ON LINE

Followers

SARANG SEMUT MENCABUT SEL KANKER

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 31 Oktober 2009 0 komentar



Mengunjungi blog saudara tua sehat dengan reiki kaget. Betapa tidak kaget ketika membaca artikel postingan tersebut, telah ditulis kepergian kakak saudara tua lainnya menghadap Sang Khalik karena penyakit gagal ginjal tanggal 17 Oktober 2009. Lebih trenyuh lagi saat ini adik almarhum tadi juga tengah mengidap kanker payudara yang masuk stadium empat. Si Mbak ini tetap optimis bersahabat dengan kanker payudara. Hanya iringan doa kepada Ilahi Ya Rabbi saja kita panjatkan kiranya Yang Maha Kuasa berkenan memberikan kesembuhan. Melalui doa tulus yang tiada henti-hentinya Tuhan segera mengangkat penyakitnya.

Penyakit kanker atau pun penyakit lainnya yang tergolong seram bolehlah kita takuti. Penyembuhan medis dengan segala peralatan kedokteran canggih sudah banyak terbukti membasmi sel kanker dan si penderita disembuhkan. Demikian pula halnya penyembuhan alternatip misal Prana dan Reiki pun juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker bahkan sel kanker sendiri bisa dimusnahkan. Yang lainnya yakni Sarang Semut sebagai tanaman epifit yang menempel di pohon ternyata juga mampu sebagai zat antioksidan yang ampuh mencegah sekaligus mengatasi serangan kanker.

Kiat alami sebagaimana ditulis gaya hidup sehat menyebut 3 peneliti dari University National of Ho Chi Minh City yaitu Yasuhiro Tezuka dan Yuko Harimaya dan Arjun Hari Banskota telah meneliti keampuhan sarang semut. Qui mengambil by ki nam (sebutan di Vietnam) dari Tinh Bien Di Provinsi Angiang dan Lamdong. Di negeri lumbung beras ini sarang semut secara tradisional dipergunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti diare, hepatitis, keputihan, malaria dan rematik.

Para ahli ini mengambil sampel sarang semut berbobot 2-3 kg lalu diekstrak dengan bahan larutan seperti metanol, air, campuran air dan metanol. Peneliti ini menumbuhkan tiga sel kanker yang mudah menyebar ke bagian tubuh lain seperti kanker serviks, paru dan usus. Masing-masing hasil ekstraksi diberikan kepada setiap sel kanker. Hasilnya menakjubkan, sarang semut mempunyai aktivitas antiproliferasi. Antiproliferasi dalam dunia kedokteran berarti pertumbuhan sel yang amat cepat dan abnormal. Kanker sendiri berarti pertumbuhan sel yang cepat dan tidak terkendali.

Hasil uji coba Dr. Muhammad Ahkam Subroto dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi menyebutkan bahwa sarang semut mengandung flavonoid dan tanin. Bagi tubuh,flavonoid berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh untuk mencegah sekaligus mengatasi serangan kanker. Mekanisme kerja flavonoid dalam mengatasi kanker dengan cara menginaktifasi karsinogen, menghambat siklus sel dan menginduksi apoptosis.

Manfaat lain dari flavonoid adalah meningkatkan air susu ibu (ASI). Flavonoid diyakini mengandung hormon penting untuk merangsang dan melancarkan ASI. Selain itu Nongon, sebutan sarang semut di Lembah Baliem Papua juga mengandung tokoferol zat mirip vitamin E yang berefek antioksidan efektif. Tokoferol mampu menangkal radikal bebas dan antikanker. Di Papua sendiri sarang semut memang telah lama digunakan masyarakat setempat untuk mengatasi gangguan penyakit baik manusia atau pun hewan.

Secara turun temurun sarang semut dimanfaatkan Suku Bogondini dan Tolikara sebagai bahan baku ramuan oleh masyarakat pedalaman di bagian barat Wamena Papua. Mereka menggunakan ramuan ini untuk meredakan rematik dan asam urat. Bila ternak babi mereka sakit, air rebusan sarang semut dimanfaatkan mengatasi gangguan penyakit ini. Papua memang gudang sarang semut.

Tentunya sahabat sehat bersama reiki bertanya apa sih sarang semut itu? Apakah sarang semut yang ada di pohon, batang kayu lapuk dan timbunan tanah di bawah bongkahan batu sebagaimana pernah kita lihat di sekitar rumah. Yang dimaksud Sarang Semut di sini adalah nama kelompok tumbuhan epifit yang menempel di pohon. Kelompok tumbuhan ini terdiri atas dua genus, yakni Myrmecodia dan Hydnophytum dengan belasan spesies.

Umbi kedua jenis tumbuhan ini menggelembung dipenuhi duri tajam. Di dalam umbi terdapat labirin-labirin yang dihuni semut dan cendawan. Daging umbi tanaman itulah yang diiris tipis-tipis kemudian dijemur untuk dijadikan ramuan. Secara empiris sarang semut tak hanya cespleng menyembuhkan tumor dan kanker tertentu. Penyakit lain yang diyakini bisa diatasi oleh kerabat kacapiring itu antara lain bronkitis, gangguan tekanan darah, jantung dan stroke. Tak heran di samping usaha penyembuhan medis, banyak orang mulai menyandarkan harapan kesembuhan atas penyakitnya pada sarang semut ini.

Saat ini di pasaran banyak dijual produk ramuan berbahan dasar sarang semut dalam bentuk serbuk maupun kapsul. Sayang harganya bagi sebagian besar orang masih mahal. Serbuk sarang semut seberat 100 gram harganya berkisar 100 ribu rupiah. Dengan semakin banyaknya budi daya sarang semut, semoga harganya bisa semakin terjangkau dan harapan pencari kesembuhan penyakit kanker dapat mencoba ramuan ini. Kalau Tuhan berkenan apa pun jenis penyakit bisa disembuhkan dan tak ada salahnya mencoba ramuan sarang semut.

Sumber tulisan : Gaya Hidup Sehat ( disunting ) gambar www.sarangsemut.com



Read More..

TATA CARA MENERIMA REIKI JARAK JAUH

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 29 Oktober 2009 3 komentar

Komunitas tempat sehat dengan reiki mempraktekkan reiki setiap malam pukul 22 hingga 22.30 selalu melakukan transfer energi kepada siapa pun yang berminat. Setiap hari jumlah peserta kian bertambah yang diindikasikan bertambahnya peserta yang mendaftar menerima reiki gratis untuk kesehatan. Ini adalah bakti sosial secara luas yang diikuti seluruh praktisi reiki mulai dari tingkat 2 hingga Reiki Master yang menyalurkan reiki baik kepada kerabat, sahabat, tetangga termasuk pengunjung blog ku ini. Semuanya dilakukan agar si penerima reiki semakin sehat dan bugar dalam aktivitas keseharian di tempat tinggal masing-masing.

Seorang sahabat dari Tulungagung Rizky 2009, kemaren malam melalui chatting di shotboux menanyakan kepada sehat berkat reiki bagaimana cara menerima reiki ini. Tata cara menerima reiki jarak jauh di tempat tinggal masing-masing cukup dilakukan selama setengah jam yang dimulai jam 22 hingga 22.30 wib. Ada pun sikap menerima reiki jarak jauh persiapkan lebih dulu kondisi Anda untuk rileks, santai dan jangan konsentrasi saat menerima reiki.

Pertama berdoa dulu kepada Pemilik sekaligus pencipta reiki yaitu Sang Khalik atau Ilahi penguasa jagad alam semesta beserta seluruh ciptaan-Nya. Setelah itu duduk di kursi tanpa bersandar dengan posisi tangan menengadah keatas di atas lutut kanan dan kiri. Hirup napas alami yaitu tarik dan buang napas melalui hidung. Namun saat persiapan rileksasi 10 menit menjelang jam 22 wib lakukan langkah rileksasi dengan tarik napas lewat hidung, tahan napas di dada lalu buang napas lewat mulut mendesis dalam hitungan 8-5-8.

menerima reiki jarak jauh 1
Sikap menerima reiki jarak jauh posisi duduk tegak, mata terpejam, rilek dan dekonsentrasi.


Artinya Anda menarik napas dalam hitungan 0 s/d 8 lalu napas mentok di dada.Tahan napas di dada dalam hitungan 0 s/d 5 lalu buang napas lewat mulut dalam hitungan 0 s/d 8 hitungan juga. Ulangi langkah ini sampai 10 kali. Setelah rileks ucapkan affirmasi sebagai berikut ini:
1. Saya siap menerima reiki jarak jauh dari komunitas reiki untuk kebugaran dan kesehatan saya setiap hari. Dengan izin-Mu, ya...Tuhan terjadilah.
2. Energi reiki juga akan saya terima dan bekerja setiap hari saat saya bekerja, istirahat malam (tidur) dan aktivitas lainnya.
3. Saya sekarang siap menerima reiki tepat pukul 22-22.30 wib.

Lakukan pernapasan alami dengan tarik napas dan buang napas lewat hidung saja. Posisi menerima reiki mata terpejam dan alangkah baiknya baluri dulu tangan dan kaki Anda dengan krem pengusir nyamuk agar tangan dan kaki tidak bergerak-saat menerima reiki. Atur jam alarm HP berdering tepat pukul 22.30 di mana transfer reiki selesai. Jangan buru-buru berdiri, tetap santai di kursi mata mulai membuka dan teguk air putih yang telah disiapkan di dekat Anda duduk.

menerima reiki jarak jauh 2
Tetap santai bernapas alami dan rasakan sensasi reiki masuk tubuh, jangan menyender dan pasrah.


Ucapkan Doa syukur sekali lagi kepada Tuhan YME atas berkat dan karunia-Nya dalam transfer reiki ini dan semoga kesehatan dan kebugaran senantiasa menaungi Anda setiap hari. Energi yang kami kirimkan ini sudah dibuat pemograman untuk bekerja di luar jam 22-22.30 wib secara terus menerus. Demi efektifitas penerimaan reiki sehat bersama reiki anjurkan untuk mau menerima reiki tepat jam 22-22.30 wib. Di luar jam itu misalnya di pagi hari, katakanlah jam 8-8.30 wib Anda juga bisa menerima reiki ini dengan tata cara sama persis dengan reiki yang kami kirim jam 22-22.30 wib.

Bila Anda memerlukan reiki silakan ulangi lagi setiap malam di jam sama dan jangan bosan. Sensasi menerima reiki untuk masing-masing peserta tidak sama. Anda mungkin akan merasa panas, dingin sekali, hangat bahkan tidak merasa sama sekali tetapi energi reiki tetap masuk ke tubuh Anda dan bekerja sesuai dengan affirmasi yang kami ucapkan dan Anda ucapkan. Untuk jelasnya Anda bisa melihat yang satu ini setelah bersedia untuk menerima reiki. Simak dan tetap berbaik sangka kepada kami...praktisi reiki.

Untuk jelasnya bisa melihat posisi tubuh saat menerima reiki dalam gambar di atas. Sumber gambar : www.reikiasia.com




Read More..

MASIH SOAL TOKSIN DAN ANJURAN PUASA

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 28 Oktober 2009 3 komentar

Bukan main kondisi lalu lintas hari ini. Di mana-mana macet, sekaligus arus lalu lintas dari arah Pasar Minggu menuju Pancoran bergerak padat merayap. Pengendara sepeda motor hendaknya cukup bijaksana menutup hidung dan mulut dengan sapu tangan atau masker agar terhindar dari asap polusi kendaraan bermotor. Demikian laporan pendengar yang tengah melintas di keramaian kota Jakarta kepada Radio Elshinta pagi tadi. Macet adalah hal biasa di Jakarta utamanya di saat jam berangkat kerja dan pulang kerja.Kita nikmati saja kondisi macet ini agar tidak stress.


Secara kebetulan sehat bersama reiki pagi tadi dalam perjalanan ke kantor tidak mengalami kendala dalam berkendara. Lalu lintas dari arah Ciledug Tangerang ke Senayan cukup lancar. Dengan demikian stress dapat ditekan agar aktivitas kerja berjalan normal.Tampaknya pendengar setia Radio Elshinta tadi cukup peduli akan pemakaian masker penutup hidung dan mulut agar polusi asap buangan kendaraan tidak mencemari paru-parunya. Karena itu ajakan memakai masker kepada pengendara lain cukup bijaksana dan semata ini dilakukan agar toksin dari asap kendaraan tidak masuk ke hidung dan mulut.


