ON LINE

Followers

HIJAU BUAH MANGGA SAMPAI RESEP RAMBUT BERUBAN

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 29 Juli 2009 4 komentar





Menyaksikan hamparan kebun mangga di Probolinggo yang berdaun hijau lebat sungguh sejuk mata memandang. Apalagi perkebunan mangga ini sudah menghasilkan mangga jenis arum manis, manalagi dan jenis mangga lain dengan rasa manis dipasarkan jauh dari desa asalnya dan memenuhi pasar tradisional dan modern kota besar saat musim mangga tiba.

Melihat kebun mangga mulai berbuah pandangan sehat dengan reiki tertuju kepada pria sepuh petani mangga yang rambutnya sudah memutih tetapi masih giat bekerja di kebunnya. Tanpa rasa lelah bapak ini sibuk memangkas ranting pohon mangga dan sesekali tangannya meraih buah mangga dan melihat apakah mangga ini berbuah dengan baik dalam arti buah tidak "boleng kena ulat daun". Di perkebunan mangga ini memang pohon tumbuh tidak terlalu tinggi tetapi berdaun lebat.

Sambil menyaksikan bapak petani mangga yang mempunyai uban wibawa, sehat dengan reiki sempat bergumam memang ini adalah proses alami bagi seorang manusia dalam perjalanan hidupnya dari kecil tumbuh kanak-kanak hingga dewasa dan manula yang ringkih badannya kemudian tiada kembali ke asalnya. Sudah alami bahwa bayi lahir tentu rambutnya hitam dan dalam perjalanan hidupnya proses perubahan warna rambut dari hitam ke putih alias ubanan adalah lumrah bagi manusia.

Rambut merupakan hiasan berharga bagi sebagian besar manusia. Khususnya wanita rambut merupakan mahkota. Untuk itulah merawat rambut agar tumbuh subur tetap kelihatan hitam, lebat dan tetap sehat sangat diperlukan perawatan. Kembali ke bapak pemilik kebun mangga yang sudah beruban rambutnya, apakah bapak ini tidak merawat rambutnya sejak masih muda? Tidak kawan...bapak ini di samping merawat rambutnya juga rajin merawat tubuhnya dengan menjadi petani kebun mangga. Tiap hari beliau bekerja di kebun, apakah mencangkul, memangkas daun dan ranting kering dan menyiangi rumput di areal kebun mangganya.

Dengan aktivitas fisik mencangkul dengan sendirinya bapak sepuh ini ibaratnya berolahraga rutin. Beliau tidak risih dengan rambut putihnya. Nah sebenarnya kita ini saja yang risih manakala rambut putih helai demi helai sudah menghiasai mahkota kepala kita. Barangkali kita menganggap bahwa rambut putih atau cokelat atau tidak hitam lagi, apalagi putih dianggap tidak normal.

Rambut yang tidak lagi hitam biasanya disebabkan oleh kurangnya zat para amino asam benzoat, minyak rambut yang tidak cocok atau sering tersengat terik matahari. Gejala yang menyertai rambut putih antara lain rambut menjadi luntur berubah warna menjadi cokelat atau keputih-putihan, kasar, kusam dan kusut.

Sebagai petani yang hidup di desa Pulau Jawa ini, Bapak sepuh ini sebenarnya mempunyai resep tradisional menghitamkan rambut dan mencegah rambut menjadi putih beruban sebelum waktunya. Resep yang beliau paparkan ini sangat sederhana dan bahannya gampang di dapat disekitar tempat tinggalnya. Beliau bercerita bahwa di desa sehabis panen padi biasanya petani menyimpan gulungan merang padi untuk bahan bakar pelengkap kayu bakar.

Merang padi tadi diambil 1 genggam saja dan sediakan jeruk nipis 1 buah. Cara tradisional ini memang pernah sehat dengan reiki lihat ketika almarhum nenek dan kakek pernah membakar merang 1 genggam yang dimasukkan ke dalam panci. Merang yang telah dibakar menjadi abu dalam panci lalu dituangkan 1 liter air bersih dan dicampur perasan air jeruk. Ramuan campuran ini diaduk lalu diembunkan di halaman rumah selama semalam. Gunakan ramuan ini untuk mencuci rambut tiga kali seminggu.

Bapak sepuh yang baik hati ini juga memberikan resep jitu atasi uban agar rambut tetap hitam legam dengan resep tradisional ala orang desa yaitu pemakaian bunga sepatu yang biasanya banyak terdapat di pagar halaman rumah pedesaan dan perkotaan. Beliau menyarankan sebaiknya tanaman bunga sepatu dirawat dengan baik, siapa tahu ada yang memerlukan bunga dan daun nya untuk perawatan rambut agar tetap tumbuh subur dan mencegah uban dini di kepala.

Nah dengan 2 resep tadi sehat berkat reiki lalu membuka buku gaya hidup awet muda dengan kata kunci ramuan tradisional. Dari hasil penelusuran ini kita dibawa ke seorang konsultan pemakaian ramuan tradisional bernama Imron Ashadi yang membeberkan temuan seputar perawatan rambut agar tumbuh subur hitam legam dan gampang merawatnya. Pria asal Semarang yang lebih akrab disapa Mas Pupung dulu dikenal mempunyai uban di kepalanya. Beliau memaparkan temuannya ini setelah mencoba khasiat ramuan daun bunga sepatu dan mengoleskannya secara teratur seminggu 2 kali.

Pengobatan tradisional China memang telah mengenal bunga sepatu sebagai ramuan bahan alami untuk menghitamkan rambut dari akarnya. Disebutkan bahwa khasiat ramuan daun bunga sepatu 80% berhasil menghitamkan rambut secara alami."Minimal ramuan daun bunga sepatu dapat menghambat tumbuhnya uban," kata Mas Pupung yang kini terlihat rambutnya mulai menghitam ini.

Nah bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin mengetahui resep Mas Pupung agar rambut tetap hitam, tumbuh subur dan tidak beruban sehat bersama reiki beberkan resep untuk Anda coba di rumah. Berikut resepnya yang sehat ala reiki dapatkan dalam perjalanan di Jawa Timur ini:
1. Ambil 15 helai daun kembang sepatu untuk sekali pemakaian.
2. Pilih daun yang berukuran sedang, tidak terlalu tua atau muda.
3. Haluskan daun tersebut dengan blender lalu saring untuk memisahkan ampas dengan minyaknya.
4. Oleskan minyak yang dihasilkan pada kulit kepala satu jam saja sebelum nantinya keramas seminggu 2 kali.
5. Simpan ramuan penghitam rambut alami ini di lemari es untuk pemakaian sekitar 2 minggu.
6. Ramuan ini dapat dimanfaatkan untuk beberapa kali pemakaian tergantung kondisi rambut.

Bagi orang yang sudah beruban sebaiknya juga mencoba resep ini dan tetap katakan uban wibawa adalah uban yang tumbuh wajar mengiringi usia hidup manusia dan jangan risi bila rambut di kepala sudah tumbuh uban. Ada 2 pilihan cara merawat rambut secara tradisional ala orang desa yaitu memakai abu hasil pembakaran merang dan pemakaian daun bunga sepatu. Anda ingin pilih mana?

Dari Probolinggo sehat dengan reiki menulis untuk sekolah internet.
Sumber : Buku Gaya Hidup Awet Muda...dari Makan Tempe Sampai Terapi Doa...telah diedit seperlunya.


Read More..

PROBOLINGGO KOTA MANGGA ANGGUR DAN SERIBU TAMAN

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 28 Juli 2009 2 komentar


Bagi anda yang biasa melintas di pantura Jawa Timur mulai dari Sidoharjo hingga ke Banyuwangi tentu pernah mampir ke Probolinggo. Siapa pun pasti tahu dimana Probolinggo itu berada. Ya Probolinggo berada di daerah pantura Jawa Timur sebuah kota yang terkenal dengan sebutan Bayuangga. Sebutan ini sehat dengan reiki dapat setelah berada di Probolinggo dalam kunjungan ke sentra produksi buah mangga dan anggur dimana angin bertiup cukup kencang di daerah sentra perkebunan ini.

Ciri khas Probolinggo sebagai Bayuangga menandakan bahwa daerah yang berangin kencang ini sudah sangat terkenal dengan mangga arum manisnya dan juga buah anggur yang produksi hasil perkebunan ini begitu melimpah membanjiri pasar Pulau Jawa hingga ke Jakarta.Musim petik mangga Probolinggo biasanya terjadi di bulan Oktober. Harga jual mangga ini cukup mahal tetapi Anda yang berkunjung saat panen mangga di daerah ini akan mendapatkan harga mangga sedikit murah karena produksi melimpah ruah dan terdapat di seluruh pasar tradisional.

Tak jarang wisatawan mancanegara atau domestik berbelanja mangga sebagai oleh-oleh. Buah ini dapat bertahan lama ketika dibawa dalam perjalanan panjang misalnya ke Jakarta. Rasa mangga akan tetap manis maka kiat membeli mangga disarankan masih mengkal dan saat panen mangga tiba kebanyakan mangga dipetik dari pohon dalam kondisi mengkal. Selain mangga ada juga sentra buah anggur di daerah Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan..

Di daerah ini dibentuk kelompok tani sejahtera yang membawahi 3 sub kelompok tani di Kecamatan Wonoasih dengan kelompok tani Bangojaya di Kelurahan Sumber Taman, Pemuda Tani di Kelurahan Jrebeng Lor dan Keluarga tani Sumber Barokah di Kelurahan Pakis Taji. Varietas anggur yang dikembangkan adalah Red Prince dan Cardinal.Kedua varietas tadi berwarna merah dan rasanya manis dan tak kalah dengan anggur import.

Apakah itu saja sebutan Bayuangga untuk kota Probolinggo? Memang dulu terkenal dengan julukan itu tetapi kini ada sebutan baru bagi kota ini yaitu kota seribu taman.Orang pun tahu bahwa Probolinggo mempunyai Pantai Pasir Putih sebagai sarana wisata laut namun juga mempunyai taman mungil yang berderet rapi, cantik dan sangat terawat begitu kita masuk pintu gerbang kota ini. Tidak itu saja taman ini ada di jalan masuk kota tetapi hampir ada di setiap pelosok kampung.

