ON LINE

Followers

SEHAT DENGAN SAYUR DAN BUAH ANTIOKSIDAN

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 04 Mei 2009


Pagi ini sehat dengan reiki mendengarkan kembali talk show kesehatan di radio swasta Jakarta yang membahas masalah sehat dengan sayur dan buah antioksidan. Ya antioksidan yang sekarang ini sedang demam dan diminati oleh warga yang peduli akan kesehatannya. Memang pola hidup masyarakat perkotaan dewasa ini sarat dengan gaya hidup tinggi dan instant.

Betapa tidak instant karena terbatasnya waktu untuk segera pergi beraktivitas setiap harinya sehingga melupakan olahraga, terlalu banyak mengkonsumsi gula dan lemak dan terlalu banyak radikal bebas menerpa dirinya, akibatnya timbul yang namanya penyakit kardiovaskular ( jantung dan pembuluh darah). Kalau sudah begini siapa yang rugi?

Di Indonesia sendiri penyakit kardiovaskular dikelompokkan menjadi penyakit sistem sirkulasi yang sejak 1992 secara konsisten menduduki peringkat pertama penyebab kematian. Singkat kata penyakit ini sudah menjadi epidemik global tanpa tanpa mengenal lagi gender, usia, batas geografis dan sosial ekonomi.

Oleh karena itu upaya pencegahan perlu dilakukan segera. Menurut pendapat para pakar Komite Nutrisi Amerika maupun Forum Dunia tentang Jantung dan Stroke, masyarakat umum dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan. Makanan dititikberatkan pada buah dan sayur yang terbukti banyak mengandung anti oksidan dan menyeimbangkan melalui tindakan aktif olah raga yang teratur.

Sehat berkat reiki pun setiap hari menyimak paparan bincang sehat oleh dokter ahli gizi di radio tersebut yang menyebutkan bahwa anti oksidan merupakan zat yang anti terhadap zat lain yang bekerja sebagai oksidan. Zat ini populer disebut radikal bebas yang bersumber dari radiasi sinar X dan sinar ultraviolet, polusi udara akibat asap kendaraan bermotor, gas buang dari pabrik atau asap rokok.

Beberapa kondisi juga bisa memicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh manusia misalnya stress, sakit, olahraga berlebihan dan sebagainya. Antioksidan sangat diyakini mampu menstabilkan radikal bebas tadi. Zat antioksidan bisa diperoleh melalui jenis buah dan sayur yang mengandung beta karoten, vitamin C, vitamin E, zinc (Zn) dan selenium (Se).

Se sendiri misalnya terdapat pada udang, ikan tuna , lobster, telur, ayam, bawang putih, biji gandum, jagung, beras merah, nasi putih dan sereal. Anggur merah, teh hijau, buah-buahan segar dan sayur juga memiliki jenis antioksidan cukup tinggi. Brokoli misalny, mengandung glucosinolates yaitu jenis antioksidan yang tinggi berkhasiat menurunkan risiko kanker.

Sedangkan jenis sayuran lain semisal wortel mengandung karotenoid berfungsi mencegah serangan jantung, stroke, kebutaan serta beberapa jenis kanker serta memperlambat penuaan dini. Sehat dengan reiki pun berusaha mendapatkan info kiat pencegahan penuaan dini dari ahlinya yaitu seorang dokter yang juga praktisi reiki yang membocorkan rahasia agar tetap awet muda yaitu mempraktekkan reiki setiap harinya juga bertindak hidup jauh dari stress berkepanjangan. Kiat lainnya apa?

Sudah waktunya kita sebagai masyarakat mengurangi konsumsi makanan siap saji dan kembali beralih mengkonsumsi sayur dan buah. Mengkonsumsi antioksidan sejak dini dan rutin terbukti bermanfaat mencegah serangan jantung dan menghindari kerusakan pembuluh darah. Ayo mulai sekarang kita berusaha hidup sehat alami, Anda mau?

Sumber : buletin health Maret 09 (diedit )

1 Responses to SEHAT DENGAN SAYUR DAN BUAH ANTIOKSIDAN

  1. makan banyak buah dan sayur itu ngga ada ruginya.
    tp kalo buah duren, jgn coba2 deh makan yg banyak.bisa semaput..hehe

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.