Hari ini sehat ala reiki kembali mengulas tentang bahaya polusi asap kendaraan bermotor yang sudah akrab bagi pengguna kendaraan bermotor, pejalan kaki, penunggu angkutan umum dan pengendara mobil pribadi. Toksin atau racun ini ibarat bom waktu yang sewaktu-waktu bisa menghancurkan tubuh. Kondisi demikian memang tidak kita harapkan dan semuanya rindu akan lingkungan hidup yang nyaman dan bersih udaranya.


macet-ciputat-lbk-bulus

Macet lalu lintas di jam kerja dan pulang kerja.


Pada awalnya manusia hidup di lingkungan yang alami. Mereka tinggal di tempat yang udaranya bersih, nyaman dengan kondisi air tanah bersih, udara segar, cukup banyak tumbuhan lebat dengan aneka jenis tanaman buah-buahan dan bunga mekar sepanjang hari. Ilustrasi ini menggambarkan bagaimana orang dulu hidup alami berdampingan dengan alam yang indah ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.


Namun seiring kemajuan teknologi dan penggunaan produk-produk kimia yang cukup luas seperti pemakaian racun untuk membasmi hama tanaman misal racun serangga, bahan pengawet, pewarna, perasa tiruan, antibiotik telah meningkatkan kandungan racun dalam tubuh kita. Termasuk di sini asap kendaraan bermotor akibat gas buang yang kadar timbalnya cukup tinggi.


asap_knalpot

Polusi asap keluar dari knalpot mobil.


Menurut Prof Dr. Made Astawan sebagaimana ditulis dalam gaya hidup sehat, toksin dari limbah beracun tadi akan menumpuk dalam hati yang menyebabkan pengerasan hati. Bila toksin mengendap dalam darah, dapat menyebabkan pengerasan saluran darah dan memicu penyakit jantung. Bila terkena paru-paru karena udara kotor tercemar polusi asap kendaraan maka toksin ini akan menyebabkan lendir dan menimbulkan asma.


Apabila sistem penyaringan di dalam tubuh tak dapat membersihkan racun tadi maka toksin akan keluar lewat kulit yang menyebabkan penyakit kulit. Pernah terjadi kasus ini pada penderita kencing manis yang terpaksa diamputasi karena kulit kakinya telah membusuk. Yang lebih parah lagi toksin itu juga berubah menjadi batu ginjal dan sebagian tinggal di dalam ginjal.


Karena ginjal tak berdaya menanganinya akan terjadi perubahan patologi. Penumpukan toksin menyebabkan sistem endokrin gagal berfungsi. Akibatnya hormon akan berpengaruh dalam waktu singkat yang ujung-ujungnya mengakibatkan penyakit kencing manis, masalah haid dan monopause. "Efek toksin membuat badan mudah lelah dan letih, mudah sakit dan kulit kusam", jelas Prof. Dr. Made lebih lanjut.


Efek toksin yang masuk ke dalam tubuh bisa lewat makanan. Ada 5 hal yang perlu mendapat perhatian kita semua di antaranya:

1. Secara alami toksin sudah ada dalam makanan itu sendiri. Misalnya antitipsin pada kedelai, asam jengkolat pada jengkol serta hemaglutinin pada kacang-kacangan mentah.

2. Akibat reaksi kimia dari komponen pangan yang terjadi selama proses pengolahan dan penyimpanan.

3. Penambahan senyawa tertentu selama proses pengolahan pangan.

4. Karena migrasi senyawa beracun dari wadah atau kemasan, misalnya plastik pembungkus makanan dan minuman yang dalam kondisi panas masuk kedalam makanan dan minuman. Untuk jelasnya bisa baca di sini.

5. Kontaminasi dari lingkungan berupa senyawa kimia beracun atau mikroba penghasil racun. Contohnya asap kendaraan bermotor, asap pabrik yang terus menerus terhirup oleh masyarakat sekitarnya.


Begitu menakutkan unsur toksin masuk tubuh manusia. Karena unsur toksin itulah kesehatan terganggu dan kemampuan tubuh untuk kembali sehat (recovery) kian terbatas. Bagaimana solusinya? "Puasalah agar kamu sehat. Berpuasa adalah cara alami mengatasi racun tubuh. Berpuasa justru melepaskan bahan-bahan beracun tadi yang selama ini mengganggu sel, jaringan dan organ dalam tubuh," imbuh Prof. Made lebih lanjut.


Ajakan puasa cukup simpatik. Berpuasa juga dijalankan oleh umat beragama di negara kita Indonesia. Sudah barang tentu anjuran berpuasa juga merupakan perintah dari Tuhan Yang Maha Kuasa kepada orang beriman. Melihat beberapa kajian ilmiah yang menunjukkan bahwa puasa terbukti aman bagi siapa saja, maka puasa sangat efektif untuk membersihkan bagian dalam tubuh, regenerasi sel dan peremajaan tubuh itu sendiri.


Oleh sebab itu sebaiknya puasa dilakukan secara teratur di luar bulan suci Ramadhan, misal puasa Senin dan Kamis. Dengan puasa kita membiasakan diri mengurangi asupan makanan berlemak dan makanan tinggi kalori, nikotin, alkohol, kafein, gula, susu, daging dan telur. Ditinjau dari segi medis para ahli kesehatan sepakat bahwa alat pencernaan (perut) merupakan sumber dari berbagai penyakit. Karena itu perlu alat pencernaan ini istirahat dari aktivitas menghancurkan makanan karena tiadanya makanan dan minuman yang masuk mulut hingga tiba di tempat pencernaan makanan.


Puasa bukanlah ibadah bagi umat Islam saja, melainkan perintah puasa juga diberlakukan kepada umat sebelum Nabi Muhammad. Nabi dan Rasul beserta umatnya terdahulu juga melakukan puasa. Secara psikologis puasa bukan hal asing dan berat untuk dilaksanakan. Hanya iman semata saja yang menggerakkan kita berpuasa.


Sejalan dengan ajaran Rasulullah yang dinyatakan oleh Al-Ghazali bahwa, "Perut itu pangkal segala penyakit dan memeliharanya adalah pangkal dari pengobatan." Mengendalikan perut melalui puasa adalah cara sehat dan murah untuk terhindar dari berbagai penyakit. Kiranya anjuran puasa dari Prof Made kepada sehat dengan reiki dan teman-teman pengunjung blog ini patut menjadi renungan kita bersama demi kesehatan tubuh. Membuang toksin melalui puasa menjadikan kita sehat...sehat...sehat selalu. Allau'alam.

Read More..

MENGENAL DETOKSIFIKASI

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 27 Oktober 2009 3 komentar

Hidup sehat dengan reiki dan tentunya Anda semua yang berkunjung ke blog tentu mengenal istilah detoksifikasi. Berbagai ulasan di media cetak banyak membahas detoksifikasi yang dikaitkan dengan hidup sehat lagi awet muda. Memang hidup sehat awet muda adalah dambaan tiap insan manusia. Sementara kita ingin hidup sehat secara pararel penyakit juga datang menyergap setiap saat. Bagaimana ini bisa terjadi?

Kita tahu gangguan penyakit tidak selalu dari luar tubuh, tetapi bisa datang dari dalam tubuh sendiri. Nah gangguan penyakit yang datang dari dalam tubuh sendiri antara lain toksin (racun) di dalam darah yang diakibatkan antara lain oleh konsumsi makanan yang tidak sehat. Racun yang datang dalam tubuh bisa menimbulkan gangguan kesehatan bila dibiarkan terus menumpuk.

Menurut Dr. Bakri dari Vivari Healing sebagaimana ditulis dalam gaya hidup sehat, sebenarnya tubuh manusia mempunyai kekuatan penyembuhan sendiri jika kita bisa menjaganya dengan baik. Karena itu berbagai cara dilakukan setiap orang untuk mendapatkan kesehatan yang murah bila kita tahu cara mendapatkannya. Sehat secara paripurna salah satu caranya yaitu mengeluarkan seluruh racun dari dalam tubuh. Istilah medis yang sering kita dengar adalah detoksifikasi.

Detoksifikasi secara alamiah dilakukan tubuh untuk mengusir penyakit keluar tubuh melalui cairan keringat, tinja, urine juga pernapasan. Di samping mengusir racun keluar dari tubuh, detoksifikasi juga berguna untuk meningkatkan imunitas dan membuat kulit mulus. Zat-zat yang bersifat racun berasal dari ampas makanan karena tidak tercena dengan baik, zat makanan aditif, alkohol, udara tercemar bahkan pikiran dan emosi negatif harus dikeluarkan segera dari dalam tubuh. Zat-zat tadi bersifat racun karena itu secara teratur setiap hari dibuang melalui sistem pembuangan tubuh.

buah segar
Konsumsi buah segar setiap hari.


Karena detoksifikasi terjadi setiap hari maka liver berperan penting dalam proses detoksifikasi. Lever adalah pusat detoksifikasi di dalam tubuh yang menetralkan semua racun tubuh. Bila fungsi lever menurun gejala yang kita rasakan adalah kepala terasa berat, mudah lelah, lapar, mual, kembung, masuk angin, otot pegal, kramm, kesemutan, rambut rontok, berat badan naik, kadar kolesterol dan asam urat naik. Wah kalau begitu gawat ya? Betul...

Segera perhatikan menurunnya fungsi lever sejak awal. Tanda-tanda menurunnya fungsi lever akan menyebabkan penyakit degeneratif. "Penyakit stroke, jantung koroner, tumor, kanker, gagal ginjal, perlemakan dan pengerasan liver, kencing manis, darah tinggi dan penuaan dini", papar Dr. Bakri lebih lanjut. Ada beberapa cara ragam detoksifikasi agar fungsi liver selalu dalam kondisi baik antara lain:

1. Food Detox.
Menghindari makanan berlemak, seperti daging merah atau produk olahan susu atau makanan yang terlalu asin dan manis. Bahan makanan jenis ini dapat memperberat kerja organ pendetoks. Detoks cara ini dilakukan dengan makan buah pepaya, nanas, apel, semangka, melon, anggur, tomat dan wortel. Buah-buahan tadi merupakan sumber antioksidan tinggi yang selain memberi zat gizi, juga berguna membuang racun. Konsumsi lainnya sayuran seperti brokoli, selada air, kacang kedelai, kacang tanah dan buncis. Agar aman sebaiknya buah dan sayur organik sebagai bahan detoks bebas dari bahan kimia.

2. Puasa.
Paling efektif adalah detoks cara ini. Selain ringan dan efektif manfaat puasa sangat berguna untuk perbaikan saluran pencernaan. Ibarat mesin yang terus bekerja sepanjang tahun, ada baiknya selama 1 bulan mesin pencernaan ini kita istirahatkan selama kurang lebih 13 jam setiap harinya dengan berhenti makan dan minum. Berpuasa memberi kesempatan kepada organ-organ yang terkait dengan fungsi detoksifikasi seperti hati, usus besar, ginjal, paru-paru dan kulit dapat diistirahatkan sementara waktu di waktu siang hari di bulan puasa. Dengan puasa sel-sel tubuh leluasa melakukan metabolisme zat-zat di dalam tubuh. Tradisi puasa dengan cara tidak makan dan minum sejak subuh hingga matahari tenggelam. Puasa bisa juga tidak mengkonsumsi garam dan gula sama sekali bahkan hanya makan rebusan umbi-umbian ( ngrowot ) dan membiasakan diri minum air putih matang.

Uraian di atas detoksifikasi ditinjau dari medis kedokteran. Tentu saja masih ada cara lain dari detoksifikasi ditinjau dari gaya hidup sehat ala reiki. Apa itu? Masih menurut Dr. Bakri salah satu cara detoksifikasi di atas adalah membuang pikiran dan emosi negatife tetapi tidak diuraikan caranya. Bagi praktisi reiki cara detoksifikasi alami adalah dengan self healing, healing ke orang lain, meditasi reiki dan metode grounding. Grounding sendiri adalah terhubung seseorang dengan bumi tempat kita berpijak.

gambar gounding bersila
Salah satu metode grounding duduk bersila.


Melalui grounding segala pikiran negatife, emosi negatife, energi negatife penyakit yang ada di tubuh kita buang keluar tubuh lewat chakra terdekat. Contoh bila kita membersihkan organ kepala dan isinya, maka energi negatife penyakit kita keluarkan lewat chakra ajna. Demikian pula bila kita membersihkan organ-organ perut atas dan bawah, maka energi negatife penyakit kita keluarkan lewat chakra solar pleksus dan chakra seks.

