ON LINE

Followers

LATIHAN PERNAFASAN MERPATI PUTIH

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 23 Januari 2009



Melihat penampilan anggota Perguruan Silat Tangan Kosong Merpati Putih yang mampu mematahkan gagang pompa dragon, balok es, tumpukan batu, pralon air dari semen dan kayu jati dengan tangan kosong, tentunya hati ini berdecak kagum dan bertanya, " Kok bisa ya, apa tidak sakit itu tangan?"
Begitulah pertanyaan yang saat itu sempat hidup sehat reiki tanyakan kepada Mas Arifin Pengarah Acara Bapora ketika mengarahkan penyuntingan gambar/editing film hasil rekaman gambar Kegiatan PPS Merpati Putih di Senayan Jakarta April 1981.

Saat itu masih teringat dalam ingatan saya ketika melihat adegan murid-murid PPS Merpati Putih dari berbagai tingkatan melakukan ujian stamina dan power dalam kenaikan tingkat dengan memukul benda-benda keras tadi hanya dengan tangan kosong dan tendangan kaki juga dengan jidat kepala. Bagaimana bisa pukulan tangan kosong, tendangan kaki dan juga jidat kepala murid Merpati Putih mampu mematahkan dan memecahkan benda keras itu.

Video itu sampai sekarang ini masih tersimpan rapi dan bisa kita nikmati setiap saat. Tampak juga murid wanita yang kelihatan masih ABG di tahun 1981 juga murid yang sudah manula termasuk juga murid bule dalam ujian kenaikan tingkat itu mampu melakukan gerakan silat sekaligus uji power mematahkan sasaran benda keras yang ditaruh di atas tatakan penyangga kayu. Apa rahasianya ya?

Terjawab sudah jawaban itu ketika hidup sehat dengan reiki bergabung dengan PPS Merpati Putih kolat TVRI Senayan dan berlatih mempraktekkan latihan pernafasan di tahun 1993 hingga tahun 1997. Setiap kali latihan pernafasan terlebih dulu melakukan lari mengelilingi lingkaran luar Stadion Gelora Bung Karno sebanyak 7 kali putaran. Selepas lari ini lalu melakukan push up dengan berbagai posisi dengan badan seluruhnya mengejang/keras dengan menahan nafas. Gerakan lainnya adalah menirukan gerakan Yoga dengan variasi gerakan berbeda di mana setiap gerakan selalu mengejang sambil menahan nafas sambil kedua mata ditutup. Rahasianya ada di dalam pengolahan nafas.

Dengan teknik pernafasan yang merupakan inti dari latihan-latihan dasar, progam latihan diarahkan pada upaya mengaktifkan organ-oragan tubuh, pengejangan otot-otot (mascule) disertai menciptakan kondisi menahan nafas (kekurangan oksigen), akan timbul reaksi komplek dalam tubuh manusia sehingga dicapai kondisi akhir berupaya mengendorkan mascule (otot) yang berakibat normalnya peredaran darah dalam tubuh, normalnya syaraf sehingga didapatkan tubuh yang sehat bugar. Rasa lelah, loyo akan lenyap begitu selesai latihan pernafasan ini.

Ilmu kedokteran olah raga menjelaskan gejala ini dengan teori aerobik yang melibatkan Adenosin Tri Phosfat (ATP). Dari sekedar teori ini latihan pernafasan Merpati Putih dapat menjangkau kondisi kelenturan tubuh , mengaktifkan metabolisme dan pengendoran syaraf akan membawa kondisi orang itu ke suatu keseimbangan fisik dan bhatin yang akhirnya membawa orang ke tingkat kebijaksanaan, tidak emosional bahkan selalu berpenampilan tenang dan kalem.

Latihan pernafasan tahap ini adalah mengaktifkan fungsi organ-organ tubuh untuk pandai meresonansi getaran energi dalam diri tubuh sendiri. Kesadaran yang dicapai adalah kesadaran intern dalam diri sendiri praktisi Merpati Putih. Semakin sering dilatih pernafasan ini dengan selalu membuang-menahan-membuang kembali nafas disertai pengejangan otot tubuh seluruhnya akan didapatkan "power" (tenaga). Nah power atau tenaga inilah yang dipakai murid Merpati Putih ketika mematahkan benda-benda keras sebagai ajang uji coba kenaikan tingkat.

Konsentrasi dan penyaluran energi melalui kedua tangan yang diarahkan ke telapak tangan atau kaki Praktisi Merpati Putih merupakan latihan untuk mencapai resonansi intern dalam tubuh, kemudian dalam kondisi demikian energi yang ada di tubuh dan luar tubuh diterjemahkan ke dalam getaran universal yang semakin lama semakin besar dayanya. Semakin besar daya energi yang terkumpul semakin kuat pula powernya. Bila energi sudah membesar maka output nya juga besar sesuai dengan kehendak pikiran kita sebagai praktisi Merpati Putih. Istilahnya populernya "Tenaga Dalam".

Setiap kali kita ingin berlatih mematahkan benda keras semisal gagang pompa dragon atau balok es, kita ambil posisi kuda-kuda sempurna. Konsentrasikan perhatian ke batang gagang pompa. Jangan ada rasa takut menghadapi sasaran benda keras ini. Bernafas alami lalu tarik nafas pelan-pelan melalui hidung buang melalui mulut disertai mengejangkan tubuh. Kondisikan kedua tangan kanan kiri semakin mengejang...mengejang...mengejang seiring tarik dan buang nafas dengan tetap konsentrasi. Begitu menarik nafas melalui hidung dengan hirupan nafas yang menghentak di dada (tahan Nafas) lalu ayunkan tangan kanan/kiri ke sasaran tadi dan, "prak...gagang pompa ini patah menjadi dua".

