ON LINE

Followers

MENGAKTIPKAN CHAKRA

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 04 Desember 2009


Beberapa waktu lalu sehat dengan inti reiki mendapat pertanyaan dari seorang sahabat yang bukan praktisi reiki, menanyakan cara singkat untuk mengaktipkan seluruh chakra dalam tubuhnya. Kendatipun sahabat ini belum familiar seputar chakra tapi karena keingintahuan seputar kesehatan alami dengan mendaya gunakan energi alam semesta, maka pertanyaan itu baru dapat saya jawab sekarang ini. Nah apa yang dimaksud dengan mengaktipkan chakra? Begitulah bunyi pertanyaan tadi. Sehat bersama inti reiki jawab, "Mengaktipkan chakra adalah membuat chakra dalam tubuh selalu terhubung dengan energi alam semesta dan hanya dengan NIAT dalam hati maka energi alam semesta akan masuk ke dalam diri kita untuk bekerja sesuai dengan affirmasi yang kita ucapkan. Gerbang masuk energi alam semesta lewat chakra mahkota yang ada di atas ubun-ubun kita."

Cara sederhana mengaktipkan chakra bisa dilakukan sendiri. Setiap manusia baik itu seorang olahragawan atau bukan mempunyai chakra dalam sistem energi tubuhnya. Cara mengaktipkan chakra selain dilakukan dengan pertolongan seorang penyembuh, misalnya praktisi reiki, prana, chikung juga bisa dikerjakan sendiri dalam waktu luang. Cara sederhana dan setiap orang pernah melakukan adalah dengan rajin berolahraga. Kenapa olahraga? Sebab gerakan olahraga misalnya menggerakkan tangan dan tubuh tengah mengaktipkan chakra jantung, pusar dan seks. Sedangkan gerakan kepala akan mengaktipkan chakra ajna (mata ketiga), tenggorokan dan mahkota. Lalu gerakan kaki bawah mengaktipkan chakra seks dan dasar. Lihat gerakan yoga yang dilakukan praktisi yoga hakekatnya adalah mengaktipkan seluruh chakra. Kendati pun Anda sudah berolahraga dan chakra aktip tetapi Anda belum mampu mengakses energi alam semesta. Kenapa?

Selanjutnya bila Anda tertarik untuk mendalami meditasi hakekatnya Anda selangkah lebih maju dalam belajar olah jiwa dan dengan rajin meditasi dengan sendirinya setiap chakra dalam tubuhnya akan menjadi aktip. Meditasi bisa diiringi musik lembut bernada irama klasik memang banyak gunanya. Misalnya memperbaiki chakra, sirkulasi energi, mengaktipkan lebih banyak perputaran sirkulasi energi. Meditasi yang lebih dalam misalnya meditasi Kundalini akan mengoptimalkan energi sehingga chakra berfungsi optimal. Meditasi yang dilakukan berkesinambungan tanpa mengenal lelah buahnya akan dirasakan bagi kesehatan jasmani dan rukhani si pemilik tubuh. Ini dikarenakan sistem chakra dalam tubuhnya perlahan-lahan menjadi aktip seiring praktek meditasi yang berkesinambungan.

Apakah meditasi menjadikan pelakunya bagaikan seorang pertapa yang mengucilkan kehidupan pribadinya dari keramaian dunia? Tidak sahabat sehat ala inti reiki...Kita sebagai manusia normal selalu bersosialisasi dengan lingkungan baik di tempat kerja, tempat tinggal dan masyarakat luas tetap melaksanakan kewajiban sesuai dengan bidang masing-masing. Hanya saja tatkala waktu luang dalam keseharian baru kita praktekkan meditasi dari yang sederhana hingga meditasi yang rumit. Anda pun yang bukan praktisi chakra healing atau reiki dan tidak tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan spiritual, sebenarnya chakra Anda sudah terbuka hanya saja kurang optimal pembukaan chakranya. Perputaran chakra lemah dan lebih banyak kotornya.

Cara lain untuk mengaktipkan chakra adalah menyatu dengan alam semesta misalnya pergi ke daerah pegunungan untuk menghirup udara segar atau pergi ke pantai. Di tempat ini Anda bisa duduk di bawah pohon rindang dengan niat menarik energi dari alam semesta melalui sirkulasi udara sejuk pepohonan dan bunyi gemericiknya air laut yang mengenai batu karang di pantai. Dengan mengambil posisi duduk dalam keheningan alam sekitar otomatis akan terjadi interferensi energi dalam diri kita. Dampaknya kita akan merasa segar dan iringi kesegaran jasmani ini dengan tetap berpikiran positip setiap waktu.

