ON LINE

Followers

KENDALIKAN EMOSIMU DENGAN MEDITASI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 31 Mei 2009 6 komentar

Anda yang pernah mempraktekkan meditasi tentu tidak sulit menerima kenyataan bahwa buah dari meditasi adalah bisa untuk pengendalian emosi. Silakan praktekkan mulai dari meditasi sederhana yaitu meditasi dalam keheningan hingga meditasi yang paling ruwet dalam praktek meditasi reiki. Sehat dengan reiki kali ini ingin mereview kembali akan manfaat dari olah jiwa yang disebut meditasi.

Meditasi bisa mengendalikan emosi. Anda tentu setuju bahwa emosi adalah wajar dalam hidup manusia dan sudah menyatu dalam diri setiap insan. Tanpa emosi hidup akan menjadi tawar dan membosankan. Namun emosi ibarat air. Ia sangat dibutuhkan dalam jumlah tertentu, tetapi bila tidak terkendali, air bisa berbahaya dan merusakkan, menghanyutkan bahkan menghancurkan segalanya.

Menurut Tjiptadinata Effendi dalam Buku Esoterik Teknik Menyerap Kekuatan Alam Semesta, menyebutkan bahwa emosi yang meledak-ledak menyebabkan jiwa kita menjadi labil. Bahkan tidak jarang jiwa yang labil dan emosi yang tidak terkendali membawa dampak yang sangat buruk tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang yang dekat sama kita.

Emosi yang meledak-ledak akan berdampak negative pada tubuh fisik. Lihat saja emosi bisa menjadi pemicu terjadinya hipertensi atau ketidakstabilan tekanan darah. Dalam tingkat lanjut gejolak emosional yang berlarut-larut akan menyebabkan terjadinya ritme jantung yang pada akhirnya berdampak terjadinya gangguan jantung. Bisa juga terjadinya iritasi lambung, kehilangan konsentrasi yang akhirnya menyebabkan sakit maag dari banyaknya asam lambung.

Gejala seperti ulu hati menjadi tidak nyaman/enak, jantung berdebar-debar, tidur menjadi tidak nyenyak muncul mimpi buruk yang akhirnya timbul sakit kepala berkepanjangan. Semua ini bisa diatasi dengan pengendalian emosi sejak dini. Barangkali Anda yang pernah kuliah di perguruan tinggi pernah belajar Manajeman Stress?

Dalam setiap kegiatan seminar Reiki dimanapun berada, Pak Ciptadinata Effendi selalu menekankan pentingnya meditasi sebagai jalan mencapai kesehatan fisik secara terus menerus selama hidup ini. Menurut para ahli kesehatan jiwa menyebutkan bahwa maksimal kekuatan tubuh fisik hanyalah 20%. Kekuatan ini bisa melorot turun apabila terjadi gangguan jiwa. Oleh karena itu tugas kita adalah meningkatkan daya tahan tubuh semaksimal mungkin dengan cara pola hidup sehat, pikiran sehat dan tingkah laku sehat.

Bhatin tidak tenang, jiwa gelisah berkepanjangan, dendam kesumat, kebencian, iri hati, luka bhatin serta hal negatif yang membelenggu menjadi beban hidup ini, bisa menjadi bumerang kepada kita apabila tidak direduksi dengan cara menjalani hidup sehat. Bagaimana caranya? Agar sifat negatif tadi tidak menjadi penyakit bhatin yang pada akhirnya menjadi penyakit jasmani, mari sejak saat ini belajar meditasi...kalau Anda mau...tidak memaksa lho.

Sifat negatif tadi bisa dihilangkan secara bertahap bahkan menjadikan bhatin kita tenang dalam hidup ini asalkan melakukan meditasi dalam keseharian dalam hidup ini. Ketenangan bhatin kita peroleh secara bertahap dan pada akhirnya semua keluhan beban hidup akan hilang dengan sendirinya. Saat transfer energi reiki dalam kelas, peserta yang mempunyai keluhan luka bhatin bisa meneteskan air mata bahkan mengeluarkan semua gejolak emosinya tanpa dapat ditahan lagi.

Nah Anda yang mempunyai sifat negatif tadi cobalah mereduksi membuang sifat-sifat tadi agar jiwa Anda bersih, sehat dan pada akhirnya menjadi manusia sehat seutuhnya baik jasmani dan rukhani. Mau coba...tak ada salahnya...banyak orang yang tadinya pendendam kepada sesama berubah menjadi manusia santun,tidak mudah tersinggung bahkan sifat dendam kesumatnya hilang dalam hidup ini.

Sumber : Buku Esoterik karya Tjiptadinata Effendi (diedit seperlunya)

Read More..

OFF DAN ON LINE EDITING VIDEO

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 27 Mei 2009 1 komentar

Sejak dipergunakan software editing komputer maka pekerjaan mengedit video akan bertambah seru mengingat semua effek transisi gambar berikut titel yang menyertai gambar sudah tersedia dalam software berupa kumpulan folder. Dengan dragg dan drop maka efek transisi gambar tinggal sehat dengan reiki ambil dan meletakkannya dalam time line di areal kerja editing video. Persis sama editing non linear ini dengan sistem kerja double system editing film 16 mm dengan peralatan editing yang disebut Steenback buatan Jerman.

Dalam areal kerja editing non linear ini terdapat jalur video 1-2-3-4-5 dan seterusnya hingga 99 traks video. Sedangkan jalur audio juga demikian traknya hingga 99 traks audio. Antara video 1 dan 2 terdapat effek transisi gambar/video. Transisi ini antara lain fade in/out video, dissolve, effek video berikut duration transisinya.

Menyunting video dengan komputer memang dimanjakan sehingga daya kreasi kita sebagai editor benar-benar diuji untuk mau mencoba memaksimalkan segala effek gambar yang telah disediakan dalam folder. Namun mengingat sistem kerja editing komputer yang kapasitas hard disk nya terbatas untuk itu gambar yang hendak dicapture ke dalam hard disk komputer perlu diseleksi lebih dulu.Tidak semua gambar dari kamera dimasukkan ke dalam hard disk komputer. Cukup yang OK saja gambar dicapture ke dalam komputer.

Pekerjaan menyeleksi gambar/shot cukup dilakukan di editing cut-to-cut saja dalam 1 player dan 1 recorder. Istilah editing cut-to-cut disebut off line editing video. Semua gambar hasil shooting perlu diseleksi yang terbaik saja. Gambar perlu diedit kasar dulu sembari menyusun konsep final editing. Di editing off line ini gambar bisa langsung di edit secara runtut mengikuti skenario dan hasil editing off line ini baru dicapture ke dalam komputer.

Perlunya mengedit off line adalah menghindari banyaknya gambar yang tidak perlu dalam alur editing. Semua gambar yang OK saja yang langsung disunting dan pengerjaan effek transisi gambar nantinya dilakukan di editing komputer. Pekerjaan editing off line sebenarnya tergolong cepat mengingat kita hanya perlu merangkai gambar yang sudah diplot dalam skenario dan tidak perlu mengulang-ulang editing. Biarkanlah hasil akhir editing off line ini nantinya diselesaikan di editing komputer.

Ketika sistem editing masih manual dalam arti belum diperkenalkan sistem kerja editing komputer, kita perlu hati-hati dalam menyambung gambar. Gambar yang sudah terangkai rapi ketika dicek ternyata ada kesalahan dalam meng-cut gambar dan perlu merevisi shot, maka perbaikan harus mentransfer dulu rangkaian gambar yang sudah OK. Lalu gambar yang diperbaiki baru bisa disambung dengan hasil akhir revisi editing. Namun perlu diketahui mutu gambar akan menurun hasilnya.

Ibarat kita mengkopi sebuah file tulisan maka hasil fotocopi turunan pertama ini masih tajam. Ketika kita ingin mengkopi turunan pertama ini ke copi kedua hasilnya akan kurang tajam bahkan tulisan sudah tidak bisa dibaca lagi dengan jelas. Begitu pula dengan video bila diulang-ulang transfernya maka hasilnya akan pecah gambarnya dan tidak baik hasil penayangannya. Oleh karena itu perlunya editing off line lebih dulu agar gambar yang OK saja nantinya di transfer ke hardisk komputer.

Sedangkan on line editing adalah proses akhir dari sebuah langkah editing video dimana semua gambar yang terangkai dalam editing ini diberi sentuhan akhir berupa kredit title dan effek gambar bahkan effek suara mencakup atmosfeer, sound effek misal suara gemericik air, kicauan burung, peluit kereta api, letusan senapan bahkan dentuman bom dalam adegan perang. Dengan menggunakan editing komputer semua gambar bisa kita manipulasi sesuai dengan daya imaginasi sang editor video.

Anda mau menjadi editor video? silakan belajar dan sehat dengan reiki berikan tip untuk menjadi seorang penyunting video agar nantinya handal dalam mengedit video diantaranya jangan bosan melihat puluhan, ratusan bahkan ribuan gambar yang terhidang di meja editing. Editing video lebih gampang daripada editing film. Lakukan seleksi gambar dengan teliti dan hasilnya langsung diedit. Rangkai gambar dengan sabar, telaten karena Anda bekerja duduk menghadap monitor layaknya Anda memposting artikel di blog Anda. Bila mata capai segera cari pandangan ke sekeliling misalnya keluar gedung dan tatap hijaunya dedaunan di pohon.

Read More..

LIVE AND RECORDING

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 24 Mei 2009 9 komentar


Judul di atas menggambarkan bagaimana sebuah acara televisi disiarkan dan direkam. Dalam kerabat kerja produksi sehat dengan reiki selalu mencantumkan kredit titel sebagai VTR, yang artinya kerabat kerja produksi yang melakukan perekaman gambar dan suara acara televisi. Bersama kerabat kerja baik teknik dan produksi bertugas menyiarkan acara televisi yang dibuat secara live atau recording dan editing.

Tak disangka ketika masih duduk dibangku sekolah dulu ketika menyaksikan acara siaran televisi selalu terbayang apa sih yang ada di dalam studio televisi? Yang jelas studio televisi berdiri di atas lahan luas terdiri dari studio siaran mencakup di dalamnya peralatan teknik untuk kelancaran tugas membuat dan menyiarkan acara televisi. Di samping peralatan teknik menunjang pula bagian Tata Usaha yang bertugas melayani administrasi siaran baik di dalam studio atau ketika melakukan liputan ke lapangan.

Sehat dengan reiki pun diterima sebagai bagian keluarga besar Lembaga Penyiaran Televisi dan dalam perjalanan tugas sejak mengikuti Training Center dibawah Instruktur Jerman dan Indonesia memulai aktivitas sebagai Penyunting Film/Editor Film. Ketika belajar teori editing film diperkenalkan pula jaringan kerja produksi dan teknik siaran televisi. Di dalamnya juga diajarkan Manajemen Produksi Siaran Televisi juga Teknik Rekaman Film di lapangan dan Teknik Pencucian Film di Laboratorium Film. Masih ada juga pelajaran tambahan bagaimana melakukan rekaman suara film sekaligus mixing dan dubbing suara film 16 mm.

Sebagai Penyunting Film pun diikutkan ke lapangan sebagai Script Writer yang bertugas mencatat semua kegiatan pencatatan adegan film mencakup di dalamnya screen direction,continuity bahkan juga harus mampu mengoperasikan peralatan Nagra yang berfungsi merekam suara di pita 1/4 inch dan mengoperasikan kamera film 16 mm. Setiap kali melakukan liputan ke daerah pedalaman terpencil semua crew yang terlibat harus bekerja all round dan tidak risih memanggul tripod kamera bahkan menenteng hand lamp.

Semua dilakukan tanpa memandang gender. Sekali menerima penugasan tak ada alasan tidak mau berangkat dan setiap saat bisa ditelepon kantor jika ada acara mendadak yang ingin diliput. Memang suka duka dalam bekerja di media televisi sedikit terobati bila bisa datang ke daerah yang belum kita jamah datangi sebelumnya. Ibarat pepatah sambil berenang minum air, sambil jalan-jalan ke daerah mendapatkan pengalaman bhatin yang mungkin terjadi hanya sekali dalam hidup ini dan tentunya mendapatkan uang kenakalan...eh bukan ding...maksud saya uang saku perjalanan dan dijamu oleh tuan rumah tempat kita melakukan liputan.

Acara televisi yang sedang kita liput dan didokumentasikan disebut recording/direkam dalam format pita video atau pita seluloid film 16 mm. Hasil recording ini dicatat dalam Log Book sebagai Bahan Editing. Kegiatan recording bisa diambil jumping shoot dan melompat-lompat scene adegannya dan jarang diambil berurutan. Semua dicatat dalam shooting script mencakup duratian setiap adegan, day/night, nomer reel film, pita suara dan continuity atau non continuity antara scene satu dengan scene berikutnya. Barulah semua catatan lapangan ini nantinya dijadikan panduan ketika menyunting gambar di Editing Film.

Sekarang recording pun dilakukan dengan pita video mencakup analog, digital format video VHS, Betamax SP/SX, Mini Divi dan Dividi Pro. Semua pita rekaman video ini dalam format digital dan didalamnya ada time code yang menyertai setiap pergerakan gambar yang direkam.Dalam recording ini bisanya adegan diulang-ulang/retake sampai 3 atau 4 bahkan 7 kali ulangan sampai didapatkan shoot yang paling baik (good). Kecuali dalam acara kenegaraan yang bersifat seremonial rekaman berjalan terus tanpa di cut-cut mengikuti jalannya acara.