Begitu memasuki pintu gerbang kota Probolinggo mata akan tertuju pada rangkaian taman mungil yang tertata apik. Aneka bunga berwarna warni dan hijau dedaunan ini menandakan sapaan ramah warga kota kepada setiap pengunjung apakah musafir ini menginap di kota ini atau hanya sekedar lewat dalam perjalanan menuju Banyuwangi atau Surabaya.

Ketika melakukan perjalanan ke Banyuwangi 20 tahun silam, sehat bersama reiki dan kerabat kerja poduksi film sempat mampir sejenak ke Pasir Putih dan ke sentra perkebunan mangga dan anggur tetapi tidak menjumpai deretan taman di pelosok kota dan desa. Baru dalam kunjungan kali ini mendapatkan Probolinggo mempunyai sebutan kota seribu taman.

Probolinggo kota seribu taman dirintis sejak masa jabatan pertama H.M Buchori sebagai walikota Probolinggo sekitar empat tahun lalu. Saat ini hasilnya bisa dinikmati dengan hadirnya deretan taman yang hijau dengan tumbuhnya beraneka bunga di setiap taman yang ada di dalam kota dan desa. Langkah penghijauan dan penanaman tanaman bunga dimaksudkan sebagai penambah keindahan dan kesejukan taman yang efeknya bisa mengurangi global warming yang saat ini sedang melanda hampir di kota besar di belahan dunia.

Walikota Probolinggo HM. Buchori mengaku bahwa progam ini terinspirasi dari keindahan dan keteduhan kota kota di Taipe dan Jepang yang menurutnya tidak sulit diterapkan di Probolinggo yang memiliki jenis tanah sama dengan kedua negara itu. Banyak gagasan berkaitan dengan upaya pelestarian lingkungan diterapkan Pak Walikota ini. Untuk itu Pemerintah Pusat dan Daerah menganugerahi tiga kali penghargaan Adi Pura, Walikota Peduli Kehutanan dan Penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan.

Saat ini Pemkot Probolinggo juga mulai membudayakan hidup sehat dengan sasaran seluruh warga kota demi mewujudkan obsesi Probolinggo sehat 2010. Khusus penghargaan inovasi manajeman perkotaan, kota Probolinggo memperoleh dua penghargaan yakni peringkat pertama untuk katagori ruang terbuka hijau dan peringkat kedua untuk sanitasi. Nah menjelang panen mangga Oktober nanti sehat dengan reiki mengajak Anda untuk mau mampir sejenak di Probolinggo bila melakukan perjalanan menuju Pulau Bali. Anda mau? Ayo jalan sama-sama agar tetap sehat dan tentu saja tidak saya gendong lho.

Foto by Putri Probolinggo.


Read More..

MALAM HARI DI PASAR KABANGAN SOLO

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 26 Juli 2009 5 komentar




Salah satu Pasar Tradisionil yang sehat dengan reiki datangi di minggu ketiga Juli 09 ini adalah Pasar Kabangan di daerah Solo Barat tepatnya berada di Utara Balai Kampung Laweyan. Sesuai dengan namanya yang agak aneh ditelinga orang luar Solo sebenarnya pasar ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Lokasi tepatnya pasar ini ada di Kelurahan Sondakan berada di sudut persimpangan antara Jalan Perintis Kemerdekaan dengan Jalan Dr. Rajiman.

Menurut ceritera dari warga Kampung Klaseman Laweyan yang sudah sepuh, pasar ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Sewaktu pemerintahan Paku Buwono IX pasar ini disebut Pasar Laweyan. Disebut demikian karena pasar ini berada di utara Kampung Laweyan yang lebih dikenal dengan Kampung Batik Laweyan saat ini. Letak persisnya berhadapan dengan Balai Kelurahan Laweyan sebelum kepindahan dari Kantor Kelurahan Laweyan lama di Jalan Sidoluhur.

Sebelum menjadi kantor Kelurahan Laweyan sekarang ini, lokasi Balai Kelurahan ini dahulu adalah tempat pemakaman umum Kampung Lor Pasar Laweyan dan makam ini lalu dipindah sekitar tahun 1963. Pasar Kabangan sendiri sejak berdiri memang menjadi pasar tradisional bagi warga Laweyan, Sondakan, Kabangan, Bumi Laweyan dan warga Kidul Kali Jenes atau warga Talang Banaran..

Dahulu pasar Kabangan ini memiliki luas lahan 3.660 meter persegi dan menyediakan berbagai variasi barang kebutuhan seperti sembako, sayur mayur dan lebih dikenal dengan istilah bumbon pasar. Dengan datangnya pedagang pindahan dari Pasar Kadipolo yang mengkhususkan berdagang plastik dan seng di tahun 1989 maka perubahan perdagangan terjadi. Sejak itu pasar ini menjadi sepi dari aktivitas jual beli sembako dan pedagang pindahan ini pun mulai berusaha dengan membuat barang-barang kebutuhan berbahan dasar plastik dan seng.

Melihat dagangan yang teronggok di pinggir jalan Dr. Rajiman ingatan sehat berkat reiki pun berputar mundur ke waktu menjelang peristiwa G-30-S di tahun 1965. Waktu itu keramaian pasar ini hampir terjadi setiap hari. Transaksi jual beli sembako pun ramai. Keramaian pasar tidak mengenal hari pasaran. Kendaraan becak, dokar dan sepeda memenuhi ruang parkir di sisi selatan pasar di ruas jalan Dr. Rajiman. Bahkan pedagang makanan dan minuman pun selalu menjajakan makanan siap saji bagi keperluan pengunjung pasar. Tengok saja Makanan Bakmi Pak Mangun yang cukup terkenal di era tahun 60. Beliau kini telah tiada dan bekas warungnya pun telah berganti menjadi warung kelontong.

Saat ini pedagang Pasar Kabangan telah menjadi Pasar Gembreng. Kenapa berubah menjadi gembreng? Sebab, mayoritas pedagang rata-rata berjualan barang keperluan rumah tangga selain sembako yaitu kompor minyak, dandang besar, kubah mesjid, wajan, jerigen dan pernak pernik kebutuhan rumah seperti tong sampah. Pasar Kabangan juga menyediakan barang-barang bahan bekas misal ember plastik, pot bunga dari ban bekas.

Selain kios jualan dipenuhi barang dari seng pedagang di sini juga menerima pesanan pembuatan barang-barang yang terbuat dari seng atau aluminium. Karena riuh rendahnya suara palu beradu bersautan-sautan di hampir setiap kios maka dentuman tong bekas yang dipukul bertalu-talu menjadikan pasar ini lebih dikenal dengan pasar Gembreng. Memang wong Solo pintar menggunakan istilah. Dari Pasar Kabangan menjadi Pasar Gembreng.

Jumat malam 24 Juli 09 kemaren sehat bersama reiki dan teman-teman sekampung dulu mampir ke Pasar Gembreng bukan untuk mendengarkan pukulan tong bertalu-talu melainkan ingin bernostalgia dengan menikmati kafe angkringan hik. Sambil kaki selonjor mereguk wedang jahe kami ingin menikmati sepenggal malam hari di Solo bukan untuk bicara Bom Kuningan melainkan bicara ke masa lalu saat Pasar Kabangan masih berjualan bumbon dapur di tahun 1963.

Lamat-lamat suara radio milik Mas Penjual Hik terdengar Irama Klasik Gending Jawa Klenengan. Solo memang identik dengan Keroncong dan Klenengan dan di Pasar Kabangan inilah sehat berkat reiki telah menemukan jawaban. Jawaban yang tidak ada di Jakarta dan hanya ke Solo saja jawaban ini didapat. Mari ikut saya sambil bersantai gaya khas wong Solo. Malam itu makanan hik terasa sedap untuk dinikmati. Pria dan wanita pelanggan makanan hik ini tidak canggung linggih lincak atau berselonjor di tikar di emperan toko sambil makan sego kucing.

Anda ingin ke Solo...jangan lupa ya mencoba cafe selonjor dan hirup wedang jahe agar badan menjadi hangat pengusir masuk angin di malam hari sambil mendengarkan klenengan musik tradisional Jawa.

Sumber gambar : www.tentangsolo.wordpress.com/www.kampunglaweyan.com




Read More..

SIFAT REIKI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 25 Juli 2009 0 komentar


Seorang sahabat yang bukan praktisi reiki pernah bertanya kepada sehat dengan reiki bagaimana Reiki itu bekerja dan bagaimana cara mengaksesnya? Dengan jujur saya katakan bahwa Reiki sangat mudah diakses begitu ada niat dalam kalbu praktisi reiki. Lantas setelah niat dicetuskan bagaimana rasanya reiki itu masuk ke dalam tubuh kita?

Itulah sekilas pertanyaan dari sekian kali pertanyaan dalam forum diskusi Lokakarya Reiki bagi orang awam yang ingin menjadi praktisi reiki. Pertanyaan itu biasanya terlontar mengingat begitu gampangnya reiki dipelajari dan dipraktekkan. Sekali mendapat attunement maka saat itu juga reiki dengan mudah kita akses untuk keperluan penyembuhan atas penyakit yang mendekam dalam tubuh.

Memang reiki bekerja dikendalikan oleh kalbu praktisi reiki. Reiki akan bekerja mengikuti instruksi praktisi yang meniatkannya mengalir (on) selanjutnya reiki mengalir begitu saja mengikuti pikiran praktisi reiki. Dengan kata lain energi dalam hal ini reiki bekerja mengikuti kemauan praktisi reiki. Instruksi atau perintah sebelum mengakses reiki disebut afirmasi..

Afirmasi tak lain adalah keinginan, perintah,instruksi dari kalbu praktisi reiki. Perintah ini muncul dari cipta (pikiran), rasa (emosi) dan karsa (kehendak/keinginan) sang praktisi reiki. Perintah kerja agar reiki mengalir dan saat itu juga terakses tertuang dalam kalimat-kalimat positif dalam afirmasi. Afirmasi bisa kita ucapkan dalam hati saja atau kita baca pelan-pelan agar makna dari kalimat afirmasi tadi direkam oleh alam bawah sadar kita yang selanjutnya detik itu juga diwujudkan dalam penyaluran energi reiki.

