ON LINE

Followers

MUSIK KLASIK IRINGI MEDITASI REIKI

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 15 Maret 2009


Minggu malam pukul 21.oo wib Radio Sonora Jakarta kembali mengudarakan acara musik klasik. Kali ini sehat dengan reiki ingin mengajak Anda pembaca blog ini untuk turut serta belajar meditasi dengan iringan musik klasik. Kenapa musik klasik? Karena musik klasik yang iramanya tenang, teduh seakan-akan menarik diri kita berkunjung kembali ke masa lampau. Barangkali menengok ke kehidupan masa lalu diri kita.

Memang seseorang yang telah mendalami reiki dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari akan merasakan kemajuan saat melakukan meditasi.Namun bagi Anda yang non praktisi reiki pun jangan berkecil hati melakukan meditasi. Semua mempunyai peluang sama untuk dapat hidup bermeditasi. Bagi praktisi reiki saluran energi sudah menjadi bersih dan getaran energinya pun telah menjadi tinggi, sehingga dapat memperluas kesadaran dengan cepat dan mudah..

Sebenarnya baik praktisi reiki atau pun bukan ketika melatih meditasi sesering mungkin tujuannya melatih agar gelombang pikiran mencapai tingkat alpha ( frekuensinya antara 8 - 12 Hz ). Dengan kondisi seperti ini diri kita begitu santai, tidak ada beban pikiran yang menggelayut bhatin kita. Kondisi ini akan tercapai manakala di lingkungan kita dalam suasana tenang. Tida ada suara yang mengganggu ketenangan kita bermeditasi.

Nah kalau diri sudah dikondisikan santai, kita dapat melangkah ke dalam keadaan lebih hening lagi di mana gelombang pikiran mencapai frekuensi antara 4 - 8 Hz. Frekuensi ini dapat diukur dengan alat pengukur neurofeedback yang mengkondisikan gelombang pikiran berada dalam tingkat theta.

Memang dalam Rei Ki dikenal teknik meditasi yang bertujuan untuk menyeimbangkan energi dan unsur negative ( Ying ) dan unsur positip ( Yang ) di seluruh tubuh. Meditasi ini dapat dilakukan sambil duduk di kursi tanpa sandaran dengan kedua kaki ke bawah menapak lantai atau dengan posisi duduk bersila.

Apabila duduk di lantai sebaiknya diberi alas cukup tebal agar hawa dingin dari lantai tidak menusuk pantat. Sebab hawa dingin ini membawa energi negative tidak baik untuk kesehatan dan bisa menyebabkan rematik. Sebaiknya carilah posisi nyaman untuk melakukan latihan meditasi. Apakah duduk di kursi atau bersila di lantai.

Nah sambil mendengarkan musik klasik posisi duduk bersila dengan kedua telapak tangan diletakkan di atas kedua paha dekat lutut. Telapak tangan kiri menengadah ke atas di atas lutut kiri dan telapak tangan kanan menengadah ke atas di atas lutut kanan. Dalam waktu singkat apabila kita sudah santai, hening, tenang akan merasakan perluasan kesadaran dan masuk ke dalam meditasi.

Melalui latihan meditasi secara kontinyu setiap harinya akan memberikan manfaat bagi tubuh, kesehatan dan spiritualitas. Kegiatan ini sebenarnya dapat dilakukan setelah kita melakukan doa selepas ibadah menurut iman dan kepercayaan kita. Lakukan dengan sikap pasrah dan jangan menjadi beban. Tunjukkan bahwa kita bisa bermeditasi.

Nah teman-temanku sudahkah Anda siap melatih meditasi agar bisa hidup dengan tenang? Setelah ketenangan tercapai kesehatan pun akan menyertai diri Anda, semoga ya...sehat dengan reiki doakan Anda selalu mendapat berkat/rahmat Tuhan setiap harinya, amin...

5 komentar

  1. BeeMouNTaiN Says:
  2. mbak aku jadi penasaran nih sama reiki..soalnya aku kan suka diam di tempat sepi menyendiri lo..

     
  3. IHSAN Says:
  4. saya sering duduk merenung menenangkan pikiran dari kesibukan dunia, apa itu meditasi ya? tapi keadaan harus sepi dan tidak pakai musik

     
  5. Untuk Mas Abi saya sarankan Anda belajar REIKI. Saya lihat Anda sering berpetualang ke pegunungan dan dengan sendirinya berkunjung ke alam yang hening tetapi sejatinya di balik keheningan alam itu ada sebuah komunitas non fisik yang mendiami gunung itu.
    Dengan mempelajari REIKI anda akan bisa menyatu dengan keheningan alam yang prakteknya dilalui melalui olah jiwa ( meditasi ).

    Untuk Mas Ihsan praktek mengistirahatkan beban pikiran sejenak dari segala kesibukan duniawi sejatinya seseorang sedang bermeditasi. Memang seharusnya tenang kondisinya baru kita bisa rehat sejenak dan masuk dalam meditasi.
    Sebagai Praktisi Reiki belajar Meditasi bukan suatu keharusan tetapi memang sangat dianjurkan agar tubuh energi kita bersih dari energi negative (penyakit).Dengan bersihnya tubuh energi kita dengan sendirinya imunitas tubuh akan tetap terjaga. Namun juga harus diiringi dengan pola hidup sehat, makanan sehat, olahraga sehat dan yang lebih penting jangan stress.

     
  6. wah terima kasih inponya ya mbak... we pendekar merpati putih niy...
    wah jadi keingetan aku dulu juga pernah ikut waktu kuliah... hahaha
    berarti perlu dipraktekin lagi tuh pernafasannya...

     
  7. denani Says:
  8. Infonya bagus bgt, mbak.. salut buat mbak Arum :)

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.