Apakah chakra bisa terganggu fungsinya? Bisa... Contoh sederhana setiap orang pasti pernah mempunyai rasa sebal entah kepada siapa, maka chakra solar plexus yang berhubungan dengan psikis dan perasaan ini pasti akan terganggu. Cobalah Anda langkahkan kaki sebentar keluar rumah lalu lihat pemandangan alam yang ada di sekeliling sambil menghirup udara segar lalu membuang napas berirama. Seiring tarikan dan buang napas bayangkan segala kekesalan yang ada dalam tubuh ikut dibuang bersamaan keluar tubuh. Rasakan sensasi ini untuk beberapa saat. Pandang hijaunya dedaunan di sekeliling Anda dan rasakan energi hijau daun menerpa mata Anda.

Bila sudah yakin akan kebiasaan ini dan mendatangkan ketenangan bhatin, Anda sudah bisa mengaktipkan setiap chakra utama dalam tubuh. Cukup dengan niat dalam hati saja, Ya...Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Penyayang aku mohon kehadirat-Mu, bersihkan, ratakan, mekarkan, lebarkan sekaligus aktipkan terus menerus chakra dasar saya saat ini juga." Dalam kondisi pasrah dan Anda peka maka akan terasa getaran-getaran di chakra dasar. Otomatis energi Ilahi akan bekerja dengan sendirinya. Kenapa? Sebab kata "niat" Anda sudah merupakan software yang menghubungkan diri pribadi Anda dengan kekuatan alam semesta. Niat sudah merupakan energi. Dengan kata lain energi mengikuti pikiran kita atau bahasa kerennya Energy follows the mind. Arahkan pikiran ini sejenak di chakra dasar. Chakra dasar akan memperbaiki diri.

Selanjutnya pindahkan pikiran Anda ke chakra seks, solar plexus, jantung, tenggorokan, ajna dan mahkota. Niat dalam hati satu demi satu chakra ini untuk diaktipkan, dibersihkan, diratakan, dimekarkan dan dibersihkan. Untuk masing-masing pengaktipan chakra waktunya sekitar 5 menit saja. Secara otomatis chakra yang disebut tadi akan memperbaiki diri dan bekerja sesuai niat Anda. Semua serba automatically. Boleh dikatakan chakra aktip diibaratkan sebagai jendela yang berhubungan dengan energi alam semesta. Sedangkan Chakra tidak aktip bila yang bersangkutan meniatkan menarik energi alam semesta tetapi tidak ada getaran yang dirasakan dalam tubuh energi. Dengan kata lain tubuh energi pasip tidak bereaksi. Agar chakra tetap aktip dan sekaligus bisa mengakses energi alam semesta secara bersamaan maka orang itu perlu mendapatkan attunement reiki.







4 komentar

  1. Oh yah mbak... aku pernah baca bahwa Meditasi pada chakra perut berefek tahan api dan melayang di udara.... bisa jadi manusia super nih.

    Mohon maaf baru sempat mampir.

     
  2. Aku sendiri malah belum pernah mendengar istilah ini Mas.Tapi melalui latihan di Prana Shakti setiap praktisi diberikan latihan bagaimana menghadapi api yang membara dan memukul benda keras hingga patah menggunakan gulungan kertas koran. Lainnya menjatuhkan atau bisa juga melempar bolam lampu ke tembok tapi bolam lampu tidak pecah berantakan. Semuanya ini dimungkinkan dengan mengakses energi tertentu (inti baja) lebih dulu cukup 1x saja.Lalu getaran energi yang telah diakses disalurkan ke gulungan koran atau membungkus bolam lampu.
    Saya kira Masyarakat tradisional Sulawesi Selatan tempat Mas Setiawan lebih paham soal ilmu ini barangkali pernah berlatih?

     
  3. andi Says:
  4. Wah bagus informasinya.
    Saya sudah ikut Waskita Reiki baru level 2.
    Mudah mudahhan dengan berlatih mengaktifkan cakra ini, bisa mempercepat pengaktifan cakra saya.
    Terimakasih mbak arum.
    salam reiki dari medan

     
  5. Anonim Says:
  6. Anda bis menginformasikan bagaimana mendapatkan tenaga dalam secara instan? Tolong diinformasikan. terima kassih buanyak.

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.