Niat untuk mengakses reiki pun bisa diucapkan dalam hati atau dibaca pelan-pelan sebagaimana mengucapkan afirmasi tadi. Biasanya praktisi reiki menyampaikan perintah kerja kepada Reiki bukan dengan niat saja,melainkan dibarengi dengan kalimat afirmasi yang telah dirancang untuk maksud apa reiki itu bekerja. Bila niat telah dicetuskan di awal sebaiknya selama mengakses reiki tidak mengulang-ulang niat. Niat cukup sekali saja diucapkan selanjutnya...pasrahkan segala sesuatu kepada-Nya. Biarlah Tuhan berkarya dalam penyembuhan dan kepada-Nya lah kesembuhan dimohonkan melalui Reiki.

Reiki bekerja menurut perintah kalbu praktisi reiki. Tentu Anda yang kritis akan bertanya lagi,"Mengapa dapat terjadi?" Anda tentu pernah tahu bahwa kalbu atau mind memang besar sekali pengaruhnya terhadap benda. Anda tahu David Coperfield seorang pesulap yang mampu menggerakkan benda hanya dengan niat saja? Nah demikian halnya praktisi reiki ketika menggerakkan energi reiki agar bekerja.

Banyak praktisi Telekinetik yang memiliki kemampuan menggerakkan benda-benda baik dengan memegang benda ataupun tanpa memegang sama sekali. Penelitian yang dilakukan oleh Prof.Robert Jahn dari Princeton Univercity dibantu dua kelompok peneliti dari Jerman yang meneliti pengaruh kalbu manusia (human mind) terhadap peralatan elektronik yang dilakukan tahun 1996 memperlihatkan bahwa kalbu (mind) dapat berdampak secara signifikan terhadap data keluaran (output data) komputer sepanjang faktor-faktor lain dapat dikendalikan.

Dari penelitian tadi adalah hal biasa bagi praktisi reiki saat meniatkan reiki atau energi non reiki bekerja untuk keperluan apa nantinya. Misal reiki diniatkan untuk selalu bekerja menormalkan tekanan darah dan kadar gula darah pasien. Maka kondisi tekanan darah dan kadar gula darah normal saja milik pasien yang akan terkondisikan demikian, apabila tekanan dan kadar gula darah diperiksakan di laboratoriom suatu saat kemudian. Mengapa bisa begitu?

Sebab...reiki adalah energi yang memiliki sifat keilahian. Reiki adalah energi positif yang telah disediakan oleh Allah SWT untuk memberikan kehidupan kepada manusia, hewan dan tumbuhan di bumi ini. Reiki adalah energi asal dan dari energi asal tadi Tuhan menciptakan segala sesuatu di alam semesta ini. Karena reiki berasal dari Tuhan dan diperuntukkan bagi kehidupan mahkluk ciptaan-Nya maka tidak mungkin reiki energi negative. Pun oksigen sebagai zat yang selalu kita hirup untuk bernapas juga ciptaan Ilahi disamping unsur air, tanah, api dan kayu akan tersedia setiap saat dalam jumlah yang tidak terbatas.

Sebagai tambahan reiki selalu tersedia dalam jumlah tidak terbatas di bumi ini. Akan selalu ada setiap saat dalam jumlah tak terbatas. Kapan diperlukan diakses saat itu juga akan hadir dan tersedia tanpa mengenal blank area di tempat mana kita mengaksesnya. Reiki sendiri juga memiliki kecerdasan tinggi, artinya reiki tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai hasil maksimal tanpa harus diberi petunjuk praktisi reiki.

Reiki akan bekerja memenuhi instruksi atau afirmasi praktisi reiki yang meniatkannya. Termasuk di sini juga energi-energi non reiki, misal energi khusus penyembuh masuk angin, penyakit stroke, reumatik dan penyakit lainnya, semua dapat kita akses dan disalurkan untuk keperluan penyembuhan itu. Nah...untuk bisa mempelajari dan menyelaraskan energi reiki dan non reiki tadi secara mandiri dan dapat menularkan keilmuan tadi Anda dapat mengunjungi alamat ini dan klik kanan atas label Prana Shakti.

Sebenarnya masih banyak sifat reiki yang bisa kita pahami dan praktekkan tetapi yang lebih penting dari itu ialah reiki bisa untuk menjaga diri dan tubuh tetap sehat, sehat ala dokter dan sehat ala praktisi reiki. Sehat dengan reiki pun berharap di akhir pekan ini Anda dan keluarga di mana pun selalu sehat dan bahagia.

Read More..

MENGENAL METODE AKUPUNKTUR

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 18 Juli 2009 4 komentar

Setelah mengenal dan mempraktekkan reiki ada baiknya kali ini sehat berkat reiki menulis sedikit mengenai pengatahuan metode pengobatan China yang disebut Akupunktur. Orang China kuno menyadari bahwa energi bersirkulasi di dalam tubuh manusia melalui saluran energi yang disebut meridian (Sansekerta:nadi). Aliran energi ini mengalir di dalam meridian dari 1 titik ke titik lainnya.

Akupunktur adalah sistem pengobatan China kuno berdasarkan catatan tertua yang ditemukan pada tulang berasal dari tahun 1600 SM. Buku pertama mengenai akupuntur adalah Hungdi Neiging Suwen ditulis kurang lebih tahun 200 SM dan berisi rincian tentang metode akupunktur diterjemahkan oleh Prof. Ilza Veith dengan judul The Yellow Emperor, Classic of International Disease diterbitkan oleh William and Wilkins dari Baltimore.

Cara bekerja akupunktur menggunakan jarum halus secara khusus dibuat untuk keperluan pengobatan dengan menusukkan jarum ke titik meridian dalam tubuh manusia. Jarum itu menusuk kulit pada titik tertentu disebut titik akupunktur sampai kedalaman beberapa milimeter. Dengan menusuk kulit dengan jarum berdasarkan fakta bahwa menstimulasi kulit memberikan dampak pada organ-organ dalam tubuh sehingga sumbatan dalam pembuluh energi akan terbuka.

Bila jarum sudah masuk kulit pada pangkal jarum diputar bolak balik ke kanan dan kiri. Bisa juga dengan mengaliri aliran listrik yang berkekuatan lemah pada pangkalnya. Orang yang ditusuk jarum dalam keadaan sadar sekalipun ada rasa tidak nyaman pada bagian kulit yang ditusuk jarum. Karena tidak sakit maka orang China kuno beranggapan bahwa energi bersirkulasi dalam tubuh melalui saluran-saluran khusus disebut meridian.

Dengan menusukkan jarum pada kulit maka keseimbangan energi dalam tubuh diperbaiki dan dengan lancarnya energi dalam saluran pembuluh energi maka gangguan penyakit dapat dihalau. Orang China kuno menganggap bahwa keseimbangan energi dari satu sisi ke sisi lain, dari atas ke bawah atau sebaliknya dan tetap menjaga energi keluar dari tubuh sangat penting. Mereka menganggap keseimbangan Yin yaitu unsur dingin dan Yang unsur panas harus tetap terjaga dengan baik di dalam tubuh manusia setiap saat.

Apabila orang kehilangan keseimbangan (out of balance) di dalam konsep energi maka langkah perbaikan energi dengan menyeimbangkan aliran energi kembali di dalam tubuh manusia. Orang China memiliki pendekatan esensial yang vitalistik terhadap tubuh manusia dan fisiologinya. Kalau di Jepang telah dikenal Reiki maka pada dasarnya menyalurkan Reiki adalah memperbaiki sirkulasi energi yang terganggu tadi dengan menempelkan kedua telapak tangan ke tubuh secara menyeluruh.

Dalam keadaan seimbang energi atau life of force atau kekuatan hidup yang oleh orang China disebut Chi, harus mengalir secara leluasa mengelilingi meridian-meridian. Apabila sirkulasi energi itu mengalami gangguan di bagian tubuh maka gangguan tadi akan menimbulkan penyakit. Misalnya jika kita sakit punggung chi yang mengalir di meridian kandung kemih dari punggung mengalami hambatan di salah satu tempat. Cara memperbaiki dengan menusukkan sebuah jarum pada titik di bagian punggung sehingga merangsang kembalinya pengaliran energi.

Setiap meridian mengacu pada organ tertentu dan energi yang mengalir pada meridian itu harus dianggap menunjukkan keadaan fungsional dari organ tersebut. Nah kalau di akupunktur kita harus memahami titik meridian dalam tubuh sebelum menusukkan jarum ke kulit maka di reiki cukup menempelkan atau menyalurkan energi ke dalam tubuh dan biarkan energi itu yang bekerja memperbaiki gangguan tubuh sehingga normal kembali.

Belajar memahami titik-titik akupunktur dan mengalirkan energi reiki merupakan perpaduan metode penyembuhan Timur yang sudah dikenal sejak jaman kuno dan sampai sekarang masih dipraktekkan di China dan di belahan dunia lainnya. Sampai saat ini praktisi akupunktur dan praktisi penyembuhan reiki semakin bertambah jumlahnya di Indonesia. Anda berminat menjadi praktisi penyembuh akupunktur atau menjadi praktisi reiki saja?

Sumber gambar : google images





Read More..

GAYA HIDUP SEHAT SEHARI-HARI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 12 Juli 2009 7 komentar

BBC siaran bahasa Indonesia beberapa hari lalu menyiarkan berita soal wabah flu Meksiko atau yang biasa disebut flu babi. Penyakit dalam dunia medis disebabkan virus influenza tipa A (H1N1) pertama kali ditemukan di Meksiko selanjutnya menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Bahkan siaran Radio Sonora yang sehat dengan reiki pantau 3 hari lalu mengabarkan bahwa Indonesia harus waspada terhadap penyebaran virus ini.

Penyebaran virus flu A sebagaimana dilansir Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menduga virus inilah yang menyebabkan 60 orang meninggal dunia di Meksiko sejak pertengahan bulan Maret lalu. Gejala flu A (H1N1) hampir serupa dengan flu biasa layaknya demam dengan suhu tubuh di atas 38 derajat, batuk, pilek, letih, lesu, sakit tenggorokan yang disertai mual, muntah dan diare.