Pun seluruh organ tubuh yang ada di dalam rongga dada kita bersihkan lalu energi penyakit kita keluarkan lewat chakra jantung. Begitu seterusnya bagian per bagian tubuh kita bersihkan lalu sisa energi penyakit kita keluarkan lewat chakra dasar (bila duduk bersila) atau chakra kedua telapak kaki (bila duduk di kursi tanpa sandaran) masuk ke dalam bumi tanpa merugikan mahkluk lainnya. Energi positip dari tubuh lalu kita kirimkan ke dalam bumi dan bumi membalas mengirimkan energi positif bumi warna hijau untuk kesehatan tubuh jasmani masuk ke sistem tubuh energi kita.

Selanjutnya bila grounding ini rajin kita lakukan setiap harinya maka tubuh akan terhubung dengan cahaya putih dari langit dan cahaya hijau dari dalam bumi dan kedua cahaya ini bersatu di chakra jantung lalu menyebar membuat perisai tubuh dari serangan energi negatife penyakit dan pengaruh negatife orang lain. Tentunya masih banyak metode grounding masing-masing tradisi reiki yang satu sama lain berbeda caranya tetapi hakekatnya sama yaitu menanam segi positif dalam hidup ini dan meniadakan pikiran negatife. Tapi kalau emosi negatife manusia seperti rasa marah, dendam kesumat berkepanjangan, egois dan sikap negatife lainnya sebaiknya tidak terus dipelihara dan kita buang jauh-jauh saja.

Tentunya Anda dan sehat bersama reiki masih terus belajar dalam sisa hidup ini untuk selalu berusaha membuang jauh-jauh sikap negatife tadi. Detoksifikasi adalah membuang racun dari dalam tubuh dari aspek medis. Sedangkan aspek spiritual melalui olah jiwa diantaranya meditasi reiki, muasabah, grounding, self healing dan other healing.





Read More..

PERANAN AIR DALAM HIDUP MANUSIA

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 24 Oktober 2009 4 komentar

"Untuk hari ini saja apakah Anda sudah menggunakan air dengan baik?", begitulah kiranya pertanyaan yang diajukan kepada sehat dengan reiki dan teman-teman saat berkunjung ke Songbanyu Gunung Kidul beberapa hari lalu? Pertanyaan spontan dari petani kepada tamu nya orang Jakarta ini mengingatkan kita semua akan arti pentingnya air dalam hidup ini. Sebab air merupakan sarana kehidupan sehari-hari sampai urusan terapi kesehatan pun juga memakai air.

Peranan air begitu penting dalam hidup ini. Saat lahir lalu tumbuh berkembang dari bayi hingga dewasa bahkan tatkala ajal telah tiba jasad ini akan selalu bersentuhan dengan air. Dengan air pula kita membersihkan diri, minum dan bergaul. Contohnya ya itu tadi...bapak petani di daerah Gunung Kidul memperlakukan air sebagai teman bekerja. Beliau mengolah tanah sawah, mencangkul lalu menanam bibit padi di hamparan tanah sawah yang telah diairi. Dengan sabar pula beliau merawat tanaman padi agar dalam masa tumbuhnya selalu kecukupan air. Artinya air bisa menjadi penyeimbang kehidupan.

Lantas hubungan air dengan tubuh manusia? Tubuh manusia sendiri terdiri 70 persen air. Dalam urusan terapi kebugaran tubuh, Charles Darwin ilmuwan yang mengeluarkan teori evolusi pada tahun 1857 pernah bertanya mengapa mandi air dingin bisa menyembuhkan dirinya dari gangguan rasa sakit, nyeri dan rasa mual yang dideritanya. Ia penasaran tidak mendapatkan jawaban akan manfaat air yang menyembuhkan penyakitnya. Barulah sebuah lembaga riset trombosis di London menemukan jawabannya.

Menurut riset penelitian ini, jika orang selalu mandi dengan air dingin, peredaran darahnya akan membaik sehingga tubuh menjadi segar dan bugar, apalagi mandi di pagi hari sebelum beraktivitas setelah kita melakukan olahraga harian. Peneliti juga menemukan mandi air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam badan dan dengan sendirinya meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus.

Khabar baiknya mandi air dingin pagi hari dapat meningkatkan produksi hormon testosteron kaum pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan rutin mandi air dingin kesuburan dan kegairahan asmara mereka bisa meningkat. Lebih hot dari biasanya, apalagi bila mandi dilakukan sebelum beduk subuh bergema membangunkan kita dari tidur malam yang lelap. Dengan mandi air dingin di pagi hari jaringan tubuh membaik, kuku lebih sehat dan kuat, rambut pun tumbuh lebat.

Saat haus minum air putih itu perlu.

Saat haus minum air putih itu perlu.



Terapi pengobatan dengan air dingin juga membantu menyembuhkan penyakit asma. Tapi harus diingat kadar air mandi haruslah sekitar 15 derajat celcius. Tubuh manusia stabil pada suhu 37 derajat celcius juga karena air. Cairan dalam tubuh kita juga berperan sebagai pengatur panas dengan cara penguapan dan evaporasi. Perhitungannya setiap penguapan 1 gram air dapat menurunkan panas tubuh sebanyak 6 kalori. Tapi ingat bila penguapan kebablasan akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Ini yang tidak boleh terjadi.

Adanya dehidrasi dalam tubuh yang kebablasan mengakibatkan kontrol suhu tubuh kehilangan kontrol. Akibatnya siap-siap saja kita kena serangan sengatan panas ( heat stroke ) yang mengakibatkan kram, pingsan atau denyut jantung lebih cepat. Kehilangan 1 - 2 % cairan tubuh saja dampaknya bisa menurunkan konsentrasi. Oleh karena itu sikap waspada akan kekurangan air dalam tubuh perlu menjadi perhatian kita semua. Bila dibiarkan berlarut-larut ujung-ujungnya bisa gawat.

Seiring meningkatnya aktivitas fisik seperti berolahraga di udara terbuka atau kegiatan petani bekerja di sawah, tentu saja kebutuhan air minum semakin meningkat. Apalagi jika suhu tubuh tinggi dan sedang stress maka rasa haus akan semakin terasa. Meski manfaat minum air saat haus untuk menghilangkan dahaga, alangkah baiknya setidaknya kita minum air putih 1 liter lebih banyak dari yang dibutuhkan ketika rasa haus tiba, begitu saran Dr. James M. Rippe, kardiolog dari Sekolah Medis Massachusetts Amerika Serikat.

Bagi kita yang tinggal di daerah tropis, soal hilangnya cairan tubuh harus lebih diperhatikan. Untuk mengisi ulang cairan tubuh harus menggunakan cairan yang tepat...siapa lagi kalau bukan air putih. Jim Jones, pakar makanan terkemuka di AS sangat prihatin karena banyak orang ingin hidup sehat tapi melupakan air putih. Orang jaman sekarang lebih senang minum kopi, teh atau air kola. Manfaat kesehatan yang diberikan air putih tidak dapat digantikan oleh minuman apa pun di pasaran. Termasuk di sini sari buah-buahan yang penuh vitamin sekalipun. Memang nutrisi sari buah sangat penting tapi tidak bisa membersihkan tubuh kita.

Dengan segala manfaatnya air bisa menjadi obat, minuman, terapi air dan tentu saja untuk pengairan di sawah dan ladang. Air hujan sebagai rahmat dari Yang Maha Kuasa sebentar lagi akan selalu tercurah dari langit. Musim hujan telah tiba. Kalau kebanyakan turun akan menjadi bencana banjir. Itu yang tidak kita harapkan, karena itu semoga kita semakin peduli akan keberadaan air dalam kehidupan ini. Apakah itu air hujan, air tanah atau air yang bersumber dari lelehan bongkahan es di daerah bersalju, semuanya membawa manfaat.

Sumber tulisan Mind, Body and Soul (disunting) gambar : blog detik.com


Petani tengah menyiangi rumput.

Petani tengah menyiangi rumput.




Read More..

MENARA EIFFEL DAN SUNGAI SEINE

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 23 Oktober 2009 2 komentar



Indonesia sebagai negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke dengan ibukota Jakarta boleh membanggakan diri dengan Taman Mininya, maka Perancis dengan ibukota Paris pun tak mau kalah dengan Menara Eiffelnya. Taman Mini yang berada di kawasan Jakarta Timur merupakan miniatur dari rumah adat suku-suku bangsa Indonesia, sedangkan Menara Eiffel adalah bangunan besi yang dibangun di Cham de Mars di tepi Sungai Seine.

Nah apa sebenarnya yang menjadi daya tarik Menara Eiffel? Menara ini menjadi ikon kota Paris dibangun tahun 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, pameran dunia yang merayakan seabad revolusi Perancis. Sebenarnya Eiffel hendak membangun menara ini di Barcelona untuk pameran universal tahun 1888, tapi pihak berwajib di Balai Kota Barcelona menganggap biaya menara ini mahal dan tidak cocok dengan kondisi kota ini. Karena ditolak Barcelona maka Eiffel mengirim draf menara ini untuk pameran Universal di Paris.

Akhirnya menara ini jadi juga didirikan dan diresmikan 31 Maret 1889. Selama pembangunan 300 pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam, menggunakan dua setengah juta paku dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechelin. Jelas resiko kecelakaan kerja sangat besar selama pemasangan bentangan besi, namun Eiffel sangat hati-hati dalam tugas ini. Untuk bangunan menara besi pencakar langit modern yang tak biasa, menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform.

Selama masa pembangunan menara ini mendapat kritik dari masyarakat karena adanya satu orang pekerja yang meninggal dunia dan menara besi yang menjulang tinggi ini dianggap mengganggu pandangan mata. Surat kabar harian di Paris dipenuhi surat kritik dari komunitas seni di Perancis. Namun seiring perjalanan waktu ternyata Menara Eiffel menjadi tujuan utama wisatawan yang melancong ke Paris dan mendatangkan keuntungan finansial hingga sekarang ini.

Saat ini Menara Eiffel Paris memperingati hari jadinya yang ke 120 tahun dengan menggelar pertunjukan cahaya spektakuler sehingga menambah keindahan langit malam kota Paris. Setiap malam para pengunjung kota Perancis dapat menikmati pertunjukkan cahaya gemerlapan selama 12 menit. Dalam rangka peringatan hari jadi ini sekitar 250 ribu bola lampu menerangi tubuh menara besi dan menimbulkan kilatan cahaya gemerlapan di sekitar menara Eiffel.

Dalam acara pembukaan pertunjukkan aneka warna cahaya berlangsung setiap setengah jam dengan paduan musik kontemporer sehingga menyajikan suasana spektakuler langit kota Paris di malam hari. Bertepatan dengan hari jadi ikon kota Paris tersebut, salah satu industri otomotif raksasa Perancis juga menggelar peringatan yang ke-90 tahun berdirinya industri otomotif di negeri ini.

Di siang hari kota Paris pun menyelenggarakan festival rakyat. Festival rakyat penuh kegembiraan ini saling melempar bola salju sambil berperahu menyusuri Sungai Seine yang membelah kota Paris. Pesta rakyat penuh canda dan tawa ini bertujuan untuk melupakan resesi ekonomi dan ancaman pemanasan global.

Festival rakyat Perancis yang berlangsung di jantung ibu kota Paris diselenggarakan oleh resor wisata ski Perancis guna mengajak masyarakat melupakan sejenak resesi dan mengajak bergembira bersama. Suasana pesta yang dimeriahkan musik rakyat berlangsung saat hujan gerimis seperti layaknya festival musim dingin. Namun siapa sangka ternyata bola-bola salju ini tiruan belaka. Kendati demikian tak mengurangi kemeriahan pesta rakyat yang sedang berlangsung.

Atraksi jenaka peserta tetap saja mengundang perhatian dan menghibur para wisatawan manca negara yang sedang menikmati jernihnya air Sungai Seine. Tentu saja atraksi ini dikemas dengan tujuan menghibur rakyat Paris juga menghibur pengunjung yang kebetulan turis asing yang sedang menikmati keindahan kota Paris di siang hari.

Sumber berita : Reuters gambar Google Image.



Read More..