Beralih ke acara Live yang berarti saat itu juga disiarkan ke pemirsa di rumah. Misalkan acara Siaran Warta Berita yang sudah diformat waktu siarannya maka sifat siarannya live dan detik itu juga dipancarkan ke rumah-rumah. Persiapan siaran langsung ini sangat intensif dan tidak boleh ada kesalahan. Justru karena bersifat live maka harus serba hati-hati. Pengalaman sehat dengan reiki melayani siaran berita atau siaran musik persiapan hanya saat general rehearsel saja. Untuk siaran berita tidak ada latihan. Paling-paling melakukan check and recheck peralatan yang terhubung antara vtr 1-2-3-4 dengan mixer audio dan video di meja kontrol tempat duduk Pengarah Acara dan Pemadu Gambar.

Jalur siaran studio berita ini terhubung ke Ruangan Master Control lalu ke Pemancar dan Satelit juga ke Studio Televisi Daerah. Di dalam studio berita sendiri dipantau oleh Pengendali Siaran yang bertugas mengatur lalu lintas siaran yang bersifat live baik antar studio dengan OB Van di lapangan. Out Side Broadcasting Van merupakan unit mobil siaran luar televisi berisi peralatan teknik yang terhubung dengan Satelit News Ghatering atau Micro Wave.

"Waktu Anda untuk siaran berita tinggal 15 menit lagi mengudara", begitu panggilan petugas Pengendali Siaran ke Studio Berita melalui radio komunikasi. "OB Van Ancol Anda saya persilakan mengudara tepat pukul 21.40 menit sehabis acara berita malam ini," pinta Asisten Pengarah Lapangan yang berada di ruang Pengendali Siaran kepada kerabat kerja musik Nostalgia yang saat ini sedang bersiap-siap menyiarkan langsung acara dari Kawasan Ancol dengan mobil siaran luar televisi.

Mendengar denting waktu mundur menjelang siaran berita tinggal 10 menit lagi segera sehat bersama reiki dan petugas lainnya yang ada di studio siaran berita bersiap-siap ON AIR-yang dalam bahasa kerennya "mengudara". Saya set gambar Tune Berita Dalam Dunia di VTR 3, lalu petugas Pemadu Gambar memencet VTR 3 ini agar gambarnya dikirim ke monitor Pengendali Siaran. Tinggal menunggu detik-detik mengudara. Begitu tune pergantian acara muncul dengan hitungan mundur 10-9-8-7-6....3-2-1 ke ruang studio berita maka pada hitungan ke dua ini saya play kaset materi berita dan kamera switch ke Penyiar 1 sementara penyiar 2 standby ketika gambar tune berita berakhir.

Di studio Mbak dan Mas Penyiar bergantian membacakan materi berita dan setiap kali satu materi selesai di playback, gambar di switch ke penyiar, materi berikutnya saya pencet cepat ke materi berikutnya dengan tombol jog di VTR saya. Agar gambar dapat terbaca saat di percepat saya set di PB sehingga dapat dilihat gerak gambarnya. Kerja team work begini yang dibutuhkan adalah ketelitian sekaligus ketenangan di bawah komando Pengarah Acara.

Read More..

PENYAKIT PARKINSON

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 23 Mei 2009 2 komentar


Sabtu pagi ini dengan berkendara santai sehat dengan reiki meluncur ke BUG'S CAFE di bilangan Pondoh Indah Mall I Jakarta Selatan.Kedatangan ini untuk memenuhi undangan dari Yayasan Peduli Parkinson dalam rangka ultah yang ke-3 yang sebenarnya sudah berlangsung beberapa hari lalu dan baru hari ini diperingati dengan tema:Tetap Bergerak Selalu Optimis.

Kalau peringatan tahun lalu berada di lapangan terbuka bekas Stadion Menteng Jakarta Pusat, peringatan pagi ini berada di dalam ruangan ber-ac yang berdekor gaya kafe dengan latar belakang hijaunya padang rumput tempat olah raga kalangan atas bermain golf. Tampak peserta penyandang Parkinson yang sudah sepuh hadir yang ditemani keluarga yang setia mendampinginya.

Acara di mulai dengan jalan santai mengelilingi taman parkir depan lokasi Bug's Cafe ini berada. Peserta jalan kaki kendatipuh usianya sudah sepuh-sepuh tetap semangat melangkahkan kaki sambil bercanda dengan kerabat yang menyertainya. Ya...tidak ada alasan untuk tidak bergerak sekalipun dalam kondisi terbatas semua peserta mampu masuk finish dan langsung menyeruput secangkir teh manis dan air mineral putih sebagai pelepas dahaga sembari menanti paparan seputar Parkinson dari dokter syaraf yang menjadi nara sumber di pagi ini.

Dr. Banon selaku ketua Yayasan Parkinson menjelaskan sejarah berdirinya Yayasan Parkinson dan memberikan spirit kepada semua peserta agar tetap bersemangat dalam menjalani sisa hidup kendatipun menderita Parkinson. Nah berbicara Parkinson tentu Anda pernah melihat mantan sosok petinju legendaris Muhammad Ali atau mantan bintang film terkenal Michael J.Fox yang dikala jayanya mampu mempertahankan reputasi di bidang olah raga tinju dan aktor terkenal di zamannya.

Sayang saat ini Muhammad Ali menderita Parkinson di usia senjanya. Apa sih itu Parkinson? Sehat bersama reiki yang datang bersama rekan-rekan wartawan media cetak mendapatkan jawaban dari dokter Purba,ahli syaraf yang menjelaskan bahwa penyakit parkinson adalah penyakit dengan gejala utama berupa gangguan gerak yang disebabkan oleh berkurangnya neurotransmiter dopamin di otak.

Dopamin sendiri merupakan modulator yang berperan pada pengaturan gerakan oleh otak sehingga dihasilkan gerakan yang "bertujuan" dan "seperlunya". Karenanya waspadai 4 gejala kardinal (gejala utama) penyakit parkinson yaitu Tremor, Rigiditas, Bradikinesia dan Ketidakstabilan postural. Seiring bertambahnya usia dengan semakin rapuhnya tubuh muncul pula penyakit degeneratif semisal penyakit darah tinggi,gula bahkan jantung koroner.

Sikap hidup positif yang dipaparkan Dr. Banon adalah pendekatan spiritual yang mengarah sikap pantang menyerah ketika Parkinson datang dan keluarga penderita parkinson harus tetap optimis merawat dan mendampingi penderita dalam hidup sehari-hari. Untuk itulah kepada penderita parkinson dimotivasi pula agar mau menjalankan aktivitas seperti olah raga ringah dengan menggerakkan lengan tangan dan kaki dengan diiringi musik waltz, tango bahkan dangdut.

Gejala parkinson Tremor adalah gerakan getar dengan frekuensi 3-7 getaran per detik, biasanya mengenai anggota gerak yaitu tangan, lengan atau tungkai. Yang khas muncul pada saat istirahat, saat relaks ketika memegang koran atau gagang telepon. Tremor dapat pula mengenai dagu, bibir, lidah bahkan leher. Tremor juga akan muncul atau bertambah berat pada keadaan stress baik stress fisik maupun emosi. Saat konsentrasi pun bisa muncul gejala tremor namun pada saat tidur lelap gejala tidak muncul. Pada keadaan lanjut tremor akan muncul sepanjang waktu baik ketika beristirahat maupun saat beraktivitas.

Rigiditas sebagai gejala kedua dari parkinson didefinisikan sebagai tahanan terhadap gerakan pasif sehingga apabila persendian penderita digerakkan orang lain maka terasa seperti "roda gigi". Penderita sendiri akan mengeluh kekauan otot, nyeri sendi saat digerakkan, kelemahan atau lelah. Keadaan ini terkadang meyerupai gejala rematik. Postur tubuh dapat menjadi membungkuk ke depan. Pada keadaan yang lanjut gerakan sendi bisa menjadi terbatas.

Selanjutnya Bradikinesia sebagai gejala ketiga parkinson adalah menurunnya gerakan motorik secara keseluruhan. Manifestasinya antara lain adanya kesulitan penderita untuk bangkit dari kursi, memulai berjalan atau berbalik di tempat tidur. Wajah menjadi kurang berekspresi sehingga tampak senantiasa murung dan sedih, kedipan mata berkurang sehigga tampak seperti melamun atau menerawang atau tatapan kosong.

Suara dapat menjadi halus dan pelan, hal ini menyebabkan lawan bicara meminta penderita untuk mengulang pembicaraan. Gaya berjalanpun dapat menjadi kaku seperti robot, langkah menjadi kecil-kecil dan pendek, langkah diseret, lengan tidak atau kurang melenggang. Kelambanan dapat mengenai organ untuk makan, berupa lamban mengunyah, menelan sehingga butuh waktu makan yang lebih lama dari biasanya.

Berkurangnya refleks menelan ini dapat pula mengakibatkan penderita mengeces. Gangguan juga dapat mengenai gerakan motorik halus, misalnya berupa kesulitan untuk memotong makanan, kesulitan untuk mengancingkan baju, tulisan menjadi lebih kecil ukurannya dari biasanya, kesulitan membuka lembaran kertas pada buku, bahkan mengetuk pintu pun dapat menjadi sesuatu yang sulit dilakukan penderita.

Sedangkan Instabilitas Postural sebagai gejala parkinson keempat biasanya timbul pada keadaan lanjut, di mana keseimbangan menjadi memburuk sehingga penderita mudah terjatuh. Ketika sedang berjalan pasien dapat mengalami kesulitan untuk berhenti sehingga saat akan berhenti dapat kehilangan keseimbangan.

Untuk mendeteksi apakah Anda akan menderita parkinson, sehat bersama reiki mendapatkan tip-tip yang antara lain dijabarkan menjadi pertanyaan sebagai berikut ini:
1. Apakah Anda mengalami kesulitan ketika bangkit dari kursi?
2. Apakah tulisan tangan Anda menjadi kecil?
3. Apakah teman-teman Anda mengatakan bahwa suara Anda menjadi lebih lembut atau tidak terdengar?
4. Apakah keseimbangan Anda menjadi buruk?
5. Apakah tungkai Anda sering seperti "macet" ketika sedang berjalan?
6. Apakah teman-teman Anda mengatakan wajah Anda tampak selalu sedih atau murung?
7. Apakah tangan atau kaki Anda bergetar?
8. Apakah Anda mengalami kesulitan untuk mengancingkan baju?
9. Apakah ketika sedang berjalan kedua tungkai Anda harus diseret?
10. Apakah langkah-langkah Anda menjadi pendek-pendek atau kecil-kecil ketika berjalan?

Jika pertanyaan di atas dapat Anda jawab sendiri sembari merenungkan sudah adakah parkinson ada pada Anda, sebaiknya bila jawaban "ya", segeralah pergi ke dokter atau spesialis saraf untuk mendapatkan penanganan semestinya. Semakin cepat ditangani, semakin baik kualitas hidup Anda. Itulah harapan kita semua dan biasanya dokter akan memberikan obat Madopar atau Levazide kepada penderita parkinson.

Sembari menulis postingan ini sehat bersama reiki pun membayangkan Paman sendiri yang tinggal di desa Banaran Sukoharjo Solo saat ini juga menderita parkinson dengan kedua telapak tangan yang gemetar secara tiba-tiba yang dalam istilah orang tua di kampung disebut BUYUTEN. Persis Muhammad Ali dan juga peserta seminar parkinson pagi ini yang rata-rata terlihat kedua telapak tangannya bergetar sendiri saat melangkahkan kaki bahkan ketika sedang duduk santai.

Paman sehat dengan reiki pun masih mampu untuk memanjat tangga memotong ranting pohon sebagai kegiatan harian mengisi sisa hidup di usia senja. Jadi jangan cemas jika parkinson datang. Ibarat kita ini rumah yang sejak berdiri sampai roboh nanti perlu perbaikan, perawatan yang memerlukan penanganan serius. Tinggal Anda ingin pilih gaya hidup sehat macam apa, terserah...itulah pilihan Anda saat ini.

Read More..

REKAMAN GAMBAR VIDEO

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 21 Mei 2009 3 komentar



Postingan Rabu kemaren sehat dengan reiki menyinggung tentang berita duka yang ditayangkan semua stasiun televisi dan radio perihal musibah jatuhnya pesawat Hercules di Magetan Jawa Timur. Berita televisi mengandung unsur audio dan video diperoleh melalui liputan dilakukan oleh Reporter dan Juru Kamera yang meliput langsung di tempat kejadian perkara.

Gambar diperoleh melalui peralatan single kamera di mana seorang juru kamera merangkap sekaligus juru rekam gambar. Pita kaset format Betacam SP atau DVD Pro 50 atau Mini DV dimasukkan ke kamera dan langsung merekam gambar sekaligus suara hanya dengan satu kamera. Karenanya rekaman model ini dinamakan single kamera recording. Data-data teknis rekaman gambar mencakup catatan time code biasanya dicatat oleh Reporter atau Juru Kamera sendiri.