Bila kondisi tubuh semakin lemah penyakit ini mengakibatkan sesak napas atau napas sesak yang menyebabkan terjadinya pneumonia yang mengakibatkan kematian. Mengingat gejala flu ini serupa dengan gejala influenz biasa, maka kewaspadaan menjadi hal yang patut dilakukan oleh setiap orang. Virus penyebab flu ini merupakan mutasi dari flu burung yang disebarkan oleh unggas dan manusia.

Virus tersebut dapat cepat bermutasi dalam tubuh babi dan menciptakan suatu virus lain yang disebut dengan H1N1. Penularannya atau cara menyebarnya bukan hanya dari babi tapi sudah tarap penularan dari manusia ke manusia. Data dari Departemen Kesehatan, Influenza baru tipe A (H1N1) cukup berbahaya, gampang menular dan dapat menimbulkan kematian. Pasalnya virus strain baru influenza A (H1N1) lebih berbahaya dibanding flu musiman seperti virus flu H2N1, H3N1 dan H3N2 yang biasa terdapat pada manusia yang menderita flu musiman.

Masih menurut Depkes pula bahwa kita sudah biasa mengenal flu musiman biasa menyerang berbagai lapisan masyarakat. Banyak masyarakat memiliki kekebalan terhadap virus flu musiman ini sehingga memungkinkan terbatasnya penyebaran infeksi. Kasus kematian akibat flu musiman di negara 4 musim masih cukup tinggi sekitar 5-15 persen. Sedangkan virus influenza baru A (H1N1) merupakan virus strain baru di Meksiko yang sebagian besar orang belum memiliki kekebalan yang cukup terhadap serangan virus ini. Maka tak heran apabila terjadi tingkat keparahan penyakit dari ringan hingga berat yang bisa mengakibatkan kematian.

Lalu bagaimana pencegahan flu A (H1N1) ini? Sebaiknya langkah awal bagi semua warga masyarakat Indonesia dapat menerapkan perilaku hidup sehat sebagaimana telah dan selalu dianjurkan Departeman Kesehatan. Perilaku hidup sehat yang mana dapat mencegah virus ini? Departemen Kesehatan menganjurkan pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman yang bergizi, istirahat cukup dan olahraga rutin setiap hari. Kalau tidak bisa olahraga setiap hari lakukan olahraga seminggu 3-4 kali minimal 1 jam saja.

Membiasakan hidup bersih dengan cara mencuci tangan memakai sabun dengan air bersih sesering mungkin juga menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal di sekitar kita. Bakar sampah dapur segera dan jangan biarkan menumpuk di dapur agar sisa makanan tidak dimangsa tikus. Hindari kontak dengan seseorang yang sedang sakit, gunakan tutup hidung dan mulut saat sedang bersin atau batuk dan buang tisu bekas mengelap ingus ke tempat sampah.

Langkah terakhir yang dianjurkan Depkes adalah segera ke dokter jika mengalami gangguan kesehatan. Terus mengikuti informasi perkembangan virus influenza melalui media massa dan tak kalah pentingnya pola hidup sehat. Syukur mau hidup sehat ala reiki dan sehat secara medis kedokteran. Sehat secara medis kedokteran sebagaimana dianjurkan Depkes di atas dan ditambah gaya hidup bergerak yaitu mau dan mau olahraga.

Untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat tak kalah pentingnya menjaga tubuh tetap bersih dan gunakan sabun untuk mencuci tangan sehabis memegang tombol lift, telepon umum, pegangan sabuk pengaman di bis umum dan fasilitas umum yang biasa kita kunjungi misalnya supermarket, pasar tradisional dan tombol mesin ATM. Menyempatkan waktu sekitar 20 detik saja dengan rutin untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dapat berdampak positip untuk menjaga kesehatan pribadi dan anggota keluarga kita.

Lalu gaya hidup sehat ala reiki itu apa? Pertama selalu self healing, healing by mind, distance healing dan face to face healing antar praktisi reiki dengan orang lain. Yang tak kalah pentingnya secara berkala rendam dan cuci tangan dengan air garam untuk menghalau energi negative yang menempel di telapak tangan.Bila terpaksa makan di warung atau restoran saat makan siang tiba jangan lupa salurkan energi reiki ke piring,sendok,gelas air minum dan makanan yang telah tersaji sekitar 5 menit saja agar makanan dan minuman kembali suci secara spiritual.

Apa lagi ya yang perlu kita lakukan agar tetap sehat? Tunggu postingan selanjutnya di blog sehat dengan reiki ini.

Sumber tulisan : Gaya Hidup Sehat akhir pekan (disunting).

Read More..
|
| edit post

BALAP SEPEDA

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 11 Juli 2009 3 komentar


Saat ini olah raga sepeda santai bagi masyarakat Jakarta di hari libur Sabtu dan Minggu semakin banyak penggemarnya. Tengok saja di hari Sabtu pagi tadi kumpulan orang bersepeda santai berkumpul di pintu Delapan Senayan Jakarta.Mereka berkumpul membicarakan Tour De France yang kali ini tengah berlangsung di Spanyol. Kali ini sehat dengan reiki menulis tentang balapan sepeda tingkat dunia Tour De France diputaran ketujuh berdasarkan laporan Reuters.

Setelah berhasil mengenakan Yellow Jersey selama enam putaran berturut-turut, diputaran ketujuh hari Sabtu ini Fabian Cancelerra harus menyerahkan Yellow Jerseynya kepada pembalap Italia Rinaldo Nocentini pada kejuaraan dunia balap sepeda Tour De France yang berlangsung di Spanyol. Di katagori jalan raya putaran ketujuh pembalap-pembalap asal Perancis berhasil mendominasi kejuaraan.

Brice Feillu dari Tim Agritubel berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu enam jam 11 menit dan 31 detik disusul rekan senegaranya dari Tim Cofidis Christoper Kern dengan selisih 5 detik dan tempat ketiga di huni pembalap satu-satunya asal Jerman Johanes Frowhliger dari Tim Milram. Sedangkan putaran ketujuh kejuaraan dunia balap sepeda Tour De France yang dimulai dari Barcelona dan finis di Andorra, di luar dugaan pembalap asal Italia Rinaldo Nocentini berhasil menyabet jaket kuning yang sebelumnya dikuasai oleh pembalap asal Swiss Fabian Cancellera dengan total catatan waktu tercepat 25 jam 44 menit dan 32 detik.

Lomba balap sepeda putaran ketujuh yang menempuh jarak 224 kilo meter tersebut membuat kewalahan Fabian dengan lintasan yang tajam dan licin, posisi kedua putaran ketujuh Tour De France ditempati pembalap dari Tim Astana Alberto Contador hanya selisih enam detik dari Rinaldo. Sedangkan juara dunia empat kali Lance Amstrong harus menahan ambisinya untuk dapat meraih jaket kuning setelah tertinggal 14 detik dari pembalap Italia Rinaldo Nocentini.

Sementara itu di katagori raja tanjakan pembalap asal Perancis masih bertahan di puncak klasemen sementara putaran ketujuh dengan total point 49 disusul oleh dua rekan senegaranya Christophe Riblon dan Christophe Kern diposisi kedua dan ketiga.


Read More..

INGIN BERHENTI MEROKOK ?

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 10 Juli 2009 4 komentar



Menjelang rekaman ketoprak humor campur tokoh di Gedung Kesenian Jakarta 2 minggu lalu, seorang sahabat sehat dengan reiki yang berprofesi sebagai Juru Kamera mengeluh akhir-akhir ini dadanya terasa sesak bila dipakai bernapas panjang. Selidik punya selidik ternyata sahabat ini seorang perokok berat yang oleh dokter yang merawatnya disuruh berhenti merokok. Apa daya anjuran dokter ini belum bisa dituruti mengingat hobi yang satu ini sudah bertahun-tahun dilakoni dan telah membuat dirinya menjadi seorang pria sejati bila sebatang rokok sudah terselip dibibirnya.

Namun sejak dirinya terserang batuk dan dadanya terasa nyeri bila dipakai bernapas, sahabat bersama reiki ini mulai cemas. Bahkan ketika dikantor pun sekarang ini ia sudah mengurangi kebiasaan merokok kendatipun rekan kerja yang lainnya masih sering mencemohkan atas tindakannya berhenti merokok. Mengapa sahabat ini ingin berhenti merokok? Sebab dia sudah bertekad untuk hidup sehat bebas dari asap rokok dan ingin tahu trik jitu bagaimana berhenti merokok.

Sahabat ini sebenarnya pernah mendengar apa betul reiki bisa untuk menyembuhkan ketergantungan rokok, miras dan narkoba dari sahabatnya yang menjadi praktisi reiki. Nah karena bertemu dengan sehat bersama reiki di Gedung Kesenian Jakarta ini, dia memberanikan diri bertanya kepada saya dan dengan jujur saya jawab bisa asal...sampeyan mempunyai tekad bulat untuk sehat bebas dari rokok.

"Betul saya ingin segera berhenti merokok", jawabnya ketika saya tanya alasannya. "Paru-paru saya terasa perih bila menarik napas dan berat sekali rasanya dada ini seakan-akan tertindih batu", jawabnya memelas sekali. Baiklah saya kasih resep sehat murah tanpa biaya asalkan sampeyan bertekad untuk "gave up smoking".

Resep itu apa saja teman? Di sini sehat ala reiki dan komunitas praktisi reiki sudah biasa menangani orang yang ingin berhenti merokok. Dalam bakti sosial penyembuhan reiki menjelang lokakarya reiki, pasien yang kecanduan rokok diminta duduk tenang sambil mendengarkan arahan Master Reiki. Pelan tapi pasti para pasien yang ingin berhenti merokok diberi sugesti ke dalam alam bawah sadarnya.

Selanjutnya dengan menggunakan simbol energi Sei-Hei-Ki yang digambarkan di chakra ajna depan dan belakang pasien, simbol energi ini didorong ke chakra ajna depan dan belakang secara bersamaan hingga energi simbol ini menembus rongga kepala pasien. Setelah bola energi masuk ke dalam rongga kepala tempat pikiran bersemayam mulailah kita aliri reiki secara terus menerus hingga pasien
merasa mengantuk.