MAKAN TEMPE DI SONGBANYU

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 22 Oktober 2009 1 komentar




Melintas alam Desa Songbanyu Kecamatan Girisubo Gunung Kidul sungguh indah. Alam di sini sungguh memikat dengan tebing-tebingnya yang tinggi dengan paduan pantai laut Selatan Jawa yang berombak tinggi menjadikan Pelabuhan Sadeng cukup ramai sebagai penghasil ikan tuna untuk kawasan Gunung Kidul. Di samping ikan tuna, lobster pun menjadi tangkapan nelayan tradisionil setempat. Songbanyu...nama yang agak aneh sehat dengan reiki dengar namun menurut penuturan penduduk setempat, wilayah desa itu bermakna tebing berair yang dahulu kala merupakan muara dari Sungai Bengawan Solo Purba.

Layaknya desa di pulau Jawa mayoritas masyarakat setempat adalah bertani. Mereka menanam padi, kacang tanah, umbi-umbian dan kacang polong di samping memelihara sapi, kerbau, kambing,unggas dan kuda. Sayang saat ini kemarau tengah mendera kawasan ini. Untuk menghemat air di musim kemarau ini, warga terpaksa hidup berhemat air. Di pantai Sadeng yang merupakan muara terakhir dari Sungai Bengawan Solo Purba warga terpaksa mengebor tanah sedalam tiga meter untuk memperoleh air bersih.

Satu-satunya sumur yang terletak di dekat Telaga Suling yang dahulu merupakan dasar lembah Sungai Bengawan Solo Purba harus dibuat dengan cara mengebor tanah hingga 150 meter untuk mendapatkan air bersih. Setelah air bersih didapat barulah air itu ditampung dalam bak lalu dialirkan dengan pipa ke beberapa desa termasuk Desa Songbanyu. Nah berada di desa yang nyaman ini bila berbicara kepada penduduk setempat akan makanan khas rakyat Indonesia, mereka menyebut singkong dan tempe. Kenapa harus tempe? Mari sambil makan tempe di Songbanyu, sehat bersama reiki lihat manfaat tempe untuk kesehatan harian kita.

Tempe merupakan makanan harian yang cukup mudah didapat dan dibuat. Beruntunglah bangsa Indonesia yang telah menemukan dan menggunakan tempe sebagai menu harian. Sebab tempe tidak saja gurih tapi juga memiliki khasiat bagi kesehatan manusia. Sebut saja khasiat tempe untuk mencegah penuaan, menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan kadar haemoglobin.

Yang menggembirakan tempe sudah dijadikan hidangan oleh bangsa lain sebagai menu harian utama setelah kentang dan nasi. Karena itu sebagai bangsa penemu tempe kita tidak boleh malu mengkonsumsi tempe. Dengan alasan kesan modern tidak perlu kita mengganti tempe dengan makanan modern yang serba fast dalam penyajian. Ya di desa Songbanyu ini mendapatkan tempe begitu mudah. Ia dapat ditemui di pasar tradisional desa atau pun di warung.

Begitu mudahnya mendapatkan tempe mengingat tempe sendiri sudah akrab berteman dengan kita. Kendati import masakan modern menyerbu kota besar bahkan kota kabupaten dan telah mempengaruhi selera makan sebagian masyarakat, kita perlu merenung agar tidak meremehkan tempe. Menjadi bagian dari masyarakat Indonesia hendaknya kita menghidangkan tempe sebagai pelengkap teman makan harian. Entah dengan alasan menjadi vegetarian, menjaga kesehatan, melaksanakan progam diet rasa-rasanya tempe layak terus kita konsumsi.

Rumah makan di daerah Gunung Kidul pun menyediakan pula terik tempe. Olahan tempe ini ditambah bahan pembantu dan bumbu-bumbu terpilih menjadikan tempe semakin tinggi kadar gizinya. Konon terik tempe dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Di kota besar pun pizza tempe selain disajikan dalam kemasan modern ternyata juga mengandung protein nabati yang tinggi. Aneka lomba masak ibu-ibu rt setiap memperingati hari kemerdekaan pun selalu membuat tempe sebagai menu hidangan yang dilombakan. Diam-diam tempe juga hadir sebagai hidangan lezat di restoran hotel berbintang.

Menurut gaya hidup awet muda dari makan tempe hingga terapi kembali muda lewat olah pernapasan, pada prinsipnya membuat tempe lewat dua tahap, yakni (a) tahap pemasakan dan (b) tahap fermentasi dengan menggunakan cendawan atau kapang Rhizoporus Oligosporus. Sebagai makanan protein nabati tempe mengandung protein cukup tinggi yaitu 18,3 gram/100 gram tempe. Selain itu tempe juga mengandung zat besi cukup tinggi di mana setiap 100 gram tempe kering mengandung 10 miligram zat besi.

Tempe juga mengandung abu, kalsium, vitamin dan beberapa asam amino yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Dengan melihat proses fermentasi dan kandungan gizi, tempe sendiri ternyata memiliki banyak khasiat sebagaimana telah dibuktikan melalui penelitian ilmiah di antaranya:

1. Menghambat proses penuaan.
Hasil penelitian mutakhir Dr. Mary Astuti dari Universitas Gajah Mada Yogjakarta yang menyatakan tempe mengandung superoksida desmutase ( SOD). SOD mengendalikan radikal bebas hidroksil dan sekaligus memicu tubuh untuk membentuk superoksida. Dengan rajin mengkonsumsi tempe diharapkan dapat menghambat proses penuaan.

2. Mencegah penyakit kanker.
Dalam proses metabolisme diketahui sebanyak 17 persen dari oksigen diubah menjadi radikal bebas superokside. Padahal radikal bebas ini sangat berbahaya jika ada faktor-faktor yang membuatnya menjadi radikal bebas hidroksil. Radikal bebas dapat memicu menjadi penyakit kanker. Untungnya dalam tempe terdapat SOD yang mampu mencegah timbulnya penyakit kanker.

3. Mencegah penyakit jantung koroner.
Adanya zat besi sebanyak 10 miligram per 100 gram tempe memiliki khasiat tersendiri. Zat besi mudah diserap tubuh dan mampu mengurangi sel darah merah gampang pecah. Sedangkan kemampuan hipokolesterimiknya dapat menurunkan kadar lemak. Makan tempe berarti Anda dapat mencegah timbulnya penyakit jantung koroner akibat penyumbatan pembuluh darah.

4. Menurunkan kolesterol.
Kandungan serat dalam tempe merupakan komponen hidratarang yang sulit dicerna. Karena sulitnya dicerna dan tidak gampang larut maka mampu mengikat kolesterol yang ada dalam asam empedu. Selanjutnya ikatan kolesterol tersebut ke luar bersama kotoran tubuh. Peran serat tidak larut dalam tempe adalah menurunkan kolesterol.

5. Mencegah penyakit anemia.
Penyakit anemia merupakan penyakit kekurangan zat besi dengan tanda oleh rendahnya kadar haemoglobin darah. Pada kenyataannya haemoglobin merpakan senyawa komplek protein yang mengandung zat besi. Mengonsumsi tempe dengan sendirinya dapat meningkatkan kadar haemoglobin yang berarti mampu mencegah penyakit anemia.

Dengan latar belakang pembuatan tempe dari bahan baku kedelai yang diolah menjadi tempe tampaknya keberadaan tempe akan selalu ada di setiap rumah tangga Indonesia. Lantas kapan tempe hadir di Indonesia? Diperkirakan tempe lahir pada abad ke-19. Sebagaimana tertulis dalam Serat Centini yang terbit tahun 1815 di Keraton Solo, menyebutkan orang Jawa telah memiliki budaya makan tempe. Dalam Encyclopedia van Nederlandsch Indie tahun 1922, tempe digambarkan sebagai kue dan merupakan makanan rakyat (volk's voedsel). Nah siapa penemu tempe sejatinya? Sampai sekarang masih anonim.







Read More..

MENGENAL TANAMAN JAMUR

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 19 Oktober 2009 5 komentar

Sewaktu berkunjung ke Tenggarong Kalimantan Timur, saat jeda liputan di Musium Kutai Kartanegara, sehat bersama reiki dan teman-teman kerabat kerja sempat mampir ke sebuah warung sederhana di kota ini hanya sekedar ingin merasakan pepes jamur dan orak-arik jamur. Pemilik warung ini adalah orang Jawa yang telah lama menetap di Loa Janan, suatu daerah kecamatan tepatnya ada dipinggiran Sungai Mahakam selepas kota Samarinda menuju Tenggarong. Selain masakan ala jamur warung ini juga menyediakan nasi putih, sate kambing dan minuman es kelapa muda.


Bahkan beberapa rumah makan asli Indonesia juga demen menjual makanan terbuat dari jamur. Ada jamur goreng, dadar gulung jamur, sup jamur dan lain-lain. Diperkirakan 25% dari 2000 jenis jamur dapat dikonsumsi dan dijadikan bahan makanan. Semakin menjamurnya rumah makan oriental khas China dan Jepang, turut serta meningkatkan permintaan konsumsi jamur di Indonesia. Dengan tingginya permintaan akan jamur maka banyak petani yang membudidayakan tanaman jamur sebagai tanaman pokok selain padi dan palawija.

Jamur merang tengah tumbuh mekar.
Jamur merang tengah tumbuh mekar.

Kenapa pemilik warung ini menjual masakan dari jamur? Sebab jamur makin menarik tak hanya karena nilai gizinya tapi kemampuannya menurunkan kadar gula, kolesterol dan terutama menghambat pertumbuhan kanker lebih hebat daripada obat paten. Jamur bahkan melawan gejala penuaan dini juga. Pengetahuan akan kesehatan alami ini menurut sang pemilik warung dia dapatkan dari pelanggannya seorang dokter yang hobi bercocok tanaman jamur.



Di saat tengah menyantap sup jamur pikiran segera kembali ke Cipanas daerah kawasan Puncak Pass yang 2 minggu sebelum perjalanan ke Kaltim ini tim liputan sehat dengan reiki melakukan peninjauan ke perkebunan jamur. Jadi kita lupakan dulu acara menyantap makanan jamur dan kita menuju ke perkebunan jamur lebih dulu. Di sini ada spesies jamur tropis dan subtropis selain jamur merang ( volvariella volvaceae ). Jamur ini paling dikenal selain rasanya enak , teksturnya lembut dan memiliki nilai ekonomi tinggi.


Selanjutnya jamur kayu menempati urutan berikutnya. Jamur kayu terdiri atas berbagai jenis, yakni jamur kuping, tiram, payung, shiltake, ling zhi, maitake dan matsutake. Di Jepang jamur payung paling populer dari jenis shiitake. Di Jawa Barat khususnya di daerah Pengalengan, jamur shiitake dikenal dengan sebutan jamur jengkol karena bentuk dan aromanya menyerupai jengkol. Konon harganya tinggi karena selain lezat bak rasa jengkol juga dipercaya sebagai obat kanker.


Menurut literatur China jamur Ling Zhi ( Ganoderma lucium ) dipercaya mampu mencegah influenza, enak dimakan dan bisa jadi hiasan. Termasuk di sini jamur emas atau gold en mushroom atau kuritake yang ramping mirip tauge, enak dimakan gampang dibudidayakan petani jamur. Boletus edulis atau majur Boletus di Eropa sangat terkenal karena bau, rasa dan kelezatannya. Morel merupakan rajanya jamur di kawasan Eropa sebagaimana populernya shiitake di kawasan Asia Timur. Jamur Black Truffles yang tumbuh di bawah permukaan tanah di kedalaman 10-30 cm sangat diperlukan oleh pabrik cokelat di Swiss dan bahan masakan Perancis.


Kembali ke santap masakan jamur tadi kenapa banyak dari kita suka makanan khas Jamur? Sebab popularitas jamur sebagai makanan bukan karena gizinya namun karena enak rasanya yang begitu eksotik. Rasa jamur akan timbul bila dimasak dengan benar baik secara tunggal dan dikombinasikan dengan makanan lainnya. Rasa lezat jamur disebabkan oleh kandungan asam glutamat yang cukup tinggi.


Protein jamur hampir sebanding dengan susu, jagung dan kacang-kacangan kendatipun tidak setinggi protein hewani, ikan atau telur. Protein jamur bahkan lebih tingga dibandingkan dengan sayuran berdaun dan berumbi ( wortel ) serta buah-buahan. Kandungan protein jamur dua kali lipat yang terdapat pada asparagus, kubis dan kentang serta empat kali pada tomat dan wortel.