Dahulu ketika sehat dengan reiki masih tergabung dengan Bidang Produksi Film Televisi, model rekaman gambar menganut double system recording dimana setiap rekaman acara televisi melibatkan petugas Juru Kamera Film dan Juru Suara Film. Kerabat kerja bisa bertambah jumlahnya sesuai dengan sifat liputan dan sistem peralatan yang digunakan.

Kamera film 16 mm merekam gambar dan Nagra, alat perekam suara film merekam suara di lokasi kejadian. Karena adanya perbedaan alat perekam baik gambar dan suara secara teknis rekaman, maka nantinya di Editing Film metode double system recording ini baru dilakukan sinkronisasi di Editing Film. Suara dan gambar dikawinkan agar menjadi padu menjadi satu kesatuan sesuai dengan catatan yang ada di shooting script.

Synkronisasi adalah menyamakan pergerakan gambar dan suara berdasarkan ketukan papan clapper agar gambar dan suara lypsinc. Dengan sinkronnya gambar dan suara maka setiap pergerakan gambar yang diikuti suara semua berjalan sinkron. Artinya setiap objek yang muncul, sekedar contoh misalnya aktor berbicara maka suara yang keluar dari mulutnya juga suara asli dirinya.

Sinkronisasi di editing film bisa juga berdasar tepukan tangan, jatuhnya objek ke air, letusan senapan, kereta api melintas mendekat, suara ledakan dan jenis-jenis suara yang mengiringi gambar. Semakin sering bisa membaca lypsinch seseorang melalui Close Up objek yang berbicara, maka pekerjaan sinkronisasi mudah dilakukan secepatnya.

Memang pekerjaan editing film membutuhkan ketelatenan, ketelitian, jiwa seni yang tinggi menguasai teknis rekaman gambar dan suara dan bisa menjadi sutradara kedua di Editing Room. Bekerja mandiri tanpa didampingi Sutradara, berani mengambil keputusan saat menentukan banyaknya pilihan shoot gambar yang terhidang di meja editing. Lebih dari itu yang perlu ditanamkan adalah ruh dari film itu sendiri terletak dari gaya editing gambar agar enak ditonton, tidak menjemukan dan mudah dimengerti penonton.

Sekarang sehat dengan reiki sudah pindah bagian kerja tetapi masih di bagian teknik rekaman gambar sekaligus editing gambar. Pekerjaan merekam gambar di alinea atas di samping dilakukan oleh Juru Kamera dapat juga dilakukan oleh Perekam Gambar yang di media televisi tempat saya bekerja disebut operator VTR singkatan Video Tape Recorder.

Saya biasa melayani rekaman di studio dengan multy camera. Artinya rekaman gambar dengan lebih satu kamera elektronik. Jumlah kamera bisa 3,4,5 bahkan 7 kamera. Hasil rekaman gambar ini diramu oleh Pemadu Gambar yang memilah gambar satu dengan gambar lainnya berdasarkan ukuran frame gambar atas perintah Sutradara. Hasil pemilihan gambar dari multy kamera ini inputnya ke peralatan VTR sudah mencakup audio dan video.

Sistem rekaman direct sound sifat live atau recording. Kalau live untuk dokumentasi maka perlu direkam, sedangkan kalau recording sendiri direkam untuk bahan editing. Yang perlu diperhatikan ketika merekam gambar maka peralatan di VTR harus di set ke sistem Assemble. Time code di set pada awal pita dengan formasi 00.00.00.00 mencakup perhitungan 00 paling kiri mencakup jam-oo berikutnya mencakup menit-00 berikutnya mencakup detik dan oo paling kanan mencakup pergerakan frame gambar.

Setiap petugas VTR harus jeli melakukan persiapan chek and rechek mencakup sistem alat yang ditanganinya, gerakan audio dan in put video ke alat VTR. Sebaiknya membiasakan diri membut leader gambar dan suara sampai menit ke-2 di mana video in putnya colour bars dan tune audio sebesar 1 KHz. Perhatikan apakah gerakan audio over atau under suaranya.

Tak kalah penting dari rekaman gambar ini adalah mencatat serinci mungkin time code setiap shoot gambar per sekuennya. Time code penting sebab diperlukan pada saat editing nantinya. Seorang editor bekerja memasukkan gambar ke dalam hard disk komputer berdasarkan catatan time code yang ditulis oleh VTR man/girl.

Sebelum adanya soft ware editing komputer sistem editing masih linear. Dengan menggunakan 2 player dan 1 recorder editing gambar dilakukan di Room Editing baik digital atau analog. Semua effek gambar dilakukan serentak saat editing gambar berlangsung. Demikian pula saat dubing mengisi narasi serta pemasangan kredit titel semuanya dilakukan secara analog atau digital.

Yang perlu diperhatikan saat merekam gambar selesai buru-buru memberikan cue in di akhir gambar sebagai kunci agar gambar yang direkam berikutnya tidak menimpa gambar yang baru saja direkam. Bila lupa tidak memberikan cue in di akhir gambar yang telah direkam maka fatal jadinya. Apa itu? Gambar yang telah direkam sebelumnya akan tertimpa oleh gambar berikutnya dan gambarnya hilang. Artinya kesalahan fatal telah dilakukan oleh petugas VTR. Sangsinya bisa diskorsing untuk beberapa bulan ke depan tidak boleh mengoperasikan peralatan VTR.

Untuk memberikan sekilas jalannya recording misalkan kita telah merekam leader sepanjang 2 menit maka cue in kita set di time code 00.02.00.00. lalu pencet tombol pre roll. Pita akan merewind sendiri secara otomatis sepanjang 05 detik. Posisi time code kini terbaca 00.01.55.00 dan sambil menunggu aba-aba merekam adegan berikutnya, biarkan posisi time code terbaca di posisi itu.

Begitu mendapat perintah VTR start record maka sehat berkat reiki pun memencet tombol auto edit yang berwarna merah. Begitu tombol merah berkedip-kedip artinya pita sudah dalam keadaan posisi merekam maka kita jawab VTR start dan adegan berikutnya pun sudah terekam audio dan video nya.

Misalkan adegan ini terekam sepanjang 5 menit sekian detik dan dinyatakan CUT oleh Pengarah Acara maka kita pun menstop rekaman ini. Periksa hasil rekaman ini dengan cermat baik audio dan video dan disaksikan oleh Pengarah Acara. Bila dinyatakan OK GOOD maka segera kita beri cue in baru di akhir gambar ini misalnya di menit ke 00.07.50.20.

Begitulah jalannya rekaman gambar sebagai bahan editing. Durasi rekaman bisa sampai 2 jam bahkan 7 jam yang menghabiskan pita rekaman sebanyak 12 kaset dengan durasi per kasetnya 64 menit. Tentu sahabat bersama reiki bertanya," Wah capek juga yah bekerja merekam ini?" Tentu saja...capek tapi asal pekerjaan ditekuni dengan baik kepuasan kerja saja yang didapat nantinya.

Read More..

KABAR DUKA CITA

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 20 Mei 2009 3 komentar




Rabu pagi kita semua tersentak dengan berita musibah jatuhnya pesawat Hercules di Magetan Jawa Timur. Sehat dengan reiki mendengar berita ini melalui radio selepas aktivitas olah raga pagi yang memberitakan pesawat jatuh di persawahan menjelang pendaratan karena gangguan mesin. Saat itu juga evakuasi korban tengah berlangsung dan gambarnya ditayangkan semua stasiun televisi serta siaran radio.

Salah satu korban adalah suami rekan sekerja sehat berkat reiki. Ibu Desi Indriani tengah berduka sebab suami tercinta telah tiada karena musibah pesawat ini. Rabu subuh Ibu Desi berangkat dari kediamannya di Limo Depok mengantar suami tercinta ke Halim Perdana Kusuma. Selepas pesawat take off Ibu Desi lalu berangkat ke kantor untuk bekerja.

Tiba di kantor aktivitas pekerjaan pagi ini sedang berlangsung. Semua bekerja sesuai dengan bidangnya masing-masing. Siangnya baru ada khabar duka bahwa pesawat yang dinaiki suami tercinta mengalami musibah. Segera khabar duka cita ini menyebar dan bagian Redaksi Pemberitaan mengirim Reporter ke lapangan. Ibu Desi Indriani sendiri adalah Pewawancara di Bagian Pemberitaan Televisi yang biasa mewawancarai nara sumber dari berbagai profesi dan termasuk Pewawancara baru di jajaran redaksi pemberitaan.

Siang hari sehat dengan reiki melayani tayangan berita musibah kecelakaan ini melalui interaktif siaran berita dari Studio 9 televisi dengan Studio berita Televisi Surabaya dan reporter yang berada di lokasi kejadian dan rumah sakit Madiun. Dalam tayangan video sebagai visual tergambar bagaimana evakuasi korban dan suasana tempat terjadinya musibah di persawahan desa tempat terjadinya musibah.

Dalam English News Service pun berita kecelakaan di ulang kembali dengan jumlah korban yang semakin meningkat. Semua ikut prihatin dan trenyuh dengan adanya musibah ini. Kita pun sadar bahwa musibah ini juga terjadi atas kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Untuk Ibu Desi Indriani dan puterinya yang sedang berduka semoga tetap diberikan ketabahan dalam menghadapi musibah ini. Rekan-rekan sekerja ikut mendoakan semoga arwah almarhum mendapatkan tempat layak di sisi-NYA sesuai dengan amal kebajikan yang telah almarhum perbuat semasa hayatnya.

Sumber gambar: Daily mail di http://lunjap.wordpress.com/


Read More..

NAFAS UNGU PEMBUKA CHAKRA UTAMA DALAM ATTUNEMENT REIKI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 18 Mei 2009 4 komentar

Salah satu syarat memberikan attunement tradisi reiki adalah penggunaan nafas naga api atau bisa disebut dengan nafas ungu untuk membuka chakra mahkota, chakra telapak tangan kanan-kiri calon praktisi reiki. Demikian paparan salah satu pelajaran dalam memberikan attunement tradisi reiki dan non reiki dari Prana Shakti Darana. Setiap siswa yang belajar tradisi Prana Shakti memang diarahkan menjadi Reiki Master dari berbagai tradisi reiki dan energi-energi non reiki khususnya untuk kasus penyembuhan penyakit.

Menjadi siswa Prana Shakti memang menjadi dambaan setiap orang yang ingin belajar menjadi praktisi reiki dari berbagai tradisi. Dengan mengikuti pelajaran ini maka setiap siswa mendapatkan hak untuk dapat mengattunement diri sendiri lebih dulu atas satu jenis energi baik itu reiki atau non reiki. Dengan menyelaraskan frekwensi getaran energi tubuhnya dengan frekwensi getaran energi alam semesta (reiki) dan atau non reiki, maka siswa tadi dapat menyalurkan energi tadi kepada pasien yang memerlukan pertolongan atas kasus penyakit yang tengah dideritanya.

Setelah siswa tadi menyelaraskan frekwensi getaran energi tubuhnya lebih dulu maka dia tinggal menyalurkan energi yang dimauinya kepada orang lain. Cukup sekali saja dia menyelaraskan energi yang dikehendaki setelah itu tidak perlu menyelaras ulang lagi.Salah satu energi yang dikhususkan untuk penyembuhan penyakit misalnya penyembuh stroke langsung dapat disalurkan ke pasien. Tata caranya sama seperti ketika menyalurkan energi Reiki. Energi dapat dilipatgandakan sekian kali lipat agar berhasil guna dan dibuat pemograman energi mengalir secara terus menerus.

Tadi sehat berkat reiki menulis energi non reiki. Apa itu energi non reiki? Energi non reiki lebih spesifik penggunaannya. Misalnya kita menghadapi kasus penyakit stroke maka energi yang disalurkan khusus energi penyembuh stroke. Termasuk juga di sini penyembuh penyakit lain. Jadi praktisi Prana Shakti harus menyelaraskan lebih dulu jenis energi penyembuh khusus sebelum menyalurkan ke pasien ini.

Nah mengenai hak seorang Praktisi Prana Shakti yang diberi kewenangan memberikan attunement kepada calon praktisi reiki misalnya, maka praktisi ini harus berlatih menggunakan teknis nafas naga api atau violent breath (nafas ungu) sebagai salah satu syarat memberikan attunement/penyelarasan. Nafas ungu perlu dilatih cara penggunaannya sehingga praktisi Prana Shakti mampu menggunakan dengan baik saat memberikan penyelarasan kepada calon praktisi reiki.

Adapun tata cara penggunaan teknik nafas ungu adalah menegangkan lebih dulu otot Hui Yin yang terletak antara kelamin dan anus sambil ujung lidah diangkat ke langit-langit mulut. Sambil menarik nafas bayangkan (niat saja) cahaya putih terang benderang masuk ke chakra mahkota melalui lidah yang ditegakkan ke langit-langit tadi mengarah ke saluran mikrokosmik depan tubuh turun ke titik Hui Yin di antara anus dan kelamin.

Tahan nafas terus lalu arahkan cahaya putih ini ke atas melalui tulang ekor merambat naik di sepanjang tulang belakang (jalur shusumna) hingga ke kepala dan memenuhi seluruh isi kepala. Masih tahan nafas lalu bayangkan (niatkan) cahaya yang dipompa tadi menjadi energi warna biru terang dan berputar searah jarum jam sekaligus, berputar semakin lama semakin cepat hingga energi berubah menjadi warna ungu terang (violet).