Dalam keadaan setengah sadar mulailah kita mainkan self hipnosis ke dalam alam bawah sadar pasien ini agar mulai saat ini menjauhi rokok dan kita pilihkan affirmasi yang cocok untuk berhenti merokok. Affirmasi berbunyi,"Saya ingin udara segar bebas polusi asap rokok. Merokok mengganggu kesehatan saya".

Ulangi affirmasi ini pelan-pelan agar ditirukan pasien dalam keadaan setengah sadar dan bimbing terus mengucapkan affirmasi ini hingga tanpa sadar pasien mengucapkan affirmasi sendirian. Masih dalam keadaan terhipnosis alirkan reiki terus menerus kebagian chakra ajna depan dan belakang memenuhi rongga kepala si pasien ini.

Bila terapi ini dilakukan secara terus menerus minimal seminggu sekali Insya Allah dalam waktu 1 bulan keinginan merokok akan berhenti dengan sendirinya. Menanamkan sugesti bahwa merokok mengganggu kesehatan paru-paru dan mencemari udara akan membuat pasien mengurungkan niat bila menyentuh rokok.

Jadi peranan affirmasi kedalam alam bawah sadar pasien hakekatnya merekam memori alam bawah sadar pasien agar setiap waktu terpanggil kembali untuk mengerem pikiran pasien agar tidak kembali merokok . Agar simbol Sei Hei Ki tadi bekerja maksimal ada baiknya kita perkuat dengan simbol Cho Ku Rei.Lantas bagaimana bila pasien di tempat jauh dan tidak mungkin berhadapan dengan praktisi reiki?

Ada kiat mengatasi hambatan ini yaitu menggunakan simbol Hon Sha Ze Sho Nen. Pertama tulislah di kertas nama pasien jarak jauh, lalu gambar simbol Sei Hei Ki di kertas ini diikuti simbol Cho Ku Rei. Simbol Sei Hei Ki berfungsi melakukan penyembuhan atas kecanduan rokok sedangkan simbol Cho Ku Rei berfungsi memperkuat reiki dan simbol Hon Sha Ze Sho Nen berfungsi jembatan jarak jauh antara praktisi reiki dengan pasien yang tidak ada dihadapannya.

Sambil rilek dan pasrah disertai doa kepada Yang Maha Kuasa kita pegang kertas ini dan berikan Reiki merata kepermukaan kertas berisi nama pasien yang ingin disembuhkan dari kecanduan rokok. Reiki akan mengalir jarak jauh ke pikiran dan emosi pasien. Biarkan reiki bekerja dengan sendirinya selanjutnya kita pasrah. Aliri kertas ini dengan reiki setiap hari bila intuisi bekerja.

Mengakhiri postingan kali ini sehat dengan reiki mohon maaf kepada pencinta rokok yang terusik dengan tulisan ini agar juga ikut berhenti merokok. Kita semua sudah dewasa dan bisa menentukan pilihan untuk hidup sehat apa adanya. Kalau ada orang yang ingin hidup sehat bebas dari asap rokok kenapa kita larang?

Mas Kameraman mengerti dengan apa yang sehat bersama reiki katakan dan bertekad bisa berhenti merokok. Sayang permintaan healing with reiki to give up smoking tidak bisa saya penuhi malam ini. Maklum kita semua sedang dinas rekaman jadi lain waktu saja. Dengan rasa gembira si Mas ini masuk ke Gedung Kesenian untuk menghandle kamera sedangkan saya berjalan masuk OB Van KCKR untuk segera merekam gambar dan suara.

"Semua crew siap di tempat masing-masing", seru Mas Pengarah Acara. Kamera 1-2-3-4 stand by dan silakan VTR rekam sekarang. "OK Mas...saya siap dan VTR running well", jawab saya singkat. Kini saatnya rekaman ketoprak humor campur tokoh dengan lakon Sultan Agung Menyerang Batavia mulai direkam.


Read More..

MEDITASI GASSHO

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 09 Juli 2009 3 komentar


Salah satu jenis meditasi yang diajarkan oleh Mikao Usui kepada murid-muridnya adalah meditasi gassho. Gassho sendiri sebenarnya merupakan salah satu pilar dari dua pilar lainnya yaitu Reiji-Ho dan Chiryo. Sehat dengan reiki sendiri lebih senang mempraktekkan Gassho yang manfaatnya untuk meningkatkan energi dalam tubuh melalui Chakra Mahkota.

Pengertian Reiji-Ho adalah indication of the Reiki power dan Ho berarti metode. Sedangkan Chiryo mempunyai pengertian treatment. Mikao Usui sang penemu Reiki Modern mengajarkan meditasi Gassho saat mengadakan lokakarya dan pertemuan-pertemuan reiki bersama murid-muridnya. Biasanya meditasi gassho ini berlangsung selama 20-30 menit setelah bangun tidur dan menjelang tidur malam hari.

Meditasi Gassho secara harafiah berarti "dua tangan bertemu di depan dada". Pelaksanaan meditasi bisa seorang diri atau secara berkelompok. Dengan meditasi berkelompok dalam kelas reiki menjadikan energi yang dialirkan masing-masing praktisi reiki akan terakumulasi secara meningkat jumlah energinya. Menurut Petter Frank Ajava dalam Reiki The Legacy of Dr.Usui mengatakan bahwa meditasi secara berkelompok dapat merupakan pengalaman yang sangat indah karena energi meningkat jauh di atas masing-masing orang yang menjadi praktisi reiki. (Petter,1998 :15).

Praktek Meditasi Gassho yang sehat bersama reiki dan teman-teman praktisi reiki lakukan antara lain bersikap merangkapkan kedua telapak tangan di muka dada dengan kedua telapak tangan bertemu rapat-rapat. Lalu alirkan energi reiki atau energi non reiki yang bisa kita akses masuk lewat chakra mahkota dan dialirkan ke ujung jari-jari telapak tangan yang saling bertemu di depan dada. Posisi gassho dengan duduk bersila di atas tikar.

Tetap santai mata terpejam mulai bayangkan dan niatkan energi masuk ke dalam tubuh lewat chakra mahkota dan keluar lewat ujung-ujung jari kedua tangan. Sesaat akan terasa getaran energi masuk ke seluruh badan dan energi mengalir di telapak tangan dengan sensasi telapak tangan terasa panas dan ada aliran energi seperti arus listrik.

Masih tetap santai mulai affirmasikan, "Bahwa energi yang tercurah masuk ke dalam badan seluruhnya membersihkan badan dari energi negative penyakit. Energi penyakit keluar lewat chakra dasar masuk bumi tanpa merugikan mahkluk lainnya". Affirmasi bisa diucapkan pelan-pelan lewat mulut atau dalam hati agar terekam alam bawah sadar kita dan hayati makna affirmasi ini dengan sedalam-dalamnya.

Tetap hening dalam gassho ini. Agar pikiran tidak melayang-layang ke tempat lain bagi Muslim bisa mengucapkan lafadz-lafadz zikir secara beruntun dan tetap santai membayangkan energi tercurah masuk lewat chakra mahkota. Bagi saudara kita yang Nasrani bisa mengucapkan doa sesuai Iman dan Kepercayaan dengan menyebut "Puji Tuhan" dan yang beragama Buddha mengucapkan "Oom" yang artinya Tuhan.

Nah itulah sekilas latihan tambahan dari sehat bersama reiki tentang Meditasi Gassho sebagaimana telah diajarkan Mikao Usui kepada murid-muridnya dalam pertemuan reiki di perguruannya. Tapi bagi yang belum menjadi praktisi reiki dan belum kenal apa itu reiki apa bisa mencoba meditasi gassho ini? Sehat ala reiki anjurkan sebaiknya mempraktekkan meditasi dalam keheningan saja lebih dulu sebagai meditasi yang paling sederhana dan dapat diikuti oleh setiap orang.

Mau tahu posisi meditasi dalam keheningan? Ya seperti gambar Mbak Cantik di atas yang sedang menatap kehangatan sinar mentari pagi sembari mengolah pernapasan segi tiga sama sisi dengan menarik napas melalui hidung 8 hitungan, tahan napas di dada dalam 8 hitungan lalu buang napas lewat mulut dalam 8 hitungan sembari mulut mendesis. Bila olah napas ini sudah dihayati dengan benar sebagai langkah relaksasi baru masuk meditasi yang sebenarnya.


Read More..

TETAP SEHAT SAAT NYONTRENG

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 08 Juli 2009 4 komentar


Rabu pagi tidak seperti biasa suasananya. Menyusuri jalan setapak di antara rimbunnya pohon kecapi dan rambutan di pedesaan tempat sehat dengan reiki tinggal suasana masih sepi kendatipun waktu telah menunjukkan pukul 7 pagi. Ada apa ya? Ternyata pagi ini jalanan sepi mengingat pengguna jalan sedang sibuk mempersiapkan diri menuju ke TPS tempat dimana masing-masing warga negara di republik ini akan menggunakan hak pilihnya dalam pemilu presiden dan wakil presiden.

Jalan santai sebagai bagian ritual yang telah sehat bersama reiki jalani selama 10 tahun ini tak ubahnya kebiasaan untuk mendisiplinkan diri dalam upaya meraih kebugaran dan kesehatan. Terlihat pagi ini beberapa warga juga melakukan aktivitas jalan sehat di pagi hari. Barangkali hari ini adalah hari libur resmi dalam pemilu presiden dan wakil presiden sehingga warga yang tidak sempat berolahraga di luar hari Rabu, pagi ini menyempatkan diri olahraga dahulu sebelum siangnya pergi ke TPS.

Beberapa petugas TPS di pedesaan yang sehat dengan reiki jumpai sekitar pukul 7.30 pagi juga sudah mempersiapkan diri menyambut warganegara yang hendak menggunakan hak pilihnya. Suasana santai dan cuaca cukup bersahabat menyebabkan pagi ini layaknya hari Lebaran bahkan kalau boleh dibilang sepinya lebih dari suasana hari Lebaran yang meriah dengan bunyi petasan dan pukulan bedug usai sholat Ied.