Protein jamur terdiri atas sejumlah asam amino esensial dan nonesensial. Kandungan asam amino lisin yang tertinggi dibandingkan asam amino esensial lainnya. Kombinasi makanan pokok dengan jamur sebagai lauknya sangat baik ditinjau dari segi gizi. Kandungan lemak dan energi pada jamur sangat rendah, sehingga disukai sebagai makanan pelangsing.


Kandungan lemak jamur berkisar antara 1,08-9,4 persen berat kering terdiri atas asam lemak bebas, monogliserida, digliserida, trigliserida, ester sterol dan fosfolipid. Asam lemak utama pada jamur adalah asam oleat dan palmitat serta linoleat yang merupakan asam lemak esensial. Selain jamur dikonsumsi untuk makanan sehat, jamur juga dipakai untuk herb therapy ( pengobatan dengan tanaman ).


Pengobatan alternatip umumnya dipilih pasien yang sudah alergi terhadap cara medis seperti operasi pengangkatan tumor, kemoterapi, radioterapi. Penggunaan jamur sebagai obat sebenarnya bukan hal baru. Bapak Kedokteran Barat Hipocrates ( sekitar 445 M ) menyebutkan adanya beberapa jenis jamur yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan sehat.


Dalam buku tua yang ditulis oleh Dr. Ibnu Sina ( Dr. Avicienna ) yang mendapat julukan Bapak Kedokteran dan Pengobatan, menyebutkan adanya penggunaan keratan jamur dalam ramuan obat untuk berbagai penyakit berbahaya. Jamur Polyporus telah digunakan sebagai obat cacing. Di Inggris jamur kuping digunakan untuk obat sakit tenggorokan. Tentunya masih banyak penelitian tentang jamur sebagai bahan penyembuh berbagai penyakit.


Ok... daripada kita membicarakan nama latin jamur yang pernah sehat ala reiki pelajari dalam pelajaran Ilmu Biologi sewaktu SLTA dan begitu rumit terdengar di telinga kita, alangkah baiknya kita lanjutkan menyantap masakan jamur di warung ini. Sambil melihat kapal berlayar di Sungai Mahakam yang cukup lebar ternyata menyantap jamur di siang itu merupakan sensasi tersendiri bagi rombongan kami. Anda kepengin merasakan masakan jamur...tak ada salahnya mencobanya...enak kok?

Bahan tulisan : Budidaya tanaman jamur dan gaya hidup sehat awet muda.

Read More..

MALDIVES UNDERWATER CABINET MEETING

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 18 Oktober 2009 1 komentar



To bring attention the risk the Maldives face from rising sea levels and climate change, President Mohamed Nasheed went to bottom of the Indian Ocean. Nasheed and 12 cabinet ministers donned scuba gear and dove 3.5 metres ( 11 feet, 6 inches ) under the surface of a turquoise lagoon to hold what is billes as the world's first underwater cabinet meeting.


Seated around a table and using hand signals and slates, the cabinet endorsed an "SOS" message from the Maldives to be presented at the U.N climate change summit in Copenhagen. World leaders will meet in Denmark in December to hammer out a successor agreement to the 1997 Kyota Protocol.


The underwater cabinet meeting is the latest of Nasheed's eye-catching moves to bring attention to the Maldives' plight before a landmark U.N. Climate meeting. It is part of the 350 parts per million (ppm). Current levels stand at 387 ppm.


The archipelago nation off the tip of India, mostly known for its high-end luxury tropical hideaways and unspoiled white-sand beaches, is among the most threatened by rising seas. Rising sea levels of up to 58 cm, as predicted by the U.N. Inter-governmental Panel on Climate Change, threaten to submerge most of the Maldives's low-lying islands by 2100.

Sources : Asia 2 and Images The Blue Water of Malvides Ilands

Read More..

TETAP MUDA DENGAN PIJAT CHI

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 17 Oktober 2009 1 komentar

Masih bisa membayangkan wajah Mbak Titik Puspa saat ini? Kira-kira usia berapa beliau itu? Rahasia apa ya kok bisa awet muda kendati pun usia merambat naik ke waktu maghrib? Begitulah kira-kira sederetan pertanyaan pendengar yang pernah sehat dengan reiki dengar di radio yang tengah membahas masalah Awet Muda dengan Pijat Chi. Gaya hidup sehat tetap awet muda adalah dambaan setiap orang yang ingin sehat organ-organ tubuhnya.


Tetap awet muda di usia lanjut tentu menggembirakan setiap orang. Berbagai langkah pun dilakukan, dari mengkonsumsi pil awet muda, pemakaian kosmetik, totok wajah, terapi hormon sampai tindakan bedah estetika agar kulit tetap kencang. Di luar praktisi reiki yang biasa menyalurkan energi reiki setiap hari ke wajah, non praktisi reiki pun bisa mempraktekkan jurus salah satu rahasia awet muda dengan teknik pijat chi ala Tao.


Sebagai upaya mempertahankan keremajaan kulit tubuh utamanya kulit wajah agar tidak cepat berkerut, Taoist Self-Massage Rejuvenation sebagaimana ditulis Mantak Chia dalam buku Pijat Rahasia Awet Muda Tao, menitikberatkan menghilangkan halangan dari medan meridian atau saluran energi dari indra dan organ-organ tubuh vital. Yang biasa menerima pengaruh dari luar tubuh lebih dulu adalah indra.


Dengan memperkuat indra akan membantu melindungi pengaruh dari luar yang membawa pengaruh negatif pada tubuh. Misal pengaruh sengatan sinar matahari di tengah hari bolong akan membuat kulit terpanggang dan terlihat kusam. Indra mata kita pertama kali yang bisa merasakan pengaruh ini. Secara kasat mata wajah terasa panas bahkan keluar keringat berlebihan.


Agar pengaruh sengatan sinar matahari ini bisa dikurangi efeknya maka teknik pijat wajah yang diajarkan Mantak Chia boleh dicoba. Pijat wajah merupakan perawatan kecantikan yang jauh lebih efektif dibandingkan pemakaian kosmetik. Dengan pijat maka kulit Anda akan tampak cerah, kinclong dan halus alami. Sebenarnya Mantak Chia juga mengajarkan teknik pijat pada sekujur tubuh.


Mari kita mulai dengan teknik pertama yaitu mengalirkan energi chi ke bagian wajah. Kondisikan Anda rilek secara psikis dan fisik dengan cara ambil napas, lalu kerutkan organ seks, anus bagian tengah dan depan dan seluruh pantat dikejangkan. Setelah napas ditarik lalu tahan sambil menggosokkan tangan, katupkan gigi dan letakkan lidah di langit-langit mulut. Akan terasa wajah panas, bayangkan energi panas ini mengalir ke tangan. Bila tangan sudah cukup hangat bawalah perhatian Anda ke wajah dan tahan napas hingga wajah terasa panas.


Berikutnya gosokkan tangan lebih dulu hingga terasa hangat. Ambil napas lalu tutupi seluruh wajah dengan telapak tangan dan lakukan pemijatan. Pijatlah ke atas untuk mengurangi kerutan wajah. Lalu hembuskan napas dan wajah tetap rilek. Berhenti memijat lalu tersenyumlah sampai terasa adanya aliran hangat di seluruh wajah.


Ingat depresi, stress atau sedih berkepanjangan menyebabkan sudut-sudut mulut melorot sehingga sistem dan aliran energi terbendung. Padahal wajah yang ceria, bahagia dan menarik sangat tergantung kepada sudut-sudut mulut. Pergunakan ibu jari dan telunjuk tangan kanan lalu sentuhlah kedua sudut mulut dan rasakan aliran energi chi dari ibu jari serta jari telunjuk mengalir deras ke sudut-sudut mulut. Perlahan-lahan tekanlah dan naikkan atau dorong ke atas sekitar satu inchi lalu lepaskan. Ulangi ya gerakan ini sampai 20 kali setiap hari.


Seandainya Anda praktisi reiki maka langkah diatas dapat Anda aplikasikan dengan affirmasi reiki untuk mengencangkan kulit, meremajakan kulit serta menghilangkan noda-noda yang mengganggu di wajah. Selesai dengan affirmasi ini...masih tetap santai tarik dan alirkan energi chi/ki ke seluruh wajah. Usap wajah dengan kedua telapak tangan sehingga wajah terasa hangat, dingin silih berganti dan sekarang nikmati kesegaran kulit wajah sambil membayangkan wajah Anda tetap muda di usia tua.

Bahan tulisan: Gaya Hidup Awet Muda ( disunting )

Menyalurkan energi chi ke wajah agar tetap ayu dan segar.
Menyalurkan energi chi ke wajah agar tetap ayu dan segar.

Read More..

ULANG TAHUN KOTA JOGJAKARTA

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 16 Oktober 2009 1 komentar










Sahabat sehat dengan reiki pasti pernah mendengar lagu Jogjakarta yang dinyanyikan Kla Proyect bukan? Berikut petikan lirik lagu tersebut yang cukup populer di era tahun 1993:

Yogyakarta
Artist: Kla Project
Album: Dekade

Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu, tiap sudut menyapaku bersahabat penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama suasana Jogja

Di persimpangan, langkahku terhenti
Ramai kaki lima menjajakan sajian khas berselera, orang duduk bersila
Musisi jalanan mulai beraksi seiring laraku kehilanganmu
Merintih sendiri, di tengah deru kotamu

(Walau kini kau t'lah tiada tak kembali) Oh...
(Namun kotamu hadirkan senyummu abadi)
(Izinkanlah aku untuk s'lalu pulang lagi)
(Bila hati mulai sepi tanpa terobati) Oh... Tak terobati

Musisi jalanan mulai beraksi, oh...
Merintih sendiri, di tengah deru, hey...

Walau kini kau t'lah tiada tak kembali
Namun kotamu hadirkan senyummu abadi
Izinkanlah aku untuk s'lalu pulang lagi (untuk s'lalu pulang lagi)
Bila hati mulai sepi tanpa terobati, oh...

(Walau kini kau t'lah tiada tak kembali) Tak kembali...
(Namun kotamu hadirkan senyummu abadi) Namun kotamu hadirkan senyummu yang, yang abadi
(Izinkanlah aku untuk s'lalu pulang lagi) Izinkanlah untuk s'lalu, selalu pulang lagi
(Bila hati mulai sepi tanpa terobati) Bila hati mulai sepi tanpa terobati

Walau kini engkau telah tiada (tak kembali) tak kembali
Namun kotamu hadirkan senyummu (abadi)
Senyummu abadi, abadi...

Nah sambil bersenandung menirukan penggalan lirik lagu di atas mari sehat bersama reiki ajak kembali Anda untuk kembali melangkah ke kota ini. Ada apa sih dengan Jogjakarta? Sedemikian pentingkah arti Jogja bagi sebagian warganya yang mayoritas bersuku Jawa, bahkan kini suku-suku lain pun hadir di Jogja sebagai warga pendatang? Betul sekali kawan...Jogjakarta, kota yang memiliki banyak daya tarik ternyata memiliki julukan sebagai kota budaya, pendidikan dan pariwisata. Bahkan makanan khas Jogja...Gudeg pun telah menyatu menjadi gelar predikat bagi kota Jogjakarta.


Sebagai kota yang pernah mengalami gempa bumi beberapa waktu lalu ternyata tanggal 7 Oktober tahun ini, kota Jogja telah berusia 253 tahun. Bukan main usia kota ini...sudah sepuh begitu kata orang tentang usia kota ini. Tentunya Anda sudah tahu atau mengenal kota Jogja lewat pelajaran ilmu bumi dan sejarah, namun mari sehat bersama reiki ajak Anda kembali ke kota ini dan menelusuri jejak sejarah dalam segmen asli Indonesia berikut ini.


Jogja saat ini tengah musim kemarau. Begitu panas di siang hari namun tetap hangat keramahan warganya menyapa tamu yang tengah berkunjung ke kota ini. Oktober tahun 2009 kota Jogjakarta berusia 253 tahun. Satu kurun waktu yang sangat panjang untuk membuka kembali ingatan sejarah tentang lahirnya kota Jogjakarta. Begitu banyak kisah sejarah yang pernah dituturkan menyangkut kota Jogjakarta.


