ON LINE

Followers

BERSEPEDA SEHAT DI HARI LIBUR

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 17 Juni 2009




Iring-iringan sepeda ontel yang melintas Pondok Indah di Sabtu pagi 22 Mei 09 lalu menyalip laju kendaraan yang sehat dengan reiki kendarai menuju bundaran taman Pondok Indah Jakarta Selatan. Rombongan pengguna sepeda yang bergerak dari arah Jembatan Layang Pasar Kebayoran Lama ini sedikit mengurangi kecepatan ketika masuk terowongan simpang Pondok Indah. Sudah tidak aneh lagi kalau saat ini warga Jakarta memanfaatkan sepeda sebagai alat transportasi baik ke pasar,kampus atau ke kantor di hari kerja.Hari Sabtu dan Minggu pun komunitas sepeda ontel biasa mangkal di Kawasan Senayan.

Jauh nun di sana di pedesaan Bantul setiap pagi kita bisa melihat rombongan pekerja yang mengayuh sepeda menuju Jogjakarta secara berombongan.Bahkan di petang hari pun mereka melintas balik menuju Bantul secara berombongan pula. Tampaknya sepeda merupakan alat transportasi pribadi sebagai moda angkutan murah meriah bebas polusi bahkan sangat hemat tidak memerlukan bahan bakar.

Sepeda kini bukan hanya digunakan sebagai alat untuk transportasi tetapi juga digunakan untuk berolahraga. Sebagai alat transportasi sepeda sangat digemari oleh orang muda, tua bahkan komunitas sepeda gembira sudah ada di Jakarta tatkala hari Minggu mereka berkumpul di Lapangan Monas lalu secara berombongan mengayuh sepeda menuju Kawasan Kota Tua Jakarta di Pasar Ikan.

Melihat geliat pengguna sepeda di Jakarta semakin banyak khususnya di hari libur Sabtu dan Minggu, maka para ahli perakitan sepeda melakukan pengembangan berbagai macam penelitian dan teknologi untuk menganalisa atribut , gerak pedal dan posisi tubuh ketika mengayuh sepeda di jalanan.Dari data yang didapat para ahli ergonomi sepeda memaksimalkan sepeda dan peralatannya agar sesuai dengan struktur tubuh pengendaranya.

Posisi tubuh di atas sepeda memang berbeda dilihat satu dengan lainnya. Mereka bisa mengatur segi ergonomic saat bersepeda sehingga didapat kenyamanan total saat mengayuh sepeda di jalanan.Dengan membungkuk bahkan posisi badan tegap dengan pandangan jauh kedepan, seorang pengayuh sepeda masih bisa mendengarkan lagu-lagu lewat walkman bahkan kini melalui handset Hand Phone yang diikatkan dipinggang.

Melalui pembelajaran dan pengembangan seni bersepeda akhirnya para ahli menemukan nilai fitting yang sesuai yaitu meningkatkan kualitas hidup orang banyak termasuk di sini orang yang hobi naik sepeda. Salah satu contoh adalah kasus Eddy Merckx, seorang cyclist terhebat sepanjang masa, selalu membawa 5 mm kunci Allen di kantongnya.

Setiap mengayuh sepeda baik di arena lomba balap sepeda atau di luar lomba balap sepeda ia selalu melakukan penyesuaian pada tinggi saddle berapa kali sehari. Hal ini dilakukan Eddy Merckx karena ia pernah mengalami sakit yang luar biasa karena peristiwa tabrakan. Dari kasus Eddy terdapat 2 poin yang dapat dipelajari saat bersepeda.

Pertama jika posisi Anda tidak nyaman saat berkendara, bersepeda tentunya menjadi tidak nyaman dan menyenangkan. Kedua posisi yang sesuai saat bersepeda sangat penting untuk penampilan yang maksimal sehingga merasakan nyaman saat mengayuh pedal sepeda di jalanan.

Para ahli melakukan analisa dan mengembangkan teknologi sepeda yang dinamis, sesuai dengan postur tubuh.Ini penting untuk cyclist agar saat bersepeda dengan menempuh jarak panjang antar 2 kota merasakan nyaman dan tetap sehat sehabis melakukan aktivitas bersepeda. Melihat manfaat bersepeda menjadikan badan tetap sehat, sudahkah Anda memutuskan untuk memakai sepeda dalam beraktivitas sehari-hari?

Gambar: www.google.com

2 komentar

  1. Wah kegiatan yang menyehatkan tapi sayang pendukung jalan untuk sepeda kurang diperhatikan, jangankan jalanan untuk speda, trotoar buat pejalan kaki aja dah ngak ada, dah disrobot, memang nih masyarakat ndak kasihan sama pejalan kaki seperti saya, yang hobi jalan. Pemerintah juga cuek2 aja, salam kenal. Maxi.

     
  2. Betul juga sahabat, saya yang hobi olahraga jalan kaki pagi hari saja sangat kesulitan memilih jalan. Sebab banyak penyerobot jalan seperti sepeda motor yang berjalan di trotoar sehingga keamanan pejalan kaki sangat terancam.Salam sehat selalu ya? sering olahraga bersepeda juga?

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.