Energi yang terbentuk mulai saat masuk chakra mahkota merambat turun lalu merambat naik kembali bila dibayangkan seperti huruf U di jalur mikrokosmis manusia ini berubah menjadi ungu terang terkumpul di rongga kepala. Energi terus berputar secara keseluruhan semakin cepat dan mulai hembuskan nafas ini pelan-pelan ke chakra mahkota calon praktisi reiki sambil membayangkan (niatkan) energi warna ungu terang ini masuk ke chakra tersebut hingga menembus ke sisi lain tubuh.

Lakukan langkah sama ini untuk chakra telapak tangan kanan-kiri calon praktisi reiki. Angkat kedua telapak tangan ini layaknya tangan tengadah meminta-minta dan tiupkan nafas ungu secara bergantian ke chakra telapak tangan kanan-kiri calon praktisi reiki. Lepaskan kontraksi otot pada titik Hui Yin dan lidah dapat dikembalikan seperti semula.Tetap santai dan kembali bernafas biasa.

Penjelasan tentang rahasia attunnement reiki telah banyak dibahas di buku reiki. Anda yang tertarik belajar reiki dapat membaca buku karangan Ciptadinata Effendi Aplikasi Reiki dalam Mencapai Master dan Hidup Sehat dengan Reiki dan Energi Non Reiki karya Prof. Dr. Sutan Remy Sjahdeini S.H. Buku ini menjelaskan secara rinci tata cara attunement Reiki yang selama ini diselubungi misteri tetapi dijelaskan dengan gamblang sehingga pembaca bisa mengetahui dengan seksama.

Memang attunement selama ini hanya diketahui oleh Master Reiki saja yang telah berhak mendapatkan hak memberikan attunement, namun seiring banyaknya pecinta reiki maka misteri attunement tadi sedikit dibuka ke umum sehingga praktisi reiki yang belum menyandang gelar Reiki Master dapat bersiap-siap mempelajari sebelum yang bersangkutan nanti menjadi Reiki Master.

Sehat dengan reiki pun belajar teknik nafas ungu setelah belajar di Prana Shakti dan bersama-sama praktisi lainnya mempraktekkan pernafasan ini. Setiap tradisi reiki mempunyai tata cara sendiri dalam memberikan attunement berikut simbol-simbol reiki namun esensi penggunaan teknik nafas ungu mutlak diperlukan karena teknik pernafasan ini bertujuan membuka sekaligus mengaktifkan chakra calon praktisi reiki utamanya chakra mahkota dan chakra telapak tangan sebagai saluran masuk keluarnya energi Reiki dan Non Reiki.

Read More..

BERSIAP MENJADI REIKI MASTER

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 17 Mei 2009 4 komentar

Proses attunement kepada calon praktisi telah selesai. Selepas attunement dengan sendirinya yang bersangkutan berhak menyandang status sebagai praktisi reiki. Apakah itu saja status praktisi reiki? Tidak...yang bersangkutan harus terus belajar mendalami apa itu reiki melalui bimbingan seorang Reiki Master dan aktip terus mempraktekkan reiki setiap harinya. Itulah sekilas flash back dari pengalaman sehat dengan reiki ketika selesai menjalani proses attunement dan siap mempraktekkan reiki dalam kehidupan sehari-hari.

Memang dalam attunement tidak menjamin seseorang menguasai Reiki dengan baik. Betul attunement syarat mutlak seseorang menguasai reiki dan mempunyai hak mengakses energi alam semesta yang disebut Reiki. Tetapi praktek...sekali lagi praktek adalah syarat utama yang harus dimengerti oleh seorang praktisi reiki. Ibaratnya kita belajar menyetir mobil sebelum mendapatkan SIM, praktek menjalankan mobil harus dikuasai dengan baik.

Dalam praktek ini seorang praktisi reiki harus mendapatkan bimbingan teori, praktek, peningkatan energi, getaran energi, pembersihan dan pengalaman dari praktek reiki itu sendiri. Sebaiknya Anda harus belajar mandiri bila berniat mengikuti attunement jarak jauh dan mencari guru reiki yang mau membimbing Anda. Pastikan Anda harus pro aktif bertanya seputar reiki dari ahlinya. Jangan malu bertanya...sebab malu bertanya akan tersesat.Begitulah pepatah kuno yang pernah sehat berkat reiki terima sejak di bangku sekolah dulu.

Nah dengan praktek inilah akan banyak ditemui kasus-kasus menghadapi keluhan penyakit dari seorang pasien apakah itu sejawat sendiri, keluarga, tetangga dan orang lain yang tidak dikenal. Alangkah baiknya kita memberanikan diri menerapi keluarga sendiri lebih dulu dengan reiki agar kita percaya diri dalam mempraktekkan reiki.

Perlu diketahui bahwa setiap kali mempraktekkan reiki, penyembuh memperoleh berbagai manfaat antara lain bertambah bersihnya nadi-nadi, peningkatan energi sekaligus getaran energi yang tiba-tiba muncul dengan sendirinya tanpa kita sadari. Efek positifnya jasmani kita semakin sehat dan jarang terserang penyakit bahkan secara spiritual hubungan kita dengan Sang Khalik akan bertambah dekat berkat anugerah berupa kesehatan prima dalam hidup ini.

Dalam Rei Ki Jepang tradisionil dikenal 3 simbol standar yang dipelajari di level 2. Simbol terakhir adalah simbol yang hanya diajarkan ketika seorang praktisi reiki sudah menduduki Personal Master Pengajar yang berhak memberikan attunement. Rei Ki Jepang tradisionil hanya diberikan kepada calon Reiki Master Pengajar dan bukan Reiki Master Pribadi. Pelajaran tambahan bagi Reiki Master Pengajar adalah diperkenalkannya Teknik Nafas Naga Api yang juga disebut dengan Nafas Ungu (violet breath).

Teknik ini sebenarnya digunakan untuk membuka chakra sekaligus mengaktifkannya utamanya chakra mahkota, chakra telapak tangan kanan dan kiri calon praktisi reiki. Berbeda saat Anda menyalurkan reiki yang mengutamakan kepasrahan total kepada Penyelenggaraan Ilahi dan tidak boleh konsentrasi tetap santai, maka dalam pemberian attunement ini seorang Reiki Master harus melakukan visualisasi dengan menahan nafas sekaligus mengejangkan otot titik Hui Yin yang terletak antara kelamin dan anus. Bersamaan itu juga ujung lidah diangkat ke langit-langit mulut.

Sebenarnya praktek mengejangkan otot Hui Yin ini pernah setiap saat sehat dengan reiki latih dahulu ketika belajar di PPS Merpati Putih sembari mengejangkan seluruh otot tubuh, lengan tangan dan lengan kaki. Jadi kalau sekarang ini mempraktekkan teknik nafas Naga Api atau disebut Nafas Ungu tidak mengalami kendala lagi, apalagi setelah bergabung di Prana Shakti Darana yang memang dikhususkan belajar menjadi Reiki Master dan dapat mengakses secara mandiri energi Reiki dan Energi Penyembuh Khusus suatu penyakit sekaligus memberikan attunement kepada orang lain.

Memang berat latihan pernafasan ini. Utamanya pernafasan 7 chakra utama agar mendapatkan manfaat membuka chakra saat memberikan attunement kepada calon praktisi reiki. Nah apa dan bagaimana menggunakan teknik Nafas Ungu ini, dalam postingan berikutnya sehat bersama reiki akan bahas dalam tulisan berikutnya.

Read More..

APAKAH ATTUNEMENT REIKI ITU?

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 16 Mei 2009 3 komentar

Postingan yang sudah-sudah sehat dengan reiki pernah menulis tentang attunement dalam reiki. Nah...sebenarnya apa sih attunement itu? Apakah perlu seseorang belajar reiki harus melaluli prosedure attunemant? Saya jawab, "Yah...seseorang agar dapat mengakses energi alam semesta (reiki) terlebih dulu harus mendapatkan attunement dari Reiki Master."

Apakah attunement itu? Menurut Oxford Asvanced Learned Dictionary karangan A.S Horn menyebutkan , to attune berarti "to make something/somebody adjust to something new and become familiar or in harmony with it." Maksudnya to attune berarti menyelaraskan, membuat sesuatu atau seseorang menjadi sesuai atau selaras dengan sesuatu. Dalam reiki attunement adalah penyelarasan tubuh seseorang calon praktisi reiki dengan sumber reiki. Melalui attunement ini seseorang dapat selaras dengan sumber reiki.

Sebagaimana diketahui bahwa tubuh energi manusia mempunyai gerbang energi yang disebut chakra. Perlu dipahami bahwa bahwa gerbang masuk keluarnya energi reiki ke dalam tubuh praktisi reiki melewati chakra yang harus tetap bersih, terbuka seimbang antara chakra satu dengan chakra lainnya utamanya chakra mayor dan minor. Proses attunement utamanya mengaktipkan, memperbesar chakra mahkota, chakra telapak tangan calon praktisi reiki.

Memang setiap manusia lahir semua chakra nya telah terbuka namun pembukaannya sebatas keperluan memperoleh energi alam semesta, yaitu sebatas pembukaan standard normal untuk dapat hidup saja. Nah dengan attunement inilah seorang Reiki Master melakukan attunement/penyelarasan dengan melebarkan chakra melebihi ukuran normal sekaligus mengaktipkan chakra tadi.

Di samping melebarkan chakra utamanya chakra mahkota, chakra telapak tangan kanan dan kiri juga chakra utama lainnya, seorang reiki master juga melebarkan jalur Shusumna dan menyeimbangkan pula jalur Ida dan Pingala calon praktisi reiki. Setelah prosedur ini dilakukan maka saat itu juga calon praktisi reiki resmi menjadi praktisi reiki dan siap mengakses dan menyalurkan reiki untuk diri sendiri juga orang lain jarak dekat.

Tentunya Anda masih sibuk bertanya-tanya kok semudah itu proses attunement? Memang sebenarnya proses attunement setiap orang kurang lebih 10-20 menit setiap orangnya. Bahkan ketika sehat berkat reiki dan anak sulung nya mengikuti proses attunement jarak jauh secara masal, sensasi Kundalini Reiki pun tetap bisa diterima dengan baik bahkan saat itu juga oleh putera sulung saya yang belum kenal reiki dapat menyalurkan reiki begitu proses attunement selesai hanya dengan niat semata. Saat mengikuti attunement jarak jauh ini waktunya sekitar 30 menit.

Untuk memberikan gambaran attunement lebih lanjut sehat bersama reiki memberi gambaran bagaimana sebuah pesawat televisi/radio dirakit di pabrik. Agar pesawat ini nanti dapat menerima siaran baik audio dan video dari sumber pemancar radio/televisi maka perlu ada alat resonansi di pesawat radio/televisi agar bisa menyelaraskan dengan getaran frekwensi pemancar radio/televisi nantinya.

Bila komponen resonansi penyelaras frekwensi getaran radio/televisi sudah diselaraskan dengan sumber pemancar maka hanya dengan menghidupkan pesawat ini (niat) dan mencari gelombang radio/televisi maka kita dapat mendengarkan sekaligus melihat tayangan televisi. Anda dapat melihat tayangan Tukul Arwana di progam Empat Mata, Osin di TVRI juga siaran radio Jerman Deutsce Welle, Radio Nederland Wereldomroep dan radio swasta lainnya di seluruh dunia.

Nah dalam tubuh Anda pun frekwensi energi perlu diselaraskan dengan sumber reiki di alam semesta. Sekali Anda telah mendapat attunement/penyelarasan maka kemampuan ini tidak akan pernah hilang untuk selamanya. Sekalipun Anda jarang menggunakan reiki untuk waktu lama dan berniat kembali menggunakan reiki saat ini juga maka reiki akan mengalir seketika itu juga.Hanya saja sumbatan jalur energi orang ini pasti ada karena jarang dibersihkan dan dipraktekkan, maka jalur energi pasti karatan dan ada sumbatan. Ibaratnya pipa air jika tidak pernah dibersihkan pasti ada karat yang menempel di dinding pembuluh.

Chakra dalam tubuh energi manusia harus tetap dipelihara kebersihannya. Minimal melakukan self healing, distance healing sekaligus mengaktifkan setiap harinya dengan simbol reiki. Semakin reiki dipraktekkan sesering mungkin maka jalur energi dalam tubuh utamanya jalur Ida, Pingala dan Sushumna semakin bersih dan siap mengalirkan reiki manakala sedang diakses oleh praktisi reiki. Sebagai tambahan perlu juga praktisi reiki melakukan meditasi sekaligus melakukan grounding agar energi negative yang menempel di jalur energi dibuang ke dalam bumi melalui chakra telapak kaki.

Dalam pembelajaran reiki kewenangan dan kemampuan memberikan attunement hanya ada pada Reiki Master yang berpengalaman. Jadi yang bersangkutan harus menyandang gelar Master Reiki lebih dulu dan mempraktekkan reiki secara berkesinambungan. Seorang Reiki Master harus mengajar reiki kepada orang lain dalam kelas reiki dan memimpin distance healing kepada siapa pun yang membutuhkan pertolongan karena gangguan kesehatan setiap jam 22-22.30 wib/witteng/wit sebagaimana sehat dengan reiki ikuti setiap malam hari hanya dengan niat mensinkronkan frekwensi energi masing-masing praktisi dengan Master Reiki yang memimpin distance healing.

