Kundalini dan Reiki Tumo saling membantu membersihkan dan memperlancar aliran energi di jalur sushumna untuk manfaat positif diantaranya menjaga agar seseorang tetap sehat bugar sepanjang hidupnya dan tetap awet muda kendatipun usia merangkak naik.

Nah sebagai ilustrasi dari rahasia awet muda ini Anda bisa meniru rahasia Penyanyi Titik Puspa bagaimana dia mengolah napas dalam setiap kesempatan dan tetap awet muda di usia manula. Anda tentunya ingin tetap awet muda bukan?

Sumber tulisan : Lima Gerakan Awet Muda Tibet karya Irmansyah Effendi,Msc (diedit)

Gambar : Google Images

Read More..

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto Saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.