Adanya kota Jogjakarta tidak dapat dipisahkan dari eksistensi Kasultanan Jogjakarta yang secara de yure telah ada sejak tahun 1755. Peristiwa sejarah waktu itu menjadi awal dari lahirnya sejarah kota Jogjakarta. Peristiwa itu adalah Perjanjian Gianti. Meski saat itu Kasultanan Jogjakarta telah eksis, tetapi Jogjakarta sebagai kota pemukiman belum terbentuk.


Baru saat keluarga Sri Sultan Hamengkubuwono I pindah dari pesanggrahannya di Ambarketawang menuju istana barunya di Kraton Ngayogjakarta Hadiningrat di bulan Oktober tahun 1756, maka peristiwa perpindahan ini dijadikan penanda lahirnya kota Jogjakarta. Sejak tahun 2004 Pemerintah kota telah menetapkan tanggal 7 Oktober sebagai hari ulang tahun kota Jogjakarta berdasarkan perda kota Jogjakarta Nomor 6 tahun 2004.


Kembali ke Pesanggrahan Ambarketawang yang kini dijadikan situs cagar budaya, Keluarga Sultan Hamengkubuwono I menempati daerah ini selama 1 tahun sambil menunggu selesainya pembangunan keraton Ngayogjakarta. Situs Ambarketawang saat ini hanya menyisakan sebentang kecil tembok tua. Tak ada tersisa bangunan bersejarah lainnya di tempat ini. Desa Ambarketawang sebagai lokasi situs berada di Desa Ambarketawang Kecamatan Gamping Sleman. Konon sisa bentang tembok tua itu adalah tembok rumah Demang yang dahulu bertugas memelihara pesanggrahan ini.


Selain sebentang tembok, situs pesanggrahan ini juga menyisakan bukti sejarah lain berupa sisa Gunung Gamping. Tak bisa dibayangkan seberapa besar Gunung Gamping waktu itu. Yang pasti hanya sebentuk kecil sisa gunung kapur yang tersisa dan bisa dilihat saat ini. Peristiwa perpindahan keluarga Sultan Hamengkubuwono I dan keluarganya ke Keraton Ngayogjakarta Hadiningrat selain menjadi momentum sejarah, juga membawa roh kelahiran secara fisik dan sosiologis terjadinya Kasultanan Ngajogjakarta hingga sekarang ini.


Yang jelas kota Jogjakarta pelan tapi pasti terus berkembang berubah menjadi satu kawasan kota budaya, pendidikan dan pariwisata. Bahkan dalam sejarah lahirnya pertelevisian di Indonesia, Jogjakarta telah memiliki studio penyiaran televisi kedua setelah Jakarta tahun 1964. Menyusul Perguruan Tinggi Negeri dengan Universitas Gajahmada telah menelorkan ribuan Sarjana dari berbagai disiplin ilmu, juga Perguruan Tinggi Swasta turut meramaikan aktivitas belajar mengajar. Jogjakarta akhirnya mendapat julukan baru sebagai Kota Pelajar.


Dalam peringatan hari ulang tahun ke 253 kota Jogjakarta kemaren, pemerintah kota Jogjakarta menggelar serangkaian kegiatan budaya. Ini menandakan seolah Jogjakarta memang akrab dengan kebudayaan yang sarat akan peninggalan sejarah. Rangkaian perayaan diawali dengan pawai defile melibatkan sekitar 1500 peserta dari 27 kelompok komunitas masyarakat yang ada di Jogjakarta. Pawai bergerak dari halaman balaikota menyusuri jalan sepanjang 2 kilometer menuju alun-alun utara dan dilepas Wakil Walikota Haryadi Suyuti.


Pawai defile digarap dengan apik dan rapi oleh seniman kondang Jogjakarta Didik Nini Towok yang menggambarkan satu repertoar tentang masyarkat kota Jogjakarta. Penampilan para seniman ini menarik perhatian penonton yang berjejal memadati sepanjang jalan. Seniman lain yang juga turut meramaikan pawai ini adalah Kelompok Prajurit Kraton, Keluarga Kraton, Seni Keparak dan para seniman Tari asuhan Didik Nini Towok.


Turut bergabung pula unsur kelompok masyarakat seperti pelajar, atlet, komunitas pinggir kali, penarik becak dan juru parkir. Bergabungnya unsur kelompok masyarakat inilah yang hendak ditonjolkan dalam pawai bertajuk gambaran satu kesatuan masyarakat Jogjakarta yang utuh. Pawai ditutup dengan prosesi 45 tumpeng yang menjadi tanda adanya 45 kelurahan yang ada di dalam kota Jogja.


Puncak kegiatan hari ulang tahun akan diselenggarakan hari Sabtu besok dengan menggelar Jogja Java Carnival yang dikemas dalam bentuk parade tarian berjalan dan arak-arakan kendaraan hias. Juga akan bergabung sejumlah kelompok seniman propinsi lain dan peserta luar negeri. Jogja carnival yang merupakan kali kedua digelar tahun ini akan melewati rute sepanjang Jalan Malioboro dan berakhir di alun-alun utara.


Kawasan Malioboro dengan Tugu yang menjadi ikon kota di ujung utara Jalan Mangkubumi dan Keraton di ujung selatannya setiap hari menjadi tujuan para pelancong yang datang ke kota ini. Aktivitas sehari-hari di Jalan Malioboro cukup menggambarkan bagaimana Jogjakarta menggeliat menjadi kota pariwisata. Turis asing dari berbagai belahan dunia berjalan kaki cukup santai, bahkan ada yang naik becak atau dokar membaur dengan warga masyarakat. Tentu saja pertumbuhan kota Jogjakarta dengan segala dinamikanya menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi penduduknya. Selamat berulang tahun Jogjakarta...semoga aku akan kembali lagi ke sini.










Read More..

ENERGI ADALAH BUAH PIKIRAN MANUSIA

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 12 Oktober 2009 1 komentar




Mati lampu itulah kalimat yang sering sehat dengan reiki dengar lewat pembicaraan teman-teman di kantor akhir-akhir ini. Nah dengan mati lampu yang sehat bersama reiki alami di rumah sejak 1 minggu ini maka postingan artikel ini pun jadi tersendat diselesaikan. Mati lampu telah membuat aktivitas manusia modern yang menggantungkan hidupnya dengan listrik jadi mandul. Listrik sebagai hasil budi daya manusia modern pun ternyata kehadirannya sangat membantu memudahkan pekerjaan keseharian baik di kantor atau di rumah bahkan di tempat keramaian lebih cepat.

Dengan mati lampu di malam hari maka hanya keheningan malam saja dapat kita nikmati khususnya di daerah pedesaan dan pegunungan. Syukur kalau mati lampu di malam hari terjadi pas saatnya bulan purnama penuh malam ke-15. Pemandangan jadi indah dan kita bisa melihat kunang-kunang berterbangan di antara tanaman padi di sawah dan kilauan cahaya rembulan menjadi saksi kesahduan umat manusia melewatkan istirahat malamnya.

Mati lampu menjadikan kita berandai-andai tentang kehidupan sebelum ini sebelum listrik diketemukan. Boleh saja pikiran kita melayang jauh mundur masuk ke Jaman Majapahit atau Jaman Demak bahkan Jaman Pajang. Tentu saja masyarakat di jaman itu telah menggunakan pelita sebagai alat penerangan bahkan obor pun menjadi saksi penerangan di malam hari tatkala sang surya telah tenggelam. Bumi jadi gelap gulita. Minyak jarak atau minyak kelapa dari hasil parutan buah kelapa bahkan kayu bakar dimanfaatkan untuk penerangan di malam hari. Teknologi pembuatan minyak masih sangat sederhana tapi toh masyarakat jaman itu telah mampu membuat minyak sebagai penerangan.

Kita masuk ke jaman Majapahit. Saat kita datang ke situs Peninggalan Kerajaan Majapahit di Trowulan pikiran kita bisa melayang mundur ke jaman itu kendatipun tubuh dan jiwa kita ada di bekas reruntuhan keraton itu saat ini. Bisa juga tatkala kita sedang berada di pelataran Candi Borobudur di hari Minggu yang cerah pikiran kita pun bisa melayang jauh ke masa lalu dan bergabung dengan rakyat dari Dinasti Syailendra yang saat itu sedang bekerja membangun Candi Agung ini.

Mengapa pikiran kita bisa mundur ke masa lalu dan membayangkan kejadian masa lalu sekalipun kita belum dilahirkan di bumi ini? Boleh jadi itulah peranan energi dari pikiran kita. Dalam belajar Reiki memang hal itu dimungkinkan terjadi. Mengingat salah satu sifat reiki yaitu reiki tidak dibatasi oleh waktu dan tempat. Reiki dapat kita kirimkan ke suatu tempat yang sangat jauh dan reiki bekerja di waktu akan datang dalam kehidupan pasien atau ke suatu tempat yang pernah dipakai manusia di masa lalu yang menimbulkan traumatis psikologis berkepanjangan.

Traumatis psikologis yang dialami oleh si penderita di masa lalu bisa disembuhkan oleh reiki atas izin Allah SWT. Misalnya korban bencana Tsunami Aceh atau korban gempa bumi di belahan bumi mana pun. Atau korban banjir bandang di suatu tempat sehingga menyengsarakan penduduk yang kebanjiran. Akibat pengalaman traumatis ini yang bersangkutan menjadi kehilangan pegangan dalam hidup ini dan rasanya hidup penuh ketidakpastian dan kesengsaraan. Dengan memprogam penyaluran reiki ke masa lalu ketika peristiwa traumatis tadi tengah terjadi kepada si penderita, trauma yang timbul dari peristiwa di masa lalu dapat dihilangkan.

Penyaluran energi reiki tersebut dapat membuat alam bawah sadar yang bersangkutan terbongkar dan hal-hal yang membuat dampak traumatis yang tersimpan di alam bawah sadarnya akan hilang dan menggantinya dengan energi positip penuh kebahagiaan,kehangatan dan kasih sayang sehingga peristiwa memilukan tadi akan hilang dari ingatan. Memang dengan pemrogaman reiki seperti ini sangat baik dilakukan oleh seorang dokter psikiater atau pun praktisi reiki yang telah menguasai pemograman energi jarak jauh dan perbedaan waktu.

Reiki dapat bekerja seperti bekerjanya pikiran orang ( cipta ). Oleh sebab itu pikiran manusia dapat mengembara kemana saja ia suka tanpa mengenal ruang dan waktu. Ia bebas mengembara ke masa lalu sekali pun belum pernah mengalami hidup di masa lalu. Pun sebaliknya pikiran kita dapat membayangkan kejadian di masa yang akan datang. Saat pikiran kita membayangkan seseorang di suatu tempat yang jauh saat itu juga pikiran kita itu sampai kepada orang di lokasi tadi. Itulah kiranya yang dipakai reiki untuk sampai kepada orang di tempat yang jauh sekalipun dia belum pernah berkunjung ke sana secara phisik tetapi secara bhatin dan pikiran ia telah sampai ke sana.

Pikiran manusia adalah energi yang bersumber dari roh atau jiwa manusia. Itulah sebabnya pikiran manusia yang hakekatnya adalah energi dapat bekerja tanpa mengenal jarak dan waktu. Demikian pula reiki yang juga adalah energi alam semesta dapat bekerja ala pikiran manusia dapat leluasa menembus apa pun tanpa ada yang bisa menghalangi. Termasuk di sini melampaui jarak dan waktu yang berbeda antar satu tempat dengan tempat lain di belahan bumi ini.

Mari kita lihat dari sudut pandang ilmu fisika. Tentu sahabat sehat bersama reiki ketika duduk di bangku sekolah dulu pernah mengenal terori realitivitas Albert Einstein. Tahun 1916 Albert Einstein menerangkan bahwa ruang tidak bersifat tiga dimensi dan waktu bukanlah sebuah entitas yang terpisah. Menurut ilmuwan ini ruang dan dan waktu merupakan aspek-aspek yang berbeda dari sesuatu yang sama. Ruang dan waktu berisi sebuah kontinum empat dimensi di mana tidak ada alian waktu universal sebagaimana pandangan alam semesta dari Newtonian.