Read More..

MENINGKATKAN VIBRASI REIKI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 14 Mei 2009 2 komentar

Apabila seorang praktisi reiki sudah duduk di level 2 kelas Reiki dengan sendirinya ia berhak menggunakan simbol reiki dalam mengakses energi Reiki. Sehat dengan reiki pun baru menggunakan simbol penyaluran energi setelah memahami dan mempraktekkan simbol ini dalam kegiatan harian selepas bangun tidur. Apa itu?

Seorang praktisi reiki sebenarnya dapat mengakses reiki tanpa simbol. Namun dengan diperkenalkan simbol reiki di level 2 dengan sendirinya kekuatan vibrasi reiki yang disalurkan kepada diri sendiri atau orang lain akan semakin kuat. Nah dampak dari kuatnya energi yang dia akses akan membuat dirinya mempunyai rasa percaya diri yang kuat setiap praktek reiki.

Salah satu simbol reiki yang berfungsi memperkuat sekaligus mengaktifkan seluruh chakra adalah simbol Cho Ku Rei. Cara menggunakan adalah menggambar simbol ini di atas ubun-ubun (chakra mahkota) lalu setelah terbentuk bola energi Cho Ku Rei affirmasikan,"Mekarkan, bersihkan, aktifkan, perbesar chakra mahkota saya 5 kali lipat". Rasakan ada getaran kuat di ubun-ubun dan tahan sebentar posisi kedua telapak tangan tadi lalu pelan-pelan dorong bola energi Cho Ku Rei ini ke ubun-ubun. Bila praktisi peka akan energi maka dia akan merasakan ada getaran kuat di ubun-ubunnya.

Setelah menggambar simbol Cho Ku Rei di chakra mahkota (ubun-ubun) buat simbol Cho Ku Rei di chakra telapak tangan kanan dengan menggunakan lima jari tangan kiri. Setelah bola energi Cho Ku Rei terbentuk affirmasikan seperti contoh di atas lalu dorong bola energi Cho Ku Rei ini masuk ke chakra telapak tangan kanan. Demikian pula sebaliknya buat bola energi simbol Cho Ku Rei dengan jari-jari tangan kanan di chakra telapak tangan kiri. Setelah terbentuk bola energi Cho Ku Rei affirmasikan lagi dan dorong pelan-pelan masuk chakra telapak tangan kiri.

Sebaiknya memberikan perhatian penuh pada chakra yang ingin terus diaktifkan setiap hari. Dalam contoh ini adalah chakra mahkota, telapak tangan kanan dan kiri. Anda pun bisa terus membersihkan dan sekaligus tetap mangaktifkan chakra lainnya misal chakra ajna, tenggorokan, jantung, solar plexus (pusar), sex dan dasar. Afirmasinya sama yang intinya memperkuat, membersihkan dan terus mengaktifkan chakra ini sepanjang hari.

Agar aliran energi dapat masuk seoptimal mungkin ke dalam diri seorang praktisi reiki sebaiknya prosedur ini dikerjakan setiap hari setelah bangun tidur sebelum memulai aktivitas harian. Bila praktisi reiki semakin tinggi tingkatannya dalam kelas reiki maka hanya dengan niat saja energi reiki dapat diakses dengan cepat tanpa menggambar simbol. Getaran reiki akan masuk chakra mahkota dan di kedua chakra telapak tangan kanan dan kiri pun terasa hawa hangat dan panas silih berganti.

Simbol reiki hakekatnya alat bantu semata dalam mengakses reiki. Ibarat akses jalan raya yang menghubungkan dua kota Anda bebas menggunakan jenis kendaraan untuk sampai ke kota tujuan. Anda tinggal pilih mau jalan kaki, naik motor, pesawat atau kapal laut. Dengan cermat memilih jenis kendaraan yang ingin dinaiki akan semakin cepat pula sampai kepada tujuan.Nah di reiki inilah diperkenalkan jenis simbol-simbol reiki untuk mencapai tujuan penyaluran energi.

Dalam menerima reiki pun pasien harus ikhlas dan yakin bahwa segala sesuatu penyakit ada obatnya dan kepada Tuhan YME saja tempat kita meminta pertolongan. Penyembuhan metode reiki akan sangat efektif apabila antara praktisi dan pasien ada hubungan batiniah. Maksudnya antara pasien dan praktisi reiki harus saling menyukai metode reiki ini. Selain saling menyukai pasien harus yakin percaya bahwa penyembuhan reiki dapat membantu menyembuhkan penyakitnya. Karenanya dalam kode etik penyembuhan reiki baik pasien dan praktisi reiki bersama-sama berdoa dulu sebelum mengakses reiki.

Inilah sekilas bocoran kegiatan harian sehat bersama reiki agar chakra mahkota, telapak tangan kanan dan kiri tetap aktif sepanjang hari yang dimulai sejak bangun tidur hingga tidur malam kembali. Sebagai praktisi reiki yang sibuk dalam suasana apapun reiki tetap mengalir ke dalam dirinya. Dengan mengalirnya reiki ke dalam tubuh maka diharapkan kesehatan badan tetap terjaga demikian pula terhadap pasien yang memerlukan bantuan dengan reiki juga mendapat kesembuhan.

Read More..

RELAKSASI PERNAFASAN

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 11 Mei 2009 6 komentar

Setiap kali selesai melakukan latihan pernafasan merpati putih sehat dengan reiki dibimbing Pelatih Senior melakukan relaksasi yang bertujuan mengembalikan stamina yang terkuras tatkala berlatih beban yang disertai menahan nafas dalam setiap gerakan ala Yoga. Begitulah dengan latihan beban disertai menahan nafas sekaligus mengencangkan otot lengan dan otot kaki bahkan badan setiap murid PPS Merpati Putih dari setiap tingkatan mampu memecahkan benda-benda keras hanya dengan pukulan dan tendangan.

Itulah sekilas kenangan masa silam tatkala bersama-sama praktisi PPS Merpati Putih melakukan latihan beban sekaligus jurus-jurus silat tangan kosong setiap minggunya. Sebagai pelengkap latihan setiap murid harus melakukan lari terlebih dulu sebelum berlatih olah nafas. Sebagai penutup latihan biasanya diberikan latihan relaksasi yang bertujuan mengembalikan stamina yang sudah terkuras habis saat latihan.

Sekarang sehat bersama reiki sudah menjadi praktisi reiki. Di setiap latihan reiki pun juga diajarkan latihan rileksasi. Bahkan di Tradisi Inti Reiki pun diajarkan teknik rilaksasi sebagai bagian berlatih menyalurkan energi Inti Reiki. Dalam buku Rahasia Inti Reiki yang ditulis oleh Dr. Riko Rahardian menyebutkan relaksasi dalam Inti Reiki diterapkan pada seluruh kegiatan dan berlaku baik pada praktisi maupun pada orang yang disalurkan energi reiki (pasien).

Latihan rileksasi untuk setiap orang apakah dia praktisi reiki atau non praktisi reiki sangat bermanfaat untuk memperbaiki kondisi mental emosional, bahkan untuk para penderita gangguan mental. Raskin M et all (1980) melaporkan dari 31 orang yang mengikuti latihan terapi rileksasi seperti transendental meditation selama 18 bulan, 40% di antaranya mengalami penurunan derajad ansietas (cemas dan depresi).

Salah satu teknik yang dilatih saat mendalami reiki adalah teknik rileksasi dengan napas. Cobalah ambil posisi duduk sempurna di kursi/bersila di lantai. Mula-mula ambil nafas melalui hidung lalu tarik nafas dalam hitungan 1-2-3-4 tahan di dada dalam hitungan 1-2-3-4 dan pelan-pelan buang nafas melalui mulut sebanyak 1-2-3-4 hitungan. Ulangi tarik dan buang nafas ini sebanyak 3 siklus.

Ulangi 3 siklus lagi dengan visualisasi (membayangkan) saat mengeluarkan nafas bayangkan seluruh keletihan tubuh dari ubun-ubun hingga telapak kaki dan emosi negatif semisal marah, benci, dendam kesumat, culas, iri, dengki, sakit hati dan sifat-sifat emosi negatif lainnya keluar bersama embusan nafas.Sangat disarankan ketika melakukan relaksasi memakai pakaian yang nyaman. Termasuk juga waktu, tempat dan suasana dibuat senyaman mungkin agar tidak mengalami gangguan yang datang dari suara maupun suhu udara.

Latihan relaksasi versi seni pernafasan menitikberatkan pada pernafasan perut selama kira-kira lima hitungan dengan menarik nafas dalam melalui hidung lalu nafas dilepaskan pelan-pelan melalui mulut. Soal lima hitungan bukan patokan, Jika Anda mampu menarik nafas panjang dalam 8 atau 10 hitungan lalu membuang nafas dalam hitungan 8 atau 10 hitungan silakan saja. Jangan dirisaukan dengan hitungan ini karena akan mengganggu konsentrasi Anda.

Mulai mengarahkan mata Anda ke satu titik di langit atau ruangan. Ulangi lagi tarik dan buang nafas ini dalam hitungan tadi sementara mata tetap menatap ke atas. Rasakan Anda semakin rilek termasuk kelopak mata juga rilek bahkan mulai terasa ngantuk. Nikmati saja suasana ini dan tetap tenang. Bila terasa mengantuk berat bawalah fantasi seluruh anggota badan semua terasa rilek.

Setelah semakin rilek dan tidak ada beban pikiran yang memasuki otak Anda ucapkan afirmasi di dalam hati dan akan direkam oleh alam bawah sadar Anda pernyataan seperti contoh ini, "Setiap kali saya melakukan latihan ini saya semakin tenang dan sehat...sehat...sehat...sehat...sehat...sehat, bebas kecemasan dan ketakutan. Seluruh beban hidup diri saya hilang dan tidak akan kembali kepada saya. Anda bebas merancang kalimat afirmasi lain yang intinya membuat suasana bhatin Anda tenang bebas ketakutan dan ketegangan dalam hidup ini. Silakan merancang afirmasi kalimat yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

Akhirnya sehat berkat reiki menganjurkan latihan ini sebaiknya dilakukan sekitar 20 sampai 30 menit. Tujuan latihan ini bukan membebani Anda dengan tugas berat latihan namun mengajak Anda agar mendapat ketenangan dan kesehatan bhatin yang efeknya juga akan membawa kesehatan jasmani secara keseluruhan dalam diri Anda. Anda mau sehat bukan?

Read More..

MEDITASI JALAN MENUJU KEDAMAIAN

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 08 Mei 2009 6 komentar


Jumat pagi ini sehat dengan reiki kembali membuka file pribadi tentang meditasi yang sudah dipraktekkan selama 6 tahun ini. Hidup di kota Jakarta yang segalanya harus serba terburu-buru menyebabkan banyak warga kota yang menderita depresi yang menyebabkan stress berkepanjangan. Apabila tidak segera ditemukan solusinya maka kita akan hidup berdampingan dengan kecemasan. Apakah Anda mau hidup penuh tekanan?

Belakangan ini banyak warga Jakarta rajin datang ke tempat pelatihan meditasi. Mereka yakin lewat cara olah jiwa ini bisa mengenal perangai diri termasuk sisi baik dan buruk. Mereka ingin mencari keseimbangan dalam hidup ini.Keseimbangan ini akan melahirkan perasaan tenang, damai, sabar dan bahagia. Memang secara medis meditasi juga menyehatkan dan menyembuhkan luka bhatin yang sudah lama terpendam dalam alam bawah sadar seseorang.

Bukan janji sorga kalau meditasi membawa banyak manfaat istimewa dalam hidup ini. Hasil studi Mehmet Oz, direktur Institut Jantung Presbyterian, New York, Amerika Serikat menyebutkan, bahwa meditasi terbukti menurunkan tekanan darah, depresi dan rasa gelisah penuh kecemasan penderita penyakit jantung. Kombinasi meditasi dan diet terbukti pula mengurangi laju pertumbuhan kanker prostat.

Penelitian senada dilakukan pula oleh Herbert Benson, ilmuwan dari Harvard Medical Shool. Selama 30 tahun ia mengamati pengartuh meditasi dan doa pada pasien yang berobat di Klinik Mind and Body Medical Institute di Boston , AS. Hasil pencitraan jaringan saraf menunjukkan, meditasi mengaktifkan sistem limbik otak yang mengatur kesadaran seseorang akan diri, waktu dan lingkungan.Metabolisme tubuh secara menyeluruh juga bergerak menuju keseimbangan sekaligus mewujudkan kesembuhan.

Begitu Anda masuk meditasi diiringi musik tenang, suasana yang hening disertai rangkaian kalimat doa yang teduh, dapat menekan produksi hormon adrenalin si pemicu kecemasan. Pada saat yang sama produksi hormon epinefrin yang meredakan stress justru meningkat. Akibatnya aliran darah menjadi lancar, tekanan darah turun, beban jantung berkurang. Kondisi seperti ini otomatis akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.