Berbeda dengan suasana pemilu Legislatif bulan April lalu dimana lembaran kertas suara yang lebar dan banyaknya caleg yang gambarnya terpampang di kertas suara menyebabkan antrian panjang di setiap TPS. Kali ini dengan format kertas suara yang kecil dan hanya ada 3 gambar pasangan calon presiden dan wakil presiden tidak terlihat antrian panjang masing-masing TPS. Rata-rata setiap orang yang pergi ke bilik suara hanya membutuhkan waktu 3 menit saja untuk menentukan pilihannya.

Siapa yang menang dalam pilihan presiden dan wakil presiden kali ini wajib kita dukung progamnya sebagaimana telah ia janjikan dalam kampanyenya dan yang penting tetap terjaganya keutuhan persaudaraan sebagai warganegara Indonesia.Yuk....kita pergi ke TPS untuk menggunakan hak pilih kita.

Sambil menunggu panggilan ke TPS sehat bersama reiki cuplikkan sedikit manfaat dari olahraga aerobik untuk mencegah diabetes sebagaimana dipaparkan dalam koran Republika berdasarkan penelitian Timmons beberapa waktu lalu yang berbunyi sebagai berikut:

Timmons dan para koleganya meneliti 16 pria berusia 20 tahun. Mereka diminta menjalani enam sesi latihan fisik. Setiap sesi antara lain terdiri dari sprint selama 6 hingga 30 detik, diselingi empat menit istirahat. Setelah beristirahat mereka diminta berlari lagi. Sehingga total latihan tersebut mencapai 17 hingga 26 detik.

Latihan tersebut dilakukan selama dua pekan. Mereka juga diberi larutan manis setiap hari. Ternyata kadar gula mereka tetap normal. Padalah menurut penelitia larutan glukosa biasanya menaikkan kadar gula darah di atas normal.

Timmons menganjurkan agar setiap orang melakukan latihan olahraga intensif setiap hari. Selain jogging olahraga yang juga bisa dilakukan adalah bersepeda kencang atau lari menaiki tangga dua kali dalam sepekan.

Khusus penderita diabetes berusia 20 – 40 tahun, dianjurkan meningkatkan aktivitas fisik secara bertahap di bawah pengawasan dokter. “Kuncinya kita lebih baik berolahraga rutin 7,5 menit setiap hari ketimbang berlari selama 30 menit tetapi hanya satu kali dalam setahun,” ujarnya/reuters/itz

Sumber: Republika

Read More..

INTERAKTIF BERITA MALAM

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 07 Juli 2009 2 komentar




Selasa malam ini sehat dengan reiki stand by di kantor melayani interaktip berita malam jelang pemilu presiden 2009. Duration berita malam lebih banyak didominasi interaktip dengan studio televisi daerah dimana masing-masing studio ini menyiarkan kegiatan jelang pemilu di daerah masing-masing. Lantas apa yang harus saya lakukan malam ini?

Seperti biasa menjelang maghrib tiba sehat berkat reiki sudah sampai di studio. Selepas ibadah sholat maghrib kerabat kerja yang terlibat berita malam sudah standby di sub kontrol berita studio 6. Terlihat Mbak Redaktur yang bertugas malam ini mengontak petugas studio televisi daerah dan meminta untuk mempersiapkan live interaktif lewat jaringan satelit.

Setelah masing-masing studio daerah dikontak yang dimulai dari studio televisi Surabaya, Bandung, Palangkaraya, Makassar dan Banda Aceh maka persiapan akhir tinggal menunggu detik-detik on air berita malam pukul 19.00. Tak kalah sibuknya kami yang ada di sub kontrol mempersiapkan diri sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

Petugas audio man, pemadu gambar, chaption generator, telepon interaktif yang dipegang Mbak Redaktur dan sehat bersama reiki telah menempati posisi masing-masing dengan peralatan siaran yang menjadi tanggung jawabnya. Semua dibawah komando Mas Pengarah Acara Berita. Sesekali Mas Pengarah Acara melalui alat komunikasi berbicara kepada Mbak dan Mas Penyiar lewat komunikasi ear phone yang menempel di kuping 2 orang penyiar ini. Dengan alat inilah semua perintah pengarah acara dapat didengar termasuk perintah agar penyiar selalu senyum manis saat menyapa penonton televisi di rumah.

Di floor studio ada Mas Floor Director dan 2 orang penyiar berita sudah siap membawakan berita malam. Tiga orang Mas kameramen yang bertugas sudah mempersiapkan gambar 2 orang penyiar berita ini dalam format Long Shot-Medium dan Close Up.Gambar 2 orang penyiar ini sudah terpampang di layar monitor di depan kerabat kerja berita malam. Sementara studio berita Bandung juga sudah siap dengan penyiar yang duduk di box siaran tinggal menunggu dipanggil dari Jakarta.

Sementara naskah berita malam saya terima saya persiapkan materi kaset berita di VTR 3 dan VTR 2 sebagai VTR cadangan dikosongkan untuk menunggu materi berita susulan yang bahan beritanya masih diedit oleh Mas Editor. Mas Switcher si Pemadu Gambar pun sudah memformat ukuran gambar penyiar televisi daerah dengan penyiar televisi Jakarta dalam format gambar Long Shot sementara monitor plasma di belakang penyiar sudah diset background berita malam yang bahannya diambil dari file komputer di chargen.

Tune berita malam pun sudah saya set di VTR 3 dan gambar pun sudah diterima di ruang pengendali siaran. Di ruang Master Control pun juga tak kalah sibuknya.Mas dan Mbak operator menyiapkan jaringan audio video via satelit dengan masing-masing studio televisi daerah tadi. Gambar penyiar berita studio televisi daerah juga sudah terpampang di monitor MK dan tinggal menunggu di switch oleh Mas Pemadu Gambar.

Detik-detik menjelang pukul 7 malam tinggal 2 menit. Satu persatu chaption judul berita dan deskripsinya sudah diketik rapi dan tinggal dipanggil/dienter dari key board komputer. Begitu hitung mundur dari 30-29-28-27......5-4-3-2-1-0 detik berjalan, tepat di detik 2 saya play gambar tune berita malam dan gambar ini sudah diterima di rumah penonton dan studio. Siaran berita pun mulai dan kami semua yang ada di ruang kendali siaran berita malam sudah On Air.

Satu persatu materi berita disiarkan dan interaktip penyiar berita di studio Jakarta dengan studio televisi daerah berlangsung dengan lancar berkat komunikasi telepon antara operator telepon studio 6 dengan pengarah acara berita di ruang siaran berita studio daerah. Jaringan satelit yang memungkinkan terselenggaranya interaktip studio ke studio seakan mendekatkan kita yang ada di Jakarta dengan yang di daerah layaknya berhadapan muka.

Setelah penyiar studio Surabaya membawakan materi berita jelang pemilu diikuti studio Bandung,Palangkaraya,Makassar dan Banda Aceh dan rangkuman berita dari daerah lain disiarkan berturut-turut sesuai rundown yang memakan waktu 1 jam, Mas Pengarah Acara tak lupa mengucapkan terima kasih kepada kita semua yang telah bertugas membantu kelancaran berita malam ini. Pengarah Acara adalah pimpinan yang mengarahkan jalannya acara televisi dari ruang kendali siaran berita ke penyiar di floor studio dengan kerabat kerja berita yang duduk di kanan kirinya.

Suatu acara televisi bisa berjalan dengan lancar apabila ada koordinasi yang tepat antara pengarah acara dengan asisten pengarah acara berita yang berdiri mendampingi kameramen di floor studio. Tugas asisten pengarah acara adalah mengarahkan penyiar yang sedang membaca berita agar pandangan matanya mengarah ke kamera yang sedang on air sehingga gambarnya menatap penonton televisi di rumah masing-masing.

Kerabat kerja lain dari kolega sehat bersama reiki adalah petugas teleprompter yang mengetik head line berita dan menayangkan tulisan ini di monitor yang diletakkan di bawah lensa kamera yang sedang on air. Karena itu bila kita melihat penyiar televisi membaca head line berita dan pandangan matanya menatap penonton televisi di rumah sebenarnya dia sedang membaca teks headline berita di monitor teleprompter. Akhir dari headline berita adalah tulisan VTR start atau Betacam Start di naskah berita sebagai tanda/cue bagi petugas vtr untuk mulai start memplayback materi berita.

Sumber gambar: www.digitalbroadcast

Gambar kiri atas ruang master kontrol/kanan atas sub kontrol studio berita/kiri bawah floor studio tempat penyiar dan juru kamera bekerja.





Read More..

MARI MENJAGA KESEIMBANGAN CHAKRA

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 06 Juli 2009 3 komentar



Postingan yang lalu sehat dengan reiki menulis tentang menyeimbangkan chakra utama dalam tubuh energi. Sekarang langkah apa lagi setelah semua chakra utama diseimbangkan, apakah perlu latihan yang menguras tenaga layaknya kita ini atlet olahraga yang hendak bertanding di event olahraga tingkat nasional? Tidak sahabat...yang perlu kita lakukan adalah grounding yang maknanya terhubung ke bumi agar semua energi negative penyakit yang ada dalam tubuh dibuang ke dalam bumi lewat meditasi grounding. Untuk jelasnya bisa baca di sini.

Belajar dan mempraktekkan reiki yang perlu diketahui adalah adanya chakra yang ada dalam tubuh eterik atau tubuh energi diri kita sendiri.Chakra-chakra utama terhubung nadi utama yang disebut shusumna yang terletak di belakang dan sejajar dengan tulang belakang. Ketujuh chakra utama saling berhubungan melalui nadi shusumna, saling berpengaruh dan interaktif. Keseimbangan chakra utama ini harus dijaga melalui meditasi grounding.

Saat mulai meditasi grounding dalam keadaan rilek dan gelombang otak masuk theta stage berikan affirmasi dengan pelan agar tertangkap alam bawah sadar kita yang inti affirmasi antara lain, "Semua chakra utama dan chakra lainnya berfungsi optimal, dibersihkan inti chakra utama sekaligus diratakan kelopak-kelopaknya,dibuka lebar untuk masuk dan keluar energi dan menjadi mekar sensitif seimbang chakra satu dengan lainnya". Bila semua chakra utama berfungsi dengan baik maka aura sebagai subsistem dari sistem energi manusia akan memancar cemerlang.