Masih menurut ilmuwan ini, semua pengukuran yang melibatkan ruang dan waktu tidaklah absolut. Dalam teori relativitas umum yang dikembangkan oleh Albert Einstein, konsep ruang klasik sebagai panggung tempat berlangsungnya peristiwa fisik tidak dipakai lagi. Ruang dan waktu menjadi elemen-elemen bahasa yang digunakan semua pengamat dalam mendiskripsikan alam semesta. Teori hipotesis Albert Einstein bahwa ruang tidak bersifat euclidean tetapi melengkung. Dengan demikian struktur ruang dan waktu memiliki sifat geometris atau lekukan yang tampak dengan sendirinya dalam fenomena gravitasi. ( Talbot, Michel dalam buku Mistisme dan Fisika Baru 2002 : halaman 99-100 ).

Yuk daripada Anda bingung-bingung memikirkan teori relitivitas Albert Einstein dan ingin segera merasakan efek dari reiki jarak jauh untuk kebugaran dan kesehatan Anda, mari sehat dengan reiki bimbing Anda untuk menerima reiki apa adanya dalam panduan ini. Setelah Anda dapat merasakan reiki setiap malam itu berarti reiki sesuai dengan teori relativitas Albert Einstein dan boleh jadi peranan Fisika Quantum ikut berperan dalam pemrogaman pengiriman energi jarak jauh menyangkut waktu yang sudah dan yang akan datang.







Read More..

FENG SHUI ALAM PEDESAAN

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 09 Oktober 2009 0 komentar


Dari jalan raya Cikajang Garut menuju Hutan Sancang Garut Selatan rumah mungil dengan cat putih itu bagaikan kuncup melati putih yang tengah mekar di sekeliling daun hijau. Betapa tidak rumah dengan cat putih tadi bisa dilihat dari jalan raya ini dan disekitarnya terlihat tumbuh lebat daun teh hijau yang siap petik. Suasana rumah ini mirip di negeri dongeng antah berantah. Dengan kontur tanah yang semakin meninggi di lereng bukit sekitarnya, rumah tempat tinggal yang nyaman ini semakin asri dilihat manakala kaki telah melangkah masuk ke pekarangan yang cukup luas.

Dengan pekarangan cukup luas sang pemilik rumah ini leluasa menata tanaman hias dengan eloknya. Di belakang rumah terdapat pot-pot tanaman anggrek yang tengah mekar bunganya. Di samping kiri bersebelahan dengan garasi tumbuh dengan lebatnya 2 pohon jeruk keprok. Sedangkan di halaman samping kanan terdapat kolam ikan emas dan agak jauh dari rumah induk terdapat kandang kambing dan ayam. Manakala sehat dengan reiki dan teman-teman sedang duduk di beranda depan, sejauh mata memandang di kanan kiri rumah hanyalah pemandangan hijau segar menyergap mata. Betapa tidak mengesankan kalau pemandangan indah ini hanya terdapat di areal perkebunan teh di Cikajang Garut Selatan dan di kejauhan terbentang hutan perawan Hutan Sancang.

Memasuki rumah dengan perabotan sederhana layaknya rumah di pedesaan, terdapat areal penghangat badan bersebelahan dengan dapur basah dan kering. Kamar tidur cukup nyaman dengan dipan kayu jati. Cendela cukup lebar dengan korden warna putih mendominasi seluruh jendela rumah yang ada. Atap rumah berbentuk limas dengan atap seng membuat sirkulasi udara panas di malam hari sedikit menghangatkan badan mengingat di siang hari udara pegunungan masih cukup dingin kendati di siang hari cuaca terik tengah melanda perkebunan teh ini..

Dari aspek ergonomis penataan perabot cukup sederhana. Udara segar dibiarkan masuk melalui bukaan jendela yang lebar.Harum bunga melati yang tengah tumbuh di samping kamar tidur tamu menyergap masuk ke ruang tamu. Sementara itu kenyamanan tempat tidur tamu tetap dijaga dengan penerangan lampu cukup terang di malam hari. Beginilah sang pemilik rumah yang sekaligus menyewakan tempat tinggalnya ini membikin tamu betah bagaikan di rumah sendiri.

Kami rombongan dari Jakarta saat itu tengah meliput kegiatan Upacara Perkawinan Adat Sunda dan setting lokasi mengambil sebuah rumah kuno di dusun lain masih di areal perkebunan Cikajang Garut Selatan. Saat itu tengah musim kemarau panjang di mana di siang hari udara sangat panas tetapi di malam hari udara bisa mencapai suhu 18 derajat celcius. Dalam perbincangan hangat dengan sang pemilik rumah di tengah rehat break shooting, sang pemilik rumah membicarakan lokasi rumahnya dari aspek kearifan lokal adat Tanah Sunda di mana sebagian besar rumah di pedesaan ini menggunakan atap seng juga genteng pelentong. Sirkulasi udara juga disebut-sebut dalam pembicaraan ini di mana unsur keseimbangan energi positip ( sheng Qi ) tetap dijaga dan sebisa mungkin menghindarkan diri dari energi negative ( sha Qi ).

Perbincangan ini sudah cukup lama terjadi. Saat itu di tahun 1982 dan aspek Feng Shui dari sebuah rumah tempat tinggal ternyata sudah dipahami oleh sebagian besar penduduk lokal pedesaan ini. Kearifan lokal dan pengetahuan Feng Shui di tahun ini belum terkenal seperti sekarang ini. Namun penataan lingkungan tempat tinggal dikaitkan dengan alam sekitarnya ternyata sudah dipahami oleh sesepuh masyarakat pedesaan ini. Buktinya mereka menjalani kehidupan sebagai petani, buruh petik daun teh, peternak sapi perah dengan bahagia. Mereka menyebut bahwa rumahku beserta pekarangan dan seisinya adalah istanaku.

Tidak ada yang salah dalam ungkapan itu. Rumah memang laksana istana yang tempak indah, tempat menampung anggota keluarga dalam menjalani kehidupan. Barangkali tak ada istana megah lain yang lebih megah dibandingkan dengan rumah sendiri yang membawa kebahagiaan, keberkahan dan kenyamanan di mana semua anggota keluarga dalam kondisi nyaman, sehat dan bugar. Ya...Feng Shui kata ini yang lebih tepat untuk menggambarkan kenyamanan tempat tinggal sesaat ketika kami bertamu dan menginap untuk beberapa minggu di desa ini.

Berbicara tentang Feng Shui sebaiknya jangan serta merta alergi terhadap ilmu penataan lingkungan tempat tinggal yang berasal dari akar budaya Tiongkok ini. Jika tidak mengenal dari dekat boleh jadi terjadi salah paham terhadap keberadaan Feng Shui. Ada yang mengira ini ilmu mistik, serba misterius dan klenik. Padahal dalam belajar dan memahami Feng Shui tak lebih dari mengenal dan memanfaatkan aliran energi saja yang ada di bumi ini. Energi positip disebut Sheng Qi dan energi negative disebut Sha Qi.

Boleh jadi ada energi ada juga aura dari benda. Benda hidup memang memancarkan aura dan ini bisa dibuktikan dengan memotret benda ini dengan kamera Photo Kirlian. Secara kasat mata pancaran aura dari benda berupa spektrum warna yang mengelilingi benda tadi. Aura bisa mempengaruhi seseorang bila ada dalam radius pancarannya. Tubuh manusia sendiri juga memancarkan aura yang berkaitan dengan aura benda-benda di dekatnya. Termasuk di sini tanaman di taman halaman rumah tinggal kita. Konon di Amerika tanaman yang memancarkan aura positip bisa dimanfaatkan sebagai sarana penyembuhan alternatip dikenal dengan sebutan healing of tree.

Prinsip penataan taman berdasarkan Feng Shui dan jenis pancaran dari aura tanaman sejalan dengan prinsip desain lansekap, yaitu mengacu kepada bentuk dan warna tanaman, mencakup peletakan ornamen-ornamen taman ( sculpture).
Bagi orang yang menyebut diri rasional penggunaan Feng Shui dalam pengaturan taman mungkin sedikit mengganjal. Kegalauan yang sok rasional ini ditangkap oleh para ahli Feng Shui dan mencoba menyelaraskan dengan aspek psikologi bahkan ilmu Fisika.

Terrence Conran dalam buku The Essensial Garden Book tahun 1999 menjelaskan bahwa taman menjadi tempat pikiran untuk istirahat dan berekspresi. Sarana ekspresi layaknya menulis, melukis atau menyanyi termasuk di sini menata kebun dan tanaman menjadi penyalur hobi di tengah istirahat dari kesibukan kerja di hari libur. Penataan lingkungan menyangkut tanaman memberi pengaruh pada manusia secara psikologis. Untuk mengatur tanaman unsur material halus tanaman ditata berdasarkan tekstur dan warna tanaman. Bila menata tepat maka akan enak dipandang tanaman ini dan sangat meneduhkan bila ditatap dengan pikira jernih.

Kebalikannya bila menata tanaman dengan berantakan dan tidak cocok maka tidak enak dilihat bahkan menambah pikiran ruwet. Sama halnya bila kita dihadapkan kepada suasana lalu lintas yang padat merayap semawrut setiap harinya maka energi kegembiraan dan ketenangan diri kita akan tersedot oleh energi berantakan dan semrawut dari lalu lintas ini. Kita akan capai dan gampang emosi melihat hal ini.

Dalam tinjauan fisika bahwa energi alam yang tidak kasat mata ini bisa diwujudkan menjadi gerak seperti hanya energi angin dan air, sinar matahari dan energi potensional seperti pegas. Penataan tanaman pada rumah di postingan sehat bersama reiki ini semisal tanaman melati yang sedang berbunga di rumah perkebunan ini mengandung unsur logam. Sedangkan penggunaan atap seng dimaksudkan bila siang hari cerah dengan udara sangat panas terik, suasana dalam rumah tetap sejuk. Di malam hari dengan udara pegunungan dingin berkabut cadangan panas dari atap seng masih cukup tersedia untuk penghangat badan di dalam kamar dan ruang tamu.

Aliran energi dari prinsip Feng Shui yaitu unsur Yin yang berarti dingin dan Yang berarti panas saling berinteraksi berlawanan. Sedangkan prinsip ketiga dari Feng Shui segala sesuatu di alam semesta ini terbuat dari perpaduan lima elemen mencakup tanah, besi, air, kayu dan api. Ada yang tahu dan boleh jadi tidak tahu bahwa Feng Shui di samping untuk menata ruang interior ( nei lui shi ) juga untuk menata eksterior ( wai liu shi ). Interior di sini meliputi ruangan di dalam rumah semisal ruang tidur, ruang kerja dan ruang tamu. Sementara yang eksterior termasuk di dalamnya teras dan pekarangan.

Feng Shui memang kental dengan budaya dan kepercayaan China dan memang dari sana ilmu ini berasal.

Sumber tulisan : Mind, Body and Soul Intisari ( diedit )




Read More..

BERSAHABAT DENGAN INSTUISI

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 08 Oktober 2009 2 komentar

Semua orang hidup bisa menggunakan intuisi. Demikian petikan isi seminar reiki yang pernah sehat dengan reiki hadiri di Jakarta beberapa tahun lalu. Pembicara dalam forum seminar reiki adalah pakar reiki yang sudah bergelar master reiki. Di hadapan peserta beliau memaparkan bagaimana kekuatan intuisi bisa muncul seketika pada seseorang tanpa diundang.

Dalam sejarah diceritakan bagaimana Winston Churchill, Perdana Menteri Britania Raya di masa perang dunia II suatu saat mengundang tiga menterinya untuk makan malam. Ketika santap malam tengah berlangsung, tiba-tiba Churchill bangkit dari kursi makan lalu bergegas ke dapur. Buru-buru ia memerintahkan kepala pelayan dan anak buahnya yang sedang sibuk bekerja di dapur untuk segera berkemas dan mengosongkan dapur segera.

Dengan keheranan dan tanpa berani membantah mereka lalu keluar dapur dan pergi. Selang 5 menit kemudian sebuah bom meledak dan jatuh di belakang rumah. Kondisi dapur rusak berat tetapi semua pelayan selamat karena telah pergi dan berlindung di tempat lain. Mengapa Churchill tiba-tiba mendapat "perintah" mengosongkan dapurnya segera? Ia tidak membantah perintah tadi lalu segera melaksanakannya. Ternyata hasilnya langsung bisa dilihat dan dibuktikan. Kira-kira siapa yang mendorong Sang Perdana Menteri melakukan perintah itu?