Dr. Luh Ketut Suryani Ketua Tim Peneliti Universitas Udayana Bali pun menyatakan, hasil penelitiannya terhadap penderita diabetes yang rajin melakukan meditasi, pasien ini dapat membebaskan diri dari ketergantungan insulin. Penelitian ini dilakukan pada tahun 1988 terhadap beberapa penderita diabetes yang sudah tergantung menggunaan insulin selama bertahun-tahun.

Sangat dianjurkan bagi penderita diabetes mau berlatih meditasi agar dapat mencapai homeostatis, suatu kondisi keseimbangan dalam tubuh di mana regulasi tubuh (sistem saraf otonom, endokin dan daya tahan tubuh) berfungsi maksimal. Semua alat tubuh bekerja maksimal dengan mengeluarkan tenaga seminimal mungkin. Kondisi ini membuat penderita dapat melakukan penyembuhan sendiri.

Di negara Barat berkembang pandangan bahwa pengobatan medis yang dilengkapi sarana meditasi menghasilkan penyembuhan optimal. Meditasi juga menimbulkan respons relaksasi. Di tingkatan ini terjadi penurunan pemakaian oksigen, denyut jantung, pernafasan, tekanan darah dan kadar asam laktat penyebab kelelahan fisik.

Esensi meditasi sebenarnya terletak pada jiwa yaitu energi yang memiliki sifat kasih, damai, suci, sabar dan tentu saja bahagia. Jiwa melakukan kehendak apa saja dengan perantaraan tubuh. Bisa kita ibaratkan tubuh sebagai kendaraan dan jiwa sebagai pengemudinya. Agar dapat menguasai kendali sepenuhnya, pengemudi harus duduk di tempat leluasa sehingga ia dapat menghimpun informasi sebelum mengambil keputusan.

Saat menjalankan meditasi sehat berkat reiki pun tetap berusaha menjaga kesadaran dengan mengikuti getaran keluar masuk nafas secara alami. Jadi kita masih sadar sepenuhnya dan tetap bisa mendengar suara di sekeliling tempat kita berada. Meditasi merupakan proses mengenal diri secara penuh. Kita menjadi sadar akan hakikat diri yang sebenarnya penuh sifat positif dalam diri ini. Justru kedamaian dalam diri ini kita peroleh melalui meditasi yang berkesinambungan tanpa putus asa dalam hidup ini.

Selanjutnya dalam meditasi kita diarahkan menuju kesadaran pada dunia lain yang disebut alam jiwa tempat jiwa berasal. Dari sana lah manusia berasal dan ke sana lah nanti dia akan kembali. Di sana sebuah dunia kekal yang diselubungi keheningan abadi penuh damai tempat manusia kelak kembali ke Haribaan Yang Maha Agung.

Sumber: Mind, Body and Soul (diedit) Gambar kompas.com

Read More..

PENYALURAN REIKI TERHADAP KELENJAR TUBUH

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 07 Mei 2009 4 komentar

Ketika masih belajar di bangku Sekolah Lanjutan Atas dulu sehat dengan reiki pernah belajar ilmu hayat yang menguraikan fungsi tubuh dan kelenjar dalam diri manusia. Tubuh manusia memiliki sistem endokrin yang merupakan salah satu mekanisme pengendalian dari tubuh jasmani manusia. Nah apa ada kaitan antara kelenjar dalam tubuh manusia dengan penyaluran reiki terhadap kelenjar itu?

Baiklah sebelum mengenal cara kerja reiki terhadap kelenjar dalam tubuh manusia ada baiknya sehat bersama reiki melihat terjemahan dari The Book of Chakra Healing yang ditulis oleh Simpon ( 1999:12) dan Fishbein's Illustrated Medical and Health Encyclopedia yang menyebutkan bahwa sistem endokren terdiri atas sejumlah kelenjar yang bertanggung jawab terhadap produksi dari sekian banyak zat-zat kimia alami yang disebut hormon.

Hormon dalam tubuh manusia termasuk hormon-hormon adrenalin, insulin, estrogen dan progesterone yang dikeluarkan oleh kelenjar-kelenjar ke dalam aliran darah dari organ-organ tertentu di dalam tubuh yang bertujuan untuk merangsang atau untuk mencegah proses jasmaniah tertentu. Sistem endokren tersebut bersama dengan sistem saraf bekerja secara otonom. Di dalam sistem itu terdapat tujuh kelenjar atau glands. Apa saja kelenjar tubuh itu?

Sebagaimana diketahui bahwa reiki mengalir ke dalam tubuh manusia melalui sel-sel tubuh dan sistem chakra dalam tubuh energi manusia. Energi Reiki diserap oleh sistem endokren dan sistem chakra secara simultan yang membuat keseimbangan di dalam chakra-chakra dan di dalam kelenjar endokrin tersebut.

Karena chakra tertentu memiliki keterkaitan dengan kelenjar di dalam tubuh manusia, maka apabila reiki disalurkan memasuki tubuh lewat chakra tertentu, reiki yang masuk ke dalam chakra tersebut akan mempengaruhi kelenjar yang terkait dengan chakra tadi.Berikut penjelasan pengaruh reiki terhadap kelenjar tertentu apabila disalurkan lewat chakra tertentu.

1. Kelenjar Pituitary dan Kelanjar Pineal.
Saat kita menyalurkan reiki dengan menempelkan telapak tangan di atas kepala, energi yang disalurkan akan mempengaruhi kelenjar pituitary dan kelenjar pineal. Kelenjar pituitary mengkoordinasi kelenjar-kelenjar lain dan mengatur tidur manusia, cairan tubuh dan menstimulasi pertumbuhan. Kelenjar pineal mengendalikan perkembangan seksual dan pigmentasi kulit.

2. Kelenjar Thyroid dan Parathyroid.
Apabila telapak tangan diletakkan di atas daerah tenggorokan, kelenjar thyroid dan parathyroid akan terpengaruh. Kelenjar tersebut mengendalikan metabolisme dan membantu tingkat calcium dan phosphorous yang penting untuk fungsi kesehatan tulang, saraf dan otot.

3. Kelenjar Thymus.
Begitu telapak tangan dipindahkan ke atas daerah jantung, kelenjar thymus akan ikut terpengaruh. Kelenjar thymus membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memproduksi sel-sel T (T cells) yang melindungi tubuh dari serangan penyakit.

4. Kelenjar Islets of Langerhans dan Kelenjar Adrenalin.
Selanjutnya sehat berkat reiki menggeser kedua telapak tangan ke daerah atas perut, maka kelenjar islets of langerhans dan kelenjar adrenalin menerima energi reiki. Kelenjar islets of langerhans di dalam pankreas menghasilkan insulin dan glucogen dan menjaga tingkat glucose di dalam darah.

Kelenjar adrenalin terletak di atas ginjal dan lapisan luar dari kelenjar-kelenjar tersebut dalam mengendalikan tingkat garam, air dan gula dalam tubuh dan mempengaruhi karakteristik seksual sekunder yaitu tanda-tanda pada saat seseorang menginjak dewasa (puber). Sementara lapisan dari kelenjar menghasilkan adrenalin, yaitu hormon yang diperlukan untuk mengatasi reaksi yang timbul karena stress.

Saat sehat bersama reiki meletakkan telapak tangan di atas kelenjar reproduktif, gonads bagi laki-laki atau ovaries bagi wanita akan terpengaruh. Kelenjar-kelenjar ini mengatur kesuburan (fertility) dan membantu mengendalikan emosi, termasuk emosi seseorang yang labil dan ingin menghindari stress berkepanjangan agar terhindar dari penyakit darah tinggi.

Sumber: Hidup Sehat dengan Reiki oleh Prof.Dr. Sutan Remy Sjahdeini, S.H (diedit)

Read More..

MEMILIKI RUMAH SEHAT

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 06 Mei 2009 3 komentar


Kali ini sehat dengan reiki ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang kriteria rumah sehat yang menjadi dambaan semua orang. Apa itu rumah sehat? Setelah kita semua bisa merawat tubuh agar tetap sehat alangkah baiknya kiat sehat ini juga diteruskan dalam merawat rumah agar terlihat nyaman dan tenteram bagi penghuninya.

Nah untuk inilah diperlukan rumah sehat sekalipun rumah yang kita diami mungil dari segi fisik bangunan tetapi terasa lapang apabila semua penghuninya bisa hidup rukun saling menyayangi. Di sinilah peranan rumah sehat yang menjadi idaman semua keluarga. Tetapi sebenarnya apa definisi rumah sehat itu? Rumah sehat adalah rumah yang bisa memberikan rasa nyaman kepada semua penghuninya. Bukan saja kenyamanan tinggal yang didapat tetapi juga suasana yang sehat dan bersih.

Lalu rumah seperti apa yang tergolong sehat? Apakah sehat dengan reiki ataukah sehat-sehat yang lainnya? Tentu saja sehat bersama reiki perlu juga dimiliki sebuah rumah agar terhindar dari hal-hal negatif karena kita tidak tahu riwayat tanah tempat bangunan rumah kita berdiri dan apakah tanah ini juga masih dalam sengketa pemilik sebelumnya.

Banyak orang berpikir rumah yang sering dibersihkan dan dirapikan adalah rumah sehat. Ternyata hal tersebut tidak menjamin terwujudnya rumah sehat karena dasar utama rumah sehat adalah rumah yang memiliki sirkulasi udara (ventilasi) dan sistem pencahayaan yang baik.

Ventilasi rumah mempunyai banyak fungsi. Fungsi pertama adalah untuk menjaga agar aliran udara di dalam rumah tersebut tetap segar. Hal ini berarti keseimbangan oksigen yang diperlukan oleh penghuni rumah tetap terjaga. Kurangnya ventilasi akan menyebabkan kurangnya oksigen di dalam rumah yang berarti kadar karbondioksida yang bersifat racun meningkat sehingga berbahaya bagi penghuninya.

Fungsi kedua daripada ventilasi adalah membebaskan udara ruangan dari bakteri-bakteri terutama bakteri patogen yang cenderung hidup dan berkembang dalam ruangan dengan tingkat kelembaban tinggi. Dengan sirkulasi yang baik bakteri akan terbawa oleh udara yang selalu mengalir. Rumah yang sehat juga memerlukan cahaya yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan.

Kurangnya cahaya yang masuk ke dalam ruangan rumah terutama cahaya matahari pagi atau sore hari terkesan terlihat kurang nyaman. Kurang nyaman ini akan menyebabkan ruangan rumah sebagai media atau tempat untuk hidup dan berkembangnya bibit penyakit. Sebaliknya terlalu banyak cahaya di dalam ruangan akan menyebabkan silau dan akhirnya dapat merusakkan mata.

Cahaya yang ada dalam rumah sehat bisa digolongkan menjadi dua, yaitu cahaya alami (cahaya matahari) dan cahaya buatan. Cahaya matahari bisa masuk rumah melalui jendela yang terbuka. Jadi jendela juga memegang peranan penting akan adanya sirkulasi udara baik dari luar rumah atau sebaliknya. Sebaiknya jendela rumah setiap pagi dibuka lebar-lebar agar udara sehat dan segar dari luar rumah masuk dengan leluasa dan udara kotor didorong keluar rumah.

Dalam membuat jendela sebaiknya mempertimbangkan sinar matahari dapat langsung masuk ke dalam ruangan. Fungsi jendela sendiri disamping sebagai ventilasi juga sebagai jalan masuk cahaya matahari dari luar rumah. Lokasi penempatan jendela pun harus diperhatikan agar sinar matahari lama menyinari lantai (bukan menyinari dinding). Sebaiknya jendela itu harus di tengah-tengah tinggi dinding.

Selain kedua fungsi tadi, ada beberapa faktor pendukung lain yang juga penting untuk menunjang terciptanya rumah sehat. Beberapa faktor antara lain, faktor lingkungan tempat tinggal yang juga sama sehat dan kondusif dan faktor tersedianya sistem pembuangan kotoran, baik sampah, air kotor maupun limbah kamar mandi.

Semua fungsi rumah di atas dilihat dari penampilan fisik yang bisa kita lihat melalui indera mata, tapi faktor non fisik pun perlu kita perhatikan dengan seksama. Apa itu? Anda pernah pindah dan menempati rumah baru bukan? Sehat berkat reiki pun pernah pindah rumah dan menempati rumah yang sekarang ini hampir 26 tahun. Tatkala kita pertama kali akan masuk rumah baru tentu mengadakan doa keselamatan memohon kepada Tuhan agar rumah yang hendak kita tempati ini selalu aman, tenteram tidak ada gangguan dari mahkluk fisik dan non fisik.

Sebagai praktisi reiki ada kiat menjadikan rumah dan halaman tempat tinggal kita aman dari gangguan sesama dari pikiran negatif, keinginan negatif orang lain yang kelak bisa menggangu ketenteraman rumah tinggal kita. Usahakan membuat proteksi rumah beserta seluruh penghuninya dengan bola energi Cho Ku Rei. Sebelum membuat bola energi Cho Ku Rei ini hapus dahulu unsur negatif baik nyata dan non fisik yang ada dalam rumah ini secara berkala dengan simbol Sei Hei Ki lalu perkuat simbol Sei Hei Ki ini dengan simbol Cho Ku Rei yang telah dilipatgandakan.