Perlu diketahui bahwa aura adalah medan energi yang mengeluarkan gelombang-gelombang elektromagnetik (elektromagnetic waves). Aura yang mengelilingi tubuh kita merupakan medan warna. Artinya medan energi tadi berwarna-warni dengan warna tertentu yang dominan atau utama. Aura seperti halnya sidik jari sangat unik bagi masing-masing orang. Ukuran cemerlang tidaknya aura tergantung derajad kesehatan jasmaniah, mental emosional dan spiritual dari orang bersangkutan.

Peranan chakra dan kaitannya dengan organ-organ tubuh manusia menurut Kumar (2004:16) memiliki fungsi tersendiri terhadap diri kita selain kaitannya dengan kelenjar-kelenjar tubuh dan sistem saraf. Chakra mahkota menghubungkan kita dengan diri spiritual (spiritual self). Adapun chakra mata ketiga merupakan pusat intuisi dan kebijaksanaan dan terkait dengan sistem saraf dan hypothalamus.

Chakra tenggorokan merupakan pusat ekspresi diri (self expression) dan komunikasi, terkait dengan tenggorokan dan paru-paru. Chakra jantung merupakan pusat cinta kasih sayang (compassion) terkait organ jantung, paru-paru,hati dan sistem sirkulasi (circulatory system). Sedangkan chakra solar plexus merupakan tempat kedudukan daya (power) dan emosi berhubungan dengan organ perut,hati dan gall bladder (Kumar, 2007:17).

Masuk chakra sex atau chakra sacral merupakan pusat bagi energi seksual, perasaan-perasaan (feelings) dan emosi-emosi (emotions) berhubungan dengan genads,testicles dan ovaries. Chakra dasar merupakan tempat kedudukan energi kundalini terkait dengan dasar dari tulang belakang dan berhubungan dengan kelenjar-kelenjar suprarenal (Kumar:2004:17).

Apabila seseorang yang sudah belajar reiki level 2 diharapkan kundalininya sudah bangkit dari tidur panjangnya dan siap merayap sepanjang tulang sumsum belakang sepanjang jalur shusumna. Dengan kebangkitan kundalini maka energi yang tersalur merupakan gabungan energi kundalini dan reiki. Gabungan kedua energi tadi sangat bagus untuk melawan serangan penyakit yang menyerang tubuh.

Sehat berkat reiki sendiri pun ketika melakukan distance healing lebih senang menggabungkan kedua energi kundalini dan reiki sekaligus sehingga hasil yang dicapai lebih maksimal.Penggabungan kedua energi ini tanpa simbol reiki dan energi langsung bekerja begitu affirmasi diucapkan.

Read More..
|
| edit post

CEGAH KANKER DENGAN POLA HIDUP SEHAT

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 04 Juli 2009 3 komentar


Bicara penyakit kanker semua orang sudah tahu. Menurut gaya hidup sehat akhir pekan yang sehat dengan reiki terima melalui buletin kesehatan menyebutkan hingga kini salah satu penyakit yang banyak ditakuti orang adalah kanker. Penyebab kanker sendiri adalah pertumbuhan sel yang tidak normal atau abnormal dalam tubuh. Kanker tumbuh dengan sangat cepat dan tidak terkontrol sehingga mempengaruhi fungsi organ tubuh.

Sampai saat ini sudah ada berbagai jenis kanker yang menyerang berbagai organ tubuh. Masing-masing jenis kanker menimbulkan gejala yang berbeda tergantung pada lokasi kankernya dalam tubuh.Dari jenis kanker yang ada kanker paru masih menjadi kanker utama penyebab kematian di dunia, yang diprakirakan akan terus berlanjut sampai tahun 2030.

Untuk negara maju kasus kanker yang banyak terjadi adalah kanker prostat, payudara dan kanker usus. Sedangkan di negara berkembang, lever, kanker perut dan kanker serviks adalah penyakit yang jamak terjadi dan dialami oleh penduduk negeri itu.

Jika berbicara mengenai jumlah kasus kanker secara keseluruhan, waktu ini prevalensi penyakit itu di dunia sangat tinggi.Tidak saja jumlah kasus yang terus meningkat bahkan angka kematian karena kanker juga ikut bertambah. Kondisi ini dipengaruhi dengan semakin banyaknya populasi manusia di dunia.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memberi informasi jumlah kasus penyakit kanker secara global meningkat 45% dari tahun 207 ke 2030. Jumlah kasus baru kanker diestimasikan terus melaju dari 11.3 juta di tahun 2007 hingga 15.5 juta di tahun 2030.Masih menurut data WHO di negara maju kanker menduduki peringkat kedua setelah penyakit kardiovaskular. Yang menjadi perhatian khusus adalah lebih dari setengah jumlah kasus kanker di dunia terjadi di negara berkembang, di Amerika Selatan dan Asia termasuk Indonesia.

Pemicu kanker adalah faktor keturunan selain faktor gaya hidup yang tidak sehat, kontaminasi atau radiasi lingkungan dan infeksi seperti virus hepatitis B dan Human Papilomma . Virus sendiri kerap menjadi pemicu terjadinya kanker. Untuk gaya hidup tidak sehat seperti konsumsi makanan lemak tinggi, perokok aktif, konsumsi alkohol berlebihan, menjalani diet tidak seimbang, obesitas serta kurang beraktivitas fisik menjadi risiko terjadinya kanker.

Masih menurut WHO faktor obesitas dan kurang olahraga fisik menyumbangkan 30% risiko terjadinya risiko terjadinya penyakit kanker. Saat ini 1.6 milliar orang dewasa di seluruh dunia mengalami berat badan berlebih (overweight) dan sekurang-kurangnya 400 juta diantaranya mengalami obesitas. Diperkirakan tahun 2015 terdapat 2.3 milliar orang dewasa akan mengalami overweight dan 700 juta diantaranya obesitas.

Faktor stress pun turut menjadi pemicu kanker. Stress berkepanjangan dapat melemahkan sel-sel mud sehingga daya tahan tubuh menurun. Stress memicu kelenjar hipofise memproduksi hormon yang akan menyebabkan sel lemah tumbuh menjadi kanker. Pada umumnya kanker yang ditemukan di stadium awal masih bisa ditolong. Karena itu deteksi dini berupa medical check-up srutin mutlak dilakukan.

"Bagaimana dengan orang yang kurang aware menjaga kesehatan?" Bagus pertanyaan ini. Bila kita menjalani pola hidup tidak sehat segera ubah kebiasaan buruk itu menjadi perilaku hidup sehat. Belum ada kata terlambat untuk tindakan pencegahan.Salah satunya ialah menempuh cara sehat alami sesuai dengan anjuran dokter kesehatan gizi yaitu mengurangi makanan kadar lemak tinggi.Masih ada cara lain?

Ada...kita ganti makanan berkadar lemak tinggi dengan mengonsumsi bahan makanan yang dapat menurunkan risiko kanker. Di antara makanan yang dapat mengurangi risiko kanker adalah makanan berserat tinggi berupa sayuran, buah-buahan, sereal gandum dan kacang-kacangan.Paling penting sehat berkat reiki anjurkan kepada Anda semua menurut anjuran dokter yang juga menjadi praktisi reiki adalah, asuplah makanan dengan kadar gizi seimbang sesuai dengan aktivitas fisik yang kita lakukan setiap harinya.

Mumpung esok hari Minggu dan kita semua tidak bekerja, sehat bersama reiki ajak Anda semua keluar rumah untuk melakukan aktivitas fisik sesuai dengan minat Anda sendiri. Yang hobi main badminton silakan bermain, yang hobi sepak bola silakan berlari keliling lapangan bola 10 kali dulu sebagai pemanasan dan yang hobi bersepeda silakan menggenjot sepeda ria melintasi alam pedesaan dekat tempat tinggal Anda masing-masing.

Sehat dengan reiki sendiri karena sudah kadung olahraga jalan kaki pagi minimal 5 km seminggu 4 kali, maka tak ada salahnya menganjurkan Anda untuk juga beraktivitas ringan dan murah yaitu olahraga aerobik ini. Sempatkan olahraga secara rutin di akhir pekan lalu imbangi dengan istirahat yang cukup. Pola hidup sehat dan menghindari stress diharapkan dapat mencegah dan menanggulangi penyebaran kanker.

Jadi tak ada alasan takut akan penyakit kanker asal kita tahu cara pencegahannya sejak dini. Mari mulai sekarang kita atur pola hidup sehat sesuai dengan anjuran dokter juga mengikuti pola hidup sehat ala praktisi reiki dengan rajin melakukan self healing, healing ke orang lain,metode grounding dan rajin
melakukan olah jiwa yaitu meditasi sebagai bagian upaca mencegah stress dalam hidup ini. Siapa mau...ayo tunjuk jari tinggi-tinggi.

Sumber tulisan : hidup sehat akhir pekan (diedit)
Gambar : google images/gambar kiri: atas anak mengidap kanker leukimia/kanan tengah: sayur dan buah kaya akan serat/ dan kiri bawah: kanker payudara.







Read More..

RENUNGAN SEHAT HARI JUMAT

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 03 Juli 2009 0 komentar

Apabila kita renungkan secara pikiran jernih tentunya manusia ingin hidup bahagia. Tidak salah pilihan ini dan memang benar adanya. Segala cara kita tempuh untuk dapat hidup bahagia di antaranya meningkatkan status sosial dalam hidup bermasyarakat, peningkatan karier dan bekerja keras untuk mendapatkan impian itu. Dengan bekerja keras mendapatkan imbalan dari usaha yang ia jalankan maka hidup akan terasa mudah dan nyaman.

Namun sebaliknya dibalik ujian kesenangan duniawi ini ada pula ujian duniawi yang selalu berjalan pararel dengan kesenangan hidup duniawi tadi. Misalnya kekurangan uang, tidak lulus ujian,tidak memperoleh promosi jabatan yang sudah lama ia idamkan dan tentu saja ujian kematian salah satu anggota keluarga kita.Semua ujian ini adalah untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan keyakinan yang kita anut. Apakah kita cukup sabar dalam ujian kemalangan dan kesenangan ataukah menjauhi ujian itu dengan cara kita sendiri.