Memang kalau dirunut memakai kesadaran pisik yang mendayagunakan otak sebagai panglima dalam hidup ini, kenyataan tadi tidak masuk akal bahkan mustahil dan barangkali hanya kebetulan belaka saja. Memang secara mendadak dan serba cepat prosesnya, suatu waktu setiap orang pasti pernah menerima "informasi" semacam ini tanpa diminta. Bisa jadi semacam bisikan, petunjuk dan sejenisnya pernah menghampiri pikiran sahabat bersama reiki di masa lalu. Boleh jadi ini benar adanya dalam kehidupan pribadi Anda semua.

Serba mendadak datangnya namun ternyata sesuai dengan kepentingan kita. Setiap orang sesungguhnya punya akses ke informasi paranormal ( psi ) atau orang lebih memberi istilah ini sebagai intuisi atau indera ke enam. Dia datang kepada siapa saja tanpa memandang pangkat dan jabatan.Tidak peduli apakah dia orang terkenal, pandai, tua dan muda, masyarakat biasa termasuk Anda semua atau pejabat publik. Proses datang mendadak sebagai pesan yang menyuruh kita agar mengambil langkah tertentu. Dikerjakan atau tidak, terserah kita yang menerima pesan tadi. Namun pada akhirnya pesan itu terbukti sesuai kepentingan kita.

Tapi dalam uraian postingan ini sehat ala reiki mohon maaf dan jangan menepis pembahasan yang tak masuk akal ini sebagai kebetulan saja dan berbau klenik. Memang di masyarakat yang masih tradisionil banyak hal tidak bisa dibuktikan dengan logika alias otak. Tidak banyak penjelasan rasional akan suatu peristiwa terkait dengan intuisi. Karena itu sesuatu yang tidak bisa dicerna dengan akal dianggap gaib. Padahal di dunia Barat sana, banyak ahli justru menjelaskan dalam konteks ilmiah lewat penelitian dan ternyata hasilnya sudah bisa dimanfaatkan.

Di jaman modern ini sesuatu butuh kepastian, selalu memerlukan data dan analisis sebelum kita mengambil tindakan. Boleh jadi salah satu penyebab ketidak populeran intuisi di zaman modern ini disebabkan munculnya tidak bisa diduga-duga. Misal kita sedang jalan-jalan, bangun tidur, menyetir mobil atau ngobrol ngalor-ngidul dengan rekan lewat chating di internet, lalu tiba-tiba...cling...ada dorongan kuat agar kita segera melakukan sesuatu dan "ayo lakukan segera".

Selalu mendadak dan tanpa diminta itulah salah satu ciri intuisi. Munculnya tidak melalui kajian panca indera kita lebih dulu. Kemampuan ini disebut sebagai extra sensori perception ( ESP ). Istilah ini digunakan sebagai kemampuan seseorang mendapatkan informasi atau persepsi di luar panca inderanya. Di sebut "extra karena di luar kebiasaan dan muncul langsung dari pikiran yang sifatnya universal dan ada yang menyebut sebagai indera keenam.

Untuk kenal dan sayang terhadap ESP dengan cirinya biasanya kita dapat mengetahui pemikiran seseorang tanpa orang itu harus mengungkapkan secara verbal. Lebih dari itu sering mendapat pesan untuk berbuat sesuatu. Para ahli parapsikologi contohnya biasa menerima banyak informasi paranormal selama hidup. Cuma saja kita tidak menyadari saja. Mirip fenomena gunung es. Informasi muncul dipermukaan tetapi yang di dalam, rasio kita menepisnya.

Sebenarnya dengan latihan rutin kita dapat menerima informasi semacam ini dengan baik jika kondisi tubuh dan pikiran dalam keadaan rileks. Contoh saat kita bermimpi, rileksasi, meditasi atau self hipnosis. Dengan mengukur gelombang otak melalui alat EEG kondisi semacam ini dapat tercapai pada gelombang otak Theta 4-7 cps ( sycle per second ) atau Delta 0,5-3 cps. Dengan mencatat detil deskripsi mimpi dalam jurnal harian kita melatih terhubung dengan kesadaran jiwa sebagaimana diungkap Irmansyah Effendi dalam buku Kesadaran Jiwa.

Pun self hipnosis bisa dilatih saat kita mau tidur malam. Dalam kondisi rilek kita affirmasikan keinginan positip agar mudah tidur nyenyak dan bangun keesokan hari tepat waktu tanpa bantuan alarm hp atau jam weker dalam kondisi sehat, bugar dan semangat. Sedangkan rileksasi sendiri sebagai jembatan menuju meditasi dapat dicapai bila kondisi otak kita baik kanan dan kiri dalam kondisi aktip di pusaran gelombang Theta atau Delta. Semuanya bisa dilatih dan dipraktekkan bukan saja dari praktisi reiki tetapi orang umum seperti Anda pembaca blog sehat bersama reiki ini pun bisa melakukannya.

Pertanyaan sehat ala reiki untuk Anda semua, " Pernahkan dalam kehidupan Anda suatu waktu lalu menerima intuisi yang menggerakkan kalbu agar bertindak sesuatu dan ternyata hasilnya benar?" Mudah-mudahan intuisi Anda benar adanya dan selalu aktip bekerja membimbing Anda ke arah tujuan positip dalam mengambil tindakan nyata dalam hidup ini.

Sumber tulisan : Mind, Body and Soul Instisari ( diedit )




Read More..

AIR HEKSAGONAL

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 07 Oktober 2009 1 komentar


Postingen artikel energi kemaren, sehat bersama reiki menyinggung masalah energi di mana salah satu jenis energi yang ada di bumi adalah energi air. Ya...air dengan segala kekuatannya mampu menggerakkan kincir air lalu memutar turbin sehingga menghasilkan energi listrik untuk penerangan. Air pulalah sebagai zat cair yang memenuhi kebutuhan pangan kita setelah makanan ditelan dan menghasilkan energi bagi tubuh manusia sehingga mampu beraktifitas. Namun air yang kita konsumsi apakah sudah memenuhi kaedah kesehatan bagi tubuh?

Air bersih belum tentu sehat. Data yang ada menyebutkan hampir mustahil kita menemukan air sehat di berbagai belahan dunia ini. Bersih secara fisik bukan berarti sehat untuk diminum. Kandungan unsur air secara diam-diam tetap saja menghantui kondisi kesehatan. Kenyataan teori awal bahwa air bersih hanyalah air yang telah dimasak dengan benar.

Majalah National Gegraphic pernah menulis bahwa semua air yang ada di bumi diibaratkan ada dalam sebuah galon, maka kita hanya dapat kebagian sesendok air tawar yang layak diminum. Ini menunjukkan bahwa sangat sedikit sekali unsur terpenting dalam air yang memenuhi kriteria sehat, higienis layak diminum. Seperti yang diungkapkan Melinda J. Wilkins, MPH dan Valeria Gamett MD terhadap hasil penelitian mereka yang dipublikasikan dalam jurnal harian Archieves of Family Medicine.

Kedua ahli masalah air ini mengungkapkan bahwa sebenarnya kandungan air di bumi mengandung 5% dari kadar fluorid yang dianjurkan. Dari data BPS 1999 menunjukkan rata-rata air di pedesaan mencapai 8,7% di mana 2,5% lainnya belum terbebas dari bakteri. Sedangkan air di perkotaan cakupan air bersih cukup lumayan mencapat 91,7% dan 66,1% dinyatakan sebagai air sehat. Hasil pe nelitian KLH melalui laporan Lingkungan Hidup Indonesia tahun 2003 mengungkapkan bahwa pencemaran air di daratan umumnya terjadi di permukaan sungi, danau, situ dan air laut sendiri.

Lantas air bersih yang bagaimana layak diminum? Berbagai kenyataan minimnya air sehat yang layak minum dapat menimbulkan masalah kesehatan bersifat akut ataupun kronik. Akut berarti dalam hitungan jam atau hari setelah seseorang minum air tadi langsung sakit perut. Ini berarti kandungan air tadi tercemar oleh mikroorganisme seperti bakteri atau virus . Sedangkan masalah kronik berarti dampak yang dirasakan setelah sekian tahun seseorang minum air, merasa ada gejala yang tidak beres pada organ tubuh.

Ingat kasus Buyat Pante yang pernah sehat dengan reiki dengar melalui media massa bahwa dampak kronik dari air lebih disebabkan oleh unsur-unsur kimia dan sejenisnya yang mengakibatkan timbulnya penyakit termasuk kanker, gangguan ginjal dan hati atau kesulitan mendapatkan keturunan. Tentu saja berita itu sangat mengerikan dan hasil penelitian di Buyat Pante menyebutkan bahwa terdapat enam sumur di wilayah itu yang tercemar oleh arsenik.

Menghadapi krisis air bersih saat ini banyak sekali produsen air minum yang memanjakan konsumen dengan produk air kemasan yang berlabel "air sehat, air hezagonal, air oksigen dan air mineral". Salah satu produk air berlabel hexagonal memang menarik untuk dicermati setelah air hexagonal diteliti ternyata air ini memiliki gugus-gugus kristal air ( water crystal ) yang berbentuk segi enam ( hezagonal ).

Salah seorang peneliti air ini adalah Dr. Masaru Emoto seorang ilmuwan Jepang di bidang kedokteran kuantum . Air ini bereaksi atau tanggap terhadap pikiran seperti layaknya makhluk hidup. Menurut dokter Masaru air akan bereaksi berbeda bila kepada air ini diucapkan kata-kata atau kalimat-kalimat positip atau benevolent thought. Perkataan seperti love/cinta atau you are beautiful/engkau cantik dan thank you/terima kasih. Pun sebaliknya terhadap air bila diucapkan kata-kata negative misalnya kata setan, you are fool/brengsek kamu, air akan bereaksi pula.

Terhadap musik pun air akan bereaksi berbeda. Bila diputarkan musik klasik dari Bach, Mozart, Bethoven, atau lagu Silent Night air akan bereaksi tenang. Sebaliknya bila diputarkan musik heavy metal yang hingar bingar akan bereaksi sontak menggebu-gebu. Air pun bila diisi doa dalam penyembuhan sebelum diminum pasien akan bereaksi positip. Sebelum air diberi doa ternyata tidak memiliki gugus-gugus kristal air membentuk hezagonal. Setelah diberi doa air seketika mengandung gugus-gugus kristal berbentuk hezagonal.

Terbentuknya gugus-gugus molekul terdiri dari kristal-kristal air hezagonal dapat dilihat dan diketahui dengan cara memotret setetes air baik sebelum maupun sesudah diberi doa, pernyataan affirmasi positip, diperdengarkan seperti alunan musik klasik yang meneduhkan jiwa. Sebelum dipotret air tersebut dibekukan lebih dulu dengan temperatur minus 25 derajad Celcius. Dari hasil penelitian Dr. Masaru Emoto tadi, para ahli air berkesimpulan bahwa air adalah sesuatu yang hidup. Pendapat Dr. Li Chunbing menunjang pula hasil penelitian Dr. Masaru bahwa di dalam air mengandung kalbu ( mind ) layaknya manusia hidup yang bisa bereaksi negative dan positip.

Melihat manfaat air bagi penyembuhan untuk mengeluarkan energi negative dari tubuh, juga dipraktekkan oleh para praktisi reiki. Selama transfer energi reiki, air yang tersimpan dalam galon, botol kemasan lebih dulu dialiri energi reiki dengan affirmasi positive semisal: isikan air ini dengan energi oksigen yang memancar di setiap molukel air lalu perbesar energinya ....kali lipat dan ubah molukel air menjadi hezagonal perbesar energinya....kali lipat. Energi air ini menjadikan badan si fulan/si x tetap sehat dan segar serta pancarkan energi air ini ke seluruh aura tubuh si fulan/si x. Setelah transfer energi reiki selesai barulah air ini diminum.

Air hezagonal/air oksigen/air mineral bisa kita peroleh melalui modifikasi air matang biasa yang tersimpan dalam galon/tempat air dengan teknik reiki. Kuncinya perhatikan faktor rileksasi-affirmasi dan visualisasi (niat praktisi reiki ) mengarahkan kondisi air menjadi hexagonal/oksigen/mineral. Setelah itu lakukan penyaluran energi reiki ke air kurang lebih 20 menit dan buat pemrogaman agar air tetap dalam kondisi hezagonal/mineral/oksigen sampai air ini habis dari galon. Mudah kok cara membuatnya.

Bahan tulisan : pro bono publico April 2006 dan berbagai sumber ( disunting )

Read More..
|
| edit post

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.