Dengan kecepatan tangan memukul dan menjatuhkan badan ke bawah sembari mengayunkan tangan ke sasaran akan terkumpul energi (power) akibat badan yang mengejang ( kaku ) sehingga molukel dari gagang pompa tadi terurai dan batang pompa patah menjadi dua ketika dipukul. "Ingat saja setiap kamu akan memukul benda keras, visualkan/bayangkan dalam pikiranmu bahwa sasaran ini adalah sepotong lidi/kue yang lembek. Terus konsentrasi dan pikirkan bahwa sasaran ini adalah benda lunak dan mudah patah", begitu pesan Mas Handoko dan Pak Bahtiar (alm) pelatih silat PPS Merpati Putih kepada hidup sehat dengan reiki dan murid-murid lain di Halaman kantor Depdiknas Senayan Jakarta menjelang ujian kenaikan tingkat PPS Merpati Putih saat itu.

Terbukti dengan mengolah nafas secara rutin, menyalurkan nafas dalam bentuk energi akan didapatkan getaran-getaran energi dalam tubuh secara berkelanjutan. Tubuh energi murid PPS Merpati Putih sudah terbentuk. Makanya ada Praktisi PPS Merpati Putih yang tuna netra mampu menebak warna bendera yang diujikan pelatih. Demikian pula kita yang masih normal matanya ketika mata ditutup kain hitam mampu melewati rintangan batang patok tanpa menyenggolnya. Ya seperti ujian ketrampilan mengendarai sepeda motor melalui rintangan ketika ujian untuk mendapatkan SIM.

11 komentar

  1. Anonim Says:
  2. renny said :
    M Arum postingannya mengenai olah tubuh pasti ni orangnya sehat lahir & batin..btw dulu aku juga ikut karate jadi inget masa2 itu...yang terasa adalah jiwa sportifitas kita benar terasa selain sehat.he..he...sekarang mbak senam saja jarang makanya ndut...hua..hua kangen ni jadi pingin olah raga lagi

     
  3. Aku belajar olah raga bela diri PPS Merpati Putih bukan sok mau jadi jagoan. Utamanya mengolah nafas untuk kesehatan tubuh juga jiwa. setelah ke-2 ini sehat, sehat pula sosial kita kepada sesama dan Sang Khalik. Efek seni pernafasan Merpati Putih adalah power/stamina dan memproteksi jenis penyakit tertentu yang hendak masuk tubuh. Dengan teknik getaran energi tubuh kita akan merespon sesuatu yang datang dari luar baik niat positif atau negatif dan menghalaunya kalau itu energi negatife/pikiran negatife.
    Kalau masalah memecahkan benda keras bukan tangan kita "diisi" sesuatu, bukan, tapi berkat olah nafas dan mengejangkan tubuh dengan menahan nafas. Efeknya ya itu tadi, mampu memecahkan benda keras hanya dengan niat dan visualisasi bahwa benda yang hendak kita pukul menjadi lembek, lemah dan mudah patah.Itu saja rahasianya.

     
  4. Admin Says:
  5. jadi inget waktu smp dulu ikutan merpati putih, abis itu sma ganti jadi abu suja, pas kuliah udah nggak ikutan sama sekali..

    www.rio-sembilan.blogspot.com

     
  6. Untuk Rio Sembilan:
    Tetaplah berlatih PPS Merpati Putih kendatipun sudah tidak menjadi anggota. Anda masih mempunyai power kok? Coba kejangkan badan dan tahan nafas kembali. Ayo latih kembali.
    Bila pernah aktif menjadi PPS Merpati Putih untuk belajar Reiki akan lebih mudah, sebab tubuh Energi Anda sudah terbentuk. Jadi tinggal mengaktifkan kembali. Anda akan selalu sehat, bugar tetapi tetap olah raga ya sesuai dengan hobi Anda. Salam sehat dengan Reiki.

     
  7. AGUS HARYADI Says:
  8. Mbak, saya pria usia 32 tahun dan sebelumnya tidak pernah ikut bela diri apapun. Kalau mau gabung latihan di MP masih bisa tidak? untuk wilayah Kota Surakarta dimana alamat yang bisa saya hubungi? Trim

     
  9. es Lodeh Says:
  10. Kalau mau gabung latihan di MP untuk wilayah Kabupaten Jombang Jatim dimana alamat yang bisa saya hubungi?

     
  11. Anonim Says:
  12. http://www.facebook.com/group.php?gid=173003275619

     
  13. indra Says:
  14. kalo sparingan sakit gug tuh kanyut

     
  15. Dhani Says:
  16. salam perguruan

     
  17. Anonim Says:
  18. Permisi Semua nya mohon informasi nya kalau perguruan silat merpati putih di batam di mana ya?
    Sebelum dan sesudah nya saya ucapkan banyak terimakasih

     
  19. kalao q sih g pernah ikutan organisasi pencak silat tp kalao cuman buat jaga diri sh dikit dikit,tp buat sobat sobat jangan sampai kita di adu domba dengan temen sendiri hanya karna berbeda aliran ato organisasi

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.