ON LINE

Followers

RELAKSASI PERNAFASAN

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 11 Mei 2009

Setiap kali selesai melakukan latihan pernafasan merpati putih sehat dengan reiki dibimbing Pelatih Senior melakukan relaksasi yang bertujuan mengembalikan stamina yang terkuras tatkala berlatih beban yang disertai menahan nafas dalam setiap gerakan ala Yoga. Begitulah dengan latihan beban disertai menahan nafas sekaligus mengencangkan otot lengan dan otot kaki bahkan badan setiap murid PPS Merpati Putih dari setiap tingkatan mampu memecahkan benda-benda keras hanya dengan pukulan dan tendangan.

Itulah sekilas kenangan masa silam tatkala bersama-sama praktisi PPS Merpati Putih melakukan latihan beban sekaligus jurus-jurus silat tangan kosong setiap minggunya. Sebagai pelengkap latihan setiap murid harus melakukan lari terlebih dulu sebelum berlatih olah nafas. Sebagai penutup latihan biasanya diberikan latihan relaksasi yang bertujuan mengembalikan stamina yang sudah terkuras habis saat latihan.

Sekarang sehat bersama reiki sudah menjadi praktisi reiki. Di setiap latihan reiki pun juga diajarkan latihan rileksasi. Bahkan di Tradisi Inti Reiki pun diajarkan teknik rilaksasi sebagai bagian berlatih menyalurkan energi Inti Reiki. Dalam buku Rahasia Inti Reiki yang ditulis oleh Dr. Riko Rahardian menyebutkan relaksasi dalam Inti Reiki diterapkan pada seluruh kegiatan dan berlaku baik pada praktisi maupun pada orang yang disalurkan energi reiki (pasien).

Latihan rileksasi untuk setiap orang apakah dia praktisi reiki atau non praktisi reiki sangat bermanfaat untuk memperbaiki kondisi mental emosional, bahkan untuk para penderita gangguan mental. Raskin M et all (1980) melaporkan dari 31 orang yang mengikuti latihan terapi rileksasi seperti transendental meditation selama 18 bulan, 40% di antaranya mengalami penurunan derajad ansietas (cemas dan depresi).

Salah satu teknik yang dilatih saat mendalami reiki adalah teknik rileksasi dengan napas. Cobalah ambil posisi duduk sempurna di kursi/bersila di lantai. Mula-mula ambil nafas melalui hidung lalu tarik nafas dalam hitungan 1-2-3-4 tahan di dada dalam hitungan 1-2-3-4 dan pelan-pelan buang nafas melalui mulut sebanyak 1-2-3-4 hitungan. Ulangi tarik dan buang nafas ini sebanyak 3 siklus.

Ulangi 3 siklus lagi dengan visualisasi (membayangkan) saat mengeluarkan nafas bayangkan seluruh keletihan tubuh dari ubun-ubun hingga telapak kaki dan emosi negatif semisal marah, benci, dendam kesumat, culas, iri, dengki, sakit hati dan sifat-sifat emosi negatif lainnya keluar bersama embusan nafas.Sangat disarankan ketika melakukan relaksasi memakai pakaian yang nyaman. Termasuk juga waktu, tempat dan suasana dibuat senyaman mungkin agar tidak mengalami gangguan yang datang dari suara maupun suhu udara.

Latihan relaksasi versi seni pernafasan menitikberatkan pada pernafasan perut selama kira-kira lima hitungan dengan menarik nafas dalam melalui hidung lalu nafas dilepaskan pelan-pelan melalui mulut. Soal lima hitungan bukan patokan, Jika Anda mampu menarik nafas panjang dalam 8 atau 10 hitungan lalu membuang nafas dalam hitungan 8 atau 10 hitungan silakan saja. Jangan dirisaukan dengan hitungan ini karena akan mengganggu konsentrasi Anda.

Mulai mengarahkan mata Anda ke satu titik di langit atau ruangan. Ulangi lagi tarik dan buang nafas ini dalam hitungan tadi sementara mata tetap menatap ke atas. Rasakan Anda semakin rilek termasuk kelopak mata juga rilek bahkan mulai terasa ngantuk. Nikmati saja suasana ini dan tetap tenang. Bila terasa mengantuk berat bawalah fantasi seluruh anggota badan semua terasa rilek.

Setelah semakin rilek dan tidak ada beban pikiran yang memasuki otak Anda ucapkan afirmasi di dalam hati dan akan direkam oleh alam bawah sadar Anda pernyataan seperti contoh ini, "Setiap kali saya melakukan latihan ini saya semakin tenang dan sehat...sehat...sehat...sehat...sehat...sehat, bebas kecemasan dan ketakutan. Seluruh beban hidup diri saya hilang dan tidak akan kembali kepada saya. Anda bebas merancang kalimat afirmasi lain yang intinya membuat suasana bhatin Anda tenang bebas ketakutan dan ketegangan dalam hidup ini. Silakan merancang afirmasi kalimat yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

Akhirnya sehat berkat reiki menganjurkan latihan ini sebaiknya dilakukan sekitar 20 sampai 30 menit. Tujuan latihan ini bukan membebani Anda dengan tugas berat latihan namun mengajak Anda agar mendapat ketenangan dan kesehatan bhatin yang efeknya juga akan membawa kesehatan jasmani secara keseluruhan dalam diri Anda. Anda mau sehat bukan?

6 komentar

  1. makasih atas infonya mbak, makasih juga atas kunjungannya,... bukunya aku sudah catet ntar ke toko buku cari. Emang blog aku yang lola... kebanyakan widget yang seperti mbak tulis.

     
  2. Gossip Says:
  3. infonya bagus banget..bermanfaat buat pembacanya..terutama yang peduli dengan kesehatan..keep it friend!

     
  4. Ani Says:
  5. Thanks mbak saran2nya..

     
  6. Kesehatan di saat-saat seperti ini sudah sangat penting.. relaksasi pernapasan dapat dilakukan setiap saat..wah klo bisa nih dilakuin oleh kita para blogger apalagi setelah selesai buat postingan yang membutuhkan pikiran dan konsentrasi...thnks fro the tip..

     
  7. Saya hanya sharing membagikan pengetahuan tentang Reiki yang sudah saya pelajari dan praktekkan selama 6 tahun ini. Sungguh berkat Rahmat Tuhan YME saya mendapatkan kesehatan setelah mempraktekkan Reiki setiap hari baik itu self healing, distance healing bahkan healing jarak dekat face to face.
    Karena itu saya ingin membagikan pengalaman meraih sehat ini melalui blog saya ini. Silakan copi paste artikel saya ini dengan menyebut link blog saya, bila membutuhkan referensi tentang Reiki. Saya sendiri juga masih belajar mempraktekkan Reiki setelah selesai di Waskita Reiki.

     
  8. heintje Says:
  9. info nya sangat berguna, thanks... cm disayangkan untuk attunment yg hrs di lakukan oleh master reiki sangat disayangkan krn biayanya lumayan mahal

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.