Di samping ujian kesenangan ada pula bentuk ujian yang berhubungan dengan gangguan kesehatan yang tak kalah pula memerlukan perhatian dan penanganan seksama. Apabila kita masih sehat kita tidak menghargai betapa pentingnya kesehatan ini. Bahkan tidak banyak bersyukur kepada Allah Yang Maha Kuasa.Tetapi begitu kita sakit kita akan menangisi keadaan ini dan menyadari bahwa kesehatan itu sangat penting dalam hidup ini.

Contoh yang sehat dengan reiki berikan dalam kasus sakit ringan tetapi sakitnya bukan main adalah sakit gigi. Kita merasakan betapa sakit gigi membuat menderita dan penderitaan ini membuat sementara kita tidak bisa tertawa. Bagaimana bisa tertawa kalau gusi bengkak, rahang meradang dan konyolnya lagi ada sariawan yang bercokol di rongga mulut. Tersenyum saja sakitnya minta ampun apalagi tertawa terbahak-bahak. Maka selucu-lucunya Mas Tukul Arwana membanyol dalam acara televisi, bagi penderita sakit gigi tentu tidak bisa menikmati lawakan ini.

Nah karena kesehatan adalah segala-galanya dalam hidup ini maka kita harus mengusahakan agar kesehatan tidak lepas dari kita sampai ajal menjemput nantinya. Dengan kata lain mencegah lebih baik daripada mengobati setelah datang sakit. Sebelum sakit sebaiknya kita mencegah datangnya sakit. Better to prevent than to cure, pepatah bijak banyak orang mengatakan berkaitan dengan kesehatan kita.

Kita pun yakin bahwa penyakit datang tentu ada obatnya. Tinggal kita berupaya bagaimana mencari obat dan penangan sakit itu sendiri. Menurut Buku Sehat dengan Reiki karya Prof.Dr.Sutan Remi Syahdeini S.H dikatakan bahwa Ilmu Kedokteran Barat cenderung untuk mengobati penyakit dari hal-hal yang ada di luar tubuh itu sendiri. Sementara ilmu pengobatan Timur justru mencari obat atau penyembuh dari hal-hal yang ada dalam tubuh manusia sendiri atau menggunakan tubuh manusia sebagai penyembuh penyakit.

Sejak ribuan tahun lampau kaum Yogi di India mengetahui tubuh manusia memiliki, baik sistem pencegahan penyakit maupun sistem penyembuhan penyakit. Mereka mengetahui bahwa tubuh manusia tidak terdiri atas tubuh fisik atau jasmani saja, tetapi terdiri juga atas tubuh-tubuh eterik. Kedua jenis tubuh ini saling mempengaruhi.

Pengetahuan orang India kemudian menyebar ke Cina, Tibet dan Jepang. Sampai saat ini pengetahuan dunia kedokteran Timur telah menyebar ke Barat dan sedang dipelajari secara sungguh-sungguh oleh kalangan ilmuwan kedokteran Barat. Jadi penyembuhan penyakit merupakan gabungan aspek fisik tetapi juga memperbaiki aspek tubuh eterik manusia.

Inilah kemudian yang dilakukan oleh metode penyembuhan Reiki dan metode penyembuhan lain yang pendekatan sama diantaranya akupuntur,akupresur atau pijat refleksi,ayurveda,qigong,theta healing,power healing,pulsor energy balancing dan masih banyak nama-nama penyembuhan metode energi lainnya. Pada penyembuhan Reiki maka praktisi reiki akan memperbaiki fungsi-fungsi chakra yang terganggu semisal chakra kotor atau mengalami gangguan perputaran chakra.

Yang tak kalah pentingnya praktisi reiki akan membersihkan pembuluh-pembuluh energi dari sumbatan-sumbatan. Bagaimana cara mengatasi hambatan pembuluh energi adalah mengalirkan reiki secara terus menerus kepada pasien baik dibuat penyaluran pemograman energi terus menerus atau secara berkala. Reiki sendiri mengalir kedalam tubuh pasien atau diri sendiri praktisinya divlapisan tubuh fisik, mental dan emosional.




Read More..
|
| edit post

UCAPAN TERIMA KASIH SAJA

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 02 Juli 2009 2 komentar

Ucapan terima kasih sebagai bukti perhatian kepada sehat dengan reiki dari orang terdekat bahwa keikutsertaannya dalam bisnis on line telah menghasilkan pendapatan yang semakin meningkat di tengah ketatnya persaingan bisnis di internet. Kenapa ucapan terima kasih ini ditujukan kepada saya? Padahal saya ini hanya hobi menulis blog dan berbagi pengalaman tentang manfaat hidup sehat bersama reiki. Itu saja tak lebih tak kurang. Mereka mengucapkan terima kasih karena saya berkenan memasang banner iklan di side bar blog ini.

Sebenarnya blog saya juga kering dari iklan baik dalam tampilan maupun tata letak blog. Hanya ada 2 iklan yang terpasang di halaman blog ini. Yang satu ini yang kedua itu dan yang ketiga si dia ada di link sahabat.Ketiga iklan itu titipan dari orang terdekat yang telah mendampingi sehat dengan reiki dalam perjalanan hidup ini. Karena iklan serupa itu sebenarnya juga banyak bertaburan di blog sahabat lain bahkan begitu gencarnya blog sahabat itu menempelkan iklan sehingga esensi dari tulisan ciri blog itu hilang dan yang muncul adalah tata letak iklan menyebar di segala sudut halaman blog tadi. Yah...tak apa asal masih ada pengunjung blog yang mau datang dan memberi komentar.

Disadari bahwa iklan dapat memberikan kontribusi positive bagi pemilik blog sudah jelas. Pemilik blog akan mendapatkan bagian iklan yang telah dipasang di blognya. Contoh konkretnya adalah Google Adsense dan Google Adwords. Nah kalau sehat berkat reiki sendiri juga ikut mengiklankan tentang komunitas reiki tempat saya belajar reiki dan sampai sekarang ini sudah banyak praktisi reiki yang bergabung dan mendapatkan manfaat positive dari teknik penyembuhan reiki. Jadi mereka itu komunitas reiki sebagai orang yang mandiri, tidak cengeng dan mampu mengatasi masalah kesehatan pribadi hanya dengan mempraktekkan reiki setiap hari.

Kalau sekarang ini saya telah mendapatkan kesehatan secara teratur, berkesinambungan tentunya Anda semua juga mendapat peluang sama untuk lebih sehat bugar setiap hari. Mau tahu caranya silakan belajar dan menyimak di link blog sehat berkat reiki disini dengan gratis.

Read More..

GAMBAR CHAKRA DAN WARNANYA

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 01 Juli 2009 2 komentar

Postingan kemaren sehat berkat reiki menulis tentang menyeimbangkan chakra utama dalam tubuh eterik manusia maka kali ini saya yakin Anda akan bertanya apa itu chakra dan bagaimana bentuknya. Baiklah kali ini ada sedikit gambaran tentang bentuk chakra yang hanya bisa dilihat oleh seorang pewaskita beserta warna chakra dimaksud.



1.Gambar sebelah kiri adalah chakra mahkota sedangkan gambar sebelah kanan chakra dasar. Menyeimbangkan kedua chakra ini perlu dilakukan agar keseimbangan urusan spiritual yang dimanifestasikan chakra mahkota dengan urusan keduniawian yang dimanifestasikan chakra dasar menjadi seimbang.






2. Gambar sebelah kiri adalah chakra visudi (tenggorokan) sedangkan gambar sebelah kanan chakra sex. Chakra visudi (tenggorokan) sebagai pusat penciptaan tinggi mencakup daya cipta kreativitas diseimbangkan dengan chakra seks sebagai pusat penciptaan rendah (alat reproduksi manusia).




3. Gambar sebelah kiri adalah chakra jantung sedangkan gambar sebelah kanan adalah chakra solar plexus/manipura. Chakra jantung sebagai pusat cinta kasih diseimbangkan dengan chakra solar plexus/manipura sebagai pusat ego manusia.




4. Sedangkan gambar di bawah adalah chakra mata ketiga (ajna). Menyeimbangkan chakra ajna cukup dilakukan dengan menempelkan telapak tangan kanan/kiri sama saja ke chakra ajna depan selanjutnya telapak tangan satunya lagi.Secara umum keluar masuknya energi ke dalam tubuh manusia melalui nafas dan pori-pori.Tetapi di samping melalui nafas dan pori-pori, energi juga masuk melalui gerbang energi yang disebut chakra pada tubuh eterik.

Selain pintu khusus energi eterik mempunyai saluran yang disebut Nadi. Nadi mirip pembuluh darah pada sistem sirkulasi darah. Jika pembuluh darah menyalurkan aliran darah ke seluruh tubuh, maka nadi bertugas menyalurkan energi eterik ke seluruh tubuh juga. Sebagaimana telah sehat bersama reiki tulis di postingan terdahulu perihal nadi kali ini nadi yang berperan penting dalam reiki adalah Sushumna.

Nadi terbesar di tubuh manusia adalah nadi yang terletak di tengah-tengah tulang sumsum belakang disebut Sushumna. Nadi berikutnya disebut Ida atau jalur dingin dan Pingala disebut jalur panas terletak di sebelah kiri dan kanan sushumna. Fungsi kedua nadi ini sebagai penyeimbang panas dinginnya energi pada sushumna dan seluruh bagian tubuh manusia.

Chakra adalah tempat masuk keluarnya energi eterik berasal dari Bahasa Sanskerta yang berarti "roda" mengingat bentuknya seperti roda berputar ke kiri atau ke kanan sesuai dengan tarikan dan hembusan nafas.Energi yang ditarik dan dikeluarkan melalui chakra selanjutnya didistribusikan ke organ-organ tubuh terdekat dengan chakra bersangkutan. Agar sebuah chakra berfungsi baik maka perlu dilatih menyalurkan reiki setiap harinya ke diri sendiri atau orang lain. Semakin sering chakra dibersihkan, diaktifkan dan diseimbangkan maka sirkulasi seluruh energi ke tubuh energi akan berjalan lancar. Dengan lancarnya sirkulasi energi diharapkan pemilik tubuh menjadi sehat dan bugar.







Read More..

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.