Salurkan energi Reiki sesering mungkin keseluruh bagian rumah ini termasuk halaman dan pagar pembatas. Cukup niatkan saja energi reiki ini bekerja dan jangan lupa selalu baca ayat-ayat suci dalam ritual ibadah Anda setiap saat dan mohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar rumah yang kita tempati ini selalu aman dan semua penghuninya nyaman, sehat dan hidup rukun saling menyayangi.

Read More..

MAKHLUK HIDUP MEMERLUKAN ENERGI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 05 Mei 2009 3 komentar

Di dalam tubuh setiap makhluk Tuhan, termasuk tubuh manusia terdapat energi. Tubuh manusia penuh energi. Tanpa energi makhluk hidup akan mati. Demikian pula hal nya sehat dengan reiki pun dan Anda semua pembaca blogku ini memiliki energi yang terdapat di tubuh energi di samping tubuh fisik yang bisa kita lihat sekarang ini.

Begitu bayi dilahirkan ke dunia di dalam tubuhnya sudah ada energi. Sejak lahir ke dunia bayi sudah mempunyai energi dan dari waktu ke waktu selama hidupnya mengalir pula energi dari luar tubuh manusia yaitu energi kehidupan yang di sebut REIKI atau Prana dalam bahasa Sanskerta. Energi ini masuk tubuh manusia melalui pernafasan. Choa Kok Sui seorang penyembuh Prana mengatakan," Kita mendapatkan sebagian energi vital atau Ki dari udara yang kita hirup." (Sui, 200:1).

Energi tersebut ada di seluruh tubuh yaitu diseluruh atom di dalam tubuh kita sebagaimana dikemukakan oleh Nicholas bahwa para ilmuwan menyadari atom itu sendiri bukan dibuat dari materi tetapi dari energi. Dalam kondisi inilah setiap makhluk hidup diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Tubuh manusia memperoleh energi dari berbagai sumber energi. Secara normal sumber energi bagi tubuh manusia berasal dari makanan yang dimakan, air yang diminum, udara yang dihirup melalui sistem pernafasan.

Energi yang berasal dari sinar matahari pun masuk diserap oleh kulit. Bumi termasuk di dalamnya unsur tanah, pohon-pohonan, hewan, laut, pegunungan memancarkan energi yang bisa kita serap melalui chakra tubuh. Alam semesta sendiri juga memancarkan energi yang kita sebut REIKI dan masuk tubuh manusia melalui gerbang energi yang disebut Chakra.

Chakra adalah gerbang tempat masuknya energi ke tubuh manusia dan keluar dari tubuh manusia juga melewati chakra. Nah keberadaan chakra ini bukan di tubuh fisik manusia tetapi di tubuh eterik. Choa Kok Sui selanjutnya mengemukakan bahwa terdapat tiga sumber utama energi vital yaitu matahari, udara dan bumi. Manusia memperoleh energi matahari yang berasal dari sinar matahari, energi udara diserap paru-paru melalui pernafasan dan chakra-chakra dalam tubuh manusia, sementara energi bumi diperoleh dari dalam bumi melawati chakra telapak kaki. ( Sui, 2002 :2)

Saat tubuh manusia dalam kondisi sehat energi mengalir tanpa hambatan melalui pembuluh energi yang disebut nadi atau meridian. Apabila penyaluran energi dalam tubuh mengalami hambatan atau blockage, tubuh yang tidak memperoleh energi tersebut menjadi sakit. Supaya sembuh harus diupayakan pengaliran energi ke bagian tubuh yang mengalami hambatan sirkulasi energi ini. Caranya dengan mengalirkan energi secara terus menerus ke bagian yang sakit.

Nah salah satu metode penyaluran energi dari alam semesta ke dalam tubuh manusia disebut REIKI, yaitu energi kehidupan alam semesta (the universal life of energy). Ada juga metode tusuk jarum, pijat refleksi, penyaluran energi pribadi (tenaga dalam yang diolah melalui latihan). Bukan manusia saja yang mengandung energi, binatang dan tumbuhan pun mengandung dan memancarkan energi.

Beberapa tumbuhan pun memiliki energi penyembuhan yang apabila kita konsumsi dapat menyembuhkan penyakit. Sebaliknya apabila kita sedang sakit pun bisa bersahabat dengan alam untuk sementara waktu dan berkunjung ke daerah pegunungan untuk mendapatkan segarnya hawa pegunungan. Sehat dengan reiki pun tentunya sependapat dengan Anda semua bahwa hawa pegunungan yang dingin, sejuk bisa menenangkan pikiran dan efeknya bisa menyembuhkan penyakit, Insya Allah.

Mari saya ajak Anda rehat sejenak dari hirup pikuknya kesibukan kota yang penuh polusi asap kendaraan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata.Kapan lagi kita mengenal lingkungan kalau tidak sekarang?

Read More..

SEHAT DENGAN SAYUR DAN BUAH ANTIOKSIDAN

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 04 Mei 2009 1 komentar


Pagi ini sehat dengan reiki mendengarkan kembali talk show kesehatan di radio swasta Jakarta yang membahas masalah sehat dengan sayur dan buah antioksidan. Ya antioksidan yang sekarang ini sedang demam dan diminati oleh warga yang peduli akan kesehatannya. Memang pola hidup masyarakat perkotaan dewasa ini sarat dengan gaya hidup tinggi dan instant.

Betapa tidak instant karena terbatasnya waktu untuk segera pergi beraktivitas setiap harinya sehingga melupakan olahraga, terlalu banyak mengkonsumsi gula dan lemak dan terlalu banyak radikal bebas menerpa dirinya, akibatnya timbul yang namanya penyakit kardiovaskular ( jantung dan pembuluh darah). Kalau sudah begini siapa yang rugi?

Di Indonesia sendiri penyakit kardiovaskular dikelompokkan menjadi penyakit sistem sirkulasi yang sejak 1992 secara konsisten menduduki peringkat pertama penyebab kematian. Singkat kata penyakit ini sudah menjadi epidemik global tanpa tanpa mengenal lagi gender, usia, batas geografis dan sosial ekonomi.

Oleh karena itu upaya pencegahan perlu dilakukan segera. Menurut pendapat para pakar Komite Nutrisi Amerika maupun Forum Dunia tentang Jantung dan Stroke, masyarakat umum dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan. Makanan dititikberatkan pada buah dan sayur yang terbukti banyak mengandung anti oksidan dan menyeimbangkan melalui tindakan aktif olah raga yang teratur.

Sehat berkat reiki pun setiap hari menyimak paparan bincang sehat oleh dokter ahli gizi di radio tersebut yang menyebutkan bahwa anti oksidan merupakan zat yang anti terhadap zat lain yang bekerja sebagai oksidan. Zat ini populer disebut radikal bebas yang bersumber dari radiasi sinar X dan sinar ultraviolet, polusi udara akibat asap kendaraan bermotor, gas buang dari pabrik atau asap rokok.

Beberapa kondisi juga bisa memicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh manusia misalnya stress, sakit, olahraga berlebihan dan sebagainya. Antioksidan sangat diyakini mampu menstabilkan radikal bebas tadi. Zat antioksidan bisa diperoleh melalui jenis buah dan sayur yang mengandung beta karoten, vitamin C, vitamin E, zinc (Zn) dan selenium (Se).

Se sendiri misalnya terdapat pada udang, ikan tuna , lobster, telur, ayam, bawang putih, biji gandum, jagung, beras merah, nasi putih dan sereal. Anggur merah, teh hijau, buah-buahan segar dan sayur juga memiliki jenis antioksidan cukup tinggi. Brokoli misalny, mengandung glucosinolates yaitu jenis antioksidan yang tinggi berkhasiat menurunkan risiko kanker.

Sedangkan jenis sayuran lain semisal wortel mengandung karotenoid berfungsi mencegah serangan jantung, stroke, kebutaan serta beberapa jenis kanker serta memperlambat penuaan dini. Sehat dengan reiki pun berusaha mendapatkan info kiat pencegahan penuaan dini dari ahlinya yaitu seorang dokter yang juga praktisi reiki yang membocorkan rahasia agar tetap awet muda yaitu mempraktekkan reiki setiap harinya juga bertindak hidup jauh dari stress berkepanjangan. Kiat lainnya apa?

Sudah waktunya kita sebagai masyarakat mengurangi konsumsi makanan siap saji dan kembali beralih mengkonsumsi sayur dan buah. Mengkonsumsi antioksidan sejak dini dan rutin terbukti bermanfaat mencegah serangan jantung dan menghindari kerusakan pembuluh darah. Ayo mulai sekarang kita berusaha hidup sehat alami, Anda mau?

Sumber : buletin health Maret 09 (diedit )

Read More..

PROSES PEMBUATAN TAHU

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 03 Mei 2009 7 komentar


Hari Minggu ini sehat dengan reiki rehat sejenak seputar reiki namun bersama tim liputan progama ibukota berkesempatan mengunjungi pabrik tahu di pinggiran kota Jakarta dan mengamati proses pembuatan tahu langsung di pabriknya. Tentu Anda semua kenal bahwa tahu sebagai salah satu jenis lauk pauk pelengkap makan mudah ditemui di seantero Jakarta bahkan di kota Anda sendiri setiap hari.

Keberadaan tahu hingga kini masih tetap digemari masyarakat mulai dari tingkatan sosial rakyat hingga pejabat, betul bukan? Nah...sebelum tahu-tahu tadi dikonsumsi ternyata makanan yang berasal dari kedelai ini mengalami proses pembuatan cukup unik dan menarik. Menariknya apa? Ayo sehat dengan reiki ajak Anda melihat ke pabriknya sambil mencicipi tahu di udara panas kota Jakarta siang ini.

Siapa yang tidak kenal tahu? Makanan yang biasanya dijadikan lauk pauk dan makanan selingan ini selain harganya murah meriah juga digemari oleh masyarakat banyak. Tahu yang dikonsumsi ini memiliki berbagai jenis nama dan macamnya. Ada tahu Bandung, tahu China, tahu Jambi, tahu Goreng dan tahu Sumedang.

Beda antara tahu goreng dan tahu Sumedang adalah pada tahu goreng sering digunakan untuk sayur sedangkan tahu Sumedang umumnya langsung dimakan dengan cabai rawit sebagai bumbu selingan. Tapi dari rasa tadi tahukah Anda bagaimana proses pembuatan tahu ini? Umumnya proses pembuatan tahu ini cukup sederhana dan tradisionil.

Awalnya kedelai sebagai bahan baku tahu dicuci dan direbus. Setelah kedelai masak atau empuk , kedelai-kedelai ini digiling dengan menggunakan penggiling hingga menjadi lembut yang diistilahkan aci. Selanjutnya aci ini direbus kembali dan hasil rebusan yang kedua kali ini diendapkan untuk selanjutnya di saring, dicetak serta didinginkan.

Selesai proses ini barulah tahu-tahu ini dapat digoreng. Untuk jenis tahu Bandung proses pembuatannya sama saja namun agar tahu ini mempunyai warna khas sebagai tahu Bandung maka ditambahkan pewarna asli dari kunyit. Kunyit yang sudah bersih ditumbuk hingga halus kemudian diletakkan ke dalam kain penyaring.Kemudian kain penyaring ini dimasukkan ke dalam air rebusan hingga air rebusan berwarna kuning kunyit.

Tahu yang telah dicetak dimasukkan dan direbus kembali hingga tahu berubah warna menjadi kuning kunyit. Tahu yang sudah menyerap warna kuning kunyit ini lalu diangkat dan didinginkan. Akhirnya tahu pun siap dipasarkan ke konsumen penggemar tahu baik di desa atau di kota. Ampas dari sisa pembuatan tahu ini bisa digunakan untuk ternak sapi.

Menurut Haji Dindin salah seorang perajin tahu mengatakan bahwa kedelai yang digunakan sebagai bahan baku tahu merupakan kedelai import yang didatangkan dari Amerika. Sebenarnya kedelai dalam negeri pun tidak kalah mutunya dibandingkan dengan kedelai import dari Amerika ini.

Pabrik tahu milik Pak Haji yang didirikan sejak tahun 1989 ini memproduksi hingga 400 tahu goreng dan tahu Bandung per hari. Dari produksinya ini tahu-tahu tersebut dipasarkan ke beberapa pasar tradisional di Jakarta. Saat ini harga di pasaran untuk satu potong tahu goreng dihargai 150 rupiah per potong, sedangkan untuk tahu Bandung 400 rupiah per potong.

Nah pertanyaan sehat dengan reiki kepada pembaca semua, "Sudahkan untuk hari ini saja Anda mengkonsumsi tahu sebagai lauk pauk ataukah Anda juga sering masak sayur tahu sebagai menu harian yang terhidang di meja makan?"

Read More..

MEMANTAPKAN REIKI DALAM HIDUP SEHARI-HARI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 02 Mei 2009 2 komentar

Setelah menerima attunment reiki level 1 langkah apa yang harus saya lakukan? Demikian kira-kira pertanyaan sehat bersama reiki yang ditujukan kepada Master Reiki yang telah memberikan penyelarasan kepada saya satu hari sebelumnya. Memang benar, seorang praktisi reiki yang telah mendapatkan reiki sebaiknya mempraktekkan reiki sesering mungkin dengan cara menyalurkan energi reiki kepada diri sendiri yang diistilahkan self healing.

Tentu Anda yang awam masalah reiki bertanya apa itu penyaluran? Ya...penyaluran dalam reiki adalah sikap praktisi reiki dalam mengalirkan energi penyembuhan kepada diri sendiri dengan cara menempelkan kedua telapak tangan ke tubuh sendiri. Nah dalam penyaluran energi reiki ini kita dituntut pasrah, santai, senyum dan sekali lagi jangan konsentrasi.Saat penyaluran reiki inilah akan mengalir hawa hangat, dingin, sejuk saling bergantian memasuki tubuh mulai dari permukaan kulit hingga organ terdalam dari tubuh kita.

Penyaluran reiki secara berkesinambungan ini memakan waktu 21 hari kerja dan harus dilakukan setiap hari tanpa putus dan tidak boleh ada 1 hari yang lowong. Mengapa harus 21 hari? Itu salah satu pertanyaan lain dari seorang peserta yang kebetulan mendapatkan penyelarasan bersama-sama dengan sehat berkat reiki dalam kelas yang sama yaitu kelas 1 reiki. Nah bila dalam 21 hari kerja tadi ada 1 atau 2 hari lowong saat melakukan self healing maka harus diulang dari awal kembali sampai benar-benar selesai total 21 hari kerja tanpa putus. Kenapa 21 hari kerja,kaya ayam mengerami telurnya selama 21 hari hingga telur menetas menjadi anak ayam? Itulah pertanyaan cerdik dari Anda semua barangkali.

Dalam pembelajaran reiki menyebutkan bahwa Master Mikao Usui telah mendapatkan Attunement Reiki setelah menjalankan meditasi tanpa putus selama 21 hari di Gunung Kuri Yama Jepang. Nah mengacu pada ajaran Mikao Usui ini maka setiap siswa pelatihan reiki dianjurkan mempraktekkan reiki tanpa putus selama 21 hari kerja dengan asumsi setiap chakra utama dalam tubuh praktisi reiki membutuhkan waktu pengaktifan 3 hari. Total 7 chakra utama setiap manusia butuh waktu pengaktifan selama 21 hari kerja.

Sebagaimana diketahui bahwa dalam setiap tubuh energi manusia hidup mempunyai 7 chakra utama yang saling terhubung satu sama lain dengan 1 jalur besar utama disebut Sushumna dan 2 jalur penyeimbang yang disebut jalur bulan (ida) dan jalur matahari (pinggala). Jalur bulan bersifat dingin dan jalur pinggala bersifat panas. Agar ketujuh chakra utama tadi secara bersama-sama menjadi aktif secara keseluruhan maka diperlukan 21 hari kerja untuk mengaktifkannya. Dengan semakin aktifnya ketujuh chakra utama tadi maka semakin baguslah jalur energi dalam tubuhnya.

Selama 2i hari ini seorang praktisi reiki boleh juga melakukan penyembuhan kepada orang lain sekalipun dalam hatinya timbul keragu-raguan, apakah ia mampu melakukan penyembuhan? Sebaiknya hilangkan keragu-raguan tadi dan pasrahkan semuanya kepada kehendak Ilahi dan ingat bahwa penyembuh sejati baik di bidang medis kedokteran atau penyembuhan allternatif atas kasus penyakit hanyalah milik Tuhan YME. Yang perlu diingatkan kepada semua praktisi reiki bahwa kita semua hanyalah penyalur reiki semata tidak lebih. Biarkanlah Tuhan berkarya dalam penyembuhan ini melalui Reiki atau penyembuhan medis kedokteran.

Penyaluran energi kepada diri sendiri satu kali sehari adalah syarat minimum. Semakin sering melatih reiki semakin memperoleh manfaat akan kesehatan asalkan dipraktekkan sesering mungkin diluar waktu 21 hari. Bila waktu 21 hari tanpa putus melakukan self healing telah selesai alangkah baiknya kegiatan menyalurkan reiki tetap dilanjutkan minimal 1 kali sehari.Latihan dalam waktu 21 hari hanyalah cukup untuk memantapkan kemampuan secara tetap dalam diri praktisi reiki.

Latihan dalam jangka panjang tetap diharuskan sampai seorang praktisi reiki mampu mempraktekkan reiki dengan baik sehingga yang bersangkutan meraih gelar Guru Reiki atau disebut Master Reiki. Sebelum meraih gelar Reiki Master seorang praktisi reiki harus melalui latihan dalam jangka waktu panjang agar memperoleh pembersihan yang lebih baik tubuh energinya.Dengan semakin bersihnya tubuh energinya semakin baik pula kualitas kesehatan jasmaninya. Ini berlaku pula kepada setiap praktisi reiki dari semua tingkatan mulai reiki level 1 hingga reiki level 3.

Reiki memang mudah dipelajari oleh siapa pun. Karena begitu mudahnya seharusnya kita pandai bersyukur dapat menggunakan reiki untuk kebaikan sesama di samping juga untuk menjaga kesehatan pribadi agar tetap sehat sepanjang hayat dikandung badan. Nah seharusnya kita berterima kasih kalau mengingat diri kita dahulu sering sakit dan berangsur sembuh setelah mengenal reiki. Apa salahnya pengalaman kita sakit dulu dibagikan kepada orang lain agar mereka yang sakit juga mendapat kesembuhan melalui reiki.

Orang-orang yang mendapatkan kesehatan kembali lewat reiki setelah jatuh bangun menderita sakit akan berusaha mempergunakan reiki semaksimal mungkin bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Sudah tentu kita berharap tetap sehat dan tidak dihinggapi oleh penyakit.Demikian pula sehat dengan reiki tidak ingin sakit kembali dan semaksimal mungkin membantu sesama baik diminta atau tidak untuk menyalurkan reiki kepada siapa yang membutuhkan.

Renungan atas pemantapan reiki selama 21 hari kerja tanpa putus tadi bukanlah latihan berat layaknya kita akan bertanding dalam arena perlombaan kesaktian. Tidak...bukan itu yang dimaksud. Latihan secara teratur akan memberikan peningkatan energi secara pasti. Setelah melewati 21 hari self healing setelah attunement dapat memberikan manfaat positif apabila reiki dipraktekkan secara terus menerus, syukur menyalurkan energi reiki kepada pihak lain baik tatap muka atau jarak jauh.

Memang apabila kita sudah biasa dengan energi reiki yang semakin lama getaran vibrasinya semakin tinggi, suatu saat akan mendapatkan sensasi yang tidak berasa sama sekali bahkan sensasi itu seakan-akan hilang. Tidak usah khawatir bahwa reiki sudah hilang dari diri kita...reiki tetap akan mengalir selama kita meniatkan mengalir dan bekerja menyehatkan badan kita.

Yang perlu diingat dalam mempelajari sebuah teknik penyembuhan ala reiki ini, sensasi bukanlah hal penting. Yang lebih penting adalah menjaga diri sendiri dan orang-orang di sekelilling kita tetap sehat. Itulah impian para praktisi reiki dari semua tingkatan, termasuk sehat dengan reiki sendiri...ingin sehat...keluarga sehat...teman sekerja sehat...tetangga sehat... masyarakat sehat melalui pembelajaran reiki.

Read More..

LATIHAN MEDITASI BAGI PEMULA

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 01 Mei 2009 3 komentar


Apakah meditasi hanya dimonopoli oleh seorang praktisi reiki? Itulah pertanyaan dari seorang sahabat kepada sehat dengan reiki beberapa waktu lalu. Saya jawab,"Tidak...meditasi adalah salah satu cara seseorang agar lebih mengenal diri sendiri termasuk sisi baik dan buruk. Keseimbangan ini melahirkan perasaan tenang, damai, sabar dan bahagia. Karenanya setiap orang dapat melakukan meditasi tanpa ia belajar reiki lebih dulu," jawab saya simpel saja.

Secara medis meditasi juga dapat menyehatkan dan menyembuhkan luka batin, trauma berkepanjangan masa lalu yang suram dan ingin dihilangkan dari kalutnya pikiran.Dengan berlatih meditasi rutin setiap harinya seseorang yang berbakat olah jiwa akan mendapatkan lezatnya buah meditasi dalam waktu singkat.

Sekalipun saluran energi seseorang yang belum belajar reiki sudah terbentuk secara de fault namun belum cukup untuk mengalirkan energi secara seketika manakala diniatkan untuk mengalir. Hal ini dikarenakan chakra-chakra dalam tubuhnya belum sepenuhnya aktif dan masih banyak sumbatan di jalur energi utamanya jalur shusumna.

Dengan berlatih meditasi rutin diharapkan chakra-chakra dalam tubuhnya akan aktif dengan sendirinya sekalipun lambat sekali waktunya. Asal yang bersangkutan tekun dan tidak putus asa dalam hidup bermeditasi maka hasilnya juga sama dengan orang yang telah belajar reiki. Saya sarankan cobalah Anda belajar rileksasi lebih dulu sebelum melangkah ke meditasi ringan dan secara bertahap melangkah ke meditasi yang berat semisal meditasi Reiki, meditasi Kundalini dan meditasi G Tummo atau Tummo.

Memang seseorang yang telah memperoleh attunement Reiki akan merasakan kemudahan saat melakukan meditasi. Hal ini karena saluran-saluran energi dalam tubuhnya telah menjadi bersih dan lebih dari itu getaran energinya pun semakin tinggi vibrasinya. Dengan tingginya vibrasi energi dalam tubuhnya maka saat meditasi ia akan dapat mengangkat dan memperluas kesadaran dengan cepat dan mudah hanya dengan sekali niat saja.

"Begitu mudahkah meditasi itu?" tanya sahabat satunya lagi kepada sehat berkat reiki ketika menghadiri bakti sosial penyembuhan reiki di Gedung Kridha Bakti Sekneg sebulan lalu. "Betul...sangat mudah," jawab saya. Seseorang dapat dikatakan dalam keadaan meditasi apabila gelombang pikirannya berada dalam tingkat theta (frekuensi gelombang otaknya berada antara 4-8Hz). Frekuensi ini dapat diukur dengan alat ukur yang disebut neurofeedback.

Bila seorang sudah belajar reiki akan diarahkan belajar sebuah teknik meditasi yang bertujuan menyeimbangkan energi dan unsur negatif (yin) dengan unsur positif (yang) di seluruh tubuh. Meditasi ini dapat dilakukan sambil duduk di kursi atau duduk bersila di lantai. Bagi Anda yang bukan praktisi reiki pun sebaiknya bisa melatih asalkan ada niat untuk mengaktifkan chakra-chakra dalam tubuh dalam ucapan affirmasi. Inilah salah satu cara latihannya.

Kita ambil posisi duduk bersila di lantai dengan posisi seperti contoh gambar meditasi di taman pinggir pantai ini. Silakan kedua telapak tangan Anda diletakkan di atas kedua paha dekat lutut. Telapak tangan kiri diletakkan di atas lutut kiri dan telapak tangan kanan di atas lutut kanan. Tetap santai dan masukkan affirmasi lanjutan ke dalam alam bawah sadar Anda cukup dalam hati,"Ya...Tuhan aktifkan theta stage otak kanan dan kiri saya sekarang juga."

Mata mulai terpejam dan tarik nafas melalui hidung dalam hitungan 1-2-3...s/d 8 hitungan lalu tahan nafas di dada dalam hitungan 1-2-3...s/d 8 hitungan. Segera buang nafas dalam delapan hitungan secara pelan-pelan melalui mulut mendesis. Ulangi siklus tarik-tahan-buang nafas ini 5 kali ulangan. Inilah pola nafas segitiga yang biasa dipakai oleh praktisi tenaga dalam juga praktisi persilatan umumnya.

Bila sudah delapan kali tarik-tahan-buang nafas niatkan seluruh tubuh mulai dari ubun-ubun kepala hingga ujung jari-jari telapak kaki menjadi rilek serilek mungkin dan pasrahkan segala sesuatunya kehadirat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Bernafaslah alami selanjutnya dengan tarik dan buang nafas melalui hidung. Tetap santai...dan tidak ada kekuatan negatif yang mampu menyentuh Anda bahkah bila Anda berbakat dalam waktu singkat akan mencapai ketenangan bhatin. Tahan posisi meditasi ini selama 20-30 menit.

Latihan meditasi ini dapat diharapkan membawa manfaat bagi tubuh, kesehatan dan spiritualitas Anda meningkat. Saat meditasi, rangkaian kalimat teduh dalam zikir (bagi Muslim) yang diucapkan berulang-ulang, atau doa lain sesuai Iman dan Kepercayaan dan diiringi musik yang tenang (musik klasik), serta suasana hening dapat menekan produksi hormon adrenalin biang pemicu kecemasan menjadi hormon epinefrin yang meredakan stress menjadi meningkat.

Dengan semakin meningkatnya hormon epinefrin aliran darah juga menjadi lancar, tekanan darah turun, beban jantung berkurang. Kondisi seperti ini otomatis membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh maka kesehatan organ-organ tubuh pun meningkat. Itulah kiat sehat dengan reiki yang bisa saya paparkan dalam postingan episode ini. Selamat berlatih meditasi semoga Anda menjadi semakin sehat.

Read More..

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto Saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.